RPP K13 Bahasa Indonesia Teks Eksposisi 2 Kelas X SMA Revisi

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Mata pelajaran     : Bahasa Indonesia

Sekolah                : SMA Negeri I Muara Tiga

Kelas/ Semester   : X IPA-IPS/

Materi pokok       : Teks Eksposisi

Alokasi waktu      :  8 X 45 menit (4 kali pertemuan)

 

 

 

 

A. Kompetensi Inti

 

1

2

 

 

3

 

4

Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi, damai), santun, responsive, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian spesifik dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

B.     Kompetensi Dasar  dan Indikator Pencapaian Kompetensi

 

Kompetensi Dasar (KD)

 Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

3.4

Menganalisis  struktur dan kebahasaanteks eksposisi

3.4.1

3.4.2

3.4.3

Menemukan struktur teks eksposisi

Menemukan kebahasaan teks eksposisi

Membandingkan dua teks eksposisi

4.4

Mengonstruksikan teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan

4.4.1

 

4.4.2

Menyusun  teks eksposisi dengan memperhatikan isi, struktur, dan kebahasaan

Mempresentasikan teks eksposisi yang telah disusun

 

 

 

C.    Tujuan Pembelajaran

 

 Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatan pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model pembelajaran diskoveri, peserta didik dapat menemukan struktur, aspek kebahasaan teks eksposisi, membandingkan struktur dan aspek kebahasaan, menentukan gagasan pokok dan penjelas, serta menyusun teks eksposisi dengan rasa ingin tahu, responsif, dan tanggung jawab selama proses pembelajaran dan bersikap jujur, percaya diri, serta pantang menyerah

 

D.    Materi

Teks eksposisi

1. struktur teks

2. aspek kebahasaan

3. perbandingan struktur dan aspek kebahasaan dua teks.

4. gagasan pokok dan penjelas

5. kerangka teks.

 

E.     Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran

 

Pendekatan   : Pedagogi genre,  Saintifik approach, CILL

Model             : discovery learning (pertemuan pertama, kedua dan ketiga), Penugasan (pertemuan ke 4)

Metode            : Penugasan, tanya jawab.

F.     Media/Alat dan Sumber Belajar

       Media/Alat           : Lembar Kerja,  LCD

 

G. Bahan dan Sumber Belajar

Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas X Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas X Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya

 

G.    Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1 (2 ×45 menit)

 

 

Tahap

Langkah-Langkah Pembelajaran

Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS

Alokasi Waktu

1.     Pendahuluan 

1.     Peserta didik merespon salam danmensyukuri anugerahTu­han dan saling mendoakan.

2.   Peserta didik merespon apersepsi yang disampaikan Pendidikk denganpertanyaan “Apa yang dituliskan pada bagian awal teks eksposisi?Setelah hal tersebut/pendapat dilanjutkan dengan apa? Apa yang dituliskan pada bagian akhir teks eksposisi?

3.      Peserta didik menerima informasi tentang materi dan tujuan yang akan dipelajari serta kegiatan pembelajaran yang akan dipelajari dalam teks eksposisi.

 

Religius

 

 

Rasa ingin tahu

10 menit

2.      Inti

 

DISCOVERY

1. Stimulation (pemberian rangsangan)

·      Peserta didik membaca analisis struktur  teks eksposisi yang disediakan oleh guru yaituPembangunan dan Bencana LIngkungan(hal. 68 – 69 buku Siswa)

 

2. Problem Statement (identifikasi masalah)

Peserta didik menyimak penjelasan Pendidik untukmendiskusikan isi tiap bagian struktur teks eksposisi.

3. Data collection (Pengumpulan Data)

Peserta didik berdiskusi kelompokuntuk mendiskusikan isi tiap bagian struktur  teks eksposisi

 

4. Data Processing (Pengolahan Data)

Peserta didik mendiskusikan isi bagian teks eksposisi  yaitu:

·      Tesis/pernyataan pendapat

·      Argumentasi

·      Penegasan Ulang dan rekomendasi

5. Verification (Pemeriksaan data)

Dua kelompok dengan secara bergantian mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dalam diskusi kelas untuk memverifikasikan hasil kerjanya;  kelompok lain memberikan tanggapan meliputi

·      Tesis/pernyataan pendapat

·      Argumentasi

·      Penegasan Ulang dan rekomendasi

 

6. Generalisation (penarikan kesimpulan)

Di bawah bimbingan Pendidik, peserta didik menyimpulkan

·      Struktur teks eksposisi

·      Isi setiap bagian struktur

 

 

 

 

Literasi

 

 

 

 

 

 

 



Rasa ingin tahu

Kerja sama (Collaborative)

 

 

 

Berpikir kritis (Critical thinking)

Kerja sama

Berpikir kritis

 

 

 

 

Kerja sama

Berpikir kritis

 

 

 

 

 

 

 

 

Komunikatif

(Communicative)

 

 

 

 

 

 

 

 

 





Kreativitas (Creativity)

70 menit

3.     Penutup

 

Kegiatan Pendidik  bersama peserta didikyaitu:

·      Menyimpulkan struktur  teks eksposisi serta isi setiap bagian teks eksposisi

 

Kegiatan guru yaitu:

·      Melaksanakan penilaian

·      Menyampaikan tugas yang harus dikerjakan peserta didik untuk pertemuan kedua.

·      Menjelaskan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

 

Kreativitas

 

 

 

 

 

 



HOTS

10 menit

 

 

H.    Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 2 (2 ×45 menit)

 

 

Tahap

Langkah-Langkah Pembelajaran

Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS

Alokasi Waktu

.     Pendahuluan 

1.    Peserta didik meresponsalam dan mensyukuri anugerahTu­handan saling mendoakan.

2.   Pesertadidik merespon apersepsi yang disampaikan Pendidik dengan pertanyaan “Apakah dalam teks eksposisi menggunakan istilah-istilah tertentu?;

3.    Peserta didik menerima informasi tentang materi dan tujuan yang akan dipelajari serta kegiatan pembelajaran yang akan dipelajari dalam teks eksposisi.

 

Religius

 

 

Rasa ingin tahu

10 menit

 Inti

DISCOVERY

1. Stimulation (pemberian rangsangan)

·      Peserta didik membacaanalisis struktur  tekseksposisi yang disediakan oleh guru yaituPembangunan dan Bencana Lingkungan (hal.56 – 57 buku Siswa) dan Upaya Melestarikan Lingkungan Hidup (hal. 59-61  Buku siswa)

 

2. Problem Statement(identifikasi masalah)

Peserta didik menyimak penjelasan Pendidik untuk mendiskusikan kebahasaan teks eksposisi.

3. Data collection(Pengumpulan Data)

Peserta didik berdiskusi kelompok untuk mendiskusikan makna istilah, adjektiva, dan afiksasi dalam  teks eksposisi

 

4. Data Processing(Pengolahan Data)

Peserta didik mendiskusikan isi bagian teks eksposisi yaitu:

Kebahasaan

·      Makna istilah

·      Afiksasi

·      Adjektiva

 

5. Verification(Pemeriksaan data)

Dua kelompok dengan secara bergantian mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dalam diskusi kelas untuk memverifikasikan hasil kerjanya;  kelompok lain memberikan tanggapan meliputi

Kebahasaan

·      Makna istilah

·      Afiksasi

 ▪   Adjektiva

 

6. Generalisation (penarikan kesimpulan)

Di bawah bimbingan Pendidik, peserta didik menyimpulkan

·      Makna istilah

·      Afiksasi

·      Adjektiva

 

 

 

 

Literasi

 

 

 

 

 

 

 

Rasa ingin tahu

 

 

 

 

 

 

 

 

Kerja sama (Collaborative)

 

 

 

 

 

 

 

Berpikir kritis (Critical thinking)

Kerja sama

Berpikir kritis

 

 

 

 

Kerja sama

Berpikir kritis

 

 

 

 

 

 

 

 

Komunikatif

(Communicative)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kreativitas (Creativity)

70 menit

Penutup

Kegiatan Pendidik  bersama peserta didik yaitu:

Menyimpulkan kebahasaan (Makna istilah, Afiksasi, Adjektiva) dalam teks eksposisi

 

Kegiatan guru yaitu:

·      Melaksanakan penilaian

·      Menyampaikan tugas yang harus dikerjakan peserta didik  untuk pertemuan ketiga.

·      Menjelaskan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

 

Kreativitas

 

 

 

 

 

 

 

 

 

HOTS

1menit


 

Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 3 (2 X 45 menit)

 

Tahap

Langkah-Langkah Pembelajaran

Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS

Alokasi Waktu

Pendahuluan 

1.     Pesertadidik merespon salam dan mensyukuri anugerah Tu­han dan saling mendoakan.

2.     Peserta didik merespon pertanyaan Pendidik tentang materi pembelajaran pada pertemuan sebelumnya, “ Apa yang kalian ketahui tentangteks eksposisi?”; “ Bagaimana struktur teks eksposisi?”;

3.     Peserta didik menerima informasi tentang materi dan tujuan yang akan dipelajari serta kegiatan pembel-ajaran yang akan dipelajari dalam tekseksposisi.

 

Religius

 

 

Rasa ingin tahu

15 menit

Inti

Orientasi

1.      Peserta didik membaca danmengembangkan gagasan pokok yang disajikan guru dengan gagasan penjelas yang menguatkan teks eksposisi.

 

Mengorganisasikan

 Peserta didik menyusun kalimat penjelas berdasarkan kalimat utama yang telah diberikan oleh guru.

 

 

Membimbing

Pendidik membimbing Peserta didikdalam proses pengembangann gagasan pokok dan gagasan penjelas.

 

Menyajikan Hasil Karya

    Peserta didik secara acak membacakan hasil karyanya dan peserta didik yang lain memberikan tanggapan atau masukan .

 

Mengevaluasi

1. Pendidik memberikan evaluasi yang bersifat membangun terhadap hasil pekerjaan siswa dan

 

Pemantapan Karakter  

berani berpendapat terhadap apa yang belum terjadi (mengkreasi)

peserta didik yang lain mengajukan pertanyaan dan menjawab tentang hal yang belum dipahami.

 

2. Menyimak penguatan yang disampaikan oleh Pendidik.

 

Literasi

 






Rasa ingin tahu
Kreativitas


 

 

 

 

Kerja sama (Collaborative)

 

 


Komunikatif

(Communicative)

 

 

 





Berpikir kritis (Critical thinking)

 

 

 

150 menit

Penutup

Kegiatan Pendidik bersama peserta didik yaitu:

·      Membuat simpulan hasil pembelajaran.

·      Merefleksi manfaat pembelajaranmenyusun kalimat penjelas berdasarkan kalimat utama .

 

 

Kegiatan Pendidik yaitu:

·      Melaksanakan penilaian

·      Memberikan tugas

·      Menyampaikan kegiatan pembelajaran pada pertemuan berikutnya yaitu menyusun tekseksposisi dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan.

 

Kreativitas

 

 

 

 

 

 

 

 



HOTS

15 menit

 

 

I.       Penilaian

 

1.       Kompetensi keagamaan dan sosial

v  Teknik penilaian    : observasi/ pengamatan

v  Bentuk                     : catatan hasil observasi

v  Instrumen               : jurnal (terlampir)

2.       Kompetensi Pengetahuan:

v  Teknik penilaian  :tes

v  Bentuk Penilaian :Tes lisan (kuis) dan penugasan indiividu dan kelompok

v  Instrumen penilaian: kuis (daftar soal) dan lembar kerja. (terlampir)

3.       Kompetensi keterampilan

v  Teknik penilaian  :penugasan

v  Bentuk                 :tugas tertulis

v  Instrumen penilaian: Lembar kerja dan penilaian presentasi

4.       Remedial

v  Pembelajaran remedial dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas

v  Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes

v  Tugas remedial, dilakukan sebanyak 3 kali  yaitu dengan cara menugaskan kepada peserta didik untuk membenahi tugas yang telah dikerjakan sehingga memenuhi ketentuan yang ditetapkan

5.       Pengayaan

Bagi Peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:

 

v  Siwa yang mencapai nilai  diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan

v  Siwa yang mencapai nilai  diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan

                   

 

Lampiran:

INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP

 

Nama Satuan pendidikan : ……………………….

Tahun pelajaran                  : 2018/2019

Kelas/Semester                    : X / 1

Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia

 

NO

WAKTU

NAMA

KEJADIAN/

PERILAKU

BUTIR SIKAP

POS/

NEG

TINDAK LANJUT

1

2

 

3

 

4

 

5

 

6

 

7

 

8

 

9

 

10

 

11

 

 


 

 

INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI PENGETAHUAN

 

 

Satuan Pendidikan

:

SMA

Mata Pelajaran

:

Bahasa Indonesia

Kelas

:

X

Kompetensi dasar

:

3.4 Menganalisis  struktur dan kebahasaan teks eksposisi.

.

Indikator

:

3.4.1. Menemukan struktur teks eksposisi

3.4.2. Menemukan kebahasaan teks eksposisi

3.4.3. Membandingkan struktur dua teks eksposisi

3.4.4. Membandingkan kebahasaan dua teks eksposisi

Materi

:

Contoh Teks Eksposisi

Struktur Teks Eksposisi

Kebahasaan Teks Eksposisi

 

Instrumen:

 

1.        Analisislah struktur teks eksposisi Upaya Melestarikan Lingkungan Hidup!

2.        Temukan kebahasaan pada teks eksposisi Upaya Melestarikan Lingkungan Hidup!

3.       Bandingkan struktur  teks eksposisi Pembangunan dan Bencana Lingkungan dengan Upaya Melestarikan Lingkungan Hidup!

4.       Bandingkan kebahasaan teks eksposisi Pembangunan dan Bencana Lingkungan dengan Upaya Melestarikan Lingkungan Hidup!

 

 

 

1.      Bacalah teks kemudian,  Analisislah struktur teks   eksposisi Upaya Melestarikan Lingkungan Hidup dengan mengisi tabel berikut!

 

 Upaya Melestarikan Lingkungan Hidup

Permasalahan seputar lingkungan hidup selalu terdengar mengemuka. Kejadian demi kejadian yang dialami di dalam negeri telah memberi dampak  yang  sangat besar. Tidak sedikit kerugian yang dialami, termasuk nyawa manusia. Namun,  hal  yang  perlu dipertanyakan,apakapengalaman tersebut sudah cukup menyadarkamanusia untuk melihat kesalahandalam dirinya? Ataukah manusia justrmerasa lebih nyaman dengan sikamenghindar danmenyelamatkan dirdengan tidak memberikan solusi yang lebih baidan lebih tepat lagi?

Banyak usaha yang seharusnya dilakukan oleh manusia dalam upaypelestarianlingkungan hidup. Upaya yandimaksud adalah upayrekonsiliasiperubahan konsep ataupemahaman tentang alam damenanamkan budaya pelestari.

 

a Upaya Rekonsiliasi

Kerusakan  lingkunga hidu da efeknya teru berlangsun daterjadi.Manusia cenderung  untu menangisi nasibnya. Lama-kelamaatangisan terhada nasibitu  terlupaka da dianggap sebagai embusaangin yang berlalu. Bekas tangisan karenaefek dari kerusakan lingkungayandialaminya hanya tinggamenjadi suatu memoriuntuk dikisahkanNamun, perlu diingat bahwa tidakla cukup jikmanusia hanya sebatasmenangisi nasibnyatetapi pada kenyataannya tidak pernah sadar bahwa semua kejadiantersebu adalah hasil dari  perilaku da tindaka yanpatut diperbaiki dan diubah.

Setiaperistiwa dan kejadian alam yang diakibatkan oleh kerusakalingkungan hidupmerupakan suatu pertanda bahwmanusia mesti sadadan berubah. Upaya rekonsiliasimenjadi suatu sumbangan positif yanperlu disadari. Tanpa sikap rekonsiliasikejadian-kejadian alam sebagaakibakerusakan lingkungan hidup hanya akan menjadi langgananyanterus-menerus dialami.

Lalu, usaha  manusi untu selalu menghindarka dir dar akibakerusakanlingkungan hidup tersebut hendaknya bukan dipahami sebagasuatu kenyamanan saja.Akan tetapi, justru kesempatan itu menjadi tititolauntuk memulai suatu perubahan.Perubahan untuk dapat mencegadan  meminimalisasi efek yang lebih besar. Jadi, sikaprekonsiliasi darpihamanusia dapat memungkinkannya melakukan perubahan demikenyamanan di tengah-tengah lingkungan hidupnya.

 

b Perubahan Konsep atau Pemahaman Manusia Tentang Alam

Salah sat akar  permasalaha seputa kerusaka lingkunga hiduadalah terjadinyapergeseran pemahaman manusia tentang alamBerbagafakta kerusakalingkungan hidupyang terjadi di tanah air adalah hasil darsuatu pergeseran pemahaman manusia tentang alam.Cara pandang tersebumelahirka tindaka yang salah dan  membahayakan. Misalnya,konsep tentang alam sebagai objek. Konsep ini memberi indikasi bahwa manusicenderunguntuk mempergunakan alam seenaknya. Tindakan dan perilakmanusia dalammengeksplorasi alam terus terjadi tanpa disertai suatpertanggungjawaban bahwa alam perludijaga keutuhan dan kelestariannya.

Banyabinatang yang seharusnya dilindungi justru menjadi korban perburuan manusia yangtidak bertanggung jawab. Pembalakan liar yang terjadpun tak dapat dibendung lagi. Pencemarantanah dan air sudah menjadi kebiasaan yanterus dilakukan. Polusi udara sudah tidak disadaribahwa di dalamnyterdapat kandungan toksin yang membahayakan. Jadialam merupakanobjeyang terus menerus dieksploitasi dan dipergunakan manusia.

Berdasarkan kenyatan demikian, diperluka suatu  perubaha konsep baru. Konsep yangdimaksud adalah melihat alam sebagai subjek. Konsep alam sebagai subjek berarti manusiadalam mempergunakan alam membutuhkakesadara da rasa  tanggun jawab. Di siniseharusny manusi dalahidupnya dapat menghargai dan mempergunaka alam secaraefektidabijaksana. Misalnya, orang Papua memahami alam sebagai ibu yang memberikehidupan.  Artinya alam dilihat sebagai ibu yang darinya manusia dapamemperoleh kehidupan.  Oleh  karen itu tindaka merusa lingkungan secara tidak langsung telahmerusak kehidupan itu sendiri.

Sumber:   ht t p://a l ma k y.blogspot.com dengan penyesuaian

Analisislah struktur teks  Upaya Melestarikan Lingkungan Hidup dengan mengisi tabel berikut ini.

 

Tesis/

Pernyataan

Pendapat

Argumentasi

Argumentasi

Argumentasi

Argumentasi

Argumentasi

Penegasan Ulang

 

2.      Datalah istilah yang terdapat dalam teks  Pembangunan dan Bencana Lingkungan Hidup serta Upaya Melestarikan Lingkungan Hidup,  kemudian carilah maknanya di dalam KBBI atau dalam Kamus Istilah!

 

Pembangunan dan Bencana Lingkungan Hidup

No

Istilah

Makna

1.

Polusi

Pencemaran

2.

Habitat

1    Tempat tinggal khas bagi seseorang atau kelompok masyarakat;

2    Bio tempat hidup organisme tertentu; tempat hidup yang alami (bagi tumbuhan dan hewan); lingkungan kehidupan asli;

3    Geo tempat kediaman atau kehidupan tumbuhan, hewan, dan manusia dengan kondisi tertentu pada permukaan bumi;

3.

4.

5.

6.

dst.

 

 Upaya Melestarikan Lingkungan Hidup

No

Istilah

Makna

1.

Rekonsiliasi

3.

Efek

4.

Konsep

5.

6.

dst.

 

 

 

Rubrik Penilaian Kompetensi Pengetahuan

 

Nama kelompok                 : …………………………………………………

Kelas                                     : …………………………………………………

Tanggal Penugasan           :......................................................

 

Pedoman penyekoran:

 

No soal 

Deskripsi

Skor

Skor Maksimal

1

Menjawab dengan benar 3 bagian struktur teks eksposisi  dengan tepat.

13

25

Menjawab dengan benar 2 bagian struktur teks eksposisi  dengan tepat.

8

Menjawab dengan benar 1 bagian struktur teks eksposisi  dengan tepat.

4

2

Menemukan dengan benar 6 kebahasaan teks eksposisi

13

25

Menemukan dengan benar 3 kebahasaan teks eksposisi

8

Menemukan dengan benar 1 kebahasaan teks eksposisi

4

3

Membandingkan struktur 2 teks eksposisi dengan tepat

13

25

Membandingkan struktur 2 teks eksposisi kurang  tepat

8

Membandingkan struktur 2 teks eksposisi tidak tepat

4

4

Membandingkan kebahasaan 2 teks eksposisi dengan tepat

13

25

Membandingkan kebahasaan 2 teks eksposisi kurang tepat

8

Membandingkan kebahasaan 2 teks eksposisi tidak tepat

4

JUMLAH SKOR

100

 

 

Kunci:

 

Tesis/

Pernyataan

Pendapat

Permasalahan seputar lingkungan hidup selalu terdengar mengemuka. Kejadian demi kejadian yang dialami di dalam negeri telah memberi dampak  yang  sangat besar. Tidak sedikit kerugian yang dialami, termasuk nyawa manusia. Namun, hal  yang  perlu dipertanyakan, apakahpengalaman tersebut sudah cukup menyadarkanmanusia untuk melihat kesalahan dalam dirinya?Ataukah manusia justrmerasa lebih nyamandengan sikamenghindar dan menyelamatkandirdengan tidak memberikan solusi yang lebihbaidan lebih tepat lagi?

Banyak usaha yang seharusnya dilakukan olehmanusia dalam upaypelestarian lingkunganhidup. Upaya yandimaksud adalah upayarekonsiliasiperubahan konsep atau pemahamantentang alam damenanamkan budaya pelestari.

Argumentasi

Kerusakan  lingkunga hidu dan efeknya teru berlangsun daterjadi. Manusiacenderung  untu menangisi nasibnya. Lama-kelamaatangisan terhada nasib itu  terlupakan da dianggap sebagai embusaangin yangberlalu. Bekas tangisan karena efek darikerusakan lingkungayandialaminya hanyatinggamenjadi suatu memori untuk dikisahkan.Namun, perlu diingat bahwa tidakla cukup jikamanusia hanya sebatamenangisi nasibnyatetapipada kenyataannya tidak pernah sadar bahwa semua kejadian tersebu adalah hasil darperilaku da tindaka yanpatut diperbaiki dandiubah.

Setiaperistiwa dan kejadian alam yangdiakibatkan oleh kerusakalingkungan hidupmerupakan suatu pertanda bahwmanusia mestisadadan berubah. Upaya rekonsiliasmenjadisuatu sumbangan positif yanperlu disadari.Tanpa sikap rekonsiliasikejadian-kejadian alamsebagaakibakerusakan lingkungan hiduphanya akan menjadi langganan yanterus-menerus dialami.

 

Argumentasi

Lalu, usaha  manusi untu selalumenghindarka dir dar akibakerusakanlingkungan hidup tersebut hendaknya bukandipahami sebagasuatu kenyamanan sajaAkantetapi, justru kesempatan itu menjadi tititolakuntuk memulai suatu perubahan. Perubahanuntuk dapat mencegadan  meminimalisasi efekyang lebih besar. Jadi, sikap rekonsiliasi daripihamanusia dapat memungkinkannyamelakukan perubahan demkenyamanan ditengah-tengah lingkungan hidupnya.

Argumentasi

Salah sat akar  permasalaha seputar kerusaka lingkunga hiduadalah terjadinyapergeseran pemahaman manusia tentang alam.Berbagafakta kerusakalingkungan hidup yangterjadi di tanah air adalah hasil darsuatupergeseran pemahaman manusia tentang alam.Cara pandang tersebumelahirka tindaka yangsalah dan  membahayakan. Misalnya, konseptentang alam sebagai objek. Konsep ini memberiindikasi bahwa manusicenderung untukmempergunakan alam seenaknya. Tindakan danperilakmanusia dalam mengeksplorasi alamterus terjadi tanpa disertai suatupertanggungjawaban bahwa alam perlu dijagakeutuhan dan kelestariannya.

Argumentasi

Banyabinatang yang seharusnya dilindungi justrumenjadi korban perburuan manusia yang tidakbertanggung jawab. Pembalakan liar yang terjadpuntak dapat dibendung lagi. Pencemaran tanah dan airsudah menjadi kebiasaan yanterus dilakukan. Polusiudara sudah tidak disadari bahwa di dalamnyaterdapat kandungan toksin yang membahayakan.Jadialam merupakan objeyang terus menerusdieksploitasi dan dipergunakan manusia.

Penegasan Ulang dan rekomendasi

Berdasarkan kenyatan demikian, diperlukan suatu  perubaha konsep baru. Konsep yangdimaksud adalah melihat alam sebagai subjek.Konsep alam sebagai subjek berarti manusia dalammempergunakan alam membutuhkakesadaran da rasa  tanggun jawab. Di sini seharusnya manusi dalahidupnya dapat menghargai danmempergunaka alam secara efektidanbijaksana. Misalnya, orang Papua memahami alamsebagai ibu yang memberkehidupan.  Artinyaalam dilihat sebagai ibu yang darinya manusiadapamemperole kehidupan.  Oleh  karen itu, tindaka merusa lingkungan secara tidaklangsung telah merusak kehidupan itu sendir

 

Kunci Jawaban

Lingkungan dan  Upaya Melestarikan Lingkungan Hidup.

No

Istilah

Makna

1.

Polusi

pengotoran (tentang air, udara,  dan sebagainya); pencemaran:

3.

Habitat

1  Tempat tinggal khas bagi seseorang atau kelom-pok masyarakat;

2   Bio tempat hidup organisme tertentu; tempat hidup yang alami (bagi tumbuhan dan hewan); lingkungan kehidupan asli;

3   Geo tempat kediaman atau kehidupan tumbuhan, hewan, dan manusia dengan kondisi tertentu pada permukaan bumi;

4.

Perubahan iklim

Perubahan jangka panjang dalam distribusi pola cuaca secara statistik sepanjang periode waktu mulai dasawarsa hingga jutaan tahun. Istilah ini bisa juga berarti perubahan keadaan cuaca ratarata atau perubahan distribusi peristiwa cuaca ratarata, contohnya, jumlah peristiwa cuaca ekstrem yang semakin banyak atau sedikit.

5.

Iklim

Kondisi rata-rata cuaca berdasarkan waktu yang panjang untuk suatu lokasi di bumi atau planet lain.

6.

Fauna

Keseluruhan kehidupan hewan suatu habitat, daerah, atau strata geologi tertentu; dunia hewan

7.

Flora

Keseluruhan kehidupan jenis tumbuh-tumbuhan

suatu habitat, daerah, atau strata geologi tertentu; alam tumbuh-tumbuhan;

8.

Drainase

Saluran air

9.

Solusi

Penyelesaian/ pemecahan masalah

10.

daerah resapan air

Sareah msuknya air dari permukaan tanah ke dalam zona jenuh air sehingga membentuk aliran air tanah yang mengalir ke daerah yang lebih rendah.

Contoh Jawaban           

 

No

Istilah

Makna

1.

Rekonsiliasi

Perbuatan/ tindakan memulihkan hubungan persahabatan pada keadaan semula;

3.

Efek

Akibat, pengaruh

4.

Konsep

ide atau pengertian yang diabstrakkan dari peristiwa konkret

5.

Indikasi

Tanda-tanda yang menarik perhtian, petunjuk.

6.

Pembalakan

Kegiatan menebang pohon untuk mendapatkan kayu bulat

7.

Toksin

zat racun yang dibentuk dan dikeluarkan oleh organisme yang menyebabkan kerusakan radikal dalam struktur atau faal, merusak total hidup atau keefektifan organisme pada satu bagian.

8.

Dieksploitasi

Didayagunakan

9.

Solusi

Pemecahan masalah

10.

Potensi

Kemampuan yang mungkin untuk dikembangkan

 

1.      Kriteria Penilaian

No soal

Deskripsi

Skor

Skor maksimal

1.

Identifikasi tesis tepat.

Identifikasi kurang tepat.

Identifikasi tesis salah.

30

20

10

30

2.

Identifikasi argumen tepat dan lengkap.

Identifikasi argumen kurang tepat dan kurang lengkap

Identifikasi argumen tidak tepat dan tidak lengkap

30

20

10

30

3.

Identifikasi penegasan ulang tepat.

Identifikasi penegasan ulang kurang tepat.

Identifikasi penegasan salah.

30

20

10

30

 

 

INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI KETERAMPILAN

 

PENUGASAN

 

Satuan Pendidikan

:

Mata Pelajaran

:

Bahasa Indonesia – Wajib

Kelas

:

X

Kompetensi dasar

:

4.3

Mengonstruksikan teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan.

Indikator

:

4.3.1

 Menentukan gagasan pokok dan gagasan  penjelas dalam teks eksposisi

4.3.2  

Menyusun  teks Eksposisi

Materi

:

Menyusun  teks eksposisi

 

Kisi-kisi

 

Kompetensi Dasar

IPK

Materi Pokok

Indikator Soal

No

Soal

4.3 Mengonstruksikan teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan.

 4.3.1Menentukan gagasan pokok dan gagasan penjelas dalam teks eksposisi

Gagasan pokok

Gagasan penjelas

Disediakan sebuah gagasan utama, peserta didik mengembangkan dengan menambahkan gagasan penjelas yang sesuai.

1.        

4.3.2 Menyusun teks Eksposisi

Teks eksposisi

Disajikankan suatu gagasan pokok atau topik, peserta didik menyusun teks eksposisidengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan.

2.        

 

 

 

 

Instrumen

 

Tugas:

 

1.       Lengkapilah gagasan utama yang disajikan dengan gagasan pendukung yang menguatkan teks eksposisi!

 

 

2.       Dengan Kembangkan gagasan pokok atau topik yang telah disediakan ke dalam teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan!

 

 

Pedoman Penyekoran Tugas

 

No soal

Deskripsi

Skor

Skor maksimal

1.

Gagasan pendukung  tepat dan menguatkan teks eksposisi

Gagasan pendukung  cukup tepat dan cukup menguatkan teks eksposisi

Gagasan pendukung  kurang tepat dan kurang menguatkan teks eksposisi 

Gagasan pendukung tidak tepat dan tidak menguatkan teks eksposisi

90-100

80-89

 

70-79

0-69

 

100

2.

Merumuskan kalimat tesis dengan tepat

 Merumuskan kalimat tesis kurang tepat.

Merumuskan kalimat  tesis salah.                     

8-10

4-7

0-3

20

Argumen tepat dan lengkap.

Argumen tepat tapi kurang lengkap.

Argumen kurang mendukung tesis.

8-10

4-7

0-3

20

Merumuskan kalimat penegasan ulang dengan tepat.

Merumuskan kalimat penegasan ulang kurang tepat.

Merumuskan kalimat penegasan salah.

8-10

4-7

0-3

20

Teks eksposisi menggunakan bahasa dan ejaan yang  tepat.

Teks eksposisi menggunakan bahasa dan ejaan yang kurang tepat.

Teks eksposisi menggunakan bahasa dan ejaan yang tidak tepat

8-10

4-7

0-3

20

 


KISI-KISI SOAL HOTS

Tahun Pelajaran 2018/2019

 

Mata Pelajaran             :  Bahasa Indonesia

Kelas/Program :  X

Semester                      :  1 (satu)

Kurikulum                   :  2013

 

No

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Kelas/

Semester

Indikator Soal

Level Kognitif

Bentuk Soal

Nomor Soal

1

3.4Menganalisis  struktur dan kebahasaanteks eksposisi.

Analisis struktur

tekseksposisi

X/2

Disajikan teks eksposisi , peserta didik dapat menganalisis struktur teks eksposisi

C4 (menganalisis)

Uraian

1


 

 

 

 

 

KISI-KISI SOAL HOTS

Tahun Pelajaran 2019/2020

 

Mata Pelajaran    :  Bahasa Indonesia

Kelas/Program     :  X

Semester                :  1 (satu)

Kurikulum             :  2013

 

No

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Kelas/

Semester

Indikator Soal

Level Keterampilan

Bentuk Soal

Nomor Soal

1

4.3 Mengonstruksikan teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan.

Menyusun teks eksposisi

X/2

Disajikan sebuah gagasan pokoki, peserta didik dapat melengkapai dengan gagasan pendukung yang menguatkan teks eksposisi.

P5: naturalisasi

 

Mendesain

Uraian

1

 


KARTU  SOAL HOTS

 

Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester           : X  / 1

Kurikulum                  : 2013

 

Kompetensi Dasar

:

3.4 Menganalisis  struktur dan kebahasaan teks eksposisi

4.3 Mengonstruksikan teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan.

Materi

:

Isi, struktur, dan kebahasaan teks eksposisi

Indikator Soal Nomor 1

:

Disajikan sebuah gagasan pokoki, peserta didik dapat melengkapai dengan gagasan pendukung yang menguatkan teks eksposisi.

Indikator Soal Nomor 2

:

Disajikan sebuah gagasan pokoki, peserta didik dapat melengkapai dengan gagasan pendukung yang menguatkan teks eksposisi.

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SMA N I Muara Tiga                                                                                         

 

 

Mukhtar, S. Pd, M. Pd

NIP. 19680623 199903 1 001

Laweung,                    2019

Guru Mata Pelajaran

 

 

Akfil Zuliandri, S. Pd

NIP.

 

0 Response to "RPP K13 Bahasa Indonesia Teks Eksposisi 2 Kelas X SMA Revisi"

Posting Komentar