RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata pelajaran : Bahasa
Indonesia
Sekolah : SMA Negeri I Peukan Pidie
Kelas/ Semester : XI IPA-IPS/Ganjil
Materi pokok : Teks Prosedur
Alokasi waktu : 6 X 45 menit (3
kali pertemuan)
A. Kompetensi Inti
1 2 3 |
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi,
damai), santun, responsive, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual,
konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian
spesifik dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan |
B. Kompetensi Dasar (KD)
dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD) |
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
3.1 |
Mengonstruksi informasi berupa
pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur |
3.1.1 3.1.2 |
Menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan Menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan
suatu kegiatan |
4.1 |
Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam
teks prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis |
4.1.1 4.1.2 |
Mengungkapkan pernyataan umum dan tahapan-tahapan
secara lisan Mempresentasikan hasil ringkasanteks laporan hasil Menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan. |
C. Tujuan
pembelajaran
Melalui kegiatan
pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan
model saintifik peserta didik dapat menunjukan
pernyataan umum dalam suatu kegiatan dan menuliskan tahapan-tahapan sebagai
prosedur melakukan suatu kegiatan,
mengungkapkan pernyataan umum dan tahapan-tahapan secara lisan dan menuliskan
pernyataan umum dan tahapan-tahapan dengan rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung
jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif selama proses pembelajaran.
D. Materi
Struktur teks prosedur:
Pernyataan
Umum
Tahapan-tahapan
E. Pendekatan,
Metode dan Model Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model Pembelajaran :Active Learning
3. Metode :
diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan
F. Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar
1. Media/Alat : Lembar
Kerja, Papan
Tulis/White Board, LCD
2. Sumber Belajar :
Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat
Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat
Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa
Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
G. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 ×45
menit)
Tahap |
Langkah-langkah Pembelajaran |
Nilai Karakter (PPK), Literasi,
4C, HOTS |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
1. Peserta
didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. 2. Peserta
didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran
sebelumnya(tanya jawab). 3. Peserta
didik menyimak kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari 4. Peserta
didik mendiskusikan informasi denganproaktif tentang
keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan. 5. Peserta didik menerima informasi tentang hal-halyang
akan dipelajari,metode dan media, langkahpembelajaran dan penilaian pembelajaran |
Religius Rasa ingin tahu |
10 menit |
Inti |
Mengamati 1. Peserta didik mengamati dua contoh teks prosedur 2. Peserta didik mengidentifikasi dua contoh teks prosedur
bersama-sama Menanya 1. Peserta
didik bertanya jawab tentang bentuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam
teks prosedur 2. Peserta
didik memberi komentar terhadap bentuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan
dalam teks prosedur Menalar 1. Peserta
didik duduk secara berkelompok (heterogen, 3-4 orang). 2. Peserta
didik secara berdiskusi mengidentifikasi bentuk pernyataan umum dan
tahapan-tahapan dalam teks prosedur. 3. Peserta
didik secara berkelompok mencari contoh teks prosedur lain dari berbagai
sumber. Mencoba 1. Peserta
didik mencoba menentukan dan menganalisis bentuk pernyataan umum dari teks
prosedur yang dipilih. 2. Peserta
didik mencoba menentukan dan menganalisis tahapan-tahapan dari teks prosedur
yang dipilih. 3. Peserta
didik mencoba menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu
kegiatan dalam teks prosedur. Mengomunikasikan/menyajikan 1. Peserta didik secara berkelompok mempresentasikan hasil
kerjanya. 2. Peserta didik yang lain memberikan komentar dan masukan atas penampilan temannya. |
Literasi Rasa ingin tahu Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical
thinking) Kreativitas (Creativity) Komunikatif (Communicative) |
70 menit |
Kegiatan
Penutup |
Kegiatan guru
bersama peserta didik 1. Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran. 2. Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan. 3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran; dan Kegiatan guru 1. Melakukan penilaian. 2. Memberikan
tugas kepada peserta didik untuk banyak membaca teks prosedur lainnya dan memilih satu teks prosedur untuk diidentifikasi
pernyataan umum dan tahapan-tahapannya secara individu 3. Menyampaikan rencana pembelajaranyang akan dilakukan selanjutnya. 4. Menutup kegiatan belajar mengajar. |
Kreativitas (Creativity) HOTS |
10 menit |
Pertemuan 2 (2 ×45 menit)
Tahap |
Langkah-langkah Pembelajaran |
Nilai Karakter (PPK), Literasi,
4C, HOTS |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
1. Peserta didik
merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. 2. Peserta didik
merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya(tanya jawab). 3. Peserta didik
menyimak kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan
manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari 4. Peserta didik mendiskusikan informasi denganproaktif tentang
keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan. 5. Peserta didik menerima informasi tentang hal-halyang
akan dipelajari, metode dan media, langkahpembelajaran dan penilaian pembelajaran |
Religius Rasa ingin tahu |
10 menit |
Inti |
Mengamati 1. Peserta didik mengamati video “langkah-langkah
membuat slime”. 2. Peserta didik mengidentifikasi video tersebut mana yang
termasuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan. Menanya 1. Peserta didik bertanya jawab tentang video
“langkah-langkah membuat slime”. 2. Peserta didik memberi komentar terhadap video tersebut
mana yang termasuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan. Menalar 1. Peserta
didik duduk secara berkelompok (heterogen, 3-4 orang). 2. Peserta
didik berdiskusi untuk mengidentifikasi bentuk pernyataan umum dan
tahapan-tahapan dalam teks prosedur dalam video. Mencoba 1. Peserta
didik mencoba menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan sesuai dengan
video yang diamati. Mengomunikasikan/menyajikan 1. Peserta
didik secara berkelompok mengungkapkan pernyataan umum dan tahapan-tahapannya
secara lisan dengan memperhatikan intonasi dan lainnya. 2. Peserta didik yang lain memberikan komentar dan masukanatas penampilan temannya. |
Literasi Rasa ingin tahu Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical
thinking) Kreativitas (Creativity) Komunikatif (Communicative) |
70 menit |
Kegiatan
Penutup |
Kegiatan guru
bersama peserta didik 1. Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran. 2. Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan. 3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran; dan Kegiatan guru 1. Melakukan penilaian. 2. Memberikan
tugas kepada peserta didik untuk membawa
contoh lain dari teks prosedur baik dari koran, majalah atau buku sumber
lainnya. 3. Menyampaikan rencana pembelajaranyang akan dilakukan selanjutnya, yaitu struktur dan unsur
kebahasaan teks prosedur. 4. Menutup kegiatan belajar mengajar. |
Kreativitas (Creativity) HOTS |
10 menit |
H. Penilaian
1. Teknik
Penilaian:
a. Penilaian
Sikap :Observasi/pengamatan
b. Penilaian
Pengetahuan : TesTertulis
c. Penilaian
Keterampilan : Unjuk Kerja/ Praktik/ Portofolio
2. Bentuk
Penilaian:
a. Observasi :lembar pengamatan aktivitas peserta didik
b. Tes
tertulis :uraian
danlembar kerja
c. Unjuk
kerja :lembar
penilaian presentasi
d. Portofolio : pedoman
penilaian portofolio
3. Remedial
a. Pembelajaran remedial dilakukan
bagi peserta didik yang capaian KD-nya belum tuntas
b. Tahapan pembelajaran remedial
dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor
sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
c. Tes remedial, dilakukan
sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali tes remedial
belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes
tertulis kembali.
4. Pengayaan
Bagi Peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan
pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
a. Siswa yang mencapai nilai diberikan materi masih dalam cakupan KD
dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
b. Siswa yang
mencapai nilai diberikan materi melebihi cakupan KD dengan
pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
LAMPIRAN
MATERI TEKS PROSEDUR
TEKS PROSEDUR
A. Contoh
Kiat Berwawancara Kerja
Bagi
perusahaan, wawancara merupakan kesempatan untuk menggali kualifkasi calon
pegawai secara lebih mendalam, melihat kecocokannya dengan posisi yang
ditawarkan, kebutuhan dan sifat perusahaan. Wawancara pun menjadi ajang tanya
jawabantara pewawancara dengancalon.
Agar mudah dipahami oleh mitra bicara, kita harus
berbicara dengan jelas. Jaga agar kita tidak berbicara terlalu cepat atau
lambat, atur juga suara agar jelas terdengar. Suara yang terlalu pelan membuat
kita terlihat kurang percaya diri, sementara suara yang terlalu keras membuat
kita terlihat agresif. Penggunaan bahasa yang baik juga menjadi suatu
keharusan.
Selain itu, perhatikan betul apa yang disampaikan
pewawancara agar kita dapat memerikan jawaban yang relevan. Tak ada salahnya
menanyakan kembali atau mencoba mengulangi pertanyaan yang diajukan untuk
memastikan bahwa pemahaman kita sudah benar. Namun, jangan melakukannya terlalu
sering karena justru akan membuat pewawancara mempertanyakan daya tangkap kita.
Bahasa tubuh pun ikut memegang peranan. Gerakan
nonverbal seperti mengangguk atau sikap tubuh yang agak condong ke depan
menunjukkan bahwa kita tertarik pada apa yang disampaikan si pewawancaraa.
Pastikan pula kita menjaga kontak mata dengan pewawancara, karena kontak mata
penting dalam proses komunikasi, termasuk dalam wawancara kerja.
Singkatnya, akan lebih baik jika kita mampu
menampilkan sikap yang antusias secara verbal maupun nonverbal. Oleh karena
itu, hindari bahasa tubuh yang dapat diartikan negatif, seperti menggoyangkan
kaki, mengetuk-ngetuk jari, atau menghindari kontak mata. Cara berbicara
yang percaya diri namun tidak terkesan sombong dapat menarik minat pewawancara.
Pada saat berbicara, hindari uraian yang
panjang lebar dan berteletele. Cobalah mengemas kalimat secara singkat dan
terfokus, namun tetap menarik. Kita diharapkan mampu menunjukkan bahwa kita
adalah orang yang tepat untuk posisi yang ditawarkan. Ceritakanlah kemampuan
atau
pengalaman yang relevan dengan posisi tersebut. Hindari mengkritik atasan atau
rekan kerja sebelumnya karena ini menunjukkan sikap yang tidak profesional.
Selama wawancara berlangsung, jadilah diri
sendiri. Ungkapan ini mungkin terdengar klise, namun jauh lebih baik menjadi
diri sendiri dan berbicara dengan jujur, daripada mencoba mengatakan sesuatu
yang menurut kita akan membuat pewawancara merasa terkesan. Jangan
melebih-lebihkan kualifkasi kita, apalagi mengelabui dengan memberikan data
yang tidak benar. Cepat atau lambat, pewawancara akan menemukan bahwa data
tersebut hanyalah karangan. Tunjukkan bahwa kita mampu mengenali diri kita
sendiri dengan tepat.
Pewawancara biasanya memberikan kesempatan
kepada kita untuk mengajukan pertanyaan di akhir wawancara. Gunakanlah
kesempatan ini secara elegan dengan cara menunjukkan rasa ingin tahu kita
tentang lingkup dan deskripsi tugas posisi yang dilamar, kesempatan
pengembangan diri, dan sebagainya. Ini wajar, karena bersikap pasif dan
menyerahkan segala sesuatu kepada pihak perusahaan tidak akan menambah nilai
kita di mata pewawancara.
Calon yang mau bertanya dalam porsi yang tepat
menunjukkan kesungguhan minatnya pada posisi yang ditawarkan dan juga pada
perusahaan. Di sesi ini biasanya muncul pula pembicaraan mengenai gaji dan
tunjangan. Pewawancara sangat menghargai kandidat yang mampu menentukan nominal
gaji yang ia harapkan, karena dianggap dapat melakukan penilaian atas
kemampuannya dan tugas-tugas yang akan dilakukan. Tentu saja angkanya harus
logis sambil tetap membuka kesempatan untuk negosiasi.
Dengan persiapan matang dan unjuk diri yang baik
saat wawancara, kita telah meninggalkan kesan yang layak untuk dipertimbangan
oleh perusahaan
(Sumber: “Unjuk Diri yang Baik dalam Wawancara Kerja” dalam Kompas dengan
pengubahan).
B. Pengertian
Teks prosedur adalah Teks yang berisi langkah-langkah atau tahapan yang
harus dilaksanakan dalam melakukan suatu kegiatan sehingga suatu kegiatan itu
dapat terlaksana dengan baik dan berhasil..
C. Fungsi
Teks prosedur berfungsi untuk menjelaskan langkah-langkah apa saja yang
harus kita lakukan dalam melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan sehingga
pekerjaan atau kegiatan itu dapat terlaksana dengan baik.
D. Struktur
Teks prosedur
dibentuk oleh ungkapan tentang tujuan, langkahlangkah, dan penegasan ulang.
1. Tujuan merupakan pengantar tentang topik yang akan dijelaskan dalam teks.
Pada contoh teks berjudul “Kiat Berwawancara Kerja”, pendahuluan yang dimaksud
berupa pengertian wawancara dan
manfaat bagi suatu perusahaan (paragraf 1)
2. Langkah-langkah berupa perincian petunjuk yang disarankan kepada pembaca
terkait dengan topik yang ditentukan (paragraf 2-9)
3. Penegasan ulang berupa harapan ataupun manfaat apabila petunjukpetunjuk itu
dijalankan dengan baik (paragraf 10)
E. Aspek kebahasaan
Berikut aspek kebahasaan teks prosedur.
1. Banyak menggunakan kata-kata kerja perintah (imperatif). Kata
kerja imperatif dibentuk oleh akhiran –kan, -i, dan
partikel –lah.
Bentuk dasar |
Imbuhan/Partikel |
Bentukan Kata |
perhati |
-kan |
perhatikan |
pasti |
-kan |
pastikan |
tunjuk |
-kan |
tunjukkan |
cerita |
-kan |
ceritakan |
hindar |
-i |
hindari |
jadi |
-lah |
jadilah |
2. Banyak menggunakan kata-kata teknis yang berkaitan dengan topic yang
dibahasnya.
3. Banyak menggunakan konjungsi dan partikel yang bermakna penambahan
4. Banyak menggunakan pernyataan persuasif
5. Apabila prosedur itu berupa resep dan petunjuk penggunaan alat, akan
digunakan gambaran terperinci tentang benda dan alat yang dipakai, termasuk
ukuran, jumlah, dan warna.
INTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Nama Satuan pendidikan :
SMA …….
Tahun pelajaran :
2018/2019
Kelas/Semester :
XI / 1
Mata
Pelajaran :
Bahasa Indonesia
NO |
WAKTU |
NAMA |
KEJADIAN/ PERILAKU |
BUTIR SIKAP |
POS/ NEG |
TINDAK
LANJUT |
1 |
||||||
2 |
||||||
3 |
||||||
4 |
||||||
5 |
||||||
2 |
||||||
7 |
||||||
8 |
||||||
9 |
||||||
10 |
||||||
11 |
Satuan
Pendidikan |
: |
SMA ……… |
|
Mata
Pelajaran |
: |
Bahasa
Indonesia |
|
Kelas |
: |
XI |
|
Kompetensi
dasar |
: |
3.1 |
Mengonstruksi
informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur |
Indikator |
: |
3.1.1 |
Menunjukan pernyataan umum dalam suatu
kegiatan |
3.1.2 |
Menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan
suatu kegiatan |
||
Materi |
: |
Teks Prosedur |
Contoh Tugas:
Jawablah pertanyaan berikut! |
|
1. |
Mengapa bagian atas dinamakan “penjelasan umum”? |
2. |
Apakah tahapan-tahapan pada bagian selanjutnya sudah
jelas? |
3. |
Apakah perbedaan utama teks prosedur dengan jenis teks
lainnya? |
4. |
Dari isinya, menjelaskan tentang apakah teks prosedur
tersebut? |
5. |
Bagaimana karakteristik umum dari teks prosedur? |
6. |
Berdasarkan isinya, apa fungsi teks prosedur i |
7. |
Kemukakanlah sebuah contoh teks prosedur yang kamu
temukan dari koran atau majalah! |
Jawablah pertanyaan berikut! |
|
1. |
Bacalah kembali kedua teks berjudul “cara menghidupkan
komputer”dan “cara mematikan komputer”!
manakah bagian-bagian yang termasuk ke dalam penyataan umum dan
tahapan-tahapan melakukan suatu kegiatan? |
2. |
Carilah bacaan atau buku tentang perintah melakukan
suatu kegiatan. Catatlah langkah-langkahnya. Kemudian, simpulkan menurut
pendapatmu sehingga kamu memahami makna langkah-langkah tersebut! |
INSTRUMEN PENUGASAN2
Satuan
Pendidikan |
: |
SMA ………… |
|
Mata
Pelajaran |
: |
Bahasa
Indonesia |
|
Kelas |
: |
XI |
|
Kompetensi
dasar |
: |
4.1 |
Merancang
pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi
yang tepat secara lisan dan tulis |
Indikator |
: |
4.1.1 |
Mengungkapkan pernyataan umum dan
tahapan |
4.1.2 |
Menuliskan pernyataan umum dan tahapan |
||
Materi |
: |
Teks Prosedur |
Contoh Tugas:
1. Identifikasilah teks prosedur di atas berdasarkan
format tabel berikut!
2. Dari
isinya menjelaskan tentang apakah teks prosedur itu? 3. Temukan
kata kerja imperatif pada teks prosedur di atas! 4. Temukan
enam konjungsi pada teks prosedur tersebut! 5. Temukan
pernyataan persuasif pada teks prosedur di atas! 6. Berikanlah
tanggapan dengan bahasamu sendiri pada teks tersebut? 7. Tuliskan
kembali isi teks prosedur tersebut dengan menggunakan bahasamu sendiri secara
singkat dan jelas! |
RUBRIK PENILAIAN
PENUGASAN
Nama Peserta
didik/kelompok :
…………………………………………………
Kelas :
…………………………………………………
Tanggal
Pengumpulan :
...............................................................
No |
Kategori |
Skor |
Alasan |
1. |
1. Apakah teks prosedur yang
ditulis lengkap? |
||
2. |
3. Apakah terdapat uraian tentangstruktur prosedur? |
||
3. |
Apakah bahasa yang digunakan untuk menginterpretasikan
lugas, sederhana, runtut dan sesuai dengan Ekaidah PUEBI? |
||
4. |
Apakah terdapat
pernyataan umum? |
||
5. |
Apakah terdapat
tahapan-tahapan? |
||
Jumlah |
Kriteria:
5 = sangatbaik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang, dan 1 = sangat kurang
INSTRUMEN TES TERTULIS
Satuan
Pendidikan |
: |
SMA …………….. |
|
Mata
Pelajaran |
: |
Bahasa
Indonesia |
|
Kelas |
: |
XI |
|
Kompetensi
dasar |
: |
3.1 |
Mengonstruksi
informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks
prosedur |
Indikator |
: |
3.1.1 |
Menunjukan pernyataan umum dalam suatu
kegiatan |
3.1.2 |
Menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan
suatu kegiatan |
Tes Tertulis
Disediakan dua teks prosedur
1. Identifikasilah
pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
2. Tuliskan tahapan-tahapan dalam
teks prosedur tersebut
3. Kemukakan komentarmu terhadap kedua
teks prosedur
tersebut
Tertulis (soal HOTS)
1. Identifikasilah teks prosedur dengan memperhatikan
isi, pernyataan umum dan langkah-langkah/ tahapan yang disampaikan dalam
teks prosedur!
2. Buatlah rancangan teks prosedur dengan memuat pernyataan
umum dan tahapan-tahapannya!
3. Presentasikanlah hasil kerjamu dihadapan teman-temanmu.
RUBRIK PENILAIAN
Soal |
Aspek yang
Dinilai |
Skor |
1 |
Peserta didik
mengidentifikasi isi
teks prosedur dengan sangat tepat |
4 |
Peserta didik mengidentifikasi isi
teks prosedur dengan tepat |
3 |
|
Peserta didik mengidentifikasi isi
teks prosedur dengan kurang tepat |
2 |
|
Peserta didik mengidentifikasi isi
teks prosedur dengan tidak tepat |
1 |
|
Soal |
Aspek yang Dinilai |
Skor |
2 |
Peserta
didik menulis tahapan teks
prosedur sangat tepat |
4 |
Peserta didik menulis
tahapan teks prosedur tepat |
3 |
|
Peserta didik menulis tahapan teks prosedurkurang tepat |
2 |
|
Peserta didik menulis tahapan teks prosedur tidak tepat |
1 |
|
Soal |
Aspek yang Dinilai |
Skor |
3 |
Peserta didik mengemukakan komentar dengan sangat tepat |
4 |
Peserta didik mengemukakan komentar dengan tepat |
3 |
|
Peserta didik mengemukakan komentar dengan kurang tepat |
2 |
|
Pesertad idik mengemukakan komentar dengan tidak tepat |
1 |
INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN
Satuan
Pendidikan |
: |
SMA ………… |
|
|
Mata
Pelajaran |
: |
Bahasa
Indonesia – Wajib |
|
|
Kelas |
: |
XI |
|
|
Materi |
: |
Menganalisis
dan memerankan dialog prosedur |
|
|
Kompetensi
dasar |
: |
4.1 |
Merancang
pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi
yang tepat secara lisan dan tulis |
|
Indikator |
: |
4.1.1 |
Mengungkapkan pernyataan umum dantahapan-tahapan
secara lisan. |
|
4.1.2 |
Menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan |
1. Lembar Soal Keterampilan
1. Buatlah sebuah teksprosedur dengan
memperhatikan pernyataan umum dan
tahapan-tahapannya.
2. Identifikasilah
teks tersebut sesuai dengan pernyataan umum dan tahapan-tahapannya.
2. Rubrik Penilaian
Soal |
Aspek yang
Dinilai |
Skor |
1 |
Peserta
didik membuat teksprosedur dengan memperhatikanpernyataan umum dan tahapan-tahapannyasangat sesuai
isi teks |
4 |
Peserta didik membuat teksprosedur dengan memperhatikanpernyataan umum dan tahapan-tahapannya sesuai isi
teks |
3 |
|
Peserta didik membuat teksprosedur
dengan memperhatikanpernyataan umum dan
tahapan-tahapannya kurang sesuai isi teks |
2 |
|
Peserta didik membuat teksprosedur dengan memperhatikanpernyataan umum dan tahapan-tahapannya tidaksesuaiisiteks |
1 |
|
2 |
Peserta mengidentifikasi pernyataan umum dan tahapan-tahapan teks
prosedur sangat lengkap dan sangat sesuai dengan topik |
4 |
Peserta mengidentifikasi pernyataan umum dan tahapan-tahapan teks
prosedur lengkapdansesuaidengantopik |
3 |
|
Peserta mengidentifikasi
pernyataan umum dan tahapan-tahapan teks prosedur kurang
lengkap dan kurang dengantopik |
2 |
|
Peserta mengidentifikasi
pernyataan umum dan tahapan-tahapan teks prosedur tidak lengkap
dan tidak sesuai isi teks |
1 |
INSTRUMEN PENILAIAN PORTO FOLIO
Satuan
Pendidikan |
: |
SMA …………… |
||
Mata Pelajaran |
: |
Bahasa
Indonesia – Wajib |
||
Kelas |
: |
XI |
||
Materi |
: |
Menganalisis
Teks prosedur |
||
Kompetensi
dasar |
: |
3.1 |
Mengonstruksi
informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks
prosedur |
|
4.1 |
Merancang
pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi
yang tepat secara lisan dan tulis |
|||
Indikator |
: |
3.1.1 |
Menunjukan pernyataan umum dalam suatu
kegiatan |
|
3.1.2 |
Menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan
suatu kegiatan |
|||
4.1.1 |
Mengungkapkan pernyataan umum dantahapan-tahapan secara
lisan. |
|||
4.1.2 |
Menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan |
Tugas I
1. Simpan setiap
tugas yang diberikan ke dalam map individu peserta didik
(warna map sesuai dengan kelas masing-masing/tiap kelas beda warna map
2. Buat rangkuman
dari setiap tugas yang telah diberikan dan rangkuman dibuat pada kertas folio
bergaris.
3. Batas waktu
pengumpulan tugas adalah di pertemuan terakhir
PEDOMAN PENSKORAN:
KRITERIA YANG DINILAI |
SKOR MAKSIMAL |
Peserta
didikmenyimpan semua tugas yang telah dikerjakan dengan lengkap, dan tugas
dikerjakan dengan benar, serta dikumpulkan tepat waktu |
4 |
Peserta didik
menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, dan sebagian besar benar tapi
kurang lengkap, serta dikumpulkan tepat waktu |
3 |
Peserta didik
menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun sebagian besar salah,
kurang lengkap, dan tidak dikumpulkan tepat waktu |
2 |
Peserta didik
menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun tugas yang dikerjakan
salah, dan kurang lengkap, serta tidak dikumpulkan tepat waktu |
1 |
Peserta
didiktidak menyimpan satu pun tugas-tugas yang diberikan karena tidak pernah
mengumpulkan tugas |
0 |
LEMBAR PENILAIAN PORTOFOLIO
Jenis Tugas :
Kelas : XI
Semester/ Tahun Pelajaran : 1/ 2018/2019
No |
Nama Peserta didik |
Tugas KD |
Nilai |
Tanda Tangan |
Ket. (Tgl Pengumpulan) |
|
Peserta Didik |
Guru |
|||||
KISI-KISI SOAL HOTS
Tahun Pelajaran 201/2020
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Program : XI
Semester : 1 (dua)
Kurikulum : 2013
No |
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok |
Kelas/ Semester |
Indikator Soal |
Level Kognitif |
Bentuk Soal |
Nomor Soal |
1 |
3.1Mengonstruksi informasi berupa
pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur |
Menunjukan pernyataan umum dalam suatu
kegiatan |
XI/1 |
Disajikan teks prosedur, peserta didik dapatmenunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan |
C4 |
Uraian |
1 |
2 |
Menuliskan tahapan-tahapan sebagai
prosedur melakukan suatu kegiatan |
XI/1 |
Disajikan teks prosedur, peserta didik dapatmenuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu
kegiatan |
C5 |
uraian |
2 |
|
3 |
4.1Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam
teks prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis |
Mengungkapkan pernyataan umum
dantahapan-tahapan secara lisan. |
XI/1 |
Disajikan teks prosedurpeserta
didik dapat mengungkapkan
pernyataan umum dantahapan-tahapan secara lisan. |
C2 |
uraian |
3 |
4 |
Menuliskan pernyataan umum dan
tahapan-tahapan |
XI/1 |
Disajikan teks prosedurpeserta
didik dapat menuliskan
pernyataan umum dan tahapan-tahapan. |
C5 |
uraian |
4 |
|
5 |
Mengomentari teksprosedur |
XI/1 |
Disajikan video tentangprosedurpeserta
didik dapat
memberikan solusi terhadap pertanyaan teks prosedur dengan benar |
C2 |
uraian |
5 |
KARTU SOAL HOTS
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI / 1(satu)
Kurikulum : 2013
Kompetensi
Dasar |
: |
Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks
prosedur |
Materi |
: |
Teks prosedur |
Indikator
Soal Nomor 1 |
: |
Disajikan teks prosedur, peserta didik dapat menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan dengan benar |
Indikator
Soal Nomor 2 |
: |
Disajikan teks prosedur, peserta didik dapat menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan
suatu kegiatandengan benar |
Indikator
Soal Nomor 3 |
: |
Disajikan teks prosedur peserta
didik dapat mengungkapkan
pernyataan umum dantahapan-tahapan secara lisan dengan
jelas. |
Indikator
Soal Nomor 4 |
: |
Disajikan teks prosedur peserta
didik dapat menuliskan
pernyataan umum dan tahapan-tahapan dengan
benar. |
Indikator
Soal Nomor 5 |
: |
Disajikan video tentang prosedur peserta
didik dapat
memberikan solusi terhadap pertanyaan teks prosedurdengan benar |
Mengetahui, Kepala
SMA Negeri I Peukan Pidie Mukhtar,
S. Pd NIP. 19611005
1998 01 1 001 |
Peukan Pidie, 2019 Guru
Mata Pelajaran Aan
Zuliana, S. Pd NIP. 19850122
200604 2 002 |
0 Response to "RPP K13 Bahasa Indonesia Teks Prosedur Kelas XI SMA Revisi"
Posting Komentar