RPP K13 Bahasa Indonesia Teks Ceramah Kelas XI SMA Revisi

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Mata pelajaran    : Bahasa Indonesia

Sekolah                 : SMA Negeri I Peukan Pidie

Kelas/ Semester   : XI IPA-IPS/Ganjil

Materi pokok       : Teks Ceramah

Alokasi waktu      :  6 X 45 menit (3 kali pertemuan)

 

 

 

A. Kompetensi Inti

 

1

2

 

 

3

 

 4

Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi, damai), santun, responsive, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian spesifik dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

B.  Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

Kompetensi Dasar (KD)

 Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

3.5

Mengidentifikasi informasi berupa permasalahan aktual yang disajikan dalam ceramah

3.5.1

 

3.5.2

Memahami informasi dan permasalahan yang didengar atau yang dibaca Menelaah kebahasaan teks ekplanasi

Menemukan informasi dan permasaahan aktual dalam teks ceramah.

4.5

Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan aktual sebagai bahan untuk disajikan dalam ceramah

4.5.1

4.5.2

Menelaah bagian-bagian penting dalam teks ceramah Menemukan kalimat majemuk bertingkat dalam teks ceramah

 

C.    Tujuan pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model saintifik peserta didik memahami informasi dan permasalahan yang didengar atau yang dibacamenemukan informasi dan permasaahan actual dalam teks ceramah menelaah bagian-bagian penting dalam teks ceramah, dan menemukan kalimat majemuk bertingkat dalam teks ceramah. dengan rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif selama proses pembelajaran.

D.    Materi

Pengertian ceramah

Perbedaan ceramah dengan pidato dan khotbah

E.     Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran

1.      Pendekatan                : Saintifik

2.      Model Pembelajaran : Active Learning

3.      Metode                      : diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan

G.    Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar

1.      Media/Alat    : Lembar Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD

2.      Sumber Belajar :

Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya

 

 

F.     Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1 (2 ×45 menit)

Tahap

Langkah-langkah Pembelajaran

Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS

Alokasi Waktu

Pendahuluan

1.      Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tu­han dan saling mendoakan.

2.      Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).

3.      Peserta didik menyimak  kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari

4.      Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktiftentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.

5.      Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipela­jari, metode dan media, langkah pembelajarandan penilaian pembelajaran

Religius

 

 

 

Rasa ingin tahu

10 menit

Inti

Mengamati

1.      Peserta didik mengamati teks ceramah

2.      Peserta didik mengidentifikasi teks ceramah bersama-sama

Menanya

1.      Peserta didik bertanya jawab tentang informasi dan permasalahan dalam teks ceramah

2.      Peserta didik memberi komenatar tentang informasi dan permasalahan dalam teks ceramah

Menalar

1.      Peserta didik duduk secara berkelompok (heterogen, 3-4 orang).

3.      Peserta didik secara berdiskusi mengidentifikasi tentang informasi dan permasalahan dalam teks ceramah

2.      Peserta didik secara berkelompok mencari contoh ceramah lain dari berbagai sumber.

3.      Peserta didik berdiskusi tentang perbedaan ceramah, khutbah dan pidato

Mencoba

1.      Peserta didik mencoba menentukan dan menganalisis informasi dan permasalahan dalam teks ceramah

4.      Peserta didik mencoba membedakan ceramah, khutbah dan pidato

Mengomunikasikan/menyajikan

1.      Peserta didik secara berkelompok mempresentasikan hasil kerjanya.

2.      Peserta didik yang lain memberikan komentardan masukan atas penampilan temannya.

 

Literasi

 

 

 

 

Rasa ingin tahu

 

 

 

 

 

Kerja sama (Collaborative)

 

 

 

 

 

 

 

Berpikir kritis (Critical thinking)

Kreativitas (Creativity)

 

Komunikatif (Communicative)

70 menit

Penutup

Kegiatan guru bersama peserta didik

1.      Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.

2.      Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.

3.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan

Kegiatan guru

1.      Melakukan penilaian.

2.      Memberikan tugas kepada peserta didik untuk banyak membaca atau menonton ceramah lainnya.

3.      Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.

4.      Menutup kegiatan belajar mengajar.

 

Kreativitas (Creativity)

 

 

 

 

HOTS

10 menit

Pertemuan 2 (4 ×45 menit)

Tahap

Langkah-langkah Pembelajaran

Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS

Alokasi Waktu

Pendahuluan

1.      Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tu­han dan saling mendoakan.

2.      Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).

3.      Peserta didik menyimak  kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari

4.      Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktiftentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.

5.      Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipela­jari, metode dan media, langkah pembelajarandan penilaian pembelajaran

Religius

 

 

 

Rasa ingin tahu

15 menit

Inti

Mengamati

1.      Peserta didik mengamati video ceramah, pidato dan khutbah

2.      Peserta didik mengidentifikasi video tersebut mana yang termasuk ceramah, pidato dan khutbah

Menanya

1.      Peserta didik bertanya jawab tentang video

3.      Peserta didik memberi komentar terhadap video tersebut mana yang termasuk ceramah, pidato dan khutbah

Menalar

1.      Peserta didik duduk secara berkelompok (heterogen, 3-4 orang).

2.      Peserta didik berdiskusi untuk menelaah bagian-bagian penting dari video ceramah yang disajikan

3.      Peserta didik mengidentifikasi kalimat majemuk yang digunakan dalam video.

Mencoba

1.      Peserta didik mencoba menuliskan bagian-bagian penting dari video ceramah yang disajikan

2.      Peserta didik mencoba menuliskan kalimat majemuk yang digunakan dalam video.

Mengomunikasikan/menyajikan

1.      Peserta didik secara berkelompok mempresentasikan hasil kerjanya.

2.      Peserta didik yang lain memberikan komentardan masukan atas penampilan temannya.

 

Literasi

 

 

 

 

 

Rasa ingin tahu

 

 

 

 

Kerja sama (Collaborative)

Berpikir kritis (Critical thinking)

 

 

 

Kreativitas (Creativity)

 

 

 

 

Komunikatif (Communicative)

150 menit

Penutup

Kegiatan guru bersama peserta didik

1.      Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.

2.      Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.

3.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan

Kegiatan guru

1.      Melakukan penilaian.

2.      Memberikan tugas kepada peserta didik untukmembawa contoh lain dari teks ceramah

3.      Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.

4.      Menutup kegiatan belajar mengajar.

 

Kreativitas (Creativity)

 

 

 

 

HOTS

15 menit

 

H.    Penilaian

1.       Teknik Penilaian:

a.          Penilaian Sikap                :Observasi/pengamatan

b.         Penilaian Pengetahuan     : Tes Tertulis

c.          Penilaian Keterampilan    : Unjuk Kerja/ Praktik/ Portofolio

2.       Bentuk Penilaian:       

a.       Observasi             :lembar pengamatan aktivitas peserta didik

b.      Tes tertulis           :uraian dan lembar kerja

c.       Unjuk kerja          :lembar penilaian presentasi

d.      Portofolio             :pedoman penilaian portofolio

3.       Remedial

a.       Pembelajaran remedial dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas

b.      Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.

c.       Tes remedial, dilakukan sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali tes remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes tertulis kembali.

4.      Pengayaan

Bagi Peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:

a.       Siswa yang mencapai nilai  diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan

b.      Siswa yang mencapai nilai  diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.

 

LAMPIRAN: MATERI CERAMAH

Pengertian Ceramah

Ceramah adalah pembicaraan di depan umum yang berisi penyampaian suatu informasi, pengetahuan, dan sebagainya. Yang menyampiakna ceramah orang-orang yang menguasai di bidangnya dan yang mendengarkan biasanya melibatkan banyak orang. Medianya bisa langsung ataupun melalui sarana komunikasi, seperti lewat televisi, radio, dan media lainnya..

Selain itu, ada pula yang disebut dengan pidato dan khotbah. Untuk memahami kedua hal tersebut, cermatilah perbedaan di antara keduanya.

1.      Pidato, adalah pembicaraan di depan umum yang cenderung bersifat persuasive, yakni berisi ajakan ataupun dorongan pada khalayak untuk berbuat sesuatu.

2.      Khotbah adalah pembicaraan di depan umum yang berisi penyampaian pengetahuan keagamaan atau praktik beribadah dan ajakan-ajakan untuk memperkuat keislaman.

 

INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP

 

Nama Satuan pendidikan        :

Tahun pelajaran                       :

Kelas/Semester                        : XI / 1

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

 

NO

WAKTU

NAMA

KEJADIAN/

PERILAKU

BUTIR SIKAP

POS/

NEG

TINDAK LANJUT

1

2

3

4

5

2

7

8

9

10

11

 

 

INSTRUMEN PENUGASAN 1

 

Satuan Pendidikan

:

Mata Pelajaran

:

Bahasa Indonesia - Wajib

Kelas

:

XI

Kompetensi dasar

:

3.5 

Mengidentifikasi informasi berupa permasalahan aktual yang disajikan dalam ceramah

Indikator

:

3.5.1  

Memahami informasi dan permasalahan yang didengar atau yang dibaca.

3.5.2  

Menemukan informasi dan permasaahan actual dalam teks ceramah.

Materi

:

Ceramah

 

Contoh Tugas:

Jawablah pertanyaan berikut dengan benar dan jelas!

1.      

Apa manfaat jika kamu mendengarkan ceramah?

2.      

Apa manfaat jika kamu menyajikan ceramah?

3.      

Kapan dan di mana saja kesempatan mendengarkan ceramah itu dapat kita ikuti?

4.      

Bagaimana persamaan dan perbedaan antara ceramah dengan pidato serta khotbah?

5.      

Informasi/pengetahuan apa saja yang dapat kamu peroleh dari teks ceramah di atas? Jelaskan!

 

INSTRUMEN PENUGASAN 2

 

Satuan Pendidikan

:

Mata Pelajaran

:

Bahasa Indonesia

Kelas

:

XI

Kompetensi dasar

:

4.5

Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan aktual sebagai bahan untuk disajikan dalam ceramah

Indikator

:

4.5.1  

Menelaah bagian-bagian penting dalam teks ceramah.

4.5.2  

Menemukan kalimat majemuk bertingkat dalam teks ceramah

Materi

:

Ceramah

 

Contoh Tugas:

1.   Kerjakanlah latihan berikut sesuai dengan instruksinya!

a.       Bacalah teks ceramah.

b.      Secara berkelompok, tandailah bagian-bagian penting dari teks tersebut.

c.       Buatlah simpulan tentang isi teks itu secara keseluruhan!

2.      Lengkapilah kalimat-kalimat majemuk di bawah ini dengan kata penghubung yang tepat!

a.       Kak Agus memberi minuman pada seorang kakek…sedang duduk di bawah pohon rambutan itu.

b.      Mereka memperkirakan…hari ini akan hujan dengan sangat lebat.

c.       Dia mengatakan tidak punya uang…saya tahu bahwa dia itu baru gajian.

d.      Minggu depan ibu ingin berwisata ke Jakarta … kami ingin ke Yogyakarta.

e.       Bu Marini akan memberi tahu suaminya…meneleponnya nanti malam.

3.      Berdiskusilah dalam kelompok! Temukanlah contoh-contoh kalimat majemuk dalam salah satu teks ceramah di atas. Jelaskan pula jenis dari kalimat-kalimat majemuk tersebut.

Jenis Kalimat

Kalimat Majemuk Bertingkat

Jenis Kalimat

 

 

 

 

 

RUBRIK PENILAIAN PENUGASAN

 

Nama Peserta didik/kelompok         : …………………………………………………

Kelas                                                   : …………………………………………………

Tanggal Pengumpulan                     : ...............................................................

 

No

Kategori

Skor

Alasan

1.

1. Apakah ceramah yang ditulis lengkap?

2.

Apakah bahasa yang digunakan untuk menginterpretasikan lugas, sederhana, runtut dan sesuaidengan kaidah EYD?

3.

Apakah ceramah yang ditulis lengkapmenggunakan kalimat majemuk?

Jumlah

 

Kriteria:

5 = sangat baik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang, dan 1 = sangat kurang

 

 

INSTRUMEN TES TERTULIS

 

Satuan Pendidikan

:

Mata Pelajaran

:

Bahasa Indonesia

Kelas

:

XI

Kompetensi dasar

:

3.5 

Mengidentifikasi informasi berupa permasalahan aktual yang disajikan dalam ceramah

Indikator

:

3.5.1  

Memahami informasi dan permasalahan yang didengar atau yang dibaca.

3.5.2  

Menemukan informasi dan permasaahan actual dalam teks ceramah.

Materi

:

Ceramah

 

Tes Tertulis

Disediakan dua ceramah

1.      Identifikasilah informasi berupa permasalahan aktual yang disajikan dalam ceramah

2.      Tuliskan permasalahan aktual yang disajikan dalam ceramah

3.      Kemukakan komentarmu terhadap ceramah tersebut

Tertulis (soal HOTS)

1.      Identifikasilah ceramah dengan memperhatikan isi,  dan informasi yang disampaikan dalam ceramah!

2.      Buatlah rancangan ceramah dengan memuat isi dan informasi!

3.      Presentasikanlah hasil kerjamu dihadapan teman-temanmu. 

 

RUBRIK PENILAIAN

Soal

Aspek yang Dinilai

Skor

1

Peserta didik mengidentifikasi isi ceramah dengan sangat tepat

4

a.                      Peserta didik mengidentifikasi isi ceramah dengan tepat

3

b.                      Peserta didik mengidentifikasi isi ceramah dengan kurang tepat

2

c.                      Peserta didik mengidentifikasi isi ceramah dengan tidak tepat

1

Soal

Aspek yang Dinilai

Skor

2

Peserta didik menulis informasi ceramah sangat tepat

4

d.                     Peserta didik menulis informasi ceramah tepat

3

e.                      Peserta didik menulis informasi ceramah kurang tepat

2

f.                       Peserta didik menulis informasi ceramah tidak tepat

1

Soal

Aspek yang Dinilai

Skor

3

Peserta didik mengemukakan komentar dengan sangat tepat

4

g.                      Peserta didik mengemukakan komentar dengan tepat

3

h.                      Peserta didik mengemukakan komentar dengan kurang tepat

2

i.                        Peserta didik mengemukakan komentar dengan tidak tepat

1

 

 

 

INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN

Satuan Pendidikan

:

Mata Pelajaran

:

Bahasa Indonesia – Wajib

Kelas

:

XI

Kompetensi dasar

:

4.5

Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan aktual sebagai bahan untuk disajikan dalam ceramah

Indikator

:

4.5.1  

Menelaah bagian-bagian penting dalam teks ceramah.

4.5.2  

Menemukan kalimat majemuk bertingkat dalam teks ceramah

Materi

:

Ceramah

 

1.      Lembar Soal Keterampilan

1.      Buatlah sebuah teks ceramah dengan memperhatikan isi dan informasinya.

2.      Rubrik Penilaian

Soal

Aspek yang Dinilai

Skor

1

Peserta didik membuat ceramah dengan memperhatikan isi dan informasinya sudah sangat baik

4

j.                        Peserta didik membuat ceramah dengan memperhatikan isi dan informasinya sudah baik

3

k.                      Peserta didik membuat ceramah dengan memperhatikan isi dan informasinya sudah kurang baik

2

l.                        Peserta didik membuat ceramah dengan memperhatikan isi dan informasinya sudah tidak baik

1

 

 

INSTRUMEN PENILAIAN PORTO FOLIO

 

Satuan Pendidikan

:

 

Mata Pelajaran

:

Bahasa Indonesia

 

Kelas

:

XI

 

Materi

:

Menganalisis Ceramah

 

Kompetensi dasar

:

3.5 

 Mengidentifikasi informasi berupa permasalahan aktual yang disajikan dalam ceramah

4.5

Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan aktual sebagai bahan untuk disajikan dalam ceramah

Indikator

:

3.5.1  

Memahami informasi dan permasalahan yang didengar atau yang dibaca.

3.5.2  

Menemukan informasi dan permasaahan actual dalam teks ceramah.

4.5.1

Menelaah bagian-bagian penting dalam teks ceramah.

4.5.2

Menemukan kalimat majemuk bertingkat dalam teks ceramah

Tugas I

1.             Simpan setiap tugas yang diberikan ke dalam map individu peserta didik (warna map sesuai dengan kelas masing-masing/tiap kelas beda warna map

2.             Buat rangkuman dari setiap tugas yang telah diberikan dan rangkuman dibuat pada kertas folio bergaris.

3.             Batas waktu pengumpulan tugas adalah di pertemuan terakhir

PEDOMAN PENSKORAN:

KRITERIA YANG DINILAI

SKOR MAKSIMAL

Peserta didik menyimpan semua tugas yang telah dikerjakan dengan lengkap, dan tugas dikerjakan dengan benar, serta dikumpulkan tepat waktu

4

Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, dan sebagian besar benar tapi kurang lengkap, serta dikumpulkan tepat waktu

3

Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun sebagian besar salah, kurang lengkap, dan tidak dikumpulkan tepat waktu

2

Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun tugas yang dikerjakan salah, dan kurang lengkap, serta tidak dikumpulkan tepat waktu

1

Peserta didik tidak menyimpan satu pun tugas-tugas yang diberikan karena tidak pernah mengumpulkan tugas

0

 

LEMBAR PENILAIAN PORTOFOLIO

Jenis Tugas                            :

Kelas                                       : XI

Semester/ Tahun Pelajaran  : 

No

Nama Peserta didik

Tugas KD

Nilai

Tanda Tangan

Ket.

(Tgl Pengumpulan)

Peserta Didik

Guru

 

KARTU  SOAL HOTS

Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester          : XI  / 1 (satu)

Kurikulum                 : 2013

Kompetensi Dasar

:

3.5        Mengidentifikasi informasi berupa permasalahan aktual yang disajikan dalam ceramah

4.5       Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan aktual sebagai bahan untuk disajikan dalam ceramah

Materi

:

Ceramah

Indikator Soal Nomor 1

:

Disajikan ceramah, peserta didik dapat memahami informasi dan permasalahan yang didengar atau yang dibaca

Indikator Soal Nomor 2

:

Disajikan ceramah, peserta didik dapat menemukan informasi dan permasaahan actual dalam teks ceramah.

Indikator Soal Nomor 3

:

Disajikan ceramah peserta didik dapat menelaah bagian-bagian penting dalam teks ceramah.

Indikator Soal Nomor 4

:

Disajikan ceramah peserta didik dapat menemukan kalimat majemuk bertingkat dalam teks ceramah.

Indikator Soal Nomor 5

:

Disajikan video tentang ceramah peserta didik dapat membedakan antara ceramah, pidato, dan khotbah.

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SMA Negeri I Peukan Pidie                                                                                              

 

 

Mukhtar, S. Pd

NIP. 19611005  1998 01 1 001

Peukan Pidie,                    20..

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

Aan Zuliana, S.  Pd

NIP. 19850122  200604  2 002

 

0 Response to "RPP K13 Bahasa Indonesia Teks Ceramah Kelas XI SMA Revisi"

Posting Komentar