RPP K13 Bahasa Indonesia teks cerpen Kelas XI SMA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                                           :  SMA NEGERI 1 MUARA TIGA
MATA PELAJARAN/KELAS        :  BAHASA INDONESIA/XI
SEMESTER                                        :  I (GANJIL)
MATERI POKOK                             :  TEKS CERITA PENDEK
ALOKASI WAKTU                           :  2 X 45 MENIT

A.        KOMPETENSI INTI
KI  1  :  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja      sama, toleransi, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari    solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3:  Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.        KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.1      Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa.
2.1      Menunjukkan sikap tanggung jawab,responsif, dan imajinatif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk mengekspresikan impian, misteri, imajinasi, serta permasalahan remaja dan sosial.
3.1      Memahami struktur dan kaidah teks cerita pendek baik melalui lisan maupun  tulisan.
3.1.1      Mengetahui struktur isi teks cerita pendek.
3.1.2      Mengetahui ciri bahasa teks cerita pendek.
4.1      Menginterpretasi makna teks cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan.
4.1.1      Memahami isi teks cerita pendek.
4.1.2      Menginterpretasi isi (unsur intrinsik dan ekstrinsik) dalam teks cerita pendek.

C.        TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah pembelajaran ini diharapkan:
1.       Peserta didik dapat mengetahui struktur isi teks cerita pendek.
2.       Peserta didik dapat mengetahui ciri bahasa teks cerita pendek.
3.       Peserta didik dapat memahami isi teks cerita pendek.
4.       Peserta didik dapat mengetahui ciri-ciri teks cerita pendek.
5.       Peserta didik dapat mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik dalam  teks cerita pendek.
6.       Peserta didik dapat mengidentifikasi unsur-unsur ekstrinsik  dalam  teks cerita pendek.

D.        MATERI PEMBELAJARAN
1.       Pengenalan struktur isi teks cerita pendek.
2.       Pengenalan ciri bahasa teks cerita pendek.
3.       Pemahaman isi teks cerita pendek.
4.       Interpretasi isi (unsur intrinsik dan ekstrinsik) dalam teks cerita pendek.

E.        PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan: Scientific.
Metode:  Diskusi, pemberian tugas, presentasi.
F.         MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
Media: 
1.       Contoh-contoh teks cerita pendek
2.       Uraian yang berkaitan dengan struktur isi teks cerita pendek (abstrak, orientasi, komplikasi, resolusi,evaluasi, dan coda).
Sumber belajar:
1.       Buku Kumpulan Cerpen.
2.       Buku yang berkaitan dengan genre teks.
3.       Kamus Besar Bahasa Indonesia, dan media massa.
4.       Kosasih, Engkos. 2014. Buku Kretif Berbahasa Indonesia untuk SMK kelas XI. Jakarta: Erlangga.

G.        KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu


Pendahuluan
1.     Peserta didik merespon salam dan pertanyaan guru yang berhubungan dengan kesyukuran kepada Tuhan.
2.     Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan yang akan dilaksanakan.
3.     Peserta didik  menerima informasi tentang kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.     Peserta didik menerima pengarahan bahwa melalui topik pembelajaran ini agar dapat mengembangkan sikap santun, jujur, kerja sama, tanggung jawab, dan cinta damai.



10 menit



Inti
Mengamati
5.     Peserta didik membaca contoh teks cerita pendek.
6.     Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan struktur isi teks cerita pendek (abstrak, orientasi, komplikasi, resolusi, evaluasi dan coda).
7.     Peserta didik membaca contoh teks cerita pendek yang lain.
Mempertanyakan
8.      Peserta didik mempertanyakan uraian yang berkaitan dengan struktur isi teks cerita pendek yang dibaca.
9.     Peserta didik membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks cerpen dengan bahasa yang komunikatif.
Mengeksplorasi (menalar)
10.  Peserta didik menemukan struktur isi teks cerita didik.
11.  Peserta didik menemukan ciri-ciri teks cerita pendek.
12. Peserta didik mendiskusikan hasil temuan terkait dengan struktur isi dan ciri bahasa teks cerita pendek.
Mengasosiasi (mencoba)
13. Peserta didik mencari hubungan antara struktur isi dan ciri bahasa cerita pendek.
14. Peserta didik mendiskusikan hubungan antara struktur isi dan ciri bahasa cerita pendek.
15. Peserta didik menyimpulkan unsur intrinsik dan unsur ektrinsik teks cerpen  dalam diskusi kelas dengan saling menghargai.
Mengomunikasikan
16. Peserta didik menjelaskan struktur isi dan ciri bahasa teks cerita pendek.
17. Peserta didik saling menilai kebenaran/ketepatan penjelasan teman/kelompok.
18. Peserta didik mempresentasikan unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik teks cerita pendek dengan rasa percaya diri.
19. Peserta didik menanggapai presentasi teman/ kelompok lain secara santun.

20 menit





30 menit




45 menit






35 menit







30 menit

Penutup
20. Peserta didik dan guru menyimpulkan materi pelajaran.
21. Refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
22. Peserta didik menerima tugas dari guru.

10      menit
H.        PENILAIAN
Teknik penilaian:
1.       Penilaian proses/ pengamatan.
2.       Tertulis.
3.       Lisan.
4.       Pemberian tugas

         Bentuk Instrumen:
1.       Tes lisan:
1)       Cerita yang bagaimanakah cerita pendek itu?
2)       Dimanakah bisa ditemukan teks cerita pendek?

2.       Tes tertulis:
1)    Tentukanstruktur isi teks cerita pendek yang telah dibaca!
2)    Tentukan ciri bahasa teks cerita pendek yang telah dibaca!
3)    Tentukan isi teks cerita pendek yang telah dibaca!
4)    Tentukan ciri-ciri teks cerita pendek!
5)    Tentukan unsur-unsur intrinsik dalam  teks cerita pendek!
6)    Tentukan unsur-unsur ekstrinsik  dalam  teks cerita pendek!

         Penilaian Proses/Pengamatan:

No.

Nama
Prilaku yang Diamati dalam Proses Pembelajaran
Menghargai orang lain
Disiplin
Aktivitas
Kerjasama
Komunikasi
1.
2.
3.
4.
5.
Dst.






Keterangan: Skala penilaian dibuat dengan rentangan 1 s/d 5
Skor
Penafsiran Angka
1
Sangat kurang
2
Kurang
3
Cukup baik
4
Baik
5
Sangat baik

         Penilaian Tes  Tertulis:
Aspek
Skor
Siswa menjawab benar semua
6
Siswa menjawab benar  5
5
Siswa menjawab benar  4
4
Siswa menjawab benar  3
3
Siswa menjawab benar  2
2
Siswa menjawab benar  1
1
Skor maksimal
6
         Keterangan:        Skor yang di peroleh
         Nilai akhir =       -----------------------------   x  100
                                                                       Skor maksimal



Mengetahui,
Kepala SMA N I Muara Tiga




Mukhtar, S.Pd
NIP. 1961 1005 1998 01 1001

Laweueng,                 2014
Guru Mata Pelajaran




Akfil Zuliandri, S.Pd



 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                                           :  SMA NEGERI 1 MUARA TIGA
MATA PELAJARAN/KELAS        :  BAHASA INDONESIA/XI
SEMESTER                                        :  I (GANJIL)
MATERI POKOK                             :  TEKS CERITA PENDEK
ALOKASI WAKTU                           :  4 X 45 MENIT

A.        KOMPETENSI INTI
KI  1  :  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja      sama, toleransi, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari    solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3:  Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.      KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.1      Mensyukuri anugearah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama.
2.1      Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan permasalahan soaial, lingkungan, ideologi, dan kebijakan publik.
3.2    Membandingkan teks cerita pendek, baik melalui lisan maupun tulisan.
3.2.1. Mengidentifikasi persamaan struktur isi dua teks cerita pendek.
3.2.2 .Mengidentifikasi perbedaan struktur isi dua teks cerita pendek.
3.2.3. Mengidentifikasi persamaan ciri bahasa dua teks cerita pendek.
3.2.4.Mengidentifikasi perbedaan ciri bahasa dua teks cerita pendek.
4.2    Memproduksi teks ceita pendek, yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan.
4.2.1.  Menyusun langkah-langkah penulisan teks cerita pendek  sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa.
4.2.3.   Menyusun  teks cerita pendek  sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa.

C.        TUJUAN PEMBELAJARAN
         Setelah pembelajaran ini diharapkan:
1.       Peserta didik dapat mengidentifikasi persamaan struktur isi dua teks cerita pendek.
2.       Peserta didik dapat mengidentifikasi perbedaan struktur isi dua teks cerita pendek.
3.       Peserta didik dapat mengidentifikasi persamaan ciri bahasa dua teks cerita pendek
4.       Peserta didik dapat mengidentifikasi perbedaan ciri bahasa dua teks cerita pendek.
5.       Peserta didik dapat menyusun langkah-langkah penulisan teks cerpen sesuai dengan struktur isi &ciri bahasa
6.       Peserta didik dapat memproduksi teks cerita pendek sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa.

D.        MATERI PEMBELAJARAN
1.       Persamaan dan perbedaan struktur isi dan ciri bahasa dua teks cerita pendek.
2.       Langkah-langkah penulisan teks cerita pendek (menggali pengalaman, menemukan topik, mengembangkan topik sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa).

E.        PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan: Scientific.
Metode:  Diskusi, pemberian tugas, dan presentasi.
F.         MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
Media:  Contoh-contoh teks cerita pendek.

Sumber belajar:
1.       Buku Kumpulan Cerpen.
2.       Buku yang berkaitan dengan genre teks.
3.       Kamus Besar Bahasa Indonesia dan media massa.

G.     KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu




Pendahuluan
1.     Peserta didik  merespon salam dan pertanyaan guru yang berhubungan dengan kesyukuran kepada Tuhan.
2.     Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan yang akan dilaksanakan.
3.     Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.     Peserta didik menerima pengarahan bahwa melalui topik pembelajaran ini agar dapat mengembangkan sikap santun, jujur, kerja sama, tanggung jawab, dan cinta damai.



10 menit












Inti
Mengamati
5.     Peserta didik membaca dua teks cerita pendek.
6.     Peserta didik menggali pengalaman dan peristiwa/kejadian.
Mempertanyakan
7.     Peserta didik mempertanyakan persamaan dan perbedaan struktur isi dan ciri bahasa dua teks cerita pendek.
8.     Peserta didik mempertanyakan topik pengalaman, peristiwa/kejadian yang digali.
Mengeksplorasi (menalar)
9.     Peserta didik mengidentifikasi persamaan struktur isi dua teks cerita pendek  yang dibaca.
10. Peserta didik mengidentifikasi persamaan ciri bahasa dua teks cerita pendek yang dibaca.
11. Peserta didik mengidentifikasi perbedaan struktur isi dua teks cerita pendek yang dibaca.
12. Peserta didik mengidentifikasi perbedaan ciri bahasa dua teks cerita pendek  yang dibaca.
13. Peserta didik menentukan topik teks cerita pendek sesuai pengalaman, kejadian, atau peristiwa dengan cermat.
14. Peserta didik membuat teks cerita pendek sesuai dengan struktur isi teks cerita pendek, ciri bahasa (pertanyaan retoris, proses material, konjungsi temporal) dan unsur intrinsik serta unsur ekstrinsik.
Mengasosiasi (mencoba)
15.  Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan persamaan dan perbedaan dua teks cerita pendek dalam diskusi kelas.
16. Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan cerita pendek yang dibuat.
Mengomunikasikan
17. Peserta didik menjelaskan persamaan dan perbedaan struktur isi dan ciri bahasa dua teks cerita pendek.
18. Peserta didik membacakan hasil diskusi teks cerita pendek dengan intonasi dan ekspresi yang tepat dan saling memberikan komentar.

20 menit



30 menit




45 menit














35 menit



30 menit


Penutup
19. Peserta didik dan guru menyimpulkan materi pelajaran.
20. Refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
21. Peserta didik menerima tugas dari guru.


10     menit

H.        PENILAIAN
Teknik penilaian:
1.       Penilaian proses/ pengamatan.
2.       Tertulis.
3.       Lisan.
4.       Pemberian tugas.
         Bentuk Instrumen:                                
1.       Tes lisan:
1)       Apa judul teks cerita pendek yang sudah dibaca?
2)       Ceritakan isi teks cerita pendek yang telah dibaca!
2.       Tes tertulis:
1)       Jelaskan persamaan struktur isi dari dua cerita pendek yang telah dibaca!
2)       Jelaskan persamaan ciri bahasa dua cerita pendek yang telah dibaca!
3)       Jelaskan perbedaan struktur isi dua cerita pendek yang telah dibaca!
4)       Jelaskan perbedaan ciri bahasa dua cerita pendek yang telah dibaca!
5)       Buatlah langkah-langkah penulisan teks cerita pendek sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa cerita pendek!

3.        Tugas:
1)       Amatilah kejadian/peristiwa yang terjadi di sekitar kalian!
2)       Tentukanlah topik dari hasil pengamatan kalian!
3)       Kembangkanlah topik tersebut menjadi teks cerita pendek sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa cerita pendek!

         Penilaian Proses/Pengamatan:
No.
Nama
Prilaku yang Diamati dalam Proses Pembelajaran
Menghargai orang lain
Disiplin
Aktivitas
Kerjasama
Komunikasi
1.
2.
3.
4.
5.
Dst.






               
Keterangan:
Skala penilaian dibuat dengan rentangan 1 s/d 5
Skor
Penafsiran Angka
1
Sangat kurang
2
Kurang
3
Cukup baik
4
Baik
5
Sangat baik




         Penilaian Tes  Tertulis:
Aspek
Skor
Siswa menjawab benar semua
5
Siswa menjawab benar  4
4
Siswa menjawab benar  3
3
Siswa menjawab benar  2
2
Siswa menjawab benar  1
1
Skor maksimal
4

         Keterangan:
                                            Skor yang di peroleh
                                     Nilai akhir =       -----------------------------   x  100
                                                                       Skor maksimal

         Penilaian Tugas/ Portofolio:

Aspek yang Dinilai
Skor
                               Kriteria
Komentar




                  ISI       
        
  27 - 30
Sangat baik – sempurna:menguasai topik tulisan; substantif; abstraksi^orientasi^krisis^reaksi^coda; relevan dgn topik yang dibahas.


22 – 26
Cukup – baik: cukup menguasai permasalahan; cukup memadai; pengembangan tesis terbatas; relevan dengan topik, tetapi kurang terinci.


17 – 21
Sedang – cukup: penguasaan permasalahan terbatas; subtansi kurang; pengembangan topik tidak memadai.


13 - 16
Sangat kurang – kurang: tidak menguasai permasalahan; tidak ada substansi; tidak relevan; tidak layak dinilai.





STRUKTUR TEKS

18 – 20
Sangat baik – sempurna:ekspresi lancar; gagasan terungkap padat, dengan jelas; tertata dengan baik; urutan abstraksi^ orientasi^krisis^reaksi^coda; relevan; kohesif.


14 – 17
Cukup – baik: kurang lancar; kurang terorganisasi, tetapi ide utama ternyatakan; pendukung terbatas; logis, tetapi tidak lengkap.


10 – 13
Sedang – cukup: tidak lancar; gagasan kacau/ tidak terkait; urutan dan pengembangan kurang logis.


7 – 9
Sangat kurang – kurang: tidak komunikatif; tidak terorganisas; tidak layak dinilai.





KOSAKATA
18 – 20
Sangat baik – sempurna:penguasaan kata canggih; pilihan kata dan ungkapan efektif; menguasai pembentukkan kata; penggunaan register tepat.


14 – 17
Cukup – baik: penguasaan kata memadai; pilihan, bentuk, dan penggunaan kata/ ungkapan kadang-kadang salah tetapi tidak mengganggu.


10 – 13
Sedang – cukup: penguasaan kata terbatas; sering terjadi kesalahan bentuk, pilihan dan penggunaan kosakata/ ungkapan; makna membingungkan/ tidak jelas.


7 – 9
Sangat kurang – kurang: pengetahuan tentang kosakata,  ungkapan, dan pembentukkan kata rendah; tidak layak dinilai.







KALIMAT
18 – 20
Sangat baik – sempurna:konstruksi kompleks dan efektif; terdapat hanya sedikit kesalahan penggunaan bahasa (urutan/fungsi kata, artikel, pronomina, preposisi).


14 – 17
Cukup – baik: konstruksi sederhana, tetpi efektif; terdapat kesalahan kecil pada konstruksi kompleks; terjadi sejumlah kesalahan penggunaan bahasa (fungsi/ urutan kata, artikel, pronomina, preposisi), tetpi makna cukup jelas.


10 – 13
Sedang – cukup: terjadi kesalahan serius dalam konstruksi kalimat tunggal/kompleks (sering terjadi kesalahan pada kalimat negasi, urutan/ fungsi kata, artikel, pronomina, kalimat, fragmen, pelesapan; makna membingungkan/ kabur.



7 – 9
Sangat kurang – kurang: tidak menguasai tata kalimat; terdapat banyak kesalahan; tidak komunikatif; tidak layak dinilai.







MEKANIK
9 – 10
Sangat baik – sempurna:menguasai aturan penulisan; terdapat sedikit kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf.

7 – 8
Cukup – baik: kadang-kadang terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf, tetapi tidak mengaburkan makna.

4 – 6
Sedang – cukup: sering terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tangan tidak jelas; makna membingungkan / kabur.

1 - 3
Sangat kurang – kurang: tidak menguasai aturan penulisan; terdapat banyak kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tidak terbaca;  tidak layak dinilai.



KOMENTAR:










JUMLAH SKOR:



PENILAI:



Mengetahui,
Kepala SMA N I Muara Tiga




Mukhtar, S.Pd
NIP. 1961 1005 1998 01 1001

Laweueng,                 2014
Guru Mata Pelajaran




Akfil Zuliandri, S.Pd




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                                           :  SMA NEGERI 1 MUARA TIGA
MATA PELAJARAN/KELAS        :  BAHASA INDONESIA/XI
SEMESTER                                        :  I (GANJIL)
MATERI POKOK                             :  TEKS CERITA PENDEK
ALOKASI WAKTU                           :  2 X 45 MENIT

A.      KOMPETENSI INTI
KI  1  :  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja      sama, toleransi, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari    solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3:  Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.        KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.2 Mensyukuri anugearah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama.
2.2      Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan permasalahan soaial, lingkungan, ideologi, dan kebijakan publik.
3.3.  Menganalisis teks cerita pendek, baik melaui lisan maupun tulisan.
3.3.1.         Menganalisis isi teks cerita pendek.
3.3.2.      Menganalisis bahasa teks cerita pendek.
4.3    Menyunting teks cerita pendek  sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
4.3.1      Menyunting isi teks cerita pendek  sesuai dengan struktur isinya
4.3.2      Menyunting bahasa teks cerita pendek  sesuai dengan struktur kalimat, ejaan dan tanda baca.

C.        TUJUAN PEMBELAJARAN
         Setelah pembelajaran ini diharapkan:
1.       Peserta didik dapat menganalisisisi teks cerita pendek.
2.       Peserta didik dapat menganalisis bahasa teks cerita pendek.
3.       Peserta didik dapat menyunting isi teks cerita pendek sesuai dengan struktur isinya.
4.       Peserta didik dapat menyunting bahasa teks cerpensesuai dengan; struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca.

D.        MATERI PEMBELAJARAN
1.       Analisis isi teks cerita pendek.
2.       Analisis bahasa teks cerita pendek.
3.       Penyuntingan isi sesuai dengan  struktur isi teks cerita pendek.
4.       Penyuntingan bahasa sesuai dengan: struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca.

E.        PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan: Scientific.
Metode:  Diskusi, pemberian tugas, dan presentasi.
F.         MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
Media:  Contoh-contoh teks cerita pendek.

Sumber belajar:
1.       Buku Kumpulan Cerpen.
2.       Buku yang berkaitan dengan genre teks.
3.       Kamus Besar Bahasa Indonesia dan media massa.
4.       Kosasih, Engkos. 2014. Buku Kretif Berbahasa Indonesia untuk SMK kelas XI. Jakarta: Erlangga.
G.        KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu




Pendahuluan
1.         Peserta didik merespon salam dan pertanyaan guru yang berhubungan dengan kesyukuran kepada Tuhan.
2.         Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan yang akan dilaksanakan.
3.         Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.         Peserta didik menerima pengarahan bahwa melalui topik pembelajaran ini agar dapat mengembangkan sikap santun, jujur, kerja sama, tanggung jawab, dan cinta damai.



10 menit






Inti
Mengamati
5.         Peserta didik membaca contoh analisis teks cerita pendek.
6.         Peserta didik membaca teks cerita pendek  yang ditulis teman.
Mempertanyakan
7.         Peserta didik mempertanyakan isi teks cerita pendek.
Mengeksplorasi (menalar)
8.         Peserta didik menganalisis isi teks cerita pendek  (struktur, unsur inrtinsik, unsur ekstrinsik) dengan cermat.
9.         Menganalisis bahasa teks cerita pendek  (pilihan kata, gaya bahasa, dan konjungsi) dengan cermat.
10.      Peserta didik menganalisis bahasa teks cerita pendek (pilihan kata, gaya bahasa, dan kunjungsi) dengan cermat.
11.      Peserta didik menyunting teks cerita pendek  yang ditulis teman dari aspek struktur isi dan bahasa dengan cermat.
Mengasosiasi (mencoba)
12.      Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil analisis terhadap cerita pendek.
13.      Peserta didik memperbaiki teks cerita pendek berdasarkan hasil suntingan.
Mengomunikasikan
14.      Peserta didik mempresentasikan hasil analisis dengan rasa percaya diri.
15.      Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.
16.      Peserta didik membacakan teks cerita pendek dengan intonasi dan ekspresi yang tepat.
17.      Peserta didik mengomentari/menanggapi struktur isi dan bahasa teks cerita pendek  yang dibacakan teman/kelompok lain dengan santun.

20 menit



25 menit



45 menit






35 menit





35 menit

Penutup
18.      Peserta didik dan guru menyimpulkan materi pelajaran.
19.      Refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
20.      Peserta didik menerima tugas dari guru.

10 menit
H.        PENILAIAN
Teknik penilaian:
1.       Penilaian proses/ pengamatan.
2.       Tertulis.
3.       Lisan.
4.       Pemberian tugas.
         Bentuk Instrumen:                                
1.       Tes lisan:
1)       Sebutkan siapa saja tokoh dalam teks cerita pendek  yang telah dibaca!
2)       Apakah cerita pendek yang kamu baca tersebut menyindir?
2.       Tes tertulis:
1)       Analisislah isi teks cerita pendek  yang telah dibaca!
2)       Analisislah bahasa teks cerita pendek yang telah dibaca!
3)       Suntinglah teks cerita pendek yang telah dibaca sesuai dengan struktur isi teks cerita pendek!
4)       Suntinglah bahasa yang digunakan dalam teks cerita pendek sesuai dengan:
a)       Penggunaan struktur kalimatnya?
b)       Penggunaan ejaan?
c)       Penggunaan tanda baca?

3.        Tugas:
1.       Bacalah sebuah cerita pendek!
2.       Suntinglah teks cerita pendek tersebut sesuai dengan struktur isi dan bahasa teks!

         Penilaian Proses/Pengamatan:
No.
Nama
Prilaku yang Diamati dalam Proses Pembelajaran
Menghargai orang lain
Disiplin
Aktivitas
Kerjasama
Komunikasi
1.
2.
3.
4.
5.
Dst.






               
Keterangan:
Skala penilaian dibuat dengan rentangan 1 s/d 5

Skor
Penafsiran Angka
1
Sangat kurang
2
Kurang
3
Cukup baik
4
Baik
5
Sangat baik


         Penilaian Tes  Tertulis:
Aspek
Skor
Siswa menjawab benar semua
3
Siswa menjawab benar  2
2
Siswa menjawab benar  1
1
Skor maksimal
3
        
         Keterangan:                             
                                                                            
         Skor yang di peroleh
                                     Nilai akhir =       -----------------------------   x  100
                                                                       Skor maksimal

         Penilaian Tugas/ Portofolio:




STRUKTUR TEKS
18 – 20





KOSAKATA






KALIMAT







MEKANIK

Aspek yang Dinilai
Skor
                               Kriteria
Komentar




                   ISI                 
        
  27 - 30
Sangat baik – sempurna:menguasai topik tulisan; substantif; abstraksi^orientasi^ krisis^ reaksi^coda; relevan dgn topik yang dibahas.

22 – 26
Cukup – baik: cukup menguasai permasalahan; cukup memadai; pengembangan tesis terbatas; relevan dengan topik, tetapi kurang terinci.

17 – 21
Sedang – cukup: penguasaan permasalahan terbatas; subtansi kurang; pengembangan topik tidak memadai.

Sangat baik – sempurna:ekspresi lancar; gagasan terungkap padat, dengan jelas; tertata dengan baik; urutan abstraksi^ orientasi^krisis^reaksi^coda; relevan; kohesif.

14 – 17
Cukup – baik: kurang lancar; kurang terorganisasi, tetapi ide utama ternyatakan; pendukung terbatas; logis, tetapi tidak lengkap.

10 – 13
Sedang – cukup: tidak lancar; gagasan kacau/ tidak terkait; urutan dan pengembangan kurang logis.

7 – 9
Sangat kurang – kurang: tidak komunikatif; tidak terorganisas; tidak layak dinilai.

18 – 20
Sangat baik – sempurna:penguasaan kata canggih; pilihan kata dan ungkapan efektif; menguasai pembentukkan kata; penggunaan register tepat.

14 – 17
Cukup – baik: penguasaan kata memadai; pilihan, bentuk, dan penggunaan kata/ ungkapan kadang-kadang salah tetapi tidak mengganggu.


10 – 13
Sedang – cukup: penguasaan kata terbatas; sering terjadi kesalahan bentuk, pilihan dan penggunaan kosakata/ ungkapan; makna membingungkan/ tidak jelas.

7 – 9
Sangat kurang – kurang: pengetahuan tentang kosakata,  ungkapan, dan pembentukkan kata rendah; tidak layak dinilai.

18 – 20
Sangat baik – sempurna:konstruksi kompleks dan efektif; terdapat hanya sedikit kesalahan penggunaan bahasa (urutan/fungsi kata, artikel, pronomina, preposisi).

14 – 17
Cukup – baik: konstruksi sederhana, tetpi efektif; terdapat kesalahan kecil pada konstruksi kompleks; terjadi sejumlah kesalahan penggunaan bahasa (fungsi/ urutan kata, artikel, pronomina, preposisi), tetpi makna cukup jelas.

10 – 13
Sedang – cukup: terjadi kesalahan serius dalam konstruksi kalimat tunggal/kompleks (sering terjadi kesalahan pada kalimat negasi, urutan/ fungsi kata, artikel, pronomina, kalimat, fragmen, pelesapan; makna membingungkan/ kabur.


7 – 9
Sangat kurang – kurang: tidak menguasai tata kalimat; terdapat banyak kesalahan; tidak komunikatif; tidak layak dinilai.

9 – 10
Sangat baik – sempurna:menguasai aturan penulisan; terdapat sedikit kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf.

7 – 8
Cukup – baik: kadang-kadang terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf, tetapi  tidak mengaburkan makna.







MEKANIK
9 – 10
Sangat baik – sempurna:menguasai aturan penulisan; terdapat sedikit kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf.

7 – 8
Cukup – baik: kadang-kadang terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf, tetapi  tidak mengaburkan makna.

4 – 6
Sedang – cukup: sering terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tangan tidak jelas; makna membingungkan / kabur.

1 - 3
Sangat kurang – kurang: tidak menguasai aturan penulisan; terdapat banyak kesalahan  ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tidak terbaca;  tidak layak dinilai.



KOMENTAR:

JUMLAH SKOR:



PENILAI:







Mengetahui,
Kepala SMA N I Muara Tiga




Mukhtar, S.Pd
NIP. 1961 1005 1998 01 1001

Laweueng,                 2014
Guru Mata Pelajaran




Akfil Zuliandri, S.Pd





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                                           :  SMA NEGERI 1 MUARA TIGA
MATA PELAJARAN/KELAS        :  BAHASA INDONESIA/XI
SEMESTER                                        :  I (GANJIL)
MATERI POKOK                             :  TEKS CERITA PENDEK
ALOKASI WAKTU                           :  2 X 45 MENIT

A.        KOMPETENSI INTI
KI  1  :  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja      sama, toleransi, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari    solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3:  Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.         KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.3      Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama.
2.2.     Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan permasalahan sosial, lingkungan. Ideologis, dan kebijakan publik.
3.4    Mengidentifikasi teks cerita pendek baik secara  lisan maupun tulisan.
3.3.1.    Mengidentifikasi karakteristik teks cerita pendek.
4.4      Mengabstraksi teks cerita pendek  baik secara lisan maupun tulisan.
4.4.1      Menentukan langkah-langkah membuat abstraksi teks cerpen.
4.4.2      Menyusun  abstraksi teks cerita pendek.

C.        TUJUAN PEMBELAJARAN
         Setelah pembelajaran ini diharapkan:
1.       Peserta didik dapat mengidentifikasi karakteristikteks cerita pendek.
2.       Peserta didik dapat menentukan langkah-langkah membuat abstraksi (garis besar) teks cerita pendek.
3.       Peserta didik dapat membuat abstraksi teks cerita pendek.

D.        MATERI PEMBELAJARAN
1.       Karakteristik teks cerita pendek.
2.       Langkah-langkah membuat abstraksi teks cerita pendek.

E.        PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan: Scientific.
Metode:  Diskusi, pemberian tugas, dan presentasi.
F.         MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
Media: 
1.       Contoh-contoh teks cerita pendek.
2.       Uraian yang berkaitan dengan karakteristik teks cerita pendek.
3.       Kosasih, Engkos. 2014. Buku Kretif Berbahasa Indonesia untuk SMK kelas XI. Jakarta: Erlangga.

Sumber belajar:
1.       Buku Kumpulan Cerpen.
2.       Buku yang berkaitan dengan genre teks.
3.       Kamus Besar Bahasa Indonesia dan media massa.
G.        KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu



Pendahuluan
1.         Peserta didik merespon salam dan pertanyaan guru yang berhubungan dengan kesyukuran kepada Tuhan.
2.         Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan yang akan dilaksanakan.
3.         Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.         Peserta didik menerima pengarahan bahwa melalui topik pembelajaran ini agar dapat mengembangkan sikap santun, jujur, kerja sama, tanggung jawab, dan cinta damai.



10  menit



Inti





Mengamati
5.         Peserta didik membaca contoh abstraksi teks cerita pendek.
6.         Peserta didik membaca teks tentang karakteristik teks cerita pendek.
7.         Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan karaktristik teks cerita pendek.
Mempertanyakan
8.         Peserta didik mempertanyakan isi teks cerita pendek yang dibaca.
9.         Peserta didik mempertanyakan hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi (menalar)
10.      Peserta didik menuliskan abstrak (garis besar) teks cerita pendek  dalam beberapa kalimat secara terpadu.
11.      Peserta didik mencari dari berbagai sumber informasi tentang karakteristik teks cerita pendek.
Mengasosiasi (mencoba)
12.      Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan abstraksi cerita pendek yang telah ditulis.
Mengomunikasikan
13.       Peserta didik menuliskan karakteristik teks cerita pendek.
14.      Peserta didik mempresentasikan abstraki teks cerita pendek.

25 menit





30 menit




40 menit




35 menit


30 menit

Penutup
15.      Peserta didik dan guru menyimpulkan materi pelajaran.
16.      Refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
17.      Peserta didik  menerima tugas dari guru.

10 menit
H.        PENILAIAN
Teknik penilaian:
1.       Penilaian proses/ pengamatan.
2.       Tertulis.
3.       Lisan.
4.       Pemberian tugas.
         Bentuk Instrumen:                                
1.       Tes lisan:
1)       Ceritakan garis besar teks cerita pendek yang telah dibaca!
2)       Jelaskan karakteristik teks cerita pendek yang telah dibaca!

2.       Tes tertulis:
1)       Tentukanlah karakteristik teks cerita pendek yang telah dibaca!
2)       Buatlah langkah-langkah abstraksi teks cerita pendekt!
3)       Buatlah abstraksi teks cerita pendek!
3.       Tugas:
1)       Bacalah sebuah cerita pendek!
2)       Buatlah abstraksi teks cerita pendek tersebut!
         Penilaian Proses/Pengamatan:
No.
Nama
Prilaku yang Diamati dalam Proses Pembelajaran
Menghargai orang lain
Disiplin
Aktivitas
Kerjasama
Komunikasi
1.
2.
3.
4.
5.
Dst.






               
Keterangan:
Skala penilaian dibuat dengan rentangan 1 s/d 5

Skor
Penafsiran Angka
1
Sangat kurang
2
Kurang
3
Cukup baik
4
Baik
5
Sangat baik

         Penilaian Tes  Tertulis:
Aspek
Skor
Siswa menjawab benar semua
3
Siswa menjawab benar  2
2
Siswa menjawab benar  1
1
Skor maksimal
3
        

         Keterangan:


         Skor yang di peroleh
                                     Nilai akhir =       -----------------------------   x  100
                                                                       Skor maksimal


         Penilaian Tugas/ Portofolio:

Aspek yang Dinilai
Skor
                               Kriteria
Komentar






                   ISI                 
        
  27 - 30
Sangat baik – sempurna:menguasai topik tulisan; substantif; abstraksi^orientasi^ krisis^ reaksi^coda; relevan dgn topik yang dibahas.

22 – 26
Cukup – baik: cukup menguasai permasalahan; cukup memadai; pengembangan tesis terbatas; relevan dengan topik, tetapi kurang terinci.

17 – 21
Sedang – cukup: penguasaan permasalahan terbatas; subtansi kurang; pengembangan topik tidak memadai.

13 - 16
Sangat kurang – kurang: tidak menguasai permasalahan; tidak ada substansi; tidak relevan; tidak layak dinilai.






STRUKTUR TEKS

18 – 20
Sangat baik – sempurna:ekspresi lancar; gagasan terungkap padat, dengan jelas; tertata dengan baik; urutan abstraksi^ orientasi^krisis^reaksi^coda; relevan; kohesif.


14 – 17
Cukup – baik: kurang lancar; kurang terorganisasi, tetapi ide utama ternyatakan; pendukung terbatas; logis, tetapi tidak lengkap.


10 – 13
Sedang – cukup: tidak lancar; gagasan kacau/ tidak terkait; urutan dan pengembangan kurang logis.


7 – 9
Sangat kurang – kurang: tidak komunikatif; tidak terorganisas; tidak layak dinilai.





KOSAKATA
18 – 20
Sangat baik – sempurna:penguasaan kata canggih; pilihan kata dan ungkapan efektif; menguasai pembentukkan kata; penggunaan register tepat.


14 – 17
Cukup – baik: penguasaan kata memadai; pilihan, bentuk, dan penggunaan kata/ ungkapan kadang-kadang salah tetapi tidak mengganggu.


10 – 13
Sedang – cukup: penguasaan kata terbatas; sering terjadi kesalahan bentuk, pilihan dan penggunaan kosakata/ ungkapan; makna membingungkan/ tidak jelas.


7 – 9
Sangat kurang – kurang: pengetahuan tentang kosakata,  ungkapan, dan pembentukkan kata rendah; tidak layak dinilai.









KALIMAT
18 – 20
Sangat baik – sempurna:konstruksi kompleks dan efektif; terdapat hanya sedikit kesalahan penggunaan bahasa (urutan/fungsi kata, artikel, pronomina, preposisi).


14 – 17
Cukup – baik: konstruksi sederhana, tetpi efektif; terdapat kesalahan kecil pada konstruksi kompleks; terjadi sejumlah kesalahan penggunaan bahasa (fungsi/ urutan kata, artikel, pronomina, preposisi), tetpi makna cukup jelas.


10 – 13
Sedang – cukup: terjadi kesalahan serius dalam konstruksi kalimat tunggal/kompleks (sering terjadi kesalahan pada kalimat negasi, urutan/ fungsi kata, artikel, pronomina, kalimat, fragmen, pelesapan; makna membingungkan/ kabur.



7 – 9
Sangat kurang – kurang: tidak menguasai tata kalimat; terdapat banyak kesalahan; tidak komunikatif; tidak layak dinilai.





MEKANIK
9 – 10
Sangat baik – sempurna:menguasai aturan penulisan; terdapat sedikit kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf.


7 – 8
Cukup – baik: kadang-kadang terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf, tetapi  tidak mengaburkan makna.


4 – 6
Sedang – cukup: sering terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tangan tidak jelas; makna membingungkan / kabur.


1 - 3
Sangat kurang – kurang: tidak menguasai aturan penulisan; terdapat banyak kesalahan  ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tidak terbaca;  tidak layak dinilai.



KOMENTAR:

JUMLAH SKOR:



PENILAI:






                                              
Mengetahui,
Kepala SMA N I Muara Tiga




Mukhtar, S.Pd
NIP. 1961 1005 1998 01 1001

Laweueng,                 2014
Guru Mata Pelajaran




Akfil Zuliandri, S.Pd





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                                           :  SMA NEGERI 1 MUARA TIGA
MATA PELAJARAN/KELAS        :  BAHASA INDONESIA/XI
SEMESTER                                        :  I (GANJIL)
MATERI POKOK                             :  TEKS CERITA PENDEK
ALOKASI WAKTU                           :  2 X 45 MENIT

A.        KOMPETENSI INTI
KI  1  :  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja      sama, toleransi, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari    solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3:  Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.         KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.1      Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama.
2.2      Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan permasalahan sosial, lingkungan. Ideologis, dan kebijakan publik.
3.5     Mengevaluasi teks cerita pendek berdasarkan kaidah-kaidah teks baik lisan maupun tulisan.
3.5.1        Mengevaluasi struktur isi  teks cerita pendek.
3.5.2      Mengevaluasi bahasa teks cerita pendek.
4.5    Mengonversi teks cerita pendek  ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
4.5.1        Menentukan langkah-langkah konversi teks cerita pendek menjadi teks monolog.
4.5.2      Mengonversi teks cerita pendek  menjadi teks monolog.
4.5.3      Menentukan lanngkah-langkah konversi teks cerita pendek menjadi teks drama pendek.
4.5.4    Mengonversi teks cerita pendek  menjadi teks drama pendek.

C.        TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah pembelajaran ini diharapkan:
1.       Peserta didik dapat mengevaluasi struktur isi teks cerita pendek.
2.       Peserta didik dapat mengevaluasi bahasa teks cerita pendek.
3.       Peserta didik dapat menentukan langkah-langkah konversi teks cerita pendek menjadi teks monolog.
4.       Peserta didik dapat mengonversi teks cerita pendek  menjadi teks monolog.
5.       Peserta didik dapat menentukan langkah-langkah konversi teks cerita pendek menjadi teks drama pendek.
6.       Peserta didik dapat mengonversi teks cerita pendek menjadi teks drama pendek.

D.        MATERI PEMBELAJARAN
1.        Evaluasi struktur isi dan bahasa teks cerita pendek.
2.       Langkah-langkah konversi teks cerita pendek menjadi teks monolog.
3.       Langkah-langkah konversi teks cerita pendek menjadi teks drama pendek.

E.        PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan: Scientific.
Metode:  Diskusi, pemberian tugas, dan presentasi.
F.         MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
Media:     
1.       Contoh-contoh cerita ulang teks cerita pendek.
2.       Contoh hasil evaluasi (kelebihan/kekurangan) struktur isi dan bahasa teks cerita pendek.
      
Sumber belajar:
1.       Buku Kumpulan Cerpen.
2.       Buku yang berkaitan dengan genre teks.
3.       Kamus Besar Bahasa Indonesia dan media massa.
4.       Kosasih, Engkos. 2014. Buku Kretif Berbahasa Indonesia untuk SMK kelas XI. Jakarta: Erlangga.

G.        KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu



Pendahuluan
1.         Peserta didik merespon salam dan pertanyaan guru yang berhubungan dengan kesyukuran kepada Tuhan.
2.         Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan yang akan dilaksanakan.
3.         Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.         Peserta didik menerima pengarahan bahwa melalui topik pembelajaran ini agar dapat mengembangkan sikap santun, jujur, kerja sama, tanggung jawab, dan cinta damai.



10  menit








Inti





Mengamati
5.         Peserta didik membaca contoh hasil evaluasi (kekurangan/ kelebihan) struktur isi dan bahasa teks  teks cerita pendek.
6.         Peserta didik membaca contoh cerita ulang teks cerita pendek.
Mempertanyakan
7.         Peserta didik mempertanyakan contoh hasil evaluasi (kekurangan/ kelebihan) struktur isi dan bahasa teks cerita pendek yang dibaca.
8.         Peserta didik mempertanyakan contoh cerita ulang teks cerita pendek  yang dibaca.
Mengeksplorasi (menalar)
9.         Peserta didik membaca contoh teks cerita pendek yang lain
10.      Peserta didik mengevaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks cerita pendek  dengan cermat.
11.      Peserta didik menulis ulang teks cerita pendek  dalam bentuk drama.
Mengasosiasi (mencoba)
12.      Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) terhadap teks cerita pendek dari aspek struktur isi dan bahasa.
13.      Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan teks cerita pendek yang ditulis ulang.
Mengomunikasikan
14.      Peserta didik mempresentasikan hasil evaluasi terhadap teks cerita pendek dengan rasa percaya diri.
15.      Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.


25 menit



30 menit




40 menit






35 menit






30 menit

Penutup
16.      Peserta didik dan guru menyimpulkan materi pelajaran.
17.      Refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
18.      Peserta didik menerima tugas dari guru.

10     enit
H.        PENILAIAN
Teknik penilaian:
1.       Penilaian proses/ pengamatan.
2.       Tertulis.
3.       Lisan.
4.       Pemberian tugas.
         Bentuk Instrumen:                                
1.       Tes lisan:
1)       Ceritakan isi cerita ulang teks cerita pendek yang sudah dibaca!
2)       Ceritakan kelebihan dan kekurangan struktur isi  teks cerita pendek yang telah dibaca!
3)       Ceritakan kelebihan dan kekurangan bahasa dalam teks cerita pendek yang telah dibaca1

2.       Tes tertulis:
1)    Tentukanlah kelebihan dan kekurangan struktur isi teks cerita pendek!
2)    Tentukanlah kelebihan dan kekurangan bahasa teks cerita pendek!
3)    Tentukan langkah-langkah konversi teks cerita pendek menjadi teks monolog!
4)    Ubahlah teks cerita pendek  menjadi teks monolog!
5)    Tentukan langkah-langkah konversi teks cerita pendek menjadi teks drama pendek!
6)    Ubahlah teks cerita pendek menjadi teks drama pendek!

7)       Tugas:
1)       Ubahlah teks cerita pendek yang telah dibaca menjadi teks monolog!
2)       Ubahlah teks cerita pendek yang telah dibaca menjadi teks drama pendek!

         Penilaian Proses/Pengamatan:
No.
Nama
Prilaku yang Diamati dalam Proses Pembelajaran
Menghargai orang lain
Disiplin
Aktivitas
Kerjasama
Komunikasi
1.
2.
3.
4.
5.
Dst.






               
Keterangan:
Skala penilaian dibuat dengan rentangan 1 s/d 5

Skor
Penafsiran Angka
1
Sangat kurang
2
Kurang
3
Cukup baik
4
Baik
5
Sangat baik


         Penilaian Tes  Tertulis:
Aspek
Skor
Siswa menjawab benar semua
3
Siswa menjawab benar  2
2
Siswa menjawab benar  1
1
Skor maksimal
3

         Keterangan:                             
         Skor yang di peroleh
                                     Nilai akhir =       -----------------------------   x  100
                                                                       Skor maksimal


         Penilaian Tugas/ Portofolio:

Aspek yang Dinilai
Skor
                               Kriteria
Komentar






                   ISI                 
        
  27 - 30
Sangat baik – sempurna:menguasai topik tulisan; substantif; abstraksi^orientasi^ krisis^ reaksi^coda; relevan dgn topik yang dibahas.

22 – 26
Cukup – baik: cukup menguasai permasalahan; cukup memadai; pengembangan tesis terbatas; relevan dengan topik, tetapi kurang terinci.

17 – 21
Sedang – cukup: penguasaan permasalahan terbatas; subtansi kurang; pengembangan topik tidak memadai.

13 - 16
Sangat kurang – kurang: tidak menguasai permasalahan; tidak ada substansi; tidak relevan; tidak layak dinilai.








STRUKTUR TEKS

18 – 20
Sangat baik – sempurna:ekspresi lancar; gagasan terungkap padat, dengan jelas; tertata dengan baik; urutan abstraksi^ orientasi^krisis^reaksi^coda; relevan; kohesif.

14 – 17
Cukup – baik: kurang lancar; kurang terorganisasi, tetapi ide utama ternyatakan; pendukung terbatas; logis, tetapi tidak lengkap.

10 – 13
Sedang – cukup: tidak lancar; gagasan kacau/ tidak terkait; urutan dan pengembangan kurang logis.

7 – 9
Sangat kurang – kurang: tidak komunikatif; tidak terorganisas; tidak layak dinilai.





KOSAKATA
18 – 20
Sangat baik – sempurna:penguasaan kata canggih; pilihan kata dan ungkapan efektif; menguasai pembentukkan kata; penggunaan register tepat.

14 – 17
Cukup – baik: penguasaan kata memadai; pilihan, bentuk, dan penggunaan kata/ ungkapan kadang-kadang salah tetapi tidak mengganggu.

10 – 13
Sedang – cukup: penguasaan kata terbatas; sering terjadi kesalahan bentuk, pilihan dan penggunaan kosakata/ ungkapan; makna membingungkan/ tidak jelas.

7 – 9
Sangat kurang – kurang: pengetahuan tentang kosakata,  ungkapan, dan pembentukkan kata rendah; tidak layak dinilai.









KALIMAT
18 – 20
Sangat baik – sempurna:konstruksi kompleks dan efektif; terdapat hanya sedikit kesalahan penggunaan bahasa (urutan/fungsi kata, artikel, pronomina, preposisi).

14 – 17
Cukup – baik: konstruksi sederhana, tetpi efektif; terdapat kesalahan kecil pada konstruksi kompleks; terjadi sejumlah kesalahan penggunaan bahasa (fungsi/ urutan kata, artikel, pronomina, preposisi), tetpi makna cukup jelas.

10 – 13
Sedang – cukup: terjadi kesalahan serius dalam konstruksi kalimat tunggal/kompleks (sering terjadi kesalahan pada kalimat negasi, urutan/ fungsi kata, artikel, pronomina, kalimat, fragmen, pelesapan; makna membingungkan/ kabur.


7 – 9
Sangat kurang – kurang: tidak menguasai tata kalimat; terdapat banyak kesalahan; tidak komunikatif; tidak layak dinilai.








MEKANIK
9 – 10
Sangat baik – sempurna:menguasai aturan penulisan; terdapat sedikit kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf.

7 – 8
Cukup – baik: kadang-kadang terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf, tetapi  tidak mengaburkan makna.

4 – 6
Sedang – cukup: sering terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tangan tidak jelas; makna membingungkan / kabur.

1 - 3
Sangat kurang – kurang: tidak menguasai aturan penulisan; terdapat banyak kesalahan  ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tidak terbaca;  tidak layak dinilai.


KOMENTAR:

JUMLAH SKOR:




PENILAI:










Mengetahui,
Kepala SMA N I Muara Tiga




Mukhtar, S.Pd
NIP. 1961 1005 1998 01 1001

Laweueng,                 2014
Guru Mata Pelajaran




Akfil Zuliandri, S.Pd


1 Response to "RPP K13 Bahasa Indonesia teks cerpen Kelas XI SMA "