RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata pelajaran : Bahasa
Indonesia
Sekolah : SMA Negeri I Pekan Pidie
Kelas/ Semester : XI IPA-IPS/Ganjil
Materi pokok : Teks Ceramah
Alokasi waktu : 6 X 45 menit (3
kali pertemuan)
A. Kompetensi Inti
1 2 3 |
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi,
damai), santun, responsive, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual,
konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian
spesifik dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan |
B. Kompetensi Dasar (KD) dan
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD) |
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
3.6 |
Menganalisis isi, struktur, dan
kebahasaan dalam ceramah |
3.6.1 3.6.2 |
Mengidentifikasi isi dan struktur
dalam teks ceramah. Mengidentifikasi kaidah kebahasaan
dalam teks ceramah |
4.6 |
Mengkonstruksi
ceramah tentang permasalahan aktual dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan
menggunakan struktur yang tepat |
4.6.1 4.6.2 |
Menentukan aspek-aspek yang
disunting dalam teks ceramah Menyampaikan hasil suntingan teks
ceramah teks ceramah dengan memperhatikan penguasaan materi. vokal, gesture,
ekspresi, dan intonasi. |
C. Tujuan
pembelajaran
Melalui kegiatan
pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan
model saintifik peserta didik dapat
mengidentifikasi isi dan struktur dalam teks ceramah, mengidentifikasi kaidah
kebahasaan dalam teks ceramah, menentukan aspek-aspek yang disunting dalam teks
ceramah, dan menyampaikan hasil suntingan teks ceramah teks ceramah dengan
memperhatikan penguasaan materi. vokal, gestur, ekspresi, dan intonasi dengan
rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif
selama proses pembelajaran.
D. Materi
Struktur Teks Ceramah
v
Pembukaan
v
Isi
v
Penutup
E. Pendekatan,
Metode dan Model Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model Pembelajaran : Active Learning
3. Metode :
diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan
G. Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar
1. Media/Alat : Lembar
Kerja, Papan
Tulis/White Board, LCD
2. Sumber Belajar :
Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat
Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat
Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa
Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
F. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 ×45
menit)
Tahap |
Langkah-langkah Pembelajaran |
Nilai
Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS |
Alokasi
Waktu |
Pendahuluan |
1. Peserta
didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. 2. Peserta
didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran
sebelumnya (tanya jawab). 3. Peserta
didik menyimak kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari 4. Peserta
didik mendiskusikan informasi dengan proaktiftentang
keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan. 5. Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang
akan dipelajari, metode dan media, langkahpembelajaran dan penilaian pembelajaran |
Religius Rasa ingin tahu |
10 menit |
Inti |
Mengamati 1. Peserta didik mengamati contoh teks ceramah yang dibawa. 2. Peserta didik mengidentifikasi struktur dan kaidah
kebahasaan teks ceramah. Menanya 3. Peserta didik bertanya jawab tentang struktur dan kaidah kebahasaan
teks ceramah. 4. Peserta didik memberi komentar terhadap struktur dan
kaidah kebahasaan teks ceramah. Menalar 1. Peserta
didik duduk secara berkelompok (heterogen, 3-4 orang). 2. Peserta
didik secara berdiskusi mengidentifikasi struktur dan kaidah kebahasaan teks
ceramah. Mencoba 1. Peserta didik mencoba menentukan dan menganalisis struktur
dan kaidah kebahasaan teks ceramah. 5. Peserta didik mencoba menuliskan struktur dan kaidah
kebahasaan teks ceramah. Mengomunikasikan/menyajikan 1. Peserta
didik secara berkelompok mempresentasikan hasil kerjanya. 2. Peserta didik yang lain memberikan komentar dan masukan atas penampilan temannya. |
Literasi Rasa ingin tahu Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical
thinking) Kreativitas (Creativity) Komunikatif (Communicative) |
70 menit |
Penutup |
Kegiatan guru
bersama peserta didik 1. Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran. 2. Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan. 3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran; dan Kegiatan guru 1. Melakukan penilaian. 2. Memberikan
tugas kepada peserta didik untuk banyak membaca teks ceramah lainnya. 3. Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya. 4. Menutup kegiatan belajar mengajar. |
Kreativitas (Creativity) HOTS |
10 menit |
Pertemuan 2 (4 ×45
menit)
Tahap |
Langkah-langkah Pembelajaran |
Nilai
Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS |
Alokasi
Waktu |
Pendahuluan |
1. Peserta
didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. 2. Peserta
didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran
sebelumnya (tanya jawab). 3. Peserta
didik menyimak kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari 4. Peserta
didik mendiskusikan informasi dengan proaktiftentang
keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan. 5. Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang
akan dipelajari, metode dan media, langkahpembelajaran dan penilaian pembelajaran |
Religius Rasa ingin tahu |
15 menit |
Inti |
Mengamati 1. Peserta
didik mengamati teks ceramah 2. Peserta
didik mengidentifikasi aspek-aspek yang perlu disunting dalam teks ceramah
yang disajikan Menanya 1. Peserta
didik bertanya jawab tentang aspek-aspek yang perlu disunting dalam teks
ceramah yang disajikan Menalar 1. Peserta
didik menentukan aspek-aspek yang perlu disunting dalam teks ceramah yang
disajikan Mencoba 1. Peserta
didik mencoba menuliskan aspek-aspek yang disunting dalam teks ceramah yang
disajikan Mengomunikasikan/menyajikan 1. Peserta
menyampaikan hasil suntingan |
Literasi Rasa ingin tahu Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical
thinking) Kreativitas (Creativity) Komunikatif (Communicative) |
150 menit |
Penutup |
Kegiatan guru
bersama peserta didik 1. Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran. 2. Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan. 3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran; dan Kegiatan guru 1. Melakukan penilaian. 2. Memberikan
tugas kepada peserta didik untuk Menyampaikan
rencana pembelajaranyang akan dilakukan selanjutnya. 3. Menutup kegiatan belajar mengajar. |
Kreativitas (Creativity) HOTS |
15 menit |
H. Penilaian
1. Teknik Penilaian:
a. Penilaian
Sikap :Observasi/pengamatan
b. Penilaian Pengetahuan :
Tes Tertulis
c. Penilaian
Keterampilan : Unjuk Kerja/ Praktik/ Portofolio
2. Bentuk Penilaian:
a. Observasi :lembar pengamatan aktivitas peserta didik
b. Tes
tertulis :uraian
dan lembar kerja
c. Unjuk
kerja :lembar
penilaian presentasi
d. Portofolio :pedoman
penilaian portofolio
3. Remedial
a. Pembelajaran remedial dilakukan
bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b. Tahapan pembelajaran remedial
dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor
sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
c. Tes remedial, dilakukan
sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali tes remedial
belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes
tertulis kembali.
4. Pengayaan
Bagi Peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan
pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
a. Siswa yang mencapai nilai diberikan materi masih dalam cakupan KD
dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
b. Siswa yang
mencapai nilai diberikan materi melebihi cakupan KD dengan
pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
LAMPIRAN:
MATERI TEKS CERAMAH
Bagian-bagian
teks ceramah meliputi pembukaan, isi, penutup.
1. Pembukaan
Berupa
pengenalan isu, masalah, ataupun pandangan pembicara tentang topic yang akan
dibahasnya. Bagian ini sama dengan isi dalam teks eksposisi, yang disebut
dengan isu.
2. Isi
Berupa
rangkaian argument pembicara berkaitan dengan pendahuluan atau tesis. Pada
bagian ini dikemukakan pula sejumlah fakta yang memperkuat argument-argumen
pembicara.
3. Penutup
Berupa
penegasan kembali atas pernyataan-pernyataan sebelumnya.
Menentukan topic yang dapat dijadikan bahan ceramah adalah:
a. pengalaman
pribadi,
b. hobi
dan keterampilan,
c. pengalaman
dalam pekerjaan,
d. pelajaran
sekolah atau kuliah,
e. pendapat
pribadi,
f. peristiwa
hangat dan pembicara public,
g. masalah
keagamaan,
h. problem
pribadi,
i. biografi
tokoh terkenal, dan
j. minat
khalayak
INTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Nama Satuan pendidikan :
Tahun
pelajaran :
2018/2019
Kelas/Semester :
XI / 1
Mata
Pelajaran :
Bahasa Indonesia
NO |
WAKTU |
NAMA |
KEJADIAN/ PERILAKU |
BUTIR SIKAP |
POS/ NEG |
TINDAK
LANJUT |
1 |
||||||
2 |
||||||
3 |
||||||
4 |
||||||
5 |
||||||
2 |
||||||
7 |
||||||
8 |
||||||
9 |
||||||
10 |
||||||
11 |
INSTRUMEN PENUGASAN 1
Satuan
Pendidikan |
: |
||
Mata
Pelajaran |
: |
Bahasa
Indonesia |
|
Kelas |
: |
XI |
|
Kompetensi
dasar |
: |
3.6 |
Menganalisis
isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah |
Indikator |
: |
3.6.1 |
Mengidentifikasi isi dan struktur
dalam teks ceramah. |
3.6.2 |
Mengidentifikasi kaidah kebahasaan dalam teks ceramah |
||
Materi |
: |
Teks ceramah |
Contoh Tugas:
1. Berkelompoklah
dan diskusikanlah struktur teks tentang sikap berbahasa para siswa.
Jelaskanlah
bagian yang merupakan tesis, rangkaian argument, dan penegasannya.
Bagian-bagian
Teks |
Isi
Teks |
Penjelasan |
pembukaan |
||
isi |
||
Penutup |
2. Bacakanlah
laporan kerja kelompokmu di depan kelompok lain!
Tugas
1. Cermatilah
kembali sebuah teks ceramah yang telah kamu baca/simak
Secara
berkelompok, identifikasilah kaidah-kaidah yang ada pada teks tersebut
Catatlah
hasilnya dalam format laporan seperti berikut.
Topik :………………………….
Penceramah:…………………….
Tempat/waktu:…………………..
Kaidah
Kebahasaan |
Contoh |
Kata ganti orang pertama |
|
Kata ganti orang kedua (sapaan) |
|
Kata sambung sebab akibat |
|
Kata sambung temporal |
|
Kata-kata teknis |
|
Kata-kata mental |
|
Kata-kata persuasive |
INSTRUMEN PENUGASAN 2
Satuan
Pendidikan |
: |
||
Mata
Pelajaran |
: |
Bahasa
Indonesia |
|
Kelas |
: |
XI |
|
Kompetensi
dasar |
: |
4.6 |
Mengkonstruksi
ceramah tentang permasalahan aktual dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan
menggunakan struktur yang tepat |
Indikator |
: |
4.6.1 |
Menentukan aspek-aspek yang
disunting dalam teks ceramah |
4.6.2 |
Menyampaikan hasil suntingan teks ceramah teks ceramah
dengan memperhatikan penguasaan materi. vokal, gesture, ekspresi, dan
intonasi. |
||
Materi |
: |
Teks ceramah |
Contoh Tugas:
Susunlah kerangka untuk topik
ceramah yang telah kamu rumuskan.
Topik:…………………………. |
|
Pembukaan (tesis, pengenalan isu) |
|
Isi (rangkaian argument) |
|
Penutup (penegasan) |
RUBRIK PENILAIAN
PENUGASAN
Nama Peserta
didik/kelompok :
…………………………………………………
Kelas :
…………………………………………………
Tanggal Pengumpulan :
...............................................................
No |
Kategori |
Skor |
Alasan |
1. |
1. Apakah teks ceramah yang
ditulis lengkap ? |
||
2. |
3. Apakah terdapat uraian tentangstruktur ceramah? |
||
3. |
Apakah bahasa yang digunakan untuk menginterpretasikan
lugas, sederhana, runtut dan sesuaidengan kaidah EYD? |
||
Jumlah |
Kriteria:
5 = sangat baik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang, dan 1 = sangat kurang
INSTRUMEN TES TERTULIS
Satuan
Pendidikan |
: |
||
Mata
Pelajaran |
: |
Bahasa
Indonesia |
|
Kelas |
: |
XI |
|
Kompetensi
dasar |
: |
3.6 |
Menganalisis
isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah |
Indikator |
: |
3.6.1 |
Mengidentifikasi isi dan struktur
dalam teks ceramah. |
3.6.2 |
Mengidentifikasi kaidah kebahasaan dalam teks ceramah |
||
Materi |
: |
Teks ceramah |
Tes Tertulis
Disediakan teks ceramah
1. Identifikasilah struktur dan aspek kebahasaan dalam teks ceramah
2. Kemukakan hasil identifikasimu terhadap struktur dan aspek kebahasaan teks ceramahtersebut
Tertulis (soal HOTS)
a. Identifikasilah teks ceramah dengan
memperhatikan struktur dan aspek kebahasaan dalam teks ceramah!
b. Buatlah rancangan teks ceramah dengan
memuat struktur dan aspek kebahasaannya!
c. Presentasikanlah hasil kerjamu dihadapan teman-temanmu.
RUBRIK PENILAIAN
Soal |
Aspek yang
Dinilai |
Skor |
1 |
Peserta didik
mengidentifikasi struktur dan
aspek kebahasaan teks ceramah dengan sangat tepat |
4 |
a. Peserta
didik mengidentifikasi struktur dan
aspek kebahasaan teks ceramah dengan tepat |
3 |
|
b. Peserta
didik mengidentifikasi struktur dan
aspek kebahasaan teks ceramah dengan kurang tepat |
2 |
|
c. Peserta
didik mengidentifikasi struktur dan
aspek kebahasaan teks ceramah dengan tidak tepat |
1 |
|
Soal |
Aspek yang Dinilai |
Skor |
3 |
Peserta didik mengemukakan komentar dengan sangat tepat |
4 |
d. Peserta didik mengemukakan komentar dengan tepat |
3 |
|
e. Peserta didik mengemukakan komentar dengan kurang tepat |
2 |
|
f. Peserta didik mengemukakan komentar dengan tidak tepat |
1 |
INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN
Satuan
Pendidikan |
: |
||
Mata
Pelajaran |
: |
Bahasa
Indonesia |
|
Kelas |
: |
XI |
|
Kompetensi
dasar |
: |
4.6 |
Mengkonstruksi
ceramah tentang permasalahan aktual dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan
menggunakan struktur yang tepat |
Indikator |
: |
4.6.1 |
Menentukan aspek-aspek yang
disunting dalam teks ceramah |
4.6.2 |
Menyampaikan hasil suntingan teks ceramah teks ceramah
dengan memperhatikan penguasaan materi. vokal, gesture, ekspresi, dan
intonasi. |
||
Materi |
: |
Teks ceramah |
1. Lembar Soal Keterampilan
Mari berlatih menyusun teks ceramah!
Langkah-langkah penyusunan teks ceramah sebagai berikut.
a. Menginventarisasi
macam-macam kegiatan yang pernah atau dapat dilakukan.
b. Menentukan
tema kegiatan
c. Membuat
kerangka dalam bentuk topik-topik kegiatan secara garis besar.
d. Mensistematisasikan
kerangka dengan benar dan mudah dipahami pembaca.
e. Mengumpulkan
bahan-bahan.
f. Mengembangkan
kerangka menjadi sebuah petunjuk yang jelas dan lengkap.
Buatlah sebuah teks ceramah dengan baik
dan benar!
Rubrik Penilaian
Aspek yang
Dinilai |
Skor |
Peserta
didik membuat teks ceramah dengan sangat baik |
4 |
g. Peserta
didik membuat teks ceramah dengan baik |
3 |
h. Peserta
didik membuat teks ceramah kurang baik |
2 |
i. Peserta
didik membuat teks ceramah tidak baik |
1 |
INSTRUMEN PENILAIAN PORTO FOLIO
Satuan
Pendidikan |
: |
|
||
Mata
Pelajaran |
: |
Bahasa
Indonesia – Wajib |
|
|
Kelas |
: |
XI |
|
|
Materi |
: |
Menganalisis
Teks ceramah |
|
|
Kompetensi
dasar |
: |
3.6 |
Menganalisis
isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah |
|
4.6 |
Mengkonstruksi
ceramah tentang permasalahan aktual dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan
menggunakan struktur yang tepat |
|||
Indikator |
: |
3.6.1 |
Mengidentifikasi isi dan struktur
dalam teks ceramah. |
|
3.6.2 |
Mengidentifikasi kaidah kebahasaan dalam teks ceramah |
|||
4.6.1 |
Menentukan aspek-aspek yang disunting dalam teks ceramah |
|||
4.6.2 |
Menyampaikan hasil suntingan teks ceramah teks ceramah
dengan memperhatikan penguasaan materi. vokal, gesture, ekspresi, dan
intonasi. |
Tugas I
1. Simpan setiap tugas yang diberikan ke dalam map individu peserta didik (warna map sesuai dengan kelas masing-masing/tiap kelas beda
warna map
2. Buat rangkuman dari setiap tugas yang
telah diberikan dan rangkuman dibuat pada kertas folio bergaris.
3. Batas waktu pengumpulan tugas adalah di
pertemuan terakhir
PEDOMAN PENSKORAN:
KRITERIA YANG DINILAI |
SKOR MAKSIMAL |
Peserta
didik menyimpan semua tugas yang telah dikerjakan dengan lengkap, dan
tugas dikerjakan dengan benar, serta dikumpulkan tepat waktu |
4 |
Peserta didik
menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, dan sebagian besar benar tapi
kurang lengkap, serta dikumpulkan tepat waktu |
3 |
Peserta didik
menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun sebagian besar salah,
kurang lengkap, dan tidak dikumpulkan tepat waktu |
2 |
Peserta didik
menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun tugas yang dikerjakan
salah, dan kurang lengkap, serta tidak dikumpulkan tepat waktu |
1 |
Peserta
didik tidak menyimpan satu pun tugas-tugas yang diberikan karena tidak
pernah mengumpulkan tugas |
0 |
LEMBAR PENILAIAN PORTOFOLIO
Jenis
Tugas :
Kelas :
Semester/ Tahun Pelajaran :
No |
Nama Peserta didik |
Tugas KD |
Nilai |
Tanda Tangan |
Ket. (Tgl Pengumpulan) |
|
Peserta Didik |
Guru |
|||||
KARTU SOAL HOTS
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI / 1 (satu)
Kurikulum : 2013
Kompetensi
Dasar |
: |
3.6 Menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan dalam
ceramah 4.6
Mengkonstruksi ceramah tentang permasalahan aktual dengan memerhatikan aspek
kebahasaan dan menggunakan struktur yang tepat |
Materi |
: |
Teks ceramah |
Indikator
Soal Nomor 1 |
: |
Disajikan teks ceramah, peserta didik dapatmengidentifikasi
isi dan struktur dalam teks ceramah dengan benar |
Indikator
Soal Nomor 2 |
: |
Disajikan teks ceramah, peserta didik dapatmengidentifikasi
kaidah kebahasaan dalam teks ceramahdengan benar |
Indikator
Soal Nomor 3 |
: |
Disajikan teks ceramah peserta didik dapat menentukan aspek-aspek
yang disunting dalam teks ceramah dengan benar. |
Indikator
Soal Nomor 4 |
: |
Disajikan teks ceramah peserta didik dapat menyampaikan
hasil suntingan teks ceramah teks ceramah dengan memperhatikan penguasaan
materi. vokal, gesture, ekspresi, dan intonasi dengan benar. |
Indikator
Soal Nomor 5 |
: |
Disajikan penampilan siswa membaca teks ceramah, peserta didik dapat
memberikan solusi terhadap pertanyaan teks ceramah dengan benar |
Mengetahui, Kepala
SMA Negeri I Peukan Pidie Mukhtar,
S. Pd NIP. 19611005
1998 01 1 001 |
Peukan Pidie, 20… Guru
Mata Pelajaran Aan
Zuliana, S. Pd NIP. 19850122
200604 2 002 |
0 Response to "RPP K13 Bahasa Indonesia Teks Ceramah 2 Kelas XI SMA Revisi"
Posting Komentar