RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata pelajaran : Bahasa
Indonesia
Sekolah : SMA Negeri I Muara Tiga
Kelas/ Semester : X IPA-IPS/
Materi pokok : Teks Ikhtisar
Alokasi waktu : 6 X 45 menit (3 kali pertemuan)
A. Kompetensi Inti
1 2 3 |
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi,
damai), santun, responsive, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual,
konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian spesifik dengan
bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan |
B. Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD) |
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
3.9 |
Mengidentifikasi butir-butir
penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel yang dibacakan
nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen. |
3.9.1 3.9.2 |
Mengungkapkan butir-butir
penting dari buku pengayaan nonfiksi
yang dibaca Mengungkapkan butir-butir
penting dari satu novel yang dibaca |
4.9 |
Menyusun
ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu
novel yang dibaca. |
4.9.1 4.9.2 4.9.3 |
Menyusun
rancangan laporan butir-butir penting/ikhtisar dari buku pengayaan (nonfiksi) dan fiksi Mengembangkan
laporan butir-butir penting/ikhtisar dari buku
pengayaan nonfiksi dan fiksi Mempresentasikan ikhtisar yang dilaporkan. |
C. Tujuan
pembelajaran
Melalui kegiatan
pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan
model saintifik peserta didik dapat mengungkapkan butir-butir penting dari dua bukuyang dibaca (nonfiksi dan fiksi) , menyusun
rancangan laporan butir-butir penting dari dua buku yang dibaca, dan mengembangkan laporan butir-butir penting dari dua buku
yang dibaca dan mempresentasikannya.
D. Materi
Laporan buku nonfiksi dan fiksi
E. Pendekatan,
Metode dan Model Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model Pembelajaran : Active Learning
3. Metode :
diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan
G. Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar
1. Media/Alat : Lembar
Kerja, Papan
Tulis/White Board, LCD
2. Sumber
Belajar :
Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas X
Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan
Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas X Revisi Tahun
2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa
Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
F. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 ×45 menit)
Tahap |
Langkah-langkah Pembelajaran |
Nilai Karakter (PPK), Literasi,
4C, HOTS |
Alokasi
Waktu |
Pendahuluan |
1. Peserta
didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. 2. Peserta
didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran
sebelumnya (tanya jawab). 3. Peserta
didik menyimak kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari 4. Peserta
didik mendiskusikan informasi dengan proaktiftentang
keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan. 5. Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang
akan dipelajari, metode dan media, langkah pembelajarandan penilaian pembelajaran |
Religius Rasa ingin tahu |
10
menit |
Inti |
Inti Mengamati : · Siswa
mengamati contoh buku fiksi dan nonfiksi yang telah disediakan guru. · Siswa
mengamati power point dan video interaktif tentang resensi
buku. Menanya : · Siswa bertanya jawab dan berdiskusi tentang perbedaan buku fiksi
dan nonfiksi. · Siswa bertanya jawab dan berdiskusi tentang unsur-unsur dalam
buku fiksi dan nonfiksi. Menalar : · Siswa
membaca secara kritis berbagai cuplikan teks dari berbagai buku sumber. Mencoba : · Siswa
menganalisis cuplikan tersebut dan mengelompokkan ke dalam fiksi atau non
fiksi (diberikan lembar kerja per kelompok (2 orang)) Menyajikan/mengomunikasikan: · Siswa menampilkan dan mengomunikasikan hasil kerja
analisis cuplikan tersebut secara jujur. 1. Siswa
yang lain saling menanggapi dan menilai hasil karya teman dengan jujur. |
Literasi Rasa ingin tahu Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical
thinking) Kreativitas (Creativity) Komunikatif (Communicative) |
70 menit |
Penutup |
Kegiatan guru
bersama peserta didik 1. Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran. 2. Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan. 3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran; dan Kegiatan guru 1. Melakukan penilaian. 2. Memberikan
tugas kepada peserta didik untukmembawa
buku nonfiksi 3. Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya. 4. Menutup kegiatan belajar mengajar. |
Kreativitas (Creativity) HOTS |
10 menit |
Pertemuan 2 (4 ×45 menit)
Tahap |
Langkah-langkah Pembelajaran |
Nilai Karakter (PPK), Literasi,
4C, HOTS |
Alokasi
Waktu |
Pendahuluan |
1. Peserta
didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. 2. Peserta
didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran
sebelumnya (tanya jawab). 3. Peserta
didik menyimak kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari 4. Peserta
didik mendiskusikan informasi dengan proaktiftentang
keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan. 5. Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang
akan dipelajari, metode dan media, langkah pembelajarandan penilaian pembelajaran |
Religius Rasa ingin tahu |
15
menit |
Inti |
Inti Mengamati : · Siswa mengamati contoh ikhtisar buku yang ada di LKS dan
mengamati unsur serta struktur ikhtisar. · Siswa
mengamati power point dan video interaktif tentang menulis
ikhtisar buku serta langkah-langkahnya. Menanya : · Siswa bertanya jawab dan berdiskusi tentang bagaimana menulis
ikhtisar sebuah buku . · Siswa bertanya jawab dan berdiskusi tentang langkah-langkah
menulis ikhtisar buku, struktur dan kaidah kebahasaan dalam teks resensi. Menalar : · Siswa
mengelaborasi buku yang sudah dibawa dan dibaca dengan membaca ulang secara
singkat. · Siswa
menuangkan hasil elaborasi dalam catatan atau kerangka tulisan ikhtisar yang
sudah disediakan. Mencoba : · Siswa
secara individual mencoba menulis rikhtisar buku yang dibawa sesuai dengan
kerangka/catatan yang telah ditulis. · Siswa
mengembangkan catatan tersebut menjadi sebuah ikhtisar dilengkapi dengan
langkah-langkah, struktur dan kaidah kebahasaan yang tepat. Menyajikan/mengomunikasikan: · Siswa
secara individual menyampaikan ikhtisar yang telah ditulis dilengkapi dengan
kelebihan dan kekurangan isi buku, serta masukan atau rekomendari terhadap
buku. · Siswa
yang lain saling menanggapi dan menilai hasil analisis teman dengan jujur. |
Literasi Rasa ingin tahu Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical
thinking) Kreativitas (Creativity) Komunikatif (Communicative) |
150 menit |
Penutup |
Kegiatan guru
bersama peserta didik 1. Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran. 2. Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan. 3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran; dan Kegiatan guru 1. Melakukan penilaian. 2. Memberikan
tugas kepada peserta didik untukMenyampaikan
rencana pembelajaran yang
akan dilakukan selanjutnya. 3. Menutup kegiatan belajar mengajar. |
Kreativitas (Creativity) HOTS |
15 menit |
H. Penilaian
1. Teknik
Penilaian:
a. Penilaian
Sikap :Observasi/pengamatan
b. Penilaian
Pengetahuan : Tes Tertulis
c. Penilaian
Keterampilan : Unjuk Kerja/
Praktik/ Portofolio
2. Bentuk
Penilaian:
a. Observasi :Lembar pengamatan aktivitas peserta didik
b. Tes tertulis :Uraian dan lembar kerja
c. Unjuk
kerja :Lembar penilaian
presentasi
d. Portofolio :Pedoman penilaian portofolio
3. Remedial
a. Pembelajaran
remedial dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b. Tahapan
pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal),
atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
c. Tes
remedial, dilakukan sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali tes remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam
bentuk tugas tanpa tes tertulis kembali.
4. Pengayaan
Bagi Peserta
didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan
sebagai berikut:
a. Siswa yang mencapai nilai diberikan materi masih dalam cakupan KD
dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
b. Siswa yang mencapai nilai diberikan materi melebihi cakupan KD
dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
INTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Nama Duaan pendidikan :
Tahun pelajaran : 2018/2019
Kelas/Semester : X / 1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
NO |
WAKTU |
NAMA |
KEJADIAN/ PERILAKU |
BUTIR SIKAP |
POS/ NEG |
TINDAK
LANJUT |
1 |
||||||
2 |
||||||
3 |
||||||
4 |
||||||
5 |
||||||
2 |
||||||
7 |
||||||
8 |
||||||
9 |
||||||
10 |
||||||
11 |
INSTRUMEN PENUGASAN 1
Duaan
Pendidikan |
: |
||
Mata
Pelajaran |
: |
Bahasa
Indonesia |
|
Kelas |
: |
X |
|
Kompetensi
dasar |
: |
3.9 Mengidentifikasi butir-butir penting dari dua
buku nonfiksi (bukupengayaan) dan satu novel yang dibaca |
|
Indikator |
: |
3.9.1 Mengungkapkan
butir-butir penting dari buku pengayaan nonfiksi yang dibaca 3.9.2 Mengungkapkan
butir-butir penting dari satu novel yang dibaca |
|
Materi |
: |
Buku
pengayaan (nonfiksi) dan fiksi |
Contoh Tugas:
Carilah
buku nonfiksi dan fiksi, kemudian identifikasilah butir-butir penting dalam
buku tersebut!
INSTRUMEN PENUGASAN 2
Duaan
Pendidikan |
: |
||
Mata
Pelajaran |
: |
Bahasa
Indonesia |
|
Kelas |
: |
X |
|
Kompetensi
dasar |
: |
4.9 |
Menyusun ikhtisar dari dua buku
nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca. |
Indikator |
: |
4.9.1 |
Menyusun rancangan
laporan butir-butir penting/ikhtisar dari buku pengayaan (nonfiksi) dan fiksi |
4.9.2 |
Mengembangkan
laporan butir-butir penting/ikhtisar dari buku pengayaan nonfiksi dan fiksi |
||
Materi |
: |
Buku pengayaan (nonfiksi) dan
fiksi |
Contoh Tugas:
1. Bacalah
sebuah buku nonfiksi dan buku fiksi, kemudian rancang butir-butir penting di
dalam buku tersebut!
2. Kembangkanlah laporan
butir-butir penting dari satu buku pengayaan non
fiksi dan buku fiksi.
RUBRIK PENILAIAN
PENUGASAN
Nama Peserta didik/kelompok : …………………………………………………
Kelas :
…………………………………………………
Tanggal Pengumpulan :
.....................................................
No |
Kategori |
Skor |
Alasan |
1. |
1. Apakah laporan
yang ditulis lengkap ? |
||
2. |
3. Apakah laporan
yang ditulis memuat bagian penting dalam buku ? |
||
3. |
Apakah bahasa yang digunakan untuk menginterpretasikan
lugas, sederhana, runtut dan sesuaidengan kaidah EYD? |
||
Jumlah |
Kriteria:
5 = sangat baik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang, dan 1 = sangat kurang
INSTRUMEN TES TERTULIS
Duaan
Pendidikan |
: |
||
Mata
Pelajaran |
: |
Bahasa
Indonesia |
|
Kelas |
: |
X |
|
Kompetensi
dasar |
: |
3.19 |
Mengidentifikasi
butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca |
Indikator |
: |
3.9.1 |
Menungkapkan butir-butir
penting dari dua buku pengayaan yang
dibaca (nonfiksi) dan fiksi. |
Materi |
: |
Buku
pengayaan (nonfiksi) dan fikdi |
Tes Tertulis
Disediakan buku pengayaan (nonfiksi)
1. Identifikasilah
butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) dan fiksi yang dibaca
2. Kemukakan hasil identifikasimu di depan kelas!
RUBRIK PENILAIAN
Soal |
Aspek yang
Dinilai |
Skor |
1 |
Peserta didik
mengidentifikasi butir-butir
penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) dan fiksi dengan sangat tepat |
4 |
a. Peserta
didik mengidentifikasi butir-butir
penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) dan fiksi dengan tepat |
3 |
|
b.
Peserta didik mengidentifikasi butir-butir
penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) dan fiksi dengan kurang tepat |
2 |
|
c. Peserta
didik mengidentifikasi butir-butir
penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) dan fiksi dengan tidak tepat |
1 |
|
Soal |
Aspek yang Dinilai |
Skor |
2 |
Peserta didik mengemukakan komentar dengan sangat tepat |
4 |
d.
Peserta didik mengemukakan
komentar dengan tepat |
3 |
|
e. Peserta didik mengemukakan komentar dengan kurang tepat |
2 |
|
f. Peserta didik mengemukakan komentar dengan tidak tepat |
1 |
INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN
Duaan
Pendidikan |
: |
||
Mata
Pelajaran |
: |
Bahasa
Indonesia |
|
Kelas |
: |
X |
|
Kompetensi
dasar |
: |
4.9 |
Menyusun ikhtisar dari dua buku
nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca. |
Indikator |
: |
4.9.1 |
menyusun
rancangan laporan butir-butir penting/ikhtisar dari buku pengayaan (nonfiksi)
dan fiksi |
4.9.2 |
mengembangkan
laporan butir-butir penting/ikhtisar dari buku pengayaan nonfiksi dan fiksi |
||
Materi |
: |
Buku pengayaan (nonfiksi) dan
fiksi |
1. Lembar Soal Keterampilan
1. Susunlah laporan
butir-butir penting dari buku
pengayaan (nonfiksi) dan fiksi!
2. Buatlah laporan
butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi)
dan fiksi denganbaik dan benar!
Rubrik Penilaian
Aspek yang
Dinilai |
Skor |
Peserta
didik membuat laporan butir-butir penting dari buku
pengayaan (nonfiksi) dan fiksi dengan sangat baik |
4 |
g. Peserta
didik membuat laporan butir-butir penting dari buku
pengayaan (nonfiksi) dan fiksi dengan baik |
3 |
h. Peserta
didik membuat laporan butir-butir penting dari buku
pengayaan (nonfiksi) dan fiksi kurang baik |
2 |
i. Peserta
didik membuat laporan butir-butir penting dari buku
pengayaan (nonfiksi) dan fiksi tidak baik |
1 |
INSTRUMEN PENILAIAN PORTO FOLIO
Duaan
Pendidikan |
: |
|
||
Mata
Pelajaran |
: |
Bahasa
Indonesia |
|
|
Kelas |
: |
X |
|
|
Materi |
: |
Menganalisis
Buku pengayaan (nonfiksi) dan
fiksi |
|
|
Kompetensi
dasar |
: |
3.9 |
Mengidentifikasi
butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) dan satu novel yang dibaca |
|
4.9 |
Menyusun ikhtisar dari dua buku
nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca. |
|||
Indikator |
: |
3.9.1 |
Mengungkapkan butir-butir
penting dari dua buku pengayaan nonfiksi
dan fiksi |
|
4.9.1 |
Menyusun rancangan laporan butir-butir penting dari satu
buku pengayaan (nonfiksi) dan fiksi |
|||
4.9.2 |
Mengembangkan laporan butir-butir penting dari satu buku
pengayaan nonfiksi dan fiksi. |
Tugas I
1. Simpan setiap
tugas yang diberikan ke dalam map individu peserta didik
(warna map sesuai dengan kelas masing-masing/tiap kelas beda warna map
2. Buat rangkuman
dari setiap tugas yang telah diberikan dan rangkuman dibuat pada kertas folio
bergaris.
3. Batas waktu
pengumpulan tugas adalah di pertemuan terakhir
PEDOMAN PENSKORAN:
KRITERIA YANG DINILAI |
SKOR MAKSIMAL |
Peserta
didik menyimpan semua tugas yang telah dikerjakan dengan lengkap, dan
tugas dikerjakan dengan benar, serta dikumpulkan tepat waktu |
4 |
Peserta didik
menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, dan sebagian besar benar tapi
kurang lengkap, serta dikumpulkan tepat waktu |
3 |
Peserta didik
menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun sebagian besar salah,
kurang lengkap, dan tidak dikumpulkan tepat waktu |
2 |
Peserta didik
menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun tugas yang dikerjakan
salah, dan kurang lengkap, serta tidak dikumpulkan tepat waktu |
1 |
Peserta
didik tidak menyimpan dua pun tugas-tugas yang diberikan karena tidak
pernah mengumpulkan tugas |
0 |
LEMBAR
PENILAIAN PORTOFOLIO
Jenis
Tugas :
Kelas : X
Semester/ Tahun Pelajaran : 1/ 2018 - 2019
No |
Nama Peserta didik |
Tugas KD |
Nilai |
Tanda Tangan |
Ket. (Tgl Pengumpulan) |
|
Peserta Didik |
Guru |
|||||
KISI-KISI SOAL HOTS
Tahun Pelajaran 2019/2020
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Program : X
Semester : 1 (dua)
Kurikulum : 2013
No |
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok |
Kelas/ Smtr |
Indikator Soal |
Level Kognitif |
Bentuk Soal |
Nomor Soal |
1 |
3.9Mengidentifikasi butir-butir penting
dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel yang dibaca |
Mengungkapkan butir-butir
penting dari dua buku pengayaan(nonfiksi)
dan fiksi |
X/1 |
Disajikan buku nonfiksi/fiksi peserta didik dapatmengungkapkan butir-butir penting dari dua buku pengayaan |
C4 |
Uraian |
1 |
2 |
4.9 Menyusun ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku
pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca. |
Menyusun rancangan laporan butir-butir
penting dari satu buku pengayaan(nonfiksi)
dan fiksi |
X/1 |
Disajikan buku nonfiksi/fiksi peserta didik dapat menyusun
rancangan laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaannonfiksi/fiksi |
C2 |
uraian |
3 |
Mengembangkan laporan butir-butir
penting dari satu buku pengayaan(nonfiksi)
dan fiksi |
X/1 |
Disajikan buku nonfiksi/fiksi peserta
didik dapat mengembangkan
laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaannonfiksi/fiksi |
C5 |
uraian |
4 |
KARTU SOAL HOTS
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X / 1 (dua)
Kurikulum : 2013
Kompetensi
Dasar |
: |
3.9. Mengidentifikasi butir-butir penting dari dua buku
nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel yang dibaca. 4.9 Menyusun
ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu
novel yang dibaca. |
Materi |
: |
Buku pengayaan (nonfiksi) dan fiksi |
Indikator
Soal Nomor 1 |
: |
Disajikan buku nonfiksi/fiksi, peserta didik dapat menungkapkan butir-butir penting dari dua buku pengayaan dengan benar |
Indikator
Soal Nomor 2 |
: |
Disajikan buku nonfiksi/fiksi peserta didik dapat menyusun
rancangan laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan nonfiksi/fiksi |
Indikator
Soal Nomor 3 |
: |
Disajikan buku nonfiksi/fiksi, peserta didik dapat mengembangkan
laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan nonfiksi/fiksi dengan benar |
Mengetahui, Kepala
SMA N I Muara Tiga Mukhtar,
S. Pd, M. Pd NIP.
19680623 199903 1 001 |
Laweung, 2019 Guru
Mata Pelajaran Akfil
Zuliandri, S. Pd NIP.
|
0 Response to "RPP K13 Bahasa Indonesia Teks Ikhtisar Kelas X SMA Revisi"
Posting Komentar