RPP K13 Bahasa Indonesia Teks Resensi Kelas XI SMA Revisi

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Mata pelajaran    : Bahasa Indonesia

Sekolah                 : SMA Negeri I Peukan Pidie

Kelas/ Semester   : XI IPA-IPS/Genap

Materi pokok       : Teks Resensi

Alokasi waktu      :  4 X 45 menit (2 kali pertemuan)

 

  

A. Kompetensi Inti

 

1

2

 

 

 

3

 

 4

Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi, damai), santun, responsive, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian spesifik dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

B.  Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

Kompetensi Dasar (KD)

 Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

3.16

Membandingkan isi berbagai resensi untuk menemukan sistematika sebuah resensi.

3.16.1

Menentukan persamaan dan perbedaan isi dan sistematika beberapa resensi.

4.16

Menyusun sebuah resensi dengan memerhatikan hasil perbandingan beberapa teks resensi.

4.16.1

 

4.16.1

 

Menyusun sebuah resensi buku dengan memper hatikan kelengkapan unsur-unsurnya.

Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi resensi hasil kerja dalam diskusi kelas.

3.17

Menganalisis kebahasaan resensi setidaknya dua karya yang berbeda.

3.17.1

Mengidentifikasi kebahasaan resensi

4.17

Mengkonstruksi sebuah resensi dari buku kum pulan cerita pendek atau novel yang sudah dibaca.

4.17.1

 

4.17.2

Mengonstruksi sebuah resensi dari buku kumpulan cerpen atau novel

Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi resensi hasil kerja dalam diskusi kelas

 

   C.    Materi Pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model saintifik peserta didik dapat menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan dan menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatan, mengungkapkan pernyataan umum dan tahapan-tahapan secara lisan dan menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan dengan rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif selama proses pembelajaran.

 

D.    Materi Pembelajaran

 

Resensi:

 

v  Isi dan kebahasaan dalam resensi;

v  Membuat resensi;

v  Unsur-unsur resensi; dan

v  Sistematika resensi.

 

 

Resensi:

 

v  Unsur-unsur kebahasaan resensi; dan

v  Merekonstruksi resensi.

 

 

E.     Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran

1.      Pendekatan                : Saintifik

2.      Model Pembelajaran :Active Learning

3.      Metode                      : diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan

 

 

F.    Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar

 

1.      Media/Alat    : Lembar Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD

2.      Sumber Belajar :

 

Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya

 

G.     Kegiatan Pembelajaran

 

  Pertemuan ke 1 (2x45 menit)

 

Tahap

Langkah-langkah Pembelajaran

Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS

Alokasi Waktu

Pendahuluan

1.       Pesertadidik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. (PPK)

2.       Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan  pembelajaran sebelumnya.

3.       Peserta didik menerima informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.

4.       Peserta didik menerima informasi tenting hal-hal     yang akan dipelajari dan dikuasai khususnya tentang pembelajaran teks resensi

Religius

 

 

 

Rasa ingin tahu

10 menit

Inti

1.     Peserta didik membaca 2 atau 3 teks resensi yang ertema sama.

 

2.     Peserta didik mencermati struktur teks dari 2 atau 3 teks resensi yang telah dibacanya.

 

3.     Peserta didik mencermati ciri kebahasaan yang digunakan dalam teks resensi.

 

4.     Peserta didik mencermati isi pokok dalam 2 atau 3 teks resensi.

 

5.     Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang variasi struktur teks dari 2 atau 3 teks resensi.

 

6.     Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang ciri kebahasaan yang digunakan dalam 2 atau 3 teks resensi.

 

7.     Peserta didik mengajukan pertanyaan isi pokok dari 2 atau 3 teks resensi.

 

 

Literasi

 

 

 

 

 

Rasa ingin tahu

 

 

 

 

 

Kerja sama (Collaborative)

 

 

 

 

 

 

 

Berpikir kritis (Critical thinking)

 

Kreativitas (Creativity)

 

 

 

Komunikatif (Communicative)

70 menit

Penutup

 1. Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari

.

 2. Peserta didik melaksanakan penilaian pembelajaran yang diberikan pendidik.

 

 3. Peserta didik saling memberikan umpan balik /refleksi hasil pembelajaran yang telah dicapai.

 

 4. Pendidik menutup pembelajaran dengan ucapan salam

 

Kreativitas (Creativity)

 

 

 

 

HOTS

10 menit



Tahap

Langkah-langkah Pembelajaran

Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS

Alokasi Waktu

Pendahuluan

1.       Pesertadidik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. (PPK)

2.       Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan  pembelajaran sebelumnya.

3.       Peserta didik menerima informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.

4.       Peserta didik menerima informasi tenting hal-hal     yang akan dipelajari dan dikuasai khususnya tentang pembelajaran teks resensi

Religius

 

 

 

Rasa ingin tahu

10 menit

Inti

1.       Peserta didik mengumpulkan informasi melalui telaah model teks resensi.

 

2.       Peserta didik melakukan klasifikasi dan deskripsi hubungan antar kom ponen yang ditemukan berdasarkan telaah model teks

 

3.       Peserta didik menyimpulkan struktur teks resensi.  

 

4.       Peserta didik menyimpulkan ciri kebahasaan teks resensi.

 

5.       Peserta didik menyimpulkan isi pokok dari 2 atau teks resensi.

 

6.       Peserta didik mempresentasikan hasil pengamatan tentang struktur, ciri bahasa, dan isi pokok dari 2 atau 3 teks resensi.

 

Literasi

 

 

 

 

 

Rasa ingin tahu

 

 

 

 

 

Kerja sama (Collaborative)

 

 

 

 

 

 

 

Berpikir kritis (Critical thinking)

 

Kreativitas (Creativity)

 

 

 

Komunikatif (Communicative)

70 menit

Penutup

 1. Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari

.

 2. Peserta didik melaksanakan penilaian pembelajaran yang diberikan pendidik.

 

 3. Peserta didik saling memberikan umpan balik /refleksi hasil pembelajaran yang telah dicapai.

 

 4. Pendidik menutup pembelajaran dengan ucapan salam

 

Kreativitas (Creativity)

 

 

 

 

HOTS

10 menit

 

H.   Penilaian 

KD dan Indikator (KD-3: Pengetahuan)

Kompetensi Dasar

Indikator

3.16   Membandingkan isi berbagai resensi            untuk menemukan sistematika sebuah resensi.

3.17  Menganalisis kebahasaan resensi         setidaknya dua karya yang berbeda.

       Menentukan persamaan dan perbedaan isi dan sistematika beberapa resensi.

 

       Mengidentifikasi kebahasaan resensi.

 



Penilain Proses

Penilaian Hasil

Penilaian proses aspek pengetahuan dapat dilakukan sejak kegiatan menelaah Model dan mengonstruksi terbimbing.

 

Catatan terhadap peserta didik pada kegiatan tersebut dapat dijadikan penilaian sikap selama mengikuti pembelajaran: ketekunan, kerja sama, semangat, ketelitian, kerapihan, kebersihan, keseriusan.

Jenis    : Tulis

Bentuk : Uraian

 

Contoh instrumen:

a. Tuliskan persamaan isi beberapa resensi yang

    Anda baca!

b. Tuliskan perbedaan isi beberapa resensi yang

    Anda baca!

c. Tuliskan persamaan sistematika beberapa resensi

    yang Anda baca!

d. Tuliskan perbedaan sistematika beberapa resensi

    yang Anda baca

 

 

 

KD dan Indikator (KD-4: Keterampilan)

 

 

Kompetensi Dasar

Indikator

4.16     Menyusun sebuah resensi dengan

            memerhatikan hasil perbandingan beberapa teks resensi.

4.17     Mengkonstruksi sebuah resensi dari         buku kumpulan cerita pendek atau novel yang dibaca.

      Menyusun sebuah resensi buku dengan memperhatikan kelengkapan unsur-unsurnya.

       Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi resensi hasil kerja dalam diskusi kelas.

 

       Mengonstruksi sebuah resensi dari buku kumpulan cerpen atau novel.

       Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi resensi hasil kerja dalam diskusi kelas.

 

 

 

Penilain Proses

Penilaian Hasil

Penilaian proses aspek pengetahuan dapat dilakukan sejak kegiatan Mengonstruksi Terbimbing dan Mengonstruksi Mandiri.

 

Catatan terhadap peserta didik pada kegiatan tersebut dapat dijadikan penilaian sikap selama mengikuti pembelajaran dan mengerjakan tugas (bendel portofolio): ketekunan, kerjasama, semangat, ketelitian, kerapihan, kebersihan, keseriusan.

Jenis   :  Menulis

Bentuk:  Uraian

 

Contoh Instrumen

Susunlah resensi buku yang Anada baca dengan memerhatikan hal di bawah ini!

a.  Tentukan topik teks resensi.

b.  Buatlah kerangka sesuai dengan struktur

     teks resensi.

c.  Kembangkan kerangka tersebut menjadi teks

     resensi dengan memerhatikan struktur teks,

     ciri kebahasaan, dan EBI.

 

 

Portofolio

 

Khusus untuk kompetensi menulis, penilaian meliputi proses dan produk yang tercakup dalam penilaian portofolio. Dokumen portofolio berisi:

 

(a)   draf final (produk) berbobot 40%;

(b)   bukti draf sedikitnya 3 draf berbobot 25%;

(c)   bukti catatan tentang apa yang akan ditulis dan sumber penulisan berbobot 10%; dan

(d)   catatan reflektif berbobot 25%. 

 

 

Sikap

 

       Penilaian sikap dilakukan selama proses pembelajaran atau di luar pembelajaran dengan melalui observasi dengan mengisi jurnal.


Contoh format dan pengisian lembar pengamatan guru mata pelajaran

 

Nama Satuan pendidikan :

Tahun pelajaran                  :

Kelas/Semester                    :

Mata Pelajaran                    : Bahasa dan Sastra Indonesia

No.

Waktu

Nama

Kejadian/ Perilaku

Butir sikap

Positif/ Negatif

Tindak Lanjut

1.

17 April2018

Lentera

Memainkan HP ketika berdiskusi tentang struktur teks resensi.

disiplin

-

Dipanggil dan disuruh menganalisis teksresensi yang lain

2.

18 April

2018

Tatik

Mengerjakan tugas dengan serius, tepat waktu, dan hasilnya sangat baik

Tanggung jawab

+

Diberi pujian atau apresiasi

 

 

Pedoman Penskoran 

 

b.      Pengetahuan

 

Soal

Aspek yang Dinilai

Skor

1

a.     Peserta didik menuliskan persamaan isi beberapa resensi dengan sangat tepat

4

c.     Peserta didik menuliskan persamaan isi beberapa resensi dengan tepat

3

d.     Peserta didik menuliskan persamaan isi beberapa resensi dengan kurang tepat

2

e.     Peserta didik menuliskan persamaan isi beberapa resensi dengan tidak tepat

1

 

 

 

Soal

Aspek yang Dinilai

Skor

2

a.    Peserta didik menuliskan perbedaan isi beberapa resensi dengan sangat tepat

4

b.    Peserta didik menuliskan perbedaan isi beberapa resensi dengan tepat

3

c.    Peserta didik menuliskan perbedaan isi beberapa resensi dengan kurang tepat

2

d.    Peserta didik menuliskan perbedaan isi beberapa resensi dengan tidak tepat

1

 

 

 

Soal

Aspek yang Dinilai

Skor

3

a.    Peserta didik munuliskan persamaan sistematika beberapa resensi dengansangat tepat

4

b.    Peserta didik munuliskan persamaan sistematika beberapa resensi dengantepat

3

c.    Peserta didik munuliskan persamaan sistematika beberapa resensi dengankurang tepat

2

d.    Peserta didik munuliskan persamaan sistematika beberapa resensi dengantidak tepat

1

 

 

 

Soal

Aspek yang Dinilai

Skor

4

a.    Peserta didik munuliskan perbedaan sistematika beberapa resensi dengansangat tepat

4

b.    Peserta didik munuliskan perbedaan sistematika beberapa resensi dengantepat

3

c.    Peserta didik munuliskan perbedaan sistematika beberapa resensi dengankurang tepat

2

d.    Peserta didik munuliskan perbedaan sistematika beberapa resensi dengantidak tepat

1

 

 

         Keterangan

 

         Nilai = Perolehan skor     

 

                    Jumlah soal

 

     Contoh
     Nilai =  10  x 100 = 83,33

 

                   12

 

b. Keterampilan

Bait

Aspek yang Dinilai

Skor

1

a.  Peserta didik menentukan topik teks resensi sangat sesuai isi teks

4

b.  Peserta didik menentukan topik teks resensi sesuai isi teks

3

c.  Peserta didik menentukan topik teks resensi kurang sesuai isi teks

2

d.  Peserta didik menentukan topik teks resensi tidak sesuai isi teks

1

2

a.  Peserta didik menyusun kerangka teks resensi sangat lengkap dan sangat sesuai dengan topik

4

b.  Peserta didik menyusun kerangka teks resensi lengkap dan sesuai dengan topik

3

c.  Peserta didik menyusun kerangka teks resensi kurang lengkap dan kurang dengan topik

2

d.  Peserta didik menyusun kerangka teks resensi tidak lengkap dan tidak sesuai isi teks

1

3

a.  Peserta didik menulis teks resensi sangat sesuai dengan kerangka, struktur, ciri kebahasaan, dan EBI

4

b.  Peserta didik menulis teks resensi sesuai dengan kerangka,  struktur, ciri kebahasaan, dan EBI

3

c.    Peserta didik menulis teks resensi kurang  sesuai dengan kerangka, struktur, ciri kebahasaan, dan EBI

2

d.    Peserta didik menulis teks resensi tidak sesuai dengan kerangka,  struktur, ciri kebahasaan, dan EBI

1

 

          

Nilai = Perolehan skor                     

 

           Jumlah kreteria/soal             

 

Contoh:

 

          Nilai  =  11   x 100  = 91,66

 

                        12

 

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SMA Negeri I Peukan Pidie                                                                                              

 

 

Mukhtar, S. Pd

NIP. 19611005  1998 01 1 001

Peukan Pidie,                    20..

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

Aan Zuliana, S.  Pd

NIP. 19850122  200604  2 002

 



0 Response to "RPP K13 Bahasa Indonesia Teks Resensi Kelas XI SMA Revisi"

Posting Komentar