RPP K13 Bahasa Indonesia Teks Drama Kelas XI SMA Revisi

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Mata pelajaran    : Bahasa Indonesia

Sekolah                 : SMA Negeri I Peukan Pidie

Kelas/ Semester   : XI IPA-IPS/Genap

Materi pokok       : Teks Drama

Alokasi waktu      :  6 X 45 menit (3 kali pertemuan)

 

 

 

A. Kompetensi Inti

 

1

2

 

 

 

3

 

 4

Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi, damai), santun, responsive, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian spesifik dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

 

B.  Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

Kompetensi Dasar (KD)

 Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

3.18

Mengidentifikasi alur cerita, babak demibabak, dan konflik  dalam drama yang dibaca atau di tonton.

3.18.1

Mendata alur, konfliks, penokohan, dan hal yang mena rik dalam drama yang dipentaskan.

4.18

Mempertunjukkan salah satu tokoh dalam drama yang dibaca atau ditonton secara lisan..

4.18.1

 

4.18.2

 

Memerankan salah satu  tokoh dalam naskah drama yang dibaca sesuai dengan watak tokoh tersebut. Memberi tanggapan, serta memperbaiki hasil kerja dalam diskusi kelas.

3.19

Menganalisis isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton.

.

3.19.1

Mendata alur, konfliks, penokohan, dan hal yang menarik dalam drama yang dipentaskan.

4.19

Mendemonstrasikan sebuah naskah drama dengan memerhatikan isi dan kebahasaan.

4.19.1

 

4.19.2

Mendata alur, konfliks, penokohan, dan hal yang menarik dalam drama yang dipentaskan.

Memberi tanggapan, serta memperbaiki hasil kerja dalam diskusi kelas.

 

 

 

   C.    Materi Pembelajaran

 

Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model saintifik peserta didik dapat menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan dan menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatan, mengungkapkan pernyataan umum dan tahapan-tahapan secara lisan dan menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan dengan rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif selama proses pembelajaran.

 

 

 

D.    Materi Pembelajaran

 

Drama:

 

v  Alur dalam drama

v  Babak dalam drama

v  Konflik dalam drama

v  Penokohan dalam drama

 

 

Drama:

 

v  Isi dan kebahasaan drama

v  Persiapan mementaskan drama.

v  Pementasan drama

 

E.     Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran

1.      Pendekatan                : Saintifik

2.      Model Pembelajaran :Active Learning

3.      Metode                      : diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan

 

 

F.    Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar

 

1.      Media/Alat    : Lembar Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD

2.      Sumber Belajar :

 

Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya

 

G.     Kegiatan Pembelajaran

  Pertemuan ke 1 (2x45 menit)

Tahap

Langkah-langkah Pembelajaran

Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS

Alokasi Waktu

Pendahuluan

1.       PesertadidikmeresponsalamtandamensyukurianugerahTuhan dan saling mendoakan. (PPK)

2.       Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan  pembelajaran sebelumnya.

3.       Peserta didik menerima informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnyadengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.

4.       Peserta didik menerima informasi tenting hal-hal     yang akan dipelajari dan dikuasai khususnya tentang pembelajaran teks drama

Religius

 

 

 

Rasa ingin tahu

10 menit

Inti

1.       Peserta didik membaca 2 atau 3 teks drama yang bertema sama.

 

2.       Peserta didik mencermati struktur teks dari 2 atau 3 teks dramayang telah dibacanya.

 

3.       Peserta didik mencermati ciri kebahasaan yang digunakan dalam teks drama.

 

4.       Peserta didik mencermati isi pokok dalam 2 atau teks drama.

 

5.       Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang  variasi struktur teks dari 2 atau 3 teks drama.

 

6.       Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang ciri kebahasaan yang digunakan dalam 2 atau 3 teks drama.

 

7.       Peserta didik mengajukan pertanyaan isi pokok dari 2 atau 3 teks drama.

 

8.       Peserta didik mengumpulkan informasi melalui telaah model teksdrama.

 

9.       Peserta didik melakukan klasifikasi dan deskripsi hubungan antarkomponen yang ditemukan berdasarkan telaah model teks

 

Literasi

 

 

 

 

 

Rasa ingin tahu

 

 

 

 

 

Kerja sama (Collaborative)

 

 

 

 

 

 

 

Berpikir kritis (Critical thinking)

 

Kreativitas (Creativity)

 

 

 

Komunikatif (Communicative)

70 menit

Penutup

 1. Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari

.

 2. Peserta didik melaksanakan penilaian pembelajaran yang diberikan pendidik.

 

 3. Peserta didik saling memberikan umpanbalik/refleksi hasil pembelajaran yang telah dicapai.

 

 4. Pendidik menutup pembelajaran dengan ucapan salam

 

Kreativitas (Creativity)

 

 

 

 

HOTS

10 menit

 

Pertemuan ke 2 (2x45 menit)

Tahap

Langkah-langkah Pembelajaran

Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS

Alokasi Waktu

Pendahuluan

1.       PesertadidikmeresponsalamtandamensyukurianugerahTuhan dan saling mendoakan. (PPK)

2.       Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan  pembelajaran sebelumnya.

3.       Peserta didik menerima informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnyadengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.

4.       Peserta didik menerima informasi tenting hal-hal     yang akan dipelajari dan dikuasai khususnya tentang pembelajaran teks drama

Religius

 

 

 

Rasa ingin tahu

10 menit

Inti

Mengkontruksi Terbimbimbing

 

1.       Peserta didik menyimpulkan struktur teks drama.

 

2.       Peserta didik menyimpulkan ciri kebahasaan teks drama.

 

3.       Peserta didik menyimpulkan isi pokok dari 2 atau teks drama.

 

4.       Peserta didik mempresentasikan hasil pengamatan tentang struktur, ciri bahasa, dan isi pokok dari 2 atau 3 teks drama.

 

Literasi

 

 

 

 

 

Rasa ingin tahu

 

 

 

 

 

Kerja sama (Collaborative)

 

 

 

 

 

 

 

Berpikir kritis (Critical thinking)

 

Kreativitas (Creativity)

 

 

 

Komunikatif (Communicative)

70 menit

Penutup

 1. Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari

.

 2. Peserta didik melaksanakan penilaian pembelajaran yang diberikan pendidik.

 

 3. Peserta didik saling memberikan umpanbalik/refleksi hasil pembelajaran yang telah dicapai.

 

 4. Pendidik menutup pembelajaran dengan ucapan salam

 

Kreativitas (Creativity)

 

 

 

 

HOTS

10 menit

 

H.  Penilaian 

KD dan Indikator (KD-3: Pengetahuan)

Kompetensi Dasar

Indikator

3.18  Mengidentifikasi alur cerita, babak demi babak, dan konflik  dalam drama yang dibaca atau ditonton.

3.19  Menganalisis isi dan kebahasaan dramayang dibaca atau ditonton.

 

v  Mendata alur, konfliks, penokohan, dan hal yang menarik dalam drama yang dipentaskan.

v  Mengidentifikasi isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton.

 



Penilain Proses

Penilaian Hasil

Penilaian proses aspek pengetahuan dapat dilakukan sejak kegiatan menelaah Model dan mengonstruksiterbimbing.

 

Catatan terhadap peserta didik pada kegiatan tersebut dapat dijadikan penilaian sikap selama mengikuti pembelajaran: ketekunan, kerja sama, semangat, ketelitian, kerapihan, kebersihan, keseriusan.

Jenis    : Tulis

Bentuk : Uraian

 

Contoh instrumen:

a. Tuliskanlah alur teks drama yang Anda  baca!

b. Tuliskanlah konflik dalam teks drama yang Anda baca!

c. Tuliskanlah penokohan dalam teks drama yang Anda

    baca!

d. Tuliskanlah hal yang menarik dalam teks drama yang

    Anda baca!

 

 

 

 

KD dan Indikator (KD-4: Keterampilan)

Kompetensi Dasar

Indikator

4.18  Mempertunjukkan salah satu tokoh

         dalam drama yang dibaca atau ditonton

         secara lisan.

4.19  Mendemonstrasikan sebuah naskah

         drama dengan memerhatikan isi dan

         kebahasaan.

     Memerankan salah satu  tokoh dalam naskah drama yang dibaca sesuai dengan watak tokoh tersebut.

      Memberi tanggapan, serta memperbaiki 

 hasil kerja dalam diskusi kelas.

      Merancang pementasan dan

 mendemonstrasikan  drama sebagai seni 

 pertunjukan dengan memperhatikan tata

 panggung, kostum, tata  musik, dan

 sebagainya.

      Memberikan tanggapan terhadap  

 pementasan drama kelompok lain.

 

 

Penilain Proses

Penilaian Hasil

Penilaian proses aspek pengetahuan dapat dilakukan sejak kegiatan Mengonstruksi Terbimbing dan Mengonstruksi Mandiri.

 

Catatan terhadap peserta didik pada kegiatan tersebut dapat dijadikan penilaian sikap selama mengikuti pembelajaran dan mengerjakan tugas (bendel portofolio): ketekunan, kerjasama, semangat, ketelitian, kerapihan, kebersihan, keseriusan.

Jenis   :  Menulis

Bentuk:  Uraian

 

Contoh Instrumen

Susunlah teks skenareo drama berdasarkan teks dramayang Anada dengan memerhatikan hal di bawah ini!

a.  Tentukan topik teks skenareo drama!

b.  Buatlah kerangka sesuai dengan struktur teks skenareo

     drama!

c.  Kembangkan kerangka tersebut menjadi teks skenareo

     drama dengan memerhatikan struktur teks, ciri

     kebahasaan, dan EBI!

 

 

 

Portofolio

 

Khusus untuk kompetensi menulis, penilaian meliputi proses dan produk yang tercakup dalam penilaian portofolio. Dokumen portofolio berisi:

(a)   draf final (produk) berbobot 40%;

(b)   bukti draf sedikitnya 3 draf berbobot 25%;

(c)  bukti catatan tentang apa yang akan ditulis dan sumber penulisan berbobot 10%; dan

(d)   catatan reflektif berbobot 25%. 



Sikap

 

       Penilaian sikap dilakukan selama proses pembelajaran atau di luar pembelajaran dengan melalui observasi dengan mengisi jurnal.

 

Contoh format dan pengisian lembar pengamatan guru mata pelajaran

Nama Satuan pendidikan :

Tahun pelajaran                  :

Kelas/Semester                    :

Mata Pelajaran                    : Bahasa dan Sastra Indonesia

No.

Waktu

Nama

Kejadian/ Perilaku

Butir sikap

Positif/ Negatif

Tindak Lanjut

1.

1 Mei2018

Karimah

Memainkan HP ketika berdiskusi tentang struktur teks drama.

disiplin

-

Dipanggil dan disuruh menganalisis teksdrama yang lain

2.

2 Mei

2018

Asih

Mengerjakan tugas dengan serius, tepat waktu, dan hasilnya sangat baik

Tanggung jawab

+

Diberi pujian atau apresiasi

 

Pedoman Penskoran 

a. Pengetahuan

Soal

Aspek yang Dinilai

Skor

1

a.    Peserta didik menuliskan alur teks drama dengan sangat tepat

4

b.    Peserta didik menuliskan alur teks drama dengan tepat

3

c.    Peserta didik menuliskan alur teks drama dengan kurang tepat

2

d.   Peserta didik menuliskan alur teks drama dengan tidak tepat

1

 

Soal

Aspek yang Dinilai

Skor

2

a.       Peserta didik menuliskan konflik dalam teks drama dengan sangat tepat

4

b.      Peserta didik menuliskan konflik dalam teks drama dengan tepat

3

c.       Peserta didik menuliskan konflik dalam teks drama dengan kurang tepat

2

d.      Peserta didik menuliskan konflik dalam teks drama dengan tidak tepat

1

 

Soal

Aspek yang Dinilai

Skor

3

a.       Peserta didik munuliskan penokohan dalam teks drama dengan sangat tepat

4

b.      Peserta didik munuliskan penokohan dalam teks drama dengan tepat

3

c.       Peserta didik munuliskan penokohan dalam teks drama dengan kurang tepat

2

d.      Peserta didik munuliskan penokohan dalam teks drama dengan tidak tepat

1

 

Soal

Aspek yang Dinilai

Skor

4

a.         Peserta didik munuliskan hal yang menarik dalam teks drama dengansangat tepat

4

b.        Peserta didik munuliskan hal yang menarik dalam teks drama dengantepat

3

c.         Peserta didik munuliskan hal yang menarik dalam teks drama dengankurang tepat

2

d.        Peserta didik munuliskan hal yang menarik dalam teks drama dengantidak tepat

1

          Keterangan

 

         Nilai = Perolehan skor     

                    Jumlah soal 

     Contoh
     Nilai =  10  x 100 = 83,33

                   12 

b. Keterampilan

 

Bait

Aspek yang Dinilai

Skor

1

a.       Peserta didik menentukan topik skenareo teks drama sangat sesuai isi teks

4

b.      Peserta didik menentukan topik skenareo teks drama sesuai isi teks

3

c.       Peserta didik menentukan topik skenareo teks drama kurang sesuai isi teks

2

d.      Peserta didik menentukan topik skenareo teks drama tidak sesuai isi teks

1

2

a.       Peserta didik menyusun kerangka skenareo teks drama sangat lengkap dan sangat sesuai dengan topik

4

b.      Peserta didik menyusun kerangka skenareo teks drama lengkap dan sesuai dengan topik

3

c.       Peserta didik menyusun kerangka skenareo teks drama kurang lengkap dan kurang dengan topik

2

d.      Peserta didik menyusun kerangka skenareo teks drama tidak lengkap dan tidak sesuai isi teks

1

3

a.       Peserta didik menulis skenareo teks drama sangat sesuai dengan kerangka,  struktur, ciri kebahasaan, dan EBI

4

b.      Peserta didik menulis skenareo teks drama sesuai dengan kerangka,  struktur, ciri kebahasaan, dan EBI

3

c.       Peserta didik menulis skenareo teks drama kurang  sesuai dengan kerangka,  struktur, ciri kebahasaan, dan EBI

2

d.      Peserta didik menulis skenareo teks drama tidak sesuai dengan kerangka,  struktur, ciri kebahasaan, dan EBI

1

          

Nilai = Perolehan skor                     

                     Jumlah kreteria/soal           

Contoh:

          Nilai  =  11   x 100  = 91,66                       
                        12

 

6.   Pendukung Pembelajaran (Alat, Media, Bahan, Sumber)

 

      1. Penyajian komputer (laptop) dengan program powerpoint.

 

2. Bahan ajar otentik teks drama (hasil penelitian atau media massa).

 

3. Buku teks dan buku ensiklopedia.

 

4. Teks/buku skenareo drama perpustakaan sekolah.

 

5. Internet

 

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SMA Negeri I Peukan Pidie                                                                                              

 

 

Mukhtar, S. Pd

NIP. 19611005  1998 01 1 001

Peukan Pidie,                    20..

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

Aan Zuliana, S.  Pd

NIP. 19850122  200604  2 002

 

 

0 Response to "RPP K13 Bahasa Indonesia Teks Drama Kelas XI SMA Revisi"

Posting Komentar