RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata pelajaran : Bahasa
Indonesia
Sekolah : SMA Negeri I Peukan Pidie
Kelas/ Semester : XI IPA-IPS/Genap
Materi pokok : Teks Drama
Alokasi waktu : 6 X 45 menit (3 kali pertemuan)
A. Kompetensi Inti
1 2 3 |
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi,
damai), santun, responsive, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual,
konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian
spesifik dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan |
B. Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD) |
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
3.18 |
Mengidentifikasi alur cerita,
babak demibabak, dan konflik dalam drama yang dibaca atau di
tonton. |
3.18.1 |
Mendata alur, konfliks, penokohan, dan hal yang mena rik
dalam drama yang dipentaskan. |
4.18 |
Mempertunjukkan salah satu tokoh
dalam drama yang dibaca atau ditonton secara lisan.. |
4.18.1 4.18.2 |
Memerankan salah satu tokoh
dalam naskah drama yang dibaca sesuai dengan watak tokoh tersebut. Memberi tanggapan, serta memperbaiki hasil kerja dalam
diskusi kelas. |
3.19 |
Menganalisis isi dan kebahasaan
drama yang dibaca atau ditonton. . |
3.19.1 |
Mendata alur, konfliks, penokohan, dan hal yang menarik
dalam drama yang dipentaskan. |
4.19 |
Mendemonstrasikan sebuah naskah
drama dengan memerhatikan isi dan kebahasaan. |
4.19.1 4.19.2 |
Mendata alur, konfliks, penokohan, dan hal yang menarik
dalam drama yang dipentaskan. Memberi tanggapan, serta memperbaiki hasil kerja dalam
diskusi kelas. |
C. Materi Pembelajaran
Melalui kegiatan
pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan
model saintifik peserta didik dapat menunjukan
pernyataan umum dalam suatu kegiatan dan menuliskan tahapan-tahapan sebagai
prosedur melakukan suatu kegiatan,
mengungkapkan pernyataan umum dan tahapan-tahapan secara lisan dan menuliskan
pernyataan umum dan tahapan-tahapan dengan rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab,
bersikap bersahabat/ komunikatif selama proses pembelajaran.
D. Materi Pembelajaran
Drama:
v Alur dalam
drama
v Babak dalam
drama
v Konflik dalam
drama
v Penokohan dalam
drama
Drama:
v Isi dan
kebahasaan drama
v Persiapan
mementaskan drama.
v Pementasan
drama
E. Pendekatan, Metode dan
Model Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model Pembelajaran :Active
Learning
3. Metode :
diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan
F. Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar
1. Media/Alat : Lembar
Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD
2. Sumber
Belajar :
Suherli, dkk.
2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun
2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Suherli,
dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun
2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Kosasih, E.
2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK.
Bandung: Yrama Widya
G. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan ke 1
(2x45 menit)
Tahap |
Langkah-langkah Pembelajaran |
Nilai Karakter (PPK), Literasi,
4C, HOTS |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
1. PesertadidikmeresponsalamtandamensyukurianugerahTuhan dan saling mendoakan. (PPK) 2. Peserta didik merespon pertanyaan
dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya. 3. Peserta didik
menerima informasi dengan proaktif tentang
keterkaitan pembelajaran sebelumnyadengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan. 4. Peserta didik
menerima informasi tenting
hal-hal yang akan dipelajari dan dikuasai khususnya tentang pembelajaran teks drama |
Religius Rasa ingin tahu |
10 menit |
Inti |
1.
Peserta
didik membaca 2 atau 3 teks
drama yang bertema sama. 2.
Peserta
didik mencermati struktur teks dari 2 atau 3 teks dramayang telah dibacanya. 3.
Peserta
didik mencermati ciri kebahasaan yang digunakan dalam teks drama. 4.
Peserta
didik mencermati isi pokok dalam 2 atau 3 teks drama. 5.
Peserta
didik mengajukan pertanyaan tentang variasi struktur teks dari 2
atau 3 teks drama. 6.
Peserta didik
mengajukan pertanyaan tentang ciri kebahasaan yang digunakan dalam 2 atau
3 teks drama. 7.
Peserta
didik mengajukan pertanyaan isi pokok dari 2 atau 3 teks drama. 8.
Peserta
didik mengumpulkan informasi melalui telaah model teksdrama. 9.
Peserta
didik melakukan klasifikasi dan deskripsi hubungan antarkomponen yang
ditemukan berdasarkan telaah model teks |
Literasi Rasa ingin tahu Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical
thinking) Kreativitas (Creativity) Komunikatif (Communicative) |
70 menit |
Penutup |
1. Peserta didik menyimpulkan
materi yang telah dipelajari . 2. Peserta didik melaksanakan penilaian
pembelajaran yang diberikan pendidik. 3. Peserta didik saling
memberikan umpanbalik/refleksi hasil pembelajaran
yang telah dicapai. 4. Pendidik menutup pembelajaran
dengan ucapan salam |
Kreativitas (Creativity) HOTS |
10 menit |
Pertemuan
ke 2 (2x45 menit)
Tahap |
Langkah-langkah Pembelajaran |
Nilai Karakter (PPK), Literasi,
4C, HOTS |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
1. PesertadidikmeresponsalamtandamensyukurianugerahTuhan dan saling mendoakan. (PPK) 2. Peserta didik merespon pertanyaan
dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya. 3. Peserta didik
menerima informasi dengan proaktif tentang
keterkaitan pembelajaran sebelumnyadengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan. 4. Peserta didik
menerima informasi tenting
hal-hal yang akan dipelajari dan dikuasai khususnya tentang pembelajaran teks drama |
Religius Rasa ingin tahu |
10 menit |
Inti |
Mengkontruksi
Terbimbimbing 1.
Peserta
didik menyimpulkan struktur teks drama. 2.
Peserta
didik menyimpulkan ciri kebahasaan teks drama. 3.
Peserta
didik menyimpulkan isi pokok dari 2 atau teks drama. 4.
Peserta
didik mempresentasikan hasil pengamatan tentang struktur, ciri bahasa, dan
isi pokok dari 2 atau 3 teks drama. |
Literasi Rasa ingin tahu Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical
thinking) Kreativitas (Creativity) Komunikatif (Communicative) |
70 menit |
Penutup |
1. Peserta didik menyimpulkan
materi yang telah dipelajari . 2. Peserta didik melaksanakan penilaian
pembelajaran yang diberikan pendidik. 3. Peserta didik saling
memberikan umpanbalik/refleksi hasil pembelajaran
yang telah dicapai. 4. Pendidik menutup pembelajaran
dengan ucapan salam |
Kreativitas (Creativity) HOTS |
10 menit |
H.
Penilaian
KD dan Indikator (KD-3: Pengetahuan)
Kompetensi
Dasar |
Indikator |
3.18 Mengidentifikasi alur cerita, babak demi babak, dan konflik dalam drama yang dibaca atau ditonton. 3.19 Menganalisis isi dan kebahasaan dramayang dibaca atau
ditonton. |
v Mendata alur, konfliks, penokohan, dan hal yang menarik
dalam drama yang dipentaskan. v Mengidentifikasi isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau
ditonton. |
Penilain Proses |
Penilaian Hasil |
Penilaian proses aspek pengetahuan
dapat dilakukan sejak kegiatan menelaah Model dan mengonstruksiterbimbing. Catatan terhadap peserta didik
pada kegiatan tersebut dapat dijadikan penilaian sikap selama mengikuti
pembelajaran: ketekunan, kerja sama, semangat, ketelitian, kerapihan,
kebersihan, keseriusan. |
Jenis :
Tulis Bentuk : Uraian Contoh instrumen: a.
Tuliskanlah alur teks drama yang Anda baca! b.
Tuliskanlah konflik dalam teks drama yang Anda baca! c. Tuliskanlah penokohan
dalam teks drama yang Anda baca! d.
Tuliskanlah hal yang menarik dalam teks drama yang Anda baca! |
KD dan Indikator (KD-4:
Keterampilan)
Kompetensi
Dasar |
Indikator |
4.18 Mempertunjukkan salah satu tokoh dalam drama yang dibaca atau ditonton secara lisan. 4.19 Mendemonstrasikan sebuah naskah drama dengan memerhatikan isi dan kebahasaan. |
Memerankan
salah satu tokoh dalam naskah drama yang dibaca sesuai dengan
watak tokoh tersebut. Memberi
tanggapan, serta memperbaiki hasil kerja dalam diskusi
kelas. Merancang
pementasan dan mendemonstrasikan drama
sebagai seni pertunjukan dengan memperhatikan tata panggung, kostum,
tata musik, dan sebagainya. Memberikan
tanggapan terhadap pementasan drama kelompok
lain. |
Penilain Proses |
Penilaian Hasil |
Penilaian proses aspek pengetahuan
dapat dilakukan sejak kegiatan Mengonstruksi Terbimbing dan Mengonstruksi
Mandiri. Catatan terhadap peserta didik
pada kegiatan tersebut dapat dijadikan penilaian sikap selama mengikuti
pembelajaran dan mengerjakan tugas (bendel portofolio): ketekunan, kerjasama,
semangat, ketelitian, kerapihan, kebersihan, keseriusan. |
Jenis : Menulis Bentuk: Uraian Contoh Instrumen Susunlah teks skenareo
drama berdasarkan teks dramayang Anada dengan memerhatikan hal di bawah ini! a. Tentukan topik teks skenareo
drama! b. Buatlah kerangka sesuai dengan struktur teks skenareo drama! c. Kembangkan kerangka tersebut menjadi teks skenareo drama dengan memerhatikan struktur teks, ciri kebahasaan, dan EBI! |
Portofolio
Khusus untuk kompetensi menulis, penilaian meliputi proses
dan produk yang tercakup dalam penilaian portofolio. Dokumen portofolio berisi:
(a) draf
final (produk) berbobot 40%;
(b) bukti
draf sedikitnya 3 draf berbobot 25%;
(c) bukti
catatan tentang apa yang akan ditulis dan sumber penulisan berbobot 10%; dan
(d) catatan
reflektif berbobot 25%.
Sikap
Penilaian
sikap dilakukan selama proses pembelajaran atau di luar pembelajaran dengan
melalui observasi dengan mengisi jurnal.
Contoh format dan pengisian lembar
pengamatan guru mata pelajaran
Nama Satuan pendidikan :
Tahun pelajaran :
Kelas/Semester :
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra
Indonesia
No. |
Waktu |
Nama |
Kejadian/
Perilaku |
Butir
sikap |
Positif/
Negatif |
Tindak
Lanjut |
1. |
1 Mei2018 |
Karimah |
Memainkan HP ketika
berdiskusi tentang struktur teks drama. |
disiplin |
- |
Dipanggil dan disuruh menganalisis
teksdrama yang lain |
2. |
2 Mei 2018 |
Asih |
Mengerjakan tugas dengan serius,
tepat waktu, dan hasilnya sangat baik |
Tanggung jawab |
+ |
Diberi pujian atau apresiasi |
Pedoman Penskoran
a. Pengetahuan
Soal |
Aspek
yang Dinilai |
Skor |
1 |
a. Peserta didik menuliskan alur teks drama dengan sangat tepat |
4 |
b. Peserta didik
menuliskan alur teks drama dengan tepat |
3 |
|
c. Peserta didik
menuliskan alur teks drama dengan kurang tepat |
2 |
|
d. Peserta didik menuliskan alur
teks drama dengan tidak
tepat |
1 |
Soal |
Aspek
yang Dinilai |
Skor |
2 |
a. Peserta didik menuliskan konflik dalam teks drama dengan sangat tepat |
4 |
b. Peserta
didik menuliskan konflik dalam teks drama dengan tepat |
3 |
|
c. Peserta
didik menuliskan konflik dalam teks drama dengan kurang tepat |
2 |
|
d. Peserta
didik menuliskan konflik dalam teks drama dengan tidak tepat |
1 |
Soal |
Aspek
yang Dinilai |
Skor |
|
3 |
a. Peserta
didik munuliskan penokohan dalam teks drama dengan sangat tepat |
4 |
|
b. Peserta
didik munuliskan penokohan dalam teks drama dengan tepat |
3 |
||
c. Peserta
didik munuliskan penokohan dalam teks drama dengan kurang tepat |
2 |
||
d. Peserta
didik munuliskan penokohan dalam teks drama dengan tidak tepat |
1 |
||
Soal |
Aspek
yang Dinilai |
Skor |
|
4 |
a. Peserta
didik munuliskan hal yang menarik dalam teks drama dengansangat tepat |
4 |
|
b. Peserta
didik munuliskan hal yang menarik dalam teks drama dengantepat |
3 |
||
c. Peserta
didik munuliskan hal yang menarik dalam teks drama dengankurang tepat |
2 |
||
d. Peserta
didik munuliskan hal yang menarik dalam teks drama dengantidak tepat |
1 |
||
Keterangan
Nilai
= Perolehan skor
Jumlah
soal
Contoh
Nilai = 10 x 100 =
83,33
12
b. Keterampilan
Bait |
Aspek
yang Dinilai |
Skor |
1 |
a. Peserta didik menentukan topik skenareo teks drama sangat sesuai isi teks |
4 |
b. Peserta didik menentukan topik skenareo teks drama sesuai isi teks |
3 |
|
c. Peserta didik menentukan topik skenareo teks drama kurang sesuai isi teks |
2 |
|
d. Peserta didik menentukan topik skenareo teks drama tidak sesuai isi teks |
1 |
|
2 |
a. Peserta didik menyusun kerangka skenareo teks drama sangat lengkap dan sangat sesuai
dengan topik |
4 |
b. Peserta didik menyusun kerangka skenareo teks drama lengkap dan sesuai dengan topik |
3 |
|
c. Peserta didik menyusun kerangka skenareo teks drama kurang lengkap dan kurang dengan
topik |
2 |
|
d. Peserta didik menyusun kerangka skenareo teks drama tidak lengkap dan tidak sesuai
isi teks |
1 |
|
3 |
a. Peserta
didik menulis skenareo teks drama sangat sesuai dengan kerangka, struktur, ciri kebahasaan, dan
EBI |
4 |
b. Peserta
didik menulis skenareo teks drama sesuai dengan kerangka, struktur, ciri
kebahasaan, dan EBI |
3 |
|
c. Peserta
didik menulis skenareo teks drama kurang sesuai dengan
kerangka, struktur, ciri kebahasaan, dan EBI |
2 |
|
d. Peserta
didik menulis skenareo teks drama tidak sesuai dengan kerangka, struktur, ciri
kebahasaan, dan EBI |
1 |
Nilai = Perolehan skor
Jumlah
kreteria/soal
Contoh:
Nilai = 11 x
100 =
91,66
12
6. Pendukung
Pembelajaran (Alat, Media, Bahan, Sumber)
1. Penyajian komputer (laptop) dengan
program powerpoint.
2. Bahan ajar otentik teks drama (hasil penelitian atau
media massa).
3. Buku teks dan buku ensiklopedia.
4. Teks/buku skenareo drama perpustakaan sekolah.
5. Internet.
Mengetahui, Kepala SMA Negeri I
Peukan Pidie Mukhtar, S. Pd NIP. 19611005 1998 01 1 001 |
Peukan
Pidie, 20.. Guru Mata Pelajaran Aan Zuliana, S. Pd NIP.
19850122 200604 2 002 |
0 Response to "RPP K13 Bahasa Indonesia Teks Drama Kelas XI SMA Revisi"
Posting Komentar