RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata pelajaran : Bahasa
Indonesia
Sekolah : SMA Negeri I Peukan Pidie
Kelas/ Semester : XI IPA-IPS/Genap
Materi pokok : Teks Resensi
Alokasi waktu : 4 X 45 menit (2 kali
pertemuan)
A. Kompetensi Inti
1 2
3
4 |
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi,
damai), santun, responsive, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual,
konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian
spesifik dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan |
B. Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD) |
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
3.16 |
Membandingkan isi berbagai
resensi untuk menemukan sistematika sebuah resensi. |
3.16.1 |
Menentukan persamaan dan perbedaan isi dan sistematika
beberapa resensi. |
4.16 |
Menyusun sebuah resensi dengan
memerhatikan hasil perbandingan beberapa teks resensi. |
4.16.1
4.16.1
|
Menyusun sebuah resensi buku
dengan memper hatikan kelengkapan unsur-unsurnya. Mempresentasikan, menanggapi, dan
merevisi resensi hasil kerja dalam diskusi kelas. |
3.17 |
Menganalisis kebahasaan
resensi setidaknya dua karya yang berbeda. |
3.17.1 |
Mengidentifikasi kebahasaan resensi |
4.17 |
Mengkonstruksi sebuah resensi
dari buku kum pulan cerita pendek atau novel yang
sudah dibaca. |
4.17.1
4.17.2 |
Mengonstruksi sebuah resensi dari buku kumpulan cerpen
atau novel Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi resensi hasil
kerja dalam diskusi kelas |
C. Materi Pembelajaran
Melalui kegiatan
pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan
model saintifik peserta didik dapat menunjukan
pernyataan umum dalam suatu kegiatan dan menuliskan tahapan-tahapan sebagai
prosedur melakukan suatu kegiatan,
mengungkapkan pernyataan umum dan tahapan-tahapan secara lisan dan menuliskan
pernyataan umum dan tahapan-tahapan dengan rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung
jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif selama proses pembelajaran.
D. Materi Pembelajaran
Resensi:
v Isi dan
kebahasaan dalam resensi;
v Membuat resensi;
v Unsur-unsur
resensi; dan
v Sistematika resensi.
Resensi:
v Unsur-unsur
kebahasaan resensi; dan
v Merekonstruksi resensi.
E. Pendekatan, Metode dan
Model Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model Pembelajaran :Active
Learning
3. Metode :
diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan
F. Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar
1. Media/Alat : Lembar
Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD
2. Sumber
Belajar :
Suherli, dkk.
2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun
2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Suherli,
dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun
2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Kosasih, E.
2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK.
Bandung: Yrama Widya
G. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan ke 1
(2x45 menit)
Tahap |
Langkah-langkah Pembelajaran |
Nilai Karakter (PPK), Literasi,
4C, HOTS |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
1. Pesertadidik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. (PPK) 2. Peserta didik merespon pertanyaan
dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya. 3. Peserta didik
menerima informasi dengan proaktif tentang
keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. 4. Peserta didik
menerima informasi tenting
hal-hal yang akan dipelajari dan dikuasai khususnya tentang pembelajaran teks resensi |
Religius
Rasa ingin tahu |
10 menit |
Inti |
1. Peserta didik
membaca 2 atau 3 teks
resensi yang ertema sama.
2. Peserta didik
mencermati struktur teks dari 2 atau 3 teks resensi yang telah dibacanya.
3. Peserta didik
mencermati ciri kebahasaan yang digunakan dalam teks resensi.
4. Peserta didik
mencermati isi pokok dalam 2 atau 3 teks resensi.
5. Peserta didik
mengajukan pertanyaan tentang variasi struktur teks dari 2 atau 3 teks resensi.
6. Peserta didik
mengajukan pertanyaan tentang ciri kebahasaan yang digunakan dalam 2 atau
3 teks resensi.
7. Peserta didik
mengajukan pertanyaan isi pokok dari 2 atau 3 teks resensi.
|
Literasi
Rasa ingin tahu
Kerja sama (Collaborative)
Berpikir kritis (Critical
thinking)
Kreativitas (Creativity)
Komunikatif (Communicative) |
70 menit |
Penutup |
1. Peserta didik menyimpulkan
materi yang telah dipelajari . 2. Peserta didik melaksanakan penilaian
pembelajaran yang diberikan pendidik.
3. Peserta didik saling
memberikan umpan
balik
/refleksi hasil pembelajaran yang telah dicapai.
4. Pendidik menutup pembelajaran
dengan ucapan salam |
Kreativitas (Creativity)
HOTS |
10 menit |
Tahap |
Langkah-langkah Pembelajaran |
Nilai Karakter (PPK), Literasi,
4C, HOTS |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
1. Pesertadidik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. (PPK) 2. Peserta didik merespon pertanyaan
dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya. 3. Peserta didik
menerima informasi dengan proaktif tentang
keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. 4. Peserta didik
menerima informasi tenting
hal-hal yang akan dipelajari dan dikuasai khususnya tentang pembelajaran teks resensi |
Religius
Rasa ingin tahu |
10 menit |
Inti |
1.
Peserta
didik mengumpulkan informasi melalui telaah model teks resensi.
2.
Peserta
didik melakukan klasifikasi dan deskripsi hubungan antar kom ponen yang
ditemukan berdasarkan telaah model teks
3.
Peserta
didik menyimpulkan struktur teks
resensi.
4.
Peserta
didik menyimpulkan ciri kebahasaan teks resensi.
5.
Peserta
didik menyimpulkan isi pokok dari 2 atau teks resensi.
6.
Peserta
didik mempresentasikan hasil pengamatan tentang struktur, ciri bahasa, dan
isi pokok dari 2 atau 3 teks
resensi. |
Literasi
Rasa ingin tahu
Kerja sama (Collaborative)
Berpikir kritis (Critical
thinking)
Kreativitas (Creativity)
Komunikatif (Communicative) |
70 menit |
Penutup |
1. Peserta didik menyimpulkan
materi yang telah dipelajari . 2. Peserta didik melaksanakan penilaian
pembelajaran yang diberikan pendidik.
3. Peserta didik saling
memberikan umpan
balik
/refleksi hasil pembelajaran yang telah dicapai.
4. Pendidik menutup pembelajaran
dengan ucapan salam |
Kreativitas (Creativity)
HOTS |
10 menit |
H. Penilaian
KD dan Indikator (KD-3: Pengetahuan)
Kompetensi
Dasar |
Indikator |
3.16 Membandingkan isi berbagai resensi
untuk menemukan sistematika
sebuah resensi. 3.17 Menganalisis kebahasaan resensi setidaknya dua karya yang berbeda. |
Menentukan
persamaan dan perbedaan isi dan sistematika beberapa resensi.
Mengidentifikasi
kebahasaan resensi.
|
Penilain Proses |
Penilaian Hasil |
Penilaian proses aspek pengetahuan
dapat dilakukan sejak kegiatan menelaah Model dan mengonstruksi terbimbing.
Catatan terhadap peserta didik
pada kegiatan tersebut dapat dijadikan penilaian sikap selama mengikuti
pembelajaran: ketekunan, kerja sama, semangat, ketelitian, kerapihan,
kebersihan, keseriusan. |
Jenis :
Tulis Bentuk : Uraian
Contoh instrumen: a.
Tuliskan persamaan isi beberapa resensi yang Anda
baca! b.
Tuliskan perbedaan isi beberapa
resensi yang Anda
baca! c.
Tuliskan persamaan sistematika
beberapa resensi yang
Anda baca! d.
Tuliskan perbedaan sistematika
beberapa resensi yang
Anda baca
|
KD dan Indikator (KD-4:
Keterampilan)
Kompetensi
Dasar |
Indikator |
4.16 Menyusun sebuah
resensi dengan memerhatikan hasil
perbandingan beberapa teks resensi. 4.17 Mengkonstruksi
sebuah resensi dari buku kumpulan cerita pendek atau novel yang dibaca. |
Menyusun
sebuah resensi buku dengan memperhatikan kelengkapan unsur-unsurnya. Mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisi resensi hasil kerja dalam diskusi kelas.
Mengonstruksi
sebuah resensi dari buku kumpulan cerpen atau novel. Mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisi resensi hasil kerja dalam diskusi kelas. |
Penilain Proses |
Penilaian Hasil |
Penilaian proses aspek pengetahuan
dapat dilakukan sejak kegiatan Mengonstruksi Terbimbing dan Mengonstruksi
Mandiri.
Catatan terhadap peserta didik
pada kegiatan tersebut dapat dijadikan penilaian sikap selama mengikuti
pembelajaran dan mengerjakan tugas (bendel portofolio): ketekunan, kerjasama,
semangat, ketelitian, kerapihan, kebersihan, keseriusan. |
Jenis : Menulis Bentuk: Uraian
Contoh Instrumen Susunlah resensi buku
yang Anada baca dengan
memerhatikan hal di bawah ini! a. Tentukan topik teks resensi. b. Buatlah kerangka sesuai dengan struktur teks resensi. c. Kembangkan kerangka tersebut menjadi teks resensi dengan memerhatikan struktur teks, ciri kebahasaan, dan EBI. |
Portofolio
Khusus
untuk kompetensi menulis, penilaian meliputi proses dan produk yang tercakup
dalam penilaian portofolio. Dokumen portofolio berisi:
(a) draf
final (produk) berbobot 40%;
(b) bukti
draf sedikitnya 3 draf berbobot 25%;
(c) bukti
catatan tentang apa yang akan ditulis dan sumber penulisan berbobot 10%; dan
(d) catatan
reflektif berbobot 25%.
Sikap
Penilaian
sikap dilakukan selama proses pembelajaran atau di luar pembelajaran dengan
melalui observasi dengan mengisi jurnal.
Contoh format dan pengisian lembar pengamatan guru mata pelajaran
Nama Satuan pendidikan :
Tahun pelajaran :
Kelas/Semester :
Mata Pelajaran :
Bahasa dan Sastra Indonesia
No. |
Waktu |
Nama |
Kejadian/
Perilaku |
Butir
sikap |
Positif/
Negatif |
Tindak
Lanjut |
1. |
17 April2018 |
Lentera |
Memainkan HP ketika
berdiskusi tentang struktur teks resensi. |
disiplin |
- |
Dipanggil dan disuruh menganalisis
teksresensi yang lain |
2. |
18 April 2018 |
Tatik |
Mengerjakan tugas dengan serius,
tepat waktu, dan hasilnya sangat baik |
Tanggung jawab |
+ |
Diberi pujian atau apresiasi |
Pedoman Penskoran
b. Pengetahuan
Soal |
Aspek
yang Dinilai |
Skor |
1 |
a. Peserta didik menuliskan persamaan isi beberapa resensi dengan sangat tepat |
4 |
c. Peserta didik
menuliskan persamaan isi beberapa resensi dengan tepat |
3 |
|
d. Peserta didik
menuliskan persamaan isi beberapa resensi dengan kurang tepat |
2 |
|
e. Peserta didik menuliskan persamaan
isi beberapa resensi dengan tidak tepat |
1 |
Soal |
Aspek
yang Dinilai |
Skor |
2 |
a. Peserta didik menuliskan perbedaan isi beberapa resensi dengan sangat tepat |
4 |
b. Peserta
didik menuliskan perbedaan isi beberapa resensi dengan tepat |
3 |
|
c. Peserta
didik menuliskan perbedaan isi beberapa resensi dengan kurang tepat |
2 |
|
d. Peserta
didik menuliskan perbedaan isi beberapa resensi dengan tidak tepat |
1 |
Soal |
Aspek
yang Dinilai |
Skor |
3 |
a. Peserta didik munuliskan persamaan sistematika beberapa
resensi dengansangat tepat |
4 |
b. Peserta
didik munuliskan persamaan sistematika beberapa resensi dengantepat |
3 |
|
c. Peserta
didik munuliskan persamaan sistematika beberapa resensi dengankurang tepat |
2 |
|
d. Peserta
didik munuliskan persamaan sistematika beberapa resensi dengantidak tepat |
1 |
Soal |
Aspek
yang Dinilai |
Skor |
4 |
a. Peserta didik munuliskan perbedaan sistematika beberapa
resensi dengansangat tepat |
4 |
b. Peserta
didik munuliskan perbedaan sistematika beberapa resensi dengantepat |
3 |
|
c. Peserta
didik munuliskan perbedaan sistematika beberapa resensi dengankurang tepat |
2 |
|
d. Peserta
didik munuliskan perbedaan sistematika beberapa resensi dengantidak tepat |
1 |
Keterangan
Nilai
= Perolehan skor
Jumlah
soal
Contoh
Nilai = 10 x 100 =
83,33
12
b. Keterampilan
Bait |
Aspek
yang Dinilai |
Skor |
1 |
a. Peserta didik menentukan topik teks resensi sangat sesuai isi teks |
4 |
b. Peserta didik menentukan topik teks resensi sesuai isi teks |
3 |
|
c. Peserta didik menentukan topik teks resensi kurang sesuai isi teks |
2 |
|
d. Peserta didik menentukan topik teks resensi tidak sesuai isi teks |
1 |
|
2 |
a. Peserta didik menyusun kerangka teks resensi sangat lengkap dan sangat sesuai
dengan topik |
4 |
b. Peserta didik menyusun kerangka teks resensi lengkap dan sesuai dengan topik |
3 |
|
c. Peserta didik menyusun kerangka teks resensi kurang lengkap dan kurang dengan
topik |
2 |
|
d. Peserta didik menyusun kerangka teks resensi tidak lengkap dan tidak sesuai
isi teks |
1 |
|
3 |
a. Peserta
didik menulis teks resensi sangat sesuai dengan kerangka, struktur, ciri kebahasaan, dan EBI |
4 |
b. Peserta
didik menulis teks resensi sesuai dengan kerangka, struktur, ciri
kebahasaan, dan EBI |
3 |
|
c. Peserta
didik menulis teks resensi kurang sesuai dengan
kerangka, struktur, ciri kebahasaan, dan EBI |
2 |
|
d. Peserta
didik menulis teks resensi tidak sesuai dengan kerangka, struktur, ciri kebahasaan,
dan EBI |
1 |
Nilai = Perolehan skor
Jumlah
kreteria/soal
Contoh:
Nilai = 11 x
100 = 91,66
12
Mengetahui, Kepala SMA Negeri I
Peukan Pidie
Mukhtar, S. Pd NIP. 19611005 1998 01 1 001 |
Peukan
Pidie, 20.. Guru Mata Pelajaran
Aan Zuliana, S. Pd NIP.
19850122 200604 2 002 |
0 Response to "RPP K13 Bahasa Indonesia Teks Resensi Kelas XI SMA Revisi"
Posting Komentar