RPP K13 Bahasa Indonesia teks film/drama Kelas XI SMA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                                           :  SMA NEGERI 1 MUARA TIGA
MATA PELAJARAN/KELAS      :  BAHASA INDONESIA/XI
SEMESTER                                        :  II (GENAP)
MATERI POKOK                             :  TEKS FILM/DRAMA
ALOKASI WAKTU                          :  2 X 45 MENIT

A.        KOMPETENSI INTI
KI  1  :  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja   sama, toleransi, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari    solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3:  Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.        KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

1.1      Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa.
2.1      Menunjukkan sikap tanggung jawab,responsif, dan imajinatif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk mengekspresikan impian, misteri, imajinasi, serta permasalahan remaja dan sosial.
3.1   Memahami struktur dan kaidah teks film/drama, baik secara lisan maupun tulisan
3.1.1                      Mengetahui struktur isi teks film/drama.
3.1.2      Mengetahuiciri bahasa teks film/drama.
4.1   Menginterpretasi makna teks film/drama, baik secara lisan maupun tulisan.
4.1.1                      Memahami isi teks film/drama.
4.1.2      Menginterpretasi isi (unsur intrinsik dan ekstrinsik) dalam teks film/drama.

C.        TUJUAN PEMBELAJARAN
         Setelah pembelajaran ini diharapkan:
1.       Peserta didik dapat mengetahui struktur isi teks film/drama.
2.       Peserta didik dapat mengetahui ciri bahasa teks film/drama.
3.       Peserta didik dapat memahami isi teks film/drama.
4.       Peserta didik dapat mengetahui ciri-ciri teks film/drama.
5.       Peserta didik dapat mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik dalam  teks film/drama.
6.       Peserta didik dapat mengidentifikasi unsur-unsur ekstrinsik  dalam  teks film/drama

D.        MATERI PEMBELAJARAN
1.       Pengenalan struktur isi teks film/drama.
2.       Pengenalan ciri bahasa teks film/drama.
3.       Pemahaman isi teks film/drama.
4.       Interpretasi isi (unsur intrinsik dan ekstrinsik) dalam teks film/drama.

E.        PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan: Scientific.
Metode:  Diskusi, pemberian tugas, presentasi.
F.         MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
Media: 
1.       Contoh-contoh teks film/drama
2.       Uraian yang berkaitan dengan struktur isi teks cerita pendek (abstrak, orientasi, komplikasi, resolusi,evaluasi, dan coda).
Sumber belajar:
1.       Buku Kumpulan film/drama
2.       Buku yang berkaitan dengan genre teks.
3.       Kamus Besar Bahasa Indonesia, dan media massa.
4.       Kosasih, Engkos. 2014. Buku Kretif Berbahasa Indonesia untuk SMK kelas XI. Jakarta: Erlangga.

G.        KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu


Pendahuluan
1.     Peserta didik merespon salam dan pertanyaan guru yang berhubungan dengan kesyukuran kepada Tuhan.
2.     Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan yang akan dilaksanakan.
3.     Peserta didik  menerima informasi tentang kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.     Peserta didik menerima pengarahan bahwa melalui topik pembelajaran ini agar dapat mengembangkan sikap santun, jujur, kerja sama, tanggung jawab, dan cinta damai.







Inti
Mengamati
5.     Peserta didik membaca contoh teks film/drama.
6.     Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan struktur isi teks film/drama (abstrak, orientasi, komplikasi, resolusi, evaluasi dan coda).
7.     Peserta didik membaca contoh teks film/drama yang lain.
Mempertanyakan
8.      Peserta didik mempertanyakan uraian yang berkaitan dengan struktur isi teks film/drama yang dibaca.
9.     Peserta didik membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks film/drama dengan bahasa yang komunikatif.
Mengeksplorasi (menalar)
10.  Peserta didik menemukan struktur isi teks film/drama.
11.  Peserta didik menemukan ciri-ciri teks film/drama.
12. Peserta didik mendiskusikan hasil temuan terkait dengan struktur isi dan ciri bahasa teks film/drama.
Mengasosiasi (mencoba)
13. Peserta didik mencari hubungan antara struktur isi dan ciri bahasa film/drama.
14. Peserta didik mendiskusikan hubungan antara struktur isi dan ciri bahasa film/drama.
15. Peserta didik menyimpulkan unsur intrinsik dan unsur ektrinsik teks film/drama dalam diskusi kelas dengan saling menghargai.
Mengomunikasikan
16. Peserta didik menjelaskan struktur isi dan ciri bahasa teks film/drama.
17. Peserta didik saling menilai kebenaran/ketepatan penjelasan teman/kelompok.
18. Peserta didik mempresentasikan unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik teks film/drama dengan rasa percaya diri.
19. Peserta didik menanggapai presentasi teman/ kelompok lain secara santun.








Penutup
20. Peserta didik dan guru menyimpulkan materi pelajaran.
21. Refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
22. Peserta didik menerima tugas dari guru.


H.        PENILAIAN
Teknik penilaian:
1.       Penilaian proses/ pengamatan.
2.       Tertulis.
3.       Lisan.
4.       Pemberian tugas

         Bentuk Instrumen:
1.       Tes lisan:
1)       Cerita yang bagaimanakah film/drama itu?
2)       Dimanakah bisa ditemukan teks film/drama?

2.       Tes tertulis:
1)    Tentukanstruktur isi teks film/drama yang telah dibaca!
2)    Tentukan ciri bahasa teks film/drama yang telah dibaca!
3)    Tentukan isi teks film/drama yang telah dibaca!
4)    Tentukan ciri-ciri teks film/drama!
5)    Tentukan unsur-unsur intrinsik dalam  teks film/drama!
6)    Tentukan unsur-unsur ekstrinsik  dalam  teks film/drama!

         Penilaian Proses/Pengamatan:

No.

Nama
Prilaku yang Diamati dalam Proses Pembelajaran
Menghargai orang lain
Disiplin
Aktivitas
Kerjasama
Komunikasi
1.
2.
3.
4.
5.
Dst.






Keterangan: Skala penilaian dibuat dengan rentangan 1 s/d 5
Skor
Penafsiran Angka
1
Sangat kurang
2
Kurang
3
Cukup baik
4
Baik
5
Sangat baik

         Penilaian Tes  Tertulis:
Aspek
Skor
Siswa menjawab benar semua
6
Siswa menjawab benar  5
5
Siswa menjawab benar  4
4
Siswa menjawab benar  3
3
Siswa menjawab benar  2
2
Siswa menjawab benar  1
1
Skor maksimal
6
         Keterangan:        Skor yang di peroleh
         Nilai akhir =       -----------------------------   x  100
                                                                       Skor maksimal



Mengetahui,
Kepala SMA N I Muara Tiga




Mukhtar, S.Pd
NIP. 1961 1005 1998 01 1001

Laweueng,                 2014
Guru Mata Pelajaran




Akfil Zuliandri, S.Pd





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                                           :  SMA NEGERI 1 MUARA TIGA
MATA PELAJARAN/KELAS      :  BAHASA INDONESIA/XI
SEMESTER                                        :  II (GENAP)
MATERI POKOK                             :  TEKS FILM/DRAMA
ALOKASI WAKTU                          :  2 X 45 MENIT

A.        KOMPETENSI INTI
KI  1  :  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja   sama, toleransi, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari    solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3:  Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.        KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

1.1      Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa.
2.1      Menunjukkan sikap tanggung jawab,responsif, dan imajinatif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk mengekspresikan impian, misteri, imajinasi, serta permasalahan remaja dan sosial.
3.2   Membandingkan teks film/drama, baik secara lisan maupun tulisan
3.2.1. Mengidentifikasi persamaan struktur isi dua teks film/drama.
3.2.2 .Mengidentifikasi perbedaan struktur isi dua teks film/drama.
3.2.3. Mengidentifikasi persamaan ciri bahasa dua teks film/drama.
3.2.4 Mengidentifikasi perbedaan ciri bahasa dua teks film/drama.
4.2  Memproduksi teks film/drama, yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan.
4.2.1. Menyusun langkah-langkah penulisan teks film/drama sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa.
4.2.2     Menyusun  teks film/drama sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa.

C.        TUJUAN PEMBELAJARAN
          Setelah pembelajaran ini diharapkan:
1.       Peserta didik dapat mengidentifikasi persamaan struktur isi beberapa teks film/drama.
2.       Peserta didik dapat mengidentifikasi perbedaan struktur isi beberapa teks film/drama.
3.       Peserta didik dapat mengidentifikasi persamaan ciri bahasa beberapa teks film/drama
4.       Peserta didik dapat mengidentifikasi perbedaan ciri bahasa beberapa teks film/drama.
5.       Peserta didik dapat menyusun langkah-langkah penulisan teks film/drama sesuai dengan struktur isi & ciri bahasa
6.       Peserta didik menentukan topic teks film/drama
7.       Pserta didik membuat teks film/drama dan cirri bahasa

D.        MATERI PEMBELAJARAN
1.       Persamaan dan perbedaan struktur isi dan ciri bahasa beberapa teks film/drama.
2.       Langkah-langkah penulisan teks film/drama (menggali pengalaman, menemukan topik, mengembangkan topik sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa).

E.        PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan: Scientific.
Metode:  Diskusi, pemberian tugas, dan presentasi.
F.         MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
Media:  Contoh-contoh teks film/drama.

Sumber belajar:
1.       Buku Kumpulan film/drama.
2.       Buku yang berkaitan dengan genre teks.

G.     KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu




Pendahuluan
1.     Peserta didik  merespon salam dan pertanyaan guru yang berhubungan dengan kesyukuran kepada Tuhan.
2.     Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan yang akan dilaksanakan.
3.     Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.     Peserta didik menerima pengarahan bahwa melalui topik pembelajaran ini agar dapat mengembangkan sikap santun, jujur, kerja sama, tanggung jawab, dan cinta damai.
















Inti
Mengamati
5.     Peserta didik membaca dua teks film/drama.
6.     Peserta didik menggali pengalaman dan peristiwa/kejadian.
Mempertanyakan
7.     Peserta didik mempertanyakan persamaan dan perbedaan struktur isi dan ciri bahasa dua teks film/drama.
8.     Peserta didik mempertanyakan topik pengalaman, peristiwa/kejadian yang digali.
Mengeksplorasi (menalar)
9.     Peserta didik mengidentifikasi persamaan struktur isi dua teks film/drama yang dibaca.
10. Peserta didik mengidentifikasi persamaan ciri bahasa dua teks film/drama yang dibaca.
11. Peserta didik mengidentifikasi perbedaan struktur isi dua teks film/drama yang dibaca.
12. Peserta didik mengidentifikasi perbedaan ciri bahasa dua teks film/drama yang dibaca.
13. Peserta didik menentukan topik teks film/drama sesuai pengalaman, kejadian, atau peristiwa dengan cermat.
14. Peserta didik membuat teks film/drama sesuai dengan struktur isi teks film/drama, ciri bahasa (pertanyaan retoris, proses material, konjungsi temporal) dan unsur intrinsik serta unsur ekstrinsik.
Mengasosiasi (mencoba)
15.  Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan persamaan dan perbedaan dua teks film/drama dalam diskusi kelas.
16. Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan film/drama yang dibuat.
Mengomunikasikan
17. Peserta didik menjelaskan persamaan dan perbedaan struktur isi dan ciri bahasa dua teks film/drama.
18. Peserta didik membacakan hasil diskusi teks film/drama dengan intonasi dan ekspresi yang tepat dan saling memberikan komentar.




Penutup
19. Peserta didik dan guru menyimpulkan materi pelajaran.
20. Refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
21. Peserta didik menerima tugas dari guru.



H.        PENILAIAN
Teknik penilaian:
1.       Penilaian proses/ pengamatan.
2.       Tertulis.
3.       Lisan.
4.       Pemberian tugas.
         Bentuk Instrumen:                                
1.       Tes lisan:
1)       Apa judul teks film/drama yang sudah dibaca?
2)       Ceritakan isi teks film/drama yang telah dibaca!
2.       Tes tertulis:
1)       Jelaskan persamaan struktur isi dari dua film/drama yang telah dibaca!
2)       Jelaskan persamaan ciri bahasa dua film/drama yang telah dibaca!
3)       Jelaskan perbedaan struktur isi dua film/drama yang telah dibaca!
4)       Jelaskan perbedaan ciri bahasa dua film/drama yang telah dibaca!
5)       Buatlah langkah-langkah penulisan teks film/drama sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa film/drama!

3.        Tugas:
1)       Amatilah kejadian/peristiwa yang terjadi di sekitar kalian!
2)       Tentukanlah topik dari hasil pengamatan kalian!
3)       Kembangkanlah topik tersebut menjadi teks film/drama sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa film/drama!

         Penilaian Proses/Pengamatan:
No.
Nama
Prilaku yang Diamati dalam Proses Pembelajaran
Menghargai orang lain
Disiplin
Aktivitas
Kerjasama
Komunikasi
1.
2.
3.
4.
5.
Dst.






               
Keterangan:
Skala penilaian dibuat dengan rentangan 1 s/d 5
Skor
Penafsiran Angka
1
Sangat kurang
2
Kurang
3
Cukup baik
4
Baik
5
Sangat baik


         Penilaian Tes  Tertulis:
Aspek
Skor
Siswa menjawab benar semua
5
Siswa menjawab benar  4
4
Siswa menjawab benar  3
3
Siswa menjawab benar  2
2
Siswa menjawab benar  1
1
Skor maksimal
4

         Keterangan:
                                            Skor yang di peroleh
                                     Nilai akhir =       -----------------------------   x  100
                                                                       Skor maksimal

         Penilaian Tugas/ Portofolio:

Aspek yang Dinilai
Skor
                               Kriteria
Komentar




                  ISI       
        
  27 - 30
Sangat baik – sempurna:menguasai topik tulisan; substantif; abstraksi^orientasi^krisis^reaksi^coda; relevan dgn topik yang dibahas.


22 – 26
Cukup – baik: cukup menguasai permasalahan; cukup memadai; pengembangan tesis terbatas; relevan dengan topik, tetapi kurang terinci.


17 – 21
Sedang – cukup: penguasaan permasalahan terbatas; subtansi kurang; pengembangan topik tidak memadai.


13 - 16
Sangat kurang – kurang: tidak menguasai permasalahan; tidak ada substansi; tidak relevan; tidak layak dinilai.





STRUKTUR TEKS

18 – 20
Sangat baik – sempurna:ekspresi lancar; gagasan terungkap padat, dengan jelas; tertata dengan baik; urutan abstraksi^ orientasi^krisis^reaksi^coda; relevan; kohesif.


14 – 17
Cukup – baik: kurang lancar; kurang terorganisasi, tetapi ide utama ternyatakan; pendukung terbatas; logis, tetapi tidak lengkap.


10 – 13
Sedang – cukup: tidak lancar; gagasan kacau/ tidak terkait; urutan dan pengembangan kurang logis.


7 – 9
Sangat kurang – kurang: tidak komunikatif; tidak terorganisas; tidak layak dinilai.





KOSAKATA
18 – 20
Sangat baik – sempurna:penguasaan kata canggih; pilihan kata dan ungkapan efektif; menguasai pembentukkan kata; penggunaan register tepat.


14 – 17
Cukup – baik: penguasaan kata memadai; pilihan, bentuk, dan penggunaan kata/ ungkapan kadang-kadang salah tetapi tidak mengganggu.


10 – 13
Sedang – cukup: penguasaan kata terbatas; sering terjadi kesalahan bentuk, pilihan dan penggunaan kosakata/ ungkapan; makna membingungkan/ tidak jelas.


7 – 9
Sangat kurang – kurang: pengetahuan tentang kosakata,  ungkapan, dan pembentukkan kata rendah; tidak layak dinilai.







KALIMAT
18 – 20
Sangat baik – sempurna:konstruksi kompleks dan efektif; terdapat hanya sedikit kesalahan penggunaan bahasa (urutan/fungsi kata, artikel, pronomina, preposisi).


14 – 17
Cukup – baik: konstruksi sederhana, tetpi efektif; terdapat kesalahan kecil pada konstruksi kompleks; terjadi sejumlah kesalahan penggunaan bahasa (fungsi/ urutan kata, artikel, pronomina, preposisi), tetpi makna cukup jelas.


10 – 13
Sedang – cukup: terjadi kesalahan serius dalam konstruksi kalimat tunggal/kompleks (sering terjadi kesalahan pada kalimat negasi, urutan/ fungsi kata, artikel, pronomina, kalimat, fragmen, pelesapan; makna membingungkan/ kabur.



7 – 9
Sangat kurang – kurang: tidak menguasai tata kalimat; terdapat banyak kesalahan; tidak komunikatif; tidak layak dinilai.







MEKANIK
9 – 10
Sangat baik – sempurna:menguasai aturan penulisan; terdapat sedikit kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf.

7 – 8
Cukup – baik: kadang-kadang terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf, tetapi tidak mengaburkan makna.

4 – 6
Sedang – cukup: sering terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tangan tidak jelas; makna membingungkan / kabur.

1 - 3
Sangat kurang – kurang: tidak menguasai aturan penulisan; terdapat banyak kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tidak terbaca;  tidak layak dinilai.



KOMENTAR:







JUMLAH SKOR:



PENILAIAN:


Mengetahui,
Kepala SMA N I Muara Tiga




Mukhtar, S.Pd
NIP. 1961 1005 1998 01 1001

Laweueng,                 2014
Guru Mata Pelajaran




Akfil Zuliandri, S.Pd




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                                           :  SMA NEGERI 1 MUARA TIGA
MATA PELAJARAN/KELAS      :  BAHASA INDONESIA/XI
SEMESTER                                        :  II (GENAP)
MATERI POKOK                             :  TEKS FILM/DRAMA
ALOKASI WAKTU                          :  2 X 45 MENIT

A.        KOMPETENSI INTI
KI  1  :  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja   sama, toleransi, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari    solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3:  Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.        KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

1.1      Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa.
2.1      Menunjukkan sikap tanggung jawab,responsif, dan imajinatif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk mengekspresikan impian, misteri, imajinasi, serta permasalahan remaja dan sosial.
3.3   Menganalisis teks film/drama, baik melalui lisan maupun tulisan
3.3.1.         Menganalisis isi teks film/drama.
3.3.2.      Menganalisis bahasa teks film/drama.
4.3   Menyunting teks film/drama, sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
4.3.1      Menyunting isi teks film/drama sesuai dengan struktur isinya
4.3.2      Menyunting bahasa teks film/drama sesuai dengan struktur kalimat, ejaan dan tanda baca.

C.        TUJUAN PEMBELAJARAN
          Setelah pembelajaran ini diharapkan:
1.       Peserta didik dapat mengidentifikasi persamaan isi beberapa teks film/drama.
2.       Peserta didik dapat mengidentifikasi persamaan ciri bahasa beberapa teks film/drama.
3.       Peserta didik dapat mengidentifikasi perbedaan ciri bahasa beberapa teks film/drama
4.       Peserta didik dapat membuat teks film/drama
5.       Peserta didik dapat menyunting isi teks film/drama sesuai dengan struktur isinya.
6.       Peserta didik dapat menyunting bahasa teks film/drama sesuai dengan; struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca.

D.        MATERI PEMBELAJARAN
1.       Analisis isi teks film/drama.
2.       Analisis bahasa teks film/drama
3.       Penyuntingan isi sesuai dengan  struktur isi teks film/drama.
4.       Penyuntingan bahasa sesuai dengan: struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca.

E.        PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan: Scientific.
Metode:  Diskusi, pemberian tugas, dan presentasi.
F.         MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
Media:  Contoh-contoh teks film/drama.

Sumber belajar:
1.       Buku Kumpulan film/drama.
2.       Buku yang berkaitan dengan genre teks.
3.       Kamus Besar Bahasa Indonesia dan media massa.
4.       Kosasih, Engkos. 2014. Buku Kretif Berbahasa Indonesia untuk SMK kelas XI. Jakarta: Erlangga.
G.        KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu




Pendahuluan
1.         Peserta didik merespon salam dan pertanyaan guru yang berhubungan dengan kesyukuran kepada Tuhan.
2.         Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan yang akan dilaksanakan.
3.         Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.         Peserta didik menerima pengarahan bahwa melalui topik pembelajaran ini agar dapat mengembangkan sikap santun, jujur, kerja sama, tanggung jawab, dan cinta damai.










Inti
Mengamati
5.         Peserta didik membaca contoh analisis teks film/drama.
6.         Peserta didik membaca teks film/drama  yang ditulis teman.
Mempertanyakan
7.         Peserta didik mempertanyakan isi teks film/drama.
Mengeksplorasi (menalar)
8.         Peserta didik menganalisis isi teks film/drama (struktur, unsur inrtinsik, unsur ekstrinsik) dengan cermat.
9.         Menganalisis bahasa teks film/drama (pilihan kata, gaya bahasa, dan konjungsi) dengan cermat.
10.      Peserta didik menganalisis bahasa teks film/drama (pilihan kata, gaya bahasa, dan kunjungsi) dengan cermat.
11.      Peserta didik menyunting teks film/drama yang ditulis teman dari aspek struktur isi dan bahasa dengan cermat.
Mengasosiasi (mencoba)
12.      Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil analisis terhadap film/drama.
13.      Peserta didik memperbaiki teks film/drama berdasarkan hasil suntingan.
Mengomunikasikan
14.      Peserta didik mempresentasikan hasil analisis dengan rasa percaya diri.
15.      Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.
16.      Peserta didik membacakan teks cerita pendek dengan intonasi dan ekspresi yang tepat.
17.      Peserta didik mengomentari/menanggapi struktur isi dan bahasa teks film/drama yang dibacakan teman/kelompok lain dengan santun.



Penutup
18.      Peserta didik dan guru menyimpulkan materi pelajaran.
19.      Refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
20.      Peserta didik menerima tugas dari guru.


H.        PENILAIAN
Teknik penilaian:
1.       Penilaian proses/ pengamatan.
2.       Tertulis.
3.       Lisan.
4.       Pemberian tugas.
         Bentuk Instrumen:                                
1.       Tes lisan:
1)       Sebutkan siapa saja tokoh dalam teks film/drama yang telah dibaca!
2)       Apakah film/drama yang kamu baca tersebut menyindir?
2.       Tes tertulis:
1)       Analisislah isi teks film/drama yang telah dibaca!
2)       Analisislah bahasa teks film/drama yang telah dibaca!
3)       Suntinglah teks film/drama yang telah dibaca sesuai dengan struktur isi teks film/drama!
4)       Suntinglah bahasa yang digunakan dalam teks film/drama sesuai dengan:
a)       Penggunaan struktur kalimatnya?
b)       Penggunaan ejaan?
c)       Penggunaan tanda baca?

3.        Tugas:
1.       Bacalah sebuah film/drama!
2.       Suntinglah teks film/drama tersebut sesuai dengan struktur isi dan bahasa teks!

         Penilaian Proses/Pengamatan:
No.
Nama
Prilaku yang Diamati dalam Proses Pembelajaran
Menghargai orang lain
Disiplin
Aktivitas
Kerjasama
Komunikasi
1.
2.
3.
4.
5.
Dst.






               
Keterangan:
Skala penilaian dibuat dengan rentangan 1 s/d 5

Skor
Penafsiran Angka
1
Sangat kurang
2
Kurang
3
Cukup baik
4
Baik
5
Sangat baik


         Penilaian Tes  Tertulis:
Aspek
Skor
Siswa menjawab benar semua
3
Siswa menjawab benar  2
2
Siswa menjawab benar  1
1
Skor maksimal
3
        
         Keterangan:                             
                                                                            
         Skor yang di peroleh
                                     Nilai akhir =       -----------------------------   x  100
                                                                       Skor maksimal

         Penilaian Tugas/ Portofolio:




STRUKTUR TEKS
18 – 20





KOSAKATA






KALIMAT







MEKANIK

Aspek yang Dinilai
Skor
                               Kriteria
Komentar




                   ISI                 
        
  27 - 30
Sangat baik – sempurna:menguasai topik tulisan; substantif; abstraksi^orientasi^ krisis^ reaksi^coda; relevan dgn topik yang dibahas.

22 – 26
Cukup – baik: cukup menguasai permasalahan; cukup memadai; pengembangan tesis terbatas; relevan dengan topik, tetapi kurang terinci.

17 – 21
Sedang – cukup: penguasaan permasalahan terbatas; subtansi kurang; pengembangan topik tidak memadai.

Sangat baik – sempurna:ekspresi lancar; gagasan terungkap padat, dengan jelas; tertata dengan baik; urutan abstraksi^ orientasi^krisis^reaksi^coda; relevan; kohesif.

14 – 17
Cukup – baik: kurang lancar; kurang terorganisasi, tetapi ide utama ternyatakan; pendukung terbatas; logis, tetapi tidak lengkap.

10 – 13
Sedang – cukup: tidak lancar; gagasan kacau/ tidak terkait; urutan dan pengembangan kurang logis.

7 – 9
Sangat kurang – kurang: tidak komunikatif; tidak terorganisas; tidak layak dinilai.

18 – 20
Sangat baik – sempurna:penguasaan kata canggih; pilihan kata dan ungkapan efektif; menguasai pembentukkan kata; penggunaan register tepat.

14 – 17
Cukup – baik: penguasaan kata memadai; pilihan, bentuk, dan penggunaan kata/ ungkapan kadang-kadang salah tetapi tidak mengganggu.


10 – 13
Sedang – cukup: penguasaan kata terbatas; sering terjadi kesalahan bentuk, pilihan dan penggunaan kosakata/ ungkapan; makna membingungkan/ tidak jelas.

7 – 9
Sangat kurang – kurang: pengetahuan tentang kosakata,  ungkapan, dan pembentukkan kata rendah; tidak layak dinilai.

18 – 20
Sangat baik – sempurna:konstruksi kompleks dan efektif; terdapat hanya sedikit kesalahan penggunaan bahasa (urutan/fungsi kata, artikel, pronomina, preposisi).

14 – 17
Cukup – baik: konstruksi sederhana, tetpi efektif; terdapat kesalahan kecil pada konstruksi kompleks; terjadi sejumlah kesalahan penggunaan bahasa (fungsi/ urutan kata, artikel, pronomina, preposisi), tetpi makna cukup jelas.

10 – 13
Sedang – cukup: terjadi kesalahan serius dalam konstruksi kalimat tunggal/kompleks (sering terjadi kesalahan pada kalimat negasi, urutan/ fungsi kata, artikel, pronomina, kalimat, fragmen, pelesapan; makna membingungkan/ kabur.


7 – 9
Sangat kurang – kurang: tidak menguasai tata kalimat; terdapat banyak kesalahan; tidak komunikatif; tidak layak dinilai.

9 – 10
Sangat baik – sempurna:menguasai aturan penulisan; terdapat sedikit kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf.

7 – 8
Cukup – baik: kadang-kadang terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf, tetapi  tidak mengaburkan makna.







MEKANIK
9 – 10
Sangat baik – sempurna:menguasai aturan penulisan; terdapat sedikit kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf.

7 – 8
Cukup – baik: kadang-kadang terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf, tetapi  tidak mengaburkan makna.

4 – 6
Sedang – cukup: sering terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tangan tidak jelas; makna membingungkan / kabur.

1 - 3
Sangat kurang – kurang: tidak menguasai aturan penulisan; terdapat banyak kesalahan  ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tidak terbaca;  tidak layak dinilai.



KOMENTAR:

JUMLAH SKOR:



PENILAI:







Mengetahui,
Kepala SMA N I Muara Tiga




Mukhtar, S.Pd
NIP. 1961 1005 1998 01 1001

Laweueng,                 2014
Guru Mata Pelajaran




Akfil Zuliandri, S.Pd




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                                           :  SMA NEGERI 1 MUARA TIGA
MATA PELAJARAN/KELAS      :  BAHASA INDONESIA/XI
SEMESTER                                        :  II (GENAP)
MATERI POKOK                             :  TEKS FILM/DRAMA
ALOKASI WAKTU                          :  2 X 45 MENIT

A.        KOMPETENSI INTI
KI  1  :  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja   sama, toleransi, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari    solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3:  Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.        KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

1.1      Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa.
2.1      Menunjukkan sikap tanggung jawab,responsif, dan imajinatif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk mengekspresikan impian, misteri, imajinasi, serta permasalahan remaja dan sosial.
3.4   Mengidentifikasi teks film/drama, baik secara lisan maupun tulisan
3.3.1.   Mengidentifikasi karakteristik teks film/drama.
4.4   Mengabstraksi teks film/drama, baik secara lisan maupun tulisan.
4.4.1      Menentukan langkah-langkah membuat abstraksi teks film/drama.
4.4.2      Menyusun  abstraksi teks film/drama.

C.        TUJUAN PEMBELAJARAN
          Setelah pembelajaran ini diharapkan:
1.       Peserta didik dapat mengidentifikasi karakteristik teks film/drama.
2.       Peserta didik dapat menentukan langkah-langkah membuat abstraksi (garis besar) teks film/drama.
3.       Peserta didik dapat membuat abstraksi teks film/drama.

D.        MATERI PEMBELAJARAN
1.       Karakteristik teks film/drama.
2.       Langkah-langkah membuat abstraksi teks film/drama.

E.        PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan: Scientific.
Metode:  Diskusi, pemberian tugas, dan presentasi.
F.         MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
Media: 
1.       Contoh-contoh teks film/drama.
2.       Uraian yang berkaitan dengan karakteristik teks film/drama.
3.       Kosasih, Engkos. 2014. Buku Kretif Berbahasa Indonesia untuk SMK kelas XI. Jakarta: Erlangga.

Sumber belajar:
1.       Buku Kumpulan film/drama
2.       Buku yang berkaitan dengan genre teks.
3.       Kamus Besar Bahasa Indonesia dan media massa.
G.        KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu



Pendahuluan
1.         Peserta didik merespon salam dan pertanyaan guru yang berhubungan dengan kesyukuran kepada Tuhan.
2.         Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan yang akan dilaksanakan.
3.         Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.         Peserta didik menerima pengarahan bahwa melalui topik pembelajaran ini agar dapat mengembangkan sikap santun, jujur, kerja sama, tanggung jawab, dan cinta damai.







Inti





Mengamati
5.         Peserta didik membaca contoh abstraksi teks film/drama.
6.         Peserta didik membaca teks tentang karakteristik teks film/drama. Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan karaktristik teks film/drama.
Mempertanyakan
7.         Peserta didik mempertanyakan isi teks film/drama yang dibaca.
8.         Peserta didik mempertanyakan hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi (menalar)
9.         Peserta didik menuliskan abstrak (garis besar) teks film/drama  dalam beberapa kalimat secara terpadu.
10.      Peserta didik mencari dari berbagai sumber informasi tentang karakteristik teks film/drama.
Mengasosiasi (mencoba)
11.      Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan abstraksi film/drama yang telah ditulis.
Mengomunikasikan
12.       Peserta didik menuliskan karakteristik teks film/drama.
13.      Peserta didik mempresentasikan abstraki teks film/drama.



Penutup
14.      Peserta didik dan guru menyimpulkan materi pelajaran.
15.      Refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
16.      Peserta didik  menerima tugas dari guru.


H.        PENILAIAN
Teknik penilaian:
1.       Penilaian proses/ pengamatan.
2.       Tertulis.
3.       Lisan.
4.       Pemberian tugas.
         Bentuk Instrumen:                                
1.       Tes lisan:
1)       Ceritakan garis besar teks film/drama yang telah dibaca!
2)       Jelaskan karakteristik teks film/drama yang telah dibaca!

2.       Tes tertulis:
1)       Tentukanlah karakteristik teks film/drama yang telah dibaca!
2)       Buatlah langkah-langkah abstraksi teks film/drama!
3)       Buatlah abstraksi teks film/drama!
3.       Tugas:
1)       Bacalah sebuah film/drama!
2)       Buatlah abstraksi teks film/drama tersebut!
         Penilaian Proses/Pengamatan:
No.
Nama
Prilaku yang Diamati dalam Proses Pembelajaran
Menghargai orang lain
Disiplin
Aktivitas
Kerjasama
Komunikasi
1.
2.
3.
4.
5.
Dst.






               
Keterangan:
Skala penilaian dibuat dengan rentangan 1 s/d 5

Skor
Penafsiran Angka
1
Sangat kurang
2
Kurang
3
Cukup baik
4
Baik
5
Sangat baik

         Penilaian Tes  Tertulis:
Aspek
Skor
Siswa menjawab benar semua
3
Siswa menjawab benar  2
2
Siswa menjawab benar  1
1
Skor maksimal
3
        

         Keterangan:


         Skor yang di peroleh
                                     Nilai akhir =       -----------------------------   x  100
                                                                       Skor maksimal


         Penilaian Tugas/ Portofolio:

Aspek yang Dinilai
Skor
                               Kriteria
Komentar






                   ISI                 
        
  27 - 30
Sangat baik – sempurna:menguasai topik tulisan; substantif; abstraksi^orientasi^ krisis^ reaksi^coda; relevan dgn topik yang dibahas.

22 – 26
Cukup – baik: cukup menguasai permasalahan; cukup memadai; pengembangan tesis terbatas; relevan dengan topik, tetapi kurang terinci.

17 – 21
Sedang – cukup: penguasaan permasalahan terbatas; subtansi kurang; pengembangan topik tidak memadai.

13 - 16
Sangat kurang – kurang: tidak menguasai permasalahan; tidak ada substansi; tidak relevan; tidak layak dinilai.






STRUKTUR TEKS

18 – 20
Sangat baik – sempurna:ekspresi lancar; gagasan terungkap padat, dengan jelas; tertata dengan baik; urutan abstraksi^ orientasi^krisis^reaksi^coda; relevan; kohesif.


14 – 17
Cukup – baik: kurang lancar; kurang terorganisasi, tetapi ide utama ternyatakan; pendukung terbatas; logis, tetapi tidak lengkap.


10 – 13
Sedang – cukup: tidak lancar; gagasan kacau/ tidak terkait; urutan dan pengembangan kurang logis.


7 – 9
Sangat kurang – kurang: tidak komunikatif; tidak terorganisas; tidak layak dinilai.





KOSAKATA
18 – 20
Sangat baik – sempurna:penguasaan kata canggih; pilihan kata dan ungkapan efektif; menguasai pembentukkan kata; penggunaan register tepat.


14 – 17
Cukup – baik: penguasaan kata memadai; pilihan, bentuk, dan penggunaan kata/ ungkapan kadang-kadang salah tetapi tidak mengganggu.


10 – 13
Sedang – cukup: penguasaan kata terbatas; sering terjadi kesalahan bentuk, pilihan dan penggunaan kosakata/ ungkapan; makna membingungkan/ tidak jelas.


7 – 9
Sangat kurang – kurang: pengetahuan tentang kosakata,  ungkapan, dan pembentukkan kata rendah; tidak layak dinilai.









KALIMAT
18 – 20
Sangat baik – sempurna:konstruksi kompleks dan efektif; terdapat hanya sedikit kesalahan penggunaan bahasa (urutan/fungsi kata, artikel, pronomina, preposisi).


14 – 17
Cukup – baik: konstruksi sederhana, tetpi efektif; terdapat kesalahan kecil pada konstruksi kompleks; terjadi sejumlah kesalahan penggunaan bahasa (fungsi/ urutan kata, artikel, pronomina, preposisi), tetpi makna cukup jelas.


10 – 13
Sedang – cukup: terjadi kesalahan serius dalam konstruksi kalimat tunggal/kompleks (sering terjadi kesalahan pada kalimat negasi, urutan/ fungsi kata, artikel, pronomina, kalimat, fragmen, pelesapan; makna membingungkan/ kabur.



7 – 9
Sangat kurang – kurang: tidak menguasai tata kalimat; terdapat banyak kesalahan; tidak komunikatif; tidak layak dinilai.





MEKANIK
9 – 10
Sangat baik – sempurna:menguasai aturan penulisan; terdapat sedikit kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf.


7 – 8
Cukup – baik: kadang-kadang terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf, tetapi  tidak mengaburkan makna.


4 – 6
Sedang – cukup: sering terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tangan tidak jelas; makna membingungkan / kabur.


1 - 3
Sangat kurang – kurang: tidak menguasai aturan penulisan; terdapat banyak kesalahan  ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tidak terbaca;  tidak layak dinilai.



KOMENTAR:

JUMLAH SKOR:



PENILAI:




                                              
Mengetahui,
Kepala SMA N I Muara Tiga




Mukhtar, S.Pd
NIP. 1961 1005 1998 01 1001

Laweueng,                 2014
Guru Mata Pelajaran




Akfil Zuliandri, S.Pd




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                                           :  SMA NEGERI 1 MUARA TIGA
MATA PELAJARAN/KELAS      :  BAHASA INDONESIA/XI
SEMESTER                                        :  II (GENAP)
MATERI POKOK                             :  TEKS FILM/DRAMA
ALOKASI WAKTU                          :  2 X 45 MENIT

A.        KOMPETENSI INTI
KI  1  :  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari    solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3:  Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.        KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

1.1      Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa.
2.1      Menunjukkan sikap tanggung jawab,responsif, dan imajinatif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk mengekspresikan impian, misteri, imajinasi, serta permasalahan remaja dan sosial.
3.5   Mengevaluasi teks film/drama, berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
3.5.1     Mengevaluasi struktur isi  teks film/drama.
3.5.2   Mengevaluasi bahasa teks film/drama

C.        TUJUAN PEMBELAJARAN
         Setelah pembelajaran ini diharapkan:
1.       Peserta didik dapat mengevaluasi struktur isi teks film/drama.
2.       Peserta didik dapat mengevaluasi bahasa teks film/drama.
3.       Peserta didik dapat menentukan langkah-langkah konversi teks film/drama menjadi teks dialog.
4.       Peserta didik dapat mengonversi teks film/drama menjadi teks dialog.

D.        MATERI PEMBELAJARAN
1.       Evaluasi struktur isi dan bahasa teks film/drama.
2.       Langkah-langkah konversi teks film/drama menjadi teks dialog.
3.       Langkah-langkah konversi teks film/drama menjadi teks dialog.

E.        PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan: Scientific.
Metode:  Diskusi, pemberian tugas, dan presentasi.
F.         MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
Media:     
1.       Contoh-contoh cerita ulang teks film/drama.
2.       Contoh hasil evaluasi (kelebihan/kekurangan) struktur isi dan bahasa teks film/drama.
      
Sumber belajar:
1.       Buku Kumpulan film/drama.
2.       Buku yang berkaitan dengan genre teks.
3.       Kamus Besar Bahasa Indonesia dan media massa.
4.       Kosasih, Engkos. 2014. Buku Kretif Berbahasa Indonesia untuk SMK kelas XI. Jakarta: Erlangga.

G.        KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu



Pendahuluan
1.         Peserta didik merespon salam dan pertanyaan guru yang berhubungan dengan kesyukuran kepada Tuhan.
2.         Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan yang akan dilaksanakan.
3.         Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.         Peserta didik menerima pengarahan bahwa melalui topik pembelajaran ini agar dapat mengembangkan sikap santun, jujur, kerja sama, tanggung jawab, dan cinta damai.












Inti





Mengamati
5.         Peserta didik membaca contoh hasil evaluasi (kekurangan/ kelebihan) struktur isi dan bahasa teks  teks film/drama.
          Peserta didik membaca contoh film/drama
Mempertanyakan
6.         Peserta didik mempertanyakan contoh hasil evaluasi (kekurangan/ kelebihan) struktur isi dan bahasa teks film/drama yang dibaca.
7.         Peserta didik mempertanyakan contoh film/drama yang dibaca.
Mengeksplorasi (menalar)
8.         Peserta didik membaca contoh teks film/drama yang lain
9.         Peserta didik mengevaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks film/drama dengan cermat.
10.      Peserta didik menulis ulang teks film/drama dalam bentuk dialog.
Mengasosiasi (mencoba)
11.      Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) terhadap teks film/drama dari aspek struktur isi dan bahasa.
12.      Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan teks film/drama yang ditulis ulang.
Mengomunikasikan
13.      Peserta didik mempresentasikan hasil evaluasi terhadap teks film/drama dengan rasa percaya diri.
14.      Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.




Penutup
15.      Peserta didik dan guru menyimpulkan materi pelajaran.
16.      Refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
17.      Peserta didik menerima tugas dari guru.


H.        PENILAIAN
Teknik penilaian:
1.       Penilaian proses/ pengamatan.
2.       Tertulis.
3.       Lisan.
4.       Pemberian tugas.
         Bentuk Instrumen:                                
1.       Tes lisan:
1)       Ceritakan isi cerita ulang teks film/drama yang sudah dibaca!
2)       Ceritakan kelebihan dan kekurangan struktur isi  teks film/drama yang telah dibaca!
3)       Ceritakan kelebihan dan kekurangan bahasa dalam teks film/drama yang telah dibaca1

2.       Tes tertulis:
1)    Tentukanlah kelebihan dan kekurangan struktur isi teks film/drama!
2)    Tentukanlah kelebihan dan kekurangan bahasa teks film/drama!
3)    Tentukan langkah-langkah konversi teks film/drama menjadi teks dialog!
4)    Ubahlah teks film/drama menjadi teks dialog!
5)    Tentukan langkah-langkah konversi teks film/drama menjadi teks dialog!
6)    Ubahlah teks film/drama menjadi teks dialog!

7)       Tugas:
1)       Ubahlah teks film/drama yang telah dibaca menjadi teks dialog!
2)       Ubahlah teks film/drama yang telah dibaca menjadi teks dialog!

         Penilaian Proses/Pengamatan:
No.
Nama
Prilaku yang Diamati dalam Proses Pembelajaran
Menghargai orang lain
Disiplin
Aktivitas
Kerjasama
Komunikasi
1.
2.
3.
4.
5.
Dst.






               
Keterangan:
Skala penilaian dibuat dengan rentangan 1 s/d 5

Skor
Penafsiran Angka
1
Sangat kurang
2
Kurang
3
Cukup baik
4
Baik
5
Sangat baik


         Penilaian Tes  Tertulis:
Aspek
Skor
Siswa menjawab benar semua
3
Siswa menjawab benar  2
2
Siswa menjawab benar  1
1
Skor maksimal
3

         Keterangan:                             
         Skor yang di peroleh
                                     Nilai akhir =       -----------------------------   x  100
                                                                       Skor maksimal


         Penilaian Tugas/ Portofolio:

Aspek yang Dinilai
Skor
                               Kriteria
Komentar






                   ISI                 
        
  27 - 30
Sangat baik – sempurna:menguasai topik tulisan; substantif; abstraksi^orientasi^ krisis^ reaksi^coda; relevan dgn topik yang dibahas.

22 – 26
Cukup – baik: cukup menguasai permasalahan; cukup memadai; pengembangan tesis terbatas; relevan dengan topik, tetapi kurang terinci.

17 – 21
Sedang – cukup: penguasaan permasalahan terbatas; subtansi kurang; pengembangan topik tidak memadai.

13 - 16
Sangat kurang – kurang: tidak menguasai permasalahan; tidak ada substansi; tidak relevan; tidak layak dinilai.








STRUKTUR TEKS

18 – 20
Sangat baik – sempurna:ekspresi lancar; gagasan terungkap padat, dengan jelas; tertata dengan baik; urutan abstraksi^ orientasi^krisis^reaksi^coda; relevan; kohesif.

14 – 17
Cukup – baik: kurang lancar; kurang terorganisasi, tetapi ide utama ternyatakan; pendukung terbatas; logis, tetapi tidak lengkap.

10 – 13
Sedang – cukup: tidak lancar; gagasan kacau/ tidak terkait; urutan dan pengembangan kurang logis.

7 – 9
Sangat kurang – kurang: tidak komunikatif; tidak terorganisas; tidak layak dinilai.





KOSAKATA
18 – 20
Sangat baik – sempurna:penguasaan kata canggih; pilihan kata dan ungkapan efektif; menguasai pembentukkan kata; penggunaan register tepat.

14 – 17
Cukup – baik: penguasaan kata memadai; pilihan, bentuk, dan penggunaan kata/ ungkapan kadang-kadang salah tetapi tidak mengganggu.

10 – 13
Sedang – cukup: penguasaan kata terbatas; sering terjadi kesalahan bentuk, pilihan dan penggunaan kosakata/ ungkapan; makna membingungkan/ tidak jelas.

7 – 9
Sangat kurang – kurang: pengetahuan tentang kosakata,  ungkapan, dan pembentukkan kata rendah; tidak layak dinilai.









KALIMAT
18 – 20
Sangat baik – sempurna:konstruksi kompleks dan efektif; terdapat hanya sedikit kesalahan penggunaan bahasa (urutan/fungsi kata, artikel, pronomina, preposisi).

14 – 17
Cukup – baik: konstruksi sederhana, tetpi efektif; terdapat kesalahan kecil pada konstruksi kompleks; terjadi sejumlah kesalahan penggunaan bahasa (fungsi/ urutan kata, artikel, pronomina, preposisi), tetpi makna cukup jelas.

10 – 13
Sedang – cukup: terjadi kesalahan serius dalam konstruksi kalimat tunggal/kompleks (sering terjadi kesalahan pada kalimat negasi, urutan/ fungsi kata, artikel, pronomina, kalimat, fragmen, pelesapan; makna membingungkan/ kabur.


7 – 9
Sangat kurang – kurang: tidak menguasai tata kalimat; terdapat banyak kesalahan; tidak komunikatif; tidak layak dinilai.








MEKANIK
9 – 10
Sangat baik – sempurna:menguasai aturan penulisan; terdapat sedikit kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf.

7 – 8
Cukup – baik: kadang-kadang terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf, tetapi  tidak mengaburkan makna.

4 – 6
Sedang – cukup: sering terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tangan tidak jelas; makna membingungkan / kabur.

1 - 3
Sangat kurang – kurang: tidak menguasai aturan penulisan; terdapat banyak kesalahan  ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tidak terbaca;  tidak layak dinilai.


KOMENTAR:

JUMLAH SKOR:




PENILAI:







Mengetahui,
Kepala SMA N I Muara Tiga




Mukhtar, S.Pd
NIP. 1961 1005 1998 01 1001

Laweueng,                 2014
Guru Mata Pelajaran




Akfil Zuliandri, S.Pd





1 Response to "RPP K13 Bahasa Indonesia teks film/drama Kelas XI SMA"