RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata pelajaran : Bahasa
Indonesia
Sekolah : SMA Negeri I Peukan Pidie
Kelas/ Semester : XI IPA-IPS/Ganjil
Materi pokok : Teks Eksplanasi
Alokasi waktu : 6 X 45 menit (3
kali pertemuan)
A. Kompetensi Inti
1 2 3 4 |
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi,
damai), santun, responsive, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual,
konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian
spesifik dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan |
B. Kompetensi Dasar (KD)
dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD) |
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
3.2 |
Mengidentifikasi informasi
(permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi yang
didengar dan atau dibaca |
3.2.1 3.2.2 |
Memahami informasi berupa
pengetahuan dan urutan kejadian dari yang didengar atau dibaca.Menelaah
kebahasaan teks ekplanasi Menemukan makna tersirat dalam
teks eksplanasi secara lisan dan tulis. |
4.2 |
Mengembangkan
isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi
secara lisan dan/tulis |
4.2.1 4.2.2 |
Menyusun bagian-bagian pokok teks eksplanasi. Menyajikan hasil teks eksplanasi. |
C. Tujuan
pembelajaran
Melalui kegiatan
pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan
model saintifik, peserta didik dapat memahami
informasi berupa pengetahuan dan urutan kejadian dari yang didengar atau dibaca, menemukan makna tersirat dalam teks eksplanasi secara
lisan dan tulis, menyusun bagian-bagian pokok teks eksplanasi, dan menyajikan
hasil teks eksplanasi dengan rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab,
bersikap bersahabat/ komunikatif selama proses embelajaran.
D. Materi
Teks Eksplanasi:
- Fakta
- Pernyataan-pernyataan sebab-akibat (kausalitas).
Struktur
Teks Eksplanasi:
- Pengetahuan
- Deretan Penjelas
- Interpretasi (opsional)
E. Pendekatan,
Metode dan Model Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model Pembelajaran : Active Learning
3. Metode :
diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan
G. Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar
1. Media/Alat : Lembar
Kerja, Papan
Tulis/White Board, LCD
2. Sumber Belajar :
Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat
Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat
Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa
Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
F. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 ×45
menit)
Tahap |
Langkah-langkah Pembelajaran |
Nilai Karakter (PPK), Literasi,
4C, HOTS |
Alokasi
Waktu |
Pendahuluan |
1. Peserta
didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. 2. Peserta
didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran
sebelumnya (tanya jawab). 3. Peserta
didik menyimak kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari 4. Peserta
didik mendiskusikan informasi dengan proaktiftentang
keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan. 5. Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang
akandipelajari, metode dan media, langkah pembelajaran danpenilaian pembelajaran |
Religius Rasa ingin tahu |
10 menit |
Inti |
Mengamati 1. Peserta didik mengamati video terjadinya hujan. 2. Peserta didik mengidentifikasi video tersebut berhubungan
dengan teks eksplanasi Menanya 1. Peserta
didik bertanya jawab tentang video tersebut berhubungan dengan teks
eksplanasi 2. Peserta
didik memberi komentar terhadap video tersebut dihubungkan dengan teks
eksplanasi Menalar 1. Peserta
didik duduk secara berkelompok (heterogen, 3-4 orang). 2. Peserta
didik secara berdiskusi mengidentifikasi bentuk teks eksplanasi 3. Peserta
didik mencari contoh teks eksplanasi dari berbagai sumber. Mencoba 1. Peserta
didik mencoba menganalisis informasi dan urutan kejadian dalam teks
eksplanasi yang didapat. 2. Peserta
didik mencoba menganalisis makna tersirat dalam teks eksplanasi yang didapat. 3. Peserta
didik mencatat hasil analisis informasi, urutan kejadian, dan makna tersirat
dalam teks eksplanasi yang didapat. Mengomunikasikan/menyajikan 1. Peserta
didik secara berkelompok mempresentasikan hasil kerjanya. 2. Peserta didik yang lain memberikan komentardan masukan atas penampilan temannya. |
Literasi Rasa ingin tahu Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical
thinking) Kreativitas (Creativity) Komunikatif (Communicative) |
70 menit |
Penutup |
Kegiatan guru
bersama peserta didik 1. Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran. 2. Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan. 3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran. Kegiatan guru 1. Melakukan penilaian. 2. Memberikan tugas
kepada peserta didik untuk banyak membaca teks eksplanasi lainnya 3. Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya. 4. Menutup kegiatan belajar mengajar. |
Kreativitas (Creativity) HOTS |
10 menit |
Pertemuan 2 (4 ×45 menit)
Tahap |
Langkah-langkah Pembelajaran |
Nilai Karakter (PPK), Literasi,
4C, HOTS |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Awal |
1. Peserta
didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. 2. Peserta
didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran
sebelumnya (tanya jawab). 3. Peserta
didik menyimak kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari 4. Peserta
didik mendiskusikan informasi dengan proaktiftentang
keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. 5. Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang
akandipelajari, metode dan media, langkah pembelajaran danpenilaian pembelajaran |
Religius Rasa ingin tahu |
15 menit |
Kegiatan Inti |
Mengamati 1. Peserta didik mengamati contoh teks eksplanasi 2. Peserta didik mengidentifikasi informasi (pengetahuan),
urutan kejadian, dan makna yang tersirat dalam teks 3. Peserta didik mengidentifikasi bagian-bagian pokok dalam
teks Menanya 1. Peserta didik bertanya jawab tentang bagian-bagian pokok
dari teks 2. Peserta didik memberi komentar bagian-bagian pokok teks
eksplanasi yang dibahas Menalar 1. Peserta
didik duduk secara berkelompok (heterogen, 3-4 orang). 2. Peserta
didik berdiskusi untuk mengidentifikasi bagian-bagian pokok teks eksplanasi
untuk selanjutnya dapat disajikan hasilnya Mencoba 1. Peserta
didik mencoba menyusun hasil teks eksplanasi berdasarkan bagian-bagian pokok
yang telah diidentifikasi dan didiskusikan. Mengomunikasikan/menyajikan 1. Peserta
didik secara berkelompok menyajikan hasil kerjanya 2. Peserta didik yang lain memberikan komentardan masukan atas penampilan temannya. |
Literasi Rasa ingin tahu Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical
thinking) Kreativitas (Creativity) Komunikatif (Communicative |
150 menit |
Kegiatan
Penutup |
Kegiatan guru
bersama peserta didik 1. Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran. 2. Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan. 3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran; dan Kegiatan guru 1. Melakukan penilaian. 2. Memberikan
tugas kepada peserta didik untukmembawa
contoh lain dari teks eksplanasi baik dari koran, majalah atau buku sumber
lainnya. 3. Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya,. 4. Menutup kegiatan belajar mengajar. |
Kreativitas (Creativity) HOTS |
15 menit |
H. Penilaian
1. Teknik
Penilaian:
a. Penilaian
Sikap :Observasi/pengamatan
b. Penilaian
Pengetahuan : Tes Tertulis
c. Penilaian
Keterampilan : Unjuk Kerja/ Praktik/ Portofolio
2. Bentuk
Penilaian:
a. Observasi :lembar pengamatan aktivitas peserta didik
b. Tes tertulis :uraian
dan lembar kerja
c. Unjuk
kerja :lembar
penilaian presentasi
d. Portofolio :pedoman
penilaian portofolio
3. Remedial
a. Pembelajaran remedial dilakukan
bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b. Tahapan pembelajaran remedial
dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor
sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
c. Tes remedial, dilakukan
sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali tes remedial
belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes
tertulis kembali.
4. Pengayaan
Bagi Peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan
pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
a. Siswa yang mencapai nilai diberikan materi masih dalam cakupan KD
dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
b. Siswa yang
mencapai nilai diberikan materi melebihi cakupan KD dengan
pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
LAMPIRAN: MATERI TEKS EKSPLANASI
Eksplanasi
berasal dari bahasa asing (Inggris) yang berarti tindakan menerangkan atau
menjelaskan dan keterangan, pernyataan atau fakta yang menjelaskan. Teks eksplanasi
adalah sebuah teks yang berisi tentang proses-proses yang berhubungan dengan
fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya. Eksplanasi adalah teks yang menerangkan atau menjelaskan mengenai
proses atau fenomena alam maupun sosial
Teks ini disusun dengan struktur
yang terdiri atas bagian-bagian yang memperlihatkan pengetahuan (pembukaan),
deretan penjelasan (isi), dan interpretasi/penutup. Bagian pengetahuan berisi
informasi singkat tentang apa yang dibicarakan. Bagian deretan penjelas berisi
urutan uraian atau penjelasan tentang peristiwa yang terjadi. Sementara itu,
bagian interpretasi berisi pendapat singkat penulis tentang peristiwa yang
terjadi. Bagian ini merupakan penutup teks eksplanasi yang boleh ada atau tidak
ada.
Struktur Teks
Eksplanasi
1) Pengetahuan, Berisi
tentang penjelasan umum tentang fenomena yang akan dibahas, bisa berupa
pengenalan fenomena tersebut atau penjelasannya. Penjelasan umum yang
dituliskan dalam teks ini berupa gambaran secara umum tentang apa, mengapa, dan
bagaimana proses peristiwa alam tersebut bisa terjadi.
2) Deretan
Penjelas, Berisi
tentang penjelasan proses mengapa fenomena tersebut bisa terjadi atau tercipta
dan bisa terdiri lebih dari satu paragraf. Deretan penjelas mendeskripsikan dan
merincikan penyebab dan akibat dari sebuah bencana alam yang terjadi.
3) Interpretasi
(Opsional), Teks penutup
yang bersifat pilihan; bukan keharusan. Teks penutup yang dimaksud adalah, teks
yang merupakan intisari atau kesimpulan dari pengetahuan dan deretan penjelas.
Opsionalnya dapat berupa tanggapan maupun mengambil kesimpulan atas pernyataan
yang ada dalam teks tersebut.
INTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Nama Satuan pendidikan :
Tahun
pelajaran :
Kelas/Semester :
XI / 1
Mata
Pelajaran :
Bahasa Indonesia
NO |
WAKTU |
NAMA |
KEJADIAN/ PERILAKU |
BUTIR SIKAP |
POS/ NEG |
TINDAK
LANJUT |
1 |
||||||
2 |
||||||
3 |
||||||
4 |
||||||
5 |
||||||
2 |
||||||
7 |
||||||
8 |
||||||
9 |
||||||
10 |
||||||
11 |
INSTRUMEN PENUGASAN 1
Satuan
Pendidikan |
: |
||
Mata
Pelajaran |
: |
Bahasa
Indonesia |
|
Kelas |
: |
XI |
|
Kompetensi
dasar |
: |
3.3 |
Mengidentifikasi informasi
(pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi lisan dan tulis |
Indikator |
: |
3.3.1 |
Memahami informasi berupa
pengetahuan dan urutan kejadian dari yang didengar atau dibaca. |
3.1.2 |
Menemukan makna tersirat dalam
teks eksplanasi secara lisan dan tulis. |
||
Materi |
: |
Teks
Eksplanasi |
Contoh Tugas:
Jawablah pertanyaan berikut! |
|
1. |
Apa yang menjadi dasar jika teks
tersebut dinamakan teks eksplanasi? |
2. |
Bagaimana ciri umum dari teks eksplanasi? |
3. |
Teks eksplanasi dibentuk oleh
unsur apa saja? |
4. |
Apa yang dimaksud dengan hubungan
kausalitas dalam teks eksplanasi? |
5. |
Apa fungsi fakta dalam teks
eksplanasi? |
Apa saja bukti bahwa semua teks di
bawah ini berbentuk eksplanasi? Apa pula gagasan umum serta fakta
penting di dalam teks tersebut? |
|
a. |
Pertumbuhan dimulai dari kecambah.
Struktur awal yang muncul berupa radikula atau akar primer. Hal ini
menunjukkan bahwa yang pertama kali dibutuhkan kecambah adalah air dan
kebutuhan untuk melekat pada tanah. Akar primer akan tumbuh secara lateral,
membentuk akar sekunder, dan selanjutnya tumbuhlah cabang-cabang menjadi
suatu sistem akar. |
b. |
Percabangan suatu bahasa proto
menjadi dua bahasa baru atau lebih; serta tiap-tiap bahasa baru itu dapat
bercabang pula dan seterusnya, dapat disamakan dengan percabangan sebatang
pohon. Pada suatu waktu batang pohon tadi mengeluarkan cabang-cabang baru,
lalu tiap cabang bertunas dan bertumbuh menjadi cabang-cabang baru. Cabang-cabang
yang baru kemudian mengeluarkan ranting-ranting yang baru.
Demikian seterusnya. Begitu pula percabangan pada bahasa. |
Teks |
Bukti
sebagai Eksplanasi |
Gagasan
Umum |
Fakta
Penting |
1 |
|||
2 |
INSTRUMEN PENUGASAN 2
Satuan
Pendidikan |
: |
||
Mata
Pelajaran |
: |
Bahasa
Indonesia |
|
Kelas |
: |
XI |
|
Kompetensi
dasar |
: |
4.3 |
Mengkonstruksi informasi
(pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara lisan dan
tulis |
Indikator |
: |
4.3.1 |
Menyusun bagian-bagian pokok teks
eksplanasi |
4.3.2 |
Menyajikan hasil teks eksplanasi |
||
Materi |
: |
Teks Eksplanasi |
Contoh Tugas:
Bacalah
satu teks eksplanasi, kemudian ikutilah instruksi di bawah ini!
1. Tentukanlah mana yang
merupakan pengetahuan, deretan penjelas, dan interpretasi.
2. Carilah kalimat-kalimat
yang memuat informasi berdasarkan fakta (faktual).
RUBRIK PENILAIAN
PENUGASAN
Nama Peserta
didik/kelompok :
…………………………………………………
Kelas :
…………………………………………………
Tanggal Pengumpulan :
...............................................................
No |
Kategori |
Skor |
Alasan |
1. |
1. Apakah teks eksplanasi yang
ditulis lengkap ? |
||
2. |
3. Apakah terdapat uraian tentangstruktur eksplanasi? |
||
3. |
Apakah bahasa yang digunakan untuk menginterpretasikan
lugas, sederhana, runtut dan sesuaidengan kaidah EYD? |
||
4. |
Apakah terdapat
bagian-bagian pokok teks eksplanasi? |
||
5. |
Apakah terdapat
informasi atau pengetahuan dalam teks? |
||
Jumlah |
Kriteria:
5 = sangat baik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang, dan 1 = sangat kurang
INSTRUMEN TES TERTULIS
Satuan
Pendidikan |
: |
||
Mata
Pelajaran |
: |
Bahasa
Indonesia |
|
Kelas |
: |
XI |
|
Kompetensi
dasar |
: |
3.3 |
Mengidentifikasi informasi
(pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi lisan dan tulis |
Indikator |
: |
3.3.1 |
Memahami informasi berupa
pengetahuan dan urutan kejadian dari yang didengar atau dibaca. |
3.3.2 |
Menemukan makna tersirat dalam
teks eksplanasi secara lisan dan tulis. |
Tes Tertulis
Disediakan dua teks eksplanasi
1. Identifikasilah informasi berupa pengetahuan dan urutan kejadian dalam teks
eksplanasi.
2. Tuliskan makna tersirat dalam teks eksplanasi tersebut
3. Kemukakan komentarmu terhadap kedua
teks eksplanasi
tersebut
Tertulis (soal HOTS)
1. Identifikasilah teks eksplanasi dengan memperhatikan
isi, informasi, urutan kejadian, dan makna tersirat yang disampaikan
dalam teks eksplanasi!
2. Buatlah rancangan teks eksplanasi dengan bagian-bagian
pokok!
3. Presentasikanlah hasil kerjamu dihadapan teman-temanmu.
RUBRIK PENILAIAN
Soal |
Aspek yang
Dinilai |
Skor |
1 |
Peserta didik
mengidentifikasi informasi dan
urutan kejadian teks eksplanasi dengan sangat tepat |
4 |
a. Peserta
didik mengidentifikasi informasi dan
urutan kejadian teks
eksplanasi dengan tepat |
3 |
|
b. Peserta
didik mengidentifikasi informasi dan
urutan kejadian teks
eksplanasi dengan kurang tepat |
2 |
|
c. Peserta
didik mengidentifikasi informasi dan
urutan kejadian teks
eksplanasi dengan tidak tepat |
1 |
|
Soal |
Aspek yang Dinilai |
Skor |
2 |
Peserta
didik membuat rancangan bagian-bagian
pokok teks eksplanasi dengan sangat tepat |
4 |
d. Peserta
didik membuat rancangan bagian-bagian
pokok teks eksplanasi dengan tepat |
3 |
|
e. Peserta
didik membuat rancangan bagian-bagian
pokok teks eksplanasi dengan kurang tepat |
2 |
|
f. Peserta
didik membuat rancangan bagian-bagian
pokok teks eksplanasi dengan tidak tepat |
1 |
|
Soal |
Aspek yang Dinilai |
Skor |
3 |
Peserta didik mengemukakan komentar dengan sangat tepat |
4 |
g. Peserta didik mengemukakan komentar dengan tepat |
3 |
|
h. Peserta didik mengemukakan komentar dengan kurang tepat |
2 |
|
i. Peserta didik mengemukakan komentar dengan tidak tepat |
1 |
INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN
Satuan
Pendidikan |
: |
|
||
Mata
Pelajaran |
: |
Bahasa
Indonesia |
|
|
Kelas |
: |
X |
|
|
Materi |
: |
Menganalisis
dan memerankan dialog eksplanasi |
|
|
Kompetensi
dasar |
: |
4.3 |
Mengkonstruksi informasi
(pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara lisan dan
tulis |
|
Indikator |
: |
4.3.1 |
Menyusun bagian-bagian pokok teks
eksplanasi. |
|
4.3.2 |
Menyajikan hasil teks eksplanasi. |
1. Lembar Soal Keterampilan
1. Susunlah
bagian-bagian pokok dari teks eksplanasi!
2. Sajikanlah
hasil teks eksplanasi berdasarkan bagian-bagian pokok yang telah disusun!
2. Rubrik Penilaian
Soal |
Aspek yang
Dinilai |
Skor |
1 |
Peserta
didik menyusun bagian-bagian pokok dari
teks eksplanasisangat baik |
4 |
j. Peserta
didik menyusun bagian-bagian pokok dari
teks eksplanasibaik |
3 |
|
k. Peserta
didik menyusun bagian-bagian pokok dari
teks eksplanasikurang baik |
2 |
|
l. Peserta
didik menyusun bagian-bagian pokok dari
teks eksplanasitidak baik |
1 |
|
2 |
Peserta menyajikan eksplanasi berdasarkan bagian-bagian pokok yang
telah disusun sangat lengkap dan sangat sesuai dengan topik |
4 |
m. Peserta menyajikan eksplanasi berdasarkan bagian-bagian pokok yang
telah disusun lengkap dan sesuai dengan topik |
3 |
|
n. Peserta menyajikan eksplanasi berdasarkan bagian-bagian pokok yang
telah disusun kurang lengkap dan kurang dengan topik |
2 |
|
o. Peserta menyajikan eksplanasi berdasarkan bagian-bagian pokok yang
telah disusun tidak lengkap dan tidak sesuai isi teks |
1 |
INSTRUMEN PENILAIAN PORTO FOLIO
Satuan
Pendidikan |
: |
|
||
Mata
Pelajaran |
: |
Bahasa
Indonesia |
|
|
Kelas |
: |
XI |
|
|
Materi |
: |
Menganalisis
Teks eksplanasi |
|
|
Kompetensi
dasar |
: |
3.3 |
Mengidentifikasi informasi (pengetahuan dan urutan
kejadian) dalam teks ekplanasi lisan dan tulis |
|
4.3 |
Mengkonstruksi informasi
(pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara lisan dan
tulis |
|||
Indikator |
: |
3.3.1 |
Menunjukan pengetahuan atau pengetahuan dalam suatu kegiatan |
|
3.3.2 |
Menuliskan urutan kejadian sebagai
eksplanasi melakukan suatu kegiatan |
|||
4.3.1 |
Mengungkapkan pengetahuan
dan urutan kejadian secara lisan. |
|||
4.3.2 |
Menuliskan pengetahuan dan urutan
kejadian |
Tugas I
1. Simpan setiap
tugas yang diberikan ke dalam map individu peserta didik
(warna map sesuai dengan kelas masing-masing/tiap kelas beda warna map
2. Buat rangkuman
dari setiap tugas yang telah diberikan dan rangkuman dibuat pada kertas folio
bergaris.
3. Batas waktu
pengumpulan tugas adalah di pertemuan terakhir
PEDOMAN PENSKORAN:
KRITERIA YANG DINILAI |
SKOR MAKSIMAL |
Peserta didik menyimpan
semua tugas yang telah dikerjakan dengan lengkap, dan tugas dikerjakan dengan
benar, serta dikumpulkan tepat waktu |
4 |
Peserta didik
menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, dan sebagian besar benar tapi
kurang lengkap, serta dikumpulkan tepat waktu |
3 |
Peserta didik
menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun sebagian besar salah,
kurang lengkap, dan tidak dikumpulkan tepat waktu |
2 |
Peserta didik
menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun tugas yang dikerjakan
salah, dan kurang lengkap, serta tidak dikumpulkan tepat waktu |
1 |
Peserta
didik tidak menyimpan satu pun tugas-tugas yang diberikan karena tidak
pernah mengumpulkan tugas |
0 |
LEMBAR PENILAIAN PORTOFOLIO
Jenis
Tugas :
Kelas : XI
Semester/ Tahun Pelajaran : 1/ 2018 - 2019
No |
Nama Peserta didik |
Tugas KD |
Nilai |
Tanda Tangan |
Ket. (Tgl Pengumpulan) |
|
Peserta Didik |
Guru |
|||||
KISI-KISI SOAL HOTS
Tahun Pelajaran 2018/2019
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Program : XI
Semester : 1 (dua)
Kurikulum : 2013
No |
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok |
Kls/ Smster |
Indikator Soal |
Level Kognitif |
Bentuk Soal |
No Soal |
1 |
3.3 Mengidentifikasi informasi (pengetahuan dan urutan
kejadian) dalam teks ekplanasi lisan dan tulis |
Memahami informasi berupa
pengetahuan dan urutan kejadian dari yang didengar atau dibaca. |
XI/1 |
Disajikan teks eksplanasi, peserta didik dapatmenunjukan informasi
berupa pengetahuan dan urutan kejadian |
C4 |
Uraian |
1 |
2 |
Menemukan makna tersirat dalam
teks eksplanasi secara lisan dan tulis. |
XI/1 |
Disajikan teks eksplanasi, peserta didik dapatmenemukan makna tersirat dalam teks eksplanasi secara
lisan dan tulis. |
C5 |
uraian |
2 |
|
3 |
4.3Mengkonstruksi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian)
dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis |
Menyusun bagian-bagian pokok teks
eksplanasi. |
XI/1 |
Disajikan teks eksplanasipeserta
didik dapat enyusun bagian-bagian pokok teks eksplanasi. |
C2 |
uraian |
3 |
4 |
Menyajikan hasil teks eksplanasi. |
XI/1 |
Disajikan teks eksplanasipeserta
didik dapat menyajikan hasil teks eksplanasi. |
C5 |
uraian |
4 |
|
5 |
Mengomentari tekseksplanasi |
XI/1 |
Disajikan video tentangeksplanasi peserta
didikdapat
memberikan solusi terhadap pertanyaan teks eksplanasi dengan benar. |
C2 |
uraian |
5 |
KARTU SOAL HOTS
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI / 1 (satu)
Kurikulum : 2013
Kompetensi
Dasar |
: |
3.3 Mengidentifikasi informasi
(pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi lisan dan tulis 4.3 Mengkonstruksi informasi
(pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara lisan dan
tulis. |
Materi |
: |
Teks eksplanasi |
Indikator
Soal Nomor 1 |
: |
Disajikan teks eksplanasi, peserta didik dapat menunjukan informasi
berupa pengetahuan dan urutan kejadian dengan benar |
Indikator
Soal Nomor 2 |
: |
Disajikan teks eksplanasi, peserta didik dapat menemukan makna tersirat dalam teks eksplanasi secara
lisan dan tulis dengan benar |
Indikator
Soal Nomor 3 |
: |
Disajikan teks eksplanasi peserta
didik dapat menyusun bagian-bagian pokok teks eksplanasi.dengan benar. |
Indikator
Soal Nomor 4 |
: |
Disajikan teks eksplanasi peserta
didik dapat menyajikan hasil teks eksplanasi. |
Indikator
Soal Nomor 5 |
: |
Disajikan video tentang eksplanasi peserta
didik dapat
memberikan solusi terhadap pertanyaan teks eksplanasi dengan benar. |
Mengetahui, Kepala
SMA Negeri I Peukan Pidie Mukhtar,
S. Pd NIP. 19611005
1998 01 1 001 |
Peukan Pidie, 20.. Guru
Mata Pelajaran Aan
Zuliana, S. Pd NIP. 19850122
200604 2 002 |
0 Response to "RPP K13 Bahasa Indonesia Teks Eksplanasi Kelas XI SMA Revisi"
Posting Komentar