RPP K13 Bahasa Indonesia Teks Prosedur Kelas XI SMA Revisi

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Mata pelajaran    : Bahasa Indonesia

Sekolah                 : SMA Negeri I Peukan Pidie

Kelas/ Semester   : XI IPA-IPS/Ganjil

Materi pokok       : Teks Prosedur

Alokasi waktu      :  6 X 45 menit (3 kali pertemuan)

 

 

 

 

A. Kompetensi Inti

 

1

2

 

 

 

3

 4

Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi, damai), santun, responsive, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian spesifik dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

B.  Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

Kompetensi Dasar (KD)

 Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

3.1

Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur

3.1.1

3.1.2

Menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan

Menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatan

4.1

Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis

4.1.1

 

 

4.1.2

Mengungkapkan pernyataan umum dan tahapan-tahapan secara lisan

Mempresentasikan hasil ringkasanteks laporan hasil Menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan.

 

C.    Tujuan pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model saintifik peserta didik dapat menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan dan menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatan, mengungkapkan pernyataan umum dan tahapan-tahapan secara lisan dan menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan dengan rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif selama proses pembelajaran.

D.    Materi

Struktur teks prosedur:

      Pernyataan Umum

      Tahapan-tahapan

E.     Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran

1.      Pendekatan                : Saintifik

2.      Model Pembelajaran :Active Learning

3.      Metode                      : diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan

F.    Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar

1.      Media/Alat    : Lembar Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD

2.      Sumber Belajar :

Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya

 

G.     Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1 (2 ×45 menit)

Tahap

Langkah-langkah Pembelajaran

Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS

Alokasi Waktu

Pendahuluan

1.      Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tu­han dan saling mendoakan.

2.      Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya(tanya jawab).

3.      Peserta didik menyimak  kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari

4.      Peserta didik mendiskusikan informasi denganproaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.

5.      Peserta didik menerima informasi tentang hal-halyang akan dipela­jari,metode dan media, langkahpembelajaran dan penilaian pembelajaran

Religius

 

 

 

Rasa ingin tahu

10 menit

Inti

Mengamati

1.      Peserta didik mengamati dua contoh teks prosedur

2.      Peserta didik mengidentifikasi dua contoh teks prosedur bersama-sama

Menanya

1.      Peserta didik bertanya jawab tentang bentuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur

2.      Peserta didik memberi komentar terhadap bentuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur

Menalar

1.      Peserta didik duduk secara berkelompok (heterogen, 3-4 orang).

2.      Peserta didik secara berdiskusi mengidentifikasi bentuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur.

3.      Peserta didik secara berkelompok mencari contoh teks prosedur lain dari berbagai sumber.

Mencoba

1.      Peserta didik mencoba menentukan dan menganalisis bentuk pernyataan umum dari teks prosedur yang dipilih.

2.      Peserta didik mencoba menentukan dan menganalisis tahapan-tahapan dari teks prosedur yang dipilih.

3.      Peserta didik mencoba menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatan dalam teks prosedur.

Mengomunikasikan/menyajikan

1.      Peserta didik secara berkelompok mempresentasikan hasil kerjanya.

2.      Peserta didik yang lain memberikan komentar dan masukan atas penampilan temannya.

 

Literasi

 

 

 

 

 

Rasa ingin tahu

 

 

 

 

 

Kerja sama (Collaborative)

 

 

 

 

 

 

 

Berpikir kritis (Critical thinking)

 

Kreativitas (Creativity)

 

 

 

 

 

 

Komunikatif (Communicative)

70 menit

Kegiatan Penutup

Kegiatan guru bersama peserta didik

1.      Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.

2.      Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.

3.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan

Kegiatan guru

1.       Melakukan penilaian.

2.      Memberikan tugas kepada peserta didik untuk banyak membaca teks prosedur lainnya dan memilih satu teks prosedur untuk diidentifikasi pernyataan umum dan tahapan-tahapannya secara individu

3.      Menyampaikan rencana pembelajaranyang akan dilakukan selanjutnya.

4.      Menutup kegiatan belajar mengajar.

 

Kreativitas (Creativity)

 

 

 

 

HOTS

10 menit

 

Pertemuan 2 (2 ×45 menit)

Tahap

Langkah-langkah Pembelajaran

Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS

Alokasi Waktu

Pendahuluan

1.      Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tu­han dan saling mendoakan.

2.      Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya(tanya jawab).

3.      Peserta didik menyimak  kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari

4.      Peserta didik mendiskusikan informasi denganproaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.

5.      Peserta didik menerima informasi tentang hal-halyang akan dipela­jari, metode dan media, langkahpembelajaran dan penilaian pembelajaran

Religius

 

 

 

Rasa ingin tahu

10 menit

Inti

Mengamati

1.      Peserta didik mengamati video “langkah-langkah membuat slime”.

2.      Peserta didik mengidentifikasi video tersebut mana yang termasuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan.

Menanya

1.      Peserta didik bertanya jawab tentang video “langkah-langkah membuat slime”.

2.      Peserta didik memberi komentar terhadap video tersebut mana yang termasuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan.

Menalar

1.      Peserta didik duduk secara berkelompok (heterogen, 3-4 orang).

2.      Peserta didik berdiskusi untuk mengidentifikasi bentuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dalam video.

Mencoba

1.      Peserta didik mencoba menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan sesuai dengan video yang diamati.

Mengomunikasikan/menyajikan

1.      Peserta didik secara berkelompok mengungkapkan pernyataan umum dan tahapan-tahapannya secara lisan dengan memperhatikan intonasi dan lainnya.

2.      Peserta didik yang lain memberikan komentar dan masukanatas penampilan temannya.

 

 

Literasi

 

 

 

 

 

 

 

 

Rasa ingin tahu

 

 

 

 

 

 

 

 

Kerja sama (Collaborative)

 

Berpikir kritis (Critical thinking)

 

 

 

 

 

 

Kreativitas (Creativity)

 

 

 

 

Komunikatif (Communicative)

70 menit

Kegiatan Penutup

Kegiatan guru bersama peserta didik

1.      Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.

2.      Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.

3.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan

Kegiatan guru

1.      Melakukan penilaian.

2.      Memberikan tugas kepada peserta didik untuk membawa contoh lain dari teks prosedur baik dari koran, majalah atau buku sumber lainnya.

3.      Menyampaikan rencana pembelajaranyang akan dilakukan selanjutnya, yaitu struktur dan unsur kebahasaan teks prosedur.

4.      Menutup kegiatan belajar mengajar.

 

Kreativitas (Creativity)

 

 

 

 

 

HOTS

10 menit

 

H.    Penilaian

1.       Teknik Penilaian:

a.          Penilaian Sikap                :Observasi/pengamatan

b.         Penilaian Pengetahuan     : TesTertulis

c.          Penilaian Keterampilan    : Unjuk Kerja/ Praktik/ Portofolio

2.       Bentuk Penilaian:       

a.       Observasi             :lembar pengamatan aktivitas peserta didik

b.      Tes tertulis           :uraian danlembar kerja

c.       Unjuk kerja          :lembar penilaian presentasi

d.      Portofolio             : pedoman penilaian portofolio

3.       Remedial

a.       Pembelajaran remedial dilakukan bagi peserta didik yang capaian KD-nya belum tuntas

b.      Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.

c.       Tes remedial, dilakukan sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali tes remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes tertulis kembali.

4.      Pengayaan

Bagi Peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:

a.       Siswa yang mencapai nilai  diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan

b.      Siswa yang mencapai nilai  diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.

 

LAMPIRAN MATERI TEKS PROSEDUR

TEKS PROSEDUR

A. Contoh

Kiat Berwawancara Kerja


     Bagi perusahaan, wawancara merupakan kesempatan untuk menggali kualifkasi calon pegawai secara lebih mendalam, melihat kecocokannya dengan posisi yang ditawarkan, kebutuhan dan sifat perusahaan. Wawancara pun menjadi ajang tanya jawabantara pewawancara dengancalon.
     Agar mudah dipahami oleh mitra bicara, kita harus berbicara dengan jelas. Jaga agar kita tidak berbicara terlalu cepat atau lambat, atur juga suara agar jelas terdengar. Suara yang terlalu pelan membuat kita terlihat kurang percaya diri, sementara suara yang terlalu keras membuat kita terlihat agresif. Penggunaan bahasa yang baik juga menjadi suatu keharusan.
     Selain itu, perhatikan betul apa yang disampaikan pewawancara agar kita dapat memerikan jawaban yang relevan. Tak ada salahnya menanyakan kembali atau mencoba mengulangi pertanyaan yang diajukan untuk memastikan bahwa pemahaman kita sudah benar. Namun, jangan melakukannya terlalu sering karena justru akan membuat pewawancara mempertanyakan daya tangkap kita.
     Bahasa tubuh pun ikut memegang peranan. Gerakan nonverbal seperti mengangguk atau sikap tubuh yang agak condong ke depan menunjukkan bahwa kita tertarik pada apa yang disampaikan si pewawancaraa. Pastikan pula kita menjaga kontak mata dengan pewawancara, karena kontak mata penting dalam proses komunikasi, termasuk dalam wawancara kerja.

     Singkatnya, akan lebih baik jika kita mampu menampilkan sikap yang antusias secara verbal maupun nonverbal. Oleh karena itu, hindari bahasa tubuh yang dapat diartikan negatif, seperti menggoyangkan kaki, mengetuk-ngetuk jari, atau menghindari kontak mata. Cara berbicara
yang percaya diri namun tidak terkesan sombong dapat menarik minat pewawancara.

     Pada saat berbicara, hindari uraian yang panjang lebar dan berteletele. Cobalah mengemas kalimat secara singkat dan terfokus, namun tetap menarik. Kita diharapkan mampu menunjukkan bahwa kita adalah orang yang tepat untuk posisi yang ditawarkan. Ceritakanlah kemampuan atau
pengalaman yang relevan dengan posisi tersebut. Hindari mengkritik atasan atau rekan kerja sebelumnya karena ini menunjukkan sikap yang tidak profesional.
     Selama wawancara berlangsung, jadilah diri sendiri. Ungkapan ini mungkin terdengar klise, namun jauh lebih baik menjadi diri sendiri dan berbicara dengan jujur, daripada mencoba mengatakan sesuatu yang menurut kita akan membuat pewawancara merasa terkesan. Jangan
melebih-lebihkan kualifkasi kita, apalagi mengelabui dengan memberikan data yang tidak benar. Cepat atau lambat, pewawancara akan menemukan bahwa data tersebut hanyalah karangan. Tunjukkan bahwa kita mampu mengenali diri kita sendiri dengan tepat.

     Pewawancara biasanya memberikan kesempatan kepada kita untuk mengajukan pertanyaan di akhir wawancara. Gunakanlah kesempatan ini secara elegan dengan cara menunjukkan rasa ingin tahu kita tentang lingkup dan deskripsi tugas posisi yang dilamar, kesempatan pengembangan diri, dan sebagainya. Ini wajar, karena bersikap pasif dan menyerahkan segala sesuatu kepada pihak perusahaan tidak akan menambah nilai kita di mata pewawancara.
     Calon yang mau bertanya dalam porsi yang tepat menunjukkan kesungguhan minatnya pada posisi yang ditawarkan dan juga pada perusahaan. Di sesi ini biasanya muncul pula pembicaraan mengenai gaji dan tunjangan. Pewawancara sangat menghargai kandidat yang mampu menentukan nominal gaji yang ia harapkan, karena dianggap dapat melakukan penilaian atas kemampuannya dan tugas-tugas yang akan dilakukan. Tentu saja angkanya harus logis sambil tetap membuka kesempatan untuk negosiasi.
     Dengan persiapan matang dan unjuk diri yang baik saat wawancara, kita telah meninggalkan kesan yang layak untuk dipertimbangan oleh perusahaan 
(Sumber: “Unjuk Diri yang Baik dalam Wawancara Kerja” dalam Kompas dengan pengubahan).

B. Pengertian

Teks prosedur adalah Teks yang berisi langkah-langkah atau tahapan yang harus dilaksanakan dalam melakukan suatu kegiatan sehingga suatu kegiatan itu dapat terlaksana dengan baik dan berhasil..

C. Fungsi

Teks prosedur berfungsi untuk menjelaskan langkah-langkah apa saja yang harus kita lakukan dalam melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan sehingga pekerjaan atau kegiatan itu dapat terlaksana dengan baik.

D. Struktur 
Teks prosedur dibentuk oleh ungkapan tentang tujuan, langkahlangkah, dan penegasan ulang.
1. Tujuan merupakan pengantar tentang topik yang akan dijelaskan dalam teks. Pada contoh teks berjudul “Kiat Berwawancara Kerja”, pendahuluan yang dimaksud berupa pengertian wawancara dan
manfaat bagi suatu perusahaan (paragraf 1)
2. Langkah-langkah berupa perincian petunjuk yang disarankan kepada pembaca terkait dengan topik yang ditentukan (paragraf 2-9)
3. Penegasan ulang berupa harapan ataupun manfaat apabila petunjukpetunjuk itu dijalankan dengan baik (paragraf 10)

E. Aspek kebahasaan

Berikut aspek kebahasaan teks prosedur.

1. Banyak menggunakan kata-kata kerja perintah (imperatif). Kata
kerja imperatif dibentuk oleh akhiran –kan, -i, dan partikel –lah.

Bentuk dasar

Imbuhan/Partikel

Bentukan Kata

perhati

-kan

perhatikan

pasti

-kan

pastikan

tunjuk

-kan

tunjukkan

cerita

-kan

ceritakan

hindar

-i

hindari

jadi

-lah

jadilah


2. Banyak menggunakan kata-kata teknis yang berkaitan dengan topic yang dibahasnya.
3. Banyak menggunakan konjungsi dan partikel yang bermakna penambahan
4. Banyak menggunakan pernyataan persuasif
5. Apabila prosedur itu berupa resep dan petunjuk penggunaan alat, akan digunakan gambaran terperinci tentang benda dan alat yang dipakai, termasuk ukuran, jumlah, dan warna.

 

INTRUMEN PENILAIAN SIKAP

 

Nama Satuan pendidikan        : SMA …….

Tahun pelajaran                       : 2018/2019

Kelas/Semester                        : XI / 1

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

 

NO

WAKTU

NAMA

KEJADIAN/

PERILAKU

BUTIR SIKAP

POS/

NEG

TINDAK LANJUT

1

2

3

4

5

2

7

8

9

10

11

 

 

Satuan Pendidikan

:

SMA ………

Mata Pelajaran

:

Bahasa Indonesia

Kelas

:

XI

Kompetensi dasar

:

3.1

 Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur

Indikator

:

3.1.1  

Menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan

3.1.2  

Menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatan

Materi

:

Teks Prosedur

 

Contoh Tugas:

Jawablah pertanyaan berikut!

1.      

Mengapa bagian atas dinamakan “penjelasan umum”?

2.      

Apakah tahapan-tahapan pada bagian selanjutnya sudah jelas?

3.      

Apakah perbedaan utama teks prosedur dengan jenis teks lainnya?

4.      

Dari isinya, menjelaskan tentang apakah teks prosedur tersebut?

5.      

Bagaimana karakteristik umum dari teks prosedur?

6.      

Berdasarkan isinya, apa fungsi teks prosedur i

7.      

Kemukakanlah sebuah contoh teks prosedur yang kamu temukan dari koran atau majalah!

 

Jawablah pertanyaan berikut!

1.      

Bacalah kembali kedua teks berjudul “cara menghidupkan komputer”dan      “cara mematikan komputer”! manakah bagian-bagian yang termasuk ke dalam penyataan umum dan tahapan-tahapan melakukan suatu kegiatan?

2.      

Carilah bacaan atau buku tentang perintah melakukan suatu kegiatan. Catatlah langkah-langkahnya. Kemudian, simpulkan menurut pendapatmu sehingga kamu memahami makna langkah-langkah tersebut!

 

INSTRUMEN PENUGASAN2

 

Satuan Pendidikan

:

SMA …………

Mata Pelajaran

:

Bahasa Indonesia

Kelas

:

XI

Kompetensi dasar

:

4.1

Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis

Indikator

:

4.1.1  

Mengungkapkan pernyataan umum dan tahapan

4.1.2  

Menuliskan pernyataan umum dan tahapan

Materi

:

Teks Prosedur

 

Contoh Tugas:

 

1. Identifikasilah teks prosedur di atas berdasarkan format tabel berikut!

No.

Isi

Kalimat singkat

1.

Pernyataan umum

......................................................................................................

......................................................................................................

2.

Tahapan-tahapan

......................................................................................................

......................................................................................................

......................................................................................................

......................................................................................................

......................................................................................................

......................................................................................................

 

2.      Dari isinya menjelaskan tentang apakah teks prosedur itu?

3.      Temukan kata kerja imperatif pada teks prosedur di atas!

4.      Temukan enam konjungsi pada teks prosedur tersebut!

5.      Temukan pernyataan persuasif pada teks prosedur di atas!

6.      Berikanlah tanggapan dengan bahasamu sendiri pada teks tersebut?

7.      Tuliskan kembali isi teks prosedur tersebut dengan menggunakan bahasamu sendiri secara singkat dan jelas!

 

RUBRIK PENILAIAN PENUGASAN

 

Nama Peserta didik/kelompok         : …………………………………………………

Kelas                                                   : …………………………………………………

Tanggal Pengumpulan                     : ...............................................................

 

No

Kategori

Skor

Alasan

1.

1. Apakah teks prosedur yang ditulis lengkap?

2.

3. Apakah terdapat uraian tentangstruktur prosedur?

3.

Apakah bahasa yang digunakan untuk menginterpretasikan lugas, sederhana, runtut dan sesuai dengan Ekaidah PUEBI?

4.

Apakah terdapat pernyataan umum?

5.

Apakah terdapat tahapan-tahapan?

Jumlah

 

Kriteria:

5 = sangatbaik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang, dan 1 = sangat kurang

 

 

 

INSTRUMEN TES TERTULIS

 

Satuan Pendidikan

:

SMA ……………..

Mata Pelajaran

:

Bahasa Indonesia

Kelas

:

XI

Kompetensi dasar

:

3.1 

 Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur

Indikator

:

3.1.1  

Menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan

3.1.2  

Menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatan

 

Tes Tertulis

Disediakan dua teks prosedur

1.      Identifikasilah pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur

2.      Tuliskan tahapan-tahapan dalam teks prosedur tersebut

3.      Kemukakan komentarmu terhadap kedua teks prosedur tersebut

Tertulis (soal HOTS)

1.      Identifikasilah teks prosedur dengan memperhatikan isi,  pernyataan umum dan langkah-langkah/ tahapan yang disampaikan dalam teks prosedur!

2.      Buatlah rancangan teks prosedur dengan memuat pernyataan umum dan tahapan-tahapannya!

3.      Presentasikanlah hasil kerjamu dihadapan teman-temanmu. 

 

RUBRIK PENILAIAN

Soal

Aspek yang Dinilai

Skor

1

Peserta didik mengidentifikasi isi teks prosedur dengan sangat tepat

4

                      Peserta didik mengidentifikasi isi teks prosedur dengan tepat

3

                     Peserta didik mengidentifikasi isi teks prosedur dengan kurang tepat

2

                 Peserta didik mengidentifikasi isi teks prosedur dengan tidak tepat

1

Soal

Aspek yang Dinilai

Skor

2

Peserta didik menulis tahapan teks prosedur sangat tepat

4

                      Peserta didik menulis tahapan teks prosedur tepat

3

                     Peserta didik menulis tahapan teks prosedurkurang tepat

2

                       Peserta didik menulis tahapan teks prosedur tidak tepat

1

Soal

Aspek yang Dinilai

Skor

3

Peserta didik mengemukakan komentar dengan sangat tepat

4

                      Peserta didik mengemukakan komentar dengan tepat

3

                      Peserta didik mengemukakan komentar dengan kurang tepat

2

                       Pesertad idik mengemukakan komentar dengan tidak tepat

1

 

 

 

INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN

 

Satuan Pendidikan

:

SMA …………

 

Mata Pelajaran

:

Bahasa Indonesia – Wajib

 

Kelas

:

XI

 

Materi

:

Menganalisis dan memerankan dialog prosedur

 

Kompetensi dasar

:

4.1 

Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis

Indikator

:

4.1.1  

Mengungkapkan pernyataan umum dantahapan-tahapan secara lisan.

4.1.2  

Menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan

1.      Lembar Soal Keterampilan

1.      Buatlah sebuah teksprosedur dengan memperhatikan pernyataan umum dan tahapan-tahapannya.

2.      Identifikasilah teks tersebut sesuai dengan pernyataan umum dan tahapan-tahapannya.

2.      Rubrik Penilaian

Soal

Aspek yang Dinilai

Skor

1

Peserta didik membuat teksprosedur dengan memperhatikanpernyataan umum dan tahapan-tahapannyasangat sesuai isi teks

4

                       Peserta didik membuat teksprosedur dengan memperhatikanpernyataan umum dan tahapan-tahapannya sesuai isi teks

3

                     Peserta didik membuat teksprosedur dengan memperhatikanpernyataan umum dan tahapan-tahapannya kurang sesuai isi teks

2

                        Peserta didik membuat teksprosedur dengan memperhatikanpernyataan umum dan tahapan-tahapannya tidaksesuaiisiteks

1

2

Peserta mengidentifikasi pernyataan umum dan tahapan-tahapan teks prosedur  sangat lengkap dan sangat sesuai dengan topik

4

                      Peserta mengidentifikasi pernyataan umum dan tahapan-tahapan teks prosedur  lengkapdansesuaidengantopik

3

                      Peserta mengidentifikasi pernyataan umum dan tahapan-tahapan teks prosedur  kurang lengkap dan  kurang dengantopik

2

                      Peserta mengidentifikasi pernyataan umum dan tahapan-tahapan teks prosedur  tidak lengkap dan tidak sesuai isi teks

1

 

 

INSTRUMEN PENILAIAN PORTO FOLIO

 

Satuan Pendidikan

:

SMA ……………

Mata Pelajaran

:

Bahasa Indonesia – Wajib

Kelas

:

XI

Materi

:

Menganalisis Teks prosedur

Kompetensi dasar

:

3.1 

Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur

4.1

Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis

Indikator

:

3.1.1  

Menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan

3.1.2  

Menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatan

4.1.1

Mengungkapkan pernyataan umum dantahapan-tahapan secara lisan.

4.1.2

Menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan

Tugas I

1.             Simpan setiap tugas yang diberikan ke dalam map individu peserta didik (warna map sesuai dengan kelas masing-masing/tiap kelas beda warna map

2.             Buat rangkuman dari setiap tugas yang telah diberikan dan rangkuman dibuat pada kertas folio bergaris.

3.             Batas waktu pengumpulan tugas adalah di pertemuan terakhir

 

PEDOMAN PENSKORAN:

KRITERIA YANG DINILAI

SKOR MAKSIMAL

Peserta didikmenyimpan semua tugas yang telah dikerjakan dengan lengkap, dan tugas dikerjakan dengan benar, serta dikumpulkan tepat waktu

4

Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, dan sebagian besar benar tapi kurang lengkap, serta dikumpulkan tepat waktu

3

Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun sebagian besar salah, kurang lengkap, dan tidak dikumpulkan tepat waktu

2

Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun tugas yang dikerjakan salah, dan kurang lengkap, serta tidak dikumpulkan tepat waktu

1

Peserta didiktidak menyimpan satu pun tugas-tugas yang diberikan karena tidak pernah mengumpulkan tugas

0

 

LEMBAR PENILAIAN PORTOFOLIO

 

Jenis Tugas                            :

Kelas                                       : XI

Semester/ Tahun Pelajaran  : 1/ 2018/2019

 

No

Nama Peserta didik

Tugas KD

Nilai

Tanda Tangan

Ket.

(Tgl Pengumpulan)

Peserta Didik

Guru

 

KISI-KISI SOAL HOTS

Tahun Pelajaran 201/2020

 

Mata Pelajaran :  Bahasa Indonesia

Kelas/Program             :  XI

Semester                      :  1 (dua)

Kurikulum                   :  2013

 

No

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Kelas/

Semester

Indikator Soal

Level Kognitif

Bentuk Soal

Nomor Soal

1

3.1Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur

Menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan

XI/1

Disajikan teks prosedur, peserta didik dapatmenunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan

C4

Uraian

1

2

Menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatan

XI/1

Disajikan teks prosedur, peserta didik dapatmenuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatan

C5

uraian

2

3

4.1Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis

Mengungkapkan pernyataan umum dantahapan-tahapan secara lisan.

XI/1

Disajikan teks prosedurpeserta didik dapat mengungkapkan pernyataan umum dantahapan-tahapan secara lisan.

C2

uraian

3

4

Menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan

XI/1

Disajikan teks prosedurpeserta didik dapat menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan.

C5

uraian

4

5

Mengomentari teksprosedur

XI/1

Disajikan video tentangprosedurpeserta didik dapat memberikan solusi terhadap pertanyaan teks prosedur dengan benar

C2

uraian

5

 

KARTU  SOAL HOTS

 

Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester          : XI  / 1(satu)

Kurikulum                 : 2013

 

Kompetensi Dasar

:

Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur

Materi

:

Teks prosedur

Indikator Soal Nomor 1

:

Disajikan teks prosedur, peserta didik dapat menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan dengan benar

Indikator Soal Nomor 2

:

Disajikan teks prosedur, peserta didik dapat menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatandengan benar

Indikator Soal Nomor 3

:

Disajikan teks prosedur peserta didik dapat mengungkapkan pernyataan umum dantahapan-tahapan secara lisan dengan jelas.

Indikator Soal Nomor 4

:

Disajikan teks prosedur peserta didik dapat menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan dengan benar.

Indikator Soal Nomor 5

:

Disajikan video tentang prosedur peserta didik dapat memberikan solusi terhadap pertanyaan teks prosedurdengan benar

 

 

Mengetahui,

Kepala SMA Negeri I Peukan Pidie                                                                                              

 

 

Mukhtar, S. Pd

NIP. 19611005  1998 01 1 001

Peukan Pidie,                    2019

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

Aan Zuliana, S.  Pd

NIP. 19850122  200604  2 002

 

0 Response to "RPP K13 Bahasa Indonesia Teks Prosedur Kelas XI SMA Revisi"

Posting Komentar