RPP K13 Bahasa Indonesia teks cerita ulang Kelas XI SMA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SEKOLAH                                           :  SMA NEGERI 1 MUARA TIGA
MATA PELAJARAN/KELAS      :  BAHASA INDONESIA/XI
SEMESTER                                        :  I (GANJIL)
MATERI POKOK                             :  TEKS CERITA ULANG
ALOKASI WAKTU                          :  2 X 45 MENIT

A.        KOMPETENSI INTI
KI  1  :  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari    solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3:  Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.         KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.2    Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama.
2.2      Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan permasalahan sosial, lingkungan. Ideologis, dan kebijakan publik.
3.1      Memahami struktur dan kaidah teks cerita ulang baik melalui lisan dan tulisan.
3.1.1      Mengetahui struktur isi teks cerita ulang.
3.1.2      Mengetahui ciri bahasa teks cerita ulang.
4.1      Menginterpretasi makna teks cerita ulangbaik secara lisan maupun tulisan.
4.1.1      Memahami isi teks cerita ulang.
4.1.2      Mengidentifikasi makna/maksud teks cerita ulang.

C.        TUJUAN PEMBELAJARAN
         Setelah pembelajaran ini diharapkan:
1.       Peserta didik dapat menjelaskan struktur isi teks cerita ulang.
2.       Peserta didik dapat menentukan ciri bahasa teks cerita ulang.
3.       Peserta didik dapat menjelaskan isi  teks cerita ulang.

D.        MATERI PEMBELAJARAN
1.       Pengenalan struktur isi teks cerita ulang.
2.       Pengenalan ciri bahasa teks cerita ulang.
3.       Pemahaman isi teks cerita ulang.

E.        PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan: Scientific.
Metode:  Diskusi, pemberian tugas, dan presentasi.
F.         MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
         Media: 
1.       Contoh-contoh teks cerita ulang.
2.       Uraian tentang struktur isi teks cerita ulang.

Sumber belajar:
1.       Kamus Besar Bahasa Indonesia.
2.       Media massa
3.       Kosasih, Engkos. 2014. Buku Kretif Berbahasa Indonesia untuk SMK kelas XI. Jakarta: Erlangga.



G.        KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu


Pendahuluan
1.         Peserta didik  merespon salam dan pertanyaan guru yang berhubungan dengan kesyukuran kepada Tuhan.
2.         Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan yang akan dilaksanakan.
3.         Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.         Peserta didik menerima pengarahan bahwa melalui topik pembelajaran ini agar dapat mengembangkan sikap santun, jujur, kerja sama, tanggung jawab, dan cinta damai.



10 menit







Inti
Mengamati
5.         Peserta didik membaca contoh teks cerita ulang.
6.         Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan struktur isi teks cerita ulang.
Mempertanyakan
7.         Peserta didik mempertanyakan struktur isi teks cerita ulang
8.         Peserta didik membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks cerita ulang.
Mengeksplorasi (menalar)
9.         Peserta didik menemukan struktur isi teks cerita ulang.
10.      Peserta didik menemukan ciri bahasa teks cerita ulang.
11.      Peserta didik menentukan makna/maksud isi teks cerita ulang.
Mengasosiasi (mencoba)
12.       Peserta didik mediskusikan dan menyimpulkan hasil temuan terkait dengan struktur isidan ciri bahasa teks cerita ulang.
13.      Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan makna/ maksud teks cerita ulang dalam diskusi kelas dengan saling menghargai.
Mengomunikasikan
14.      Peserta didik mempresentasikan temuan terkait struktur isi teks cerita ulang.
15.      Peserta didik mempresentasikan makna/maksud teks cerita ulang dengan rasa percaya diri.
16.      Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.



  









Penutup
17.      Siswa dan guru menyimpulkan materi pelajaran.
18.      Refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
19.      Siswa menerima tugas dari guru.


H.        PENILAIAN
Teknik penilaian:
1.       Penilaian proses/ pengamatan.
2.       Tertulis.
3.       Lisan.
4.       Pemberian tugas.

         Bentuk Instrumen:
1.       Tes lisan:
1)       Ceritakan isi teks cerita ulang yang telah dibaca!
2)       Ceritakan makna/maksud teks cerita ulang yang telah dibaca!

2.       Tes tertulis:
1)         Jelaskan struktur isi teks cerita ulang yang telah dibaca!
2)         Tentukan ciri bahasa teks cerita ulang yang telah dibaca!
3)         Jelaskan isi  teks cerita ulang yang telah dibaca!

         Penilaian Proses/Pengamatan:
No.
Nama
Prilaku yang Diamati dalam Proses Pembelajaran
Menghargai orang lain
Disiplin
Aktivitas
Kerjasama
Komunikasi
1.
2.
3.
4.
5.
Dst.






Keterangan:
Skala penilaian dibuat dengan rentangan 1 s/d 5

Skor
Penafsiran Angka
1
Sangat kurang
2
Kurang
3
Cukup baik
4
Baik
5
Sangat baik

         Penilaian Tes  Tertulis:
Aspek
Skor
Siswa menjawab benar semua
5
Siswa menjawab benar  5
4
Siswa menjawab benar  4
3
Siswa menjawab benar  3
2
Siswa menjawab benar  2
1
Siswa menjawab benar  1
1
Skor maksimal
5
        
         Keterangan:     
                              Skor yang di peroleh
                                     Nilai akhir =       -----------------------------   x  100
                                                                       Skor maksimal



Mengetahui,
Kepala SMA N I Muara Tiga




Mukhtar, S.Pd
NIP. 1961 1005 1998 01 1001

Laweueng,                 2014
Guru Mata Pelajaran




Akfil Zuliandri, S.Pd






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SEKOLAH                                           :  SMA NEGERI 1 MUARA TIGA
MATA PELAJARAN/KELAS      :  BAHASA INDONESIA/XI
SEMESTER                                        :  I (GANJIL)
MATERI POKOK                             :  TEKS CERITA ULANG
ALOKASI WAKTU                          :  2 X 45 MENIT

A.        KOMPETENSI INTI
KI  1  :  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja   sama, toleransi, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari    solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3:  Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.         KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.3      Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama.
2.2    Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan permasalahan sosial, lingkungan. Ideologis, dan kebijakan publik.
3.2    Membandingkan teks cerita ulang baik melalui lisan maupun tulisan.
3.2.1        Mengidentifikasi persamaan struktur isi dua teks cerita ulang.
3.2.2        Mengidentifikasi perbedaan struktur isi dua teks cerita ulang.
3.2.3        Mengidentifikasi persamaan ciri bahasa dua teks cerita ulang.
3.2.4        Mengidentifikasi perbedaan ciri bahasa dua teks cerita ulang.
4.2    Memproduksi teks cerita ulang yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan.
4.2.1        Menyusun langkah-langkah penulisan teks cerita ulang
4.2.2        Mengembangkan topik sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa.

C.        TUJUAN PEMBELAJARAN
         Setelah pembelajaran ini diharapkan:
1.       Peserta didik dapat menjelaskan  persamaan struktur isi dua teks cerita ulang.
2.       Peserta didik menjelaskanperbedaan struktur isi  dua  teks  cerita ulang.
3.       Peserta didik dapat menjelaskan persamaan ciri bahasa dua teks cerita ulang.
4.       Peserta didik dapat menjelaskan perbedaan ciri bahasa dua teks cerita ulang.
5.       Peserta didik dapat menyusun langkah-langkah penulisan teks cerita ulang.
6.       Peserta didik dapat membuat teks cerita ulang sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa.

D.        MATERI PEMBELAJARAN
1.       Persamaan dan perbedaan struktur isi dan ciri bahasa dua teks cerita ulang.
2.       Langkah-langkah penulisan teks cerita ulang (menemukan topik, mengembangkan sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa).

E.        PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan: Scientific.
Metode:  Diskusi, pemberian tugas, dan presentasi.
F.         MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
Media: 
1.       Contoh-contoh teks cerita ulang.
2.       Teks/uraian yang berkaitan dengan persamaan dan perbedaan dua teks cerita ulang.

Sumber belajar:
1.       Media massa.
2.       Kamus Besar Bahasa Indonesia.
3.       Kosasih, Engkos. 2014. Buku Kretif Berbahasa Indonesia untuk SMK kelas XI. Jakarta: Erlangga.

G.        KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu




Pendahuluan
1.         Peserta didik merespon salam dan pertanyaan guru yang berhubungan dengan kesyukuran kepada Tuhan.
2.         Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan yang akan dilaksanakan.
3.         Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.         Peserta didik menerima pengarahan bahwa melalui topik pembelajaran ini agar dapat mengembangkan sikap santun, jujur, kerja sama, tanggung jawab, dan cinta damai.












Inti
Mengamati
5.         Peserta didik membaca dua teks cerita ulang.
6.         Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan persamaan dan perbedaan dua buah teks certa ulang yang dibaca.
Mempertanyakan
7.         Peserta didik mempertanyakan isi kedua teks cerita ulang.
Mengeksplorasi (menalar)
8.         Peserta didik mengidentifikasi persamaan struktur isi beberapa teks cerita ulang yang dibaca.
9.         Peserta didik mengidentifikasi persamaan ciri bahasa beberapa teks cerita ulang yang dibaca.
10.      Peserta didik mengidentifikasi perbedaan struktur isi beberapa teks cerita ulang yang dibaca.
11.      Peserta didik mengidentifikasi perbedaan ciri bahasa beberapa teks cerita ulang yang dibaca.
12.      Peserta didik menentukan topik teks cerita ulang.
13.      Peserta didik membuat teks cerita ulang sesuai dengan struktur isi teks cerita ulang dan ciri bahasanya.
Mengasosiasi (mencoba)
14.      Peserta didik mediskusikan dan menyimpulkanpersamaan dan perbedaan beberapa  teks cerita ulang dalam diskusi kelas.
15.      Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan teks cerita ulang yang ditulis.
Mengomunikasikan
16.      Peserta didik mempresentasikan persamaan dan perbedaan beberapa teks cerita ulang dalam diskusi kelas.
17.      Peserta didik membacakan teks cerita ulang dengan intonasi dan ekspresi yang tepat.




























Penutup
18.      Peserta didik dan guru menyimpulkan materi pelajaran.
19.      Refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
20.      Peserta didik menerima tugas dari guru.


H.        PENILAIAN
Teknik penilaian:
1.       Penilaian proses/ pengamatan.
2.       Tertulis.
3.       Lisan.
4.       Pemberian tugas.
         Bentuk Instrumen:                                
1.       Tes lisan:
1)       Sebutkan persamaan dari dua teks cerita ulang yang telah dibaca!
2)       Sebutkan perbedaaan dari dua teks cerita ulang  yang telah dibaca!

2.       Tes tertulis:
1)    Jelaskan  persamaan struktur isi dua teks cerita ulang yang telah dibaca!
2)    Jelaskan perbedaan struktur isi  dua  teks  cerita ulang yang telah dibaca!
3)    Jelaskan persamaan ciri bahasa dua teks cerita ulang yang telah dibaca!
4)    Jelaskan perbedaan ciri bahasa dua teks cerita ulang yang telah dibaca!
5)    Tentukan  langkah-langkah penulisan teks cerita ulang.
6)    Buatlah teks cerita ulang  sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa.

3.        Tugas:
1)       Carilah dua teks cerita di media massa!
2)       Buatlah cerita ulangnya!
3)       Tentukan persamaan dan perbedaan struktur isi dan ciri bahasa dari teks cerita ulang tersebut!

         Penilaian Proses/Pengamatan:
No.
Nama
Prilaku yang Diamati dalam Proses Pembelajaran
Menghargai orang lain
Disiplin
Aktivitas
Kerjasama
Komunikasi
1.
2.
3.
4.
5.
Dst.






               
Keterangan:
Skala penilaian dibuat dengan rentangan 1 s/d 5

Skor
Penafsiran Angka
1
Sangat kurang
2
Kurang
3
Cukup baik
4
Baik
5
Sangat baik

         Penilaian Tes  Tertulis:
Aspek
Skor
Siswa menjawab benar semua
5
Siswa menjawab benar  4
4
Siswa menjawab benar  3
3
Siswa menjawab benar  2
2
Siswa menjawab benar  1
1
Skor maksimal
5

        
         Keterangan:                                    Skor yang di peroleh
                                     Nilai akhir =       -----------------------------   x  100
                                                                       Skor maksimal


         Penilaian Tugas/ Portofolio:

Aspek yang Dinilai
Skor
                               Kriteria
Komentar






                   ISI                 
        
  27 - 30
Sangat baik – sempurna:menguasai topik tulisan; substantif; abstraksi^orientasi^ krisis^ reaksi^coda; relevan dgn topik yang dibahas.

22 – 26
Cukup – baik: cukup menguasai permasalahan; cukup memadai; pengembangan tesis terbatas; relevan dengan topik, tetapi kurang terinci.

17 – 21
Sedang – cukup: penguasaan permasalahan terbatas; subtansi kurang; pengembangan topik tidak memadai.

13 - 16
Sangat kurang – kurang: tidak menguasai permasalahan; tidak ada substansi; tidak relevan; tidak layak dinilai.






STRUKTUR TEKS

18 – 20
Sangat baik – sempurna:ekspresi lancar; gagasan terungkap padat, dengan jelas; tertata dengan baik; urutan abstraksi^ orientasi^krisis^reaksi^coda; relevan; kohesif.

14 – 17
Cukup – baik: kurang lancar; kurang terorganisasi, tetapi ide utama ternyatakan; pendukung terbatas; logis, tetapi tidak lengkap.

10 – 13
Sedang – cukup: tidak lancar; gagasan kacau/ tidak terkait; urutan dan pengembangan kurang logis.

7 – 9
Sangat kurang – kurang: tidak komunikatif; tidak terorganisas; tidak layak dinilai.





KOSAKATA
18 – 20
Sangat baik – sempurna:penguasaan kata canggih; pilihan kata dan ungkapan efektif; menguasai pembentukkan kata; penggunaan register tepat.

14 – 17
Cukup – baik: penguasaan kata memadai; pilihan, bentuk, dan penggunaan kata/ ungkapan kadang-kadang salah tetapi tidak mengganggu.

10 – 13
Sedang – cukup: penguasaan kata terbatas; sering terjadi kesalahan bentuk, pilihan dan penggunaan kosakata/ ungkapan; makna membingungkan/ tidak jelas.

7 – 9
Sangat kurang – kurang: pengetahuan tentang kosakata,  ungkapan, dan pembentukkan kata rendah; tidak layak dinilai.









KALIMAT
18 – 20
Sangat baik – sempurna:konstruksi kompleks dan efektif; terdapat hanya sedikit kesalahan penggunaan bahasa (urutan/fungsi kata, artikel, pronomina, preposisi).

14 – 17
Cukup – baik: konstruksi sederhana, tetpi efektif; terdapat kesalahan kecil pada konstruksi kompleks; terjadi sejumlah kesalahan penggunaan bahasa (fungsi/ urutan kata, artikel, pronomina, preposisi), tetpi makna cukup jelas.

10 – 13
Sedang – cukup: terjadi kesalahan serius dalam konstruksi kalimat tunggal/kompleks (sering terjadi kesalahan pada kalimat negasi, urutan/ fungsi kata, artikel, pronomina, kalimat, fragmen, pelesapan; makna membingungkan/ kabur.


7 – 9
Sangat kurang – kurang: tidak menguasai tata kalimat; terdapat banyak kesalahan; tidak komunikatif; tidak layak dinilai.








MEKANIK
9 – 10
Sangat baik – sempurna:menguasai aturan penulisan; terdapat sedikit kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf.

7 – 8
Cukup – baik: kadang-kadang terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf, tetapi  tidak mengaburkan makna.

4 – 6
Sedang – cukup: sering terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tangan tidak jelas; makna membingungkan / kabur.

1 - 3
Sangat kurang – kurang: tidak menguasai aturan penulisan; terdapat banyak kesalahan  ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tidak terbaca;  tidak layak dinilai.


KOMENTAR:
JUMLAH SKOR:


PENILAI:

Mengetahui,
Kepala SMA N I Muara Tiga




Mukhtar, S.Pd
NIP. 1961 1005 1998 01 1001

Laweueng,                 2014
Guru Mata Pelajaran




Akfil Zuliandri, S.Pd






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SEKOLAH                                           :  SMA NEGERI 1 MUARA TIGA
MATA PELAJARAN/KELAS      :  BAHASA INDONESIA/XI
SEMESTER                                        :  I (GANJIL)
MATERI POKOK                             :  TEKS CERITA ULANG
ALOKASI WAKTU                          :  2 X 45 MENIT

A.        KOMPETENSI INTI
KI  1  :  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja  sama, toleransi, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari    solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3:  Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.         KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.2      Mensyukuri anugearah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama.
2.2    Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan permasalahan sosial, lingkungan. Ideologis, dan kebijakan publik.
3.3    Menganalisis teks cerita ulang baik melaui lisan maupun tulisan.
3.3.1        Menganalisis isi teks cerita ulang.
3.3.2        Menganalisis bahasa teks cerita ulang.
4.3    Menyunting teks cerita ulang sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
4.3.1      Menyunting isi teks cerita ulang sesuai dengan struktur isi.
4.3.2      Menyunting bahasa teks cerita ulang sesuai dengan ejaan, dan tanda baca.

C.        TUJUAN PEMBELAJARAN
         Setelah pembelajaran ini diharapkan:
1.       Peserta didik dapat menganalisisisi teks cerita ulang.
2.       Peserta didik dapat menganalisis bahasa teks cerita ulang.
3.       Peserta didik dapat menyunting isi sesuai dengan struktur isi teks cerita ulang.
4.       Peserta didik dapat menyunting bahasa sesuai dengan ejaan, dan tanda baca.

D.        MATERI PEMBELAJARAN
1.       Analisis isi teks cerita ulang.
2.       Analisis bahasa teks cerita ulang.
3.       Penyuntingan isi sesuai dengan  struktur isi teks cerita ulang.
4.       Penyuntingan bahasa sesuai dengan ejaan dan tanda baca.

E.        PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan: Scientific.
Metode:  Diskusi, pemberian tugas, dan presentasi.
F.         MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
         Media: 
1.       Contoh-contoh teks cerita ulang.
2.       Contoh analisis teks cerita ulang.

Sumber belajar:
1.       Media massa.
2.       Kamus Besar Bahasa Indonesia.
3.       Kosasih, Engkos. 2014. Buku Kretif Berbahasa Indonesia untuk SMK kelas XI. Jakarta: Erlangga.

G.        KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu




Pendahuluan
1.         Peserta didik merespon salam dan pertanyaan guru yang berhubungan dengan kesyukuran kepada Tuhan.
2.         Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan yang akan dilaksanakan.
3.         Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.         Peserta didik menerima pengarahan bahwa melalui topik pembelajaran ini agar dapat mengembangkan sikap santun, jujur, kerja sama, tanggung jawab, dan cinta damai.










Inti
Mengamati
5.         Peserta didik membaca contoh analisis teks cerita ulang.
6.         Peserta didik membaca teks cerita ulang yang ditulis teman
Mempertanyakan
7.         Peserta didik mempertanyakan contoh analisis teks cerita ulang.
8.         Peserta didik mempertanyakan isi teks cerita ulang yang ditulis teman.
Mengeksplorasi (menalar)
9.         Peserta didik menganalisis isi teks cerita ulang dengan cermat.
10.      Peserta didik menganalisis bahasa teks cerita ulang dengan cermat.
11.      Peserta didik menyunting teks cerita ulang yang ditulis teman dari aspek struktur isi dan bahasa teks cerita ulang dengan cermat.
Mengasosiasi (mencoba)
12.      Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil analisis teks cerita ulang.
13.      Peserta didik memperbaiki teks cerita ulang berdasarkan suntingan.
Mengomunikasikan
14.      Peserta didik mempresentasikan hasil analisis dengan percaya didik.
15.      Peserta didik menanggapi presentasi teman/ kelompok lain secara santun.
16.      Peserta didik membacakan teks cerita ulang dengan intonasi dan ekspresi yang tepat.
17.      Peserta didik mengomentari/menanggapi struktur isi dan bahasa teks cerita ulang yang dibacakan dengan santun.





Penutup
18.      Peserta didik dan guru menyimpulkan materi pelajaran.
19.      Refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
20.      Peserta didik menerima tugas dari guru.


H.        PENILAIAN
Teknik penilaian:
1.       Penilaian proses/ pengamatan.
2.       Tertulis.
3.       Lisan.
4.       Pemberian tugas.
         Bentuk Instrumen:                                
1.       Tes lisan:
1)       Ceritakan isi teks cerita ulang yang telah dibaca!
2)       Sebutkan bahasa teks cerita ulang yang telah dibaca!

2.       Tes tertulis:
1)         Analisislah isi teks cerita ulang yang telah dibaca!
2)         Analisislah bahasa teks cerita ulang yang telah dibaca!
3)         Suntinglah isi teks cerita ulang yang telah dibaca sesuai dengan struktur isi!
4)         Suntinglah bahasa teks cerita ulang yang telah dibaca sesuai dengan ejaan, dan tanda baca!

3.     Tugas:
1)       Carilah teks cerita ulang di media massa!
2)       Suntinglah teks cerita ulang tersebut sesuai dengan struktur isi, ejaan dan tanda baca!


         Penilaian Proses/Pengamatan:
No.
Nama
Prilaku yang Diamati dalam Proses Pembelajaran
Menghargai orang lain
Disiplin
Aktivitas
Kerjasama
Komunikasi
1.
2.
3.
4.
5.
Dst.






               
Keterangan:
Skala penilaian dibuat dengan rentangan 1 s/d 5

Skor
Penafsiran Angka
1
Sangat kurang
2
Kurang
3
Cukup baik
4
Baik
5
Sangat baik


         Penilaian Tes  Tertulis:
Aspek
Skor
Siswa menjawab benar semua
5
Siswa menjawab benar  4
4
Siswa menjawab benar  3
3
Siswa menjawab benar  2
2
Siswa menjawab benar  1
1
Skor maksimal
5
        
         Keterangan:                             
         Skor yang di peroleh
                                     Nilai akhir =       -----------------------------   x  100
                                                                       Skor maksimal


         Penilaian Tugas/ Portofolio:

Aspek yang Dinilai
Skor
                               Kriteria
Komentar






                   ISI                 
        
  27 - 30
Sangat baik – sempurna:menguasai topik tulisan; substantif; abstraksi^orientasi^ krisis^ reaksi^coda; relevan dgn topik yang dibahas.

22 – 26
Cukup – baik: cukup menguasai permasalahan; cukup memadai; pengembangan tesis terbatas; relevan dengan topik, tetapi kurang terinci.

17 – 21
Sedang – cukup: penguasaan permasalahan terbatas; subtansi kurang; pengembangan topik tidak memadai.

13 - 16
Sangat kurang – kurang: tidak menguasai permasalahan; tidak ada substansi; tidak relevan; tidak layak dinilai.








STRUKTUR TEKS

18 – 20
Sangat baik – sempurna:ekspresi lancar; gagasan terungkap padat, dengan jelas; tertata dengan baik; urutan abstraksi^ orientasi^krisis^reaksi^coda; relevan; kohesif.

14 – 17
Cukup – baik: kurang lancar; kurang terorganisasi, tetapi ide utama ternyatakan; pendukung terbatas; logis, tetapi tidak lengkap.

10 – 13
Sedang – cukup: tidak lancar; gagasan kacau/ tidak terkait; urutan dan pengembangan kurang logis.

7 – 9
Sangat kurang – kurang: tidak komunikatif; tidak terorganisas; tidak layak dinilai.





KOSAKATA
18 – 20
Sangat baik – sempurna:penguasaan kata canggih; pilihan kata dan ungkapan efektif; menguasai pembentukkan kata; penggunaan register tepat.

14 – 17
Cukup – baik: penguasaan kata memadai; pilihan, bentuk, dan penggunaan kata/ ungkapan kadang-kadang salah tetapi tidak mengganggu.


10 – 13
Sedang – cukup: penguasaan kata terbatas; sering terjadi kesalahan bentuk, pilihan dan penggunaan kosakata/ ungkapan; makna membingungkan/ tidak jelas.

7 – 9
Sangat kurang – kurang: pengetahuan tentang kosakata,  ungkapan, dan pembentukkan kata rendah; tidak layak dinilai.









KALIMAT
18 – 20
Sangat baik – sempurna:konstruksi kompleks dan efektif; terdapat hanya sedikit kesalahan penggunaan bahasa (urutan/fungsi kata, artikel, pronomina, preposisi).

14 – 17
Cukup – baik: konstruksi sederhana, tetpi efektif; terdapat kesalahan kecil pada konstruksi kompleks; terjadi sejumlah kesalahan penggunaan bahasa (fungsi/ urutan kata, artikel, pronomina, preposisi), tetpi makna cukup jelas.

10 – 13
Sedang – cukup: terjadi kesalahan serius dalam konstruksi kalimat tunggal/kompleks (sering terjadi kesalahan pada kalimat negasi, urutan/ fungsi kata, artikel, pronomina, kalimat, fragmen, pelesapan; makna membingungkan/ kabur.

7 – 9
Sangat kurang – kurang: tidak menguasai tata kalimat; terdapat banyak kesalahan; tidak komunikatif; tidak layak dinilai.








MEKANIK
9 – 10
Sangat baik – sempurna:menguasai aturan penulisan; terdapat sedikit kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf.

7 – 8
Cukup – baik: kadang-kadang terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf, tetapi  tidak mengaburkan makna.

4 – 6
Sedang – cukup: sering terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tangan tidak jelas; makna membingungkan / kabur.

1 - 3
Sangat kurang – kurang: tidak menguasai aturan penulisan; terdapat banyak kesalahan  ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tidak terbaca;  tidak layak dinilai.



KOMENTAR:

JUMLAH SKOR:




PENILAI:









Mengetahui,
Kepala SMA N I Muara Tiga




Mukhtar, S.Pd
NIP. 1961 1005 1998 01 1001

Laweueng,                 2014
Guru Mata Pelajaran




Akfil Zuliandri, S.Pd





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SEKOLAH                                           :  SMA NEGERI 1 MUARA TIGA
MATA PELAJARAN/KELAS      :  BAHASA INDONESIA/XI
SEMESTER                                        :  I (GANJIL)
MATERI POKOK                             :  TEKS CERITA ULANG
ALOKASI WAKTU                          :  2 X 45 MENIT

A.        KOMPETENSI INTI
KI  1  :  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja   sama, toleransi, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari    solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3:  Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.         KOMPETENSI DASARDAN INDIKATOR
1.3    Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama.
2.2    Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan permasalahan sosial, lingkungan. Ideologis, dan kebijakan publik.
3.4     Mengidentifikasi teks cerita ulang  baik secara lisan maupun tulisan.
3.4.1   Menentukan karakteristik teks cerita ulang.
4.4     Mengabstraksi teks cerita ulang baik secara lisan maupun tulisan.
4.4.1  Menyusun  langkah-langkah abstraksi teks cerita ulang.
4.4.2     Membuat abstraksi teks cerita ulang.

C.         TUJUAN PEMBELAJARAN
         Setelah pembelajaran ini diharapkan:
1.       Peserta didik dapat mengidentifikasi karakteristik teks cerita ulang.
2.       Peserta didik dapat menyusunlangkah-langkah abstraksi teks cerita ulang.
3.       Peserta didik dapat membuat abstraksi teks cerita ulang.

D.         MATERI PEMBELAJARAN
1.       Karakteristik teks cerita ulang.
1.       Langkah-langkah membuat abstraksi teks cerita ulang.

E.        PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan: Scientific.
Metode:  Diskusi, pemberian tugas, dan presentasi.
F.         MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
Media: 
1.       Contoh-contoh teks cerita ulang.
2.       Uraian yang berkaitan dengan karakteristik teks cerita ulang.
Sumber belajar:
1.       Media massa.
2.       Kamus Besar Bahasa Indonesia.
3.       Kosasih, Engkos. 2014. Buku Kretif Berbahasa Indonesia untuk SMK kelas XI. Jakarta: Erlangga.





G.        KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu



Pendahuluan
1.         Peserta didk merespon salam dan pertanyaan guru yang berhubungan dengan kesyukuran kepada Tuhan.
2.         Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan yang akan dilaksanakan.
3.         Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.         Peserta didik menerima pengarahan bahwa melalui topik pembelajaran ini agar dapat mengembangkan sikap santun, jujur, kerja sama, tanggung jawab, dan cinta damai.








Inti





Mengamati
5.         Peserta didik membaca contoh teks cerita ulang.
6.         Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan karakteristik teks cerita ulang.
Mempertanyakan
7.         Peserta didik mempertanyakan isi teks cerita ulang yang dibaca.
Mengeksplorasi (menalar)
8.         Peserta didik menuliskan garis besar isi teks cerita ulang (abstraksi) dalam beberapa kalimat secara terpadu.
Mengasosiasi (mencoba)
9.         Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan abstraksi cerita ulang yang telah ditulis.
Mengomunikasikan
10.      Peserta didik mempresentasikan abstraksi teks cerita ulang



Penutup
11.      Peserta didik dan guru menyimpulkan materi pelajaran.
12.      Refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
13.      Peserta didik menerima tugas dari guru.




H.        PENILAIAN
Teknik penilaian:
1.       Penilaian proses/ pengamatan.
2.       Tertulis.
3.       Lisan.
4.       Pemberian tugas.
         Bentuk Instrumen:                                
1.       Tes lisan:
1)       Ceritakan garis besar teks cerita ulang  yang telah dibaca!
2)       Bacakan abstraksi dari teks cerita ulang yang telah dibaca!

2.       Tes tertulis:
1)       Tentukanlah karakteristik teks cerita ulang yang telah dibaca!
2)       Buatlah langkah-langkah  abstraksi teks cerita ulang!
3)       Buatlah abstraksi teks cerita ulang!
3.       Tugas:
1)       Cari dan cermatilah teks cerita ulang!
2)       Buatlah abstraksi teks cerita ulang tersebut dalam beberapa kalimat secara terpadu!

         Penilaian Proses/Pengamatan:
No.
Nama
Prilaku yang Diamati dalam Proses Pembelajaran
Menghargai orang lain
Disiplin
Aktivitas
Kerjasama
Komunikasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.

Dst.






               
Keterangan:
Skala penilaian dibuat dengan rentangan 1 s/d 5

Skor
Penafsiran Angka
1
Sangat kurang
2
Kurang
3
Cukup baik
4
Baik
5
Sangat baik


         Penilaian Tes  Tertulis:
Aspek
Skor
Siswa menjawab benar semua
5
Siswa menjawab benar  2
3
Siswa menjawab benar  1
2
Skor maksimal
5

                                                                             Keterangan:                             

Skor yang di peroleh
                                     Nilai akhir =       -----------------------------   x  100
                                                                       Skor maksimal

         Penilaian Tugas/ Portofolio:

Aspek yang Dinilai
Skor
                               Kriteria
Komentar






                   ISI                 
        
  27 - 30
Sangat baik – sempurna:menguasai topik tulisan; substantif; abstraksi^orientasi^ krisis^ reaksi^coda; relevan dgn topik yang dibahas.

22 – 26
Cukup – baik: cukup menguasai permasalahan; cukup memadai; pengembangan tesis terbatas; relevan dengan topik, tetapi kurang terinci.

17 – 21
Sedang – cukup: penguasaan permasalahan terbatas; subtansi kurang; pengembangan topik tidak memadai.

13 - 16
Sangat kurang – kurang: tidak menguasai permasalahan; tidak ada substansi; tidak relevan; tidak layak dinilai.








STRUKTUR TEKS

18 – 20
Sangat baik – sempurna:ekspresi lancar; gagasan terungkap padat, dengan jelas; tertata dengan baik; urutan abstraksi^ orientasi^krisis^reaksi^coda; relevan; kohesif.

14 – 17
Cukup – baik: kurang lancar; kurang terorganisasi, tetapi ide utama ternyatakan; pendukung terbatas; logis, tetapi tidak lengkap.

10 – 13
Sedang – cukup: tidak lancar; gagasan kacau/ tidak terkait; urutan dan pengembangan kurang logis.

7 – 9
Sangat kurang – kurang: tidak komunikatif; tidak terorganisas; tidak layak dinilai.





KOSAKATA
18 – 20
Sangat baik – sempurna:penguasaan kata canggih; pilihan kata dan ungkapan efektif; menguasai pembentukkan kata; penggunaan register tepat.

14 – 17
Cukup – baik: penguasaan kata memadai; pilihan, bentuk, dan penggunaan kata/ ungkapan kadang-kadang salah tetapi tidak mengganggu.

10 – 13
Sedang – cukup: penguasaan kata terbatas; sering terjadi kesalahan bentuk, pilihan dan penggunaan kosakata/ ungkapan; makna membingungkan/ tidak jelas.

7 – 9
Sangat kurang – kurang: pengetahuan tentang kosakata,  ungkapan, dan pembentukkan kata rendah; tidak layak dinilai.









KALIMAT
18 – 20
Sangat baik – sempurna:konstruksi kompleks dan efektif; terdapat hanya sedikit kesalahan penggunaan bahasa (urutan/fungsi kata, artikel, pronomina, preposisi).


14 – 17
Cukup – baik: konstruksi sederhana, tetpi efektif; terdapat kesalahan kecil pada konstruksi kompleks; terjadi sejumlah kesalahan penggunaan bahasa (fungsi/ urutan kata, artikel, pronomina, preposisi), tetpi makna cukup jelas.

10 – 13
Sedang – cukup: terjadi kesalahan serius dalam konstruksi kalimat tunggal/kompleks (sering terjadi kesalahan pada kalimat negasi, urutan/ fungsi kata, artikel, pronomina, kalimat, fragmen, pelesapan; makna membingungkan/ kabur.

7 – 9
Sangat kurang – kurang: tidak menguasai tata kalimat; terdapat banyak kesalahan; tidak komunikatif; tidak layak dinilai.








MEKANIK
9 – 10
Sangat baik – sempurna:menguasai aturan penulisan; terdapat sedikit kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf.

7 – 8
Cukup – baik: kadang-kadang terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf, tetapi  tidak mengaburkan makna.

4 – 6
Sedang – cukup: sering terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tangan tidak jelas; makna membingungkan / kabur.

1 - 3
Sangat kurang – kurang: tidak menguasai aturan penulisan; terdapat banyak kesalahan  ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tidak terbaca;  tidak layak dinilai.



KOMENTAR:

JUMLAH SKOR:



PENILAI:










Mengetahui,
Kepala SMA N I Muara Tiga




Mukhtar, S.Pd
NIP. 1961 1005 1998 01 1001

Laweueng,                 2014
Guru Mata Pelajaran




Akfil Zuliandri, S.Pd




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SEKOLAH                                           :  SMA NEGERI 1 MUARA TIGA
MATA PELAJARAN/KELAS      :  BAHASA INDONESIA/XI
SEMESTER                                        :  I (GANJIL)
MATERI POKOK                             :  TEKS CERITA ULANG
ALOKASI WAKTU                          :  2 X 45 MENIT

A.        KOMPETENSI INTI
KI  1  :  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja   sama, toleransi, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari    solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3:  Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.         KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.2      Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama.
2.2      Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan permasalahan sosial, lingkungan. Ideologis, dan kebijakan publik.
3.5    Mengevaluasi teks cerita ulang berdasarkan kaidah-kaidah teks, baik melalui lisan maupun tulisan.
3.5.1     Mengevaluasi struktur isi teks cerita ulang
3.5.2     Mengevaluasi bahasa teks cerita ulang.
4.5       Mengonversi  teks cerita ulang ke dalam bentuk lain sesuai dengnan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
4.5.1     Menyusun  langkah-langkah konversi teks cerita ulang menjadi teks dialog.
4.5.2     Mengonversi teks cerita ulang menjadi teks dialog.

C.         TUJUAN PEMBELAJARAN
         Setelah pembelajaran ini diharapkan:
1.       Peserta didik dapat mengevaluasi struktur isi teks cerita ulang.
2.       Peserta didik mengevaluasi bahasa teks cerita ulang.
3.       Peserta didik dapat menentukan langkah-langkah konversi teks cerita ulang menjadi teks dialog.
4.       Peserta didik dapat mengonversi teks cerita ulang menjadi teks dialog.

D.         MATERI PEMBELAJARAN
1.       Evaluasi struktur isi dan bahasa teks cerita ulang.
2.       Langkah-langkah konversi teks laporan hasil observasi menjadi teks dialog.

E.         PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan: Scientific.

Metode:  Diskusi, pemberian tugas, dan presentasi.

F.          MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
Media:     
1.       Contoh-contoh teks cerita ulang.
2.       Teks contoh hasil evaluasi (kelebihan/kekurangan) struktur isi dan bahasa teks cerita ulang.
Sumber belajar:
1.       Media massa.
2.       Kamus Besar Bahasa Indonesia.
3.       Kosasih, Engkos. 2014. Buku Kretif Berbahasa Indonesia untuk SMK kelas XI. Jakarta: Erlangga.


G.        KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu



Pendahuluan
1.         Peserta didik merespon salam dan pertanyaan guru yang berhubungan dengan kesyukuran kepada Tuhan.
2.         Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan yang akan dilaksanakan.
3.         Peserta didik  menerima informasi tentang kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.         Peserta didik menerima pengarahan bahwa melalui topik pembelajaran ini agar dapat mengembangkan sikap santun, jujur, kerja sama, tanggung jawab, dan cinta damai.







Inti





Mengamati
5.         Peserta didik membaca contoh teks cerita ulang.
6.         Peserta didik membaca contoh hasil evaluasi (kekurangan/ kelebihan) struktur isi dan bahasa teks cerita ulang.
Mempertanyakan
7.         Peserta didik mempertanyakan teks cerita ulang yang dibaca.
8.         Peserta didik mempertanyakan contoh evaluasi teks cerita ulang yang dibaca.
Mengeksplorasi (menalar)
9.         Peserta didik mengevaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks cerita ulang dengan cermat.
10.      Peserta didik menulis ulang teks cerita ulang dalam bentuk uraian dialog.
Mengasosiasi (mencoba)
11.      Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil evaluasi teks cerita ulang.
12.      Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan cerita ulang yang ditulis.
Mengomunikasikan
13.      Peserta didik mempresentasikan hasil evaluasi (kekurangan /kelebihan) terhadap teks cerita ulang dengan rasa percaya diri.
14.      Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.
15.      Peserta didik membacakan hasil tulisan teks cerita ulang yangh ditulis.
16.      Peserta didik mengomentari pembacaan teks cerita ulang.
















Penutup
17.      Peserta didik dan guru menyimpulkan materi pelajaran.
18.      Refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
19.      Peserta didik menerima tugas dari guru.

H.         PENILAIAN
Teknik penilaian:
1.       Penilaian proses/ pengamatan.
2.       Tertulis.
3.       Lisan.
4.       Pemberian tugas.
         Bentuk Instrumen:                                
1.       Tes lisan:
1)       Ceritakan isi teks cerita ulang yang sudah dibaca!
2)       Sebutkan langkah-langkah konversi teks cerita ulang menjadi teks dialog!
2.       Tes tertulis:
1)       Tentukan  struktur isi teks cerita ulang yang dibaca!
2)       Tentukan bahasa teks cerita ulang yang dibaca!
3)       Tentukan  langkah-langkah konversi teks cerita ulang menjadi teks dialog!
4)       Konversikan  teks cerita ulang menjadi teks dialog!

3.       Tugas:
1)       Cari dan cermati teks cerita ulang!
2)       Ubahlah teks cerita ulang tersebut menjadi teks dialog!

         Penilaian Proses/Pengamatan:
No.
Nama
Prilaku yang Diamati dalam Proses Pembelajaran
Menghargai orang lain
Disiplin
Aktivitas
Kerjasama
Komunikasi
1.
2.
3.
4.
5.
Dst.






               

Keterangan:
Skala penilaian dibuat dengan rentangan 1 s/d 5

Skor
Penafsiran Angka
1
Sangat kurang
2
Kurang
3
Cukup baik
4
Baik
5
Sangat baik



         Penilaian Tes  Tertulis:
Aspek
Skor
Siswa menjawab benar semua
5
Siswa menjawab benar  4
4
Siswa menjawab benar  3
3
Siswa menjawab benar  2
2
Siswa menjawab benar  1
1
Skor maksimal
3

        
         Keterangan:                             
         Skor yang di peroleh
                                     Nilai akhir =       -----------------------------   x  100
                                                                       Skor maksimal

         Penilaian Tugas/ Portofolio:

Aspek yang Dinilai
Skor
                               Kriteria
Komentar



                   ISI                 
        
  27 - 30
Sangat baik – sempurna:menguasai topik tulisan; substantif; abstraksi^orientasi^ krisis^ reaksi^coda; relevan dgn topik yang dibahas.

22 – 26
Cukup – baik: cukup menguasai permasalahan; cukup memadai; pengembangan tesis terbatas; relevan dengan topik, tetapi kurang terinci.

17 – 21
Sedang – cukup: penguasaan permasalahan terbatas; subtansi kurang; pengembangan topik tidak memadai.

13 - 16
Sangat kurang – kurang: tidak menguasai permasalahan; tidak ada substansi; tidak relevan; tidak layak dinilai.





STRUKTUR TEKS

18 – 20
Sangat baik – sempurna:ekspresi lancar; gagasan terungkap padat, dengan jelas; tertata dengan baik; urutan abstraksi^ orientasi^krisis^reaksi^coda; relevan; kohesif.

14 – 17
Cukup – baik: kurang lancar; kurang terorganisasi, tetapi ide utama ternyatakan; pendukung terbatas; logis, tetapi tidak lengkap.

10 – 13
Sedang – cukup: tidak lancar; gagasan kacau/ tidak terkait; urutan dan pengembangan kurang logis.

7 – 9
Sangat kurang – kurang: tidak komunikatif; tidak terorganisas; tidak layak dinilai.





KOSAKATA
18 – 20
Sangat baik – sempurna:penguasaan kata canggih; pilihan kata dan ungkapan efektif; menguasai pembentukkan kata; penggunaan register tepat.

14 – 17
Cukup – baik: penguasaan kata memadai; pilihan, bentuk, dan penggunaan kata/ ungkapan kadang-kadang salah tetapi tidak mengganggu.

10 – 13
Sedang – cukup: penguasaan kata terbatas; sering terjadi kesalahan bentuk, pilihan dan penggunaan kosakata/ ungkapan; makna membingungkan/ tidak jelas.

7 – 9
Sangat kurang – kurang: pengetahuan tentang kosakata,  ungkapan, dan pembentukkan kata rendah; tidak layak dinilai.









KALIMAT
18 – 20
Sangat baik – sempurna:konstruksi kompleks dan efektif; terdapat hanya sedikit kesalahan penggunaan bahasa (urutan/fungsi kata, artikel, pronomina, preposisi).

14 – 17
Cukup – baik: konstruksi sederhana, tetpi efektif; terdapat kesalahan kecil pada konstruksi kompleks; terjadi sejumlah kesalahan penggunaan bahasa (fungsi/ urutan kata, artikel, pronomina, preposisi), tetpi makna cukup jelas.

10 – 13
Sedang – cukup: terjadi kesalahan serius dalam konstruksi kalimat tunggal/kompleks (sering terjadi kesalahan pada kalimat negasi, urutan/ fungsi kata, artikel, pronomina, kalimat, fragmen, pelesapan; makna membingungkan/ kabur.


7 – 9
Sangat kurang – kurang: tidak menguasai tata kalimat; terdapat banyak kesalahan; tidak komunikatif; tidak layak dinilai.







MEKANIK
9 – 10
Sangat baik – sempurna:menguasai aturan penulisan; terdapat sedikit kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf.

7 – 8
Cukup – baik: kadang-kadang terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf, tetapi  tidak mengaburkan makna.

4 – 6
Sedang – cukup: sering terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tangan tidak jelas; makna membingungkan / kabur.

1 - 3
Sangat kurang – kurang: tidak menguasai aturan penulisan; terdapat banyak kesalahan  ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tidak terbaca;  tidak layak dinilai.


KOMENTAR:

JUMLAH SKOR:




PENILAI:











Mengetahui,
Kepala SMA N I Muara Tiga




Mukhtar, S.Pd
NIP. 1961 1005 1998 01 1001

Laweueng,                 2014
Guru Mata Pelajaran




Akfil Zuliandri, S.Pd


0 Response to "RPP K13 Bahasa Indonesia teks cerita ulang Kelas XI SMA"

Posting Komentar