RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata pelajaran : Bahasa
Indonesia
Sekolah : SMA Negeri I Peukan Pidie
Kelas/ Semester : XI IPA-IPS/Ganjil
Materi pokok : Teks Eksplanasi
Alokasi waktu : 6 X 45 menit (3
kali pertemuan)
A. Kompetensi Inti
1 2 3 |
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi,
damai), santun, responsive, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual,
konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian
spesifik dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan |
B. Kompetensi Dasar (KD)
dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD) |
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
3.4 |
Menganalisis struktur dan
kebahasaan teks eksplanasi |
3.4.1 3.4.2 |
Mengindentifikasi struktur teks
eksplanasi Menelaah kebahasaan teks ekplanasi |
4.4 |
Memproduksi teks eksplanasi secara
lisan ataustulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan |
4.4.1 4.4.2 |
Menentukan pola pengembangan dalam
menulis teks eksplanasi Menyajikan hasil teks eksplanasi. Menulis teks eksplanasi
berdasarkan struktur dan kebahasaan |
C. Tujuan
pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatann
pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model saintifik peserta didik dapat mengindentifikasi struktur teks eksplanasi, menelaah
kebahasaan teks ekplanasi, menentukan pola pengembangan dalam menulis teks
eksplanasi, dan menulis teks eksplanasi berdasarkan struktur dan
kebahasaan dengan rasa
ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif
selama proses pembelajaran..
D. Materi
Skematik Eksplanasi
General Statement
Sequence of explanations
Closing
E. Pendekatan,
Metode dan Model Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model Pembelajaran : Active Learning
3. Metode :
diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan
G. Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar
1. Media/Alat : Lembar
Kerja, Papan
Tulis/White Board, LCD
2. Sumber Belajar :
Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat
Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat
Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa
Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
F. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 ×45
menit)
Tahap |
Langkah-langkah Pembelajaran |
Nilai Karakter (PPK), Literasi,
4C, HOTS |
Alokasi
Waktu |
Pendahuluan |
1. Peserta
didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. 2. Peserta
didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran
sebelumnya(tanya jawab). 3. Peserta
didik menyimak kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari 4. Peserta
didik mendiskusikan informasi denganproaktif tentang
keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan. 5. Peserta didik menerima informasi tentang hal-halyang
akan dipelajari, metode dan media, langkahpembelajaran dan penilaian pembelajaran |
Religius Rasa ingin tahu |
10 menit |
Inti |
Mengamati 1. Peserta didik mengamati contoh teks eksplanasi yang
dibawa. 2. Peserta didik mengidentifikasi struktur dan kaidah
kebahasaan teks eksplanasi. Menanya 3. Peserta didik bertanya jawab tentang struktur dan kaidah
kebahasaan teks eksplanasi. 4. Peserta didik memberi komentar terhadap struktur dan
kaidah kebahasaan teks eksplanasi. Menalar 1. Peserta
didik duduk secara berkelompok (heterogen, 3-4 orang). 2. Peserta
didik secara berdiskusi mengidentifikasi struktur dan kaidah kebahasaan teks
eksplanasi. Mencoba 1. Peserta didik mencoba menentukan dan menganalisis struktur
dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi. 5. Peserta didik mencoba menuliskan struktur dan kaidah
kebahasaan teks eksplanasi. Mengomunikasikan/menyajikan 1. Peserta
didik secara berkelompok mempresentasikan hasil kerjanya. 2. Peserta didik yang lain memberikan komentar dan masukan atas penampilan temannya. |
Literasi Rasa ingin tahu Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical
thinking) Kreativitas (Creativity) Komunikatif (Communicative) |
70 menit |
Penutup |
Kegiatan guru
bersama peserta didik 1. Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran. 2. Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan. 3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran; dan Kegiatan guru 1. Melakukan penilaian. 2. Memberikan
tugas kepada peserta didik untuk banyak membaca teks eksplanasi lainnya. 3. Menyampaikan rencana pembelajaranyang akan dilakukan selanjutnya. 4. Menutup kegiatan belajar mengajar. |
Kreativitas (Creativity) HOTS |
10 menit |
Pertemuan 2 (4 ×45
menit)
Tahap |
Langkah-langkah Pembelajaran |
Nilai Karakter (PPK), Literasi,
4C, HOTS |
Alokasi
Waktu |
Pendahuluan |
1. Peserta
didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. 2. Peserta
didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran
sebelumnya(tanya jawab). 3. Peserta
didik menyimak kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari 4. Peserta
didik mendiskusikan informasi denganproaktif tentang
keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan. 5. Peserta didik menerima informasi tentang hal-halyang
akan dipelajari, metode dan media, langkahpembelajaran dan penilaian pembelajaran |
Religius Rasa ingin tahu |
15
menit |
Inti |
Mengamati 1. Peserta didik mengamati berbagai jenis teks eksplanasi 2. Peserta didik mengidentifikasi pola pengembangan dalam
berbagai jenis teks yang disajikan. Menanya 1. Peserta didik bertanya jawab tentang jenis teks eksplanasi 2. Peserta didik bertanya jawab dan berkomentar tentang pola
pengembangan teks eksplanasi Menalar 1. Peserta
didik menentukan tema teks eksplanasi yang akan ditulisnya 2. Peserta
didik menentukan satu pola pengembangan teks eksplanasi dari berbagai teks
yang sudah diidentifikasi 3. Peserta
didik merancang langkah-langkah teks eksplanasi dengan mempertimbangkan
struktur dan kaidah kebahasaan. Mencoba 1. Peserta
didik mencoba menuliskan teks eksplanasi secara utuh dengan mempertimbangkan
struktur dan kaidah kebahasaan. Mengomunikasikan/menyajikan 1. Peserta
didik mempresentasikan hasil karyanya 2. Peserta
didik yang lain mengomentari dan memberi masukan. |
Literasi Rasa ingin tahu Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical
thinking) Kreativitas (Creativity) Komunikatif (Communicative) |
150 menit |
Kegiatan Penutup |
Kegiatan guru
bersama peserta didik 1. Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran. 2. Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan. 3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran; dan Kegiatan guru 1. Melakukan penilaian. 2. Memberikan
tugas kepada peserta didik untuk Menyampaikan
rencana pembelajaran yang
akan dilakukan selanjutnya. 3. Menutup kegiatan belajar mengajar. |
Kreativitas (Creativity) HOTS |
15 menit |
H. Penilaian
1. Teknik
Penilaian:
a. Penilaian
Sikap :Observasi/pengamatan
b. Penilaian Pengetahuan :
Tes Tertulis
c. Penilaian
Keterampilan : Unjuk Kerja/ Praktik/ Portofolio
2. Bentuk
Penilaian:
a. Observasi :lembar pengamatan aktivitas peserta didik
b. Tes
tertulis :uraian
dan lembar kerja
c. Unjuk
kerja :lembar
penilaian presentasi
d. Portofolio :pedoman
penilaian portofolio
3. Remedial
a. Pembelajaran
remedial dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b. Tahapan
pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal),
atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
c. Tes
remedial, dilakukan sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali tes remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam
bentuk tugas tanpa tes tertulis kembali.
4. Pengayaan
Bagi Peserta
didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan
sebagai berikut:
a. Siswa yang mencapai nilai diberikan materi masih dalam cakupan KD
dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
b. Siswa yang mencapai nilai diberikan materi melebihi cakupan KD
dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
LAMPIRAN: MATERI TEKS EKSPLANASI
Teks eksplanasi memiliki struktur baku sebagaimana halnya jenis
teks lainnya. Sesuai dengan karakteristik umum dari isinya, teks eksplanasi
dibentuk oleh bagian-bagian berikut.
1. Identifikasi fenomena
Mengidentifikasi sesuatu yang akan diterangkan. Hal itu bisa
terkait dengan fenomena alam, sosial, budaya, dan fenomena-fenomena lainnya.
2. Penggambaran rangkaian
kejadian
Memerinci proses kejadian yang relevan dengan fenomena yang
diterangkan sebagai pertanyaan atas bagaimana atau mengapa.
a. Rincian yang berpola
atas pertanyaan ‘bagaimana’ akan melahirkan uraian yang
tersusun secara kronologis ataupun gradual. Dalam hal ini fase-fase
kejadiannya disusun berdasarkan urutan waktu.
b. Rincian yang berpola atas
pertanyaan ‘mengapa’ akan melahirkan uraian yang tersusun secara kausalitas.
Dalam hal ini fase-fase kejadiannya disusun berdasarkan hubungan sebab akibat.
3. Ulasan (review),
berupa komentar atau penilaian tentang konsekuensi atas kejadian yang
dipaparkan sebelumnya.
Skematik Eksplanasi
1.
General Statement, Berisi satu statemen umum tentang
suatu topik, yang akan dijelaskan proses keberadaannya keberadaannya, proses
terjadinya terjadinya, proses terbentuknya, dsb. Harus bersifat ringkas,
menarik, dan jelas, yang mampu membangkitkan minat pembaca untuk membaca
detailnya.
2.
Sequence of explanations, Berisikan tentang detail
penjelasan proses keberadaan, proses terjadinya. Sangat relatif untuk menjawab
pertanyaan how, yang jawabannya berupa statemen atau declarative sentence.
Penggunaan sequence markers sangat dimungkinkan mengingat proses perlu
dijelaskan bertahap, pertama, kedua, ketiga, dsb. atau pertama, berikutnya,
terakhir.
3.
Closing, Berisikan kesimpulan atau statemen tentang
topik/proses yang dijelaskan.
Menulis teks eksplana si merupakan
sebuah komponen yang dibelajarakan dalam suatu kegiatan belajara mengajar.
Kegiatan menulis teks ini merupakan kegiatan dari hasil pengamatan siswa
mengenai teks tersebut. Hasil akhir dari sebuah pembelajaran adalah menulis
hasil observasi siswa mengenai teks ini, baik isi, struktur, maupun
kebahasaan yang terdapat dalam teks eksplanasi.
Berdasarkan
kaidah kebahasaan secara umum, teks eksplanasi sama dengan kaidah pada teks
prosedur. Sebagai teks yang berkategori factual (nonsastra), teks eksplanasi
menggunakan banyak kata yang bermakna denotatif.
Sebagai
teks yang berisi paparan proses, baik itu secara kausalitas maupun kronologis,
teks tersebut menggunakan banyak konjungsi kausalitas ataupun kronologis.
a. Konjungsi
kausalitas, antara lain, sebab, karena, oleh sebab itu, oleh karena
itu, sehingga.
b. Konjungsi kronologis
(hubungan waktu), seperti kemudian, lalu, setelah itu, pada akhirnya.
Teks eksplanasi yang berpola kronologis juga menggunakan
banyak keterangan waktu pada kalimat-kalimatnya.
INTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Nama Satuan
pendidikan :
Tahun
pelajaran :
Kelas/Semester :
XI / 1
Mata
Pelajaran :
Bahasa Indonesia
NO |
WAKTU |
NAMA |
KEJADIAN/ PERILAKU |
BUTIR SIKAP |
POS/ NEG |
TINDAK
LANJUT |
1 |
||||||
2 |
||||||
3 |
||||||
4 |
||||||
5 |
||||||
2 |
||||||
7 |
||||||
8 |
||||||
9 |
||||||
10 |
||||||
11 |
INSTRUMEN PENUGASAN 1
Satuan
Pendidikan |
: |
SMA NEGERI 2
BOYOLALI |
|
Mata
Pelajaran |
: |
Bahasa
Indonesia - Wajib |
|
Kelas |
: |
XI |
|
Kompetensi
dasar |
: |
3.4 |
Menganalisis
struktur dan kebahasaan teks eksplanasi |
Indikator |
: |
3.4.1 |
Mengindentifikasi struktur teks
eksplanasi |
3.4.2 |
Menelaah kebahasaan teks ekplanasi |
||
Materi |
: |
Teks
Eksplanasi |
Contoh Tugas:
1. Bacalah
contoh teks eksplanasi! Secara berkelompok, tentukanlah bagian-bagian dari
struktur teks tersebut. Kemudian, simpulkan pula struktur teks tersebut
berdasarkan kelengkapannya!
Bagian-bagian
Teks |
|
a. Identifikasi
fenomena |
|
b. Proses
kejadian |
|
c. Ulasan |
|
Simpulan |
|
2. Presentasikanlah
pendapat-pendapat kelompokmu tentang struktur itu. Kemudian, mintalah
teman-teman dari kelompok lain untuk memberikan penilaian atau
tanggapan-tanggapannya berdasarkan ketepatan, kelengkapan, dan kejelasan!
Nama
Penanggap |
Tanggapan |
||
Ketepatan |
Kelengkapan |
Kejelasan |
|
|
Tugas
Analisis Kebahasaan
1. Kerjakanlah
secara berkelompok. Untuk berlatih, tulislah masing-masing lima contoh kalimat
yang menggunakan konjungsi kausalitas, kronologi, dan yang berketerangan waktu.
Kamu bisa mengerjakan tugas ini pada buku kerjamu!
Kaidah
Kebahasaan |
Contoh
Penggunaan |
Konjungsi Kausalitas |
|
Konjungsi Kronologis |
|
Keterangan Waktu |
2. Perhatikan
kembali teks eksplanasi yang telah kamu baca. Secara berkelompok, lakukanlah
penelaahan terhadap kaidah kebahasaan yang terdapat di dalam teks tersebut.
Kemudian, laporkanlah hasil diskusi kelompokmu di depan kelasuntuk mendapatkan
tanggapan dari kelompok lain!
Judul Teks
: ………………………….
Penulis :
………………………….
Sumber :
………………………….
Kaidah
Kebahasaan |
Kutipan
Teks |
INSTRUMEN PENUGASAN 2
Satuan
Pendidikan |
: |
||
Mata
Pelajaran |
: |
Bahasa
Indonesia |
|
Kelas |
: |
XI |
|
Kompetensi
dasar |
: |
4.4 |
Memproduksi teks eksplanasi secara
lisan ataustulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan |
Indikator |
: |
4.4.1 |
Menentukan pola pengembangan dalam
menulis teks eksplanasi |
4.4.2 |
Menulis teks eksplanasi berdasarkan struktur dan
kebahasaan |
||
Materi |
: |
Teks Eksplanasi |
Contoh Tugas:
1. Carilah
bagian paragraph dalam teks eksplanasi, cermati, lalu amatilah teks tersebut
dikembangkan dengan pola apa.
Cuplikan
Teks |
Topik |
Pola
Pengembangan |
2. Susunlah
kalimat-kalimat di bawah ini sehingga menjadi teks-teks yang utuh dan padu!
No |
Kalimat-kalimat |
Urutan
yang Benar |
1 |
a. Kayu
ramin diimpor oleh pedagang-pedagang Singapura dari Kalimantan Barat. b. Di
sana diolah menjadi perabot rumah tangga. c. Tentu
saja harga sudah 7 atau 8 kali lipat harga di Kalimantan Barat d. Kemudian
dikirim ke Jakarta, dan terkenal sebagai kayu jati Singapura. |
|
2 |
a. Bahkan,
kalau goyangan atau goncangannya besar, bumi seakan-akan mau runtuh. b. Ketika
itu, seolah-olah bumi ini bergerak-gerak , bukan? c. Gempa
bumi sering diartikan sebagai getaran atau goncangan yang terjadi pada
permukaan bumi. d. Ketika
terjadi gempa bumi, memang kita akan merasakan bumi yang kita diami ini
bergerak atau bergoyang-goyang. |
Tugas Individu
Lakukanlah kegiatan berikut!
1. Daftarlah
topik yang berkaitan dengan kegiatan belajar di sekolahmu!
2. Susunlah
topic-topik secara runtut ke dalam struktur eksplanasi: identifikasi fenomena,
proses kejadian, dan ulasan!
3. Kembangkanlah
kerangka itu menjadi sebuah karangan eksplanasi dengan memperhatikan
kaidah-kaidah kebahasaan yang benar!
RUBRIK PENILAIAN
PENUGASAN
Nama Peserta
didik/kelompok :
…………………………………………………
Kelas :
…………………………………………………
Tanggal
Pengumpulan :
...............................................................
No |
Kategori |
Skor |
Alasan |
1. |
1. Apakah teks eksplanasi yang
ditulis lengkap ? |
||
2. |
3. Apakah terdapat uraian tentangstruktur eksplanasi? |
||
3. |
Apakah bahasa yang digunakan untuk menginterpretasikan
lugas, sederhana, runtut dan sesuaidengan kaidah EYD? |
||
Jumlah |
Kriteria:
5 = sangat baik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang, dan 1 = sangat kurang
INSTRUMEN TES TERTULIS
Satuan
Pendidikan |
: |
SMA NEGERI 2
BOYOLALI |
|
Mata
Pelajaran |
: |
Bahasa
Indonesia – Wajib |
|
Kelas |
: |
XI |
|
Kompetensi
dasar |
: |
3.4 |
Menganalisis
struktur dan kebahasaan teks eksplanasi |
Indikator |
: |
3.4.1 |
Mengindentifikasi struktur teks
eksplanasi |
3.4.2 |
Menelaah kebahasaan teks ekplanasi |
Tes Tertulis
Disediakan teks eksplanasi
1. Identifikasilah struktur dan aspek kebahasaan dalam teks eksplanasi
2. Kemukakan hasil identifikasimu terhadap struktur dan aspek kebahasaan teks eksplanasi
tersebut
Tertulis (soal HOTS)
a. Identifikasilah teks eksplanasi dengan
memperhatikan struktur dan aspek kebahasaan dalam teks
eksplanasi!
b. Buatlah rancangan teks eksplanasi dengan
memuat struktur dan aspek kebahasaannya!
c. Presentasikanlah hasil kerjamu dihadapan teman-temanmu.
RUBRIK PENILAIAN
Soal |
Aspek yang
Dinilai |
Skor |
1 |
Peserta didik
mengidentifikasi struktur dan
aspek kebahasaan teks eksplanasi dengan sangat tepat |
4 |
a. Peserta
didik mengidentifikasi struktur dan
aspek kebahasaan teks eksplanasi dengan tepat |
3 |
|
b. Peserta
didik mengidentifikasi struktur dan
aspek kebahasaan teks eksplanasi dengan kurang tepat |
2 |
|
c. Peserta
didik mengidentifikasi struktur dan
aspek kebahasaan teks eksplanasi dengan tidak tepat |
1 |
|
Soal |
Aspek yang
Dinilai |
Skor |
3 |
Peserta didik mengemukakan komentar dengan sangat tepat |
4 |
d. Peserta didik mengemukakan komentar dengan tepat |
3 |
|
e. Peserta didik mengemukakan komentar dengan kurang tepat |
2 |
|
f. Peserta didik mengemukakan komentar dengan tidak tepat |
1 |
INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN
Satuan
Pendidikan |
: |
|
||
Mata
Pelajaran |
: |
Bahasa
Indonesia |
|
|
Kelas |
: |
XI |
|
|
Materi |
: |
Menganalisis
dan memerankan dialog eksplanasi |
|
|
Kompetensi
dasar |
: |
4.4 |
Memproduksi teks eksplanasi secara
lisan ataustulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan |
|
Indikator |
: |
4.4.1 |
Menentukan pola pengembangan dalam
menulis teks eksplanasi |
|
4.4.2 |
Menulis teks eksplanasi berdasarkan struktur dan kebahasaan |
1. Lembar Soal Keterampilan
Mari berlatih menyusun teks
eksplanasi! Langkah-langkah penyusunan teks eksplanasi sebagai berikut.
a. Menginventarisasi
macam-macam kegiatan yang pernah atau dapat dilakukan.
b. Menentukan
tema kegiatan
c. Membuat
kerangka dalam bentuk topik-topik kegiatan secara garis besar.
d. Mensistematisasikan
kerangka dengan benar dan mudah dipahami pembaca.
e. Mengumpulkan
bahan-bahan.
f. Mengembangkan
kerangka menjadi sebuah petunjuk yang jelas dan lengkap.
Buatlah sebuah
teks eksplanasi dengan baik
dan benar!
Rubrik Penilaian
Aspek yang
Dinilai |
Skor |
Peserta
didik membuat teks eksplanasi dengan sangat baik |
4 |
g. Peserta
didik membuat teks eksplanasi dengan baik |
3 |
h. Peserta
didik membuat teks eksplanasi kurang baik |
2 |
i. Peserta
didik membuat teks eksplanasi tidak baik |
1 |
INSTRUMEN PENILAIAN PORTO FOLIO
Satuan
Pendidikan |
: |
|
||
Mata
Pelajaran |
: |
Bahasa
Indonesia – Wajib |
|
|
Kelas |
: |
XI |
|
|
Materi |
: |
Menganalisis
Teks eksplanasi |
|
|
Kompetensi
dasar |
: |
3.4 |
Menganalisis
struktur dan kebahasaan teks eksplanasi |
|
4.4 |
Memproduksi teks eksplanasi secara
lisan ataustulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan |
|||
Indikator |
: |
3.4.1 |
Mengindentifikasi struktur teks
eksplanasi |
|
3.4.2 |
Menelaah kebahasaan teks ekplanasi |
|||
4.4.1 |
Menyusun rancangan garis besar suatu eksplanasi |
|||
4.4. 2 |
Mengembangkan teks eksplanasi dengan memperhatikan
struktur dan unsur kebahasaan |
Tugas I
1. Simpan setiap
tugas yang diberikan ke dalam map individu peserta didik
(warna map sesuai dengan kelas masing-masing/tiap kelas beda warna map
2. Buat rangkuman
dari setiap tugas yang telah diberikan dan rangkuman dibuat pada kertas folio
bergaris.
3. Batas waktu
pengumpulan tugas adalah di pertemuan terakhir
PEDOMAN PENSKORAN:
KRITERIA YANG DINILAI |
SKOR MAKSIMAL |
Peserta
didik menyimpan semua tugas yang telah dikerjakan dengan lengkap, dan
tugas dikerjakan dengan benar, serta dikumpulkan tepat waktu |
4 |
Peserta didik
menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, dan sebagian besar benar tapi
kurang lengkap, serta dikumpulkan tepat waktu |
3 |
Peserta didik
menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun sebagian besar salah,
kurang lengkap, dan tidak dikumpulkan tepat waktu |
2 |
Peserta didik
menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun tugas yang dikerjakan
salah, dan kurang lengkap, serta tidak dikumpulkan tepat waktu |
1 |
Peserta
didik tidak menyimpan satu pun tugas-tugas yang diberikan karena tidak
pernah mengumpulkan tugas |
0 |
LEMBAR PENILAIAN PORTOFOLIO
Jenis
Tugas :
Kelas : XI
Semester/ Tahun Pelajaran : 1/ 2018 - 2019
No |
Nama Peserta didik |
Tugas KD |
Nilai |
Tanda Tangan |
Ket. (Tgl Pengumpulan) |
|
Peserta Didik |
Guru |
|||||
KISI-KISI SOAL HOTS
Tahun Pelajaran .............
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Program : XI
Semester : 1 (dua)
Kurikulum : 2013
No |
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok |
Kls/ Smstr |
Indikator Soal |
Level Kognitif |
Bentuk Soal |
No
Soal |
1 |
3.4
Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi |
Mengindentifikasi struktur teks
eksplanasi |
XI/1 |
Disajikan teks eksplanasi, peserta didik dapatmengindentifikasi struktur teks eksplanasi |
C4 |
Uraian |
1 |
2 |
Menelaah kebahasaan teks ekplanasi |
XI/1 |
Disajikan teks eksplanasi, peserta didik dapatmenelaah kebahasaan teks ekplanasi |
C5 |
uraian |
2 |
|
3 |
4.4Memproduksi teks eksplanasi secara lisan ataustulis dengan
memerhatikan struktur dan kebahasaan |
Menentukan pola pengembangan dalam
menulis teks eksplanasi |
XI/1 |
Disajikan teks eksplanasipeserta
didik dapat menentukan pola pengembangan dalam menulis teks eksplanasi |
C2 |
Uraian |
3 |
4 |
Menulis teks eksplanasi
berdasarkan struktur dan kebahasaan |
XI/1 |
Disajikan teks eksplanasipeserta
didik dapat menulis teks eksplanasi berdasarkan struktur dan kebahasaan |
C5 |
Uraian |
4 |
|
5 |
Mengomentari tekseksplanasi |
XI/1 |
Disajikan penampilan siswa membaca tekseksplanasi, peserta didikdapat memberikan solusi terhadap pertanyaan teks
eksplanasi dengan benar |
C2 |
Uraian |
5 |
KARTU SOAL HOTS
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI / 1 (satu)
Kurikulum : 2013
Kompetensi
Dasar |
: |
3.4 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi 4.4. Memproduksi teks eksplanasi secara lisan ataustulis
dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan |
Materi |
: |
Teks eksplanasi |
Indikator
Soal Nomor 1 |
: |
Disajikan teks eksplanasi, peserta didik dapat mengindentifikasi struktur teks eksplanasi dengan benar |
Indikator
Soal Nomor 2 |
: |
Disajikan teks eksplanasi, peserta didik dapat menelaah kebahasaan teks ekplanasi dengan benar |
Indikator
Soal Nomor 3 |
: |
Disajikan teks eksplanasi peserta
didik dapat menentukan pola pengembangan dalam menulis teks eksplanasi dengan
benar |
Indikator
Soal Nomor 4 |
: |
Disajikan teks eksplanasi peserta
didik dapat menulis teks eksplanasi berdasarkan struktur dan kebahasaan
dengan benar |
Indikator
Soal Nomor 5 |
: |
Disajikan penampilan siswa membaca teks eksplanasi, peserta didikdapat memberikan solusi terhadap pertanyaan teks
eksplanasi dengan benar |
Mengetahui, Kepala
SMA Negeri I Peukan Pidie Mukhtar,
S. Pd NIP. 19611005
1998 01 1 001 |
Peukan Pidie, 20.. Guru
Mata Pelajaran Aan
Zuliana, S. Pd NIP. 19850122
200604 2 002 |
0 Response to "RPP K13 Bahasa Indonesia Teks Eksplanasi 2 Kelas XI SMA Revisi"
Posting Komentar