RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata pelajaran : Bahasa
Indonesia
Sekolah : SMA Negeri I Peukan Pidie
Kelas/ Semester : XI IPA-IPS/Ganjil
Materi pokok : Teks Cerita Pendek
Alokasi waktu : 6 X 45 menit (3
kali pertemuan)
A. Kompetensi Inti
1 2 3 |
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi,
damai), santun, responsive, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual,
konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian
spesifik dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan |
B. Kompetensi Dasar (KD)
dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD) |
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
3.8 |
Mengidentifikasi nilai-nilai
kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek yang dibaca |
3.8.1 3.8.2 |
Memahami informasi tentang
nilai-nilai kehidupan dalam teks cerita pendek Menemukan nilai-nilai kehidupan
dalam cerita pendek |
4.8 |
Mendemonstrasikan
salah satu nilai kehidupan yang dipelajari dalam cerita pendek |
4.8.1 4.8.2 |
Menentukan nilai kehidupan dalam
teks cerita pendek Mendemonstrasikan nilai kehidupan dalam teks kehidupan |
C. Tujuan
pembelajaran
Melalui kegiatan
pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan
model saintifik peserta didik dapat memahami informasi tentang nilai-nilai kehidupan dalam teks
cerita pendek, menemukan nilai-nilai kehidupan dalam
cerita pendek,menentukan nilai kehidupan dalam teks cerita pendek, dan
mendemonstrasikan nilai kehidupan dalam teks kehidupan
D. Materi
Pengertian Cerpen
Cerita pendek
(cerpen) adalah cerita fiksi yang menurut
wujud fisiknya berbentuk pendek.
E. Pendekatan, Metode dan
Model Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model Pembelajaran : Active Learning
3. Metode :
diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan
G. Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar
1. Media/Alat : Lembar
Kerja, Papan
Tulis/White Board, LCD
2. Sumber
Belajar :
a. Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa
Indonesia Kelas XI Revisi Tahun
2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
b. Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia
Kelas XI Revisi Tahun
2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
c. Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam
Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
F. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 ×45
menit)
Tahap |
Langkah-langkah Pembelajaran |
Nilai Karakter (PPK), Literasi,
4C, HOTS |
Alokasi
Waktu |
Pendahuluan |
1. Peserta
didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. 2. Peserta
didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran
sebelumnya (tanya jawab). 3. Peserta
didik menyimak kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari 4. Peserta
didik mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang
keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan. 5. Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang
akandipelajari, metode dan media, langkah pembelajaran danpenilaian pembelajaran |
Religius Rasa ingin tahu |
10 menit |
Inti |
Mengamati 1. Peserta didik mendengarkan pembacaan cerpen “Robohnya
Surau Kami” karya A.A. Navis. Menanya 1. Peserta didik bertanya jawab nilai-nilai dalam cerpen 2. Peserta didik memberi komentar nilai-nilai dalam cerpen Menalar 1. Peserta
didik duduk secara berkelompok (heterogen, 3-4 orang). 2. Peserta
didik secara berdiskusi mengidentifikasi nilai-nilai dalam cerpen yang dibaca
dan dihubungkan dengan kehidupan. Mencoba 1. Peserta didik mencoba menentukan dan menganalisis
nilai-nilai dalam cerpen 2. Peserta didik mencoba menuliskan nilai-nilai dalam cerpen Mengomunikasikan/menyajikan 1. Peserta
didik secara berkelompok mempresentasikan hasil kerjanya. 2. Peserta didik yang lain memberikan komentardan masukan atas penampilan temannya. |
Literasi Rasa ingin tahu Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical
thinking) Kreativitas (Creativity) Komunikatif (Communicative) |
70 menit |
Penutup |
Kegiatan guru
bersama peserta didik 1. Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran. 2. Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan. 3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran; dan Kegiatan guru 1. Melakukan penilaian. 2. Memberikan
tugas kepada peserta didik untuk banyak membaca teks cerpen lainnya. 3. Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya. 4. Menutup kegiatan belajar mengajar. |
Kreativitas (Creativity) HOTS |
10 menit |
Pertemuan 2 (2 ×45
menit)
Tahap |
Langkah-langkah Pembelajaran |
Nilai Karakter (PPK), Literasi,
4C, HOTS |
Alokasi
Waktu |
Pendahuluan |
1. Peserta
didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. 2. Peserta
didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran
sebelumnya (tanya jawab). 3. Peserta
didik menyimak kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari 4. Peserta
didik mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang
keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan. 5. Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang
akandipelajari, metode dan media, langkah pembelajaran danpenilaian pembelajaran |
Religius Rasa ingin tahu |
10 menit |
Inti |
Mengamati 1. Peserta
didik mengamati teks cerpen yang di bawa Menanya 1. Peserta didik bertanya jawab tentang nilai-nilai cerpen
yang dibawa dengan teman sebangku 2. Peserta didik memberikan komentar tentang nilai-nilai
cerpen yang dibawa dengan teman sebangku Menalar 1. Peserta
didik berdiskusi dalam kelompok untuk menganalisis nilai-nilai yang
terkandung dalam cerpen yang dibawa. Mencoba 1. Peserta
didik mencoba menuliskan nilai-nilai yang terdapat dalam cerpen yang dibawa.. Mengomunikasikan/menyajikan 1. Peserta
didik mempresentasikan hasil karyanya 2. Peserta
didik yang lain mengomentari dan memberi masukan. |
Literasi Rasa ingin tahu Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical
thinking) Kreativitas (Creativity) Komunikatif (Communicative) |
70 menit |
Penutup |
Kegiatan guru
bersama peserta didik 1. Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran. 2. Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan. 3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran; dan Kegiatan guru 1. Melakukan penilaian. 2. Memberikan
tugas kepada peserta didik untukMenyampaikan
rencana pembelajaran yang
akan dilakukan selanjutnya. 3. Menutup kegiatan belajar mengajar. |
Kreativitas (Creativity) HOTS |
10 menit |
H. Penilaian
1. Teknik
Penilaian:
a. Penilaian
Sikap :Observasi/pengamatan
b. Penilaian
Pengetahuan : Tes Tertulis
c. Penilaian
Keterampilan : Unjuk Kerja/ Praktik/ Portofolio
2. Bentuk
Penilaian:
a. Observasi :lembar pengamatan aktivitas peserta didik
b. Tes tertulis :uraian
dan lembar kerja
c. Unjuk
kerja :lembar
penilaian presentasi
d. Portofolio :pedoman
penilaian portofolio
3. Remedial
a. Pembelajaran
remedial dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b. Tahapan
pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal),
atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
c. Tes
remedial, dilakukan sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali tes remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam
bentuk tugas tanpa tes tertulis kembali.
4. Pengayaan
Bagi Peserta
didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan
sebagai berikut:
a. Siswa yang mencapai nilai diberikan materi masih dalam cakupan KD
dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
b. Siswa yang mencapai nilai diberikan materi melebihi cakupan KD
dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
LAMPIRAN: MATERI CERITA PENDEK
Pengertian Cerpen
Cerita pendek (cerpen) adalah cerita yang menurut wujud
fisiknya berbentuk pendek. Ukuran panjang pendeknya suatu cerita memang
relatif. Namun, pada umumnya cerpen merupakan cerita yang habis dibaca sekitar
sepuluh menit atau setengah jam. Jumlah katanya sekitar 500-5000 kata. Oleh
karena itu, cerpen sering diungkapkan dengan cerita yang dapat dibaca dalam
sekali duduk. Cerita pendek juga umumnya bertema sederhana. Jumlah tokohnya
terbatas. Jalan ceritanya sederhana dan latarnya meliputi ruang lingkup yang terbatas.
Fungsi Cerita Pendek
Cerita pendek termasuk
ke dalam genre cerita atau naratif fiksional, seperti halnya anekdot.
Keberadaannya lebih pada kepentingan memberi kesenangan untuk para pembacanya.
Meski demikian, cerita pendek juga tidak terlepas dari kehadiran nilai-nilai
tertentu di balik kisah yang mungkin mengharukan, meninabobokan, mencemaskan,
dan yang lainnya itu. Sebuah cerpen sering kali mengandung hikmah atau nilai
yang bisa kita petik di balik perilaku tokoh ataupun di antara kejadian-kejadiannya.
Hal ini karena cerpen tidak lepas dari nilai-nilai agama, budaya, sosial,
ataupun moral.
1) Nilai-nilai agama berkaitan dengan
perilaku benar atau salah dalam menjalankan aturan-aturan Tuhan.
2) Nilai-nilai budaya berkaitan dengan
pemikiran , kebiasaan, dan hasil karya cipta manusia.
3) Nilai-nilai sosial berkaitan dengan
tata laku hubungan antara sesame manusia (kemasyarakatan).
4) Nilai-nilai moral berkaitan dengan
perbuatan baik dan buruk yang menjadi dasar kehidupan manusia dan
masyarakatnya.
Memaknai atau menggali nilai-nilai tersebut kadang-kadang
tidak mudah. Kita perlu meresapi bagian demi bagian ceritanya secara lebih
intensif, tidak sekadar menikmatinya sebagai sarana penghibur diri.
Fungsi cerita pendek, yaitu : (1) menulis cerpen akan
membantu menemukan siapa diri kita; (2) menulis cerpen akan membantu
menumbuhkan rasa percaya diri; (3) dapat mengenal pendapat diri sendiri yang
ada dalam tulisan; (4) menjadi seorang yang selalu maju; (5) menulis cerpen
akan membantu meningkatkan kreativitas dan ilmu pengetahuan; (2) dapat berbagi
pengalaman dengan orang lain, dan; (7) membantu menyalurkan emosi.
INTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Nama Satuan pendidikan :
Tahun
pelajaran :
2018/2019
Kelas/Semester :
XI / 1
Mata
Pelajaran :
Bahasa Indonesia
NO |
WAKTU |
NAMA |
KEJADIAN/ PERILAKU |
BUTIR SIKAP |
POS/ NEG |
TINDAK
LANJUT |
1 |
||||||
2 |
||||||
3 |
||||||
4 |
||||||
5 |
||||||
2 |
||||||
7 |
||||||
8 |
||||||
9 |
||||||
10 |
||||||
11 |
INSTRUMEN PENUGASAN 1
Satuan
Pendidikan |
: |
||
Mata
Pelajaran |
: |
Bahasa
Indonesia |
|
Kelas |
: |
XI |
|
Kompetensi
dasar |
: |
3.8 |
Mengidentifikasi
nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek yang
dibaca |
Indikator |
: |
3.8.1 |
Memahami informasi tentang
nilai-nilai kehidupan dalam teks cerita pendek |
3.8.2 |
Menemukan nilai-nilai kehidupan dalam cerita pendek |
||
Materi |
: |
Cerita pendek |
Contoh Tugas:
1. Lakukanlah
hal-hal berikut ini sesuai dengan instruksinya!
a. Bacalah
kembali cerpen “Robohnya Surau Kami”!
b. Secara
berkelompok, tunjukkanlah nilai-nilai kehidupan yang terdapat dalam cerpen itu!
c. Mungkinkah
nilai-nilai tersebu kamu aktualisasikan pula dalam kehidupan sehari-hari?
d.
Laporan Diskusi Judul Cerpen : Pengarang : Sinopsis :………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….......Nilai-nilai ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………. Kemungkinan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………. |
Laporkanlah
hasil diskusi kelompokmu itu dalam format berikut!
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
2. Amatilah
nilai-nilai yang berlaku di dalam kehidupan masyarakatmu!
a. Nilai-nilai
apa saja yang berkembang di dalamnya? Sajikanlah sebuah cerita yang menjelaskan
aplikasi salah-satu dari nilai-nilai itu!
b. Adakah
nilai yang kamu anggap bertentangan dengan nurani? Jelaskanlah!
INSTRUMEN PENUGASAN 2
Satuan
Pendidikan |
: |
||
Mata
Pelajaran |
: |
Bahasa
Indonesia |
|
Kelas |
: |
XI |
|
Kompetensi
dasar |
: |
4.8 |
Mendemonstrasikan
salah satu nilai kehidupan yang dipelajari dalam cerita pendek. |
Indikator |
: |
4.8.1 |
Menentukan nilai kehidupan dalam
teks cerita pendek |
4.8.2 |
Mendemonstrasikan nilai kehidupan dalam teks kehidupan |
||
Materi |
: |
Cerita pendek |
Contoh Tugas:
Kerjakan
latihan berikut sesuai dengan instruksinya!
a. Berdiskusilah
dan berkelompok setelah membaca sebuah cerpen.
b. Temukannlah
nilai-nilai kehidupan yang dianggap penting bagimu, baik sebagai seorang anak,
pelajar, ataupun warga masyarakat.
c. Sajikanlah
hasil diskusi kelompokmu itu di dalam format berikut, kemudian presentasikanlah
secara bergiliran di depan kelompok lainnya untuk mereka tanggapi.
Judul
cerpen :…………………………………………
Pengarang:………………………………………………
Sumber:………………………………………………….
Kebermaknaan:………………………………………….
RUBRIK PENILAIAN
PENUGASAN
Nama Peserta didik/kelompok :
…………………………………………………
Kelas :
…………………………………………………
Tanggal
Pengumpulan :
...............................................................
No |
Kategori |
Skor |
Alasan |
1. |
1. Apakah nilai-nilai cerita pendek yang ditulis lengkap ? |
||
2. |
Apakah bahasa yang digunakan untuk menginterpretasikan
lugas, sederhana, runtut dan sesuaidengan kaidah EYD? |
||
Jumlah |
Kriteria:
5 = sangat baik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang, dan 1 = sangat kurang
INSTRUMEN TES TERTULIS
Satuan
Pendidikan |
: |
||
Mata
Pelajaran |
: |
Bahasa
Indonesia |
|
Kelas |
: |
XI |
|
Kompetensi
dasar |
: |
3.8 |
Mengidentifikasi
nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek yang
dibaca |
Indikator |
: |
3.8.1 |
Memahami informasi tentang
nilai-nilai kehidupan dalam teks cerita pendek |
3.8.2 |
Menemukan nilai-nilai kehidupan dalam cerita pendek |
||
Materi |
: |
Cerita pendek |
Tes Tertulis
Disediakan cerita pendek
1. Identifikasilah nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam cerita pendek!
2. Kemukakan hasil identifikasimu!
RUBRIK PENILAIAN
Soal |
Aspek yang
Dinilai |
Skor |
1 |
Peserta
didik nilai-nilai kehidupan yang
terkandung dalam cerita pendek dengan sangat baik |
4 |
a. Peserta
didik nilai-nilai kehidupan yang
terkandung dalam cerita pendek dengan baik |
3 |
|
b. Peserta
didik nilai-nilai kehidupan yang
terkandung dalam cerita pendek kurang baik |
2 |
|
c. Peserta
didik nilai-nilai kehidupan yang terkandung
dalam cerita pendek tidak baik |
1 |
|
Soal |
Aspek yang Dinilai |
Skor |
2 |
Peserta didik mengemukakan komentar dengan sangat tepat |
4 |
d. Peserta didik mengemukakan komentar dengan tepat |
3 |
|
e. Peserta didik mengemukakan komentar dengan kurang tepat |
2 |
|
f. Peserta didik mengemukakan komentar dengan tidak tepat |
1 |
INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN
Satuan
Pendidikan |
: |
||
Mata
Pelajaran |
: |
Bahasa
Indonesia |
|
Kelas |
: |
XI |
|
Kompetensi
dasar |
: |
4.8 |
Mendemonstrasikan
salah satu nilai kehidupan yang dipelajari dalam cerita pendek. |
Indikator |
: |
4.8.1 |
Menentukan nilai kehidupan dalam
teks cerita pendek |
4.8.2 |
Mendemonstrasikan nilai kehidupan dalam teks kehidupan |
||
Materi |
: |
Cerita pendek |
1. Lembar Soal Keterampilan
Mari berlatih menyusun cerita
pendek! Langkah-langkah penyusunan cerita pendek sebagai berikut.
a. Menginventarisasi
macam-macam kegiatan yang pernah atau dapat dilakukan.
b. Menentukan
tema kegiatan
c. Membuat
kerangka dalam bentuk topik-topik kegiatan secara garis besar.
d. Mensistematisasikan
kerangka dengan benar dan mudah dipahami pembaca.
e. Mengumpulkan
bahan-bahan.
f. Mengembangkan
kerangka menjadi sebuah petunjuk yang jelas dan lengkap.
Buatlah sebuah cerita pendek dengan baik
dan benar!
Rubrik Penilaian
Aspek yang
Dinilai |
Skor |
Peserta
didik membuat cerita pendek dengan sangat baik |
4 |
g. Peserta
didik membuat cerita pendek dengan baik |
3 |
h. Peserta
didik membuat cerita pendek kurang baik |
2 |
i. Peserta
didik membuat cerita pendek tidak baik |
1 |
INSTRUMEN PENILAIAN PORTO FOLIO
Satuan
Pendidikan |
: |
|
||
Mata
Pelajaran |
: |
Bahasa
Indonesia |
|
|
Kelas |
: |
XI |
|
|
Materi |
: |
Menganalisis
Cerita pendek |
|
|
Kompetensi
dasar |
: |
3.8 |
Mengidentifikasi
nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek yang
dibaca |
|
4.8 |
Mendemonstrasikan
salah satu nilai kehidupan yang dipelajari dalam cerita pendek. |
|||
Indikator |
: |
3.8.1 |
Memahami informasi tentang
nilai-nilai kehidupan dalam teks cerita pendek |
|
3.8.2 |
Menemukan nilai-nilai kehidupan dalam cerita pendek |
|||
4.8.1 |
Menentukan nilai kehidupan dalam teks cerita pendek. |
|||
4.8.2 |
Mendemonstrasikan nilai kehidupan dalam teks kehidupan |
Tugas I
1. Simpan setiap
tugas yang diberikan ke dalam map individu peserta didik
(warna map sesuai dengan kelas masing-masing/tiap kelas beda warna map
2. Buat rangkuman
dari setiap tugas yang telah diberikan dan rangkuman dibuat pada kertas folio
bergaris.
3. Batas waktu
pengumpulan tugas adalah di pertemuan terakhir
PEDOMAN PENSKORAN:
KRITERIA YANG DINILAI |
SKOR MAKSIMAL |
Peserta
didik menyimpan semua tugas yang telah dikerjakan dengan lengkap, dan
tugas dikerjakan dengan benar, serta dikumpulkan tepat waktu |
4 |
Peserta didik
menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, dan sebagian besar benar tapi
kurang lengkap, serta dikumpulkan tepat waktu |
3 |
Peserta didik
menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun sebagian besar salah,
kurang lengkap, dan tidak dikumpulkan tepat waktu |
2 |
Peserta didik
menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun tugas yang dikerjakan
salah, dan kurang lengkap, serta tidak dikumpulkan tepat waktu |
1 |
Peserta
didik tidak menyimpan satu pun tugas-tugas yang diberikan karena tidak
pernah mengumpulkan tugas |
0 |
LEMBAR
PENILAIAN PORTOFOLIO
Jenis
Tugas :
Kelas : XI
Semester/ Tahun Pelajaran :
No |
Nama Peserta didik |
Tugas KD |
Nilai |
Tanda Tangan |
Ket. (Tgl Pengumpulan) |
|
Peserta Didik |
Guru |
|||||
KARTU SOAL HOTS
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI / 1 (satu)
Kurikulum : 2013
Kompetensi
Dasar |
: |
3.8
Mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita
pendek yang dibaca. 4.8
Mendemonstrasikan salah satu nilai kehidupan yang dipelajari dalam cerita
pendek |
Materi |
: |
Cerita pendek |
Indikator
Soal Nomor 1 |
: |
Disajikan cerita pendek, peserta didik dapat memahami informasi tentang nilai-nilai kehidupan dalam
teks cerita pendek dengan benar |
Indikator
Soal Nomor 2 |
: |
Disajikan cerita pendek, peserta didik dapat menemukan nilai-nilai kehidupan dalam cerita pendek dengan
benar |
Indikator
Soal Nomor 3 |
: |
Disajikan cerita pendek peserta didik dapat menyusun
rancangan garis besar suatu cerita pendek dengan
benar |
Indikator
Soal Nomor 4 |
: |
Disajikan cerita pendek peserta didik dapat
mendemonstrasikan nilai kehidupan dalam teks kehidupan dengan baik |
Mengetahui, Kepala
SMA Negeri I Peukan Pidie Mukhtar,
S. Pd NIP. 19611005
1998 01 1 001 |
Peukan Pidie, 20.. Guru
Mata Pelajaran Aan
Zuliana, S. Pd NIP. 19850122
200604 2 002 |
0 Response to "RPP K13 Bahasa Indonesia Teks Cerita Pendek Kelas XI SMA Revisi"
Posting Komentar