RPP K13 Bahasa Indonesia teks pantun Kelas XI SMA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                                           :  SMA NEGERI 1 MUARA TIGA
MATA PELAJARAN/KELAS      :  BAHASA INDONESIA/XI
SEMESTER                                        :  I (GANJIL)
MATERI POKOK                             :  EKS PANTUN
ALOKASI WAKTU                          :  2 X 45 MENIT

A.        KOMPETENSI INTI
KI  1  :  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja   sama, toleransi, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari    solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3:  Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.         KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.2    Mensyukuri anugearah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama.
2.2      Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan permasalahan sosial, lingkungan. Ideologis, dan kebijakan publik.
3.1      Memahami struktur dan kaidah teks pantun, baik melalui lisan maupun tulisan.
3.1.1      Mengetahui struktur isi teks pantun.
3.1.2      Mengetahui ciri bahasa teks pantun.
4.1   Menginterpretasi makna teks pantun, baik secara lisan maupun tulisan.
4.1.1      Memahami isi teks pantun.
4.1.2      Menginterpretasi isi dalam teks pantun.

C.        TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah pembelajaran ini diharapkan:
1.       Peserta didik dapat mengetahui struktur isi teks pantun.
2.       Peserta didik dapat mengetahui ciri bahasa teks pantun.
3.       Peserta didik dapat memahami isi teks pantun.
4.       Peserta didik dapat menginterpretasi isi dalam teks pantun.

D.        MATERI PEMBELAJARAN
1.       Pengenalan struktur isi teks pantun.
2.       Pengenalan ciri bahasa teks pantun.
3.       Pemahaman isi teks pantun.

E.        PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan: Scientific.
Metode:  Diskusi, pemberian tugas, dan presentasi.
F.         KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi
Deskripsi



Pendahuluan
1.         Peserta didik merespon salam dan pertanyaan guru yang berhubungan dengan kesyukuran kepada Tuhan.
2.         Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan yang akan dilaksanakan.
3.         Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.         Peserta didik menerima pengarahan bahwa melalui topik pembelajaran ini agar dapat mengembangkan sikap santun, jujur, kerja sama, tanggung jawab, dan cinta damai.













Inti

















Mengamati
5.         Peserta didik membaca contoh teks pantun.
6.         Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan struktur isi teks pantun (sampiran, isi, sajak).
Mempertanyakan
7.         Peserta didik mempertanyakan struktur isi teks pantun (sampiran, isi, sajak) yang dibaca dan dicermati.
8.         Peserta didik membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks pantun.
Mengeksplorasi (menalar)
9.         Peserta didik membaca teks pantun yang lain.
10.      Peserta didik menemukan struktur isi teks pantun (sampiran, isi).
11.      Peserta didik menemukan ciri bahasa teks pantun.
12.      Peserta didik menentukan makna/maksud isi teks pantun.
Mengasosiasi (mencoba)
13.      Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil temuan terkait dengan struktur isi dan ciri bahasa teks pantun.
14.      Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan makna/ maksud teks pantun dalam diskusi kelas dengan saling menghargai.
Mengomunikasikan
15.      Peserta didik membacakan hasil diskusi tentang temuan terkait dengan strukturisi dan ciri bahasa teks pantun.
16.      Peserta didik mempresentasikan makna/maksud teks pantun dengan rasa percaya diri.
17.      Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.

























Penutup
18.      Peserta didik dan guru menyimpulkan materi pelajaran.
19.      Refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
20.      Peserta didik menerima tugas dari guru.



G.        MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
Media:     
1.     Contoh-contoh teks pantun.
2.     Uraian yang berkaitan dengan struktur isi teks pantun (sampiran, isi, sajak).

Sumber belajar:
1.       Buku Kumpulan Pantun.
2.       Kamus Besar Bahasa Indonesia dan media massa.
3.       Kosasih, Engkos. 2014. Buku Kretif Berbahasa Indonesia untuk SMK kelas XI. Jakarta: Erlangga.

H.        PENILAIAN
Teknik penilaian:
1.         Penilaian proses/ pengamatan.
2.         Tertulis.
3.         Lisan.

         Bentuk Instrumen:
1.       Tes lisan:
1)        Sebutkan pengertian pantun!
2)       Sebutkan struktur isi teks pantun!
3)       Sebutkan ciri bahasa teks pantun!

2.       Tes tertulis:
1)         Tentukan struktur isi teks pantun yang telah dibaca!
2)         Tentukan ciri bahasa teks pantun yang telah dibaca!
3)         Tentukan isi teks pantun yang telah dibaca!
4)         Interpretasikan isi dalam teks pantun yang telah dibaca!

         Penilaian Proses/Pengamatan:
No.
Nama
Prilaku yang Diamati dalam Proses Pembelajaran
Menghargai orang lain
Disiplin
Aktivitas
Kerjasama
Komunikasi
1.
2.
3.
4.
5.
Dst.






Keterangan:
Skala penilaian dibuat dengan rentangan 1 s/d 5

Skor
Penafsiran Angka
1
Sangat kurang
2
Kurang
3
Cukup baik
4
Baik

5
Sangat baik

         Penilaian Tes  Tertulis:
Aspek
Skor
Siswa menjawab benar semua
4
Siswa menjawab benar  3
3
Siswa menjawab benar  2
2
Siswa menjawab benar  1
1
Skor maksimal
4

         Keterangan:                                    Skor yang di peroleh
                                     Nilai akhir =       -----------------------------   x  100
                                                                       Skor maksimal



Mengetahui,
Kepala SMA N I Muara Tiga




Mukhtar, S.Pd
NIP. 1961 1005 1998 01 1001

Laweueng,                 2014
Guru Mata Pelajaran




Akfil Zuliandri, S.Pd



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                                           :  SMA NEGERI 1 MUARA TIGA
MATA PELAJARAN/KELAS        :  BAHASA INDONESIA/XI
SEMESTER                                        :  I (GANJIL)
MATERI POKOK                             :  TEKS PANTUN
ALOKASI WAKTU                           :  2 X 45 MENIT

A.        KOMPETENSI INTI
KI  1  :  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja   sama, toleransi, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari    solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3:  Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

A.        KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.3      Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama.
2.2  Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan permasalahan sosial, lingkungan. Ideologis, dan kebijakan publik.
3.2       Membandingkan teks pantun baik melalui lisan maupun tulisan.
3.2.1        Mengidentifikasi persamaan struktur isi dua teks pantun.
3.2.2      Mengidentifikasi perbedaan struktur isi dua teks pantun.
3.2.3      Mengidentifikasi persamaan ciri bahasa dua teks pantun.
3.2.4      Mengidentifikasi perbedaan ciri bahasa dua teks pantun.
4.2       Memproduksi teks pantun yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan.
4.2.1        Menyusun langkah-langkah penulisan teks pantun.
4.2.2      Membuat teks pantun sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa.

B.        TUJUAN PEMBELAJARAN
         Setelah pembelajaran ini diharapkan:
1.       Peserta didik dapat menjelaskan  persamaan struktur isi dua teks pantun.
2.       Peserta didik dapat menjelaskan perbedaan struktur isi dua teks pantun.
3.       Peserta didik dapat menjelaskan persamaan ciri bahasa dua  teks  pantun.
4.       Peserta didik dapat menjelaskan perbedaan ciri bahasa dua teks pantun.
5.       Peserta didik dapat menyusun langkah-langkah penulisan teks pantun.
6.       Peserta didik dapat membuat sebuah teks pantun sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa.

C.        MATERI PEMBELAJARAN
1.       Persamaan dan perbedaan struktur isi dan ciri bahasa dua teks pantun.
2.       Langkah-langkah penulisan teks pantun sesuai dengan struktur isi (menemukan topik, mengembangkan sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa).

D.        PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan: Scientific.
Metode:  Diskusi, inquiri, presentasi, dan pemberian tugas.
E.        MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
Media:  Contoh-contoh teks pantun.
         Sumber belajar:
1.       Buku Kumpulan Pantun.
2.       Kamus Besar Bahasa Indonesia dan media massa.

F.         KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu




Pendahuluan
1.         Peserta didik merespon salam dan pertanyaan guru yang berhubungan dengan kesyukuran kepada Tuhan.
2.         Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan yang akan dilaksanakan.
3.         Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.         Peserta didik menerima pengarahan bahwa melalui topik pembelajaran ini agar dapat mengembangkan sikap santun, jujur, kerja sama, tanggung jawab, dan cinta damai.












Inti
Mengamati
5.         Peserta didik membaca beberapa teks pantun.
Mempertanyakan
6.         Peserta didik mempertanyakan isi teks pantun.
Mengeksplorasi (menalar)
7.          Peserta didik mengidentifikasi persamaan struktur isi beberapa  teks pantun yang dibaca.
8.         Peserta didik mengidentifikasi persamaan ciri bahasa beberapa  teks panntun yang dibaca.
9.         Peserta didik mengidentifikasi perbedaan struktur isi beberapa  teks pantun yang dibaca.
10.      Peserta didik mengidentifikasi perbedaan ciri bahasa beberapa  teks pantun yang dibaca.
11.      Peserta didik menentukan topik teks pantun.
12.      Peserta didik membuat teks pantun sesuai dengan struktur isi teks pantun (sampiran, isi, sajak) dan ciri bahasa pantun.
Mengasosiasi (mencoba)
13.       Peserta didik mediskusikan dan menyimpulkan persamaan dan perbedaan beberapa teks pantun dalam diskusi kelas.
14.      Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan struktur isi teks pantun yang dibuat.
Mengomunikasikan
15.       Peserta didik menjelaskan persamaan dan perbedaan beberapa  teks pantun berdasarkan yang didiskusikan.
16.      Peserta didik membacakan teks pantun dengan intonasi dan ekspresi yang tepat.




















Penutup
17.      Peserta didik dan guru menyimpulkan materi pelajaran.
18.      Refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
19.      Peserta didik menerima tugas dari guru.

      
G.        PENILAIAN
Teknik penilaian:
1.       Penilaian proses/ pengamatan.
2.       Tertulis.
3.       Lisan.
4.       Pemberian tugas.
         Bentuk Instrumen:                                
1.       Tes lisan:
1)       Ceritakan isi teks pantun yang telah dibaca!
2)       Jelaskan ciri bahasa dari dua pantun yang telah dibaca!
3)       Tentukan struktur isi dari teks pantun yang telah dibaca!
2.       Tes tertulis:
1)    Jelaskan  persamaan struktur isi dua teks pantun yang telah dibaca!
2)    Jelaskan perbedaan struktur isi dua teks pantun yang telah dibaca!
3)    Jelaskan persamaan ciri bahasa dua  teks  pantun yang telah dibaca!
4)    Jelaskan perbedaan ciri bahasa dua teks pantun yang telah dibaca!
5)    Tentukan langkah-langkah penulisan teks pantun!
6)    Buatlahsebuah teks pantun sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa!

7)        Tugas:
Bacalah dua teks pantun lalu tentukan persamaan dan perbedaan kedua teks tersebut!

         Penilaian Proses/Pengamatan:
No.
Nama
Prilaku yang Diamati dalam Proses Pembelajaran
Menghargai orang lain
Disiplin
Aktivitas
Kerjasama
Komunikasi
1.
2.
3.
4.
5.
Dst.






                Keterangan:
Skala penilaian dibuat dengan rentangan 1 s/d 5

Skor
Penafsiran Angka
1
Sangat kurang
2
Kurang
3
Cukup baik
4
Baik
5
Sangat baik

         Penilaian Tes  Tertulis:
Aspek
Skor
Siswa menjawab benar semua
5
Siswa menjawab benar  5
4
Siswa menjawab benar  4
3
Siswa menjawab benar  3
2
Siswa menjawab benar  2
2
Siswa menjawab benar  1
1
Skor maksimal
5

         Keterangan:                                    Skor yang di peroleh
                                     Nilai akhir =       -----------------------------   x  100
                                                                       Skor maksimal

         Penilaian Tugas/ Portofolio:

Aspek yang Dinilai
Skor
                               Kriteria
Komentar





                   ISI                 
        
  27 - 30
Sangat baik – sempurna:menguasai topik tulisan; substantif; abstraksi^orientasi^ krisis^ reaksi^coda; relevan dgn topik yang dibahas.

22 – 26
Cukup – baik: cukup menguasai permasalahan; cukup memadai; pengembangan tesis terbatas; relevan dengan topik, tetapi kurang terinci.

17 – 21
Sedang – cukup: penguasaan permasalahan terbatas; subtansi kurang; pengembangan topik tidak memadai.

13 - 16
Sangat kurang – kurang: tidak menguasai permasalahan; tidak ada substansi; tidak relevan; tidak layak dinilai.





STRUKTUR TEKS

18 – 20
Sangat baik – sempurna:ekspresi lancar; gagasan terungkap padat, dengan jelas; tertata dengan baik; urutan abstraksi^ orientasi^krisis^reaksi^coda; relevan; kohesif.

14 – 17
Cukup – baik: kurang lancar; kurang terorganisasi, tetapi ide utama ternyatakan; pendukung terbatas; logis, tetapi tidak lengkap.

10 – 13
Sedang – cukup: tidak lancar; gagasan kacau/ tidak terkait; urutan dan pengembangan kurang logis.

7 – 9
Sangat kurang – kurang: tidak komunikatif; tidak terorganisas; tidak layak dinilai.





KOSAKATA
18 – 20
Sangat baik – sempurna:penguasaan kata canggih; pilihan kata dan ungkapan efektif; menguasai pembentukkan kata; penggunaan register tepat.

14 – 17
Cukup – baik: penguasaan kata memadai; pilihan, bentuk, dan penggunaan kata/ ungkapan kadang-kadang salah tetapi tidak mengganggu.

10 – 13
Sedang – cukup: penguasaan kata terbatas; sering terjadi kesalahan bentuk, pilihan dan penggunaan kosakata/ ungkapan; makna membingungkan/ tidak jelas.

7 – 9
Sangat kurang – kurang: pengetahuan tentang kosakata,  ungkapan, dan pembentukkan kata rendah; tidak layak dinilai.









KALIMAT
18 – 20
Sangat baik – sempurna:konstruksi kompleks dan efektif; terdapat hanya sedikit kesalahan penggunaan bahasa (urutan/fungsi kata, artikel, pronomina, preposisi).

14 – 17
Cukup – baik: konstruksi sederhana, tetpi efektif; terdapat kesalahan kecil pada konstruksi kompleks; terjadi sejumlah kesalahan penggunaan bahasa (fungsi/ urutan kata, artikel, pronomina, preposisi), tetpi makna cukup jelas.

10 – 13
Sedang – cukup: terjadi kesalahan serius dalam konstruksi kalimat tunggal/kompleks (sering terjadi kesalahan pada kalimat negasi, urutan/ fungsi kata, artikel, pronomina, kalimat, fragmen, pelesapan; makna membingungkan/ kabur.


7 – 9
Sangat kurang – kurang: tidak menguasai tata kalimat; terdapat banyak kesalahan; tidak komunikatif; tidak layak dinilai.








MEKANIK
9 – 10
Sangat baik – sempurna:menguasai aturan penulisan; terdapat sedikit kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf.

7 – 8
Cukup – baik: kadang-kadang terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf, tetapi  tidak mengaburkan makna.

4 – 6
Sedang – cukup: sering terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tangan tidak jelas; makna membingungkan / kabur.

1 - 3
Sangat kurang – kurang: tidak menguasai aturan penulisan; terdapat banyak kesalahan  ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tidak terbaca;  tidak layak dinilai.



KOMENTAR:

JUMLAH SKOR:



PENILAI:










Mengetahui,
Kepala SMA N I Muara Tiga




Mukhtar, S.Pd
NIP. 1961 1005 1998 01 1001

Laweueng,                 2014
Guru Mata Pelajaran




Akfil Zuliandri, S.Pd



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                                           :  SMA NEGERI 1 MUARA TIGA
MATA PELAJARAN/KELAS        :  BAHASA INDONESIA/XI
SEMESTER                                        :  I (GANJIL)
MATERI POKOK                             :  TEKS PANTUN
ALOKASI WAKTU                           :  2 X 45 MENIT

A.        KOMPETENSI INTI
KI  1  :  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja   sama, toleransi, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari    solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3:  Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.                KOMPETENSI DASAR
1.2    Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama.
2.2    Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan permasalahan sosial, lingkungan. Ideologis, dan kebijakan publik.
3.3       Menganalisis teks pantun baik melaui lisan maupun tulisan.
3.3.1     Menganalisis isi teks pantun.
3.3.2     Menganalisis bahasa teks pantun.
4.3    Menyunting teks pantun sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
4.3.1      Menyunting isi teks pantun sesuai dengan srtukturnya.
4.3.2    Menyunting bahasa teks pantun sesuai dengan: ejaan, dan tanda baca.

C.        TUJUAN PEMBELAJARAN
         Setelah pembelajaran ini diharapkan:
1.       Peserta didik dapat menganalisi isi teks pantun.
2.       Peserta didik dapat menganalisis bahasa teks pantun.
3.       Peserta didik dapat menyunting isi sesuai dengan struktur isi teks pantun.
4.       Peserta didik dapat menyunting bahasa teks pantun sesuai dengan ejaannya.
5.       Peserta didik dapat menyunting bahasa teks pantun sesuai dengan tanda bacanya.

D.        MATERI PEMBELAJARAN
1.       Analisis isi teks pantun.
2.       Analisis bahasa teks pantun.
3.       Penyuntingan isi sesuai dengan struktur isi teks pantun.
4.       Penyuntingan bahasa sesuai dengan: ejaan dan tanda baca.

E.        PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan: Scientific.
Metode:  Diskusi, pemberian tugas, dan presentasi.
F.         MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
Media:  Contoh-contoh teks eksposisi
Sumber belajar:
1.       Buku Kumpulan Pantun.
2.       Kamus Besar Bahasa Indonesia dan Media massa.
3.       Kosasih, Engkos. 2014. Buku Kretif Berbahasa Indonesia untuk SMK kelas XI. Jakarta: Erlangga.



G.        KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu




Pendahuluan
1.         Peserta didik merespon salam dan pertanyaan guru yang berhubungan dengan kesyukuran kepada Tuhan.
2.         Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan yang akan dilaksanakan.
3.         Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.         Peserta didik menerima pengarahan bahwa melalui topik pembelajaran ini agar dapat mengembangkan sikap santun, jujur, kerja sama, tanggung jawab, dan cinta damai.










Inti
Mengamati
5.         Peserta didik membaca contoh analisis teks pantun.
6.         Peserta didik membaca teks pantun yang ditulis teman.
Mempertanyakan
7.         Peserta didik mempertanyakan isi teks pantun yang dibaca.
8.         Peserta didik mempertanyakan struktur isi dan bahasa teks pantun yang dibaca.
Mengeksplorasi (menalar)
9.         Peserta didik menganalisis isi teks pantun dengan cermat.
10.      Peserta didik menganalisis bahasa teks pantun dengan cermat.
11.      Peserta didik menyunting teks pantunyang ditulis teman dari aspek struktur isi dan bahasa teks pantun dengan cermat.
Mengasosiasi (mencoba)
12.      Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil analisis isi dan bahasa teks pantun.
13.      Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil penyuntingan temanterhadap pantun yang menulis.
14.      Peserta didik memperbaiki teks pantun berdasarkan hasil suntingan teman.
Mengomunikasikan
15.       Peserta didik mempresentasikan hasil analisis dengan rasa percaya diri.
16.      Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.
17.      Peserta didik membacakan teks pantun dengan intonasi dan ekspresi yang tepat.
18.      Peserta didik mengomentari/menanggapai struktur isi dan bahasa teks pantun yang dibacakan dengan santun.






















Penutup
19.      Peserta didik dan guru menyimpulkan materi pelajaran.
20.      Refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
21.      Peserta didik menerima tugas dari guru.


H.        PENILAIAN
Teknik penilaian:
1.       Penilaian proses/ pengamatan.
2.       Tertulis.
3.       Lisan.
4.       Pemberian tugas.
         Bentuk Instrumen:                                
1.       Tes lisan:
1)       Sebutkan isi teks pantun yang telah dibaca!
2)       Jelaskan penggunaan bahasa teks pantun yang telah dibaca!

2.       Tes tertulis:
1)         Analisislah isi teks pantun yang telah dibaca!
2)         Analisislah bahasa teks pantun yang telah dibaca!
3)         Suntinglah isi teks pantun sesuai dengan struktur isinya!
4)         Suntinglah bahasa teks pantun sesuai dengan ejaannya!
5)         Suntinglah bahasa teks pantun sesuai dengan tanda bacanya!

1.          Tugas:
1)       Carilah sebuah teks pantun dan bacalah dengan cermat!
2)       Suntinglah isi dan bahasa teks pantun tersebut sesuai dengan struktur isi dan kaidah teks!


         Penilaian Proses/Pengamatan:
No.
Nama
Prilaku yang Diamati dalam Proses Pembelajaran
Menghargai orang lain
Disiplin
Aktivitas
Kerjasama
Komunikasi
1.
2.
3.
4.
5.
Dst.






               
Keterangan:
Skala penilaian dibuat dengan rentangan 1 s/d 5

Skor
Penafsiran Angka
1
Sangat kurang
2
Kurang
3
Cukup baik
4
Baik
5
Sangat baik


         Penilaian Tes  Tertulis:
Aspek
Skor
Siswa menjawab benar semua
5
Siswa menjawab benar 3
4
Siswa menjawab benar 2
3
Siswa menjawab benar 1
2
Skor maksimal
5
        

         Keterangan:                             

Skor yang di peroleh
                                     Nilai akhir =       -----------------------------   x  100
                                                                       Skor maksimal

         Penilaian Tugas/ Portofolio:

Aspek yang Dinilai
Skor
                               Kriteria
Komentar




                   ISI                 
        
  27 - 30
Sangat baik – sempurna:menguasai topik tulisan; substantif; abstraksi^orientasi^ krisis^ reaksi^coda; relevan dgn topik yang dibahas.

22 – 26
Cukup – baik: cukup menguasai permasalahan; cukup memadai; pengembangan tesis terbatas; relevan dengan topik, tetapi kurang terinci.

17 – 21
Sedang – cukup: penguasaan permasalahan terbatas; subtansi kurang; pengembangan topik tidak memadai.

13 - 16
Sangat kurang – kurang: tidak menguasai permasalahan; tidak ada substansi; tidak relevan; tidak layak dinilai.





STRUKTUR TEKS

18 – 20
Sangat baik – sempurna:ekspresi lancar; gagasan terungkap padat, dengan jelas; tertata dengan baik; urutan abstraksi^ orientasi^krisis^reaksi^coda; relevan; kohesif.

14 – 17
Cukup – baik: kurang lancar; kurang terorganisasi, tetapi ide utama ternyatakan; pendukung terbatas; logis, tetapi tidak lengkap.

10 – 13
Sedang – cukup: tidak lancar; gagasan kacau/ tidak terkait; urutan dan pengembangan kurang logis.

7 – 9
Sangat kurang – kurang: tidak komunikatif; tidak terorganisas; tidak layak dinilai.





KOSAKATA
18 – 20
Sangat baik – sempurna:penguasaan kata canggih; pilihan kata dan ungkapan efektif; menguasai pembentukkan kata; penggunaan register tepat.

14 – 17
Cukup – baik: penguasaan kata memadai; pilihan, bentuk, dan penggunaan kata/ ungkapan kadang-kadang salah tetapi tidak mengganggu.

10 – 13
Sedang – cukup: penguasaan kata terbatas; sering terjadi kesalahan bentuk, pilihan dan penggunaan kosakata/ ungkapan; makna membingungkan/ tidak jelas.

7 – 9
Sangat kurang – kurang: pengetahuan tentang kosakata,  ungkapan, dan pembentukkan kata rendah; tidak layak dinilai.





KALIMAT
18 – 20
Sangat baik – sempurna:konstruksi kompleks dan efektif; terdapat hanya sedikit kesalahan penggunaan bahasa (urutan/fungsi kata, artikel, pronomina, preposisi).

14 – 17
Cukup – baik: konstruksi sederhana, tetpi efektif; terdapat kesalahan kecil pada konstruksi kompleks; terjadi sejumlah kesalahan penggunaan bahasa (fungsi/ urutan kata, artikel, pronomina, preposisi), tetpi makna cukup jelas.

10 – 13
Sedang – cukup: terjadi kesalahan serius dalam konstruksi kalimat tunggal/kompleks (sering terjadi kesalahan pada kalimat negasi, urutan/ fungsi kata, artikel, pronomina, kalimat, fragmen, pelesapan; makna membingungkan/ kabur.


7 – 9
Sangat kurang – kurang: tidak menguasai tata kalimat; terdapat banyak kesalahan; tidak komunikatif; tidak layak dinilai.








MEKANIK
9 – 10
Sangat baik – sempurna:menguasai aturan penulisan; terdapat sedikit kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf.

7 – 8
Cukup – baik: kadang-kadang terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf, tetapi  tidak mengaburkan makna.

4 – 6
Sedang – cukup: sering terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tangan tidak jelas; makna membingungkan / kabur.

1 - 3
Sangat kurang – kurang: tidak menguasai aturan penulisan; terdapat banyak kesalahan  ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tidak terbaca;  tidak layak dinilai.




KOMENTAR:

JUMLAH SKOR:



PENILAI:













Mengetahui,
Kepala SMAN I Muara Tiga




Mukhtar, S.Pd
NIP. 1961 1005 199801 1001

Laweueng,                 2014
Guru Mata Pelajaran




Akfil Zuliandri, S.Pd



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SEKOLAH                                           :  SMA NEGERI 1 MUARA TIGA
MATA PELAJARAN/KELAS      :  BAHASA INDONESIA/XI
SEMESTER                                        :  I (GANJIL)
MATERI POKOK                             :  TEKS PANTUN
ALOKASI WAKTU                          :  2 X 45 MENIT

A.        KOMPETENSI INTI
KI  1  :  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja   sama, toleransi, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari    solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3:  Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

A.        KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.3  Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama.
2.2   Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan permasalahan sosial, lingkungan. Ideologis, dan kebijakan publik.
3.4       Mengidentifikasi teks pantun baik secara lisan maupun tulisan.
3.4.1     Menentukan karakteristik teks pantun.
4.4    Mengabstraksi teks pantun baik secara lisan maupun tulisan.
4.4.1      Menyusun langkah-langkah abstraksi teks pantun.
4.4.2      Membuat abstraksi teks pantun.

B.        TUJUAN PEMBELAJARAN
         Setelah pembelajaran ini diharapkan:
1.       Peserta didik dapat mengidentifikasi karakteristik teks pantun.
2.       Peserta didik dapat menyusun langkah-langkah abstraksi teks pantun.
3.       Peserta didik dapat membuat abstraksi teks pantun.

C.        MATERI PEMBELAJARAN
1.       Identifikasi karakteristik teks pantun.
2.       Langkah-langkah membuat abstraksi teks pantun.

E.     PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan: Scientific.
Metode:  Diskusi, pemberian tugas, dan presentasi.
F.         MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
Media:          Teks/ uraian tentang karakteristik teks pantun.
                       Contoh-contoh teks pantun.
Sumber belajar:
1.       Buku Kumpulan Pantun.
2.       Kamus Besar Bahasa Indonesia dan media massa.
3.       Kosasih, Engkos. 2014. Buku Kretif Berbahasa Indonesia untuk SMK kelas XI. Jakarta: Erlangga.

G.        KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu



Pendahuluan
1.         Peserta didik merespon salam dan pertanyaan guru yang berhubungan dengan kesyukuran kepada Tuhan.
2.         Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan yang akan dilaksanakan.
3.         Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.         Peserta didik menerima pengarahan bahwa melalui topik pembelajaran ini agar dapat mengembangkan sikap santun, jujur, kerja sama, tanggung jawab, dan cinta damai.











Inti





Mengamati
5.         Peserta didik membaca contoh abstraksi teks pantun.
6.         Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan karakteristik teks pantun.
Mempertanyakan
7.         Peserta didik mempertanyakan isi teks pantun yang dibaca.
8.         Peserta didik mempertanyakan tentang karakteristik teks pantun.
Mengeksplorasi (menalar)
9.         Peserta didik menuliskan karakteristik pantun.
10.      Peserta didik menuliskan garis besar (abstraksi) isi teks pantun dalam satu kalimat secara terpadu.
Mengasosiasi (mencoba)
11.      Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan tentang karakteristik teks pantun.
12.      Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan abstraksi teks pantun yang dibuat.
Mengomunikasikan
13.       Peserta didik menyampaikan karakteristik (ciri-ciri) pantun.
14.      Peserta didik mempresentasikan abstraksi teks pantun.




















Penutup
15.      Peserta didik dan guru menyimpulkan materi pelajaran.
16.      Refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
17.      Peserta didik menerima tugas dari guru.


H.        PENILAIAN
Teknik penilaian:
1.       Penilaian proses/ pengamatan.
2.       Tertulis.
3.       Lisan.
4.       Pemberian tugas.
         Bentuk Instrumen:                                
1.       Tes lisan:
1)       Ceritakan apa yang dimaksud dengan karakteristik!
2)       Sebutkan apasaja yang termasuk karakteristik teks pantun!

2.       Tes tertulis:
1)       Tentukanlah karakteristik teks pantun yang telah dibaca!
2)       Susunlah  langkah-langkah membuat abstraksi teks pantun!
3)       Buatlah abstraksi teks pantun yang telah dibaca!

3.       Tugas:
1)       Carilah dan bacalah teks pantun!
2)       Tentukan karakteristik dari pantun tersebut!
3)       Buatlah abstraksi dari pantun tersebut!

         Penilaian Proses/Pengamatan:

No.
Nama
Prilaku yang Diamati dalam Proses Pembelajaran
Menghargai orang lain
Disiplin
Aktivitas
Kerjasama
Komunikasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
Dst.







               
Keterangan:
Skala penilaian dibuat dengan rentangan 1 s/d 5

Skor
Penafsiran Angka
1
Sangat kurang
2
Kurang
3
Cukup baik
4
Baik
5
Sangat baik


         Penilaian Tes  Tertulis:
Aspek
Skor
Siswa menjawab benar semua
5
Siswa menjawab benar  2
4
Siswa menjawab benar  1
2
Skor maksimal
5

         Keterangan:                             
        
Skor yang di peroleh
                                     Nilai akhir =       -----------------------------   x  100
                                                                       Skor maksimal

         Penilaian Tugas/ Portofolio:

Aspek yang Dinilai
Skor
                               Kriteria
Komentar






                   ISI                 
        
  27 - 30
Sangat baik – sempurna:menguasai topik tulisan; substantif; abstraksi^orientasi^ krisis^ reaksi^coda; relevan dgn topik yang dibahas.


22 – 26
Cukup – baik: cukup menguasai permasalahan; cukup memadai; pengembangan tesis terbatas; relevan dengan topik, tetapi kurang terinci.


17 – 21
Sedang – cukup: penguasaan permasalahan terbatas; subtansi kurang; pengembangan topik tidak memadai.


13 - 16
Sangat kurang – kurang: tidak menguasai permasalahan; tidak ada substansi; tidak relevan; tidak layak dinilai.










STRUKTUR TEKS

18 – 20
Sangat baik – sempurna:ekspresi lancar; gagasan terungkap padat, dengan jelas; tertata dengan baik; urutan abstraksi^ orientasi^krisis^reaksi^coda; relevan; kohesif.


14 – 17
Cukup – baik: kurang lancar; kurang terorganisasi, tetapi ide utama ternyatakan; pendukung terbatas; logis, tetapi tidak lengkap.


10 – 13
Sedang – cukup: tidak lancar; gagasan kacau/ tidak terkait; urutan dan pengembangan kurang logis.


7 – 9
Sangat kurang – kurang: tidak komunikatif; tidak terorganisas; tidak layak dinilai.






KOSAKATA
18 – 20
Sangat baik – sempurna:penguasaan kata canggih; pilihan kata dan ungkapan efektif; menguasai pembentukkan kata; penggunaan register tepat.

14 – 17
Cukup – baik: penguasaan kata memadai; pilihan, bentuk, dan penggunaan kata/ ungkapan kadang-kadang salah tetapi tidak mengganggu.


10 – 13
Sedang – cukup: penguasaan kata terbatas; sering terjadi kesalahan bentuk, pilihan dan penggunaan kosakata/ ungkapan; makna membingungkan/ tidak jelas.


7 – 9
Sangat kurang – kurang: pengetahuan tentang kosakata,  ungkapan, dan pembentukkan kata rendah; tidak layak dinilai.










KALIMAT
18 – 20
Sangat baik – sempurna:konstruksi kompleks dan efektif; terdapat hanya sedikit kesalahan penggunaan bahasa (urutan/fungsi kata, artikel, pronomina, preposisi).


14 – 17
Cukup – baik: konstruksi sederhana, tetpi efektif; terdapat kesalahan kecil pada konstruksi kompleks; terjadi sejumlah kesalahan penggunaan bahasa (fungsi/ urutan kata, artikel, pronomina, preposisi), tetpi makna cukup jelas.

10 – 13
Sedang – cukup: terjadi kesalahan serius dalam konstruksi kalimat tunggal/kompleks (sering terjadi kesalahan pada kalimat negasi, urutan/ fungsi kata, artikel, pronomina, kalimat, fragmen, pelesapan; makna membingungkan/ kabur.

7 – 9
Sangat kurang – kurang: tidak menguasai tata kalimat; terdapat banyak kesalahan; tidak komunikatif; tidak layak dinilai.









MEKANIK
9 – 10
Sangat baik – sempurna:menguasai aturan penulisan; terdapat sedikit kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf.

7 – 8
Cukup – baik: kadang-kadang terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf, tetapi  tidak mengaburkan makna.

4 – 6
Sedang – cukup: sering terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tangan tidak jelas; makna membingungkan / kabur.

1 - 3
Sangat kurang – kurang: tidak menguasai aturan penulisan; terdapat banyak kesalahan  ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tidak terbaca;  tidak layak dinilai.



KOMENTAR:

JUMLAH SKOR:




PENILAI:









Mengetahui,
Kepala SMA N I Muara Tiga




Mukhtar, S.Pd
NIP. 1961 1005 1998 01 1001

Laweueng,                 2014
Guru Mata Pelajaran




Akfil Zuliandri, S.Pd




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SEKOLAH                                           :  SMA NEGERI 1 MUARA TIGA
MATA PELAJARAN/KELAS      :  BAHASA INDONESIA/XI
SEMESTER                                        :  I (GANJIL)
MATERI POKOK                             :  TEKS PANTUN
ALOKASI WAKTU                          :  2 X 45 MENIT

A.        KOMPETENSI INTI
KI  1  :  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja    sama, toleransi, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari    solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3:  Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.         KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.3  Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama.
2.2   Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan permasalahan sosial, lingkungan. Ideologis, dan kebijakan publik.
3.5       Mengevaluasi teks pantun berdasarkan kaidah-kaidah teks baik lisan maupun tulisan.
3.5.1     Mengevaluasi struktur isi teks pantun.
3.5.2     Mengevaluasi bahasa teks pantun.
4.5       Mengonversi teks pantun ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks, baik secara lisan maupun tulisan.
4.5.1     Menentukan langkah-langkah konversi teks pantun menjadi teks dialog.
4.5.2     Mengonversi teks pantun menjadi teks dialog.

C.        TUJUAN PEMBELAJARAN
         Setelah pembelajaran ini diharapkan:
1.       Peserta didik dapat mengevaluasi struktur isi teks pantun.
2.       Peserta didik mengevaluasi bahasa teks pantun.
3.       Peserta didik dapat menentukan langkah-langkah konversi teks pantun menjadi teks dialog.
4.       Peserta didik dapat mengonversi teks pantun menjadi teks dialog

D.        MATERI PEMBELAJARAN
1.       Evaluasi struktur isi teks pantun.
2.       Evaluasi bahasa teks pantun.
3.       Langkah-langkah konversi teks pantun menjadi teks dialog.

E.         PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan: Scientific.
Metode:  Diskusi, pemberian tugas, dan presentasi.
F.         MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
Media:     
1.       Contoh-contoh teks pantun.
2.       Teks/uraian tentang kaidah-kaidah penulisan teks pantun.
      
Sumber belajar:
1.       Buku Kumpulan Pantun.
2.       Kamus Besar Bahasa Indonesia dan media massa.
3.       Kosasih, Engkos. 2014. Buku Kretif Berbahasa Indonesia untuk SMK kelas XI. Jakarta: Erlangga.

G.        KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu



Pendahuluan
1.         Peserta didik merespon salam dan pertanyaan guru yang berhubungan dengan kesyukuran kepada Tuhan.
2.         Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan yang akan dilaksanakan.
3.         Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.         Peserta didik menerima pengarahan bahwa melalui topik pembelajaran ini agar dapat mengembangkan sikap santun, jujur, kerja sama, tanggung jawab, dan cinta damai.










Inti





Mengamati
5.         Peserta didik membaca contoh konversi teks pantun.
6.         Peserta didik membaca contoh teks pantun yang ditulis ulang.
Mempertanyakan
7.         Peserta didik mempertanyakan isi teks pantun.
8.         Peserta didik mempertanyakan isi teks pantun yang ditulis ulang.
Mengeksplorasi (menalar)
9.         Peserta didik membaca contoh hasil evaluasi (kekurangan/ kelebihan) struktur isi dan bahasa teks pantun.
10.      Peserta didik mengevaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks pantun dengan cermat.
11.      Peserta didik menulis ulang teks pantun dalam bentuk dialog.
Mengasosiasi (mencoba)
12.      Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil evaluasi terhadap teks pantun.
13.      Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan cerita teks pantun yang ditulis ulang.
Mengomunikasikan
14.      Peserta didik mempresentasikan hasil evaluasi (kekurangan/ kelebihan) terhadap teks pantun dengan percaya diri.
15.      Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.
16.      Peserta didik membacakan hasil konversi teks pantun.
17.      Peserta didik mengomentari pembacaan teks pantun.
















Penutup
18.      Peserta didik dan guru menyimpulkan materi pelajaran.
19.      Refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
20.      Peserta didik menerima tugas dari guru.

   

H.        PENILAIAN
Teknik penilaian:
1.       Penilaian proses/ pengamatan.
2.       Tertulis.
3.       Lisan.
4.       Pemberian tugas.
         Bentuk Instrumen:                                
1.       Tes lisan:
1)       Ceritakan isi teks pantun yang sudah dibaca!
2)       Ceritakan isi teks pantun yang  ditulis ulang!

2.       Tes tertulis:
1)         Evaluasilah struktur isi teks pantun yang dibaca!
2)         Evaluasilah bahasa teks pantun Yng dibaca!
3)         Tentukan langkah-langkah konversi teks pantun menjadi teks dialog.
4)         Konversikan teks pantunyang dibaca menjadi teks dialog!

3.       Tugas:
Carilah teks pantun lalu ubahlah menjadi teks dialog!


         Penilaian Proses/Pengamatan:
No.
Nama
Prilaku yang Diamati dalam Proses Pembelajaran
Menghargai orang lain
Disiplin
Aktivitas
Kerjasama
Komunikasi
1.
2.
3.
4.
5.
Dst.






               
Keterangan:
Skala penilaian dibuat dengan rentangan 1 s/d 5

Skor
Penafsiran Angka
1
Sangat kurang
2
Kurang
3
Cukup baik
4
Baik
5
Sangat baik


         Penilaian Tes  Tertulis:
Aspek
Skor
Siswa menjawab benar semua
5
Siswa menjawab benar  4
4
Siswa menjawab benar  3
3
Siswa menjawab benar  2
2
Siswa menjawab benar  1
1
Siswa menjawab benar  0
0
Skor maksimal
5
        

         Keterangan:                             

         Skor yang di peroleh
                                     Nilai akhir =       -----------------------------   x  100
                                                                       Skor maksimal



         Penilaian Tugas/ Portofolio:

Aspek yang Dinilai
Skor
                               Kriteria
Komentar




                   ISI                 
        
  27 - 30
Sangat baik – sempurna:menguasai topik tulisan; substantif; abstraksi^orientasi^ krisis^ reaksi^coda; relevan dgn topik yang dibahas.

22 – 26
Cukup – baik: cukup menguasai permasalahan; cukup memadai; pengembangan tesis terbatas; relevan dengan topik, tetapi kurang terinci.

17 – 21
Sedang – cukup: penguasaan permasalahan terbatas; subtansi kurang; pengembangan topik tidak memadai.

13 - 16
Sangat kurang – kurang: tidak menguasai permasalahan; tidak ada substansi; tidak relevan; tidak layak dinilai.






STRUKTUR TEKS

18 – 20
Sangat baik – sempurna:ekspresi lancar; gagasan terungkap padat, dengan jelas; tertata dengan baik; urutan abstraksi^ orientasi^krisis^reaksi^coda; relevan; kohesif.

14 – 17
Cukup – baik: kurang lancar; kurang terorganisasi, tetapi ide utama ternyatakan; pendukung terbatas; logis, tetapi tidak lengkap.

10 – 13
Sedang – cukup: tidak lancar; gagasan kacau/ tidak terkait; urutan dan pengembangan kurang logis.

7 – 9
Sangat kurang – kurang: tidak komunikatif; tidak terorganisas; tidak layak dinilai.





KOSAKATA
18 – 20
Sangat baik – sempurna:penguasaan kata canggih; pilihan kata dan ungkapan efektif; menguasai pembentukkan kata; penggunaan register tepat.

14 – 17
Cukup – baik: penguasaan kata memadai; pilihan, bentuk, dan penggunaan kata/ ungkapan kadang-kadang salah tetapi tidak mengganggu.

10 – 13
Sedang – cukup: penguasaan kata terbatas; sering terjadi kesalahan bentuk, pilihan dan penggunaan kosakata/ ungkapan; makna membingungkan/ tidak jelas.

7 – 9
Sangat kurang – kurang: pengetahuan tentang kosakata,  ungkapan, dan pembentukkan kata rendah; tidak layak dinilai.









KALIMAT
18 – 20
Sangat baik – sempurna:konstruksi kompleks dan efektif; terdapat hanya sedikit kesalahan penggunaan bahasa (urutan/fungsi kata, artikel, pronomina, preposisi).

14 – 17
Cukup – baik: konstruksi sederhana, tetpi efektif; terdapat kesalahan kecil pada konstruksi kompleks; terjadi sejumlah kesalahan penggunaan bahasa (fungsi/ urutan kata, artikel, pronomina, preposisi), tetpi makna cukup jelas.

10 – 13
Sedang – cukup: terjadi kesalahan serius dalam konstruksi kalimat tunggal/kompleks (sering terjadi kesalahan pada kalimat negasi, urutan/ fungsi kata, artikel, pronomina, kalimat, fragmen, pelesapan; makna membingungkan/ kabur.


7 – 9
Sangat kurang – kurang: tidak menguasai tata kalimat; terdapat banyak kesalahan; tidak komunikatif; tidak layak dinilai.








MEKANIK
9 – 10
Sangat baik – sempurna:menguasai aturan penulisan; terdapat sedikit kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf.

7 – 8
Cukup – baik: kadang-kadang terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf, tetapi  tidak mengaburkan makna.

4 – 6
Sedang – cukup: sering terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tangan tidak jelas; makna membingungkan / kabur.

1 - 3
Sangat kurang – kurang: tidak menguasai aturan penulisan; terdapat banyak kesalahan  ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tidak terbaca;  tidak layak dinilai.



KOMENTAR:
JUMLAH SKOR:



PENILAI:

Mengetahui,
Kepala SMA N I Muara Tiga




Mukhtar, S.Pd
NIP. 1961 1005 1998 01 1001

Laweueng,                 2014
Guru Mata Pelajaran




Akfil Zuliandri, S.Pd



1 Response to "RPP K13 Bahasa Indonesia teks pantun Kelas XI SMA"

  1. trimakasih rpp sangat membantu, kalau bisa tolong semua materi kelas xi untuk smester i

    BalasHapus