prota semester ganjil Bahasa Indonesia Kelas XI SMA

PROGRAM TAHUNAN

MATA PELAJARAN          : BAHASA INDONESIA
KELAS/SEMESTER           : XI MIA/IPS/I (GANJIL)
SATUAN PENDIDIKAN    : SMA NEGERI I MUARA TIGA
TAHUN AJARAN               : 2014/2015

NO
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
ALOKASI WAKTU
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
1.1    Mensyukuri anugerah tuhan akan keberadaan bahasa indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa
1.2    Mensyukuri anugerah tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama.
1.3    Mensyukuri anugerah tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan, informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama.

2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja      sama, toleransi, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari    solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.1   Menunjukkan sikap tanggung jawab,responsif, dan imajinatif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk mengekspresikan impian, misteri, imajinasi, serta permasalahan remaja dan sosial.
2.2   Menunjukkan prilaku tanggung jawab, peduli, proaktif, dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan permasalahan social,lingkungan, ideologis, dan kebijakan public.
2.3   Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menceritakan kembali kecelakaan lalulintas, narkoba, criminal(terorisme).
2.4   Mennunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memaparkan kebijakan lingkungan dan perdagangan bebas.


3.
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

3.1    Memahami struktur dan kaidah teks cerita pendek baik melalui lisan maupun  tulisan.
3.2    Membandingkan teks cerita pendek, baik melalui lisan maupun tulisan.
3.3  Menganalisis teks cerita pendek, baik melaui lisan maupun tulisan
3.4  Mengidentifikasi teks cerita pendek baik secara  lisan maupun tulisan
3.5  Mengevaluasi teks cerita pendek berdasarkan kaidah-kaidah teks baik lisan maupun tulisan
2x45

2x45

2x45

2x45
2x45


4.
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

4.1    Menginterpretasi makna teks cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan.
4.2    Memproduksi teks ceita pendek, yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
4.3  Menyunting teks cerita pendek  sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
4.4  Mengabstraksi teks cerita pendek  baik secara lisan maupun tulisan
4.5  Mengonversi teks cerita pendek  ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
2x45

2x45


2x45

2x45

4x45



Mengetahui,
Kepala SMA N I Muara Tiga




Mukhtar, S.Pd
NIP. 1961 1005 1998 01 1001

Laweueng,                 2014
Guru Mata Pelajaran




Akfil Zuliandri, S.Pd






PROGRAM TAHUNAN

MATA PELAJARAN          : BAHASA INDONESIA
KELAS/SEMESTER           : XI MIA/IPS/I (GANJIL)
SATUAN PENDIDIKAN    : SMA NEGERI I MUARA TIGA
TAHUN AJARAN               : 2014/2015

NO
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
ALOKASI WAKTU
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
1.1    Mensyukuri anugerah tuhan akan keberadaan bahasa indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa
1.2    Mensyukuri anugerah tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama.
1.3    Mensyukuri anugerah tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan, informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama.

2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja      sama, toleransi, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari    solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.1   Menunjukkan sikap tanggung jawab,responsif, dan imajinatif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk mengekspresikan impian, misteri, imajinasi, serta permasalahan remaja dan sosial.
2.2   Menunjukkan prilaku tanggung jawab, peduli, proaktif, dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan permasalahan social,lingkungan, ideologis, dan kebijakan public.
2.3   Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menceritakan kembali kecelakaan lalulintas, narkoba, criminal(terorisme).
2.4   Mennunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memaparkan kebijakan lingkungan dan perdagangan bebas.


3.
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

3.1  Memahami struktur dan kaidah teks pantun, baik melalui lisan maupun tulisan
3.2  Membandingkan teks pantun baik melalui lisan maupun tulisan
3.3  Menganalisis teks pantun baik melaui lisan maupun tulisan
3.4  Mengidentifikasi teks pantun baik secara lisan maupun tulisan
3.5  Mengevaluasi teks pantun berdasarkan kaidah-kaidah teks baik lisan maupun tulisan
2x45

2x45

2x45

2x45
2x45

4.
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

4.1  Menginterpretasi makna teks pantun, baik secara lisan maupun tulisan
4.2  Memproduksi teks pantun yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
4.3  Menyunting teks pantun sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
4.4  Mengabstraksi teks pantun baik secara lisan maupun tulisan
4.5  Mengonversi teks pantun ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks, baik secara lisan maupun tulisan
2x45

2x45


2x45

2x45
4x45



Mengetahui,
Kepala SMA N I Muara Tiga




Mukhtar, S.Pd
NIP. 1961 1005 1998 01 1001

Laweueng,                 2014
Guru Mata Pelajaran




Akfil Zuliandri, S.Pd






PROGRAM TAHUNAN

MATA PELAJARAN          : BAHASA INDONESIA
KELAS/SEMESTER           : XI MIA/IPS/I (GANJIL)
SATUAN PENDIDIKAN    : SMA NEGERI I MUARA TIGA
TAHUN AJARAN               : 2014/2015

NO
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
ALOKASI WAKTU
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
1.1    Mensyukuri anugerah tuhan akan keberadaan bahasa indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa
1.2    Mensyukuri anugerah tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama.
1.3    Mensyukuri anugerah tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan, informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama.

2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja      sama, toleransi, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari    solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.1   Menunjukkan sikap tanggung jawab,responsif, dan imajinatif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk mengekspresikan impian, misteri, imajinasi, serta permasalahan remaja dan sosial.
2.2   Menunjukkan prilaku tanggung jawab, peduli, proaktif, dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan permasalahan social,lingkungan, ideologis, dan kebijakan public.
2.3   Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menceritakan kembali kecelakaan lalulintas, narkoba, criminal(terorisme).
2.4   Mennunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memaparkan kebijakan lingkungan dan perdagangan bebas.

3.
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
3.1  Memahami struktur dan kaidah teks cerita ulang baik melalui lisan dan tulisan
3.2  Membandingkan teks cerita ulang baik melalui lisan maupun tulisan
3.3  Menganalisis teks cerita ulang baik melaui lisan maupun tulisan
3.4  Mengidentifikasi teks cerita ulang  baik secara lisan maupun tulisan
3.5  Mengevaluasi teks cerita ulang berdasarkan kaidah-kaidah teks, baik melalui lisan maupun tulisan
2x45

2x45

2x45

2x45

2x45
4.
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

4.1  Menginterpretasi makna teks cerita ulang baik secara lisan maupun tulisan
4.2  Memproduksi teks cerita ulang yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
4.3  Menyunting teks cerita ulang sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
4.4  Mengabstraksi teks cerita ulang baik secara lisan  maupun tulisan
4.5  Mengonversi  teks cerita ulang ke dalam bentuk lain sesuai dengnan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
2x45

2x45


2x45

4x45

4x45




Mengetahui,
Kepala SMA N I Muara Tiga




Mukhtar, S.Pd
NIP. 1961 1005 1998 01 1001

Laweueng,                 2014
Guru Mata Pelajaran




Akfil Zuliandri, S.Pd






0 Response to "prota semester ganjil Bahasa Indonesia Kelas XI SMA"

Posting Komentar