PROGRAM
TAHUNAN
MATA PELAJARAN : BAHASA
INDONESIA
KELAS/SEMESTER : XI MIA DAN IIS / II (GENAP)
SATUAN PENDIDIKAN : SMA NEGERI I
MUARA TIGA
TAHUN AJARAN :
2014/2015
NO
|
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
1.
|
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Mensyukuri anugerah
tuhan akan keberadaan bahasa indonesia dan menggunakannya sesuai dengan
kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa
1.2 Mensyukuri anugerah tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan dan
menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun,
cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama.
1.3 Mensyukuri anugerah tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan
menyajikan, informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun,
cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama.
|
|
2.
|
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi, damai), santun,
responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1
Menunjukkan
sikap tanggung jawab,responsif, dan imajinatif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk mengekspresikan impian, misteri, imajinasi, serta permasalahan
remaja dan sosial.
2.2
Menunjukkan prilaku
tanggung jawab, peduli, proaktif, dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
memahami dan menyampaikan permasalahan social,lingkungan, ideologis, dan
kebijakan public.
2.3
Menunjukkan
perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia
untuk menceritakan kembali kecelakaan lalulintas, narkoba,
criminal(terorisme).
2.4
Mennunjukkan
perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk memaparkan kebijakan lingkungan dan perdagangan bebas.
|
|
3.
|
Memahami,
menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
3.1
Memahami struktur dan kaidah teks ekplanasi kompleks, baik secara
lisan maupun tulisan
3.2
Membandingkan teks ekplanasi kompleks, baik secara lisan
maupun tulisan
3.3
Menganalisis teks ekplanasi kompleks, baik secara lisan maupun
tulisan
3.4
Mengindentifikasi teks ekplanasi kompleks, baik secara lisan
maupun tulisan
3.5
Mengevaluasi teks eksplanasi kompleks, berdasarkan struktur
dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
|
|
4.
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan
mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif
dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
4.1
Menginterpretasi makna teks eksplanasi kompleks, baik secara
lisan maupun tulisan
4.2
Memproduksi teks eksplanasi kompleks, yang koheren sesuai
dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
4.3
Menyunting teks eksplanasi kompleks,sesuai dengan struktur dan
kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
4.4
Mengabstraksi teks eksplanasi kompleks, baik secara lisan
maupun tulisan
4.5
Mengionversi teks eksplanasi kompleks, ke dalam bentuk yang
sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
|
Mengetahui,
Kepala SMA N
I Muara Tiga
Mukhtar, S.Pd
NIP. 1961
1005 1998 01 1001
|
|
Laweueng, 2014
Guru Mata
Pelajaran
Akfil
Zuliandri, S.Pd
|
PROGRAM
TAHUNAN
MATA PELAJARAN : BAHASA
INDONESIA
KELAS/SEMESTER : XI MIA DAN IIS / II (GENAP)
SATUAN PENDIDIKAN : SMA NEGERI I
MUARA TIGA
TAHUN AJARAN :
2014/2015
NO
|
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
1.
|
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Mensyukuri anugerah
tuhan akan keberadaan bahasa indonesia dan menggunakannya sesuai dengan
kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa
1.2 Mensyukuri anugerah tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan dan
menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun,
cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama.
1.3 Mensyukuri anugerah tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan
menyajikan, informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun,
cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama.
|
|
2.
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi, damai), santun,
responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1
Menunjukkan
sikap tanggung jawab,responsif, dan imajinatif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk mengekspresikan impian, misteri, imajinasi, serta permasalahan
remaja dan sosial.
2.2
Menunjukkan
prilaku tanggung jawab, peduli, proaktif, dalam menggunakan bahasa Indonesia
untuk memahami dan menyampaikan permasalahan social,lingkungan, ideologis,
dan kebijakan public.
2.3
Menunjukkan
perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk menceritakan kembali kecelakaan lalulintas, narkoba,
criminal(terorisme).
2.4
Mennunjukkan
perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk memaparkan kebijakan lingkungan dan perdagangan bebas.
|
|
3.
|
Memahami,
menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
3.1
Memahami struktur dan kaidah teks film/drama, baik secara
lisan maupun tulisan
3.2
Membandingkan teks film/drama, baik secara lisan maupun
tulisan
3.3
Menganalisis teks film/drama, baik melalui lisan maupun
tulisan
3.4
Mengidentifikasi teks film/drama, baik secara lisan maupun
tulisan
3.5
Mengevaluasi teks film/drama, berdasarkan kaidah-kaidah teks
baik melalui lisan maupun tulisan
|
|
4.
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan
mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif
dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
4.1
Menginterpretasi makna teks film/drama, baik secara lisan
maupun tulisan
4.2
Memproduksi teks film/drama, yang koheren sesuai dengan karakteristik
teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
4.3
Menyunting teks film/drama, sesuai dengan struktur dan kaidah
teks baik secara lisan maupun tulisan
4.4
Mengabstraksi teks film/drama, baik secara lisan maupun
tulisan
|
|
Mengetahui,
Kepala SMA N
I Muara Tiga
Mukhtar, S.Pd
NIP. 1961
1005 1998 01 1001
|
|
Laweueng, 2014
Guru Mata
Pelajaran
Akfil
Zuliandri, S.Pd
|
0 Response to "prota semester genap Bahasa Indonesia Kelas XI SMA"
Posting Komentar