RPP K13 Bahasa Indonesia Teks Anekdot 2 Kelas X SMA Revisi

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Mata pelajaran    : Bahasa Indonesia

Sekolah                 : SMA Negeri I Muara Tiga

Kelas/ Semester   : X IPA-IPS/

Materi pokok       : Teks Anekdot

Alokasi waktu      :  6 X 45 menit (3 kali pertemuan)

 

 

 

 

A. Kompetensi Inti

 

1

2

 

 

3

 

 4

Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi, damai), santun, responsive, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian spesifik dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

 

B.  Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

 

Kompetensi Dasar (KD)

 Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

3.6

Menganalisis struktur dan kebahasaan teks anekdot

3.6.1

 

3.6.2

 

3.6.3

Mengidentifikasi struktur isi teks anekdot (abstrak, orientasi, krisis, respon, dan coda).

Menemukan ciri bahasa teks anekdot    (pertanyaan retoris, proses material, dan konjungsi temporal).

Menjelaskan makna kata, istilah, dan ungkapan dalam teks anekdot

4.6

Menciptakan kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan baik lisan maupun tulis

4.6.1

 

4.6.2

Menyusun teks anekdot sesuai dengan struktur isi teks anekdot dan kebahasaan

Mempresentasikan teks anekdot dengan intonasi dan ekspresi yang tepatserta saling memberikan komentar.

 

C.   Tujuan Pembelajaran

 

Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatan pedagogik genre saintifik dan  CLIL dengan model pembelajaran discoveri peserta didik dapat mengidentifikasi struktur isi  teks anekdot dan pola penyajian karakter unggul tokoh anekdot,  menjelaskan makna kata istilah, dan ungkapan dalam teks anekdot dengan menggunakan teks narasi, menyusun teks anekdot dan mempresentasikannya dengan rasa ingin tahu, responsif dan tanggung jawab selama proses pembelajaran dan bersikap, jujur, percaya diri serta pantang menyerah.

 

 

D.    Materi Pembelajaran

 

Teks anekdot

v  Ciri-ciri, pengertian anekdot dnegan 

v  Struktur  anekdot

v  Makna kata, istilah, dan isi teks anekdot

v  Isi anekdot

 

 

E.    Pendekatan,Metode, dan Model Pembelajaran

 

1.         Pendekatan     : Saintifik

 

2.         Metode            : Curah pendapat, diskusi, dan penugasan

 

3.         Model              : Discovery Learning ( pertemuan pertama)

 

  Penugasan (pertemuan kedua)

 

F.     Media, Alat dan Sumber Pembelajaran

 

1.      Media:

v  Internet

v  Multimedia

 

2.      Alat/bahan

v  LCD, laptop

v  Naskah Anekdot

 

 

 

 G. Bahan dan Sumber Belajar

 

Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas X Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas X Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya.

 

 

H.     Kegiatan Pembelajaran

 

             Pertemuan Pertama

 

Pertemuan 1 (4 ×45 menit)

 

Tahap

Langkah-langkah Pembelajaran

Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS

Alokasi Waktu

Pendahuluan

1.      Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tu­han dan saling mendoakan.

2.      Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).

3.      Peserta didik menyimak  kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari

4.      Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktiftentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.

5.      Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipela­jari, metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran

Religius

 

 

 

Rasa ingin tahu

15 menit

Inti

1.    Mengamati

a.     membaca contoh  teks anekdot

b.     mencermati uraian yang berkaitan dengan  unsur-unsur dan struktur teks anekdot (abstrak, orientasi, krisis, respon, coda)

c.     membaca contoh teks anekdot yang lain

2.    Menanya

Mempertanyakan unsur-unsur dan struktur teks anekdot (abstrak, orientasi, krisis, respon, coda)

3.    Mengeksplorasi

Menemukan unsur-unsur dan  struktur  teks anekdot (abstrak, orientasi, krisis, respon, coda)

4.    Mengasosiasi

mendiskusikan dan menyimpulkan hasil temuan terkait dengan unsur-unsur danstruktur teks (abstrak, orientasi, krisis, respon, coda)

5.    Mengkomunikasikan

mengomunikasikan dan saling menilai kebenaran/ketepatan kesimpulan antarkelompok menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun

 

Literasi

 

 

 

 

 

Rasa ingin tahu

 

 

 

 

Kerja sama (Collaborative)

 

 

Berpikir kritis (Critical thinking)

 

Kreativitas (Creativity)

 

Komunikatif (Communicative)

150 menit

Penutup

Kegiatan guru bersama peserta didik

1.      Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.

2.      Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.

3.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan

Kegiatan guru

1.      Melakukan penilaian.

2.      Memberikan tugas kepada peserta didik untuk banyak membaca teks ceramah lainnya.

3.      Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.

4.      Menutup kegiatan belajar mengajar.

 

Kreativitas (Creativity)

 

 

 

 

HOTS

15 menit

 

 

Pertemuan 2 (@4 ×45 menit)

 

Tahap

Langkah-langkah Pembelajaran

Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS

Alokasi Waktu

Pendahuluan

1.      Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tu­han dan saling mendoakan.

2.      Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).

3.      Peserta didik menyimak  kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari

4.      Peserta didik mendiskusikan informasi denganproaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.

5.      Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipela­jari, metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran

Religius

 

 

 

Rasa ingin tahu

15 menit

Inti

1.     Mengamati

a.      Membaca contoh  teks anekdotlain

b.     Mencermati uraian yang berkaitan dengan  ciri-ciri bahasa teks anekdot (pertanyaan retoris, proses material, dan konjungsi temporal)

2.      Menanya

a.      Menanyakan ciri-ciri bahasa teks anekdot

b.      Membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks anekdot

3.    Mengekplorasi

a.    Menemukan ciri bahasa teks anekdot (pertanyaan retoris, proses material, dan konjungsi temporal)

b.    Menjelaskan makna kata, istilah, ungkapan dalam teks anekdot

c.    Menemukan isi teks anekdot.

 

4.  Mengasosiasi

a.    Mendiskusikan dan menyimpulkan makna kata, istilah, ungkapan teks anedot dalam  diskusi kelas dengan saling menghargai

b.    Mendiskusikan isi teks anekdot.

 

5.    Mengkomunikasikan

a.    Mempresentasikan makna kata, istilah, ungkapan teks anedot dengan rasa percaya diri

b.   Mempresentasikan isi teks anekdot

c.    Menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun

 

 

Literasi

 

 

 

 

 

Rasa ingin tahu

 

 

 

 

 

 

Kerja sama (Collaborative)

 

 

 

 

 

 

 

Berpikir kritis (Critical thinking)

Kreativitas (Creativity)

 

 

Komunikatif (Communicative)

150 menit

Penutup

Kegiatan guru bersama peserta didik

1.      Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.

2.      Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.

3.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan

Kegiatan guru

1.      Melakukan penilaian.

2.      Memberikan tugas kepada peserta didik untuk Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.

3.      Menutup kegiatan belajar mengajar.

 

Kreativitas (Creativity)

 

 

 

 

HOTS

15 menit

 

 

I.       PENILAIAN

 

1)      Jenis/teknik penilaian

 

a.       Kompetensi sikap

 

b.      Kompetensi Pengetahuan:

 

v  Tes tertulis

v  Tes lisan

 

 

c.       Kompetensi Keterampilan:

v  Tes praktik,

v  Projek, dan

v  Portofolio.

 

2)      Bentuk instrumen dan instrumen

 

3)      Pedoman Penskoran

 

 

 

Lampiran

 

Penilaian KI-1 dan KI-2

 

INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL DAN SOSIAL

 

(LEMBAR OBSERVASI)

 

A.      Petunjuk Umum

 

1.         Instrumen penilaian sikap spiritual dan sosial ini berupa lembar observasi

 

2.         Pelaksanaan penilaian sikap dilakukan setiap hari selama pembelajaran satu semester

 

3.         Penilaian sikap spiritual dan sosial dilakukan oleh guru mata pelajaran, wali kelas, BK yang nantinya dilaporkan kepada wali kelas.

 

4.         Perilaku yang diamati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong), kerjasama, responsif dan  pro-aktif

 

5.         Guru mencatat sikap yang menonjol, baik positif (+) maupun negatif (-)

 

6.         Semua siswa pada dasarnya baik

 

JURNAL PENILAIAN SIKAP

 

No

Tanggal

Nama

Kejadian/Prilaku

Butir Sikap

+/-

Tindak lanjut

1

2

3

Dst

 

 

No

Muatan KI-1 (sikap spiritual)

No

Muatan K-2 (Sikap Sosial)

1

Ketaatan beribadah

1

Jujur

2

Perilaku syukur

2

Disiplin

3

Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan

3

Tanggung jawab

4

Toleransi dalam beribadah.

4

Santun

5

Peduli

6

Percaya diri

7

Kerja sama

8

Responsif

9

Pro-aktif

 

Penilaian KI-3

 

Pengetahuan

 

a.       Teknik Penialaian : Tes tertulis

 

b.      Bentuk Instrumen : Uraian

 

 

 

Bacalah teks anekdot di bawah ini!

 

 

POLITISI BLUSUKAN BANJIR

 

 Pada malam Jumat, paling banyak ditemukan politisi melakukan blusukan,

 

termasuk Darman (maaf bukan nama sebenarnya dan bukan sebenarnya

 

nama). Darman mendatangi kampung yang diterjang banjir paling parah.

 

Kebetulan di sana banyak wartawan meliput sehingga dia makin semangat

 

menyerahkan bingkisan.

 

Darman juga tidak mau menyia-nyiakan sorotan kamera wartawan. Dia

 

mencari strategi agar tetap menjadi perhatian media. Darman berusaha

 

masuk ke tempat banjir dan menceburkan diri ke air. Sial baginya, dia

 

terperosok ke selokan dan terseret derasnya air. Darman berusaha sekuat

 

tenaga melawan arus, tetapi tak berdaya, dia hanyut.

 

3Untung regu penolong sangat sigap. Meskipun terseret cukup jauh, Darman

 

masih bisa diselamatkan. Dia dibawa ke posko kesehatan dan dibaringkan di

 

bangsal. Waktu itu semua bangsal penuh oleh orang pingsan. Darman kaget

 

melihat orang yang ada di situ. Semuanya dia kenal, para politisi sedang

 

blusukan. Lebih kaget lagi ketika dia melihat doa tertulis di dinding: “Ya Allah,

 

hanyutkanlah mereka yang tak ikhlas”. Darman pingsan!

 

(Diadaptasi dari http://arje.blog.esaunggul.ac.id/anekdot-politisi-blusukan-banjir/)

 

 

Tes Uraian

 

 

IPK

Indikator soal

HOTS/LOTS

Rumusan soal

Jawaban

3.6.1Mengidentifikasi struktur isi teks anekdot (abstrak, orientasi, krisis, reaksi, dan coda).

Siswa dapat mengidentifikasistruktur isi teks anekdot

Lots

1.Sebutkan unsur-unsur yang terdapat dalam teks anekdot di atas!

2.Jelaskan struktur teks anekdot di atas!

 

 

1.Pada malam Jumat

2.abstrak, orientasi, krisis, reaksi, dan coda

3.6.2Menemukan ciri bahasa teks anekdot    (pertanyaan retoris, proses material, dan konjungsi temporal).

Siswa dapatmenemukan ciri bahasa teks anekdot     

Hots

3.Sebutkan ciri-ciri bahasa teks anekdot di atas. Jelaskan!

 

3.Untung regu penolong sangat sigap. Meskipun terseret cukup jauh, Darman

masih bisa diselamatkan

3.6.3Menjelaskan maknakata, istilah, dan ungkapan dalam teks anekdot.

Siswa dapatmenjelaskan maknakata, istilah, dan ungkapan dalam teks anekdot.

Hots

4.Jelaskan makna  ungkapan yang terdapat dalam teks anekdot di atas !

5. Jelaskan isi anekdot di atas!

 

4. Ya Allah,

hanyutkanlah mereka yang tak ikhlas”

5.politisi melakukan blusukan di daerah banjir

 

 

Rubrik Penilaian Kemampuan memahami struktur dan mengintepretasikan Teks Anekdot

No.

Aspek

Deskripsi

bobot

Skor

1.

Unsur-unsur teks anekdot

Menemukan seluruh unsur

4

Menemukan 3-4 unsur

3

Menemukan 1-2  unsur

2

2.

Struktur teks anekdot

Menyebutkan struktur dengan lengkap, tepat dan sistematis

4

Menyebutkan struktur  kurang lengkap, tepat dan sistematis

3

Menyebutkan struktur kurang lengkap, tidak tepat dan tidak sistematis

2

3.

Ciri kebahasaan

Menyebutkan seluruh ciri-ciri kebahasaan secara lengkap

4

Menyebutkan  3-4  ciri-ciri kebahasaan

3

Menyebutkan 1-2 ciri-ciri kebahasaan

2

4.

Kata, istilah dan ungkapan

Menjelaskan makna kata, istilah dan ungkapan seluruhnya

4

Menjelaskan makna kata, istilah dan ungkapan sebagian besar

3

Menjelaskan makna kata, istilah dan ungkapan sebagian kecil

2

5

Isi teks anekdot

Menjelaskan isi anekdot dengan tepat dengan bahasa yang santun, baik dan benar

4

Menjelaskan isi anekdot kurang tepat dengan bahasa yang santun, baik dan benar

3

Menjelaskan isi anekdot kurang tepat, dengan bahasa yang kurang santun, baik dan benar

2



Perolehan Skor

Nilai =

--------------------

X    Skor ideal

= NA

Skor Maksimal

 

KI-4



INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN

 

Instrumen Penilaian Keterampilan

 

Indikator:  peserta didik mampu membuat dan menghasilkan produk, karya, portofolio dan proyek

A.  Tes Praktik

Tugas membuat makalah, minimal  4 halaman  secara kelompok , setiap kelompok 5 orang dengan sistematika :

1.    Judul

2.    Pendahuluan

3.    Isi/Pembahasan

4.    Penutup

 

Rambu-rambu :

a.    Makalah diketik menggunakan kertas A4, huruf Time New Roman, spasi 1,5,

b.    Rubrik Penugasan

 

 

 

 

 

 

 

No

Nama

Kegiatan/Perilaku

Jumlah nilai

Kreteria

Judul

Makalah

Orisinal

Karya

Kebenaran

konsep

Ketajaman

Analisis

Alur

paparan

1

2

 

Keterangan :

Aspek yang dinilai

Uraian

Judul

Singkat, padat, jelas

Urgensi masalah yang dipilih

Pemilihan masalah  yang  kontekstual

Kebenaran konsep

Kemampuan untuk menggunakan konsep sosiologi secara tepat

Ketajaman

Kemampuan menguraikan masalah dengan  menggunakan konsep teori sosiologi

Alur paparan

Kemampuan menggunakan logika berfikir dan bahasa yang sesuai dengan kaidah serta komunikatif

 

Kriteria perilaku :

 

1 =

2 =

3 =

4 =

5 =

Sangat Kurang

Kurang

Sedang

Baik

Amat Baik

 

Kreteria penilaian :

1)        Nilai  20 – 25 = Amat Baik

2)        Nilai 15 –  19 = Baik

3)        Nilai 10 – 14 = Cukup

4)        Nilai  5 –    9 = Kurang

5)        Nilai  1 – 4   = Sangat Kurang

 

B.     Tes Proyek

-  Proyek

 Tehnik Penilaian Proyek

 

Mata Pelajaran

Nama Proyek

Alokasi Waktu

:

:

:

Guru Pembiombing

Nama

Kelas

:

:

:

 

 

No

ASPEK

SKOR (1-5)

1

PERENCANAAN :

Rancangan alat

-  Alat dan Bahan : Pedoman wawancara

2

PELAKSANAAN :

Keakuratan sumber informasi

Kuantitas sumber data

Analisi data

Penarikan kesimpulan

3

LAPORAN PROYEK :

Sistematika laporan

Presentasi

TOTAL SKOR

 

 

Produk

 Tehnik Penilaian Produk

 

Mata Pelajaran

Nama Produk

Alokasi Waktu

:

:

:

Guru Pembiombing

Nama

Kelas

:

:

:

 

 

No

TAHAPAN

SKOR( 1-5)

1

Tahap perencanaan Bahan

2

Tahap proses Pembuatan :

a.       Persiapan alat dan bahan

b.      Teknik pengolahan

3

Tahap Akhir

a.       Bentuk

b.      Inovasi

 

c.    Portofolio

Mata Pelajaran

Alokasi Waktu

:

:

Guru Pembimbing

Nama

Kelas

:

:

:

No

Waktu

Jenis Tugas

Kriteria

Catatan

Guru

Tindak Lanjut

 

 

Penilaian Ketrampilan

C.                  Tes Praktek  (Presentas

Mata Pelajaran            : _____________________________________________________

Nama Produk              : _____________________________________________________

Alokasi Waktu            : _____________________________________________________

Nama                           : _____________________________________________________

Kelas                           : _____________________________________________________

 

No.

Komponen

Skor (1-4)

1.

Penguasaan Materi

a.       Kemampuan konseptualisasi

b.      Kemampuan menjelaskan

c.       Kemampuan berargumentasi

2.

Penyajian

a.       Sistematika Penyajian

b.      Visualisasi

3

Komunikasi Verbal

a.       Penggunaan Verbal

b.      Intonasi dan Tempo

Total Skor

 

 

Aspek yang dinilai

Penilaian

1

2

3

4

Penguasaan Materi

Kemampuan konseptualisasi, menjelaskan dan berargumentasi sangat tidak menguasai

Kemampuan konseptualisasi, menjelaskan dan berargumentasi tidak menguasai

Penguasan materi tentang kemampuan konseptualisasi, menjelasan dan berargumentasi bagus tapi belum terarah

Penguasan materi tentang kemampuan konseptualisasi, menjelasan dan berargumentasi bagus dan sudah terarah

Penyajian

Sistematika penyajian dan visualisasi sangat tidak tersaji

Sistematika penyajian dan visualisasi sangat tersaji

Penyajian materi yang tersistematis dan visualisasi bagus tetapi belum menemukan konsep yang jelas

Penyajian materi yang tersistematis dan visualisasi bagus dan konsepnya jelas

Komunikasi Verbal

Penggunaan bahasa verbal, intonasi dan temponya sangat tidak baik

Penggunaan bahasa verbal, intonasi dan temponya tidak baik

Penggunaan bahasa verbal, intonasi dan temponya sudah baik tapi belum menggunakan ejaan yang benar

Penggunaan bahasa verbal, intonasi dan temponya sudah baik dan menggunakan ejaan yang benar

 

 

Lampiran

1.    Rekapitulasi Hasil Penilaian

a.         KI-1 Dan KI- 2

 

 

 

Jurnal Penilaian Sikap

 

Mata Pelajaran                    :

Kelas/Semester                    :

TP                                           :

No

Tanggal

Nama

Kejadian/Prilaku

Butir Sikap

+/-

Tindak lanjut

1

2

3

4

5

dst

 

 

 

Nilai Rapot Sikap

Sikap

Predikat

Diskripsi

Sikap Spiritual

Sikap Sosial

 

 

 

b.         KI-3 ( Pengetahuan)

Format Nilai Pengetahuan

 

 

No

NIS

Nama

Nilai KD 3.1

Nilai KD 3.1

Nilai KD 3.2

Nilai KD 3.2

dst

Tulis

Lsn

Tugas

Tulis

lsn

Tgs

1

2

3

4

dst

 

 

 

 

 

 

Perhitungan Nilai Rapor

Nilai Pengetahuan

 

No

NIS

Nama

Nilai KD

NR (Rerata)

3.1

3.2

3.3

3.4

dst

1

2

3

Dst

 

c.         KI-4 (Keterampilan)

 

 

Format nilai Keterampilan

No

NIS

Nama

Nilai KD 4.1

Nilai KD 4.

Nilai KD 4.2

Nilai KD 4.

dst

N1

N2

N3

N4

N1

N2

N3

N4

1

2

3

4

dst

 

Catatan:

1.        N1: nilai kinerja; N2: nilai proyek, N3: nilai produk dan N4: nilai portofolio

2.        Nilai KD dari N1, N2, N3 dan N4 tiap KD diambil yang optimum

 

Perhitungan Nilai Rapor

Nilai Pengetahuan

No

NIS

Nama

Nilai KD

NR (Rerata)

4.1

4.2

4.3

4.4

dst

1

2

3

Dst

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SMA N I Muara Tiga                                                                                         

 

 

Mukhtar, S. Pd, M. Pd

NIP. 19680623 199903 1 001

Laweung,                    2019

Guru Mata Pelajaran

 

 

Akfil Zuliandri, S. Pd

NIP.

 


0 Response to "RPP K13 Bahasa Indonesia Teks Anekdot 2 Kelas X SMA Revisi"

Posting Komentar