RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata pelajaran : Bahasa
Indonesia
Sekolah : SMA Negeri I Peukan Pidie
Kelas/ Semester : XI IPA-IPS/Genap
Materi pokok : Teks Proposal
Alokasi waktu : 6 X 45 menit (3
kali pertemuan)
A. Kompetensi Inti
1 2 3 |
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi,
damai), santun, responsive, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual,
konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian
spesifik dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan |
B. Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD) |
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
3.12 |
Menentukan informasi penting
yang ada dalam proposal kegiatan atau penelitian
yang dibaca. |
3.12.1 3.12.2 |
Mengidentifiksi isi tiap-tiap
unsur proposal. Menyunting proposal yang dibaca dengan cara meleng kapi
informasi yang kurang lengkap |
4.12 |
Melengkapi informasi dalam
proposal secara lisan supaya lebih efektif. |
4.12.1 |
Mempresentasikan hasil kerja dalam
diskusi kelas. |
3.13 |
Menganalisis isi, sistematika, dan
kebaha saan suatu proposal. |
3.13.1 |
Mengidentifikasi isi, sistematika,
dan kebahasaan proposal. |
4.13 |
Merancang sebuah proposal karya ilmiah dengan memerhatikan informasi,tujuan, dan esensi
karya ilmiah yang diperlukan |
4.13.1 4.13.2 |
Membuat proposal berdasarkan
unsur- unsur proposal, pendahuluan, latar belakang masalah,
metode, pelaksa naan (tempat,
waktu, biaya, dan pelaksana) dengan memperhati-kan isi dan
kebahasaannya. Mempresentasikan,menanggapi, dan merevisi hasil kerja dalam diskusi kelas |
C. Tujuan
pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan
pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model saintifik peserta didik dapat menunjukan pernyataan umum
dalam suatu kegiatan dan menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan
suatu kegiatan, mengungkapkan pernyataan umum dan
tahapan-tahapan secara lisan dan menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan dengan
rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif
selama proses pembelajaran.
D. Materi Pembelajaran
Proposal:
v Informasi dalam
proposal
v Unsur-unsur
proposal.
Proposal:
v Isi proposal;
v Sistematika proposal
v unsur
kebahasaan proposal.
E. Pendekatan,
Metode dan Model Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model Pembelajaran :Active Learning
3. Metode :
diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan
F. Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar
1. Media/Alat : Lembar
Kerja, Papan
Tulis/White Board, LCD
2. Sumber Belajar :
Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat
Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat
Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa
Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
G. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama (2 ×45
menit)
Tahap |
Langkah-langkah Pembelajaran |
Nilai Karakter (PPK), Literasi,
4C, HOTS |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
1.
Pesertadidik
merespon salam tanda
mensyukuri
anugerah Tuhan dan saling mendoakan. (PPK) 2.
Peserta
didik merespon pertanyaan
dari guru berhubungan dengan pembelajaran
sebelumnya. 3.
Peserta didik menerima informasi dengan proaktif tentang
keterkaitan pembelajaran sebelumnya
dengan
pembelajaran yang akan dilaksanakan. 4.
Peserta didik menerima informasi tenting hal-hal yang akan dipelajari dan dikuasai khususnya tentang pembelajaran teks
proposal. |
Religius Rasa ingin tahu |
10 menit |
Inti |
1. Peserta didik membaca 2 atau 3 teks
proposal yang bertema sama. (literasi) 2. Peserta didik mencermati struktur teks dari 2 atau 3 teks roposal yang telah dibacanya. 3. Peserta didik mencermati ciri kebahasaan yang digunakan
dalam teks proposal. 4. Peserta didik mencermati isi pokok dalam 2 atau 3 teks
proposal. 5. Peserta didik mengajukan pertanyaan
tentang variasi struktur teks dari 2 atau 3 teks proposal. 6. Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang ciri
kebahasaan yang digunakan dalam 2 atau 3teks proposal. 7. Peserta didik mengajukan pertanyaan isi pokok dari 2 atau
3 teks proposal. 8. Peserta didik mengumpulkan informasi melalui telaah model teks
eksplanasi. 9. Peserta didik melakukan klasifikasi dan deskripsi hubungan
antarkomponen yang ditemukan berdasarkan telaah model teks 10. Peserta didik menyimpulkan struktur teks proposal. |
Literasi Rasa ingin tahu Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical
thinking) Kreativitas (Creativity) Komunikatif (Communicative) |
70 menit |
Penutup |
Kegiatan guru
bersama peserta didik 1. Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran. 2. Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan. 3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran; dan Kegiatan guru 1. Melakukan
penilaian. 2. Memberikan
tugas kepada peserta didik untuk banyak membaca teks prosedur lainnya dan memilih satu teks prosedur untuk diidentifikasi
pernyataan umum dan tahapan-tahapannya secara individu 3. Peserta didik saling memberikan umpan balik/refleksi hasil pembelajaran
yang telah dicapai. 4. Pendidik menutup pembelajaran dengan ucapan salam |
Kreativitas (Creativity) HOTS |
10 menit |
Pertemuan
Kedua (2 ×45 menit)
Tahap |
Langkah-langkah Pembelajaran |
Nilai Karakter (PPK), Literasi,
4C, HOTS |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
1.
Pesertadidik
merespon salam tanda
mensyukuri
anugerah Tuhan dan saling mendoakan. (PPK) 2.
Peserta
didik merespon pertanyaan
dari guru berhubungan
dengan pembelajaran sebelumnya. 3.
Peserta didik menerima informasi dengan proaktif tentang
keterkaitan pembelajaran sebelumnya
dengan
pembelajaran yang akan dilaksanakan. 4.
Peserta didik menerima informasi tenting hal-hal yang akan dipelajari dan dikuasai khususnya tentang pembelajaran teks
proposal. |
Religius Rasa ingin tahu |
10 menit |
Inti |
1. Peserta didik menyimpulkan ciri kebahasaan teks proposal. 2. Peserta didik menyimpulkan isi pokok dari 2 atau teks proposal. 3. Peserta didik mempresentasikan hasil pengamatan
tentang struktur, ciri bahasa, dan isi pokok dari 2 atau 3 teks proposal. 4. Peserta didik mengerjakan
latihan dan tugas yang diberikan guru untuk mengembangkan kompetensi (seperti
latihan kata, kalimat, dan paragraf) yang sesuai dengan jenis teks
proposal: (HOTS) a. latihan kosa kata teknis,
sinonim b. latihan penulisan unsur serapan c. latihan pengembangan teks
proposal: klasifikasi deskripsi d. latihan pengembangan kekohesian 5. Peserta didik berdiskusi dengan teman
sebangku atau berpasangan untuk menentukan topik dan menyusun kerangka
karangan. Latihan pengembangan topik dengan peta pikiran (mindmap)
atau jaring laba-laba (spider-web) atau teknik lain yang dapat
digunakan. (4C) 6. Peserta didik
menentukan topik teks proposal dengan peta pikiran (mindmap)
atau jaring laba-laba (spider-web). 7. Peserta didik
menyusun kerangka teks proposal. |
Literasi Rasa ingin tahu Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical
thinking) Kreativitas (Creativity) Komunikatif (Communicative) |
70 menit |
Penutup |
Kegiatan guru
bersama peserta didik 1. Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran. 2. Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan. 3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran; dan Kegiatan guru 1.
Melakukan penilaian. 2. Memberikan tugas kepada peserta didik
untuk banyak membaca teks prosedur lainnya dan
memilih satu teks prosedur untuk diidentifikasi pernyataan umum dan
tahapan-tahapannya secara individu 3. Peserta didik saling
memberikan umpan balik/refleksi hasil pembelajaran yang telah dicapai. 4. Pendidik
menutup pembelajaran dengan ucapan salam |
Kreativitas (Creativity) HOTS |
10 menit |
Pertemuan
Ketiga (2 ×45 menit)
Tahap |
Langkah-langkah Pembelajaran |
Nilai Karakter (PPK), Literasi,
4C, HOTS |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
1.
Pesertadidik
merespon salam tanda
mensyukuri
anugerah Tuhan dan saling mendoakan. (PPK) 2.
Peserta
didik merespon pertanyaan
dari guru berhubungan
dengan pembelajaran sebelumnya. 3.
Peserta didik menerima informasi dengan proaktif tentang
keterkaitan pembelajaran sebelumnya
dengan
pembelajaran yang akan dilaksanakan. 4.
Peserta didik menerima informasi tenting hal-hal yang akan dipelajari dan dikuasai khususnya tentang pembelajaran teks
proposal. |
Religius Rasa ingin tahu |
10 menit |
Inti |
1. Peserta didik mengumpulkan informasi yang
sesuai dengan topik yang telah dipilih. 2. Peserta didik menyusun teks
proposal. berdasarkan
kerangka yang telah disusun dengan memperhatikan struktur teks, ciri
kebahasaan, dan EBI. 3. Peserta didik mempresentasikan teks
proposal yang telah
disusun. 4. Peserta
didik menanggapi teks proposal. 5. Peserta
didik merevisi teks proposal berdasarkan masukan dari
teman. 6. Peserta
didik memasukkan lembar coretan kerja dan semua draf hingga draf final
ke bendel portofolio masing-masing. |
Literasi Rasa ingin tahu Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical
thinking) Kreativitas (Creativity) Komunikatif (Communicative) |
70 menit |
Penutup |
Kegiatan guru
bersama peserta didik 1. Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran. 2. Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan. 3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran; dan Kegiatan guru 1. Melakukan
penilaian. 2. Memberikan
tugas kepada peserta didik untuk banyak membaca teks prosedur lainnya dan memilih satu teks prosedur untuk diidentifikasi
pernyataan umum dan tahapan-tahapannya secara individu 3. Peserta didik saling memberikan umpan balik/refleksi hasil pembelajaran
yang telah dicapai. 4. Pendidik menutup pembelajaran dengan ucapan salam |
Kreativitas (Creativity) HOTS |
10 menit |
H. Penilaian
KD dan Indikator (KD-3: Pengetahuan)
Kompetensi
Dasar |
Indikator |
3.12 Menentukan informasi penting yang ada dalam proposal kegiatan atau penelitian yang dibaca. 3.13 Menganalisis isi, sistematika, dan kebahasaan suatu proposal. |
Mengidentifiksi
isi tiap-tiap unsur proposal. • Mengidentifikasi isi, sistematika, dan kebahasaan proposal. |
Penilain Proses |
Penilaian Hasil |
Penilaian proses aspek pengetahuan dapat dilakukan sejak
kegiatan menelaah Model dan mengonstruksi terbimbing. Catatan terhadap peserta didik pada kegiatan tersebut
dapat dijadikan penilaian sikap selama mengikuti pembelajaran: ketekunan,
kerja sama, semangat, ketelitian, kerapihan, kebersihan, keseriusan. |
Jenis : Tulis Bentuk : Uraian Contoh instrumen: a.
Tuliskanlah unsur-unsur proposal yang Anda baca! b.
Tuliskanlah pelaksanaan kegiatan proposal yang Anda baca! c.
Tuliskanlah isi
pokok proposal yang Anda baca! |
KD dan Indikator (KD-4: Keterampilan)
Kompetensi
Dasar |
Indikator |
4.12 Melengkapi informasi dalam proposal secara lisan supaya lebih efektif. 4.13 Merancang sebuah proposal karya ilmiah
dengan memerhatikan informasi, tujuan, dan esensi karya ilmiah yang
diperlukan. |
Menyunting
proposal yang dibaca dengan cara melengkapi informasi yang kurang lengkap. Mempresentasikan hasil kerja dalam diskusi kelas. • Membuat proposal
berdasarkan unsur- unsur proposal, pendahuluan, latar belakang masalah, metode, pelaksanaan (tempat, waktu, biaya, dan pelaksana) dengan memperhatikan isi dan kebahasaannya. • Mempresentasikan,menanggapi,
dan merevisi hasil kerja dalam diskusi kelas. |
Penilain Proses |
Penilaian Hasil |
Penilaian proses aspek pengetahuan
dapat dilakukan sejak kegiatan Mengonstruksi Terbimbing dan Mengonstruksi
Mandiri. Catatan terhadap peserta didik
pada kegiatan tersebut dapat dijadikan penilaian sikap selama mengikuti
pembelajaran dan mengerjakan tugas (bendel portofolio): ketekunan, kerjasama,
semangat, ketelitian, kerapihan, kebersihan, keseriusan. |
Jenis : Menulis Bentuk: Uraian Contoh Instrumen Susunlah proposal
berdasarkan jenis proposal yang Anda baca dengan memerhatikan hal di bawah ini! a. Tentukan jenis teks proposal! b. Buatlah
kerangka sesuai dengan unsur-unsur teksproposal! c. Kembangkan
kerangka tersebut menjadi teksproposal dengan
memerhatikan struktur teks, ciri kebahasaan, dan EBI! |
Portofolio
Khusus
untuk kompetensi menulis, penilaian meliputi proses dan produk yang tercakup
dalam penilaian portofolio. Dokumen portofolio berisi:
(a) draf
final (produk) berbobot 40%;
(b) bukti
draf sedikitnya 3 draf berbobot 25%;
(c)
bukti catatan tentang apa yang akan ditulis dan sumber penulisan berbobot 10%;
dan
(d) catatan
reflektif berbobot 25%.
Sikap
Penilaian sikap dilakukan selama proses pembelajaran
atau di luar pembelajaran dengan melalui observasi dengan mengisi jurnal.
Contoh format dan pengisian lembar
pengamatan guru mata pelajaran
Nama Satuan pendidikan :
Tahun pelajaran :
Kelas/Semester :
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
No. |
Waktu |
Nama |
Kejadian/
Perilaku |
Butir
sikap |
Positif/
Negatif |
Tindak
Lanjut |
1. |
- |
|||||
2. |
+ |
Pedoman Penskoran
a. Pengetahuan
Soal |
Aspek
yang Dinilai |
Skor |
1 |
a. Peserta didik menuliskan unsur-unsur teks proposal dengan sangat tepat |
4 |
b. Peserta didik
menuliskan unsur-unsur teks proposal dengan tepat |
3 |
|
c. Peserta
didik menuliskan unsur-unsur teks proposal dengan kurang tepat |
2 |
|
d. Peserta didik
menuliskan unsur-unsur teks proposal dengan tidak tepat |
1 |
Soal |
Aspek
yang Dinilai |
Skor |
2 |
a. Peserta didik menuliskan pelaksanaan kegiatan proposal dengan sangat tepat |
4 |
b. Peserta didik
menuliskan pelaksanaan kegiatan proposal dengan tepat |
3 |
|
c. Peserta
didik menuliskan pelaksanaan kegiatan proposal dengan kurang tepat |
2 |
|
d. Peserta didik
menuliskan pelaksanaan kegiatan proposal dengan tidak tepat |
1 |
Soal |
Aspek
yang Dinilai |
Skor |
|
3 |
a. Peserta
didik menuliskan isi pokok proposal dengan sangat tepat |
4 |
|
b. Peserta didik
menuliskan isi pokok proposal dengan tepat |
3 |
||
c. Peserta
didik menuliskan isi pokok proposal dengan kurang tepat |
2 |
||
d. Peserta didik
menuliskan isi pokok proposal dengan tidak tepat |
1 |
||
Keterangan
Nilai
= Perolehan skor
Jumlah
soal
Contoh
Nilai = 10 x 100 =
83,33
12
b. Keterampilan
Bait |
Aspek
yang Dinilai |
Skor |
1 |
a. Peserta didik menentukan jenis teks proposal sangat sesuai isi teks |
4 |
b. Peserta didik menentukan jenis teks proposal sesuai isi teks |
3 |
|
c. Peserta didik menentukan jenis teks proposal kurang sesuai isi teks |
2 |
|
d. Peserta didik menentukan jenis teks proposal tidak sesuai isi teks |
1 |
|
2 |
e. Peserta didik menyusun kerangka teks proposal sangat lengkap dan sangat sesuai dengan topik |
4 |
f. Peserta didik menyusun kerangka teks proposal lengkap dan sesuai dengan topik |
3 |
|
g. Peserta didik menyusun kerangka teks proposal kurang lengkap dan kurang dengan topik |
2 |
|
h. Peserta didik menyusun kerangka teks proposal tidak lengkap dan tidak sesuai isi teks |
1 |
|
3 |
i. Peserta
didik menulis teks proposal sangat sesuai dengan
kerangka, struktur, ciri kebahasaan, dan EBI |
4 |
j. Peserta
didik menulis teks proposal sesuai dengan
kerangka, struktur, ciri kebahasaan, dan EBI |
3 |
|
k. Peserta didik
menulis teks proposal kurang sesuai dengan
kerangka, struktur, ciri kebahasaan, dan EBI |
2 |
|
l. Peserta
didik menulis teks proposal tidak sesuai dengan
kerangka, struktur, ciri kebahasaan, dan EBI |
1 |
Nilai = Perolehan skor
Jumlah
kreteria/soal
Contoh:
Nilai = 11 x
100 = 91,66
12
Mengetahui, Kepala
SMA Negeri I Peukan Pidie Mukhtar,
S. Pd NIP. 19611005 1998 01 1 001 |
Peukan Pidie, 20.. Guru
Mata Pelajaran Aan
Zuliana, S. Pd NIP. 19850122
200604 2 002 |
0 Response to "RPP K13 Bahasa Indonesia Teks Proposal Kelas XI SMA Revisi"
Posting Komentar