prota semester genap Bahasa Indonesia Kelas XI SMA

PROGRAM TAHUNAN

MATA PELAJARAN          : BAHASA INDONESIA
KELAS/SEMESTER           : XI MIA DAN IIS / II (GENAP)
SATUAN PENDIDIKAN    : SMA NEGERI I MUARA TIGA
TAHUN AJARAN               : 2014/2015

NO
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
ALOKASI WAKTU
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
1.1    Mensyukuri anugerah tuhan akan keberadaan bahasa indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa
1.2    Mensyukuri anugerah tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama.
1.3    Mensyukuri anugerah tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan, informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama.

2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja      sama, toleransi, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari    solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.1   Menunjukkan sikap tanggung jawab,responsif, dan imajinatif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk mengekspresikan impian, misteri, imajinasi, serta permasalahan remaja dan sosial.
2.2   Menunjukkan prilaku tanggung jawab, peduli, proaktif, dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan permasalahan social,lingkungan, ideologis, dan kebijakan public.
2.3   Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menceritakan kembali kecelakaan lalulintas, narkoba, criminal(terorisme).
2.4   Mennunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memaparkan kebijakan lingkungan dan perdagangan bebas.


3.
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

3.1 Memahami struktur dan kaidah teks ekplanasi kompleks, baik secara lisan maupun tulisan
3.2 Membandingkan teks ekplanasi kompleks, baik secara lisan maupun tulisan
3.3 Menganalisis teks ekplanasi kompleks, baik secara lisan maupun tulisan
3.4 Mengindentifikasi teks ekplanasi kompleks, baik secara lisan maupun tulisan
3.5 Mengevaluasi teks eksplanasi kompleks, berdasarkan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun    tulisan

4.
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

4.1 Menginterpretasi makna teks eksplanasi kompleks, baik secara lisan maupun tulisan
4.2 Memproduksi teks eksplanasi kompleks, yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
4.3 Menyunting teks eksplanasi kompleks,sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun     tulisan
4.4 Mengabstraksi teks eksplanasi kompleks, baik secara lisan maupun tulisan
4.5 Mengionversi teks eksplanasi kompleks, ke dalam bentuk yang sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan


Mengetahui,
Kepala SMA N I Muara Tiga




Mukhtar, S.Pd
NIP. 1961 1005 1998 01 1001

Laweueng,                 2014
Guru Mata Pelajaran




Akfil Zuliandri, S.Pd





PROGRAM TAHUNAN

MATA PELAJARAN          : BAHASA INDONESIA
KELAS/SEMESTER           : XI MIA DAN IIS / II (GENAP)
SATUAN PENDIDIKAN    : SMA NEGERI I MUARA TIGA
TAHUN AJARAN               : 2014/2015

NO
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
ALOKASI WAKTU
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
1.1    Mensyukuri anugerah tuhan akan keberadaan bahasa indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa
1.2    Mensyukuri anugerah tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama.
1.3    Mensyukuri anugerah tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan, informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama.

2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja      sama, toleransi, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari    solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.1   Menunjukkan sikap tanggung jawab,responsif, dan imajinatif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk mengekspresikan impian, misteri, imajinasi, serta permasalahan remaja dan sosial.
2.2   Menunjukkan prilaku tanggung jawab, peduli, proaktif, dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan permasalahan social,lingkungan, ideologis, dan kebijakan public.
2.3   Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menceritakan kembali kecelakaan lalulintas, narkoba, criminal(terorisme).
2.4   Mennunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memaparkan kebijakan lingkungan dan perdagangan bebas.


3.
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

3.1 Memahami struktur dan kaidah teks film/drama, baik secara lisan maupun tulisan
3.2 Membandingkan teks film/drama, baik secara lisan maupun tulisan
3.3 Menganalisis teks film/drama, baik melalui lisan maupun tulisan
3.4 Mengidentifikasi teks film/drama, baik secara lisan maupun tulisan
3.5 Mengevaluasi teks film/drama, berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan

4.
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

4.1 Menginterpretasi makna teks film/drama, baik secara lisan maupun tulisan
4.2 Memproduksi teks film/drama, yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
4.3 Menyunting teks film/drama, sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
4.4 Mengabstraksi teks film/drama, baik secara lisan maupun tulisan



Mengetahui,
Kepala SMA N I Muara Tiga




Mukhtar, S.Pd
NIP. 1961 1005 1998 01 1001

Laweueng,                 2014
Guru Mata Pelajaran




Akfil Zuliandri, S.Pd




0 Response to "prota semester genap Bahasa Indonesia Kelas XI SMA"

Posting Komentar