RPP K13 Bahasa Indonesia Teks Ulasan Buku Kelas XI SMA Revisi

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Mata pelajaran    : Bahasa Indonesia

Sekolah                 : SMA Negeri I Peukan Pidie

Kelas/ Semester   : XI IPA-IPS/Genap

Materi pokok       : Teks Ulasan Buku

Alokasi waktu      :  4 X 45 menit (2 kali pertemuan)

 

 

A. Kompetensi Inti

 

1

2

 

 

 

3

 

 4

Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi, damai), santun, responsive, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian spesifik dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

 

B.  Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

Kompetensi Dasar (KD)

 Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

3.20

Menganalisis pesan dari dua buku fiksi (novel dan buku kumpulan puisi) yang dibaca.

3.20.1

Mengidentifikasi pesan dari dua buku fiksi (novel dan buku kumpulan puisi) yang dibaca.

4.20

Menyusun ulasan terhadap pesan dari dua buku kumpulan puisi yang dikaitkan dengan situasi ke kinian.

4.20.1

 

4.20.2

 

Menyusun ulasan  terhadap pesan dari dua buku fiksi yang dikaitkan dengan kondisi sekarang.

Mempresentasikan, menanggapi, memperbaiki hasil kerja dalam diskusi kelas.

 

   C.    Materi Pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model saintifik peserta didik dapat menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan dan menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatan, mengungkapkan pernyataan umum dan tahapan-tahapan secara lisan dan menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan dengan rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif selama proses pembelajaran.

 

D.    Materi Pembelajaran

 

v  Unsur-unsur novel atau kumpulan puisi.

v  Ulasan terhadap novel atau kumpulan puisi.

 

E.     Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran

1.      Pendekatan                : Saintifik

2.      Model Pembelajaran :Active Learning

3.      Metode                      : diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan

 

F.    Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar

 

1.      Media/Alat    : Lembar Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD

2.      Sumber Belajar :

 

Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya

 

G.     Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan ke 1 (2x45 menit)

Tahap

Langkah-langkah Pembelajaran

Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS

Alokasi Waktu

Pendahuluan

1.       Pesertadidik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. (PPK)

2.       Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan  pembelajaran sebelumnya.

3.       Peserta didik menerima informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.

4.       Peserta didik menerima informasi tenting hal-hal     yang akan dipelajari dan dikuasai khususnya tentang pembelajaran teks ulasan buku

Religius

 

 

 

Rasa ingin tahu

10 menit

Inti

Menelaah Model

1.       Peserta didik membaca 2 atau 3 teks resensi puisi dan novel yang bertema sama.

 

2.       Peserta didik mencermati struktur teks dari 2 atau 3 teks resensi puisi dan novelyang telah dibacanya.

 

3.       Peserta didik mencermati ciri kebahasaan yang digunakan dalam teks resensi puisi dan novel.

 

4.       Peserta didik mencermati isi pokok dalam 2 atau teks resensi puisi dan novel

 

5.       Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang variasi struktur teks dari 2 atau 3teks resensi puisi dan novel.

 

6.       Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang ciri kebahasaan yang digunakan dalam 2 atau 3 teks resensi puisi dan novel.

 

7.       Peserta didik mengajukan pertanyaan isi pokok dari 2 atau 3 teks resensi puisi dan novel.

 

8.       Peserta didik mengumpulkan informasi melalui telaah model teks eksplanasi.

 

9.       Peserta didik melakukan klasifikasi dan deskripsi hubungan antarkomponen yang ditemukan berdasarkan telaah model teks

 

10.    Peserta didik menyimpulkan struktur teks resensi puisi dan novel.

  

11.    Peserta didik menyimpulkan ciri kebahasaan teks resensi puisi dan novel.

 

12.    Peserta didik menyimpulkan isi pokok dari 2 atau teks resensi puisi dan novel.

 

13.    Peserta didik mempresentasikan hasil pengamatan tentang struktur, ciri   bahasa, dan isi pokok dari 2 atau 3 teks resensi puisi dan novel.

 

Literasi

 

 

 

 

 

Rasa ingin tahu

 

 

 

 

 

Kerja sama (Collaborative)

 

 

 

 

 

 

 

Berpikir kritis (Critical thinking)

 

Kreativitas (Creativity)

 

 

 

Komunikatif (Communicative)

70 menit

Penutup

 1. Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari

.

 2. Peserta didik melaksanakan penilaian pembelajaran yang diberikan pendidik.

 

 3. Peserta didik saling memberikan umpan balik /refleksi hasil pembelajaran yang telah dicapai.

 

 4. Pendidik menutup pembelajaran dengan ucapan salam

 

Kreativitas (Creativity)

 

 

 

 

HOTS

10 menit

 

 

Pertemuan ke 2 (2x45 menit)

Tahap

Langkah-langkah Pembelajaran

Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS

Alokasi Waktu

Pendahuluan

1.       Pesertadidik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. (PPK)

2.       Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan  pembelajaran sebelumnya.

3.       Peserta didik menerima informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.

4.       Peserta didik menerima informasi tenting hal-hal     yang akan dipelajari dan dikuasai khususnya tentang pembelajaran teks ulasan buku

Religius

 

 

 

Rasa ingin tahu

10 menit

Inti

Mengkonstruksi Terbimbimbing

1.       Peserta didik mengerjakan latihan dan tugas yang diberikan guru untuk mengembangkan kompetensi (seperti latihan kata, kalimat, dan paragraf) yang sesuai dengan jenis teks resensi puisi dan novel:

 

a. latihan kosa kata teknis, sinonim

b. latihan penulisan unsur serapan

c. latihan pengembangan teks resensi puisi dan novel

d. latihan pengembangan kekohesian

 

2.       Peserta didik berdiskusi dengan teman sebangku atau berpasangan untuk menentukan topik dan menyusun kerangka karangan. Latihan pengembangan topik dengan peta pikiran (mindmap) atau jaring laba-laba (spider-web) atau teknik lain yang dapat digunakan.

 

 

 

Mengkontruksi Mandiri

 

Peserta didik menentukan topik teks resensi puisi dan novel dengan peta pikiran (mindmap) atau jaring laba-laba (spider-web).

1.       Peserta didik menyusun kerangka teks resensi puisi dan novel.

 

2.       Peserta didik mengumpulkan informasi yang sesuai dengan topik yang telah dipilih.

 

3.       Peserta didik menyusun teks resensi puisi dan novel berdasarkan kerangka yang telah disusun dengan memperhatikan struktur teks, ciri kebahasaan, dan EBI.

 

4.       Peserta didik mempresentasikan teks resensi puisi dan novel yang telah disusun.

5.       Peserta didik menanggapi teks resensi puisi dan novel.

 

6.       Peserta didik merevisi teks resensi puisi dan novel berdasarkan masukan dari teman.

 

7.       Peserta didik memasukkan lembar coretan kerja dan semua draf hingga draf final ke  bendel portofolio masing-masing.

 

Literasi

 

 

 

 

 

Rasa ingin tahu

 

 

 

 

 

Kerja sama (Collaborative)

 

 

 

 

 

 

 

Berpikir kritis (Critical thinking)

 

Kreativitas (Creativity)

 

 

 

Komunikatif (Communicative)

70 menit

Penutup

 1. Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari

.

 2. Peserta didik melaksanakan penilaian pembelajaran yang diberikan pendidik.

 

 3. Peserta didik saling memberikan umpan balik /refleksi hasil pembelajaran yang telah dicapai.

 

 4. Pendidik menutup pembelajaran dengan ucapan salam

 

Kreativitas (Creativity)

 

 

 

 

HOTS

10 menit

 

H.   Penilaian 

KD dan Indikator (KD-3: Pengetahuan)

Kompetensi Dasar

Indikator

3.20  Menganalisis pesan dari dua buku fiksi (novel dan buku kumpulan puisi) yang dibaca.

     Mengidentifikasi pesan dari dua buku fiksi (novel dan buku kumpulan puisi) yang dibaca.



Penilain Proses

Penilaian Hasil

Penilaian proses aspek pengetahuan dapat dilakukan sejak kegiatan menelaah Model dan mengonstruksiterbimbing.

 

Catatan terhadap peserta didik pada kegiatan tersebut dapat dijadikan penilaian sikap selama mengikuti pembelajaran: ketekunan, kerja sama, semangat, ketelitian, kerapihan, kebersihan, keseriusan.

Jenis    : Tulis

Bentuk : Uraian

 

Contoh instrumen:

a. Tuliskan pesan  dari dua buku novel yang Anda

    baca!

b. Tuliskan pesan  dari dua buku kumpulan puisi yang

    Anda  baca!

 

 

KD dan Indikator (KD-4: Keterampilan)

Kompetensi Dasar

Indikator

4.20    Menyusun ulasan terhadap pesan dari dua buku kumpulan puisi yang dikaitkan dengan situasi kekinian.

v  Menyusun ulasan  terhadap pesan dari dua buku fiksi yang dikaitkan dengan kondisi sekarang.

v  Mempresentasikan, menanggapi, memperbaiki hasil kerja dalam diskusi kelas.

 

 

Penilain Proses

Penilaian Hasil

Penilaian proses aspek pengetahuan dapat dilakukan sejak kegiatan Mengonstruksi Terbimbing dan Mengonstruksi Mandiri.

 

Catatan terhadap peserta didik pada kegiatan tersebut dapat dijadikan penilaian sikap selama mengikuti pembelajaran dan mengerjakan tugas (bendel portofolio): ketekunan, kerjasama, semangat, ketelitian, kerapihan, kebersihan, keseriusan.

Jenis   :  Menulis

Bentuk:  Uraian

 

Contoh Instrumen

Susunlah resensi puisi  berdasarkan buku kumpulalan yang Anda baca dengan memerhatikan hal di bawah ini!

a.  Tentukan topik teks resensi puisi !.

b.  Buatlah kerangka sesuai dengan struktur teks resensi

     puisi!

c.  Kembangkan kerangka tersebut menjadi teks resensi

     puisi dengan memerhatikan struktur teks, ciri

     kebahasaan, dan EBI!

 

 

Portofolio

 

Khusus untuk kompetensi menulis, penilaian meliputi proses dan produk yang tercakup dalam penilaian portofolio. Dokumen portofolio berisi:

(a)   draf final (produk) berbobot 40%;

(b)   bukti draf sedikitnya 3 draf berbobot 25%;

(c)   bukti catatan tentang apa yang akan ditulis dan sumber penulisan berbobot 10%; dan

(d)   catatan reflektif berbobot 25%. 



Sikap

       Penilaian sikap dilakukan selama proses pembelajaran atau di luar pembelajaran dengan melalui observasi dengan mengisi jurnal.

 

Contoh format dan pengisian lembar pengamatan guru mata pelajaran

Nama Satuan pendidikan :

Tahun pelajaran                  :

Kelas/Semester                    :

Mata Pelajaran                    : Bahasa dan Sastra Indonesia

No.

Waktu

Nama

Kejadian/ Perilaku

Butir sikap

Positif/ Negatif

Tindak Lanjut

1.

15 Mei 2018

Catur

Memainkan HP ketika berdiskusi tentang struktur teks resensi puisi dan novel.

disiplin

-

Dipanggil dan disuruh menganalisis teks resensi puisi dan novel  yang lain.

2.

16 Mei

2018

Tuti

Mengerjakan tugas dengan serius, tepat waktu, dan hasilnya sangat baik

Tanggung jawab

+

Diberi pujian atau apresiasi

 

Pedoman Penskoran

           a.  Pengetahuan

Soal

Aspek yang Dinilai

Skor

1

Peserta didik menuliskan pesan dari dua buku novel yang dibaca dengansangat tepat

4

Peserta didik menuliskan pesan dari dua buku novel yang dibaca dengantepat

3

Peserta didik menuliskan pesan dari dua buku novel yang dibaca dengankurang tepat

2

Peserta didik menuliskan pesan dari dua buku novel yang dibaca dengantidak tepat

1

 

 

 

Soal

Aspek yang Dinilai

Skor

2

Peserta didik menuliskan pesan dari dua buku kumpulan puisi yang dibacadengan sangat tepat

4

Peserta didik menuliskan pesan dari dua buku kumpulan puisi yang dibacadengan tepat

3

Peserta didik menuliskan pesan dari dua buku kumpulan puisi yang dibacadengan kurang tepat

2

Peserta didik pesan dari dua buku kumpulan puisi yang dibaca dengantidak tepat

1

 

         Keterangan

         Nilai = Perolehan skor     

 

                    Jumlah soal

 

     Contoh
     Nilai =  10  x 100 = 83,33

 

                   12

 

 

b. Keterampilan

Bait

Aspek yang Dinilai

Skor

1

Peserta didik menentukan topik teks resensi buku kumpulan puisi sangat sesuai isi teks

4

Peserta didik menentukan topik teks resensi buku kumpulan puisi sesuai isi teks

3

Peserta didik menentukan topik teks resensi buku kumpulan puisi kurang sesuai isi teks

2

Peserta didik menentukan topik teks resensi buku kumpulan puisi tidak sesuai isi teks

1

2

Peserta didik menyusun kerangka teks resensi buku kumpulan puisi sangat lengkap dan sangat sesuai dengan topik

4

Peserta didik menyusun kerangka teks resensi buku kumpulan puisilengkap dan sesuai dengan topik

3

Peserta didik menyusun kerangka teks resensi buku kumpulan puisikurang lengkap dan kurang dengan topik

2

Peserta didik menyusun kerangka teks resensi buku kumpulan puisi tidak lengkap dan tidak sesuai isi teks

1

3

Peserta didik menulis teks eksplanasi sangat sesuai dengan kerangka, struktur, ciri kebahasaan, dan EBI

4

Peserta didik menulis teks resensi buku kumpulan puisi sesuai dengan kerangka,  struktur, ciri kebahasaan, dan EBI

3

Peserta didik menulis teks resensi buku kumpulan puisi kurang  sesuaidengan kerangka,  struktur, ciri kebahasaan, dan EBI

2

Peserta didik menulis teks resensi buku kumpulan puisi tidak sesuaidengan kerangka,  struktur, ciri kebahasaan, dan EBI

1

  

Nilai = Perolehan skor                     

          Jumlah kreteria/soal

Contoh:

          Nilai  =  11   x 100  = 91,66

                       12



 

Mengetahui,

Kepala SMA Negeri I Peukan Pidie                                                                                              

 

 

Mukhtar, S. Pd

NIP. 19611005  1998 01 1 001

Peukan Pidie,                    20..

Guru Mata Pelajaran

 

  

Aan Zuliana, S.  Pd

NIP. 19850122  200604  2 002

 

0 Response to "RPP K13 Bahasa Indonesia Teks Ulasan Buku Kelas XI SMA Revisi"

Posting Komentar