RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata pelajaran : Bahasa
Indonesia
Sekolah : SMA Negeri I Muara Tiga
Kelas/ Semester : X IPA-IPS/Genap
Materi pokok : Teks Negosiasi
Alokasi waktu : 6 X 45 Menit (3 kali pertemuan)
A. Kompetensi Inti
1 2 3 |
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi,
damai), santun, responsive, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual,
konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian
spesifik dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan |
B. Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD) |
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
3.10 |
Mengevaluasi pengajuan,
penawaran dan persetu juan dalam teks negosiasi lisan maupun tertulis. |
3.10.1 3.10.2 |
Mendata pengajuan, penawaran dan persetujuan
dalam teks negosiasi lisan maupun tertulis Mengevaluasi pengajuan, penawaran dan
persetujuan dalam teks negosiasi lisan maupun tertulis |
4.10 |
Menyampaikan
pengajuan, penawaran, persetuju an dan penutup dalam teks negosiasisecara
lisan atau tulis |
4.10.1 4.10.2 |
Merancang pengajuan, penawaran, persetujuan dan
penutup dalam teks negosiasi secara lisan atau tulis Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan
dan penutup dalam teks negosiasi secara lisan atau tulis |
C. Tujuan
Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik
dengan model pedagoge genre, saintifik, dan CLIL peserta didik dapat mengevaluasi pengajuan,
penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi lisan maupun
tertulis dan menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dan
penutup dalam teks negosiasi secara lisan atau tulis denganrasa ingin
tahu, tanggung jawab, displin dan kreatif (Integritas) selama proses pembelajaran
dan bersikap jujur, percaya diri serta pantang menyerah.
D. Materi
pembelajaran
Isi teks negosiasi:
v Permasalahan;
v Pengajuan;
v Penawaran;
v Persetujuan/
kesepakatan yang tercapai.
Fakta : Teks Negosisasi
Konsep : Negosisasi
Prinsip : Isi Teks Negosiasi
Prosedur : Permasalahan, Pengajuan, Penawaran, dan Persetujuan /
kesepakatan yang terpacai
E. Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Learning
Model Pembelajaran : Discovery
Learning (Pembelajaran Penemuan) dan Problem Based Learning (Pembelajaran Berbasis
Masalah )/ projek
F. Media/alat,
Bahan
Media :
v
Worksheet atau lembar kerja (siswa)
v
lembar penilaian
v
Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar.
v
Manusia dalam lingkungan: guru, pustakawan, laboran, dan
penutur nativ.
Alat/Bahan :
v
Penggaris, spidol, papan tulis
v
Laptop & infocus
v
Audio: kaset dan CD.
v
Audio-cetak: kaset atau CD audio yang dilengkapi dengan
teks.
v
Proyeksi visual diam: OUT dan film bingkai.
v
Proyeksi audio visual: film dan bingkai (slide) bersuara.
v
Audio visual gerak: VCD, DVD, dan W.
v
Visual gerak: film bisu.
v
Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.
v
Komputer.
G. Sumber
Belajar
Suherli, dkk. 2017. Buku
Siswa Bahasa Indonesia Kelas X Revisi Tahun 2017.
Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Suherli, dkk. Buku Guru
Bahasa Indonesia Kelas X Revisi Tahun 2017. Jakarta:
Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis
Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
H. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan
ke 1 (2x45 menit)
Tahap |
Langkah-langkah Pembelajaran |
Nilai Karakter (PPK), Literasi,
4C, HOTS |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
Guru : Orientasi v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai
pembelajaran v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran. Apersepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatanpembelajaran yang akan dilakukan
dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatansebelumnya,
yaitu : Ikhtisar v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. v Apabila
materi / tema / projek ini
kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguhini dikuasai dengan baik, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materiisi teks negosiasi : permasalahan dan
pengajuan v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung v Mengajukan
pertanyaan. Pemberian
Acuan v Memberitahukan materi
pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu. v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung v Pembagian
kelompok belajar v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran. |
Religius Rasa ingin tahu |
10 menit |
Inti |
Kegiatan Literasi Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk
memusatkan perhatian pada topik materi isi teks negosiasi :
permasalahan dan pengajuan dengan cara : v Melihat (tanpa
atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/video tentang materi isi
teks negosiasi : permasalahan dan pengajuan “Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?”
Mengamati v lembar kerja materi isi teks negosiasi : permasalahan dan
pengajuan v pemberian contoh-contoh materi isi teks negosiasi
: permasalahan dan pengajuan untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media
interaktif, dsb
Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran
berlangsung), membaca materi isi teks negosiasi : permasalahan dan
pengajuan dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi
yang berhubungan dengan lingkungan
Mendengar pemberian materi isi teks negosiasi : permasalahan dan
pengajuan oleh guru v Menyimak, penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global
tentang materi pelajaran mengenai materi isi teks
negosiasi : permasalahan dan pengajuan, untuk melatih kesungguhan,
ketelitian, mencari informasi. v Menulis Peserta didik menulis resume tentang apa yang telah
dibaca, diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis
(Literasi) Critical Thinking (Berpikir Kritik) Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar
yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya : v Mengajukan pertanyaan tentang
materi isi teks negosiasi : permasalahan dan pengajuan yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk
pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Misalnya : v Apa yang dimaksud dengan isi teks negosiasi dalam
permasalahan dan pengajuan? v Terdiri dari apakah isi teks negosiasi dalam permasalahan
dan pengajuan tersebut? v Seperti apakah isi teks negosiasi dalam permasalahan dan
pengajuan tersebut? v Bagaimana isi teks negosiasi dalam permasalahan dan
pengajuan itu bekerja? v Apa fungsi isi teks negosiasi dalam permasalahan dan
pengajuan? v Bagaimanakah materi isi teks negosiasi dalam permasalahan
dan pengajuan itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan
peserta didik? Kegiatan Literasi Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk
menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
Mengamati
obyek/kejadian, mengamati dengan seksama materi isi teks negosiasi :
permasalahan dan pengajuan yang sedang dipelajari dalam bentuk
gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya
Membaca
sumber lain selain buku teks, mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai
sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi isi teks
negosiasi : permasalahan dan pengajuan yang sedang dipelajari
Aktivitas menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat
dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru
berkaitan dengan materi isi teks negosiasi : permasalahan dan pengajuan yang
sedang dipelajari
Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi isi teks
negosiasi : permasalahan dan pengajuan yang tekah disusun dalam daftar
pertanyaan kepada guru Collaboration (Kerjasama) Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk: § Mendiskusikan Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh
dalam buku paket mengenai materi isi teks negosiasi : permasalahan dan
pengajuan § Mengumpulkan informasi mencatat semua informasi tentang materi isi teks negosiasi
: permasalahan dan pengajuan yang telah diperoleh pada buku catatan dengan
tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar § Mempresentasikan ulang Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan materi isi teks negosiasi : permasalahan dan
pengajuan sesuai dengan pemahamannya § Saling tukar informasi tentang materi isi teks negosiasi :
permasalahan dan pengajuan dengan ditanggapi aktif oleh peserta
didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang
dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan
metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar
kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur,
sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat. Communication (Berkomunikasi) Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan v Menyampaikan hasil diskusi tentang materi isi
teks negosiasi : permasalahan dan pengajuan berupa kesimpulan
berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal
tentang mteri : isi teks negosiasi : permasalahan dan pengajuan v Mengemukakan pendapat atas
presentasi yang dilakukan tentanag materi isi teks negosiasi :
permasalahan dan pengajuan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan v Bertanya atas presentasi tentang materi isi teks
negosiasi : permasalahan dan pengajuan yang dilakukan dan peserta
didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. Creativity (Kreativitas) v Menyimpulkan tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang isi teks negosiasi :
permasalahan dan pengajuan v Menjawab pertanyaan tentang isi teks negosiasi :
permasalahan dan pengajuan yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau lembar kerja yang telah disediakan. v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru
melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan
materi isi teks negosiasi : permasalahan dan pengajuan yang
akan selesai dipelajari v Menyelesaikan uji kompetensi untuk
materi isi teks negosiasi : permasalahan dan pengajuan yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran |
Literasi Rasa ingin tahu Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical
thinking) Kreativitas (Creativity) Komunikatif (Communicative) |
70 menit |
Kegiatan
Penutup |
Peserta didik : v Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran isi teks negosiasi : permasalahan dan
pengajuan yang baru dilakukan. v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran isi teks
negosiasi : permasalahan dan pengajuan yang
baru diselesaikan. v Mengagendakan materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk
kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah
atau dirumah. Guru : v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran isi teks negosiasi : permasalahan dan
pengajuan. v Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas projek
/produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor
urut peringkat, untuk penilaian tugas projek
/produk /portofolio /unjuk kerja pada
materi pelajaran isi teks negosiasi : permasalahan dan pengajuan v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran isi teks
negosiasi : permasalahan dan pengajuan kepada kelompok yang memiliki kinerja
dan kerjasama yang baik |
Kreativitas (Creativity) HOTS |
10 menit |
Pertemuan
ke 2 (2x45 menit)
Tahap |
Langkah-langkah Pembelajaran |
Nilai Karakter (PPK), Literasi,
4C, HOTS |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
Kegiatan
Pendahuluan Guru : Orientasi v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai
pembelajaran v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran. Apersepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatanpembelajaran yang akan dilakukan
dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatansebelumnya,
yaitu : isi teks negosiasi : permasalahan dan pengajuan v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. v Apabila
materi / tema / projek ini
kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguhini dikuasai dengan baik, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materiisi teks negosiasi : penawaran dan
persetujuan / kesepakatan yang tercapai v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung v Mengajukan
pertanyaan. Pemberian
Acuan v Memberitahukan materi
pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu. v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung v Pembagian
kelompok belajar. @aminyusuf v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran. |
Religius Rasa ingin tahu |
10 menit |
Inti |
Kegiatan Literasi Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk
memusatkan perhatian pada topik materi isi teks negosiasi :
penawaran dan persetujuan / kesepakatan yang tercapai dengan cara : v Melihat (tanpa
atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/video tentang materi isi
teks negosiasi : penawaran dan persetujuan / kesepakatan yang tercapai “Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?” v Mengamati ·
lembar
kerja materi isi teks negosiasi : penawaran dan persetujuan / kesepakatan
yang tercapai ·
pemberian
contoh-contoh materi isi teks negosiasi : penawaran dan persetujuan /
kesepakatan yang tercapai untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media
interaktif, dsb v Membaca (dilakukan
di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung), membaca materi isi teks negosiasi : penawaran dan
persetujuan / kesepakatan yang tercapai dari buku paket atau buku-buku
penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan v Mendengar pemberian materi isi teks negosiasi : penawaran dan
persetujuan / kesepakatan yang tercapai oleh guru v Menyimak, penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global
tentang materi pelajaran mengenai materi isi teks
negosiasi : penawaran dan persetujuan / kesepakatan yang tercapai, untuk
melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. v Menulis Peserta didik menulis resume tentang apa yang telah
dibaca, diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis
(Literasi) Critical Thinking (Berpikir Kritik) Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar
yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya : ü Mengajukan pertanyaan tentang
materi isi teks negosiasi : penawaran dan persetujuan / kesepakatan
yang tercapai yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau
pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati
(dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya : ·
Apa yang
dimaksud dengan isi teks negosiasi dalam penawaran dan persetujuan /
kesepakatan yang tercapai? ·
Terdiri
dari apakah isi teks negosiasi dalam penawaran dan persetujuan / kesepakatan
yang tercapai tersebut? ·
Seperti
apakah isi teks negosiasi dalam penawaran dan persetujuan / kesepakatan yang
tercapai tersebut? ·
Bagaimana
isi teks negosiasi dalam penawaran dan persetujuan / kesepakatan yang
tercapai itu bekerja? ·
Apa
fungsi isi teks negosiasi dalam penawaran dan persetujuan / kesepakatan yang
tercapai? ·
Bagaimanakah
materi isi teks negosiasi dalam penawaran dan persetujuan / kesepakatan yang
tercapai itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan
peserta didik? Collaboration (Kerjasama) Dan Critical Thinking (Berpikir
Kritik) Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data
hasil pengamatan dengan cara : § Berdiskusi tentang
data dari materi isi teks negosiasi : penawaran dan
persetujuan / kesepakatan yang tercapai yang sudah dikumpulkan /
terangkum dalam kegiatan sebelumnya. § Mengolah informasi dari
materi isi teks negosiasi : penawaran dan persetujuan / kesepakatan
yang tercapai yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan
sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan
informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada
lembar kerja. Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
materi isi teks negosiasi : penawaran dan persetujuan / kesepakatan
yang tercapai Critical Thinking (Berpikir Kritik) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan
memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan : § Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan
informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki
pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan
prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan
tentang materi : isi teks negosiasi : penawaran dan persetujuan /
kesepakatan yang tercapai, antara lain dengan : Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah
dikerjakan oleh peserta didik. Communication (Berkomunikasi) Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan v Menyampaikan hasil diskusi tentang materi isi
teks negosiasi : penawaran dan persetujuan / kesepakatan yang tercapai berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media
lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan
berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal
tentang mteri : isi teks negosiasi : penawaran dan persetujuan /
kesepakatan yang tercapai v Mengemukakan pendapat atas
presentasi yang dilakukan tentanag materi isi teks negosiasi :
penawaran dan persetujuan / kesepakatan yang tercapai dan ditanggapi
oleh kelompok yang mempresentasikan v Bertanya atas presentasi tentang materi isi teks
negosiasi : penawaran dan persetujuan / kesepakatan yang tercapai yang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk
menjawabnya. Creativity (Kreativitas) v Menyimpulkan tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang isi teks negosiasi :
penawaran dan persetujuan / kesepakatan yang tercapai v Menjawab pertanyaan tentang isi teks negosiasi :
penawaran dan persetujuan / kesepakatan yang tercapai yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan. v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru
melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan
materi isi teks negosiasi : penawaran dan persetujuan / kesepakatan
yang tercapaiyang akan selesai dipelajari v Menyelesaikan uji kompetensi untuk
materi isi teks negosiasi : penawaran dan persetujuan /
kesepakatan yang tercapai yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran |
Literasi Rasa ingin tahu Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical
thinking) Kreativitas (Creativity) Komunikatif (Communicative) |
70 menit |
Kegiatan
Penutup |
Peserta didik : v Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran isi teks negosiasi : penawaran dan persetujuan
/ kesepakatan yang tercapai yang baru dilakukan. v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran isi teks
negosiasi : penawaran dan persetujuan / kesepakatan yang tercapai yang baru diselesaikan. v Mengagendakan materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk
kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah
atau dirumah. Guru : v Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran isi teks negosiasi : penawaran dan
persetujuan / kesepakatan yang tercapai. v Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas projek
/produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor
urut peringkat, untuk penilaian tugas projek
/produk /portofolio /unjuk kerja pada
materi pelajaran isi teks negosiasi : penawaran dan persetujuan /
kesepakatan yang tercapai v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran isi teks negosiasi
: penawaran dan persetujuan / kesepakatan yang tercapai kepada
kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik |
Kreativitas (Creativity) HOTS |
10 menit |
I. Penilaian,
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
No |
Nama
Siswa |
Aspek
Perilaku yang Dinilai |
Jumlah
Skor |
Skor
Sikap |
Kode
Nilai |
|||
BS |
JJ |
TJ |
DS |
|||||
1 |
Ferguso |
75 |
75 |
50 |
75 |
275 |
68,75 |
C |
2 |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
1. Teknik
Penilaian (terlampir)
a. Sikap
- Penilaian
Observasi
Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan
perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran
maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh
instrumen penilaian sikap
Keterangan :
• BS
: Bekerja Sama
• JJ
: Jujur
• TJ
: Tanggun Jawab
• DS
: Disiplin
Catatan :
1. Aspek perilaku dinilai
dengan kriteria:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Cukup
25 = Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap
yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor
dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik
(SB)
50,01 – 75,00 =
Baik (B)
25,01 – 50,00 =
Cukup (C)
00,00
– 25,00 = Kurang (K)
5. Format
di atas dapat diubah sesuai dengan aspek perilaku yang ingin dinilai
- Penilaian
Diri
Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru
kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai
kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka
guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini,
menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian
yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format
penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut
Contoh format penilaian :
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
Jumlah
Skor |
Skor
Sikap |
Kode
Nilai |
1 |
Selama diskusi, saya ikut serta
mengusulkan ide/gagasan. |
50 |
250 |
62,50 |
C |
|
2 |
Ketika kami berdiskusi, setiap
anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara. |
50 |
||||
3 |
Saya ikut serta dalam membuat
kesimpulan hasil diskusi kelompok. |
50 |
||||
4 |
... |
100 |
Catatan
:
1. Skor
penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor
maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor
sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 =
62,50
4. Kode
nilai / predikat :
75,01 –
100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 –
75,00 = Baik (B)
25,01 –
50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 = Kurang (K)
5. Format
di atas dapat juga digunakan untuk menilai kompetensi pengetahuan dan
keterampilan
- Penilaian
Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik
untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru
telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan
juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh format penilaian teman
sebaya :
Nama
yang diamati : ...
Pengamat :
...
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
Jumlah
Skor |
Skor
Sikap |
Kode
Nilai |
1 |
Mau menerima pendapat teman. |
100 |
450 |
90,00 |
SB |
|
2 |
Memberikan solusi terhadap
permasalahan. |
100 |
||||
3 |
Memaksakan pendapat sendiri kepada
anggota kelompok. |
100 |
||||
4 |
Marah saat diberi kritik. |
100 |
||||
5 |
... |
50 |
Catatan
:
1. Skor
penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan
untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100
2. Skor
maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor
sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (450 : 500) x 100 =
90,00
4. Kode
nilai / predikat :
75,01 –
100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 –
75,00 = Baik (B)
25,01 –
50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 = Kurang (K)
- Penilaian
Jurnal (Lihat lampiran)
b. Pengetahuan
- Tertulis
Uraian dan atau Pilihan Ganda (Lihat
lampiran)
- Tes Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan
Percakapan
Praktek
Monolog atau Dialog
Penilaian
Aspek Percakapan
No |
Aspek yang Dinilai |
Skala |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
|||
25 |
50 |
75 |
100 |
|||||
1 |
Intonasi |
|||||||
2 |
Pelafalan |
|||||||
3 |
Kelancaran |
|||||||
4 |
Ekspresi |
|||||||
5 |
Penampilan |
|||||||
6 |
Gestur |
- Penugasan (Lihat Lampiran)
Tugas Rumah
a. Peserta didik menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku peserta didik
b. Peserta didik memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik
c. Peserta didik mengumpulkan jawaban dari
tugas rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian.
c. Keterampilan
- Penilaian Unjuk Kerja
Contoh instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai Berikut:
Instrumen Penilaian
No |
Aspek yang Dinilai |
Sangat Baik (100) |
Baik (75) |
Kurang Baik (50) |
Tidak Baik (25) |
1 |
Kesesuaian
respon dengan pertanyaan |
||||
2 |
Keserasian
pemilihan kata |
||||
3 |
Kesesuaian
penggunaan tata bahasa |
||||
4 |
Pelafalan |
Kriteria
penilaian (skor)
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 =
Tidak Baik
Cara
mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor
maksimal dikali skor ideal (100)
Instrumen Penilaian Diskusi
No |
Aspek yang Dinilai |
100 |
75 |
50 |
25 |
1 |
Penguasaan
materi diskusi |
||||
2 |
Kemampuan
menjawab pertanyaan |
||||
3 |
Kemampuan
mengolah kata |
||||
4 |
Kemampuan
menyelesaikan masalah |
Keterangan
:
100 =
Sangat Baik
75 =
Baik
50 =
Kurang Baik
25 =
Tidak Baik
- Penilaian
Proyek (Lihat Lampiran)
- Penilaian
Produk (Lihat Lampiran)
- Penilaian
Portofolio
Kumpulan semua tugas yang sudah dikerjakan peserta didik,
seperti catatan, PR, dll
Instrumen Penilain
No |
Aspek yang Dinilai |
100 |
75 |
50 |
25 |
1 |
|||||
2 |
|||||
3 |
|||||
4 |
2. Instrumen Penilaian (terlampir)
a. Pertemuan Pertama
b. Pertemuan Kedua
c. Pertemuan
Ketiga
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
Bagi peserta didik yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa memberikan soal tambahan misalnya sebagai berikut :
1) Jelaskan tentang Sistem Pembagian Kekuasaan Negara!
2) Jelaskan tentang Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian!
3) Jelaskan
tentang Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan!
CONTOH PROGRAM REMIDI
Sekolah : ……………………………………………..
Kelas/Semester : ……………………………………………..
Mata Pelajaran : ……………………………………………..
Ulangan Harian Ke : ……………………………………………..
Tanggal Ulangan Harian : ……………………………………………..
Bentuk Ulangan Harian : ……………………………………………..
Materi Ulangan Harian : ……………………………………………..
(KD / Indikator) : ……………………………………………..
KKM : ……………………………………………..
No |
Nama
Peserta Didik |
Nilai
Ulangan |
Indikator
yang Belum Dikuasai |
Bentuk
Tindakan Remedial |
Nilai
Setelah Remedial |
Keterangan |
1 |
||||||
2 |
||||||
3 |
||||||
4 |
||||||
5 |
||||||
6 |
||||||
dst |
b. Pengayaan
Guru memberikan nasihat agar tetap rendah hati, karena
telah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru memberikan soal
pengayaan sebagai berikut :
1) Membaca
buku-buku tentang Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan
pemerintahan Negara yang relevan.
2) Mencari
informasi secara online tentang Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik
penyelenggaraan pemerintahan Negara
3) Membaca
surat kabar, majalah, serta berita online tentang Nilai-nilai Pancasila dalam
kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara
4) Mengamati
langsung tentang Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan
pemerintahan Negara yang ada di lingkungan sekitar.
Mengetahui, Kepala
SMA N I Muara Tiga Mukhtar,
S. Pd, M. Pd NIP.
19680623 199903 1 001 |
Laweueng, 2019 Guru
Mata Pelajaran Akfil
Zuliandri, S. Pd NIP.
|
LAMPIRAN MATERI TEKS NEGOSIASI
TEKS
NEGOSIASI
Pengertian Teks Negosiasi
Teks Negosiasi adalah bentuk interaksi sosial yang bertujuan untuk
mencapai kesepakatan diantara pihak-pihak yang mempunyai kepentingan yang
berbeda.
Ciri-ciri Teks Negosiasi
v Menghasilkan
kesepakatan (yang saling menguntungkan).
v Mengarah pada
tujuan praktis.
v Memprioritaskan
kepentingan bersama.
v Merupakan sarana
untuk mencari penyelesaian.
Kaidah kebahasaan yang biasanya digunakan dalam teks
negosiasi diantaranya:
v Menggunakan bahasa yang santun.
v Terdapat ungkapan persuasif (bahasa untuk membujuk).
v Berisi pasangan tuturan (Tuturan: informasi lisan secara
langsung dari narasumber)
v Kesepakatan yang dihasilkan tidak merugikan dua belah pihak.
v Bersifat memerintah dan memenuhi perintah.
v Tidak berargumen dalam 1 waktu.
v Didasari argumen yang kuat disertai fakta.
v Minta alasan dari pihak mitra negosiasi (mengapa ya/tidak).
v Jangan menyela argument (Menyela Argument: Menyelang,
menyisipkan adalah perbuatan tidak baik)
Struktur Kompleks Negosiasi
- Orientasi:
Kalimat pembuka, biasanya ucapan salam. Fungsi nya untuk memulai
negosiasi.
- Permintaan:
Suatu hal berupa barang atau jasa yang ingin dibeli oleh pembeli.
- Pemenuhan:
Kesanggupan hal berupa barang atau jasa dari penjual yang diminta oleh
pembeli.
- Penawaran:
Puncaknya negosiasi yang terjadi, kedua pihak saling tawar menawar.
- Persetujuan:
Kesepakatan antara kedua belah pihak terhadap negosiasi yang telah
dilakukan.
- Pembelian:
Keputusan konsumen jadi menyetujui negosiasi itu atau tidak.
- Penutup:
Kalimat penutup, biasanya ucapan salam atau terimakasih.
Tujuan Negosiasi
Adapun tujuan dilakukan negosiasi
dalam hal bisnis, beberapa diantaranya untuk:
v Mencapai kesepakatan yang memiliki kesamaan persepsi, saling
pengertian dan persetujuan.
v Mencapai penyelesaian atau jalan keluar dari masalah yang
dihadapi secara bersama.
v Mencapai kondisi saling menguntungkan dan tidak ada yang
dirugikan (win-win solution).
Manfaat negosiasi yaitu untuk menciptakan jalinan kerja sama
antara institusi, badan usaha, maupun perorangan dalam melakukan suatu usaha
dan kegiatan bersama atas dasar saling pengertian.
Contoh teks negosiasi singkat jual beli
Penjual :
Ada yang bisa dibantu mas?
Pembeli :
Baju yang ini ukuran L ada enggak?
Penjual :
Ada mas, sebentar saya ambil.
Pembeli :
Iya.
Penjual :
Ini mas yang ukuran L.
Pembeli :
Berapa harganya mas?
Penjual :
Itu 300 ribu, pas nya 290 ribu
Pembeli :
Bisa 260 enggak pak?
Penjual :
Tidak bisa mas, paling kurangi 5 ribu jadi 285 ribu.
Pembeli :
Ya 280 ribu deh pak, langsung saya beli.
Penjual :
Iya baiklah.
0 Response to "RPP K13 Bahasa Indonesia Teks Negosiasi Kelas X SMA Revisi"
Posting Komentar