PROGRAM
TAHUNAN
MATA PELAJARAN : BAHASA
INDONESIA
KELAS/SEMESTER : XI MIA/IPS/I (GANJIL)
SATUAN PENDIDIKAN : SMA NEGERI I
MUARA TIGA
TAHUN AJARAN :
2014/2015
NO
|
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
1.
|
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Mensyukuri anugerah
tuhan akan keberadaan bahasa indonesia dan menggunakannya sesuai dengan
kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa
1.2 Mensyukuri anugerah tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan dan
menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun,
cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama.
1.3 Mensyukuri anugerah tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan
menyajikan, informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun,
cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama.
|
|
2.
|
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi, damai), santun,
responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1
Menunjukkan
sikap tanggung jawab,responsif, dan imajinatif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk mengekspresikan impian, misteri, imajinasi, serta permasalahan
remaja dan sosial.
2.2
Menunjukkan
prilaku tanggung jawab, peduli, proaktif, dalam menggunakan bahasa Indonesia
untuk memahami dan menyampaikan permasalahan social,lingkungan, ideologis,
dan kebijakan public.
2.3
Menunjukkan
perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk menceritakan kembali kecelakaan lalulintas, narkoba,
criminal(terorisme).
2.4
Mennunjukkan
perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk memaparkan kebijakan lingkungan dan perdagangan bebas.
|
|
3.
|
Memahami,
menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
3.1
Memahami
struktur dan kaidah teks cerita pendek baik melalui lisan maupun
tulisan.
3.2
Membandingkan teks
cerita pendek, baik melalui lisan maupun tulisan.
3.3 Menganalisis teks cerita pendek, baik
melaui lisan maupun tulisan
3.4 Mengidentifikasi teks cerita pendek baik
secara lisan maupun tulisan
3.5 Mengevaluasi teks cerita pendek berdasarkan
kaidah-kaidah teks baik lisan maupun tulisan
|
2x45
2x45
2x45
2x45
2x45
|
4.
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan
mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif
dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
4.1
Menginterpretasi
makna teks cerita pendek
baik secara lisan maupun tulisan.
4.2
Memproduksi teks ceita
pendek, yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik
secara lisan maupun tulisan
4.3 Menyunting teks cerita pendek sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik
secara lisan maupun tulisan
4.4 Mengabstraksi teks cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan
4.5 Mengonversi teks cerita pendek ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
2x45
2x45
2x45
2x45
4x45
|
Mengetahui,
Kepala SMA N
I Muara Tiga
Mukhtar, S.Pd
NIP. 1961
1005 1998 01 1001
|
Laweueng, 2014
Guru Mata
Pelajaran
Akfil
Zuliandri, S.Pd
|
PROGRAM
TAHUNAN
MATA PELAJARAN : BAHASA
INDONESIA
KELAS/SEMESTER : XI MIA/IPS/I (GANJIL)
SATUAN PENDIDIKAN : SMA NEGERI I
MUARA TIGA
TAHUN AJARAN :
2014/2015
NO
|
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
1.
|
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Mensyukuri anugerah
tuhan akan keberadaan bahasa indonesia dan menggunakannya sesuai dengan
kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa
1.2 Mensyukuri anugerah tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan dan
menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun,
cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama.
1.3 Mensyukuri anugerah tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan
menyajikan, informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun,
cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama.
|
|
2.
|
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi, damai), santun,
responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1
Menunjukkan
sikap tanggung jawab,responsif, dan imajinatif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk mengekspresikan impian, misteri, imajinasi, serta permasalahan
remaja dan sosial.
2.2
Menunjukkan
prilaku tanggung jawab, peduli, proaktif, dalam menggunakan bahasa Indonesia
untuk memahami dan menyampaikan permasalahan social,lingkungan, ideologis,
dan kebijakan public.
2.3
Menunjukkan
perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk menceritakan kembali kecelakaan lalulintas, narkoba,
criminal(terorisme).
2.4
Mennunjukkan
perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk memaparkan kebijakan lingkungan dan perdagangan bebas.
|
|
3.
|
Memahami,
menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks pantun,
baik melalui lisan maupun tulisan
3.2 Membandingkan teks pantun baik melalui
lisan maupun tulisan
3.3 Menganalisis teks pantun baik melaui lisan
maupun tulisan
3.4 Mengidentifikasi teks pantun baik secara
lisan maupun tulisan
3.5 Mengevaluasi teks pantun berdasarkan
kaidah-kaidah teks baik lisan maupun tulisan
|
2x45
2x45
2x45
2x45
2x45
|
4.
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan
mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif
dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
4.1 Menginterpretasi makna teks pantun, baik
secara lisan maupun tulisan
4.2 Memproduksi teks pantun yang koheren sesuai
dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
4.3 Menyunting teks pantun sesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
4.4 Mengabstraksi teks pantun baik secara lisan
maupun tulisan
4.5 Mengonversi teks pantun ke dalam bentuk
yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks, baik secara lisan maupun
tulisan
|
2x45
2x45
2x45
2x45
4x45
|
Mengetahui,
Kepala SMA N
I Muara Tiga
Mukhtar, S.Pd
NIP. 1961
1005 1998 01 1001
|
Laweueng, 2014
Guru Mata
Pelajaran
Akfil
Zuliandri, S.Pd
|
PROGRAM
TAHUNAN
MATA PELAJARAN : BAHASA
INDONESIA
KELAS/SEMESTER : XI MIA/IPS/I (GANJIL)
SATUAN PENDIDIKAN : SMA NEGERI I
MUARA TIGA
TAHUN AJARAN :
2014/2015
NO
|
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
1.
|
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Mensyukuri anugerah
tuhan akan keberadaan bahasa indonesia dan menggunakannya sesuai dengan
kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa
1.2 Mensyukuri anugerah tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan dan
menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun,
cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama.
1.3 Mensyukuri anugerah tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan
menyajikan, informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun,
cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama.
|
|
2.
|
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi, damai), santun,
responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1
Menunjukkan
sikap tanggung jawab,responsif, dan imajinatif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk mengekspresikan impian, misteri, imajinasi, serta permasalahan
remaja dan sosial.
2.2
Menunjukkan
prilaku tanggung jawab, peduli, proaktif, dalam menggunakan bahasa Indonesia
untuk memahami dan menyampaikan permasalahan social,lingkungan, ideologis,
dan kebijakan public.
2.3
Menunjukkan
perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk menceritakan kembali kecelakaan lalulintas, narkoba,
criminal(terorisme).
2.4
Mennunjukkan
perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk memaparkan kebijakan lingkungan dan perdagangan bebas.
|
|
3.
|
Memahami,
menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks cerita
ulang baik melalui lisan dan tulisan
3.2 Membandingkan teks cerita ulang baik
melalui lisan maupun tulisan
3.3 Menganalisis teks cerita ulang baik melaui
lisan maupun tulisan
3.4 Mengidentifikasi teks cerita ulang baik secara lisan maupun tulisan
3.5 Mengevaluasi teks cerita ulang berdasarkan
kaidah-kaidah teks, baik melalui lisan maupun tulisan
|
2x45
2x45
2x45
2x45
2x45
|
4.
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan
mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif
dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
4.1 Menginterpretasi makna teks cerita ulang baik
secara lisan maupun tulisan
4.2 Memproduksi teks cerita ulang yang koheren
sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun
tulisan
4.3 Menyunting teks cerita ulang sesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
4.4 Mengabstraksi teks cerita ulang baik secara
lisan maupun tulisan
4.5 Mengonversi
teks cerita ulang ke dalam bentuk lain sesuai dengnan struktur dan
kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
2x45
2x45
2x45
4x45
4x45
|
Mengetahui,
Kepala SMA N
I Muara Tiga
Mukhtar, S.Pd
NIP. 1961
1005 1998 01 1001
|
Laweueng, 2014
Guru Mata
Pelajaran
Akfil
Zuliandri, S.Pd
|
0 Response to "prota semester ganjil Bahasa Indonesia Kelas XI SMA"
Posting Komentar