RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Sekolah : SMA Negeri I Peukan Pidie
Kelas/ Semester : XI IPA-IPS/Genap
Materi pokok : Teks Karya Ilmiah
Alokasi waktu : 6 X 45 menit (3 kali pertemuan)
A. Kompetensi Inti
1 2 3 4 |
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama,
toleransi, damai), santun, responsive, dan proaktif sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual,
konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian
spesifik dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan |
B. Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD) |
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
3.14 |
Mengidentifikasi informasi, tujuan
dan esensi sebuah karya ilmiah yang dibaca. |
3.14.1 |
Menentukan informasi, tujuan dan esensi
sebuah karya ilmiah yang dibaca |
4.14 |
Merancang informasi, tujuan, dan
esensi yang harus disajikan dalam karya ilmiah. |
4.14.1 4.14.2 |
Merancang karya ilmiah sesuai
dengan unsur-unsur dan isi karya ilmiah Mempresentasikan menanggapi,
dan merevisi hasil kerja dalam diskusi kelas. |
3.15 |
Menganalisis sistematika dan
kebahasaan karya ilmiah |
3.15.1 |
Mengumpulkan dan mengidentifikasi
data berkenaan dengan informasi yang akan disusun dalam bentuk karya ilmiah. |
4.15 |
Mengonstruksi sebuah karya ilmiah dengan
memerhatikan isi, sistematika,dan kebahasaan. |
4.15.1 4.15.2 |
Menulis karya ilmiah dengan
memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan. Mempresentasikan, menanggapi, merevisi,menilaikarya
ilmiah hasil kerja dalam diskusi kelas. |
C. Materi Pembelajaran
Melalui kegiatan
pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan
model saintifik peserta
didik dapat menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan dan menuliskan
tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatan, mengungkapkan pernyataan umum dan
tahapan-tahapan secara lisan dan menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan dengan
rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif
selama proses pembelajaran.
D. Materi Pembelajaran
Buku Fiksi:
v Isi buku fiksi;
v Bagian-bagian
dalam buku fiksi; dan
v Ulasan terhadap
buku fiksi.
Karya Ilmiah:
v unsur-unsur
karya ilmiah;
v isi
dankebahasaan dalam karya ilmiah;
v tujuan dan
esensi karya ilmiah; dan
v membuat karya
ilmiah.
Karya Ilmiah:
v kebahasaan
karya ilmiah;
v kalimat baku;
v penggunaan EYD
(penomoran bab, penulisan judul); dan
v menyusun karya
ilmiah.
E. Pendekatan, Metode dan
Model Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model Pembelajaran :Active
Learning
3. Metode :
diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan
F. Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar
1. Media/Alat : Lembar
Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD
2. Sumber
Belajar :
Suherli, dkk.
2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun
2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Suherli,
dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun
2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Kosasih, E.
2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK.
Bandung: Yrama Widya
G. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan
ke 1(2 ×45
menit)
Tahap |
Langkah-langkah Pembelajaran |
Nilai Karakter (PPK), Literasi,
4C, HOTS |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
1. PesertadidikmeresponsalamtandamensyukurianugerahTuhan dan saling mendoakan. (PPK) 2. Peserta didik merespon pertanyaan
dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya. 3. Peserta didik
menerima informasi dengan proaktif tentang
keterkaitan pembelajaran sebelumnyadengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan. 4. Peserta didik
menerima informasi tenting
hal-hal yang akan dipelajari dan dikuasai khususnya tentang pembelajaran teks karya ilmiah. |
Religius Rasa ingin tahu |
10 menit |
Inti |
1. Peserta didik membaca 2 atau
3 teks
karya ilmiah yang
bertema sama. 2. Peserta didik mencermati struktur
teks dari 2 atau 3 teks karya
ilmiah yang
telah dibacanya. 3. Peserta didik mencermati ciri
kebahasaan yang digunakan dalam teks karya ilmiah. 4. Peserta didik mencermati isi pokok
dalam 2 atau 3 teks karya ilmiah. 5. Peserta didik mengajukan
pertanyaan tentang variasi struktur teks dari 2 atau 3teks karya ilmiah. 6. Peserta didik mengajukan
pertanyaan tentang ciri kebahasaan yang digunakan dalam 2 atau 3 teks karya ilmiah. 7. Peserta didik mengajukan
pertanyaan isi pokok dari 2 atau 3 teks karya ilmiah. 8. Peserta didik mengumpulkan
informasi melalui telaah model teks karya ilmiah. 9. Peserta didik melakukan
klasifikasi dan deskripsi hubungan antarkomponen yang ditemukan berdasarkan
telaah model teks karya ilmiah. 10. Peserta didik menyimpulkan
struktur teks
karya ilmiah. 11. Peserta didik menyimpulkan ciri
kebahasaan teks
karya lmiah. 12. Peserta didik menyimpulkan isi
pokok dari 2 atau teks karya ilmiah. 13. Peserta didik mempresentasikan
hasil pengamatan tentang struktur, ciri bahasa, dan isi pokok dari
2 atau 3 teks
karya ilmiah. |
Literasi Rasa ingin tahu Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical
thinking) Kreativitas (Creativity) Komunikatif (Communicative) |
70 menit |
Penutup |
1. Peserta didik menyimpulkan
materi yang telah dipelajari . 2. Peserta didik melaksanakan penilaian
pembelajaran yang diberikan pendidik. 3. Peserta didik saling
memberikan umpanbalik/refleksi hasil pembelajaran
yang telah dicapai. 4. Pendidik menutup pembelajaran
dengan ucapan salam |
Kreativitas (Creativity) HOTS |
10 menit |
Pertemuan
ke 2 (2x45 menit)
Tahap |
Langkah-langkah Pembelajaran |
Nilai Karakter (PPK), Literasi,
4C, HOTS |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
1.
PesertadidikmeresponsalamtandamensyukurianugerahTuhan dan saling mendoakan. (PPK) 2. Peserta didik merespon pertanyaan
dari guru berhubungan
dengan pembelajaran sebelumnya. 3. Peserta didik
menerima informasi dengan proaktif tentang
keterkaitan pembelajaran sebelumnyadengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan. 4. Peserta didik
menerima informasi tenting
hal-hal yang akan dipelajari dan dikuasai khususnya tentang pembelajaran teks karya ilmiah. |
Religius Rasa ingin tahu |
10 menit |
Inti |
Mengonstruksi Terbimbing 1. Peserta didik mengerjakan
latihan dan tugas yang diberikan guru untuk mengembangkan kompetensi (seperti
latihan kata, kalimat, dan paragraf) yang sesuai dengan jenis teks karya
ilmiah: a. latihan kosa kata teknis,
sinonim b. latihan penulisan unsur serapan c. latihan pengembangan teks karya
ilmiah: klasifikasi-deskripsi d. latihan pengembangan kekohesian 2. Peserta didik berdiskusi
dengan teman sebangku atau berpasangan untuk menentukan topik dan menyusun
kerangka karangan. Latihan pengembangan topik dengan peta pikiran (mindmap) atau jaring laba-laba (spider-web) atau teknik lain yang
dapat digunakan. Mengonstruksi Mandiri 1. Peserta didik menentukan
topik teks
karya ilmiah dengan peta pikiran (mindmap) atau jaring laba-laba (spider-web). 2. Peserta didik menyusun kerangka teks karya
ilmiah. 3. Peserta didik mengumpulkan
informasi yang sesuai dengan topik yang telah dipilih. 4. Peserta didik menyusun teks karya
ilmiah. berdasarkan kerangka yang
telah disusun dengan memperhatikan struktur teks, ciri kebahasaan, dan EBI. 5. Peserta didik
mempresentasikan teks karya ilmiah yang telah disusun. 6. Peserta didik menanggapi teks karya
ilmiah. 7. Peserta didik merevisi teks karya
ilmiah berdasarkan masukan dari teman. 8. Peserta didik memasukkan lembar
coretan kerja dan semua draf hingga draf final ke bendel
portofolio masing-masing. |
Literasi Rasa ingin tahu Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical
thinking) Kreativitas (Creativity) Komunikatif (Communicative) |
70 menit |
Penutup |
1. Peserta didik menyimpulkan
materi yang telah dipelajari. 2. Peserta didik melaksanakan penilaian
pembelajaran yang diberikan pendidik. 3. Peserta didik saling
memberikan umpan balik/refleksi hasil pembelajaran
yang telah dicapai. 4. Pendidik menutup pembelajaran
dengan ucapan salam |
Kreativitas (Creativity) HOTS |
10 menit |
E. Penilaian
KD dan Indikator (KD-3: Pengetahuan)
Kompetensi
Dasar |
Indikator |
3.14 Mengidentifikasi informasi, tujuan
dan esensi
sebuah karya ilmiah yang dibaca. 3.15 Menganalisis sistematika dan
kebahasaan karya ilmiah. |
Menentukan
informasi, tujuan dan esensi sebuah karya ilmiah yang dibaca. Mengumpulkan
dan mengidentifikasi data berkenaan dengan informasi yang akan disusun dalam
bentuk karya ilmiah. |
Penilain Proses |
Penilaian Hasil |
Penilaian proses aspek pengetahuan
dapat dilakukan sejak kegiatan menelaah Model dan mengonstruksi terbimbing. Catatan terhadap peserta didik
pada kegiatan tersebut dapat dijadikan penilaian sikap selama mengikuti
pembelajaran: ketekunan, kerja sama, semangat, ketelitian, kerapihan,
kebersihan, keseriusan. |
Jenis :
Tulis Bentuk : Uraian Contoh instrumen: a. Tuliskan informasi sebuah karya
ilmiah yang Anda baca! b. Tuliskan tujuan sebuah karya ilmiah yang Anda
baca! c. Tuliskan esensi sebuah karya ilmiah yang Anda
baca! |
KD dan Indikator (KD-4:
Keterampilan)
Kompetensi
Dasar |
Indikator |
4.14 Merancang informasi, tujuan, dan esensi yang harus disajikan dalam
karyailmiah. 4.15 Mengonstruksi sebuah karya
ilmiah dengan memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan. |
Merancang
karya ilmiah sesuai dengan unsur-unsur dan isi karya ilmiah. Mempresentasikan menanggapi,
dan merevisi hasil kerja dalam diskusi kelas. Menulis
karya ilmiah dengan memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan. Mempresentasikan,
menanggapi, merevisi,menilaikarya ilmiah hasil kerja dalam diskusi kelas. |
Penilain Proses |
Penilaian Hasil |
Penilaian proses aspek pengetahuan
dapat dilakukan sejak kegiatan Mengonstruksi Terbimbing dan Mengonstruksi
Mandiri. Catatan terhadap peserta didik
pada kegiatan tersebut dapat dijadikan penilaian sikap selama mengikuti
pembelajaran dan mengerjakan tugas (bendel portofolio): ketekunan, kerjasama,
semangat, ketelitian, kerapihan, kebersihan, keseriusan. |
Jenis : Menulis Bentuk: Uraian Contoh Instrumen Susunlah teks karya
ilmiah berdasarkan informasi yang Anda dapat darikehidupan sehari-hari dengan memerhatikan hal di
bawah ini! a. Tentukan topik karya ilmiah! b. Buatlah kerangka sesuai dengan
struktur karya ilmiah! c. Kembangkan kerangka tersebut
menjadi karya ilmiah dengan memerhatikan struktur teks,
ciri kebahasaan, dan EBI. |
Portofolio
Khusus untuk kompetensi menulis, penilaian meliputi proses
dan produk yang tercakup dalam penilaian portofolio. Dokumen portofolio berisi:
(a) draf final (produk) berbobot 40%;
(b) bukti draf sedikitnya 3 draf berbobot
25%;
(c) bukti catatan tentang apa yang akan
ditulis dan sumber penulisan berbobot 10%; dan
(d) catatan reflektif berbobot 25%.
Sikap
Penilaian
sikap dilakukan selama proses pembelajaran atau di luar pembelajaran dengan
melalui observasi dengan mengisi jurnal.
Contoh format dan pengisian lembar
pengamatan guru mata pelajaran
Nama Satuan pendidikan :
Tahun pelajaran :
Kelas/Semester :
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra
Indonesia
No. |
Waktu |
Nama |
Kejadian/
Perilaku |
Butir
sikap |
Positif/
Negatif |
Tindak
Lanjut |
1. |
20Maret2018 |
Panji |
Memainkan HP ketika
berdiskusi tentang struktur teks eksplanasi |
disiplin |
- |
Dipanggil dan disuruh menganalisis
teks eksplanasi yang lain |
2. |
21Maret 2018 |
Yuyun |
Mengerjakan tugas dengan serius,
tepat waktu, dan hasilnya sangat baik |
Tanggung jawab |
+ |
Diberi pujian atau apresiasi |
Pedoman Penskoran
a. Pengetahuan
Soal |
Aspek
yang Dinilai |
Skor |
1 |
a. Peserta didik menuliskan informasi teks
karaya ilimiah dengan sangat tepat |
4 |
b. Peserta didik menuliskan informasi
teks karaya ilimiah dengan tepat |
3 |
|
c. Peserta didik menuliskan informasi
teks karaya ilimiah dengankurang tepat |
2 |
|
d. Peserta didik menuliskan informasi
teks karaya ilimiah dengan tidak tepat |
1 |
Soal |
Aspek yang Dinilai |
Skor |
2 |
a. Peserta didik menuliskan tujuan
teks karaya ilimiah dengan sangat tepat |
4 |
b. Peserta
didik menuliskan tujuan teks karaya ilimiah dengan tepat |
3 |
|
c. Peserta
didik menuliskan tujuan teks karaya ilimiah dengan kurang tepat |
2 |
|
d. Peserta
didik menuliskan tujuan teks karaya ilimiah dengan tidak tepat |
1 |
Soal |
Aspek
yang Dinilai |
Skor |
|
3 |
a. Peserta
didik munuliskan esensi teks karaya ilimiah dengan sangat tepat |
4 |
|
b. Peserta
didik munuliskan esensi teks karaya ilimiah dengan tepat |
3 |
||
c. Peserta
didik munuliskan esensi teks karaya ilimiah dengan kurang tepat |
2 |
||
d. Peserta
didik munuliskan esensi teks karaya ilimiah dengan tidak tepat |
1 |
||
Keterangan
Nilai
= Perolehan skor
Jumlah
soal
Contoh
Nilai = 10 x 100 =
83,33
12
b. Keterampilan
Bait |
Aspek
yang Dinilai |
Skor |
1 |
a. Peserta didik menentukan topik teks karya
ilmiah sangat sesuai isi teks |
4 |
b. Peserta didik menentukan topik teks karya
ilmiah sesuai isi teks |
3 |
|
c. Peserta didik menentukan topik teks karya
ilmiah kurang sesuai isi teks |
2 |
|
d. Peserta didik menentukan topik teks karya
ilmiah tidak sesuai isi teks |
1 |
|
2 |
a. Peserta didik menyusun kerangka teks ilmiah sangat lengkap dan sangat sesuai
dengan topic |
4 |
b. Peserta didik menyusun kerangka teks ilmiah lengkap dan sesuai dengan topik |
3 |
|
c. Peserta didik menyusun kerangka teks ilmiah kurang lengkap dan kurang dengan
topik |
2 |
|
d. Peserta didik menyusun kerangka teks ilmiah tidak lengkap dan tidak sesuai isi
teks |
1 |
|
3 |
a. Peserta
didik menulis teks karya ilmiah sangat sesuai dengan
kerangka, struktur, ciri kebahasaan, dan EBI |
4 |
b. Peserta
didik menulis teks karya ilmiah sesuai dengan
kerangka, struktur, ciri kebahasaan, dan EBI |
3 |
|
c. Peserta
didik menulis teks karya ilmiah kurang sesuai dengan
kerangka, struktur, ciri kebahasaan, dan EBI |
2 |
|
d. Peserta
didik menulis teks karya ilmiah tidak sesuai dengan kerangka, struktur,
ciri kebahasaan, dan EBI |
1 |
Nilai = Perolehan skor
Jumlah
kreteria/soal
Contoh:
Nilai = 11 x
100 = 91,66
12
Mengetahui, Kepala SMA Negeri I
Peukan Pidie Mukhtar, S. Pd NIP. 19611005 1998 01 1 001 |
Peukan
Pidie, 20.. Guru Mata Pelajaran Aan Zuliana, S. Pd NIP.
19850122 200604 2 002 |
0 Response to "RPP K13 Bahasa Indonesia Teks Karya Ilmiah Kelas XI SMA Revisi"
Posting Komentar