RPP K13 Bahasa Indonesia Teks Cerita Pendek Kelas XI SMA Revisi

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Mata pelajaran    : Bahasa Indonesia

Sekolah                 : SMA Negeri I Peukan Pidie

Kelas/ Semester   : XI IPA-IPS/Ganjil

Materi pokok       : Teks Cerita Pendek

Alokasi waktu      :  6 X 45 menit (3 kali pertemuan)

 

 

 

A. Kompetensi Inti

 

1

2

 

 

3

 

 4

Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi, damai), santun, responsive, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian spesifik dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

B.  Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

Kompetensi Dasar (KD)

 Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

3.8

Mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek yang dibaca

3.8.1

 

3.8.2

Memahami informasi tentang nilai-nilai kehidupan dalam teks cerita pendek

Menemukan nilai-nilai kehidupan dalam cerita pendek

4.8

Mendemonstrasikan salah satu nilai kehidupan yang dipelajari dalam cerita pendek

4.8.1

4.8.2

Menentukan nilai kehidupan dalam teks cerita pendek Mendemonstrasikan nilai kehidupan dalam teks kehidupan

 

C.    Tujuan pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model saintifik peserta didik dapat memahami informasi tentang nilai-nilai kehidupan dalam teks cerita pendek, menemukan nilai-nilai kehidupan dalam cerita pendek,menentukan nilai kehidupan dalam teks cerita pendek, dan mendemonstrasikan nilai kehidupan dalam teks kehidupan

D.    Materi

Pengertian Cerpen

Cerita pendek (cerpen) adalah cerita fiksi yang menurut wujud fisiknya berbentuk pendek.

E.     Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran

1.      Pendekatan                : Saintifik

2.      Model Pembelajaran : Active Learning

3.      Metode                      : diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan

G.    Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar

1.      Media/Alat    : Lembar Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD

2.      Sumber Belajar :

a.    Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

b.    Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

c.    Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya

 

 

 

F.     Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1 (2 ×45 menit)

Tahap

Langkah-langkah Pembelajaran

Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS

Alokasi Waktu

Pendahuluan

1.       Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tu­han dan saling mendoakan.

2.       Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).

3.       Peserta didik menyimak  kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari

4.       Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.

5.      Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akandipela­jari, metode dan media, langkah pembelajaran danpenilaian pembelajaran

Religius

 

 

 

Rasa ingin tahu

10 menit

Inti

Mengamati

1.      Peserta didik mendengarkan pembacaan cerpen “Robohnya Surau Kami” karya A.A. Navis.

Menanya

1.      Peserta didik bertanya jawab nilai-nilai dalam cerpen

2.      Peserta didik memberi komentar nilai-nilai dalam cerpen

Menalar

1.      Peserta didik duduk secara berkelompok (heterogen, 3-4 orang).

2.      Peserta didik secara berdiskusi mengidentifikasi nilai-nilai dalam cerpen yang dibaca dan dihubungkan dengan kehidupan.

Mencoba

1.      Peserta didik mencoba menentukan dan menganalisis nilai-nilai dalam cerpen

2.      Peserta didik mencoba menuliskan nilai-nilai dalam cerpen

Mengomunikasikan/menyajikan

1.      Peserta didik secara berkelompok mempresentasikan hasil kerjanya.

2.      Peserta didik yang lain memberikan komentardan masukan atas penampilan temannya.

 

Literasi

 

 

Rasa ingin tahu

 

 

 

 

Kerja sama (Collaborative)

Berpikir kritis (Critical thinking)

 

Kreativitas (Creativity)

 

 

 

Komunikatif (Communicative)

70 menit

Penutup

Kegiatan guru bersama peserta didik

1.      Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.

2.      Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.

3.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan

Kegiatan guru

1.      Melakukan penilaian.

2.      Memberikan tugas kepada peserta didik untuk banyak membaca teks cerpen lainnya.

3.      Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.

4.      Menutup kegiatan belajar mengajar.

 

Kreativitas (Creativity)

 

 

 

 

HOTS

10 menit

 

 

Pertemuan 2 (2 ×45 menit)

Tahap

Langkah-langkah Pembelajaran

Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS

Alokasi Waktu

Pendahuluan

1.        Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tu­han dan saling mendoakan.

2.        Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).

3.        Peserta didik menyimak  kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari

4.        Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.

5.      Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akandipela­jari, metode dan media, langkah pembelajaran danpenilaian pembelajaran

Religius

 

 

 

Rasa ingin tahu

10 menit

Inti

Mengamati

1.      Peserta didik mengamati teks cerpen yang di bawa

Menanya

1.      Peserta didik bertanya jawab tentang nilai-nilai cerpen yang dibawa dengan teman sebangku

2.      Peserta didik memberikan komentar tentang nilai-nilai cerpen yang dibawa dengan teman sebangku

Menalar

1.      Peserta didik berdiskusi dalam kelompok untuk menganalisis nilai-nilai yang terkandung dalam cerpen yang dibawa.

Mencoba

1.      Peserta didik mencoba menuliskan nilai-nilai yang terdapat dalam cerpen yang dibawa..

Mengomunikasikan/menyajikan

1.      Peserta didik mempresentasikan hasil karyanya

2.      Peserta didik yang lain mengomentari dan memberi masukan.

 

 

Literasi

 

 

 

 

 

Rasa ingin tahu

 

 

 

 

 

 

 

Kerja sama (Collaborative)

Berpikir kritis (Critical thinking)

 

Kreativitas (Creativity)

 

 

Komunikatif (Communicative)

70 menit

Penutup

Kegiatan guru bersama peserta didik

1.      Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.

2.      Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.

3.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan

Kegiatan guru

1.      Melakukan penilaian.

2.      Memberikan tugas kepada peserta didik untukMenyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.

3.      Menutup kegiatan belajar mengajar.

 

Kreativitas (Creativity)

 

 

 

 

HOTS

10 menit

 

H.    Penilaian

1.       Teknik Penilaian:

a.         Penilaian Sikap                :Observasi/pengamatan

b.         Penilaian Pengetahuan     : Tes Tertulis

c.         Penilaian Keterampilan    : Unjuk Kerja/ Praktik/ Portofolio

2.       Bentuk Penilaian:       

a.       Observasi             :lembar pengamatan aktivitas peserta didik

b.      Tes tertulis           :uraian dan lembar kerja

c.       Unjuk kerja          :lembar penilaian presentasi

d.      Portofolio             :pedoman penilaian portofolio

3.       Remedial

a.       Pembelajaran remedial dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas

b.      Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.

c.       Tes remedial, dilakukan sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali tes remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes tertulis kembali.

4.      Pengayaan

Bagi Peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:

a.       Siswa yang mencapai nilai  diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan

b.      Siswa yang mencapai nilai  diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.

 

 

LAMPIRAN: MATERI CERITA PENDEK

Pengertian Cerpen

Cerita pendek (cerpen) adalah cerita yang menurut wujud fisiknya berbentuk pendek. Ukuran panjang pendeknya suatu cerita memang relatif. Namun, pada umumnya cerpen merupakan cerita yang habis dibaca sekitar sepuluh menit atau setengah jam. Jumlah katanya sekitar 500-5000 kata. Oleh karena itu, cerpen sering diungkapkan dengan cerita yang dapat dibaca dalam sekali duduk. Cerita pendek juga umumnya bertema sederhana. Jumlah tokohnya terbatas. Jalan ceritanya sederhana dan latarnya meliputi ruang lingkup yang terbatas.

Fungsi Cerita Pendek

Cerita pendek termasuk ke dalam genre cerita atau naratif fiksional, seperti halnya anekdot. Keberadaannya lebih pada kepentingan memberi kesenangan untuk para pembacanya. Meski demikian, cerita pendek juga tidak terlepas dari kehadiran nilai-nilai tertentu di balik kisah yang mungkin mengharukan, meninabobokan, mencemaskan, dan yang lainnya itu. Sebuah cerpen sering kali mengandung hikmah atau nilai yang bisa kita petik di balik perilaku tokoh ataupun di antara kejadian-kejadiannya. Hal ini karena cerpen tidak lepas dari nilai-nilai agama, budaya, sosial, ataupun moral.

1)      Nilai-nilai agama berkaitan dengan perilaku benar atau salah dalam menjalankan aturan-aturan Tuhan.

2)      Nilai-nilai budaya berkaitan dengan pemikiran , kebiasaan, dan hasil karya cipta manusia.

3)      Nilai-nilai sosial berkaitan dengan tata laku hubungan antara sesame manusia (kemasyarakatan).

4)      Nilai-nilai moral berkaitan dengan perbuatan baik dan buruk yang menjadi dasar kehidupan manusia dan masyarakatnya.

Memaknai atau menggali nilai-nilai tersebut kadang-kadang tidak mudah. Kita perlu meresapi bagian demi bagian ceritanya secara lebih intensif, tidak sekadar menikmatinya sebagai sarana penghibur diri.

Fungsi cerita pendek, yaitu : (1) menulis cerpen akan membantu menemukan siapa diri kita; (2) menulis cerpen akan membantu menumbuhkan rasa percaya diri; (3) dapat mengenal pendapat diri sendiri yang ada dalam tulisan; (4) menjadi seorang yang selalu maju; (5) menulis cerpen akan membantu meningkatkan kreativitas dan ilmu pengetahuan; (2) dapat berbagi pengalaman dengan orang lain, dan; (7) membantu menyalurkan emosi.

 

INTRUMEN PENILAIAN SIKAP

 

Nama Satuan pendidikan        :

Tahun pelajaran                       : 2018/2019

Kelas/Semester                        : XI / 1

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

 

NO

WAKTU

NAMA

KEJADIAN/

PERILAKU

BUTIR SIKAP

POS/

NEG

TINDAK LANJUT

1

2

3

4

5

2

7

8

9

10

11

 

 

 

INSTRUMEN PENUGASAN 1

 

Satuan Pendidikan

:

Mata Pelajaran

:

Bahasa Indonesia

Kelas

:

XI

Kompetensi dasar

:

3.8 

Mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek yang dibaca

Indikator

:

3.8.1  

Memahami informasi tentang nilai-nilai kehidupan dalam teks cerita pendek

3.8.2  

Menemukan nilai-nilai kehidupan dalam cerita pendek

Materi

:

Cerita pendek

 

Contoh Tugas:

1.      Lakukanlah hal-hal berikut ini sesuai dengan instruksinya!

a.       Bacalah kembali cerpen “Robohnya Surau Kami”!

b.      Secara berkelompok, tunjukkanlah nilai-nilai kehidupan yang terdapat dalam cerpen itu!

c.       Mungkinkah nilai-nilai tersebu kamu aktualisasikan pula dalam kehidupan sehari-hari?

d.     

Laporan Diskusi

Judul Cerpen :

Pengarang     :

Sinopsis        :………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….......Nilai-nilai

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

Kemungkinan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

Laporkanlah hasil diskusi kelompokmu itu dalam format berikut!

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

 

2.      Amatilah nilai-nilai yang berlaku di dalam kehidupan masyarakatmu!

a.       Nilai-nilai apa saja yang berkembang di dalamnya? Sajikanlah sebuah cerita yang menjelaskan aplikasi salah-satu dari nilai-nilai itu!

b.      Adakah nilai yang kamu anggap bertentangan dengan nurani? Jelaskanlah!

 

INSTRUMEN PENUGASAN 2

 

Satuan Pendidikan

:

Mata Pelajaran

:

Bahasa Indonesia

Kelas

:

XI

Kompetensi dasar

:

4.8

Mendemonstrasikan salah satu nilai kehidupan yang dipelajari dalam cerita pendek.

Indikator

:

4.8.1  

Menentukan nilai kehidupan dalam teks cerita pendek

4.8.2  

Mendemonstrasikan nilai kehidupan dalam teks kehidupan

Materi

:

Cerita pendek

 

Contoh Tugas:

Kerjakan latihan berikut sesuai dengan instruksinya!

a.       Berdiskusilah dan berkelompok setelah membaca sebuah cerpen.

b.      Temukannlah nilai-nilai kehidupan yang dianggap penting bagimu, baik sebagai seorang anak, pelajar, ataupun warga masyarakat.

c.       Sajikanlah hasil diskusi kelompokmu itu di dalam format berikut, kemudian presentasikanlah secara bergiliran di depan kelompok lainnya untuk mereka tanggapi.

Judul cerpen :…………………………………………

Pengarang:………………………………………………

Sumber:………………………………………………….

Kebermaknaan:………………………………………….

 

RUBRIK PENILAIAN PENUGASAN

 

Nama Peserta didik/kelompok         : …………………………………………………

Kelas                                                   : …………………………………………………

Tanggal Pengumpulan                     : ...............................................................

No

Kategori

Skor

Alasan

1.

1. Apakah nilai-nilai cerita pendek yang ditulis lengkap ?

2.

Apakah bahasa yang digunakan untuk menginterpretasikan lugas, sederhana, runtut dan sesuaidengan kaidah EYD?

Jumlah

 

Kriteria:

5 = sangat baik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang, dan 1 = sangat kurang

 

INSTRUMEN TES TERTULIS

Satuan Pendidikan

:

Mata Pelajaran

:

Bahasa Indonesia

Kelas

:

XI

Kompetensi dasar

:

3.8 

Mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek yang dibaca

Indikator

:

3.8.1  

Memahami informasi tentang nilai-nilai kehidupan dalam teks cerita pendek

3.8.2  

Menemukan nilai-nilai kehidupan dalam cerita pendek

Materi

:

Cerita pendek

 

Tes Tertulis

Disediakan cerita pendek

1.      Identifikasilah nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam cerita pendek!

2.      Kemukakan hasil identifikasimu!

 

RUBRIK PENILAIAN

Soal

Aspek yang Dinilai

Skor

1

Peserta didik nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam cerita pendek dengan sangat baik

4

a.                      Peserta didik nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam cerita pendek dengan baik

3

b.                      Peserta didik nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam cerita pendek kurang baik

2

c.                      Peserta didik nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam cerita pendek tidak baik

1

Soal

Aspek yang Dinilai

Skor

2

Peserta didik mengemukakan komentar dengan sangat tepat

4

d.                     Peserta didik mengemukakan komentar dengan tepat

3

e.                      Peserta didik mengemukakan komentar dengan kurang tepat

2

f.                       Peserta didik mengemukakan komentar dengan tidak tepat

1

 

 

INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN

Satuan Pendidikan

:

Mata Pelajaran

:

Bahasa Indonesia

Kelas

:

XI

Kompetensi dasar

:

4.8

Mendemonstrasikan salah satu nilai kehidupan yang dipelajari dalam cerita pendek.

Indikator

:

4.8.1  

Menentukan nilai kehidupan dalam teks cerita pendek

4.8.2  

Mendemonstrasikan nilai kehidupan dalam teks kehidupan

Materi

:

Cerita pendek

 

1.      Lembar Soal Keterampilan

Mari berlatih menyusun cerita pendek! Langkah-langkah penyusunan cerita pendek sebagai berikut.

a.       Menginventarisasi macam-macam kegiatan yang pernah atau dapat dilakukan.

b.      Menentukan tema kegiatan

c.       Membuat kerangka dalam bentuk topik-topik kegiatan secara garis besar.

d.      Mensistematisasikan kerangka dengan benar dan mudah dipahami pembaca.

e.       Mengumpulkan bahan-bahan.

f.       Mengembangkan kerangka menjadi sebuah petunjuk yang jelas dan lengkap.

Buatlah sebuah cerita pendek dengan baik dan benar!

Rubrik Penilaian

Aspek yang Dinilai

Skor

Peserta didik membuat cerita pendek dengan sangat baik

4

g.                      Peserta didik membuat cerita pendek dengan  baik

3

h.                      Peserta didik membuat cerita pendek kurang baik

2

i.                        Peserta didik membuat cerita pendek tidak baik

1

 

 

INSTRUMEN PENILAIAN PORTO FOLIO

 

Satuan Pendidikan

:

 

Mata Pelajaran

:

Bahasa Indonesia

 

Kelas

:

XI

 

Materi

:

Menganalisis Cerita pendek

 

Kompetensi dasar

:

3.8 

Mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek yang dibaca

4.8

Mendemonstrasikan salah satu nilai kehidupan yang dipelajari dalam cerita pendek.

Indikator

:

3.8.1  

Memahami informasi tentang nilai-nilai kehidupan dalam teks cerita pendek

3.8.2  

Menemukan nilai-nilai kehidupan dalam cerita pendek

4.8.1

Menentukan nilai kehidupan dalam teks cerita pendek.

4.8.2

Mendemonstrasikan nilai kehidupan dalam teks kehidupan

Tugas I

1.             Simpan setiap tugas yang diberikan ke dalam map individu peserta didik (warna map sesuai dengan kelas masing-masing/tiap kelas beda warna map

2.             Buat rangkuman dari setiap tugas yang telah diberikan dan rangkuman dibuat pada kertas folio bergaris.

3.             Batas waktu pengumpulan tugas adalah di pertemuan terakhir

PEDOMAN PENSKORAN:

KRITERIA YANG DINILAI

SKOR MAKSIMAL

Peserta didik menyimpan semua tugas yang telah dikerjakan dengan lengkap, dan tugas dikerjakan dengan benar, serta dikumpulkan tepat waktu

4

Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, dan sebagian besar benar tapi kurang lengkap, serta dikumpulkan tepat waktu

3

Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun sebagian besar salah, kurang lengkap, dan tidak dikumpulkan tepat waktu

2

Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun tugas yang dikerjakan salah, dan kurang lengkap, serta tidak dikumpulkan tepat waktu

1

Peserta didik tidak menyimpan satu pun tugas-tugas yang diberikan karena tidak pernah mengumpulkan tugas

0


LEMBAR PENILAIAN PORTOFOLIO

 

Jenis Tugas                            :

Kelas                                       : XI

Semester/ Tahun Pelajaran  : 

 

No

Nama Peserta didik

Tugas KD

Nilai

Tanda Tangan

Ket.

(Tgl Pengumpulan)

Peserta Didik

Guru

 

 

KARTU  SOAL HOTS

 

 

 

Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester          : XI  / 1 (satu)

Kurikulum                 : 2013

 

Kompetensi Dasar

:

3.8 Mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek yang dibaca.

4.8 Mendemonstrasikan salah satu nilai kehidupan yang dipelajari dalam cerita pendek

Materi

:

Cerita pendek

Indikator Soal Nomor 1

:

Disajikan cerita pendek, peserta didik dapat memahami informasi tentang nilai-nilai kehidupan dalam teks cerita pendek dengan benar

Indikator Soal Nomor 2

:

Disajikan cerita pendek, peserta didik dapat menemukan nilai-nilai kehidupan dalam cerita pendek dengan benar

Indikator Soal Nomor 3

:

Disajikan cerita pendek peserta didik dapat menyusun rancangan garis besar suatu cerita pendek dengan benar

Indikator Soal Nomor 4

:

Disajikan cerita pendek peserta didik dapat mendemonstrasikan nilai kehidupan dalam teks kehidupan dengan baik

 

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SMA Negeri I Peukan Pidie                                                                                              

 

 

Mukhtar, S. Pd

NIP. 19611005  1998 01 1 001

Peukan Pidie,                    20..

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

Aan Zuliana, S.  Pd

NIP. 19850122  200604  2 002

 

0 Response to "RPP K13 Bahasa Indonesia Teks Cerita Pendek Kelas XI SMA Revisi"

Posting Komentar