RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata pelajaran : Bahasa
Indonesia
Sekolah : SMA Negeri I Peukan Pidie
Kelas/ Semester : XI IPA-IPS/Genap
Materi pokok : Teks Ulasan Buku
Alokasi waktu : 4 X 45 menit (2 kali
pertemuan)
A. Kompetensi Inti
1 2 3 |
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi,
damai), santun, responsive, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual,
konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian
spesifik dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan |
B. Kompetensi Dasar (KD)
dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD) |
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
3.20 |
Menganalisis pesan dari dua buku
fiksi (novel dan buku kumpulan puisi) yang dibaca. |
3.20.1 |
Mengidentifikasi pesan dari dua buku fiksi (novel dan buku
kumpulan puisi) yang dibaca. |
4.20 |
Menyusun ulasan terhadap pesan
dari dua buku kumpulan puisi yang dikaitkan dengan situasi ke kinian. |
4.20.1 4.20.2 |
Menyusun
ulasan terhadap pesan dari dua buku fiksi yang dikaitkan dengan
kondisi sekarang. Mempresentasikan, menanggapi,
memperbaiki hasil kerja dalam diskusi kelas. |
C. Materi Pembelajaran
Melalui kegiatan
pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan
model saintifik peserta didik dapat menunjukan
pernyataan umum dalam suatu kegiatan dan menuliskan tahapan-tahapan sebagai
prosedur melakukan suatu kegiatan,
mengungkapkan pernyataan umum dan tahapan-tahapan secara lisan dan menuliskan pernyataan
umum dan tahapan-tahapan dengan rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung
jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif selama proses pembelajaran.
D. Materi Pembelajaran
v Unsur-unsur
novel atau kumpulan puisi.
v Ulasan terhadap
novel atau kumpulan puisi.
E. Pendekatan, Metode dan
Model Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model Pembelajaran :Active
Learning
3. Metode :
diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan
F. Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar
1. Media/Alat : Lembar
Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD
2. Sumber
Belajar :
Suherli, dkk.
2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun
2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Suherli,
dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun
2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Kosasih, E.
2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK.
Bandung: Yrama Widya
G. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke 1 (2x45 menit)
Tahap |
Langkah-langkah Pembelajaran |
Nilai Karakter (PPK), Literasi,
4C, HOTS |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
1. Pesertadidik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. (PPK) 2. Peserta didik merespon pertanyaan
dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya. 3. Peserta didik
menerima informasi dengan proaktif tentang
keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. 4. Peserta didik
menerima informasi tenting
hal-hal yang akan dipelajari dan dikuasai khususnya tentang pembelajaran teks ulasan buku |
Religius Rasa ingin tahu |
10 menit |
Inti |
Menelaah
Model 1.
Peserta
didik membaca 2 atau 3 teks
resensi puisi dan novel yang
bertema sama. 2.
Peserta
didik mencermati struktur teks dari 2 atau 3 teks resensi
puisi dan novelyang telah dibacanya. 3.
Peserta
didik mencermati ciri kebahasaan yang digunakan dalam teks resensi puisi dan novel. 4.
Peserta
didik mencermati isi pokok dalam 2 atau 3 teks resensi puisi dan novel 5.
Peserta
didik mengajukan pertanyaan tentang variasi struktur teks dari 2 atau 3teks resensi puisi dan novel. 6.
Peserta
didik mengajukan pertanyaan tentang ciri kebahasaan yang digunakan dalam 2
atau 3 teks resensi puisi dan novel. 7.
Peserta
didik mengajukan pertanyaan isi pokok dari 2 atau 3 teks resensi puisi dan novel. 8.
Peserta
didik mengumpulkan informasi melalui telaah model teks eksplanasi. 9.
Peserta
didik melakukan klasifikasi dan deskripsi hubungan antarkomponen yang
ditemukan berdasarkan telaah model teks 10.
Peserta
didik menyimpulkan struktur teks
resensi puisi dan novel. 11.
Peserta
didik menyimpulkan ciri kebahasaan teks resensi puisi dan novel. 12.
Peserta
didik menyimpulkan isi pokok dari 2 atau teks resensi puisi dan novel. 13.
Peserta
didik mempresentasikan hasil pengamatan tentang struktur,
ciri bahasa, dan isi pokok dari 2 atau 3 teks resensi puisi dan novel. |
Literasi Rasa ingin tahu Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical
thinking) Kreativitas (Creativity) Komunikatif (Communicative) |
70 menit |
Penutup |
1. Peserta didik menyimpulkan
materi yang telah dipelajari . 2. Peserta didik melaksanakan penilaian
pembelajaran yang diberikan pendidik. 3. Peserta didik saling
memberikan umpan
balik
/refleksi hasil pembelajaran yang telah dicapai. 4. Pendidik menutup pembelajaran
dengan ucapan salam |
Kreativitas (Creativity) HOTS |
10 menit |
Pertemuan
ke 2 (2x45 menit)
Tahap |
Langkah-langkah Pembelajaran |
Nilai Karakter (PPK), Literasi,
4C, HOTS |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
1. Pesertadidik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. (PPK) 2. Peserta didik merespon pertanyaan
dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya. 3. Peserta didik
menerima informasi dengan proaktif tentang
keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. 4. Peserta didik
menerima informasi tenting
hal-hal yang akan dipelajari dan dikuasai khususnya tentang pembelajaran teks ulasan buku |
Religius Rasa ingin tahu |
10 menit |
Inti |
Mengkonstruksi
Terbimbimbing 1.
Peserta
didik mengerjakan latihan dan tugas yang diberikan guru untuk mengembangkan
kompetensi (seperti latihan kata, kalimat, dan paragraf) yang sesuai dengan
jenis teks
resensi puisi dan novel: a. latihan kosa kata teknis, sinonim b. latihan penulisan unsur serapan c. latihan pengembangan teks resensi puisi dan novel d. latihan pengembangan kekohesian 2.
Peserta
didik berdiskusi dengan teman sebangku atau berpasangan untuk menentukan
topik dan menyusun kerangka karangan. Latihan pengembangan topik dengan peta
pikiran (mindmap) atau jaring
laba-laba (spider-web) atau
teknik lain yang dapat digunakan. Mengkontruksi
Mandiri Peserta didik menentukan topik teks resensi
puisi dan novel dengan peta pikiran (mindmap) atau jaring laba-laba (spider-web). 1.
Peserta
didik menyusun kerangka teks resensi puisi dan novel. 2.
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang sesuai dengan topik yang telah dipilih. 3.
Peserta
didik menyusun teks resensi puisi dan novel berdasarkan kerangka yang telah
disusun dengan memperhatikan struktur teks, ciri kebahasaan, dan EBI. 4.
Peserta
didik mempresentasikan teks resensi puisi dan novel yang
telah disusun. 5.
Peserta
didik menanggapi teks resensi puisi dan novel. 6.
Peserta
didik merevisi teks resensi puisi dan novel berdasarkan masukan dari
teman. 7.
Peserta
didik memasukkan lembar coretan kerja dan semua draf hingga draf final
ke bendel portofolio masing-masing. |
Literasi Rasa ingin tahu Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical thinking) Kreativitas (Creativity) Komunikatif (Communicative) |
70 menit |
Penutup |
1. Peserta didik menyimpulkan
materi yang telah dipelajari . 2. Peserta didik melaksanakan penilaian
pembelajaran yang diberikan pendidik. 3. Peserta didik saling memberikan
umpan
balik
/refleksi hasil pembelajaran yang telah dicapai. 4. Pendidik menutup pembelajaran
dengan ucapan salam |
Kreativitas (Creativity) HOTS |
10 menit |
H. Penilaian
KD dan Indikator (KD-3: Pengetahuan)
Kompetensi
Dasar |
Indikator |
3.20 Menganalisis pesan dari dua buku fiksi (novel dan
buku kumpulan puisi) yang dibaca. |
Mengidentifikasi
pesan dari dua buku fiksi (novel dan buku kumpulan puisi) yang dibaca. |
Penilain Proses |
Penilaian Hasil |
Penilaian proses aspek pengetahuan
dapat dilakukan sejak kegiatan menelaah Model dan mengonstruksiterbimbing. Catatan terhadap peserta didik
pada kegiatan tersebut dapat dijadikan penilaian sikap selama mengikuti
pembelajaran: ketekunan, kerja sama, semangat, ketelitian, kerapihan,
kebersihan, keseriusan. |
Jenis :
Tulis Bentuk : Uraian Contoh instrumen: a. Tuliskan
pesan dari dua buku novel yang Anda baca! b. Tuliskan
pesan dari dua buku kumpulan puisi yang Anda baca! |
KD dan Indikator (KD-4:
Keterampilan)
Kompetensi
Dasar |
Indikator |
4.20 Menyusun ulasan
terhadap pesan dari dua buku kumpulan puisi yang dikaitkan dengan
situasi kekinian. |
v Menyusun ulasan terhadap pesan dari dua buku
fiksi yang dikaitkan dengan kondisi sekarang. v Mempresentasikan, menanggapi, memperbaiki hasil kerja
dalam diskusi kelas. |
Penilain Proses |
Penilaian Hasil |
Penilaian proses aspek pengetahuan
dapat dilakukan sejak kegiatan Mengonstruksi Terbimbing dan Mengonstruksi
Mandiri. Catatan terhadap peserta didik
pada kegiatan tersebut dapat dijadikan penilaian sikap selama mengikuti
pembelajaran dan mengerjakan tugas (bendel portofolio): ketekunan, kerjasama,
semangat, ketelitian, kerapihan, kebersihan, keseriusan. |
Jenis : Menulis Bentuk: Uraian Contoh Instrumen Susunlah resensi
puisi berdasarkan buku kumpulalan yang Anda baca dengan memerhatikan hal di bawah ini! a. Tentukan topik teks
resensi puisi !. b. Buatlah kerangka sesuai dengan struktur teks resensi puisi! c. Kembangkan kerangka tersebut menjadi teks resensi puisi dengan memerhatikan struktur teks, ciri kebahasaan, dan EBI! |
Portofolio
Khusus
untuk kompetensi menulis, penilaian meliputi proses dan produk yang tercakup
dalam penilaian portofolio. Dokumen portofolio berisi:
(a) draf
final (produk) berbobot 40%;
(b) bukti
draf sedikitnya 3 draf berbobot 25%;
(c) bukti
catatan tentang apa yang akan ditulis dan sumber penulisan berbobot 10%; dan
(d) catatan
reflektif berbobot 25%.
Sikap
Penilaian
sikap dilakukan selama proses pembelajaran atau di luar pembelajaran dengan
melalui observasi dengan mengisi jurnal.
Contoh format dan pengisian lembar
pengamatan guru mata pelajaran
Nama Satuan pendidikan :
Tahun pelajaran :
Kelas/Semester :
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra
Indonesia
No. |
Waktu |
Nama |
Kejadian/
Perilaku |
Butir
sikap |
Positif/
Negatif |
Tindak
Lanjut |
1. |
15 Mei 2018 |
Catur |
Memainkan HP ketika
berdiskusi tentang struktur teks resensi puisi dan novel. |
disiplin |
- |
Dipanggil dan disuruh menganalisis
teks resensi puisi dan novel yang lain. |
2. |
16 Mei 2018 |
Tuti |
Mengerjakan tugas dengan serius,
tepat waktu, dan hasilnya sangat baik |
Tanggung jawab |
+ |
Diberi pujian atau apresiasi |
Pedoman Penskoran
a. Pengetahuan
Soal |
Aspek
yang Dinilai |
Skor |
1 |
Peserta didik menuliskan pesan
dari dua buku novel yang dibaca dengansangat tepat |
4 |
Peserta didik
menuliskan pesan dari dua buku novel yang dibaca dengantepat |
3 |
|
Peserta didik
menuliskan pesan dari dua buku novel yang dibaca dengankurang tepat |
2 |
|
Peserta didik
menuliskan pesan dari dua buku novel yang dibaca dengantidak tepat |
1 |
Soal |
Aspek
yang Dinilai |
Skor |
2 |
Peserta didik menuliskan pesan
dari dua buku kumpulan puisi yang dibacadengan sangat tepat |
4 |
Peserta didik
menuliskan pesan dari dua buku kumpulan puisi yang dibacadengan tepat |
3 |
|
Peserta didik
menuliskan pesan dari dua buku kumpulan puisi yang dibacadengan kurang tepat |
2 |
|
Peserta
didik pesan dari dua buku kumpulan puisi yang dibaca dengantidak tepat |
1 |
Keterangan
Nilai
= Perolehan skor
Jumlah
soal
Contoh
Nilai = 10 x 100 =
83,33
12
b. Keterampilan
Bait |
Aspek
yang Dinilai |
Skor |
1 |
Peserta didik menentukan topik teks resensi buku kumpulan puisi sangat sesuai isi teks |
4 |
Peserta didik menentukan topik teks resensi buku kumpulan puisi sesuai isi teks |
3 |
|
Peserta didik menentukan topik teks resensi buku kumpulan puisi kurang sesuai isi teks |
2 |
|
Peserta didik menentukan topik teks resensi buku kumpulan puisi tidak sesuai isi teks |
1 |
|
2 |
Peserta didik menyusun kerangka teks resensi buku kumpulan puisi sangat lengkap dan sangat sesuai dengan topik |
4 |
Peserta didik menyusun kerangka teks resensi buku kumpulan puisilengkap dan sesuai dengan topik |
3 |
|
Peserta didik menyusun kerangka teks resensi buku kumpulan puisikurang lengkap dan kurang dengan topik |
2 |
|
Peserta didik menyusun kerangka teks resensi buku kumpulan puisi tidak lengkap dan tidak sesuai isi teks |
1 |
|
3 |
Peserta didik
menulis teks eksplanasi sangat sesuai dengan
kerangka, struktur, ciri kebahasaan, dan EBI |
4 |
Peserta didik
menulis teks resensi
buku kumpulan puisi sesuai dengan
kerangka, struktur, ciri kebahasaan, dan EBI |
3 |
|
Peserta didik
menulis teks resensi
buku kumpulan puisi kurang sesuaidengan kerangka, struktur,
ciri kebahasaan, dan EBI |
2 |
|
Peserta didik
menulis teks resensi
buku kumpulan puisi tidak sesuaidengan
kerangka, struktur, ciri kebahasaan, dan EBI |
1 |
Nilai = Perolehan skor
Jumlah kreteria/soal
Contoh:
Nilai = 11 x 100 = 91,66
12
Mengetahui, Kepala SMA Negeri I
Peukan Pidie Mukhtar, S. Pd NIP. 19611005 1998 01 1 001 |
Peukan Pidie, 20.. Guru Mata Pelajaran Aan Zuliana, S. Pd NIP.
19850122 200604 2 002 |
0 Response to "RPP K13 Bahasa Indonesia Teks Ulasan Buku Kelas XI SMA Revisi"
Posting Komentar