RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata pelajaran : Bahasa
Indonesia
Sekolah : SMA Negeri I Peukan Pidie
Kelas/ Semester : XI IPA-IPS/Ganjil
Materi pokok : Teks Prosedur
Alokasi waktu : 6 X 45 menit (3
kali pertemuan)
A. Kompetensi Inti
1 2 3 |
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi,
damai), santun, responsive, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual,
konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian
spesifik dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan |
B. Kompetensi Dasar (KD)
dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD) |
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
3.2 |
Menganalisis struktur dan
kebahasaan teks prosedur |
3.2.1 3.2.2 |
Mengindentifikasi struktur teks
prosedur Menelaah kebahasaan teks ekplanasi |
4.2 |
Memproduksi teks prosedur secara lisan atautulis dengan
memerhatikan struktur dan kebahasaan |
4.2.1 4.2.2 |
Menentukan
pola pengembangan dalam menulis teks prosedurMempresentasikan hasil ringkasanteks laporan hasil observasiberdasarkan struktur, ciri
kebahasaan, dan Menulis teks prosedur berdasarkan struktur dan kebahasaan |
C. Tujuan
pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatann
pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model saintifik peserta didik dapat mengindentifikasi struktur teks prosedur, menelaah
kebahasaan teks prosedur, menentukan pola pengembangan dalam menulis teks
prosedur, dan menulis teks prosedur berdasarkan struktur dan kebahasaan dengan rasa
ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif selama
proses pembelajaran..
D. Materi
Skematik Prosedur
Pernyataan
Umum/tujuan
Tahapan-tahapan
Penegasan
ulang
E. Pendekatan,
Metode dan Model Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model Pembelajaran : Active Learning
3. Metode :
diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan
G. Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar
1. Media/Alat : Lembar
Kerja, Papan
Tulis/White Board, LCD
2. Sumber Belajar :
Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat
Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat
Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa
Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
F. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 ×45
menit)
Tahap |
Langkah-langkah Pembelajaran |
Nilai Karakter (PPK), Literasi,
4C, HOTS |
Alokasi
Waktu |
Pendahuluan |
1. Peserta
didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. 2. Peserta
didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran
sebelumnya(tanya jawab). 3. Peserta
didik menyimak kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari 4. Peserta
didik mendiskusikan informasi denganproaktif tentang
keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan. 5. Peserta didik menerima informasi tentang hal-halyang
akan dipelajari, metode dan media, langkahpembelajaran dan penilaian pembelajaran |
Religius Rasa ingin tahu |
10 menit |
Inti |
Mengamati 1. Peserta didik mengamati contoh teks prosedur yang dibawa. 2. Peserta didik mengidentifikasi struktur dan kaidah
kebahasaan teks prosedur. Menanya 3. Peserta didik bertanya jawab tentang struktur dan kaidah
kebahasaan teks prosedur. 4. Peserta didik memberi komentar terhadap struktur dan
kaidah kebahasaan teks prosedur. Menalar 1. Peserta
didik duduk secara berkelompok (heterogen, 3-4 orang). 2. Peserta
didik secara berdiskusi mengidentifikasi struktur dan kaidah kebahasaan teks
prosedur. Mencoba 1. Peserta didik mencoba menentukan dan menganalisis struktur
dan kaidah kebahasaan teks prosedur. 5. Peserta didik mencoba menuliskan struktur dan kaidah
kebahasaan teks prosedur. Mengomunikasikan/menyajikan 1. Peserta
didik secara berkelompok mempresentasikan hasil kerjanya. 2. Peserta didik yang lain memberikan komentar dan masukan atas penampilan temannya. |
Literasi Rasa ingin tahu Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical
thinking) Kreativitas (Creativity) Komunikatif (Communicative) |
70 menit |
Penutup |
Kegiatan guru
bersama peserta didik 1. Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran. 2. Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan. 3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran; dan Kegiatan guru 1. Melakukan penilaian. 2. Memberikan
tugas kepada peserta didik untuk banyak membaca teks prosedur lainnya. 3. Menyampaikan rencana pembelajaranyang akan dilakukan selanjutnya. 4. Menutup kegiatan belajar mengajar. |
Kreativitas (Creativity) HOTS |
10 menit |
Pertemuan 2 (4 ×45
menit)
Tahap |
Langkah-langkah Pembelajaran |
Nilai Karakter (PPK), Literasi,
4C, HOTS |
Alokasi
Waktu |
Pendahuluan |
1. Peserta
didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. 2. Peserta
didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran
sebelumnya(tanya jawab). 3. Peserta
didik menyimak kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari 4. Peserta
didik mendiskusikan informasi denganproaktif tentang
keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan. 5. Peserta didik menerima informasi tentang hal-halyang
akan dipelajari, metode dan media, langkahpembelajaran dan penilaian pembelajaran |
Religius Rasa ingin tahu |
15
menit |
Inti |
Mengamati 1. Peserta didik mengamati berbagai jenis teks prosedur 2. Peserta didik mengidentifikasi pola pengembangan dalam
berbagai jenis teks yang disajikan. Menanya 1. Peserta didik bertanya jawab tentang jenis teks prosedur 2. Peserta didik bertanya jawab dan berkomentar tentang pola
pengembangan teks prosedur Menalar 1. Peserta
didik menentukan tema teks prosedur yang akan ditulisnya 2. Peserta
didik menentukan satu pola pengembangan teks prosedur dari berbagai teks yang
sudah diidentifikasi 3. Peserta
didik merancang langkah-langkah teks prosedur dengan mempertimbangkan
struktur dan kaidah kebahasaan. Mencoba 1. Peserta
didik mencoba menuliskan teks prosedur secara utuh dengan mempertimbangkan
struktur dan kaidah kebahasaan. Mengomunikasikan/menyajikan 1. Peserta
didik mempresentasikan hasil karyanya 2. Peserta
didik yang lain mengomentari dan memberi masukan. |
Literasi Rasa ingin tahu Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical
thinking) Kreativitas (Creativity) Komunikatif (Communicative) |
150
menit |
Penutup |
Kegiatan guru
bersama peserta didik 1. Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran. 2. Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan. 3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran; dan Kegiatan guru 1. Melakukan penilaian. 2. Memberikan
tugas kepada peserta didik untuk Menyampaikan
rencana pembelajaran yang
akan dilakukan selanjutnya. 3. Menutup kegiatan belajar mengajar. |
Kreativitas (Creativity) HOTS |
15 menit |
H. Penilaian
1. Teknik
Penilaian:
a. Penilaian
Sikap :Observasi/pengamatan
b. Penilaian
Pengetahuan : Tes Tertulis
c. Penilaian
Keterampilan : Unjuk Kerja/ Praktik/ Portofolio
2. Bentuk
Penilaian:
a. Observasi :lembar pengamatan aktivitas peserta didik
b. Tes
tertulis :uraian
dan lembar kerja
c. Unjuk kerja :lembar
penilaian presentasi
d. Portofolio :pedoman
penilaian portofolio
3. Remedial
a. Pembelajaran remedial dilakukan
bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b. Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan
melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau
tugas dan diakhiri dengan tes.
c. Tes remedial, dilakukan
sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali tes remedial
belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes
tertulis kembali.
4. Pengayaan
Bagi Peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan
pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
a. Siswa yang mencapai nilai diberikan materi masih dalam cakupan KD
dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
b. Siswa yang
mencapai nilai diberikan materi melebihi cakupan KD dengan
pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
LAMPIRAN: MATERI TEKS PROSEDUR
TEKS PROSEDUR
A. Contoh
Kiat Berwawancara Kerja
Bagi
perusahaan, wawancara merupakan kesempatan untuk menggali kualifkasi calon
pegawai secara lebih mendalam, melihat kecocokannya dengan posisi yang
ditawarkan, kebutuhan dan sifat perusahaan. Wawancara pun menjadi ajang tanya
jawab antara pewawancara dengan
calon.
Agar mudah dipahami oleh mitra bicara, kita harus
berbicara dengan jelas. Jaga agar kita tidak berbicara terlalu cepat atau
lambat, atur juga suara agar jelas terdengar. Suara yang terlalu pelan membuat
kita terlihat kurang percaya diri, sementara suara yang terlalu keras membuat
kita terlihat agresif. Penggunaan bahasa yang baik juga menjadi suatu
keharusan.
Selain itu, perhatikan betul apa yang disampaikan
pewawancara agar kita dapat memerikan jawaban yang relevan. Tak ada salahnya
menanyakan kembali atau mencoba mengulangi pertanyaan yang diajukan untuk
memastikan bahwa pemahaman kita sudah benar. Namun, jangan melakukannya terlalu
sering karena justru akan membuat pewawancara mempertanyakan daya tangkap kita.
Bahasa tubuh pun ikut memegang peranan. Gerakan
nonverbal seperti mengangguk atau sikap tubuh yang agak condong ke depan
menunjukkan bahwa kita tertarik pada apa yang disampaikan si pewawancaraa.
Pastikan pula kita menjaga kontak mata dengan pewawancara, karena kontak mata
penting dalam proses komunikasi, termasuk dalam wawancara kerja.
Singkatnya, akan lebih baik jika kita mampu
menampilkan sikap yang antusias secara verbal maupun nonverbal. Oleh karena
itu, hindari bahasa tubuh yang dapat diartikan negatif, seperti menggoyangkan
kaki, mengetuk-ngetuk jari, atau menghindari kontak mata. Cara berbicara
yang percaya diri namun tidak terkesan sombong dapat menarik minat pewawancara.
Pada saat berbicara, hindari uraian yang
panjang lebar dan berteletele. Cobalah mengemas kalimat secara singkat dan
terfokus, namun tetap menarik. Kita diharapkan mampu menunjukkan bahwa kita
adalah orang yang tepat untuk posisi yang ditawarkan. Ceritakanlah kemampuan
atau
pengalaman yang relevan dengan posisi tersebut. Hindari mengkritik atasan atau
rekan kerja sebelumnya karena ini menunjukkan sikap yang tidak profesional.
Selama wawancara berlangsung, jadilah diri
sendiri. Ungkapan ini mungkin terdengar klise, namun jauh lebih baik menjadi
diri sendiri dan berbicara dengan jujur, daripada mencoba mengatakan sesuatu
yang menurut kita akan membuat pewawancara merasa terkesan. Jangan
melebih-lebihkan kualifkasi kita, apalagi mengelabui dengan memberikan data
yang tidak benar. Cepat atau lambat, pewawancara akan menemukan bahwa data
tersebut hanyalah karangan. Tunjukkan bahwa kita mampu mengenali diri kita
sendiri dengan tepat.
Pewawancara biasanya memberikan kesempatan
kepada kita untuk mengajukan pertanyaan di akhir wawancara. Gunakanlah
kesempatan ini secara elegan dengan cara menunjukkan rasa ingin tahu kita
tentang lingkup dan deskripsi tugas posisi yang dilamar, kesempatan
pengembangan diri, dan sebagainya. Ini wajar, karena bersikap pasif dan
menyerahkan segala sesuatu kepada pihak perusahaan tidak akan menambah nilai
kita di mata pewawancara.
Calon yang mau bertanya dalam porsi yang tepat
menunjukkan kesungguhan minatnya pada posisi yang ditawarkan dan juga pada
perusahaan. Di sesi ini biasanya muncul pula pembicaraan mengenai gaji dan
tunjangan. Pewawancara sangat menghargai kandidat yang mampu menentukan nominal
gaji yang ia harapkan, karena dianggap dapat melakukan penilaian atas
kemampuannya dan tugas-tugas yang akan dilakukan. Tentu saja angkanya harus
logis sambil tetap membuka kesempatan untuk negosiasi.
Dengan persiapan matang dan unjuk diri yang baik
saat wawancara, kita telah meninggalkan kesan yang layak untuk dipertimbangan
oleh perusahaan
(Sumber: “Unjuk Diri yang Baik dalam Wawancara Kerja” dalam Kompas dengan
pengubahan).
B. Pengertian
Teks prosedur adalah Teks yang berisi langkah-langkah atau tahapan yang
harus dilaksanakan dalam melakukan suatu kegiatan sehingga suatu kegiatan itu
dapat terlaksana dengan baik dan berhasil..
C. Fungsi
Teks prosedur berfungsi untuk menjelaskan langkah-langkah apa saja yang
harus kita lakukan dalam melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan sehingga
pekerjaan atau kegiatan itu dapat terlaksana dengan baik.
D. Struktur
Teks prosedur
dibentuk oleh ungkapan tentang tujuan, langkahlangkah, dan penegasan ulang.
1. Tujuan merupakan pengantar tentang topik yang akan dijelaskan dalam teks.
Pada contoh teks berjudul “Kiat Berwawancara Kerja”, pendahuluan yang dimaksud
berupa pengertian wawancara dan
manfaat bagi suatu perusahaan (paragraf 1)
2. Langkah-langkah berupa perincian petunjuk yang disarankan kepada pembaca
terkait dengan topik yang ditentukan (paragraf 2-9)
3. Penegasan ulang berupa harapan ataupun manfaat apabila petunjukpetunjuk itu
dijalankan dengan baik (paragraf 10)
E. Aspek kebahasaan
Berikut aspek kebahasaan teks prosedur.
1. Banyak menggunakan kata-kata kerja perintah (imperatif). Kata
kerja imperatif dibentuk oleh akhiran –kan, -i, dan
partikel –lah.
Bentuk dasar |
Imbuhan/Partikel |
Bentukan Kata |
perhati |
-kan |
perhatikan |
pasti |
-kan |
pastikan |
tunjuk |
-kan |
tunjukkan |
cerita |
-kan |
ceritakan |
hindar |
-i |
hindari |
jadi |
-lah |
jadilah |
2. Banyak menggunakan kata-kata teknis yang berkaitan dengan topic yang
dibahasnya.
3. Banyak menggunakan konjungsi dan partikel yang bermakna penambahan
4. Banyak menggunakan pernyataan persuasif
5. Apabila prosedur itu berupa resep dan petunjuk penggunaan alat, akan
digunakan gambaran terperinci tentang benda dan alat yang dipakai, termasuk
ukuran, jumlah, dan warna.
INTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Nama Satuan
pendidikan :
Tahun
pelajaran :
2018/2019
Kelas/Semester :
XI / 1
Mata
Pelajaran :
Bahasa Indonesia
NO |
WAKTU |
NAMA |
KEJADIAN/ PERILAKU |
BUTIR SIKAP |
POS/ NEG |
TINDAK LANJUT |
1 |
||||||
2 |
||||||
3 |
||||||
4 |
||||||
5 |
||||||
2 |
||||||
7 |
||||||
8 |
||||||
9 |
||||||
10 |
||||||
11 |
INSTRUMEN PENUGASAN 1
Satuan
Pendidikan |
: |
||
Mata
Pelajaran |
: |
Bahasa
Indonesia |
|
Kelas |
: |
XI |
|
Kompetensi
dasar |
: |
3.2 |
Menganalisis
struktur dan kebahasaan teks prosedur |
Indikator |
: |
3.2.1 |
Mengindentifikasi struktur teks prosedur |
3.2.2 |
Menelaah kebahasaan teks prosedur. |
||
Materi |
: |
Teks Prosedur |
Contoh Tugas:
1. Bacalah
contoh teks prosedur! Secara berkelompok, tentukanlah bagian-bagian dari
struktur teks tersebut. Kemudian, simpulkan pula struktur teks tersebut berdasarkan
kelengkapannya!
Bagian-bagian
Teks |
Petunjuk
Isi |
a. Pernyataan
umum/tujuan |
|
b. Tahapan-tahapan |
|
c. Penegasan
ulang |
|
Simpulan |
|
2. Presentasikanlah
pendapat-pendapat kelompokmu tentang struktur itu. Kemudian, mintalah teman-teman
dari kelompok lain untuk memberikan penilaian atau tanggapan-tanggapannya
berdasarkan ketepatan, kelengkapan, dan kejelasan!
Nama
Penanggap |
Tanggapan |
||
Ketepatan |
Kelengkapan |
Kejelasan |
|
|
Tugas
Analisis Kebahasaan
1. Kerjakanlah
secara berkelompok. Untuk berlatih, tulislah masing-masing lima contoh kalimat
yang menggunakan kata kerja perintah, kata-kata teknis, konjungsi penambahan,
pernyataan persuasif, gambaran tentang benda dan alat yang dipakai. Kamu bisa
mengerjakan tugas ini pada buku kerjamu!
Kaidah
Kebahasaan |
Contoh
Penggunaan |
kata kerja perintah |
|
kata-kata teknis |
|
konjungsi penambahan |
|
pernyataan persuasif |
|
gambaran tentang benda dan alat
yang dipakai |
2. Perhatikan
kembali teks prosedur yang telah kamu baca. Secara berkelompok, lakukanlah
penelaahan terhadap kaidah kebahasaan yang terdapat di dalam teks tersebut.
Kemudian, laporkanlah hasil diskusi kelompokmu di depan kelas untuk mendapatkan
tanggapan dari kelompok lain!
Judul
Teks : ………………………….
Penulis :
………………………….
Sumber :
………………………….
Kaidah
Kebahasaan |
Kutipan
Teks |
INSTRUMEN PENUGASAN 2
Satuan
Pendidikan |
: |
||
Mata
Pelajaran |
: |
Bahasa
Indonesia – Wajib |
|
Kelas |
: |
XI |
|
Kompetensi
dasar |
: |
4.2 |
Mengembangkan teks prosedur dengan
memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan |
Indikator |
: |
4.2.1 |
Menentukan pola pengembangan dalam
menulis teks prosedur |
4.2.2 |
Menulis teks prosedur berdasarkan struktur dan kebahasaan |
||
Materi |
: |
Teks Prosedur |
Contoh Tugas:
1. Carilah
bagian paragraph dalam teks prosedur, cermati, lalu amatilah teks tersebut
dikembangkan dengan pola apa.
Cuplikan
Teks |
Topik |
Pola
Pengembangan |
2. Susunlah
kalimat-kalimat di bawah ini sehingga menjadi teks-teks yang utuh dan padu!
No |
Kalimat-kalimat |
Urutan
yang Benar |
1 |
(1) Kupas
bawang bombai dan iris tipis-tipis! (2) Haluskan
semua bumbu! (3) Campurkan
semua bahan dengan bumbu yang sudah dihaluskan! . (4) Masukkan
bahan tersebut ke dalam cetakan! (5) Hidangan
siap disajikan. (6) Panaskan
dalam oven dengan temperatur 80°C selama 20 menit! (7) Siapkan
peralatan dan bahan-bahan yang diperlukan! |
|
2 |
1. Jadilah
Nasi goreng special siap di hidangkan.. 2. Aduk aduk
agar telur tercampurata 3. Setelah baunya harum, masukkan daging ayam yang
sudah dipotong potong,udang yang sudah di cuci bersih, smoke beef,dan telur
yang sudah dikocok 4. Lalu
masukkan bawang bombay, bawang putih , bawang merah yang sudah dicincang 5. Kemudian
masukkan kacang polong, jamur kancing, cabai merah yang sudah diiris 6. Aduk aduk
semua bahan sehingga bercampur rata, tunggu hingga matang 7. Campuri
dengan sambal terasi secukupnya, kecap manis secukupnya, saus tiram
secukupnya, Saus sambal,
merica bubuk, garam dan kaldu bubuk. 8.
Selanjutnya masukkan nasi putih 5 porsi kedalam wajan 9. Panaskan
mentega kedalam wajan, tunggu hingga mentega meleleh. |
Tugas Individu
Lakukanlah kegiatan berikut!
1. Daftarlah
topik yang berkaitan dengan kegiatan belajar di sekolahmu!
2. Susunlah
topik-topik secara runtut ke dalam struktur prosedur!
3. Kembangkanlah
kerangka itu menjadi sebuah karangan prosedur dengan memperhatikan
kaidah-kaidah kebahasaan yang benar!
RUBRIK PENILAIAN
PENUGASAN
Nama Peserta didik/kelompok :
…………………………………………………
Kelas :
…………………………………………………
Tanggal
Pengumpulan :
...............................................................
No |
Kategori |
Skor |
Alasan |
1. |
1. Apakah teks prosedur yang
ditulis lengkap ? |
||
2. |
3. Apakah terdapat uraian tentangstruktur prosedur? |
||
3. |
Apakah bahasa yang digunakan untuk menginterpretasikan
lugas, sederhana, runtut dan sesuaidengan kaidah EYD? |
||
Jumlah |
Kriteria:
5 = sangat baik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang, dan 1 = sangat kurang
INSTRUMEN TES TERTULIS
Satuan
Pendidikan |
: |
SMA NEGERI 2
BOYOLALI |
|
Mata
Pelajaran |
: |
Bahasa
Indonesia – Wajib |
|
Kelas |
: |
XI |
|
Kompetensi
dasar |
: |
3.2 |
Menganalisis
struktur dan kebahasaan teks prosedur |
Indikator |
: |
3.2.1 |
Mengindentifikasi struktur teks
prosedur |
3.2.2 |
Menelaah kebahasaan teks ekplanasi |
Tes Tertulis
Disediakan teks prosedur
1. Identifikasilah struktur dan aspek kebahasaan dalam teks prosedur
2. Kemukakan hasil identifikasimu terhadap struktur dan aspek kebahasaan teks prosedur
tersebut
Tertulis (soal HOTS)
a. Identifikasilah teks prosedur dengan
memperhatikan struktur dan aspek kebahasaan dalam teks prosedur!
b. Buatlah rancangan teks prosedur dengan memuat struktur dan
aspek kebahasaannya!
c. Presentasikanlah hasil kerjamu dihadapan teman-temanmu.
RUBRIK PENILAIAN
Soal |
Aspek yang
Dinilai |
Skor |
1 |
Peserta didik
mengidentifikasi struktur dan
aspek kebahasaan teks prosedur dengan sangat tepat |
4 |
a. Peserta
didik mengidentifikasi struktur dan
aspek kebahasaan teks prosedur dengan tepat |
3 |
|
b. Peserta
didik mengidentifikasi struktur dan
aspek kebahasaan teks prosedur dengan kurang tepat |
2 |
|
c. Peserta
didik mengidentifikasi struktur dan
aspek kebahasaan teks prosedur dengan tidak tepat |
1 |
|
Soal |
Aspek yang Dinilai |
Skor |
3 |
Peserta didik mengemukakan komentar dengan sangat tepat |
4 |
d. Peserta didik mengemukakan komentar dengan tepat |
3 |
|
e. Peserta didik mengemukakan komentar dengan kurang tepat |
2 |
|
f. Peserta didik mengemukakan komentar dengan tidak tepat |
1 |
INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN
Satuan Pendidikan |
: |
SMA NEGERI 2
BOYOLALI |
||
Mata
Pelajaran |
: |
Bahasa
Indonesia – Wajib |
||
Kelas |
: |
XI |
||
Materi |
: |
Menganalisis
dan memerankan dialog prosedur |
||
Kompetensi
dasar |
: |
4.2 |
Mengembangkan teks prosedur dengan
memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan |
|
Indikator |
: |
4.2.1 |
Menentukan pola pengembangan dalam
menulis teks prosedur |
|
4.2.2 |
Menulis teks prosedur berdasarkan struktur dan kebahasaan |
1. Lembar Soal Keterampilan
Mari berlatih menyusun teks
prosedur! Langkah-langkah penyusunan teks prosedur sebagai berikut.
a. Menginventarisasi
macam-macam kegiatan yang pernah atau dapat dilakukan.
b. Menentukan
tema kegiatan
c. Membuat
kerangka dalam bentuk topik-topik kegiatan secara garis besar.
d. Mensistematisasikan
kerangka dengan benar dan mudah dipahami pembaca.
e. Mengumpulkan
bahan-bahan.
f. Mengembangkan
kerangka menjadi sebuah petunjuk yang jelas dan lengkap.
Buatlah sebuah teks prosedur dengan baik dan benar!
Rubrik Penilaian
Aspek yang Dinilai |
Skor |
Peserta didik membuat teks prosedur dengan sangat baik |
4 |
g. Peserta
didik membuat teks prosedur dengan baik |
3 |
h. Peserta
didik membuat teks prosedur kurang baik |
2 |
i. Peserta
didik membuat teks prosedur tidak baik |
1 |
INSTRUMEN PENILAIAN PORTO FOLIO
Satuan
Pendidikan |
: |
|
||
Mata
Pelajaran |
: |
Bahasa
Indonesia – Wajib |
|
|
Kelas |
: |
XI |
|
|
Materi |
: |
Menganalisis
Teks prosedur |
|
|
Kompetensi
dasar |
: |
3.2 |
Menganalisis
struktur dan kebahasaan teks prosedur |
|
4.2 |
Mengembangkan
teks prosedur dengan memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan
kebahasaan |
|||
Indikator |
: |
3.2.1 |
Mengungkapkan kembali struktur teks
prosedur |
|
3.2.2 |
Mengungkapkan kembali aspek kebahasaan teks prosedur |
|||
4.2.1 |
Menyusun rancangan garis besar suatu prosedur |
|||
4.2.2 |
Mengembangkan teks prosedur dengan memperhatikan
struktur dan unsur kebahasaan |
Tugas I
1. Simpan setiap
tugas yang diberikan ke dalam map individu peserta didik
(warna map sesuai dengan kelas masing-masing/tiap kelas beda warna map
2. Buat rangkuman
dari setiap tugas yang telah diberikan dan rangkuman dibuat pada kertas folio
bergaris.
3. Batas waktu
pengumpulan tugas adalah di pertemuan terakhir
PEDOMAN PENSKORAN:
KRITERIA YANG DINILAI |
SKOR MAKSIMAL |
Peserta didik menyimpan
semua tugas yang telah dikerjakan dengan lengkap, dan tugas dikerjakan dengan
benar, serta dikumpulkan tepat waktu |
4 |
Peserta didik
menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, dan sebagian besar benar tapi
kurang lengkap, serta dikumpulkan tepat waktu |
3 |
Peserta didik
menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun sebagian besar salah,
kurang lengkap, dan tidak dikumpulkan tepat waktu |
2 |
Peserta didik
menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun tugas yang dikerjakan
salah, dan kurang lengkap, serta tidak dikumpulkan tepat waktu |
1 |
Peserta
didik tidak menyimpan satu pun tugas-tugas yang diberikan karena tidak
pernah mengumpulkan tugas |
0 |
LEMBAR PENILAIAN PORTOFOLIO
Jenis
Tugas :
Kelas : XI
Semester/ Tahun Pelajaran : 1/ 2018 - 2019
No |
Nama Peserta didik |
Tugas KD |
Nilai |
Tanda Tangan |
Ket. (Tgl Pengumpulan) |
|
Peserta Didik |
Guru |
|||||
KISI-KISI SOAL HOTS
Tahun Pelajaran 2018/2019
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Program : XI
Semester : 1 (dua)
Kurikulum : 2013
No |
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok |
Kelas/ Semester |
Indikator Soal |
Level Kognitif |
Bentuk Soal |
Nomor Soal |
1 |
3.2
Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur |
Mengindentifikasi struktur teks
prosedur |
XI/1 |
Disajikan teks prosedur, peserta didik dapatmengindentifikasi struktur teks prosedur |
C4 |
Uraian |
1 |
2 |
Menelaah kebahasaan teks ekplanasi |
XI/1 |
Disajikan teks prosedur, peserta didik dapatmenelaah kebahasaan teks ekplanasi |
C5 |
uraian |
2 |
|
3 |
4.2Mengembangkan teks prosedur dengan memerhatikan hasil
analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan |
Menentukan pola pengembangan dalam
menulis teks prosedur |
XI/1 |
Disajikan teks prosedurpeserta
didik dapat menentukan pola pengembangan dalam menulis teks prosedur |
C2 |
Uraian |
3 |
4 |
Menulis teks prosedur berdasarkan
struktur dan kebahasaan |
XI/1 |
Disajikan teks prosedurpeserta
didik dapat menulis teks prosedur berdasarkan struktur dan kebahasaan |
C5 |
Uraian |
4 |
|
5 |
Mengomentari teksprosedur |
XI/1 |
Disajikan penampilan siswa membaca teksprosedur, peserta didikdapat memberikan solusi terhadap pertanyaan teks
prosedur dengan benar |
C2 |
Uraian |
5 |
KARTU SOAL HOTS
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI / 1 (satu)
Kurikulum : 2013
Kompetensi
Dasar |
: |
Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks
prosedur |
Materi |
: |
Teks prosedur |
Indikator
Soal Nomor 1 |
: |
Disajikan teks prosedur, peserta didik dapat mengindentifikasi struktur teks prosedur dengan benar |
Indikator
Soal Nomor 2 |
: |
Disajikan teks prosedur, peserta didik dapat menelaah kebahasaan teks ekplanasi dengan benar |
Indikator
Soal Nomor 3 |
: |
Disajikan teks prosedur peserta
didik dapat menentukan pola pengembangan dalam menulis teks prosedur dengan
benar |
Indikator
Soal Nomor 4 |
: |
Disajikan teks prosedur peserta
didik dapat menulis teks prosedur berdasarkan struktur dan kebahasaan dengan
benar |
Indikator
Soal Nomor 5 |
: |
Disajikan penampilan siswa membaca teks prosedur, peserta didikdapat memberikan solusi terhadap pertanyaan teks
prosedur dengan benar |
Mengetahui, Kepala
SMA Negeri I Peukan Pidie Mukhtar,
S. Pd NIP. 19611005
1998 01 1 001 |
Peukan Pidie, 20.. Guru
Mata Pelajaran Aan
Zuliana, S. Pd NIP. 19850122
200604 2 002 |
0 Response to "RPP K13 Bahasa Indonesia Teks Prosedur 2 Kelas XI SMA Revisi"
Posting Komentar