RPP K13 Bahasa Indonesia Teks Karya Ilmiah Kelas XI SMA Revisi

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Mata pelajaran    : Bahasa Indonesia

Sekolah                 : SMA Negeri I Peukan Pidie

Kelas/ Semester   : XI IPA-IPS/Genap

Materi pokok       : Teks Karya Ilmiah

Alokasi waktu      :  6 X 45 menit (3 kali pertemuan)

 

 

 

 

 

A. Kompetensi Inti

 

1

2

 

 

 

3

 

4

Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi, damai), santun, responsive, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian spesifik dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

 

B.  Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

Kompetensi Dasar (KD)

 Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

3.14

Mengidentifikasi informasi, tujuan dan esensi sebuah karya ilmiah yang dibaca.

3.14.1

Menentukan informasi, tujuan dan esensi sebuah karya ilmiah yang dibaca

4.14

Merancang informasi, tujuan, dan esensi yang harus disajikan dalam karya  ilmiah.

4.14.1

 

4.14.2

 

Merancang karya ilmiah sesuai dengan unsur-unsur dan isi karya ilmiah

Mempresentasikan menanggapi, dan merevisi hasil kerja dalam diskusi kelas.

3.15

Menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah

3.15.1

 

Mengumpulkan dan mengidentifikasi data berkenaan dengan informasi yang akan disusun dalam bentuk karya ilmiah.

4.15

Mengonstruksi sebuah karya ilmiah dengan memerhatikan isi, sistematika,dan kebahasaan.

4.15.1

 

4.15.2

Menulis karya ilmiah dengan memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan.

Mempresentasikan, menanggapi, merevisi,menilaikarya ilmiah hasil kerja dalam diskusi kelas.

 

 

 

   C.    Materi Pembelajaran

 

Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model saintifik peserta didik dapat menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan dan menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatan, mengungkapkan pernyataan umum dan tahapan-tahapan secara lisan dan menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan dengan rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif selama proses pembelajaran.

 

 

 

 

 

 

D.    Materi Pembelajaran

 

Buku Fiksi:

v  Isi buku fiksi;

v  Bagian-bagian dalam buku fiksi; dan

v  Ulasan terhadap buku fiksi.

 

Karya Ilmiah:

v  unsur-unsur karya ilmiah;

v  isi dankebahasaan dalam karya ilmiah;

v  tujuan dan esensi karya ilmiah; dan

v  membuat karya ilmiah.

 

Karya Ilmiah:

v  kebahasaan karya ilmiah;

v  kalimat baku;

v  penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul); dan

v  menyusun karya ilmiah.

 

E.     Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran

1.      Pendekatan                : Saintifik

2.      Model Pembelajaran :Active Learning

3.      Metode                      : diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan

 

 

F.    Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar

1.      Media/Alat    : Lembar Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD

2.      Sumber Belajar :

Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya

 

G.     Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan ke 1(2 ×45 menit)

Tahap

Langkah-langkah Pembelajaran

Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS

Alokasi Waktu

Pendahuluan

1.       PesertadidikmeresponsalamtandamensyukurianugerahTuhan dan saling mendoakan. (PPK)

2.       Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan  pembelajaran sebelumnya.

3.       Peserta didik menerima informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnyadengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.

4.       Peserta didik menerima informasi tenting hal-hal     yang akan dipelajari dan dikuasai khususnya tentang pembelajaran teks karya ilmiah.

Religius

 

 

 

Rasa ingin tahu

10 menit

Inti

1.       Peserta didik membaca 2 atau 3 teks karya ilmiah yang bertema sama.

2.       Peserta didik mencermati struktur teks dari 2 atau 3 teks karya ilmiah yang telah dibacanya.

3.       Peserta didik mencermati ciri kebahasaan yang digunakan dalam teks karya ilmiah.

4.       Peserta didik mencermati isi pokok dalam 2 atau teks karya ilmiah.

5.       Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang variasi struktur teks dari 2 atau 3teks karya ilmiah.

6.       Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang ciri kebahasaan yang digunakan dalam 2 atau 3 teks karya ilmiah.

7.       Peserta didik mengajukan pertanyaan isi pokok dari 2 atau 3 teks karya ilmiah.

8.       Peserta didik mengumpulkan informasi melalui telaah model teks karya ilmiah.

9.       Peserta didik melakukan klasifikasi dan deskripsi hubungan antarkomponen yang ditemukan berdasarkan telaah model teks karya ilmiah.

10.    Peserta didik menyimpulkan struktur teks karya ilmiah.

11.    Peserta didik menyimpulkan ciri kebahasaan teks karya lmiah.

12.    Peserta didik menyimpulkan isi pokok dari 2 atau teks karya ilmiah.

13.    Peserta didik mempresentasikan hasil  pengamatan tentang struktur, ciri bahasa, dan isi pokok dari 2 atau 3 teks karya ilmiah.

 

 

Literasi

 

 

 

 

 

Rasa ingin tahu

 

 

 

 

 

Kerja sama (Collaborative)

 

 

 

 

 

 

 

Berpikir kritis (Critical thinking)

 

Kreativitas (Creativity)

 

 

 

Komunikatif (Communicative)

70 menit

Penutup

 1. Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari

.

 2. Peserta didik melaksanakan penilaian pembelajaran yang diberikan pendidik.

 

 3. Peserta didik saling memberikan umpanbalik/refleksi hasil pembelajaran yang telah dicapai.

 

 4. Pendidik menutup pembelajaran dengan ucapan salam

 

Kreativitas (Creativity)

 

 

 

 

HOTS

10 menit

 

Pertemuan ke 2 (2x45 menit)

Tahap

Langkah-langkah Pembelajaran

Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS

Alokasi Waktu

Pendahuluan

1.          PesertadidikmeresponsalamtandamensyukurianugerahTuhan dan saling mendoakan. (PPK)

2.       Peserta didik merespon pertanyaan dari guru     berhubungan dengan  pembelajaran sebelumnya.

3.       Peserta didik menerima informasi dengan proaktif     tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnyadengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.

4.       Peserta didik menerima informasi tenting hal-hal     yang akan dipelajari dan dikuasai khususnya tentang pembelajaran teks karya ilmiah.

Religius

 

 

 

Rasa ingin tahu

10 menit

Inti

Mengonstruksi Terbimbing

 

1. Peserta didik mengerjakan latihan dan tugas yang diberikan guru untuk mengembangkan kompetensi (seperti latihan kata, kalimat, dan paragraf) yang sesuai dengan jenis teks karya ilmiah:

a. latihan kosa kata teknis, sinonim

b. latihan penulisan unsur serapan

c. latihan pengembangan teks karya ilmiah: klasifikasi-deskripsi

d. latihan pengembangan kekohesian

 

 

2. Peserta didik berdiskusi dengan teman sebangku atau berpasangan untuk menentukan topik dan menyusun kerangka karangan. Latihan pengembangan topik dengan peta pikiran (mindmap) atau jaring laba-laba (spider-web) atau teknik lain yang dapat digunakan.

 

 

 

Mengonstruksi Mandiri

 

1.       Peserta didik menentukan topik teks karya ilmiah dengan peta pikiran (mindmap) atau jaring laba-laba (spider-web).

2.       Peserta didik menyusun kerangka teks karya ilmiah.

3.       Peserta didik mengumpulkan informasi yang sesuai dengan topik yang telah dipilih.

4.       Peserta didik menyusun teks karya ilmiah. berdasarkan kerangka yang telah disusun dengan memperhatikan struktur teks, ciri kebahasaan, dan EBI.

5.       Peserta didik mempresentasikan teks karya ilmiah yang telah disusun.

6.       Peserta didik menanggapi teks karya ilmiah.

7.       Peserta didik merevisi teks karya ilmiah berdasarkan masukan dari teman.

8.       Peserta didik memasukkan lembar coretan kerja dan semua draf hingga draf final ke  bendel portofolio masing-masing.

 

Literasi

 

 

 

 

 

Rasa ingin tahu

 

 

 

 

 

Kerja sama (Collaborative)

 

 

 

 

 

 

 

Berpikir kritis (Critical thinking)

 

Kreativitas (Creativity)

 

 

 

Komunikatif (Communicative)

70 menit

Penutup

 1. Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari.

 

 2. Peserta didik melaksanakan penilaian pembelajaran yang diberikan pendidik.

 

 3. Peserta didik saling memberikan umpan balik/refleksi hasil pembelajaran yang telah dicapai.

 

 4. Pendidik menutup pembelajaran dengan ucapan salam

 

Kreativitas (Creativity)

 

 

 

 

HOTS

10 menit

 

E.   Penilaian 

 

KD dan Indikator (KD-3: Pengetahuan)

 

 

Kompetensi Dasar

Indikator

3.14   Mengidentifikasi informasi, tujuan dan  esensi sebuah karya ilmiah yang dibaca.

3.15   Menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah.

 

      Menentukan informasi, tujuan dan esensi sebuah karya ilmiah yang dibaca.

      Mengumpulkan dan mengidentifikasi data berkenaan dengan informasi yang akan disusun dalam bentuk karya ilmiah.



Penilain Proses

Penilaian Hasil

Penilaian proses aspek pengetahuan dapat dilakukan sejak kegiatan menelaah Model dan mengonstruksi terbimbing.

 

Catatan terhadap peserta didik pada kegiatan tersebut dapat dijadikan penilaian sikap selama mengikuti pembelajaran: ketekunan, kerja sama, semangat, ketelitian, kerapihan, kebersihan, keseriusan.

Jenis    : Tulis

Bentuk : Uraian

 

Contoh instrumen:

a.  Tuliskan informasi sebuah karya ilmiah yang Anda

     baca!

b. Tuliskan tujuan sebuah karya ilmiah yang Anda baca!

c. Tuliskan esensi sebuah karya ilmiah yang Anda baca!

 

 

 

KD dan Indikator (KD-4: Keterampilan)

Kompetensi Dasar

Indikator

4.14   Merancang informasi, tujuan, dan

          esensi yang harus disajikan dalam   karyailmiah.

4.15  Mengonstruksi sebuah karya ilmiah dengan memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan.

      Merancang karya ilmiah sesuai dengan unsur-unsur dan isi karya ilmiah.

      Mempresentasikan menanggapi, dan merevisi hasil kerja dalam diskusi kelas.

 

      Menulis karya ilmiah dengan memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan.

      Mempresentasikan, menanggapi, merevisi,menilaikarya ilmiah hasil kerja dalam diskusi kelas.

 

Penilain Proses

Penilaian Hasil

Penilaian proses aspek pengetahuan dapat dilakukan sejak kegiatan Mengonstruksi Terbimbing dan Mengonstruksi Mandiri.

 

Catatan terhadap peserta didik pada kegiatan tersebut dapat dijadikan penilaian sikap selama mengikuti pembelajaran dan mengerjakan tugas (bendel portofolio): ketekunan, kerjasama, semangat, ketelitian, kerapihan, kebersihan, keseriusan.

Jenis   :  Menulis

Bentuk:  Uraian

 

Contoh Instrumen

Susunlah teks karya ilmiah berdasarkan informasi yang Anda dapat darikehidupan sehari-hari dengan memerhatikan hal di bawah ini!

a.  Tentukan topik karya ilmiah!

b.  Buatlah kerangka sesuai dengan struktur karya ilmiah!

c.  Kembangkan kerangka tersebut menjadi karya ilmiah

     dengan memerhatikan struktur teks, ciri kebahasaan,

     dan EBI.



Portofolio

 

Khusus untuk kompetensi menulis, penilaian meliputi proses dan produk yang tercakup dalam penilaian portofolio. Dokumen portofolio berisi:

(a)   draf final (produk) berbobot 40%;

(b)   bukti draf sedikitnya 3 draf berbobot 25%;

(c)   bukti catatan tentang apa yang akan ditulis dan sumber penulisan berbobot 10%; dan

(d)   catatan reflektif berbobot 25%. 

 

 

Sikap

     Penilaian sikap dilakukan selama proses pembelajaran atau di luar pembelajaran dengan melalui observasi dengan mengisi jurnal.

 

 

Contoh format dan pengisian lembar pengamatan guru mata pelajaran

 

Nama Satuan pendidikan :

Tahun pelajaran                  :

Kelas/Semester                    :

Mata Pelajaran                    : Bahasa dan Sastra Indonesia

No.

Waktu

Nama

Kejadian/ Perilaku

Butir sikap

Positif/ Negatif

Tindak Lanjut

1.

20Maret2018

Panji

Memainkan HP ketika berdiskusi tentang struktur teks eksplanasi

disiplin

-

Dipanggil dan disuruh menganalisis teks eksplanasi yang lain

2.

21Maret

2018

Yuyun

Mengerjakan tugas dengan serius, tepat waktu, dan hasilnya sangat baik

Tanggung jawab

+

Diberi pujian atau apresiasi

 

Pedoman Penskoran

a.  Pengetahuan

Soal

Aspek yang Dinilai

Skor

1

a.   Peserta didik menuliskan informasi teks karaya ilimiah dengan sangat tepat

4

b.   Peserta didik menuliskan informasi teks karaya ilimiah dengan tepat

3

c.   Peserta didik menuliskan informasi teks karaya ilimiah dengankurang tepat

2

d.  Peserta didik menuliskan informasi teks karaya ilimiah dengan tidak tepat

1

 

 

Soal

Aspek yang Dinilai

Skor

2

a.    Peserta didik menuliskan tujuan teks karaya ilimiah dengan sangat tepat

4

b.    Peserta didik menuliskan tujuan teks karaya ilimiah dengan tepat

3

c.    Peserta didik menuliskan tujuan teks karaya ilimiah dengan kurang tepat

2

d.   Peserta didik menuliskan tujuan teks karaya ilimiah dengan tidak tepat

1

 

 

 

Soal

Aspek yang Dinilai

Skor

3

a.       Peserta didik munuliskan esensi teks karaya ilimiah dengan sangat tepat

4

b.      Peserta didik munuliskan esensi teks karaya ilimiah dengan tepat

3

c.       Peserta didik munuliskan esensi teks karaya ilimiah dengan kurang tepat

2

d.      Peserta didik munuliskan esensi teks karaya ilimiah dengan tidak tepat

1

 

 

         Keterangan

         Nilai = Perolehan skor     

 

                    Jumlah soal

 

     Contoh
     Nilai =  10  x 100 = 83,33

            12

 

b. Keterampilan

Bait

Aspek yang Dinilai

Skor

1

a.       Peserta didik menentukan topik teks karya ilmiah sangat sesuai isi teks

4

b.      Peserta didik menentukan topik teks karya ilmiah sesuai isi teks

3

c.       Peserta didik menentukan topik teks karya ilmiah kurang sesuai isi teks

2

d.      Peserta didik menentukan topik teks karya ilmiah tidak sesuai isi teks

1

2

a.       Peserta didik menyusun kerangka teks ilmiah sangat lengkap dan sangat sesuai dengan topic

4

b.      Peserta didik menyusun kerangka teks ilmiah lengkap dan sesuai dengan topik

3

c.       Peserta didik menyusun kerangka teks ilmiah kurang lengkap dan kurang dengan topik

2

d.      Peserta didik menyusun kerangka teks ilmiah tidak lengkap dan tidak sesuai isi teks

1

3

a.       Peserta didik menulis teks karya ilmiah sangat sesuai dengan kerangka,  struktur, ciri kebahasaan, dan EBI

4

b.      Peserta didik menulis teks karya ilmiah sesuai dengan kerangka, struktur, ciri kebahasaan, dan EBI

3

c.       Peserta didik menulis teks karya ilmiah kurang  sesuai dengan kerangka,  struktur, ciri kebahasaan, dan EBI

2

d.      Peserta didik menulis teks karya ilmiah tidak sesuai dengan kerangka,  struktur, ciri kebahasaan, dan EBI

1

 

         

 

Nilai = Perolehan skor                     

 

                     Jumlah kreteria/soal           

 

Contoh:

 

          Nilai  =  11   x 100  = 91,66

                        12

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SMA Negeri I Peukan Pidie                                                                                              

 

 

Mukhtar, S. Pd

NIP. 19611005  1998 01 1 001

Peukan Pidie,                    20..

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

Aan Zuliana, S.  Pd

NIP. 19850122  200604  2 002

 

 

0 Response to "RPP K13 Bahasa Indonesia Teks Karya Ilmiah Kelas XI SMA Revisi"

Posting Komentar