RPP K13 Bahasa Indonesia Teks Eksposisi Kelas X SMA Revisi

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Mata pelajaran    : Bahasa Indonesia

Sekolah                 : SMA Negeri I Muara Tiga

Kelas/ Semester   : X IPA-IPS/

Materi pokok       : Teks Eksposisi

Alokasi waktu      :  8 X 45 menit (4 kali pertemuan)

 

 

 

 

A. Kompetensi Inti

 

1

2

 

 

3

 

 

 

4

Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi, damai), santun, responsive, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian spesifik dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator

 

Kompetensi Dasar (KD)

 Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

3.3

Menganalisis struktur, isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), kebahasaan  teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca

3.3.1

 

3.3.2

 

3.3.3

Menentukan struktur, isi teks eksposisiyang dibaca dan didengar

Menentukan ciri-ciri untuk menulis tekseksposisi dengan topik tertentu

Menentukan struktur kebahasaan tekseksposisi yang dibaca

4.3

Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara lisan dan/tulis

4.3.1

 

 

4.3.2

Menyusun teks eksposisi dengan memerhatikan struktur, isi, permasalahan, argumentasi, pengetahuan, rekomendasi, dan kebahasaan

Mempresentasikan teks laporan hasil observasi yang telah disusun

 

 

C.    Tujuan Pembelajaran

 

Dengan penerapan model pembelajaran project based learning (pembelajaran berbasis projek) siswa dapat bekerja mandiri, jujur dalam menentukan struktur, isi teks eksposisi dan menentukan ciri kebahasaan teks eksposisi.



D.    Materi Pembelajaran

 

1.       Faktual

v  Contoh Teks Eksposisi berjudul “Manfaat Bursa Efek”

 

2.       Konseptual

v  Pemahaman struktur teks eksposisi

v  Pemahaman ciri-ciri teks eksposisi

v  Pemahaman ciri-ciri kebahasaan teks eksposisi

v  Pemahaman dalam menganalisis kesalahan kebahasaan teks eksposisi

3.       Prosedural

Langkah-langkah menyusun teks eksposisi

 

v  Menentukan topic

v  Menentukan struktur teks eksposisi

v  Menulis teks eksposisi

v  Menganalisis teks eksposisi

v  Menyunting teks eksposisi

4.       Metakognitif

Menyimpulkan keterkaitan (relevansi) atas kemanfaatan pemahaman teks eksposisi terhadap kehidupan

 



E.     Pendekatan/Metode/Model

 

1.      Pendekatan

 

Scientifik Learning

 

2.      Metode

 

Diskusi

 

3.      Model

 

-          Inquiri Learning

 

-          Project Based Learning

 

 

F.     Media/Alat

 

 Media/Alat

 

Laptop, LCD Projector

 

 

G.    Sumber Belajar

 

Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas X Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

 

Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas X Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

 

Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya

 

H.    Kegiatan Pembelajaran

 

 

1)      Pertemuan pertama (2 JP)

 

Tahap

Uraian Kegiatan

Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS

Alokasi Waktu

Pendahuluan

1.      Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tu­han dan saling mendoakan.

2.      Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya.

3.      Peserta didik menerima informasi dengan proaktif tentang keter­kaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.

4.      Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipela­jari dan dikuasai khususnya tentang pembelajaran teks eksposisi.

 

Religius

 

 

Rasa ingin tahu

15 menit

Inti

1.      Peserta didik membaca contoh teks eksposisi

2.      Peserta didik menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan ciri, struktur, kaidah yang berkenaan dengan teks eksposisi dan kebahasaannya

3.      Peserta didik secara berkelompok mengidentifikasi hal-hal yang berkaitan dengan teks eksposisi misalnya struktur, ciri teks eksposisi, ciri kebahasaan teks eksposisi. 

4.      Peserta didik menuliskan hal-hal yang ditemukan berkenaan dengan struktur, ciri, kebahasaan teks eksposisi.

4.  Mengidentifikasi definisi, ciri, jenis, struktur, dan kaidah  teks penulisan teks eksposisi dari berbagai sumber referensi yang telah dibaca.

5.  Mendiskusikan definisi, ciri, jenis, struktur, dan kaidah  teks teks eksposisi dari berbagai sumber referensi yang telah dibaca.

6.  Membuat simpulan definisi, ciri, jenis, struktur, dan kaidah  teks teks eksposisi dari berbagai sumber

9.  Mempresentasikan definisi, ciri, jenis, struktur, dan kaidah penulisan teks eksposisi

10. Siswa lain menanggapi hasil presentasi teks eksposisi.

 

Literasi

 

Rasa ingin tahu

 

 

 

Kerja sama (Collaborative)

 

 

 

Berpikir kritis (Critical thinking)

 

Kerja sama

Berpikir kritis

 

 

 

 

 

Kerja sama

Berpikir kritis

Komunikatif

 

(Communicative)

150 menit

Penutup

1.  Peserta didik melakukan konfirmasi dengan guru tentang hasil presentasi yang meliputi definisi, ciri, jenis, struktur, dan kaidah penulisan teks ekposisi dan membuat rangkuman hasil belajar.

2. Peserta didik melaksanakan penilaian

3.  Peserta didik menerima penjelasan tugas membuat teks eksposisi dengan tema lingkungan.

4. Peserta didik menerima informasi materi pembelajaran berikutnya.

 

Kreativitas

 

 

 

 

HOTS

15 menit

 

Pertemuan kedua (2JP)

 

Tahap

Uraian Kegiatan

Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS

Alokasi Waktu

Pendahuluan

Kegiatan Pendahuluan

1.      Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tu­han dan saling mendoakan.

2.      Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya.

3.      Peserta didik menerima informasi dengan proaktif tentang keter­kaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.

4.      Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipela­jari dan dikuasai khususnya tentang pembelajaran tekseksposisi.

 

Religius

 

 

Rasa ingin tahu

15 menit

Inti

Kegiatan Inti

1.      Peserta didik membaca  teks eksposisi dengan tema lingkungan yang telah disiapkan sebelumnya dari rumah.

2.      Melalui diskusi kelompok, peserta didik menanyakan  isi teks eksposisi yang ditulis teman.

3.      Peserta didik berdiskusi kelompok menyunting teks eksposisi yang ditulis teman dari aspek struktur isi  dan bahasa teks eksposisi dengan cermat.

4.      Peserta didik memperbaiki teks eksposisi berdasarkan hasil suntingan.

5.      Peserta didik mempresentasikan hasil analisis dengan rasa percaya diri.

6.      Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.

 

Literasi

 

 

Rasa ingin tahu

 

 

Kerja sama (Collaborative)

Berpikir kritis (Critical thinking)

Kerja sama

Berpikir kritis

Komunikatif

(Communicative)

150 menit

Penutup

Kegiatan Penutup

1.      Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman.

2.      Peserta didik melaksanakan penilaian

3.      Peserta didik menerima penjelasan tugas membuat teks eksposisi dengan tema lingkungan.

4.      Peserta didik menerima informasi materi pembelajaran berikutnya.

 

Kreativitas

 

HOTS

15 menit



I.       Teknik Penilaian

 

1.      Tes tertulis

 

2.      Tes praktik



Instrumen Penilaian

 

1.      Soal uraian

 

2.      Soal Praktik

 

Lampiran 1

 

A.    Materi Pembelajaran

 

1.    Materi Pembelajaran

 

a.   Pengertian Teks ekposisi

 

Pengertian Teks Eksposisi

 

Pengertian teks Eksposisi adalah paragraf atau karangan yang terkandung sejumlah informasi dan pengetahuan yang disajikan secara singkat, padat, dan akurat. Pendapat lain menyatakan bahwa Teks Eksposisi adalah jenis atau ragam teks yang memiliki fungsi menyampaikan gagasan-gagasan berupa pemikiran tentang suatu topik. Paragraf eksposisi ini bersifat Ilmiah atau dapat dikatakan non fiksi. Ragam teks Eksposisi ini sering digunakan dalam konteks komunikasi sehari-hari secara lisan, maupun tulisan. Misalnya, ketika kalian melakukan diskusi dalam forum seminar, seseorang yang menyampaikan argumen dalam debat pendapat dan sebagainya.

 

Untuk memperjelas uraian, dapat dilengkapi dengan grafik, gambar atau statistik. Sebagai catatan, tidak jarang eksposisi ditemukan hanya berisi uraian tentang langkah/cara/proses kerja. Eksposisi demikian lazim disebut paparan proses. Teks Eksposisi layaknya teks yang lain, yakni memiliki struktur.

 

b.   Ciri-ciri teks eksposisi

 

Ciri Umum Teks Eksposisi

 

 - Singkat

 

 - Padat

 

 - Akurat

 

 - Berusaha menjelaskan sesuatu

 

 - Gaya bersifat informatif

 

 - Fakta dipakai sebagai alat distribusi

 

 - Fakta dipakai sebagai alat konkritasi

 

 - Umumnya menjawab pertanyaan apa,siapa,kapan,di mana,mengapa,bagaimana

 

c.    Struktur teks eksposisi

 

1.    Judul

 

Judul hendaknya menggambarkan sesuatu yang dibahas dalam teks Eksposisi. Judul hendaklah ditulis dengan kata-kata yang singkat, menarik dan sarat akan makna.

 

2.    Pernyataan Umum atau Tesis

 

Bagian ini berfungsi untuk memperkenalkan topik sekaligus menempatkan pembaca pada posisi tertentu. Karena dengan teks yang digunakan penulis itu ingin mengemukakan pendapat, maka pembaca bisa berada pada posisi yang sependapat atau pada posisi yang bersebrangan dengannya.

 

3.    Argumentasi atau alasan

 

Bagain dari teks Eksposisi adalah argumen atau alasan. Panjang dan pendeknya bagian ini tergantung pada jumlah argumen yang telah kalian kenalkan secara garis besar di dalam pernyataan umum, kemudian kalian menyebutkan ulang dan menjabarkan argumen tersebut dalam paragraf-paragraf. Pengembangan argumen menjadi paragraf ini dilakukan melalui penyajian contoh dan alasan.

 

4.    Penegasan Ulang Pendapat (Simpulan)

 

Pengulangan tersebut dilakukan dengan berdasarkan pada argumen yang telah disajikan di dalam bagian sebelumnya. Pengulangan opini bersifat pilihan, sehingga tidak semua teks Eksposisi mempunyainya.

 

d.   Kaidah penulisan teks eksposisi

 

Beberapa langkah tersebut, sebagai berikut.

 

1.   Menentukan topik yang akan disajikan

 

Langkah pertama yang harus dilakukan saat membuat teks eksposisi adalah menentukan tema. Dengan menentukan tema, pada saat menulis kita lebih terfokus pada tema tersebut sehingga dapat lebih menjiwai tulisan yang dibuat. Adapun sifat topik-topik yang dikembangkan dalam teks eksposisi, sebagai berikut.

 

2    Menentukan tujuan eksposisi

 

Setelah menentukan topik yang akan dipaparkan, kita harus memiliki tujuan yang nantinya akan memberikan penjelasan dan pemahaman kepada pembaca.

 

3.   Memilih data yang sesuai dengan tema

 

Setelah menentukan tema dan tujuan penulisan, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengumpulkan data atau bahan yang diperlukan dalam penulisan teks eksposisi. Bahan dapat diperoleh dari buku, majalah, pencarian di internet, surat kabar, maupun wawancara langsung.

 

4.   Membuat kerangka karangan

 

Sebelum pembuatan karangan eksposisi, terlebih dahulu membuat kerangkanya secara lengkap dan sistematis.

 

5.   Pembahasan dengan mengembangkan kerangka karangan

 

Setelah kerangka karangan tersusun, mengembangkan secara lebih lengkap lagi agar ciri-ciri eksposisi dapat tersalurkan, eksposisi yang bersifat informatif, objektif, dan logis. Dalam karangan ini, pengarang lebih menjelaskan maksud dari topiknya itu dengan menyertakan bukti-bukti yang konkret sebagai penunjang dari pembahasan itu.

 

6.   Membuat simpulan

 

Sesuai dengan tujuan menuliskan sebuah karangan eksposisi, kesimpulan harus sejalan, bahkan harus memperkuat tesis tersebut.

 

e.       Unsur kebahasaan teks eksposisi

 

1.   Pronomina

 

Pronomina atau kata ganti adalah jenis kata yang menggantikan nomina atau frasa nomina. Pronomina dapat diklasifikasikan menjadi dua macam yaitu pronomina persona dan pronomina nonpersona.

 

Pronomina Persona (kata ganti orang) yaitu Persona Tunggal. Contohnya seperti ia, dia, anda, kamu, aku, saudara, -nya, -mu, -ku, si-., dan Persona Jamak Contohnya seperti kita, kami, kalian, mereka, hadirin, para.

 

Pronomina Nonpersona (kata ganti bukan orang) yaitu Pronomina Penunjuk contohnya seperti ini, itu, sini, situ, sana. dan pronomina penanya contohnya seperti apa, mana, siapa.

 

2.      Nomina dan Verba

 

Nomina (kata benda)

 

Merupakan kata yang mengacu pada benda, baik nyata maupun abstrak. Dalam kalimat berkedudukan sebagai subjek. Dilihat dari bentuk dan maknanya ada yang berbentuk nomina dasar maupun nomina turunan. Nomina dasar contohnya gambar, meja, rumah, pisau. Nomina turunan contohnya perbuatan, pembelian, kekuatan, dll.

 

Verba (kata kerja)

 

Merupakan kata yang mengandung makna dasar perbuatan, proses, atau keadaan yang bukan sifat. Dalam kalimat biasanya  berfungsi sebagai predikat.

 

3.      Konjungsi

 

Kata penghubung (konjungsi). Contohnya pada kenyataannya, kemudian, lebih lanjut. Untuk memperkuat argumentasi, kata hubung atau konjungsi dapat dimanfaatkan. Dalam konteks pengajuan pendapat tentang kebijakan bahasa ASEAN itu, penulis menghubungkan argumentasi dengan kata hubung pada kenyataannya, kemudian, dan lebih lanjut. Idealnya, argumentasi tidak disajikan secara acak. Kata hubung seperti itu dapat digunakan untuk menata argumentasi dengan cara mengurutkan dari yang paling kuat menuju ke yang paling lemah atau sebaliknya.



Teks 2 (eksposisi)

 

Manfaat Bursa Efek

 

Pada umumnya terdapat peranan besar atas pasar modal yang meliputi dua hal yaitu pertama, menjadi tempat pertemuan untuk dapat memperoleh informasi mengenai keadaan pasar efek. Kedua, menjadi tempat pertemuan dan alat untuk dapat mengetahui seperti apa situasi pinjaman jangka panjang seperti Obligasi dan saham. Dengan adanya peningkatan pada volume transaksi dan semakin banyaknya perusahaan yang aktif pada lantai bursa telah mengindikasikan bahwa akan semakin membaiknya perekonomian nasional, yang berarti bahwa keadaan ini bisa terjadi disebabkan perusahaan mempunyai kesempatan yang lebih luas lagi dalam mengembangkan investasi yang akhirnya akan dapat menggugah adanya peningkatan produksi. Semakin meningkatnya kemampuan beli masyarakat, berarti terdapat peningkatan produksi yang pada gilirannya akan dapat menciptakan sebuah lapangan kerja dan secara sekaligus terjadi pemerataan ekonomi kerakyatan, serta dapat meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi, keadaan ini adalah sebuah konsekuensi logis dari sehatnya aktivitas ekonomi yang ada didalam masyarakat.



B.     Instrumen penilaian

 

Pertemuan 1

 

soal

 

Jenis soal         : tes tertulis

 

bentuk soal      : uraian

 

a.       Jelaskan definisi teks eksposisi!

 

b.      Sebutkanlah ciri-ciri kebahasaan teks eksposisii!

 

c.       Sebutkan jenis-jenis teks eksposisi!

 

d.      Jelaskanlah struktur teks eksposisii

 

e.       Tuliskanlah kaidah penulisan teks eksposisi.

 

soal

 

jenis soal          : tes praktik

 

bentuk soal      : soal proyek

 

a.       Buatlah sebuah teks ekposisi dengan tema lingkungan sepanjang satu halaman buku tulis!

 

Pertemuan 2

 

Soal

 

Jenis soal         : tes tertulis

 

bentuk soal      : tes uraian

 

1)      Bacalah teks eksposisi hasil tulisan temanmu!

2)      Suntinglah teks eksposisi yang ditulis teman berdasarkan ciri bahasa teks eksposisidengan cermat

3)      Rubrik kemampuan menyunting teks eksposisi

 

C.    Rubrik Penilaian

 

Pertemuan 1

 

No

Indikator

Skor

1.

Definisi teks eksposisi

Menyebutkan definisi teks ekposisi secara lengkap, dan tepat

Menyebutkan definisi teks eksposisi secara lengkap namun kurang tepat

Menyebutkan definisi teks ekposisi kurang tepat

 

15-20

9-14

1-8

2

Ciri Kebahasaan teks ekposisi

Menyebutkan ciri kebahasaan teks ekposisi secara lengkap, dan tepat

Menyebutkan ciri kebahasaan teks ekposisi secara lengkap namun kurang tepat

Menyebutkan ciri kebahasaan teks ekposisi kurang tepat

 

15-20

9-14

 

1-8

3

Jenis teks eksposisi

Menyebutkan jenis teks ekposisi secara lengkap, dan tepat

Menyebutkan jenis teks eksposisi secara lengkap namun kurang tepat

Menyebutkan jenis teks ekposisi kurang tepat

 

15-20

9-14

1-8

4

Struktur teks ekposisi

Menyebutkan struktur teks ekposisi secara lengkap, dan tepat

Menyebutkan struktur teks eksposisi secara lengkap namun kurang tepat

Menyebutkan struktur teks ekposisi kurang tepat

 

15-20

9-14

1-8

5

Kaidah kepenulisan teks ekposisi

Menyebutkan kaidah kepenulisan teks ekposisi secara lengkap, dan tepat

Menyebutkan kaidah kepenulisan teks eksposisi secara lengkap namun kurang tepat

Menyebutkan kaidah kepenulisan teks ekposisi kurang tepat

 

15-20

9-14

 

1-8

 

 

 

Nilai:      Skor Perolehan

 

             -------------------------   X 100 = ................

 

    100

           

Pertemuan 2

 

Aspek

Subkompetensi

Indikator

Ya

(1)

Tidak

(0)

Ejaan dan tanda baca

Ejaan dan tanda baca tepat

1.     Apakah teks eksposisi yang ditulistemanmu ejaan dan tanda baca sudah tepat?

Strukturkalimat

lengkap dan benar

2.     Apakah teks eksposisi temanmu sudah terdapat judul?

3.    Apakah antara judul dan isi sesuai?

4.     Apakah terdapat konjungsi jugadalam teks tersebut?

5.    Apakah terdapat konjungsi selain itudalam teks tersebut?

6.     Apakah terdapat konjungsi dengan demikian dalam teks tersebut?

7.     Apakah penulis menambahkan pulakonjungsi untuk menata argumentasi tersebut?

Pilihan kata

Memilih diksi

8.     Apakah kata yang digunakan dapat membuat pembaca tertarik membaca teks eksposisi yang sedang dibaca?

9.    Apakah pilihan kata yang digunakan mengandung kata-kata argumentatif?

 

 

 

Nilai:      Skor Perolehan

 

             -------------------------   X 100 = ................

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SMA N I Muara Tiga                                                                                         

 

 

Mukhtar, S. Pd, M. Pd

NIP. 19680623 199903 1 001

Laweung,                    2019

Guru Mata Pelajaran

 

 

Akfil Zuliandri, S. Pd

NIP.

 

0 Response to "RPP K13 Bahasa Indonesia Teks Eksposisi Kelas X SMA Revisi"

Posting Komentar