RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata pelajaran : Bahasa
Indonesia
Sekolah : SMA Negeri I Peukan Pidie
Kelas/ Semester : XI IPA-IPS/Ganjil
Materi pokok : Teks Cerita Pendek
Alokasi waktu : 8 X 45 menit (4
kali pertemuan)
A. Kompetensi Inti
1 2 3 |
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi,
damai), santun, responsive, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual,
konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian
spesifik dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan |
B. Kompetensi Dasar (KD)
dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD) |
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
3.9 |
Menganalisis unsur-unsur pembangun
cerita pendek dalam buku kumpulan cerita pendek |
3.9.1 3.9.2 |
Menentukan unsur-unsur pembangun cerita pendek Menelaah teks cerita pendek
berdasarkan struktur dan kaidah |
4.9 |
Mengkonstruksi
sebuah cerita pendek dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen. |
4.9.1 4.9.2 |
Menentukan topik tentang kehidupan
dalam cerita pendek Menulis cerita pendek dengan memperhatikan unsur-unsur
pembangun. |
C. Tujuan
pembelajaran
Melalui kegiatan
pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan
model saintifik peserta didik dapat menentukan unsur-unsur pembangun cerita pendek, menelaah
teks cerita pendek berdasarkan struktur dan kaidah, menentukan topik tentang
kehidupan dalam cerita pendek, dan menulis cerita pendek dengan memperhatikan
unsur-unsur pembangun.
D. Materi
Struktur Cerita Pendek
Abstrak-Orientasi-Komplikasi-Resolusi-Evaluasi-Koda
Unsur-unsur Cerita Pendek
Tema, tokoh, penokohan, alur, latar,
gaya bahasa, sudut pandang, amanat.
E. Pendekatan, Metode dan
Model Pembelajaran
1. Pendekatan : Kolaboratif
2. Model Pembelajaran : Menulis Terbimbing
3. Metode :
diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan
G. Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar
1. Media/Alat : Lembar
Kerja, Papan
Tulis/White Board, LCD
2. Sumber
Belajar :
Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat
Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat
Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa
Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
F. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 ×45
menit)
Tahap |
Langkah-langkah Pembelajaran |
Nilai Karakter (PPK), Literasi,
4C, HOTS |
Alokasi
Waktu |
Pendahuluan |
1. Peserta
didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. 2. Peserta
didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran
sebelumnya (tanya jawab). 3. Peserta
didik menyimak kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari 4. Peserta
didik mendiskusikan informasi dengan proaktiftentang
keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan. 5. Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang
akan dipelajari, metode dan media, langkah pembelajarandan penilaian pembelajaran |
Religius Rasa ingin tahu |
10 menit |
Inti |
Inti 1. Siswa
duduk secara berkelompok. Masing-masing kelompok terdiri atas 4 orang. Setiap
kelompok diberikan lembar kerja (kerangka karangan) untuk draf kasar yang
memuat unsur-unsur cerita pendek 2. Siswa
mengamati powerpoint atau video interaktif tentang struktur dan unsur-unsur
cerpen (materi hanya berupa ulasan). 3. Siswa dan
guru bertanya jawab tentang materi yang telah dibahas. Pramenulis 1. Siswa
mengamati gambar peristiwa yang disajikan guru dalam proyektor. 2. Siswa
mengembangkan ide cerita dari gambar peristiwa yang diamati secara
berkelompok dengan mempertanyakan unsur-unsur cerpen dengan bimbingan guru. 3. Siswa mengomunikasikan ide cerita dengan teman kelompoknya dan
saling memberi saran. 4. Siswa
bersama kelompoknya menyusun kerangka karangan (draf kasar cerita) sesuai
topik gambar peristiwa berdasarkan unsur-unsur dalam cerpen Pendrafan 1. Siswa
bersama kelompoknya kembali merinci kerangka karangan (draf kasar cerita)
yang akan dibuat cerpen utuh. Dalam proses pendrafan ini, siswa menggunakan masukan
dari kelompoknya. 2. Siswa mulai
menulis cerita pendek
utuh secara individu berdasarkan kerangka karangan (draf kasar cerita) yang telah disusun
bersama kelompoknya. Dengan kreativitas dan imajinasi masing-masing, siswa
boleh menambahkan, atau mengubah akhir cerita. 3. Siswa
dibimbing oleh guru dari mulai tahap menulis awal cerpen, tengah, hingga
akhir cerpen. |
Literasi Rasa ingin tahu Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical
thinking) Kreativitas (Creativity) Komunikatif (Communicative) |
70 menit |
Penutup |
Kegiatan guru
bersama peserta didik 1. Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran. 2. Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan. 3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran; dan Kegiatan guru 1. Melakukan penilaian. 2. Memberikan
tugas kepada peserta didik untuk banyak membaca cerita pendek lainnya dan memilih satu cerita pendek untuk diidentifikasi
pernyataan umum dan tahapan-tahapannya secara individu 3. Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya. 4. Menutup kegiatan belajar mengajar. |
Kreativitas (Creativity) HOTS |
10 menit |
Pertemuan 2 (2 ×45
menit)
Tahap |
Langkah-langkah Pembelajaran |
Nilai
Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS |
Alokasi
Waktu |
Pendahuluan |
1. Peserta
didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. 2. Peserta
didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran
sebelumnya (tanya jawab). 3. Peserta
didik menyimak kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari 4. Peserta
didik mendiskusikan informasi dengan proaktiftentang
keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan. 5. Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang
akan dipelajari, metode dan media, langkah pembelajarandan penilaian pembelajaran |
Religius Rasa ingin tahu |
10
menit |
Inti |
Inti 1. Siswa
kembali duduk dengan kelompoknya masing-masing. 2. Cerita
pendek dan peta konsep dikembalikan kepada siswa 3. Siswa
mengamati powerpoint atau video interaktif tentang materi cerpen (penulisan
kreatif cerpen). 4. Siswa
dan guru melakukan tanya jawab tentang kiat-kiat kreatif menulis cerpen
dan dan bagaimana menulis cerpen yang baik. 5. Siswa
dan guru membahas kesalahan dan kekurangan cerita pendek yang ditulis siswa Perbaikan Siswa
dalam kelompoknya masing-masing membaca karyanya dan meminta masukan dari
teman kelompoknya. Siswa
memperbaiki tulisan sesuai masukan dari teman kelompok. Penyuntingan Siswa
dan guru membahas dan menyunting kesalahan teknis dalam cerpen. Seperti
ejaan, penulisan kalimat yang rancu dan sebagainya. Publikasi Siswa
menyampaikan hasil cerpen utuhnya di depan kelas. Siswa
yang lain memberikan tanggapan terhadap hasil cerita pendek yang ditulis
siswa. 1. Bersama
kelompoknya, siswa menempelkan karyanya di mading kelas. |
Literasi Rasa ingin tahu Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical
thinking) Kreativitas (Creativity) Komunikatif (Communicative) |
70 menit |
Penutup |
Kegiatan guru
bersama peserta didik 1. Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran. 2. Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan. 3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran; dan Kegiatan guru 1. Melakukan penilaian. 2. Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya, yaitu struktur dan unsur
kebahasaan cerita pendek. 3. Menutup kegiatan belajar mengajar. |
Kreativitas (Creativity) HOTS |
10 menit |
H. Penilaian
1. Teknik
Penilaian:
a. Penilaian
Sikap :Observasi/pengamatan
b. Penilaian
Pengetahuan : Tes Tertulis
c. Penilaian
Keterampilan : Unjuk Kerja/ Praktik/ Portofolio
2. Bentuk
Penilaian:
a. Observasi :lembar pengamatan aktivitas peserta didik
b. Tes tertulis :uraian
dan lembar kerja
c. Unjuk
kerja :lembar
penilaian presentasi
d. Portofolio :pedoman
penilaian portofolio
3. Remedial
a. Pembelajaran remedial dilakukan
bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b. Tahapan pembelajaran remedial
dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor
sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
c. Tes remedial, dilakukan
sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali tes remedial
belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes
tertulis kembali.
4. Pengayaan
Bagi Peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan
pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
a. Siswa yang mencapai nilai diberikan materi masih dalam cakupan KD
dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
b. Siswa yang
mencapai nilai diberikan materi melebihi cakupan KD dengan
pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
LAMPIRAN: MATERI CERITA PENDEK
1. Struktur Teks
Cerpen
1) Abstrak (sinopsis).
2) Orientasi
(pengenalan cerita).
3) Komplikasi (puncak
konflik).
4) Evaluasi
(komentar).
5) Resolusi
(penyelesaian akhir).
6) Koda (komentar
akhir terhadap keseluruhan isi cerita).
Abstrak, evaluasi dan koda bersifat opsional. Artinya
sebagian besar cerpen tidak mengharuskan ada abstrak, evaluasi dan koda.
2. Unsur-unsur
Pembangun Cerpen
1) Tema
Tema adalah
gagasan yang menjalin struktur isi cerita. Tema jarang dituliskan secara
tersurat oleh pengarangnya. Untuk dapat merumuskan tema cerita fiksi, seorang
pembaca harus mengenali unsur-unsur intrinsik yang dipakai oleh pengarang untuk
mengembangkan cerita fiksinya.
2) Tokoh
Tokoh merupakan pelaku pada sebuah cerita. Tokoh adalah
individu rekaan yang mengalami peristiwa dalam cerita.
3) Penokohan
(Perwatakan)
Penokohan adalah cara pengarang dalam menggambarkan dan
mengembangkan karakter tokoh-tokoh dalam cerita. Metode yang digunakan untuk menetukan
karakter suatu tokoh ada 2 (dua) macam yaitu sebagai berikut.
(1) Metode analitik
Metode analitik adalah metode yang digunakan untuk
menetukan karakter tokoh dengan cara memaparkan ataupun menyebutkan sifat tokoh
secara langsung.
(2) Metode dramatik
Metode dramatik adalah suatu metode yang digunakan untuk
menetukan karakter tokoh dengan cara tidak langsung menggambarkan sifat tokoh.
Penggambaran tokoh dilakukan melalui percakapan yang dilakukan oleh tokoh lain.
Metode ini dapat juga disebut sebagai metode reaksi tokoh lain (berupa
pandangan, pendapat, sikap, dan sebagainya).
4) Alur (Plot)
Plot adalah cerita yang berisi urutan kejadian, tiap
kejadian dihubungkan secara sebab akibat, peristiwa satu disebabkan oleh
peristiwa lain atau peristiwa satu menyebabkan peristiwa lain. Dalam membuat
alur atau plot penulis harus memperhatikan karakter tokoh yang akan di
ceritakan. Biasanya semakin baik karakter tokoh maka semakin besar konflik yang
akan timbul.
5) Setting atau Latar
Setting adalah latar atau tempat kejadian, waktu kejadian sebuah
cerita. Setting bisa menunjukkan tempat, waktu, suasana batin,
saat cerita itu terjadi.
2) Sudut Pandang (Point
of View)
Point of
view adalah posisi
pengarang dalam membawakan cerita. Posisi pengarag terdiri atas dua macam,
yaitu berperan langsung sebagai orang pertama (sebagai tokoh yang terlibat
dalam cerita yang bersangkutan) dan sebagai orang ketiga yang berperan sebagai
pengamat.
3) Gaya Bahasa
Gaya bahasa dalam
karya sastra mempunyai fungsi ganda yaitu sebagai alat penyampaian maksud
pengarang dan sebagai penyampaai perasaan. Artinya, melalui karya sastra
seorang pengarang bukan hanya sekedar bermaksud memberitahukan kepada pembaca
mengenai apa yang dilakukan dan dialami tokoh dalam ceritanya, melainkan
bermaksud pula untuk mengajak pembacanya untuk ikut merasakan apa yang
dilakukan oleh tokoh cerita.
4) Amanat atau Pesan
Amanat merupakan ajaran moral atau pesan didaktis yang
hendak disampaikan oleh pengarang kepada pembaca melalui karyanya. Pesan bisa berupa harapan, nasehat, dan sebagainya. Pesan
merupakan hal penting dalam sebuah cerpen, karena dengan pesan yang baik
pengarang dapat menyajikan cerita yang baik sehingga tokoh-tokoh dalam
ceritanyapun dapat diteladani.
INTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Nama Satuan pendidikan :
Tahun
pelajaran :
Kelas/Semester :
XI / 1
Mata
Pelajaran :
Bahasa Indonesia
NO |
WAKTU |
NAMA |
KEJADIAN/ PERILAKU |
BUTIR SIKAP |
POS/ NEG |
TINDAK
LANJUT |
1 |
||||||
2 |
||||||
3 |
||||||
4 |
||||||
5 |
||||||
2 |
||||||
7 |
||||||
8 |
||||||
9 |
||||||
10 |
||||||
11 |
INSTRUMEN PENUGASAN 1
Satuan
Pendidikan |
: |
||
Mata
Pelajaran |
: |
Bahasa
Indonesia |
|
Kelas |
: |
XI |
|
Kompetensi
dasar |
: |
3.9 |
Menganalisis unsur-unsur
pembangun cerita pendek dalam buku kumpulan cerita pendek |
Indikator |
: |
3.9.1 |
Menentukan unsur-unsur pembangun
cerita pendek |
3.9.2 |
Menelaah teks cerita pendek berdasarkan struktur dan
kaidah |
||
Materi |
: |
Cerita pendek |
Contoh Tugas:
Carilah
sebuah cerpen, kemudian analisislah unsur-unsur dan struktur teksnya!
INSTRUMEN PENUGASAN 2
Satuan
Pendidikan |
: |
||
Mata
Pelajaran |
: |
Bahasa
Indonesia |
|
Kelas |
: |
XI |
|
Kompetensi
dasar |
: |
4.9 |
Mengkonstruksi
sebuah cerita pendek dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen. |
Indikator |
: |
4.9.1 |
Menentukan topik tentang kehidupan
dalam cerita pendek |
4.9.2 |
Menulis cerita pendek dengan memperhatikan unsur-unsur
pembangun. |
||
Materi |
: |
Cerita pendek |
Contoh Tugas:
1. Buatlah
sebuah cerita pendek berdasarkan pengalaman hidup yang kamu alami sendiri
ataupun pengalaman orang lain.
2. Tentukanlah
topiknya yang menarik dan dianggap khas atau langka.
3. Catatlah
kata-kata kunci yang berkaitan dengan topic, lalu susunlah menjadi kerangka
cerpen secara kronologis.
4. Kembangkanlah
kerangka itu menjadi cerpen yang utuh dengan menggunakan kekuatan emosi.
5. Lakukanlah
silang baca dengan teman sebangku untuk saling memberikan koreksi berkaitan
dengan pilihan kata,ejaan, dan tanda bacanya.
RUBRIK PENILAIAN
PENUGASAN
Nama Peserta
didik/kelompok :
…………………………………………………
Kelas :
…………………………………………………
Tanggal
Pengumpulan :
...............................................................
No |
Kategori |
Skor |
Alasan |
1. |
1. Apakah cerita pendek yang
ditulis lengkap dengan unsur-unsurnya? |
||
2. |
3. Apakah terdapat uraian tentangmemenuhi strukturnya? |
||
3. |
Apakah bahasa yang digunakan untuk menginterpretasikan
lugas, sederhana, runtut dan sesuaidengan kaidah EYD? |
||
Jumlah |
Kriteria:
5 = sangat baik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang, dan 1 = sangat kurang
INSTRUMEN TES TERTULIS
Satuan
Pendidikan |
: |
||
Mata
Pelajaran |
: |
Bahasa
Indonesia |
|
Kelas |
: |
XI |
|
Kompetensi
dasar |
: |
3.9 |
Menganalisis
unsur-unsur pembangun cerita pendek dalam buku kumpulan cerita pendek |
Indikator |
: |
3.9.1 |
Menentukan unsur-unsur pembangun
cerita pendek |
3.9.2 |
Menelaah teks cerita pendek berdasarkan struktur dan
kaidah |
||
Materi |
: |
Cerita pendek |
Tes Tertulis
Disediakan teks cerita pendek
1. Identifikasilah unsur-unsur dan struktur cerpen!
2. Kemukakan komentarmu terhadap teks
cerita pendek tersebut
RUBRIK PENILAIAN
Soal |
Aspek yang
Dinilai |
Skor |
1 |
Peserta didik
mengidentifikasi unsur-unsur
dan struktur cerpen dengansangat tepat |
4 |
a. Peserta
didik mengidentifikasi unsur-unsur
dan struktur cerpendengan tepat |
3 |
|
b. Peserta
didik mengidentifikasi unsur-unsur
dan struktur cerpendengan kurang tepat |
2 |
|
c. Peserta
didik mengidentifikasi unsur-unsur
dan struktur cerpendengan tidak tepat |
1 |
|
Soal |
Aspek yang Dinilai |
Skor |
3 |
Peserta didik mengemukakan komentar dengan sangat tepat |
4 |
d. Peserta didik mengemukakan komentar dengan tepat |
3 |
|
e. Peserta didik mengemukakan komentar dengan kurang tepat |
2 |
|
f. Peserta didik mengemukakan komentar dengan tidak tepat |
1 |
INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN
Satuan
Pendidikan |
: |
||
Mata
Pelajaran |
: |
Bahasa
Indonesia |
|
Kelas |
: |
XI |
|
Kompetensi
dasar |
: |
4.9 |
Mengkonstruksi
sebuah cerita pendek dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen. |
Indikator |
: |
4.9.1 |
Menentukan topik tentang kehidupan
dalam cerita pendek |
4.9.2 |
Menulis cerita pendek dengan memperhatikan unsur-unsur
pembangun. |
||
Materi |
: |
Cerita pendek |
1. Lembar Soal Keterampilan
1. Buatlah sebuah cerita pendek dengan
memperhatikan struktur, unsur, dan kaidah kebahasaannya..
2. Rubrik Penilaian
Soal |
Aspek yang
Dinilai |
Skor |
1 |
Peserta
didik membuat cerita pendek dengan memperhatikanstruktur, unsur, dan kaidah kebahasaannya dengan sangat
baik |
4 |
g. Peserta
didik membuat cerita pendek dengan memperhatikanstruktur, unsur, dan kaidah kebahasaannya dengan baik |
3 |
|
h. Peserta
didik membuat cerita pendek dengan memperhatikanstruktur, unsur, dan kaidah kebahasaannya dengan kurang
baik |
2 |
|
i. Peserta
didik membuat cerita pendek dengan memperhatikanstruktur, unsur, dan kaidah kebahasaannya dengan tidak
baik |
1 |
INSTRUMEN PENILAIAN PORTO FOLIO
Satuan
Pendidikan |
: |
|
||
Mata
Pelajaran |
: |
Bahasa
Indonesia |
|
|
Kelas |
: |
XI |
|
|
Materi |
: |
Menganalisis
Cerita pendek |
|
|
Kompetensi
dasar |
: |
3.9 |
Menganalisis
unsur-unsur pembangun cerita pendek dalam buku kumpulan cerita pendek |
|
4.9 |
Mengkonstruksi
sebuah cerita pendek dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen. |
|||
Indikator |
: |
3.9.1 |
Menentukan unsur-unsur pembangun cerita
pendek |
|
3.9.2 |
Menelaah teks cerita pendek berdasarkan struktur dan
kaidah |
|||
4.9.1 |
Menentukan topik tentang kehidupan dalam cerita pendek |
|||
4.9.2 |
Menulis cerita pendek dengan memperhatikan unsur-unsur
pembangun. |
Tugas I
1. Simpan setiap tugas yang diberikan ke dalam map
individu peserta didik (warna map sesuai dengan
kelas masing-masing/tiap kelas beda warna map
2. Buat rangkuman dari setiap tugas yang telah diberikan dan
rangkuman dibuat pada kertas folio bergaris.
3. Batas waktu pengumpulan tugas adalah di pertemuan terakhir
PEDOMAN PENSKORAN:
KRITERIA YANG DINILAI |
SKOR MAKSIMAL |
Peserta
didik menyimpan semua tugas yang telah dikerjakan dengan lengkap, dan
tugas dikerjakan dengan benar, serta dikumpulkan tepat waktu |
4 |
Peserta didik
menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, dan sebagian besar benar tapi
kurang lengkap, serta dikumpulkan tepat waktu |
3 |
Peserta didik
menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun sebagian besar salah,
kurang lengkap, dan tidak dikumpulkan tepat waktu |
2 |
Peserta didik
menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun tugas yang dikerjakan
salah, dan kurang lengkap, serta tidak dikumpulkan tepat waktu |
1 |
Peserta
didik tidak menyimpan satu pun tugas-tugas yang diberikan karena tidak
pernah mengumpulkan tugas |
0 |
LEMBAR
PENILAIAN PORTOFOLIO
Jenis
Tugas :
Kelas : XI
Semester/ Tahun Pelajaran :
No |
Nama Peserta didik |
Tugas KD |
Nilai |
Tanda Tangan |
Ket. (Tgl Pengumpulan) |
|
Peserta Didik |
Guru |
|||||
KARTU SOAL HOTS
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI / 1 (satu)
Kurikulum : 2013
Kompetensi
Dasar |
: |
Mengkonstruksi
sebuah cerita pendek dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen. |
Materi |
: |
Cerita pendek |
Indikator
Soal Nomor 1 |
: |
Disajikan cerita pendek, peserta didik dapat menentukan unsur-unsur pembangun cerita pendek dengan
benar |
Indikator
Soal Nomor 2 |
: |
Disajikan cerita pendek, peserta didik dapat menelaah teks cerita pendek berdasarkan struktur dan
kaidah dengan benar |
Indikator
Soal Nomor 3 |
: |
Disajikan cerita pendek peserta didik dapat menentukan
topik tentang kehidupan dalam cerita pendek dengan baik |
Indikator
Soal Nomor 4 |
: |
Disajikan cerita pendek peserta didik dapat menulis
cerita pendek dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun.dengan benar. |
Mengetahui, Kepala
SMA Negeri I Peukan Pidie Mukhtar,
S. Pd NIP. 19611005
1998 01 1 001 |
Peukan Pidie, 20.. Guru
Mata Pelajaran Aan
Zuliana, S. Pd NIP. 19850122
200604 2 002 |
0 Response to "RPP K13 Bahasa Indonesia Teks Cerita Pendek 2 Kelas XI SMA Revisi"
Posting Komentar