RPP K13 Bahasa Indonesia Teks Hikayat Kelas X SMA Revisi

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Mata pelajaran    : Bahasa Indonesia

Sekolah                 : SMA Negeri I Muara Tiga

Kelas/ Semester   : X IPA-IPS/

Materi pokok       : Teks Hikayat

Alokasi waktu      :  8 X 45 menit (4 kali pertemuan)

 

 

 

 

A. Kompetensi Inti

 

1

2

 

 

3

 

 4

Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi, damai), santun, responsive, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian spesifik dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

 

B.  Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

Kompetensi Dasar (KD)

 Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

3.7

Mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulis.

3.7.1

3.7.2

3.7.3

 

3.7.4

Mengidentifikasi pokok-pokok isi hikayat

Mengidentifikasi karakteristik cerita rakyat/hikayat

Mengidentifikasi nilai sosial, nilai agama, nilai budaya, nilai moral dalam cerita rakyat

Mengidentifikasi nilai-nilai dalam hikayat yang masih sesuai dengan kehidupan saat ini

4.7

Menceritakan kembali isi cerita rakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca.

4.7.1

 

 

4.7.2

Menuliskan kembali hikayat  yang telah dibaca/didengar dengan bahasa sendiri dalam bentuk teks eksposisi, baik secara lisan maupun tulis.

Mempresentasikan teks eksposisi berdasarkan isi dan nilai-nilai hikayat yang telah disusun.

 

 

C.    Tujuan Pembelajaran

 Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatan pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model pembelajaran diskoveri, peserta didik dapat mengidentifikasi ciri atau karakteristik hikayat, dan mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat dalam hikayat dengan pola penyajian karakter tokohnya dan nilai nilai yang terdapat dalam hikayat dengan rasa ingin tahu, responsif, dan tanggung jawab selama proses pembelajaran dan bersikap jujur, percaya diri, serta pantang menyerah.

 

Pertemuan 2: Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatan pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan diskusi dan penugasan, peserta didik  terampil mengidentifikasi nilai-nilai dalam hikayat dan menjelaskan kesesuaian nilai-nilai dalam hikayat dengan kehidupan saat ini dalam teks eksposisi lisan maupun tulisan hikayat dengan rasa ingin tahu, responsif, dan tanggung jawab selama proses pembelajaran dan bersikap jujur, percaya diri, serta pantang menyerah.

 

 

D.    Materi Pembelajaran

v  Teks hikayat

v  Nilai-nilai teks hikayat

v  Identifikasi nilai-nilai teks hikayat.

v  Kesesuaian nilai-nilai dengan kehidupan saat ini

 

E.  Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran

Pendekatan               : Pedagogi genre,  Saintifik approach, CILL

Model                         : discovery learning

Metode                       : penugasan, tanya jawab, diskusi.

 

  1. Media, Alat dan Sumber Pembelajaran

 

    1. Media:

v  Internet

v  Multimedia

    1. Alat/bahan

v  LCD, laptop

v  Naskah Anekdot

  

 

G. Bahan dan Sumber Belajar

 

Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas X Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas X Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya. 

H.    Kegiatan Pembelajaran ( 4 X 45 Menit = 180 Menit )

Kegiatan

Deskripsi

Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS

Alokasi waktu

Pendahuluan

 

 

 

 

·     Peserta didik dikondisikan untuk merespon salam dan berdoa sebelum belajar.

·     Peserta didik meresponapersepsi yang disampaikan pendidik dengan pertanyaan pernahkah membaca cerita rakyat? berasal dari daerah mana cerita rakyat itu?, dan menceritakan tentang apa cerita rakyat itu?.

·     Peserta didik menerima informasi tentang materi dan tujuan yang akan dipelajari serta kegiatan pembelajaran yang akan dipelajari dalam teks hikayat.

 

Religius

 

 

Rasa ingin tahu

15 Menit

Inti

Discovery

·     Membagi kelompok berdasarkan kriteria tertentu

·     Memberikan contoh teks cerita rakyat

·     Membaca dan memahami teks cerita rakyat / hikayat

 

Literasi

 

Kerja sama (Collaborative)

30 menit

 

Peserta didik menyimak penjelasan pendidik untuk berdiskusi menentukan::

·       Pokok-pokok isi hikayat

·       Karakteristik teks hikayat

·       Mengidentifikasi nilai nilai teks hikayat

·       Mengidentifikasi nilai-nilai dalam hikayat yang masih sesuai dengan kehidupan saat ini.

·       Menuliskan kembalihikayat  yang telah dibaca/didengar dengan bahasa sendiri dalam bentuk teks eksposisi, baik secara lisan maupun tulis.

 

 

Berpikir kritis (Critical thinking)

 

 

 

Kreativitas (Creativity)

30 menit

 

 

Peserta didik mendiskusikan data yang didapat dari teks hikayat berupa:

 

o   Merumuskan pokok-pokok isi hikayat

o   Merumuskan karakteristik hikayat.

o   Mengidentifikasi nilai-nilai hikayat

o   Mengidentifikasi nilai-nilai dalam hikayat yang masih sesuai dengan kehidupan saat ini.

o   Menuliskan kembalihikayat  yang telah dibaca/didengar dengan bahasa sendiri dalam bentuk teks eksposisi, baik secara lisan maupun tulis.

 

Kerja sama

Berpikir kritis

 

 

 

Kreativitas (Creativity)

 

35 menit

 

 

 

 

 

Masing masing kelompok secara bergantian mempresentasikan hasil kelompoknya dalam diskusi kelas untuk menferifikasikan hasil kerjanya, kelompok lain memberikan tanggapan meliputi:

·             Pokok-pokok isi hikayat

·             Karakteristik teks hikayat

·             Mengidentifikasi nilai nilai teks hikayat

·             Mengidentifikasi nilai-nilai dalam hikayat yang masih sesuai dengan kehidupan saat ini.

·             Menuliskan kembalihikayat  yang telah dibaca/didengar dengan bahasa sendiri dalam bentuk teks eksposisi, baik secara lisan maupun tulis.

 

 

Komunikatif

 

(Communicative)

 

40 menit

Di bawah bimbingan pendidik peserta didik menyimpulkan

o   Pokok-pokok isi hikayat

o   Karakteristik teks hikayat

o   Mengidentifikasi nilai nilai teks hikayat

o   Mengidentifikasi nilai-nilai dalam hikayat yang masih sesuai dengan kehidupan saat ini.

o   Menuliskan kembalihikayat  yang telah dibaca/didengar dengan bahasa sendiri dalam bentuk teks eksposisi, baik secara lisan maupun tulis.

 

 

 

 

 

Kreativitas (Creativity)

15 menit

Penutup

 

 

 

Kegiatan pendidik bersama peserta didik yaitu:

·    Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran

·    Melaksanakan penilaian

·    Melakukan  kegiatan  tindak lanjut  dala bentuk pemberia tugas, baik tugas individual maupun kelompok.

·    Menginformasikan rencanakegiatan pembelajaran untukpertemuan berikutnya.

 

 

 

 

 

HOTS

15 menit

 

 

 

I.       Teknik Penilaian

1.      Kompetensi keagamaan dan sosial

a)Teknik penilaian              : observasi/ pengamatan

b)Bentuk                               : catatan hasil observasi

c)Instrumen                          : jurnal (terlampir)

 

2.      Kompetensi Pengetahuan:

a)      Teknik penilaian        :tes

b)      Bentuk Penilaian       :Tes lisan (kuis) dan penugasan indiividu dan kelompok.

c)      Instrumen penilaian  : kuis (daftar soal) dan lembar kerja. (terlampir)

 

3.      Kompetensi keterampilan :

a)Teknik penilaian              : Penugasan.

b)Bentuk                               : Tugas tertulis.

c)Instrumen penilaian        : Lembar kerja dan penilaian presentasi

 

4.      Remedial

a)      Pembelajaran remedial dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas

b)      Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching(klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.

c)      Tugas remedial, dilakukan sebanyak 3 kali  yaitu dengan cara menugaskan kepada peserta didik untuk membenahi tugas yang telah dikerjakan sehingga memenuhi ketentuan yang ditetapkan.

 

5.      Pengayaan

Bagi Peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikanpembelajaran pengayaan sebagai berikut:

a)      Siwa yang mencapai nilai  diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.

b)      Siwa yang mencapai nilai  diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan

 

 

 

 

 

 


 

Mengetahui,

Kepala SMA N I Muara Tiga                                                                                         

 

Mukhtar, S. Pd, M. Pd

NIP. 19680623 199903 1 001

Laweung,                    2019

Guru Mata Pelajaran

 

 

Akfil Zuliandri, S. Pd

NIP.

 

0 Response to "RPP K13 Bahasa Indonesia Teks Hikayat Kelas X SMA Revisi"

Posting Komentar