RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata pelajaran : Bahasa
Indonesia
Sekolah : SMA Negeri I Muara Tiga
Kelas/ Semester : X IPA-IPS/
Materi pokok : Teks Laporan Hasil Observasi
Alokasi waktu : 8 X 45 menit (4 kali pertemuan)
1 2
3
4 |
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi,
damai), santun, responsive, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual,
konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian
spesifik dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan |
B. Kompetensi Dasar (KD)
dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD) |
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
3.1 |
Mengidentifikasi teks laporan
hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis. |
3.1.1 3.1.2 |
Menentukan isi pokok laporan hasil observasi Menentukan ciri-ciri kebahasaan dalam teks laporan
hasil observasi |
4.1 |
Menginterpretasi isi teks laporan
hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tuli |
4.1.1 4.1.2 |
Menyusun ringkasan teks
laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi
teks laporan hasil observasi Mempresentasikan hasil ringkasanteks laporan hasil observasiberdasarkan struktur, ciri
kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi |
Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatann
pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model pembelajaran discovery
learning peserta didik dapat Menentukan isi pokok laporan
hasil observasi dan menentukan ciri-ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil
observasi, menyusun ringkasan teks laporan hasil
observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil
observasi dan terampil mempresentasikan hasil ringkasan teks laporan hasil
observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil
observasi dengan rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap
bersahabat/ komunikatif selama proses pembelajaran.
D. Materi
Pembelajaran
Materi pembelajaran pertemuan
1.
Teks laporan hasil observasi
2.
Isi teks laporan hasil
observasi
3.
Ciri-ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi
a.
Kata serta frasa verba dan nomina
b.
Afiksasi
c.
Kalimat definisi dan deskriptif
d.
Kalimat simpleks dan kalimat kompleks
E. Pendekatan,
Metode, dan Model Pembelajaran
Pendekatan : Pedagogi genre, Pendekatan Saintifik
Model : discovery learning (pertemuan 1)
: penugasan (pertemuan 2)
Metode : penugasan, diskusi, tanya jawab
F. Media/Alat, Bahan
dan Sumber Belajar
1. Media/Alat:
a.
LCD, Laptop
b.
Lembar kerja
2. Bahan : Teks laporan observasi
G. Bahan dan Sumber Belajar
Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia
Kelas X Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan
Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas
X Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan
Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata
Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya |
G. Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama ( 2 x 45 menit )
Tahap |
Langkah-langkah Pembelajaran |
Nilai
Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS |
Alokasi Waktu |
1. Pendahuluan |
1. Peserta
didik merespon salam dan mensyukurianugerah Tuhandan saling mendoakan. 2. Peserta
didik merespon apersepsi yang disampaikanpendidik dengan memberikan dua
gambar yang berbeda, yaitu gambar lingkungan terawat dan lingkungan tidak
terawat. Peserta didik merespon pertanyaan pendidik: “Apa yang kalian amati
dari gambar tersebut?”, “Hal-hal menarik apa saja yang kalian amati dari dua
gamabr tersebut?”serta “Apa yang harus kamu lakukan ketika menghadapi
permasalahan yang terdapat dalam gambar tersebut?” 3. Peserta
didik menerima informasi tentang materi dan tujuan yang akan dipelajari serta
kegiatan yang akan dipelajari dalam teks Laporan Hasil Observasi. |
Religiositas
Rasa ingin tahu |
10 menit |
2. Inti |
Discovery 1. Stimulasi ( pemberian
rangsangan) a. Peserta
didik membaca teks Laporan Hasil Observasi dengan judul Wayang pada halaman 9
(buku siswa). b. Peserta didik
dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok beranggotakan empat orang. 2. Identifikasi Masalah Peserta didik
menyimak penjelasan pendidik untuk berdiskusi mengidentifikasi masalah yang
akan dibahas dalam teks Laporan Hasil Observasi, yaitu 1. Isi
pokok teks laporan hasil observasi 2. Ciri
kebahasaan teks laporan hasil observasi 3. Pengumpulan
data Peserta didik
berdiskusi kelompok untuk menentukan isi pokok teks laporan hasil observasi
serta menentukan ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi. 4. Pengolahan
data a. Peserta
didik mendiskusikan isi pokok yang ditemukan dalam teks laporan hasil
observasi b. Peserta didik mendiskusikan ciri
kebahasaan yang ditemukan dalam teks laporan hasil observasi 5. Pemeriksaan
data a. Dua
kelompok secara bergantian melaporkan hasil kerja kelompoknya untuk
ditanggapi oleh kelompok lain tentang isi pokok teks laporan hasil observasi b. Dua
kelompok secara bergantian melaporkan hasil kerja kelompoknya untuk
ditanggapi oleh kelompok lain tentang ciri-ciri kebahasaan teks laporan hasil
observasi 6. Penarikan kesimpulan Di bawah
bimbingan pendidik, peserta didik menyimpulkan: a. Isi
teks laporan hasil observasi b. Ciri-ciri
kebahasaan teks laporan hasil observasi |
Literasi
Kerja sama (Collaborative)
Berpikir kritis (Critical
thinking)
Kerja sama Berpikir kritis
Kerja sama Berpikir kritis
Komunikatif
(Communicative)
Kreativitas (Creativity) |
70 menit |
3. Penutup |
Kegiatan
pendidik bersama peserta didik yaitu : a. Memberi
penghargaan kepada satu kelompok yang berhasil menjadi kelompok yang
mempunyai jawaban yang paling benar dan mampu bekerja sama secara tim. b. Pendidik melaksanakan penilaian c. Pendidik memberikan tugas d. Menjelaskan
rencana pembelajaran berikutnya. |
HOTS |
10 menit |
Pertemua ke-2(2 x 45 menit)
Tahap |
Langkah-langkah Pembelajaran |
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS |
Alokasi waktu |
1. Pendahuluan |
1. Peserta
didik merespon salam dan mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. 2. Peserta didik
merespon apersepsi yang disampaikan pendidik tentang materi pembelajaran
sebelumnya, “ apa yang kalian tentang teks laporan hasil observasi?”Bagaimana
ciri kebahasaan teks Laporan hasil observasi. 3. Peserta didik
menerima informasi tentang materi dan tujuan yang akan dipelajari serta
kegiatan yang akan dipelajari dalam teks Laporan Hasil Observasi hari ini. |
Religius Rasa ingin tahu |
10 menit |
2. Inti |
1. Pendidik
dengan rasa ingin tahu membaca teks yang berjudul “D’ Topeng
Museum Angkut” pada halaman 16 di buku Siswa. 2. Peserta didik
dikelompokkan menjadi bebebrapa
kelompok, masing-masing kelompok terdiri atas empat orang. Setiap
siswa menyusun ringkasan teks “D’ Topeng Museum Angkut” secara mandiri. 3. Secara bergantian
setiap siswa mempresentasikan ringkasan yang dibuatnya dalam kelompmpok
masing-masing. 4. Siswa lain
menilai temannyadengan mengisi rubrik penilaian yang dibagikan guru 5. Setiap
kelompok memilih ringkasan yang terbaik 6. Siswa yang
ringkasannya menjadi ringkasan terbaik di kelompoknya harus mempresentasikan
ringkasan di depan kelas. |
Literasi Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical
thinking) Kreativitas (Creativity) Komunikatif (Communicative) |
70 menit |
Penutup |
Kegiatan
peserta didik bersama pendidik, yaitu: a. Membuat
kesimpulan bersama-sama tentang cara membuat ringkasan yang benar b. Pendidik
melaksanakan penilaian c. Pendidik
memberikan tugas untuk memperkuat hasil belajar d. Mengingatkan
tentang pembelajaran di hari berikutnya. |
Kreativitas HOTS |
10 menit |
G. Penilaian
1. Kompetensi
keagamaan dan sosial
a.
Teknik penilaian :
Observasi/ pengamatan
b.
Bentuk :
Catatan hasil observasi
c.
Instrumen :
Jurnal (terlampir)
2. Kompetensi
Pengetahuan
a.
Teknik penilaian : Tes tulis dan tes penugasan
b.
Bentuk Penilaian : Tugas individu dan tugas kelompok
c.
Instrumen penilaian : Lembar
kerja. (terlampir)
3. Kompetensi keterampilan
a.
Teknik penilaian : Tes penugasan
b.
Bentuk : Tugas tertulis
c.
Instrumen penilaian :
Lembar kerja
4. Remedial
a. Pembelajaran
remedial dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b. Tahapan
pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal),
atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
c. Tugas remedial, dilakukan sebanyak 3 kali yaitu
dengan cara menugaskan kepada peserta didik untuk membenahi tugas yang telah
dikerjakan sehingga memenuhi ketentuan yang ditetapkan.
5. Pengayaan
Bagi
Peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran
pengayaan sebagai berikut:
a.
Siwa yang mencapai
nilai diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman
sebagai pengetahuan tambahan.
b.
Siwa yang mencapai
nilai diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai
pengetahuan tambahan.
Lampiran
INTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Nama Satuan pendidikan : SMA
Tahun pelajaran : 2018/2019
Kelas/Semester : X/ 1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia–
Wajib
NO |
WAKTU |
NAMA |
KEJADIAN/ PERILAKU |
BUTIR SIKAP |
POS/ NEG |
TINDAK
LANJUT |
1 |
||||||
2 |
||||||
3 |
||||||
4 |
||||||
5 |
||||||
6 |
||||||
7 |
||||||
8 |
||||||
9 |
||||||
10 |
INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI PENGETAHUAN
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia – Wajib
Kelas : X IPA-IPS
Kompetensi Dasar : 3.1 Mengidentifikasi teks
laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis.
Indikator : 3.1.1 Menentukan
isi pokok laporan hasil observasi
3.1.2 Menentukan
ciri-ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi
Materi:
1.
Isi teks laporan hasil observasi
2.
Ciri-ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi
a.
Kata serta frasa verba dan nomina
b.
Afiksasi
c.
Kalimat definisi dan deskriptif
d.
Kalimat simpleks dan kalimat kompleks
Petunjuk : Bacalah teks berikut, secara berkelompok
jawablah pertanyaan yang terdapat di bawahnya!
1.
Jawablah pertanyaan sebagai berikut!
a.
Apakah wayang itu?
b.
Apa fungsi dari pertunjukkan wayang?
c.
Ada berapa jenis wayang berdasarkan pembuatannya?
d.
Apa yang dimaksud dengan wayang suket?
2.
Mengapa teks tersebut digolongkan teks laporan hasil
observasi?
3.
Analisilah kebahasaan teks laporan hasil observasi di
atas dengan menggunakan bagan berikut!
No |
Hal |
Pengertian |
Contoh |
1 |
Nomina |
Kata : Frasa: |
|
2 |
Verba |
Kata: Frasa: |
|
3 |
Kalimat
definisi dan kalimat deskripsi |
||
4 |
Kalimat simpleks |
||
5 |
Kalimat kompleks |
4. Lalu
presentasikan di depan kelas!
Rubrik Penilaian
Penugasan kelompok:
Penilaian Kompetensi Pengetahuan
Nama kelompok : …………………………………………………
Kelas :
…………………………………………………
Tanggal Penugasan :...............................................................
Pedoman Penyekoran:
No
soal |
Deskripsi |
Skor |
Skor
maksimal |
1a |
Menjawab dengan benar
disertai alasan yang tepat |
10 |
10 |
Menjawab hampir benar dengan
alasan yang kurang tepat |
5 |
||
1b |
Menjawab dengan benar
disertai alasan yang tepat |
10 |
10 |
Menjawab hampir benar dengan
alasan yang kurang tepat |
5 |
||
1c |
Menjawab dengan benar
disertai 3 contoh. |
10 |
10 |
Menjawab dengan benar disertai 2 contoh |
5 |
||
Menjawab
dengan benar disertai 1 contoh |
3 |
||
1d |
Menjawab
dengan benar disertai alasan yang tepat |
10 |
10 |
Menjawab
hampir benar dengan alasan yang kurang tepat . |
5 |
||
2 |
Menjawab
dengan benar disertai alasan yang tepat |
10 |
10 |
Menjawab
kurang benar disertai alasan yang kurang tepat |
5 |
||
3.1 |
Menjawab
dengan benar disertai pengertian dan contoh yang tepat |
10 |
10 |
Menjawab
dengan benar disertai pengertian dan contoh yang kurang tepat |
5 |
||
Menjawab
dengan kurang benar disertai pengertian dan contoh yang
tidak tepat |
3 |
||
3.2 |
Menjawab
dengan benar disertai pengertian dan contoh yang tepat |
10 |
10 |
Menjawab
dengan benar disertai pengertian dan contoh yang kurang tepat |
5 |
||
Menjawab
dengan kurang benar disertai pengertian dan contoh yang tidak tepat |
3 |
||
3.3 |
Menjawab
dengan benar disertai pengertian dan contoh yang tepat |
10 |
10 |
Menjawab
dengan benar disertai pengertian dan contoh yang kurang tepat |
5 |
||
Menjawab
dengan kurang benar disertai pengertian dan contoh yang
tidak tepat |
3 |
||
3.4 |
Menjawab
dengan benar disertai pengertian dan contoh yang tepat |
10 |
10 |
Menjawab
dengan benar disertai pengertian dan contoh yang kurang tepat |
5 |
||
Menjawab
dengan kurang benar disertai pengertian dan contoh yang
tidak tepat |
3 |
||
3.5 |
Menjawab
dengan benar disertai pengertian dan contoh yang tepat |
10 |
10 |
Menjawab
dengan benar disertai pengertian dan contoh yang kurang tepat |
5 |
||
Menjawab
dengan kurang benar disertai pengertian dan contoh yang
tidak tepat |
3 |
||
Total |
100 |
Kunci
1.a. Wayang adalah suatu jenis pertunjukkan yang telah
ditetapkan sebagai warisan budaya asli Indonesia
1.b.Fungsi pertunjukkan wayang adalah sebagai media
pendidikan, media informasi, dan media hiburan.
1.c. Berdasarkan pembutannya, wayang dibedakan menjadi
tiga jenis, yakni wayang kulit, wayang wong, dan wayang golek.
1.d. wayang suket adalah wayang yang merupakan tirua dari
berbagai figur wayang kulit yang terbuat dari rumput(bahasa jawa : suket)
2. teks tersebut dikategorikan dalam teks laporan hasil
observasi karena ditulis berdasarkan hasil pengamatan/observasi pada kenyataan
dan objek yang dilaporkan yaitu wayang dituliskan secara detail
3.
No |
Hal |
Pengertian |
Contoh |
1 |
Nomina |
Nomina adalah kata benda Kata adalah satuan bahasa terkecil yang bersifat bebas Frasa adalah unsur yang lebih luas, yaitu kelompok
nonprediktif |
Kata : wayang Frasa: wayang orang |
2 |
Verba |
Verba adalah kata kerja |
Kata: adalah Frasa: sudah membagi |
3 |
Kalimat definisi |
Kalimat yang menggunakan verba definitif |
Wayang adalah seni pertunjukkan yang telah ditetapkan
sebagai budaya asli Indonesia |
Kalimat simpleks |
Kalimat yang menggunakan verba deskriptif |
Wayang ini terbua dari kulit kerbau yang ditatah dan
diberi warna sesuai kaidah pulasan wayang pendalangan, diberi tangkai dari
bahan tanduk kerbau bule yang diolah sedemikian rupa dengan nama cempurit |
|
4 |
Kalimat kompleks |
Kalimat yang memiliki dua atau lebih kompleks |
Dalam budaya modern, wayang berfungsi menghibur dan
mendidik |
5 |
Kalimat simpleks |
Kalimat yang hanya memiliki satu klausa |
Kelelawar merupakan hewan unik |
INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI KETERAMPILAN
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia – Wajib
KelaS : X IPA-IPS
Kompetensi
Dasar : 4.1 Menginterpretasi
isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan
maupun tulis
Indikator Pencapaian
Kompetensi:
4.1.1 Menyusun
ringkasan teks laporan hasil
observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan
hasil observasi
4.1.2 Mempresentasikan
hasil ringkasan teks laporan hasil
observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan
hasil observasi
Materi : ringkasan teks Laporan hasil observasi
1. Bacalah teks
laporan hasil observasi yang berjudul Wayang lalu buatlah
ringkasannya!
2. Presentasikan
hasil ringkasan kalian di depan kelas!
RUBRIK PENILAIAN KOMPETENSI KETERAMPILAN
Satuan Pendidikan :
SMA
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia – Wajib
Kelas :
X IPA-IPS
Kompetensi
Dasar:
4.1 Menginterpretasi isi teks laporan hasil
observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis
Indikator
Pencapaian Kompetensi:
4.1.1 Menyusun
ringkasan teks laporan hasil
observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan
hasil observasi
4.1.2 Mempresentasikan
hasil ringkasan teks laporan hasil
observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan
hasil observasi
Materi :
ringkasan teks Laporan hasil observasi
Rubrik
penilaian presentasi ringkasan
No |
Nama |
Aspek Penilaian |
Total Nilai |
||
Kelancaran |
Kelengkapan Informasi |
Kebenaran Isi |
|||
1 |
|||||
2 |
|||||
3 |
|||||
4 |
Aspek Penilaian |
Kriteria |
Rentang skor |
Skor maksimal |
Kelancaran |
Sangat lancar
menyamapiakn isi teks |
85-100 |
100 |
Cukup lancar
menyampaikan isi teks |
70-84 |
||
Kurang lancar
menyampaikan isi teks |
55-69 |
||
Tidak lancar
menyampaikan isi teks |
54-40 |
||
Kelangkapan informasi |
Isi teks yang
disampaikan sangat lengkap |
85-100 |
100 |
Isi teks yang
disampaikan sedikit kurang lengkap |
70-84 |
||
Hanya separuh
isi teks yang disampaikan |
55-69 |
||
Isi teks yang
disampaikan hanya sedikit |
54-40 |
||
Kebenaran isi |
Isi teks yang
disampaikan benar semua |
85-100 |
100 |
Isi teks yang
disampaikan sebagaian besar benar |
70-84 |
||
Isi teks yang
disampaikan separuh yang benar |
55-69 |
||
Isi teks yang
disampaikan sebagian besar salah |
54-40 |
||
Total |
KISI-KISI SOAL HOTS
Tahun Pelajaran 2019/2020
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Program : X
Semester : 1
(satu)
Kurikulum : 2013
No |
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok |
Kelas/ Semester |
Indikator Soal |
Level Kognitif |
Bentuk Soal |
Nomor Soal |
1 |
3.1 Mengidentifikasi
teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis |
Menentukan isi
pokok laporan hasil observasi |
X/1 |
Disajikan tekslaporan hasil observasi,
peserta didik dapatmenentukan isi pokok laporan hasil observasi |
C4 (menganalisis) |
Uraian |
1 |
Menentukan
ciri kebahasaan teks laporan hasill observasi |
X/1 |
Disajikan teks laporan
hasil observasi, peserta didik dapatmenentukan
ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi |
C4 (menganalisis) |
uraian |
2 |
KISI-KISI SOAL HOTS
Tahun Pelajaran 2018/2019
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Program : X
Semester : 1
(satu)
Kurikulum : 2013
No |
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok |
Kelas/ Semester |
Indikator Soal |
LevelKeterampilan |
Bentuk Soal |
Nomor Soal |
1 |
4.1 Menginterpretasi isi teks laporan
hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulisan |
Isi pokok
laporan hasil observasi |
X/1 |
Disajikan teks laporan hasil observasi , peserta didik mampu menentukan gagasan utama tiap
paragraf |
P3;
Presisi Menunjukkan |
Uraian |
3 |
Disajikan teks laporan hasil
observasi, peserta didik mampu menyusun gagasan pokok yang sudah
ditemukan menjadi sebuah ringkasan |
P5:
naturalisasi Mendesain |
uraian |
4 |
KARTU SOAL HOTS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X / 1 (satu)
Kurikulum : 2013
Kompetensi Dasar : 3.1Mengidentifikasi
teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dantulis
Materi : Teks laporan
hasil observasi
Indikator Soal No:
1.
Disajikan teks laporan hasil
observasi, peserta didik dapat menentukan isi pokok laporan hasil observasi
2.
Disajikan teks laporan
hasil observasi, peserta didik dapat menentukan ciri kebahasaan teks
laporan hasil observasi
3.
Disajikan teks laporan hasil
observasi , peserta didik mampu menentukan gagasan utama tiap paragraph
4.
Disajikan teks laporan hasil
observasi, peserta didik mampu menyusun gagasan pokok yang sudah
ditemukan menjadi sebuah ringkasan
Mengetahui, Kepala
SMA N I Muara Tiga Mukhtar,
S. Pd, M. Pd NIP.
19680623 199903 1 001 |
Laweung, 2019 Guru
Mata Pelajaran Akfil
Zuliandri, S. Pd NIP.
|
0 Response to "RPP K13 Bahasa Indonesia Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X SMA Revisi"
Posting Komentar