RPP K13 Bahasa Indonesia Teks Eksplanasi 2 Kelas XI SMA Revisi

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Mata pelajaran    : Bahasa Indonesia

Sekolah                 : SMA Negeri I Peukan Pidie

Kelas/ Semester   : XI IPA-IPS/Ganjil

Materi pokok       : Teks Eksplanasi

Alokasi waktu      :  6 X 45 menit (3 kali pertemuan)

 

 

 

A. Kompetensi Inti

 

1

2

 

 

3

 

 4

Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi, damai), santun, responsive, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian spesifik dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

B.  Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

Kompetensi Dasar (KD)

 Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

3.4

Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi

3.4.1

3.4.2

Mengindentifikasi struktur teks eksplanasi

Menelaah kebahasaan teks ekplanasi

4.4

Memproduksi teks eksplanasi secara lisan ataustulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan

4.4.1

 

4.4.2

Menentukan pola pengembangan dalam menulis teks eksplanasi Menyajikan hasil teks eksplanasi.

Menulis teks eksplanasi berdasarkan struktur dan kebahasaan

 

C.    Tujuan pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model saintifik peserta didik dapat mengindentifikasi struktur teks eksplanasi, menelaah kebahasaan teks ekplanasi, menentukan pola pengembangan dalam menulis teks eksplanasi, dan menulis teks eksplanasi berdasarkan struktur dan kebahasaan dengan rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif selama proses pembelajaran..

D.    Materi

Skematik Eksplanasi

      General Statement

      Sequence of explanations

      Closing

E.     Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran

1.      Pendekatan                : Saintifik

2.      Model Pembelajaran : Active Learning

3.      Metode                      : diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan

G.    Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar

1.      Media/Alat    : Lembar Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD

2.      Sumber Belajar :

Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya

 

F.     Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1 (2 ×45 menit)

Tahap

Langkah-langkah Pembelajaran

Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS

Alokasi Waktu

Pendahuluan

1.      Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tu­han dan saling mendoakan.

2.      Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya(tanya jawab).

3.      Peserta didik menyimak  kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari

4.      Peserta didik mendiskusikan informasi denganproaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.

5.      Peserta didik menerima informasi tentang hal-halyang akan dipela­jari, metode dan media, langkahpembelajaran dan penilaian pembelajaran

Religius

 

 

 

Rasa ingin tahu

10 menit

Inti

Mengamati

1.      Peserta didik mengamati contoh teks eksplanasi yang dibawa.

2.      Peserta didik mengidentifikasi struktur dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi.

Menanya

3.      Peserta didik bertanya jawab tentang struktur dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi.

4.      Peserta didik memberi komentar terhadap struktur dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi.

Menalar

1.      Peserta didik duduk secara berkelompok (heterogen, 3-4 orang).

2.      Peserta didik secara berdiskusi mengidentifikasi struktur dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi.

Mencoba

1.      Peserta didik mencoba menentukan dan menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi.

5.      Peserta didik mencoba menuliskan struktur dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi.

Mengomunikasikan/menyajikan

1.      Peserta didik secara berkelompok mempresentasikan hasil kerjanya.

2.      Peserta didik yang lain memberikan komentar dan masukan atas penampilan temannya.

 

Literasi

 

 

 

 

 

Rasa ingin tahu

 

 

 

 

 

Kerja sama (Collaborative)

 

 

 

 

Berpikir kritis (Critical thinking)

 

Kreativitas (Creativity)

 

Komunikatif (Communicative)

70 menit

Penutup

Kegiatan guru bersama peserta didik

1.      Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.

2.      Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.

3.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan

Kegiatan guru

1.      Melakukan penilaian.

2.      Memberikan tugas kepada peserta didik untuk banyak membaca teks eksplanasi lainnya.

3.      Menyampaikan rencana pembelajaranyang akan dilakukan selanjutnya.

4.      Menutup kegiatan belajar mengajar.

 

Kreativitas (Creativity)

 

 

 

 

HOTS

10 menit

 

Pertemuan 2 (4 ×45 menit)

Tahap

Langkah-langkah Pembelajaran

Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS

Alokasi Waktu

Pendahuluan

1.      Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tu­han dan saling mendoakan.

2.      Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya(tanya jawab).

3.      Peserta didik menyimak  kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari

4.      Peserta didik mendiskusikan informasi denganproaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.

5.      Peserta didik menerima informasi tentang hal-halyang akan dipela­jari, metode dan media, langkahpembelajaran dan penilaian pembelajaran

Religius

 

 

 

Rasa ingin tahu

15 menit

Inti

Mengamati

1.      Peserta didik mengamati berbagai jenis teks eksplanasi

2.      Peserta didik mengidentifikasi pola pengembangan dalam berbagai jenis teks yang disajikan.

Menanya

1.      Peserta didik bertanya jawab tentang jenis teks eksplanasi

2.      Peserta didik bertanya jawab dan berkomentar tentang pola pengembangan teks eksplanasi

Menalar

1.      Peserta didik menentukan tema teks eksplanasi yang akan ditulisnya

2.      Peserta didik menentukan satu pola pengembangan teks eksplanasi dari berbagai teks yang sudah diidentifikasi

3.      Peserta didik merancang langkah-langkah teks eksplanasi dengan mempertimbangkan struktur dan kaidah kebahasaan.

Mencoba

1.      Peserta didik mencoba menuliskan teks eksplanasi secara utuh dengan mempertimbangkan struktur dan kaidah kebahasaan.

Mengomunikasikan/menyajikan

1.      Peserta didik mempresentasikan hasil karyanya

2.      Peserta didik yang lain mengomentari dan memberi masukan.

 

Literasi

 

 

 

 

 

Rasa ingin tahu

 

 

 

 

 

Kerja sama (Collaborative)

 

 

 

 

 

 

 

Berpikir kritis (Critical thinking)

Kreativitas (Creativity)

 

Komunikatif (Communicative)

150 menit

Kegiatan Penutup

Kegiatan guru bersama peserta didik

1.      Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.

2.      Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.

3.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan

Kegiatan guru

1.      Melakukan penilaian.

2.      Memberikan tugas kepada peserta didik untuk Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.

3.      Menutup kegiatan belajar mengajar.

 

Kreativitas (Creativity)

 

 

 

 

HOTS

15 menit

 

H.    Penilaian

1.       Teknik Penilaian:

a.          Penilaian Sikap                :Observasi/pengamatan

b.         Penilaian Pengetahuan     : Tes Tertulis

c.          Penilaian Keterampilan    : Unjuk Kerja/ Praktik/ Portofolio

2.       Bentuk Penilaian:       

a.       Observasi             :lembar pengamatan aktivitas peserta didik

b.      Tes tertulis           :uraian dan lembar kerja

c.       Unjuk kerja          :lembar penilaian presentasi

d.      Portofolio             :pedoman penilaian portofolio

3.       Remedial

a.       Pembelajaran remedial dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas

b.      Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.

c.       Tes remedial, dilakukan sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali tes remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes tertulis kembali.

4.      Pengayaan

Bagi Peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:

a.       Siswa yang mencapai nilai  diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan

b.      Siswa yang mencapai nilai  diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.

 

 

 

LAMPIRAN: MATERI TEKS EKSPLANASI

Teks eksplanasi memiliki struktur baku sebagaimana halnya jenis teks lainnya. Sesuai dengan karakteristik umum dari isinya, teks eksplanasi dibentuk oleh bagian-bagian berikut.

1.      Identifikasi fenomena

Mengidentifikasi sesuatu yang akan diterangkan. Hal itu bisa terkait dengan fenomena alam, sosial, budaya, dan fenomena-fenomena lainnya.

2.      Penggambaran rangkaian kejadian

Memerinci proses kejadian yang relevan dengan fenomena yang diterangkan sebagai pertanyaan atas bagaimana atau mengapa.

a.       Rincian yang berpola atas pertanyaan ‘bagaimana’ akan melahirkan uraian yang tersusun  secara kronologis ataupun gradual. Dalam hal ini fase-fase kejadiannya disusun berdasarkan urutan waktu.

b.      Rincian yang berpola atas pertanyaan ‘mengapa’ akan melahirkan uraian yang tersusun secara kausalitas. Dalam hal ini fase-fase kejadiannya disusun berdasarkan hubungan sebab akibat.

3.      Ulasan (review), berupa komentar atau penilaian tentang konsekuensi atas kejadian yang dipaparkan sebelumnya.

Skematik Eksplanasi

1.          General Statement, Berisi satu statemen umum tentang suatu topik, yang akan dijelaskan proses keberadaannya keberadaannya, proses terjadinya terjadinya, proses terbentuknya, dsb. Harus bersifat ringkas, menarik, dan jelas, yang mampu membangkitkan minat pembaca untuk membaca detailnya.

2.          Sequence of explanations, Berisikan tentang detail penjelasan proses keberadaan, proses terjadinya. Sangat relatif untuk menjawab pertanyaan how, yang jawabannya berupa statemen atau declarative sentence. Penggunaan sequence markers sangat dimungkinkan mengingat proses perlu dijelaskan bertahap, pertama, kedua, ketiga, dsb. atau pertama, berikutnya, terakhir.

3.          Closing, Berisikan kesimpulan atau statemen tentang topik/proses yang dijelaskan.

Menulis teks eksplana si merupakan sebuah komponen yang dibelajarakan dalam suatu kegiatan belajara mengajar. Kegiatan menulis teks ini merupakan kegiatan dari hasil pengamatan siswa mengenai teks tersebut. Hasil akhir dari sebuah pembelajaran adalah menulis hasil observasi siswa mengenai teks  ini, baik isi, struktur, maupun kebahasaan yang terdapat dalam teks eksplanasi.

          Berdasarkan kaidah kebahasaan secara umum, teks eksplanasi sama dengan kaidah pada teks prosedur. Sebagai teks yang berkategori factual (nonsastra), teks eksplanasi menggunakan banyak kata yang bermakna denotatif.

          Sebagai teks yang berisi paparan proses, baik itu secara kausalitas maupun kronologis, teks tersebut menggunakan banyak konjungsi kausalitas ataupun kronologis.

a.       Konjungsi kausalitas, antara lain, sebab, karena, oleh sebab itu, oleh karena itu, sehingga.

b.      Konjungsi kronologis (hubungan waktu), seperti kemudian, lalu, setelah itu, pada akhirnya.

Teks eksplanasi yang berpola kronologis juga menggunakan banyak keterangan waktu pada kalimat-kalimatnya.

 

 

 

INTRUMEN PENILAIAN SIKAP

 

Nama Satuan pendidikan        :

Tahun pelajaran                       :

Kelas/Semester                        : XI / 1

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

 

NO

WAKTU

NAMA

KEJADIAN/

PERILAKU

BUTIR SIKAP

POS/

NEG

TINDAK LANJUT

1

2

3

4

5

2

7

8

9

10

11

 

 

INSTRUMEN PENUGASAN 1

 

Satuan Pendidikan

:

SMA NEGERI 2 BOYOLALI

Mata Pelajaran

:

Bahasa Indonesia - Wajib

Kelas

:

XI

Kompetensi dasar

:

3.4 

Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi

Indikator

:

3.4.1  

Mengindentifikasi struktur teks eksplanasi

3.4.2  

Menelaah kebahasaan teks ekplanasi

Materi

:

Teks Eksplanasi

 

Contoh Tugas:

1.      Bacalah contoh teks eksplanasi! Secara berkelompok, tentukanlah bagian-bagian dari struktur teks tersebut. Kemudian, simpulkan pula struktur teks tersebut berdasarkan kelengkapannya!

 

Bagian-bagian Teks

 

a.       Identifikasi fenomena

 

b.      Proses kejadian

 

c.       Ulasan

 

Simpulan

 

 

 

2.      Presentasikanlah pendapat-pendapat kelompokmu tentang struktur itu. Kemudian, mintalah teman-teman dari kelompok lain untuk memberikan penilaian atau tanggapan-tanggapannya berdasarkan ketepatan, kelengkapan, dan kejelasan!

Nama Penanggap

Tanggapan

Ketepatan

Kelengkapan

Kejelasan

 

 

Tugas Analisis Kebahasaan

1.      Kerjakanlah secara berkelompok. Untuk berlatih, tulislah masing-masing lima contoh kalimat yang menggunakan konjungsi kausalitas, kronologi, dan yang berketerangan waktu. Kamu bisa mengerjakan tugas ini pada buku kerjamu!

Kaidah Kebahasaan

Contoh Penggunaan

Konjungsi Kausalitas

Konjungsi Kronologis

Keterangan Waktu

 

2.      Perhatikan kembali teks eksplanasi yang telah kamu baca. Secara berkelompok, lakukanlah penelaahan terhadap kaidah kebahasaan yang terdapat di dalam teks tersebut. Kemudian, laporkanlah hasil diskusi kelompokmu di depan kelasuntuk mendapatkan tanggapan dari kelompok lain!

Judul Teks : ………………………….

Penulis      : ………………………….

Sumber     : ………………………….

Kaidah Kebahasaan

Kutipan Teks

 

 

INSTRUMEN PENUGASAN 2

 

Satuan Pendidikan

:

Mata Pelajaran

:

Bahasa Indonesia

Kelas

:

XI

Kompetensi dasar

:

4.4

Memproduksi teks eksplanasi secara lisan ataustulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan

Indikator

:

4.4.1  

Menentukan pola pengembangan dalam menulis teks eksplanasi

4.4.2  

Menulis teks eksplanasi berdasarkan struktur dan kebahasaan

Materi

:

Teks Eksplanasi

 

Contoh Tugas:

1.      Carilah bagian paragraph dalam teks eksplanasi, cermati, lalu amatilah teks tersebut dikembangkan dengan pola apa.

Cuplikan Teks

Topik

Pola Pengembangan

2.      Susunlah kalimat-kalimat di bawah ini sehingga menjadi teks-teks yang utuh dan padu!

No

Kalimat-kalimat

Urutan yang Benar

1

a.       Kayu ramin diimpor oleh pedagang-pedagang Singapura dari Kalimantan Barat.

b.      Di sana diolah menjadi perabot rumah tangga.

c.       Tentu saja harga sudah 7 atau 8 kali lipat harga di Kalimantan Barat

d.      Kemudian dikirim ke Jakarta, dan terkenal sebagai kayu jati Singapura.

2

a.       Bahkan, kalau goyangan atau goncangannya besar, bumi seakan-akan mau runtuh.

b.      Ketika itu, seolah-olah bumi ini bergerak-gerak , bukan?

c.       Gempa bumi sering diartikan sebagai getaran atau goncangan yang terjadi pada permukaan bumi.

d.      Ketika terjadi gempa bumi, memang kita akan merasakan bumi yang kita diami ini bergerak atau bergoyang-goyang.

Tugas Individu

Lakukanlah kegiatan berikut!

1.      Daftarlah topik yang berkaitan dengan kegiatan belajar di sekolahmu!

2.      Susunlah topic-topik secara runtut ke dalam struktur eksplanasi: identifikasi fenomena, proses kejadian, dan ulasan!

3.      Kembangkanlah kerangka itu menjadi sebuah karangan eksplanasi dengan memperhatikan kaidah-kaidah kebahasaan yang benar!

 

 

 

RUBRIK PENILAIAN PENUGASAN

 

Nama Peserta didik/kelompok         : …………………………………………………

Kelas                                                   : …………………………………………………

Tanggal Pengumpulan                     : ...............................................................

No

Kategori

Skor

Alasan

1.

1. Apakah teks eksplanasi yang ditulis lengkap ?

2.

3. Apakah terdapat uraian tentangstruktur eksplanasi?

3.

Apakah bahasa yang digunakan untuk menginterpretasikan lugas, sederhana, runtut dan sesuaidengan kaidah EYD?

Jumlah

 

Kriteria:

5 = sangat baik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang, dan 1 = sangat kurang

 

 

 

INSTRUMEN TES TERTULIS

 

Satuan Pendidikan

:

SMA NEGERI 2 BOYOLALI

Mata Pelajaran

:

Bahasa Indonesia – Wajib

Kelas

:

XI

Kompetensi dasar

:

3.4 

Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi

Indikator

:

3.4.1  

Mengindentifikasi struktur teks eksplanasi

3.4.2  

Menelaah kebahasaan teks ekplanasi

Tes Tertulis

Disediakan teks eksplanasi

1.      Identifikasilah struktur dan aspek kebahasaan dalam teks eksplanasi

2.      Kemukakan hasil identifikasimu terhadap struktur dan aspek kebahasaan teks eksplanasi tersebut

Tertulis (soal HOTS)

a.       Identifikasilah teks eksplanasi dengan memperhatikan struktur dan aspek kebahasaan dalam teks eksplanasi!

b.      Buatlah rancangan teks eksplanasi dengan memuat struktur dan aspek kebahasaannya!

c.       Presentasikanlah hasil kerjamu dihadapan teman-temanmu. 

 

RUBRIK PENILAIAN

Soal

Aspek yang Dinilai

Skor

1

Peserta didik mengidentifikasi struktur dan aspek kebahasaan teks eksplanasi dengan sangat tepat

4

a.                      Peserta didik mengidentifikasi struktur dan aspek kebahasaan teks eksplanasi dengan tepat

3

b.                      Peserta didik mengidentifikasi struktur dan aspek kebahasaan teks eksplanasi dengan kurang tepat

2

c.                      Peserta didik mengidentifikasi struktur dan aspek kebahasaan teks eksplanasi dengan tidak tepat

1

Soal

Aspek yang Dinilai

Skor

3

Peserta didik mengemukakan komentar dengan sangat tepat

4

d.                     Peserta didik mengemukakan komentar dengan tepat

3

e.                      Peserta didik mengemukakan komentar dengan kurang tepat

2

f.                       Peserta didik mengemukakan komentar dengan tidak tepat

1

 

 

 

INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN

 

Satuan Pendidikan

:

 

Mata Pelajaran

:

Bahasa Indonesia

 

Kelas

:

XI

 

Materi

:

Menganalisis dan memerankan dialog eksplanasi

 

Kompetensi dasar

:

4.4 

Memproduksi teks eksplanasi secara lisan ataustulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan

Indikator

:

4.4.1  

Menentukan pola pengembangan dalam menulis teks eksplanasi

4.4.2  

Menulis teks eksplanasi berdasarkan struktur dan kebahasaan

1.      Lembar Soal Keterampilan

Mari berlatih menyusun teks eksplanasi! Langkah-langkah penyusunan teks eksplanasi sebagai berikut.

a.       Menginventarisasi macam-macam kegiatan yang pernah atau dapat dilakukan.

b.      Menentukan tema kegiatan

c.       Membuat kerangka dalam bentuk topik-topik kegiatan secara garis besar.

d.      Mensistematisasikan kerangka dengan benar dan mudah dipahami pembaca.

e.       Mengumpulkan bahan-bahan.

f.       Mengembangkan kerangka menjadi sebuah petunjuk yang jelas dan lengkap.

Buatlah sebuah teks eksplanasi dengan baik dan benar!

Rubrik Penilaian

Aspek yang Dinilai

Skor

Peserta didik membuat teks eksplanasi dengan sangat baik

4

g.                      Peserta didik membuat teks eksplanasi dengan  baik

3

h.                      Peserta didik membuat teks eksplanasi kurang baik

2

i.                        Peserta didik membuat teks eksplanasi tidak baik

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

INSTRUMEN PENILAIAN PORTO FOLIO

 

Satuan Pendidikan

:

 

Mata Pelajaran

:

Bahasa Indonesia – Wajib

 

Kelas

:

XI

 

Materi

:

Menganalisis Teks eksplanasi

 

Kompetensi dasar

:

3.4 

Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi

4.4

Memproduksi teks eksplanasi secara lisan ataustulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan

Indikator

:

3.4.1  

Mengindentifikasi struktur teks eksplanasi

3.4.2  

Menelaah kebahasaan teks ekplanasi

4.4.1

Menyusun rancangan garis besar suatu eksplanasi

4.4. 2

Mengembangkan teks eksplanasi dengan memperhatikan struktur dan unsur kebahasaan

Tugas I

1.             Simpan setiap tugas yang diberikan ke dalam map individu peserta didik (warna map sesuai dengan kelas masing-masing/tiap kelas beda warna map

2.             Buat rangkuman dari setiap tugas yang telah diberikan dan rangkuman dibuat pada kertas folio bergaris.

3.             Batas waktu pengumpulan tugas adalah di pertemuan terakhir

PEDOMAN PENSKORAN:

KRITERIA YANG DINILAI

SKOR MAKSIMAL

Peserta didik menyimpan semua tugas yang telah dikerjakan dengan lengkap, dan tugas dikerjakan dengan benar, serta dikumpulkan tepat waktu

4

Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, dan sebagian besar benar tapi kurang lengkap, serta dikumpulkan tepat waktu

3

Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun sebagian besar salah, kurang lengkap, dan tidak dikumpulkan tepat waktu

2

Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun tugas yang dikerjakan salah, dan kurang lengkap, serta tidak dikumpulkan tepat waktu

1

Peserta didik tidak menyimpan satu pun tugas-tugas yang diberikan karena tidak pernah mengumpulkan tugas

0


 

LEMBAR PENILAIAN PORTOFOLIO

 

Jenis Tugas                            :

Kelas                                       : XI

Semester/ Tahun Pelajaran  : 1/ 2018 - 2019

 

No

Nama Peserta didik

Tugas KD

Nilai

Tanda Tangan

Ket.

(Tgl Pengumpulan)

Peserta Didik

Guru

 

 

KISI-KISI SOAL HOTS

Tahun Pelajaran .............

 

Mata Pelajaran :  Bahasa Indonesia

Kelas/Program             :  XI

Semester                      :  1 (dua)

Kurikulum                   :  2013

 

No

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Kls/

Smstr

Indikator Soal

Level Kognitif

Bentuk Soal

No Soal

1

3.4 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi

Mengindentifikasi struktur teks eksplanasi

XI/1

Disajikan teks eksplanasi, peserta didik dapatmengindentifikasi struktur teks eksplanasi

C4

Uraian

1

2

Menelaah kebahasaan teks ekplanasi

XI/1

Disajikan teks eksplanasi, peserta didik dapatmenelaah kebahasaan teks ekplanasi

C5

uraian

2

3

4.4Memproduksi teks eksplanasi secara lisan ataustulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan

Menentukan pola pengembangan dalam menulis teks eksplanasi

XI/1

Disajikan teks eksplanasipeserta didik dapat menentukan pola pengembangan dalam menulis teks eksplanasi

C2

Uraian

3

4

Menulis teks eksplanasi berdasarkan struktur dan kebahasaan

XI/1

Disajikan teks eksplanasipeserta didik dapat menulis teks eksplanasi berdasarkan struktur dan kebahasaan

C5

Uraian

4

5

Mengomentari tekseksplanasi

XI/1

Disajikan penampilan siswa membaca tekseksplanasi, peserta didikdapat memberikan solusi terhadap pertanyaan teks eksplanasi dengan benar

C2

Uraian

5

 

KARTU  SOAL HOTS

Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester          : XI  / 1 (satu)

Kurikulum                 : 2013

 

Kompetensi Dasar

:

3.4 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi

4.4. Memproduksi teks eksplanasi secara lisan ataustulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan

Materi

:

Teks eksplanasi

Indikator Soal Nomor 1

:

Disajikan teks eksplanasi, peserta didik dapat mengindentifikasi struktur teks eksplanasi dengan benar

Indikator Soal Nomor 2

:

Disajikan teks eksplanasi, peserta didik dapat menelaah kebahasaan teks ekplanasi dengan benar

Indikator Soal Nomor 3

:

Disajikan teks eksplanasi peserta didik dapat menentukan pola pengembangan dalam menulis teks eksplanasi dengan benar

Indikator Soal Nomor 4

:

Disajikan teks eksplanasi peserta didik dapat menulis teks eksplanasi berdasarkan struktur dan kebahasaan dengan benar

Indikator Soal Nomor 5

:

Disajikan penampilan siswa membaca teks eksplanasi, peserta didikdapat memberikan solusi terhadap pertanyaan teks eksplanasi dengan benar

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SMA Negeri I Peukan Pidie                                                                                              

 

 

Mukhtar, S. Pd

NIP. 19611005  1998 01 1 001

Peukan Pidie,                    20..

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

Aan Zuliana, S.  Pd

NIP. 19850122  200604  2 002

 

0 Response to "RPP K13 Bahasa Indonesia Teks Eksplanasi 2 Kelas XI SMA Revisi"

Posting Komentar