RPP K13 Bahasa Indonesia teks eksplanasi kompleks Kelas XI SMA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                                           :  SMA NEGERI 1 MUARA TIGA
MATA PELAJARAN/KELAS      :  BAHASA INDONESIA/XI
SEMESTER                                        :  II (GENAP)
MATERI POKOK                             :  TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS
ALOKASI WAKTU                          :  2 X 45 MENIT

A.        KOMPETENSI INTI
KI  1  :  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja   sama, toleransi, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari    solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3:  Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.        KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

1.1      Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa.
2.1      Menunjukkan sikap tanggung jawab,responsif, dan imajinatif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk mengekspresikan impian, misteri, imajinasi, serta permasalahan remaja dan sosial.
3.1   Memahami struktur dan kaidah teks ekplanasi kompleks, baik secara lisan maupun tulisan
        3.1.1 Mengetahui struktur teks eksplanasi kompleks 
        3.1.2 mengetahui kaidah teks eksplanasi kompleks 
4.1   Menginterpretasi makna teks eksplanasi kompleks, baik secara lisan maupun tulisan.
        4.1.1 Memahami makna teks eksplanasi kompleks 
        4.1.2 Mengidentifikasi makna teks eksplanasi kompleks 

C.        TUJUAN PEMBELAJARAN
         Setelah pembelajaran ini diharapkan:
1.       Peserta didik dapat menjelaskan struktur isi teks eksplanasi kompleks  .
2.       Peserta didik dapat menentukan ciri bahasa teks eksplanasi kompleks  .
3.       Peserta didik dapat menjelaskan isi teks eksplanasi kompleks 

D.        MATERI PEMBELAJARAN.
1.       Pengenalan struktur isi teks eksplanasi kompleks  .
2.       Pengenalan ciri bahasa teks eksplanasi kompleks  .
3.       Pemahaman isi teks eksplanasi kompleks.

E.        PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan: Scientific.
Metode:  Diskusi, pemberian tugas, dan presentasi.
F.         MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
         Media: 
1.       Contoh-contoh teks eksplanasi kompleks
2.       Uraian tentang struktur isi teks eksplanasi kompleks.

Sumber belajar:
1.       Kamus Besar Bahasa Indonesia.
2.       Media massa
3.       Kosasih, Engkos. 2014. Buku Kretif Berbahasa Indonesia untuk SMK kelas XI. Jakarta: Erlangga.



G.        KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu


Pendahuluan
1.         Peserta didik  merespon salam dan pertanyaan guru yang berhubungan dengan kesyukuran kepada Tuhan.
2.         Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan yang akan dilaksanakan.
3.         Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.         Peserta didik menerima pengarahan bahwa melalui topik pembelajaran ini agar dapat mengembangkan sikap santun, jujur, kerja sama, tanggung jawab, dan cinta damai.











Inti
Mengamati
5.         Peserta didik membaca contoh teks eksplanasi kompleks.
6.         Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan struktur isi teks eksplanasi kompleks.
Mempertanyakan
7.         Peserta didik mempertanyakan struktur isi teks eksplanasi kompleks
8.         Peserta didik membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks eksplanasi kompleks.
Mengeksplorasi (menalar)
9.         Peserta didik menemukan struktur isi teks eksplanasi kompleks.
10.      Peserta didik menemukan ciri bahasa teks eksplanasi kompleks.
11.      Peserta didik menentukan makna/maksud isi teks eksplanasi kompleks.
Mengasosiasi (mencoba)
12.       Peserta didik mediskusikan dan menyimpulkan hasil temuan terkait dengan struktur isidan ciri bahasa teks eksplanasi kompleks.
13.      Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan makna/ maksud teks eksplanasi kompleks dalam diskusi kelas dengan saling menghargai.
Mengomunikasikan
14.      Peserta didik mempresentasikan temuan terkait struktur isi teks eksplanasi kompleks.
15.      Peserta didik mempresentasikan makna/maksud teks eksplanasi kompleks dengan rasa percaya diri.
16.      Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.



Penutup
17.      Siswa dan guru menyimpulkan materi pelajaran.
18.      Refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
19.      Siswa menerima tugas dari guru.


H.        PENILAIAN
Teknik penilaian:
1.       Penilaian proses/ pengamatan.
2.       Tertulis.
3.       Lisan.
4.       Pemberian tugas.

         Bentuk Instrumen:
1.       Tes lisan:
1)       Ceritakan isi teks eksplanasi kompleks yang telah dibaca!
2)       Ceritakan makna/maksud teks eksplanasi kompleks yang telah dibaca!

2.       Tes tertulis:
1)         Jelaskan struktur isi teks eksplanasi kompleks yang telah dibaca!
2)         Tentukan ciri bahasa teks eksplanasi kompleks yang telah dibaca!
3)         Jelaskan isi  teks eksplanasi kompleks yang telah dibaca!

         Penilaian Proses/Pengamatan:
No.
Nama
Prilaku yang Diamati dalam Proses Pembelajaran
Menghargai orang lain
Disiplin
Aktivitas
Kerjasama
Komunikasi
1.
2.
3.
4.
5.
Dst.






Keterangan:
Skala penilaian dibuat dengan rentangan 1 s/d 5

Skor
Penafsiran Angka
1
Sangat kurang
2
Kurang
3
Cukup baik
4
Baik
5
Sangat baik

         Penilaian Tes  Tertulis:
Aspek
Skor
Siswa menjawab benar semua
5
Siswa menjawab benar  5
4
Siswa menjawab benar  4
3
Siswa menjawab benar  3
2
Siswa menjawab benar  2
1
Siswa menjawab benar  1
1
Skor maksimal
5
        
         Keterangan:     
                              Skor yang di peroleh
                                     Nilai akhir =       -----------------------------   x  100
                                                                       Skor maksimal



Mengetahui,
Kepala SMA N I Muara Tiga




Mukhtar, S.Pd
NIP. 1961 1005 1998 01 1001

Laweueng,                 2014
Guru Mata Pelajaran




Akfil Zuliandri, S.Pd






 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                                           :  SMA NEGERI 1 MUARA TIGA
MATA PELAJARAN/KELAS      :  BAHASA INDONESIA/XI
SEMESTER                                        :  II (GENAP)
MATERI POKOK                             :  TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS
ALOKASI WAKTU                          :  2 X 45 MENIT

A.        KOMPETENSI INTI
KI  1  :  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja   sama, toleransi, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari    solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3:  Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.        KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

1.1      Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa.
2.1      Menunjukkan sikap tanggung jawab,responsif, dan imajinatif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk mengekspresikan impian, misteri, imajinasi, serta permasalahan remaja dan sosial.
3.2   Membandingkan teks ekplanasi kompleks, baik secara lisan maupun tulisan
        3.2.1 Mengidentifikasi persamaan dan perbedaan teks ekplanasi kompleks
        3.2.2 Mengidentifikasi persamaan cirri bahasa beberapa teks ekplanasi kompleks
        3.2.3 Mengidentifikasi perbedaan struktur isi beberapa teks ekplanasi kompleks yang dibaca
4.2   Memproduksi teks eksplanasi kompleks, yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan.
        4.2.1 Menentukan topic teks ekplanasi kompleks
        4.2.2 Membuat teks ekplanasi kompleks dengan struktur isi teks ekplanasi kompleks dan cirri bahasa

C.        TUJUAN PEMBELAJARAN
         Setelah pembelajaran ini diharapkan:
1.       Peserta didik dapat menjelaskan  persamaan struktur isi beberapa teks ekplanasi kompleks.
2.       Peserta didik menjelaskan perbedaan struktur isi  dua  teks ekplanasi kompleks.
3.       Peserta didik dapat menjelaskan persamaan ciri bahasa dua teks ekplanasi kompleks.
4.       Peserta didik dapat menjelaskan perbedaan ciri bahasa dua teks ekplanasi kompleks.
5.       Peserta didik dapat menyusun langkah-langkah penulisan teks ekplanasi kompleks Peserta didik dapat membuat teks ekplanasi kompleks sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa.

D.        MATERI PEMBELAJARAN
1.       Persamaan dan perbedaan struktur isi dan ciri bahasa dua teks ekplanasi kompleks.
2.       Langkah-langkah penulisan teks ekplanasi kompleks (menemukan topik, mengembangkan sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa).

E.        PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan: Scientific.
Metode:  Diskusi, pemberian tugas, dan presentasi.
F.         MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
Media: 
1.       Contoh-contoh teks ekplanasi kompleks.
2.       Teks/uraian yang berkaitan dengan persamaan dan perbedaan dua teks ekplanasi kompleks.

Sumber belajar:
1.       Media massa.
2.       Kamus Besar Bahasa Indonesia.
3.       Kosasih, Engkos. 2014. Buku Kretif Berbahasa Indonesia untuk SMK kelas XI. Jakarta: Erlangga.

G.        KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu




Pendahuluan
1.         Peserta didik merespon salam dan pertanyaan guru yang berhubungan dengan kesyukuran kepada Tuhan.
2.         Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan yang akan dilaksanakan.
3.         Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.         Peserta didik menerima pengarahan bahwa melalui topik pembelajaran ini agar dapat mengembangkan sikap santun, jujur, kerja sama, tanggung jawab, dan cinta damai.












Inti
Mengamati
5.         Peserta didik membaca dua teks ekplanasi kompleks.
6.         Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan persamaan dan perbedaan dua buah teks ekplanasi kompleks yang dibaca.
Mempertanyakan
7.         Peserta didik mempertanyakan isi kedua teks ekplanasi kompleks.
Mengeksplorasi (menalar)
8.         Peserta didik mengidentifikasi persamaan struktur isi beberapa teks ekplanasi kompleks yang dibaca.
9.         Peserta didik mengidentifikasi persamaan ciri bahasa beberapa teks ekplanasi kompleks yang dibaca.
10.      Peserta didik mengidentifikasi perbedaan struktur isi beberapa teks ekplanasi kompleks yang dibaca.
11.      Peserta didik mengidentifikasi perbedaan ciri bahasa beberapa teks ekplanasi kompleks yang dibaca.
12.      Peserta didik menentukan topik teks cerita ulang.
13.      Peserta didik membuat teks ekplanasi kompleks sesuai dengan struktur isi teks ekplanasi kompleks dan ciri bahasanya.
Mengasosiasi (mencoba)
14.      Peserta didik mediskusikan dan menyimpulkanpersamaan dan perbedaan beberapa  teks ekplanasi kompleks dalam diskusi kelas.
15.      Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan teks ekplanasi kompleks yang ditulis.
Mengomunikasikan
16.      Peserta didik mempresentasikan persamaan dan perbedaan beberapa teks ekplanasi kompleks dalam diskusi kelas.
17.      Peserta didik membacakan teks ekplanasi kompleks dengan intonasi dan ekspresi yang tepat.



Penutup
18.      Peserta didik dan guru menyimpulkan materi pelajaran.
19.      Refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
20.      Peserta didik menerima tugas dari guru.


H.        PENILAIAN
Teknik penilaian:
1.       Penilaian proses/ pengamatan.
2.       Tertulis.
3.       Lisan.
4.       Pemberian tugas.
         Bentuk Instrumen:                                
1.       Tes lisan:
1)       Sebutkan persamaan dari dua teks ekplanasi kompleks yang telah dibaca!
2)       Sebutkan perbedaaan dari dua teks ekplanasi kompleks  yang telah dibaca!

2.       Tes tertulis:
1)    Jelaskan  persamaan struktur isi dua teks ekplanasi kompleks yang telah dibaca!
2)    Jelaskan perbedaan struktur isi  dua  teks  ekplanasi kompleks yang telah dibaca!
3)    Jelaskan persamaan ciri bahasa dua teks ekplanasi kompleks yang telah dibaca!
4)    Jelaskan perbedaan ciri bahasa dua teks ekplanasi kompleks yang telah dibaca!
5)    Tentukan  langkah-langkah penulisan teks ekplanasi kompleks.
6)    Buatlah teks ekplanasi kompleks sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa.

3.        Tugas:
1)       Carilah dua teks cerita di media massa!
2)       Buatlah ekplanasi kompleks!
3)       Tentukan persamaan dan perbedaan struktur isi dan ciri bahasa dari teks ekplanasi kompleks tersebut!

         Penilaian Proses/Pengamatan:
No.
Nama
Prilaku yang Diamati dalam Proses Pembelajaran
Menghargai orang lain
Disiplin
Aktivitas
Kerjasama
Komunikasi
1.
2.
3.
4.
5.
Dst.






               
Keterangan:
Skala penilaian dibuat dengan rentangan 1 s/d 5

Skor
Penafsiran Angka
1
Sangat kurang
2
Kurang
3
Cukup baik
4
Baik
5
Sangat baik

         Penilaian Tes  Tertulis:
Aspek
Skor
Siswa menjawab benar semua
5
Siswa menjawab benar  4
4
Siswa menjawab benar  3
3
Siswa menjawab benar  2
2
Siswa menjawab benar  1
1
Skor maksimal
5

        
         Keterangan:                                    Skor yang di peroleh
                                     Nilai akhir =       -----------------------------   x  100
                                                                       Skor maksimal


         Penilaian Tugas/ Portofolio:

Aspek yang Dinilai
Skor
                               Kriteria
Komentar






                   ISI                 
        
  27 - 30
Sangat baik – sempurna:menguasai topik tulisan; substantif; abstraksi^orientasi^ krisis^ reaksi^coda; relevan dgn topik yang dibahas.

22 – 26
Cukup – baik: cukup menguasai permasalahan; cukup memadai; pengembangan tesis terbatas; relevan dengan topik, tetapi kurang terinci.

17 – 21
Sedang – cukup: penguasaan permasalahan terbatas; subtansi kurang; pengembangan topik tidak memadai.

13 - 16
Sangat kurang – kurang: tidak menguasai permasalahan; tidak ada substansi; tidak relevan; tidak layak dinilai.






STRUKTUR TEKS

18 – 20
Sangat baik – sempurna:ekspresi lancar; gagasan terungkap padat, dengan jelas; tertata dengan baik; urutan abstraksi^ orientasi^krisis^reaksi^coda; relevan; kohesif.

14 – 17
Cukup – baik: kurang lancar; kurang terorganisasi, tetapi ide utama ternyatakan; pendukung terbatas; logis, tetapi tidak lengkap.

10 – 13
Sedang – cukup: tidak lancar; gagasan kacau/ tidak terkait; urutan dan pengembangan kurang logis.

7 – 9
Sangat kurang – kurang: tidak komunikatif; tidak terorganisas; tidak layak dinilai.





KOSAKATA
18 – 20
Sangat baik – sempurna:penguasaan kata canggih; pilihan kata dan ungkapan efektif; menguasai pembentukkan kata; penggunaan register tepat.

14 – 17
Cukup – baik: penguasaan kata memadai; pilihan, bentuk, dan penggunaan kata/ ungkapan kadang-kadang salah tetapi tidak mengganggu.

10 – 13
Sedang – cukup: penguasaan kata terbatas; sering terjadi kesalahan bentuk, pilihan dan penggunaan kosakata/ ungkapan; makna membingungkan/ tidak jelas.

7 – 9
Sangat kurang – kurang: pengetahuan tentang kosakata,  ungkapan, dan pembentukkan kata rendah; tidak layak dinilai.









KALIMAT
18 – 20
Sangat baik – sempurna:konstruksi kompleks dan efektif; terdapat hanya sedikit kesalahan penggunaan bahasa (urutan/fungsi kata, artikel, pronomina, preposisi).

14 – 17
Cukup – baik: konstruksi sederhana, tetpi efektif; terdapat kesalahan kecil pada konstruksi kompleks; terjadi sejumlah kesalahan penggunaan bahasa (fungsi/ urutan kata, artikel, pronomina, preposisi), tetpi makna cukup jelas.

10 – 13
Sedang – cukup: terjadi kesalahan serius dalam konstruksi kalimat tunggal/kompleks (sering terjadi kesalahan pada kalimat negasi, urutan/ fungsi kata, artikel, pronomina, kalimat, fragmen, pelesapan; makna membingungkan/ kabur.


7 – 9
Sangat kurang – kurang: tidak menguasai tata kalimat; terdapat banyak kesalahan; tidak komunikatif; tidak layak dinilai.








MEKANIK
9 – 10
Sangat baik – sempurna:menguasai aturan penulisan; terdapat sedikit kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf.

7 – 8
Cukup – baik: kadang-kadang terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf, tetapi  tidak mengaburkan makna.

4 – 6
Sedang – cukup: sering terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tangan tidak jelas; makna membingungkan / kabur.

1 - 3
Sangat kurang – kurang: tidak menguasai aturan penulisan; terdapat banyak kesalahan  ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tidak terbaca;  tidak layak dinilai.


KOMENTAR:
JUMLAH SKOR:


PENILAI:

Mengetahui,
Kepala SMA N I Muara Tiga




Mukhtar, S.Pd
NIP. 1961 1005 1998 01 1001

Laweueng,                 2014
Guru Mata Pelajaran




Akfil Zuliandri, S.Pd



 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                                           :  SMA NEGERI 1 MUARA TIGA
MATA PELAJARAN/KELAS      :  BAHASA INDONESIA/XI
SEMESTER                                        :  II (GENAP)
MATERI POKOK                             :  TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS
ALOKASI WAKTU                          :  2 X 45 MENIT

A.        KOMPETENSI INTI
KI  1  :  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja    sama, toleransi, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari    solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3:  Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.        KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

1.1      Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa.
2.1      Menunjukkan sikap tanggung jawab,responsif, dan imajinatif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk mengekspresikan impian, misteri, imajinasi, serta permasalahan remaja dan sosial.
3.3   Menganalisis teks ekplanasi kompleks, baik secara lisan maupun tulisan
3.3.1        Menganalisis isi teks eksplanasi kompleks.
        3.3.2    Menganalisis bahasa teks eksplanasi kompleks
4.3  Menyunting teks eksplanasi kompleks,sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun     tulisan.
4.3.1      Menyunting isi teks eksplanasi kompleks sesuai dengan struktur isi.
4.3.2    Menyunting bahasa teks eksplanasi kompleks sesuai dengan ejaan, dan tanda baca

C.        TUJUAN PEMBELAJARAN
         Setelah pembelajaran ini diharapkan:
1.       Peserta didik dapat menganalisisisi teks eksplanasi kompleks.
2.       Peserta didik dapat menganalisis bahasa teks eksplanasi kompleks.
3.       Peserta didik dapat menyunting isi sesuai dengan struktur isi teks eksplanasi kompleks.
4.       Peserta didik dapat menyunting bahasa sesuai dengan ejaan, dan tanda baca.

D.        MATERI PEMBELAJARAN
1.       Analisis isi teks eksplanasi kompleks.
2.       Analisis bahasa teks eksplanasi kompleks.
3.       Penyuntingan isi sesuai dengan  struktur isi teks eksplanasi kompleks.
4.       Penyuntingan bahasa sesuai dengan ejaan dan tanda baca.


E.        PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan: Scientific.
Metode:  Diskusi, pemberian tugas, dan presentasi.
F.         MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
         Media: 
1.       Contoh-contoh teks eksplanasi kompleks.
2.       Contoh analisis teks eksplanasi kompleks.

Sumber belajar:
1.       Media massa.
2.       Kamus Besar Bahasa Indonesia.
3.       Kosasih, Engkos. 2014. Buku Kretif Berbahasa Indonesia untuk SMK kelas XI. Jakarta: Erlangga.

G.        KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu




Pendahuluan
1.         Peserta didik merespon salam dan pertanyaan guru yang berhubungan dengan kesyukuran kepada Tuhan.
2.         Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan yang akan dilaksanakan.
3.         Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.         Peserta didik menerima pengarahan bahwa melalui topik pembelajaran ini agar dapat mengembangkan sikap santun, jujur, kerja sama, tanggung jawab, dan cinta damai.










Inti
Mengamati
5.         Peserta didik membaca contoh analisis teks eksplanasi kompleks.
6.         Peserta didik membaca teks eksplanasi kompleks yang ditulis teman
Mempertanyakan
7.         Peserta didik mempertanyakan contoh analisis teks eksplanasi kompleks Peserta didik mempertanyakan isi teks eksplanasi kompleks yang ditulis teman.
Mengeksplorasi (menalar)
8.         Peserta didik menganalisis isi teks eksplanasi kompleks dengan cermat.
9.         Peserta didik menganalisis bahasa teks eksplanasi kompleks dengan cermat.
10.      Peserta didik menyunting teks eksplanasi kompleks yang ditulis teman dari aspek struktur isi dan bahasa teks eksplanasi kompleks dengan cermat.
Mengasosiasi (mencoba)
11.      Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil analisis teks eksplanasi kompleks.
12.      Peserta didik memperbaiki teks eksplanasi kompleks berdasarkan suntingan.
Mengomunikasikan
13.      Peserta didik mempresentasikan hasil analisis dengan percaya didik.
14.      Peserta didik menanggapi presentasi teman/ kelompok lain secara santun.
15.      Peserta didik membacakan teks eksplanasi kompleks dengan intonasi dan ekspresi yang tepat.
16.      Peserta didik mengomentari/menanggapi struktur isi dan bahasa teks eksplanasi kompleks yang dibacakan dengan santun.










Penutup
17.      Peserta didik dan guru menyimpulkan materi pelajaran.
18.      Refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
19.      Peserta didik menerima tugas dari guru.


H.        PENILAIAN
Teknik penilaian:
1.       Penilaian proses/ pengamatan.
2.       Tertulis.
3.       Lisan.
4.       Pemberian tugas.
         Bentuk Instrumen:                                
1.       Tes lisan:
1)       Ceritakan isi teks eksplanasi kompleks yang telah dibaca!
2)       Sebutkan bahasa teks eksplanasi kompleks yang telah dibaca!

2.       Tes tertulis:
1)         Analisislah isi teks eksplanasi kompleks yang telah dibaca!
2)         Analisislah bahasa teks eksplanasi kompleks yang telah dibaca!
3)         Suntinglah isi teks eksplanasi kompleks yang telah dibaca sesuai dengan struktur isi!
4)         Suntinglah bahasa teks eksplanasi kompleks yang telah dibaca sesuai dengan ejaan, dan tanda baca!

3.     Tugas:
1)       Carilah teks eksplanasi kompleks di media massa!
2)       Suntinglah teks eksplanasi kompleks tersebut sesuai dengan struktur isi, ejaan dan tanda baca!


         Penilaian Proses/Pengamatan:
No.
Nama
Prilaku yang Diamati dalam Proses Pembelajaran
Menghargai orang lain
Disiplin
Aktivitas
Kerjasama
Komunikasi
1.
2.
3.
4.
5.
Dst.






               
Keterangan:
Skala penilaian dibuat dengan rentangan 1 s/d 5

Skor
Penafsiran Angka
1
Sangat kurang
2
Kurang
3
Cukup baik
4
Baik
5
Sangat baik


         Penilaian Tes  Tertulis:
Aspek
Skor
Siswa menjawab benar semua
5
Siswa menjawab benar  4
4
Siswa menjawab benar  3
3
Siswa menjawab benar  2
2
Siswa menjawab benar  1
1
Skor maksimal
5
        
         Keterangan:                             
         Skor yang di peroleh
                                     Nilai akhir =       -----------------------------   x  100
                                                                       Skor maksimal


         Penilaian Tugas/ Portofolio:

Aspek yang Dinilai
Skor
                               Kriteria
Komentar






                   ISI                 
        
  27 - 30
Sangat baik – sempurna:menguasai topik tulisan; substantif; abstraksi^orientasi^ krisis^ reaksi^coda; relevan dgn topik yang dibahas.

22 – 26
Cukup – baik: cukup menguasai permasalahan; cukup memadai; pengembangan tesis terbatas; relevan dengan topik, tetapi kurang terinci.

17 – 21
Sedang – cukup: penguasaan permasalahan terbatas; subtansi kurang; pengembangan topik tidak memadai.

13 - 16
Sangat kurang – kurang: tidak menguasai permasalahan; tidak ada substansi; tidak relevan; tidak layak dinilai.








STRUKTUR TEKS

18 – 20
Sangat baik – sempurna:ekspresi lancar; gagasan terungkap padat, dengan jelas; tertata dengan baik; urutan abstraksi^ orientasi^krisis^reaksi^coda; relevan; kohesif.

14 – 17
Cukup – baik: kurang lancar; kurang terorganisasi, tetapi ide utama ternyatakan; pendukung terbatas; logis, tetapi tidak lengkap.

10 – 13
Sedang – cukup: tidak lancar; gagasan kacau/ tidak terkait; urutan dan pengembangan kurang logis.

7 – 9
Sangat kurang – kurang: tidak komunikatif; tidak terorganisas; tidak layak dinilai.





KOSAKATA
18 – 20
Sangat baik – sempurna:penguasaan kata canggih; pilihan kata dan ungkapan efektif; menguasai pembentukkan kata; penggunaan register tepat.

14 – 17
Cukup – baik: penguasaan kata memadai; pilihan, bentuk, dan penggunaan kata/ ungkapan kadang-kadang salah tetapi tidak mengganggu.


10 – 13
Sedang – cukup: penguasaan kata terbatas; sering terjadi kesalahan bentuk, pilihan dan penggunaan kosakata/ ungkapan; makna membingungkan/ tidak jelas.

7 – 9
Sangat kurang – kurang: pengetahuan tentang kosakata,  ungkapan, dan pembentukkan kata rendah; tidak layak dinilai.









KALIMAT
18 – 20
Sangat baik – sempurna:konstruksi kompleks dan efektif; terdapat hanya sedikit kesalahan penggunaan bahasa (urutan/fungsi kata, artikel, pronomina, preposisi).

14 – 17
Cukup – baik: konstruksi sederhana, tetpi efektif; terdapat kesalahan kecil pada konstruksi kompleks; terjadi sejumlah kesalahan penggunaan bahasa (fungsi/ urutan kata, artikel, pronomina, preposisi), tetpi makna cukup jelas.

10 – 13
Sedang – cukup: terjadi kesalahan serius dalam konstruksi kalimat tunggal/kompleks (sering terjadi kesalahan pada kalimat negasi, urutan/ fungsi kata, artikel, pronomina, kalimat, fragmen, pelesapan; makna membingungkan/ kabur.

7 – 9
Sangat kurang – kurang: tidak menguasai tata kalimat; terdapat banyak kesalahan; tidak komunikatif; tidak layak dinilai.








MEKANIK
9 – 10
Sangat baik – sempurna:menguasai aturan penulisan; terdapat sedikit kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf.

7 – 8
Cukup – baik: kadang-kadang terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf, tetapi  tidak mengaburkan makna.

4 – 6
Sedang – cukup: sering terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tangan tidak jelas; makna membingungkan / kabur.

1 - 3
Sangat kurang – kurang: tidak menguasai aturan penulisan; terdapat banyak kesalahan  ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tidak terbaca;  tidak layak dinilai.



KOMENTAR:

JUMLAH SKOR:




PENILAI:






Mengetahui,
Kepala SMA N I Muara Tiga




Mukhtar, S.Pd
NIP. 1961 1005 1998 01 1001

Laweueng,                 2014
Guru Mata Pelajaran




Akfil Zuliandri, S.Pd



 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                                           :  SMA NEGERI 1 MUARA TIGA
MATA PELAJARAN/KELAS      :  BAHASA INDONESIA/XI
SEMESTER                                        :  II (GENAP)
MATERI POKOK                             :  TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS
ALOKASI WAKTU                          :  2 X 45 MENIT

A.        KOMPETENSI INTI
KI  1  :  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja    sama, toleransi, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari    solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3:  Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.        KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

1.1      Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa.
2.1      Menunjukkan sikap tanggung jawab,responsif, dan imajinatif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk mengekspresikan impian, misteri, imajinasi, serta permasalahan remaja dan sosial.
3.4   Mengindentifikasi teks ekplanasi kompleks, baik secara lisan maupun tulisan
           3.4.1   Menentukan karakteristik teks ekplanasi kompleks
4.4   Mengabstraksi teks eksplanasi kompleks, baik secara lisan maupun tulisan.
4.4.1    Menyusun  langkah-langkah abstraksi teks ekplanasi kompleks.
4.4.2     Membuat abstraksi teks ekplanasi kompleks.

C.        TUJUAN PEMBELAJARAN
         Setelah pembelajaran ini diharapkan:
1.       Peserta didik dapat mengidentifikasi karakteristik teks ekplanasi kompleks.
2.       Peserta didik dapat menyusunlangkah-langkah abstraksi teks ekplanasi kompleks.
3.       Peserta didik dapat membuat abstraksi teks ekplanasi kompleks
D.         MATERI PEMBELAJARAN
1.       Karakteristik teks ekplanasi kompleks.
1.       Langkah-langkah membuat abstraksi teks ekplanasi kompleks.

E.        PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan: Scientific.
Metode:  Diskusi, pemberian tugas, dan presentasi.
F.         MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
Media: 
1.       Contoh-contoh teks ekplanasi kompleks.
2.       Uraian yang berkaitan dengan karakteristik teks ekplanasi kompleks.
Sumber belajar:
1.       Media massa.
2.       Kamus Besar Bahasa Indonesia.
3.       Kosasih, Engkos. 2014. Buku Kretif Berbahasa Indonesia untuk SMK kelas XI. Jakarta: Erlangga.





G.        KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu



Pendahuluan
1.         Peserta didk merespon salam dan pertanyaan guru yang berhubungan dengan kesyukuran kepada Tuhan.
2.         Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan yang akan dilaksanakan.
3.         Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.         Peserta didik menerima pengarahan bahwa melalui topik pembelajaran ini agar dapat mengembangkan sikap santun, jujur, kerja sama, tanggung jawab, dan cinta damai.








Inti





Mengamati
5.         Peserta didik membaca contoh teks ekplanasi kompleks Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan karakteristik teks ekplanasi kompleks.
Mempertanyakan
6.         Peserta didik mempertanyakan isi teks ekplanasi kompleks yang dibaca.
Mengeksplorasi (menalar)
7.         Peserta didik menuliskan garis besar isi teks ekplanasi kompleks (abstraksi) dalam beberapa kalimat secara terpadu.
Mengasosiasi (mencoba)
8.         Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan abstraksi ekplanasi kompleks yang telah ditulis.
Mengomunikasikan
9.         Peserta didik mempresentasikan abstraksi teks ekplanasi kompleks



Penutup
10.      Peserta didik dan guru menyimpulkan materi pelajaran.
11.      Refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
12.      Peserta didik menerima tugas dari guru.




H.        PENILAIAN
Teknik penilaian:
1.       Penilaian proses/ pengamatan.
2.       Tertulis.
3.       Lisan.
4.       Pemberian tugas.
         Bentuk Instrumen:                                
1.       Tes lisan:
1)       Ceritakan garis besar teks ekplanasi kompleks yang telah dibaca!
2)       Bacakan abstraksi dari teks ekplanasi kompleks yang telah dibaca!

2.       Tes tertulis:
1)       Tentukanlah karakteristik teks ekplanasi kompleks yang telah dibaca!
2)       Buatlah langkah-langkah  abstraksi teks ekplanasi kompleks!
3)       Buatlah abstraksi teks ekplanasi kompleks!
3.       Tugas:
1)       Cari dan cermatilah teks ekplanasi kompleks!
2)       Buatlah abstraksi teks ekplanasi kompleks tersebut dalam beberapa kalimat secara terpadu!

         Penilaian Proses/Pengamatan:
No.
Nama
Prilaku yang Diamati dalam Proses Pembelajaran
Menghargai orang lain
Disiplin
Aktivitas
Kerjasama
Komunikasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.

Dst.






               
Keterangan:
Skala penilaian dibuat dengan rentangan 1 s/d 5

Skor
Penafsiran Angka
1
Sangat kurang
2
Kurang
3
Cukup baik
4
Baik
5
Sangat baik


         Penilaian Tes  Tertulis:
Aspek
Skor
Siswa menjawab benar semua
5
Siswa menjawab benar  2
3
Siswa menjawab benar  1
2
Skor maksimal
5

                                                                             Keterangan:                             

Skor yang di peroleh
                                     Nilai akhir =       -----------------------------   x  100
                                                                       Skor maksimal

         Penilaian Tugas/ Portofolio:

Aspek yang Dinilai
Skor
                               Kriteria
Komentar






                   ISI                 
        
  27 - 30
Sangat baik – sempurna:menguasai topik tulisan; substantif; abstraksi^orientasi^ krisis^ reaksi^coda; relevan dgn topik yang dibahas.

22 – 26
Cukup – baik: cukup menguasai permasalahan; cukup memadai; pengembangan tesis terbatas; relevan dengan topik, tetapi kurang terinci.

17 – 21
Sedang – cukup: penguasaan permasalahan terbatas; subtansi kurang; pengembangan topik tidak memadai.

13 - 16
Sangat kurang – kurang: tidak menguasai permasalahan; tidak ada substansi; tidak relevan; tidak layak dinilai.








STRUKTUR TEKS

18 – 20
Sangat baik – sempurna:ekspresi lancar; gagasan terungkap padat, dengan jelas; tertata dengan baik; urutan abstraksi^ orientasi^krisis^reaksi^coda; relevan; kohesif.

14 – 17
Cukup – baik: kurang lancar; kurang terorganisasi, tetapi ide utama ternyatakan; pendukung terbatas; logis, tetapi tidak lengkap.

10 – 13
Sedang – cukup: tidak lancar; gagasan kacau/ tidak terkait; urutan dan pengembangan kurang logis.

7 – 9
Sangat kurang – kurang: tidak komunikatif; tidak terorganisas; tidak layak dinilai.





KOSAKATA
18 – 20
Sangat baik – sempurna:penguasaan kata canggih; pilihan kata dan ungkapan efektif; menguasai pembentukkan kata; penggunaan register tepat.

14 – 17
Cukup – baik: penguasaan kata memadai; pilihan, bentuk, dan penggunaan kata/ ungkapan kadang-kadang salah tetapi tidak mengganggu.

10 – 13
Sedang – cukup: penguasaan kata terbatas; sering terjadi kesalahan bentuk, pilihan dan penggunaan kosakata/ ungkapan; makna membingungkan/ tidak jelas.

7 – 9
Sangat kurang – kurang: pengetahuan tentang kosakata,  ungkapan, dan pembentukkan kata rendah; tidak layak dinilai.









KALIMAT
18 – 20
Sangat baik – sempurna:konstruksi kompleks dan efektif; terdapat hanya sedikit kesalahan penggunaan bahasa (urutan/fungsi kata, artikel, pronomina, preposisi).


14 – 17
Cukup – baik: konstruksi sederhana, tetpi efektif; terdapat kesalahan kecil pada konstruksi kompleks; terjadi sejumlah kesalahan penggunaan bahasa (fungsi/ urutan kata, artikel, pronomina, preposisi), tetpi makna cukup jelas.

10 – 13
Sedang – cukup: terjadi kesalahan serius dalam konstruksi kalimat tunggal/kompleks (sering terjadi kesalahan pada kalimat negasi, urutan/ fungsi kata, artikel, pronomina, kalimat, fragmen, pelesapan; makna membingungkan/ kabur.

7 – 9
Sangat kurang – kurang: tidak menguasai tata kalimat; terdapat banyak kesalahan; tidak komunikatif; tidak layak dinilai.








MEKANIK
9 – 10
Sangat baik – sempurna:menguasai aturan penulisan; terdapat sedikit kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf.

7 – 8
Cukup – baik: kadang-kadang terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf, tetapi  tidak mengaburkan makna.

4 – 6
Sedang – cukup: sering terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tangan tidak jelas; makna membingungkan / kabur.

1 - 3
Sangat kurang – kurang: tidak menguasai aturan penulisan; terdapat banyak kesalahan  ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tidak terbaca;  tidak layak dinilai.



KOMENTAR:

JUMLAH SKOR:



PENILAI:





Mengetahui,
Kepala SMA N I Muara Tiga




Mukhtar, S.Pd
NIP. 1961 1005 1998 01 1001

Laweueng,                 2014
Guru Mata Pelajaran




Akfil Zuliandri, S.Pd





 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                                           :  SMA NEGERI 1 MUARA TIGA
MATA PELAJARAN/KELAS      :  BAHASA INDONESIA/XI
SEMESTER                                        :  II (GENAP)
MATERI POKOK                             :  TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS
ALOKASI WAKTU                          :  2 X 45 MENIT

A.        KOMPETENSI INTI
KI  1  :  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 :  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja   sama, toleransi, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari    solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3:  Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.        KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

1.1      Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa.
2.1      Menunjukkan sikap tanggung jawab,responsif, dan imajinatif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk mengekspresikan impian, misteri, imajinasi, serta permasalahan remaja dan sosial.
3.5  Mengevaluasi teks eksplanasi kompleks, berdasarkan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun    tulisan
3.5.1     Mengevaluasi struktur isi teks eksplanasi kompleks
3.5.2     Mengevaluasi bahasa teks eksplanasi kompleks.
4.5  Mengionversi teks eksplanasi kompleks, ke dalam bentuk yang sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
4.5.1     Menyusun  langkah-langkah konversi teks eksplanasi kompleks menjadi teks dialog.
          4.5.2   Mengonversi teks eksplanasi kompleks menjadi teks dialog

C.        TUJUAN PEMBELAJARAN
          Setelah pembelajaran ini diharapkan:
1.       Peserta didik dapat mengevaluasi struktur isi teks ekplanasi kompleks.
2.       Peserta didik mengevaluasi bahasa teks eksplanasi kompleks.
3.       Peserta didik dapat menentukan langkah-langkah konversi teks eksplanasi kompleks menjadi teks dialog.
4.       Peserta didik dapat mengonversi teks eksplanasi kompleks menjadi teks dialog.

D.         MATERI PEMBELAJARAN
1.       Evaluasi struktur isi dan bahasa teks eksplanasi kompleks.
2.       Langkah-langkah konversi teks eksplanasi kompleks menjadi teks dialog.

E.         PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan: Scientific.

Metode:  Diskusi, pemberian tugas, dan presentasi.

F.          MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
Media:     
1.       Contoh-contoh teks ekplanasi kompleks.
2.       Teks contoh hasil evaluasi (kelebihan/kekurangan) struktur isi dan bahasa teks eksplanasi kompleks.
Sumber belajar:
1.       Media massa.
2.       Kamus Besar Bahasa Indonesia.
3.       Kosasih, Engkos. 2014. Buku Kretif Berbahasa Indonesia untuk SMK kelas XI. Jakarta: Erlangga.


G.        KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu



Pendahuluan
1.         Peserta didik merespon salam dan pertanyaan guru yang berhubungan dengan kesyukuran kepada Tuhan.
2.         Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan yang akan dilaksanakan.
3.         Peserta didik  menerima informasi tentang kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.         Peserta didik menerima pengarahan bahwa melalui topik pembelajaran ini agar dapat mengembangkan sikap santun, jujur, kerja sama, tanggung jawab, dan cinta damai.







Inti





Mengamati
5.         Peserta didik membaca contoh teks eksplanasi kompleks .Peserta didik membaca contoh hasil evaluasi (kekurangan/ kelebihan) struktur isi dan bahasa teks cerita ulang.
Mempertanyakan
6.         Peserta didik mempertanyakan teks ekplanasi kompleks yang dibaca.
7.         Peserta didik mempertanyakan contoh evaluasi teks ekplanasi kompleks yang dibaca.
Mengeksplorasi (menalar)
8.         Peserta didik mengevaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks ekplanasi kompleks dengan cermat.
9.         Peserta didik menulis ulang teks ekplanasi kompleks dalam bentuk uraian dialog.
Mengasosiasi (mencoba)
10.      Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil evaluasi teks ekplanasi kompleks
11.      Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan ekplanasi kompleks yang ditulis.
Mengomunikasikan
12.      Peserta didik mempresentasikan hasil evaluasi (kekurangan /kelebihan) terhadap teks ekplanasi kompleks dengan rasa percaya diri.
13.      Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.
14.      Peserta didik membacakan hasil tulisan teks ekplanasi kompleks yangh ditulis.
15.      Peserta didik mengomentari pembacaan teks ekplanasi kompleks.




Penutup
16.      Peserta didik dan guru menyimpulkan materi pelajaran.
17.      Refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
18.      Peserta didik menerima tugas dari guru.

10     menit
H.         PENILAIAN
Teknik penilaian:
1.       Penilaian proses/ pengamatan.
2.       Tertulis.
3.       Lisan.
4.       Pemberian tugas.
         Bentuk Instrumen:                                
1.       Tes lisan:
1)       Ceritakan isi teks ekplanasi kompleks yang sudah dibaca!
2)       Sebutkan langkah-langkah konversi teks ekplanasi kompleks menjadi teks dialog!
2.       Tes tertulis:
1)       Tentukan  struktur isi teks ekplanasi kompleks yang dibaca!
2)       Tentukan bahasa teks ekplanasi kompleks yang dibaca!
3)       Tentukan  langkah-langkah konversi teks ekplanasi kompleks menjadi teks dialog!
4)       Konversikan  teks ekplanasi kompleks menjadi teks dialog!

3.       Tugas:
1)       Cari dan cermati teks ekplanasi kompleks!
2)       Ubahlah teks ekplanasi kompleks tersebut menjadi teks dialog!

         Penilaian Proses/Pengamatan:
No.
Nama
Prilaku yang Diamati dalam Proses Pembelajaran
Menghargai orang lain
Disiplin
Aktivitas
Kerjasama
Komunikasi
1.
2.
3.
4.
5.
Dst.






               

Keterangan:
Skala penilaian dibuat dengan rentangan 1 s/d 5

Skor
Penafsiran Angka
1
Sangat kurang
2
Kurang
3
Cukup baik
4
Baik
5
Sangat baik



         Penilaian Tes  Tertulis:
Aspek
Skor
Siswa menjawab benar semua
5
Siswa menjawab benar  4
4
Siswa menjawab benar  3
3
Siswa menjawab benar  2
2
Siswa menjawab benar  1
1
Skor maksimal
3

        
         Keterangan:                             
         Skor yang di peroleh
                                     Nilai akhir =       -----------------------------   x  100
                                                                       Skor maksimal

         Penilaian Tugas/ Portofolio:

Aspek yang Dinilai
Skor
                               Kriteria
Komentar



                   ISI                 
        
  27 - 30
Sangat baik – sempurna:menguasai topik tulisan; substantif; abstraksi^orientasi^ krisis^ reaksi^coda; relevan dgn topik yang dibahas.

22 – 26
Cukup – baik: cukup menguasai permasalahan; cukup memadai; pengembangan tesis terbatas; relevan dengan topik, tetapi kurang terinci.

17 – 21
Sedang – cukup: penguasaan permasalahan terbatas; subtansi kurang; pengembangan topik tidak memadai.

13 - 16
Sangat kurang – kurang: tidak menguasai permasalahan; tidak ada substansi; tidak relevan; tidak layak dinilai.





STRUKTUR TEKS

18 – 20
Sangat baik – sempurna:ekspresi lancar; gagasan terungkap padat, dengan jelas; tertata dengan baik; urutan abstraksi^ orientasi^krisis^reaksi^coda; relevan; kohesif.

14 – 17
Cukup – baik: kurang lancar; kurang terorganisasi, tetapi ide utama ternyatakan; pendukung terbatas; logis, tetapi tidak lengkap.

10 – 13
Sedang – cukup: tidak lancar; gagasan kacau/ tidak terkait; urutan dan pengembangan kurang logis.

7 – 9
Sangat kurang – kurang: tidak komunikatif; tidak terorganisas; tidak layak dinilai.





KOSAKATA
18 – 20
Sangat baik – sempurna:penguasaan kata canggih; pilihan kata dan ungkapan efektif; menguasai pembentukkan kata; penggunaan register tepat.

14 – 17
Cukup – baik: penguasaan kata memadai; pilihan, bentuk, dan penggunaan kata/ ungkapan kadang-kadang salah tetapi tidak mengganggu.

10 – 13
Sedang – cukup: penguasaan kata terbatas; sering terjadi kesalahan bentuk, pilihan dan penggunaan kosakata/ ungkapan; makna membingungkan/ tidak jelas.

7 – 9
Sangat kurang – kurang: pengetahuan tentang kosakata,  ungkapan, dan pembentukkan kata rendah; tidak layak dinilai.









KALIMAT
18 – 20
Sangat baik – sempurna:konstruksi kompleks dan efektif; terdapat hanya sedikit kesalahan penggunaan bahasa (urutan/fungsi kata, artikel, pronomina, preposisi).

14 – 17
Cukup – baik: konstruksi sederhana, tetpi efektif; terdapat kesalahan kecil pada konstruksi kompleks; terjadi sejumlah kesalahan penggunaan bahasa (fungsi/ urutan kata, artikel, pronomina, preposisi), tetpi makna cukup jelas.

10 – 13
Sedang – cukup: terjadi kesalahan serius dalam konstruksi kalimat tunggal/kompleks (sering terjadi kesalahan pada kalimat negasi, urutan/ fungsi kata, artikel, pronomina, kalimat, fragmen, pelesapan; makna membingungkan/ kabur.


7 – 9
Sangat kurang – kurang: tidak menguasai tata kalimat; terdapat banyak kesalahan; tidak komunikatif; tidak layak dinilai.







MEKANIK
9 – 10
Sangat baik – sempurna:menguasai aturan penulisan; terdapat sedikit kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf.

7 – 8
Cukup – baik: kadang-kadang terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf, tetapi  tidak mengaburkan makna.

4 – 6
Sedang – cukup: sering terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tangan tidak jelas; makna membingungkan / kabur.

1 - 3
Sangat kurang – kurang: tidak menguasai aturan penulisan; terdapat banyak kesalahan  ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tidak terbaca;  tidak layak dinilai.


KOMENTAR:
JUMLAH SKOR:




PENILAI:





Mengetahui,
Kepala SMA N I Muara Tiga




Mukhtar, S.Pd
NIP. 1961 1005 1998 01 1001

Laweueng,                 2014
Guru Mata Pelajaran




Akfil Zuliandri, S.Pd









2 Responses to "RPP K13 Bahasa Indonesia teks eksplanasi kompleks Kelas XI SMA"

  1. Terima kasih Pak telah berbagi ilmu kepada kami. mohon izin Pak in menjadi referensi buat saya. sekali lagi terima kasih, sukses selalu.

    BalasHapus
  2. minta tolong, kalau ada RPP Sekolah Dasar, tolong diupload

    BalasHapus