RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata pelajaran : Bahasa
Indonesia
Sekolah : SMA Negeri I Peukan Pidie
Kelas/ Semester : XI IPA-IPS/Ganjil
Materi pokok : Teks Cerita Pendek
Alokasi waktu : 6 X 45 menit (3 kali pertemuan)
A. Kompetensi Inti
1 2 3 |
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi,
damai), santun, responsive, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual,
konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian
spesifik dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan |
B. Kompetensi Dasar (KD)
dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD) |
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
3.11 |
Menganalisis
pesan dari satu buku fiksi yang dibaca |
3.11.1 |
Menentukan pesan dari satu buku
fiksi yang dibaca |
4.11 |
Menyusun
ulasan terhadap pesan dari satu buku fiksi yang dibaca |
4.11.1 4.11.2 |
Menyusun
rancangan ulasan buku dari satu buku pengayaan (fiksi) Mengembangkan rancangan ulasan dari satu buku pengayaan |
C. Tujuan
pembelajaran
Melalui kegiatan
pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan
model saintifik peserta didik dapat mengungkapkan pesan dari satu buku pengayaan,menyusun rancangan ulasan dari satu
buku pengayaan, dan mengembangkan ulasan dari satu buku pengayaan.
D. Materi
Ulasan
buku fiksi
E. Pendekatan,
Metode dan Model Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model Pembelajaran : Active Learning
3. Metode :
diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan
G. Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar
1. Media/Alat : Lembar
Kerja, Papan
Tulis/White Board, LCD
2. Sumber Belajar :
Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat
Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat
Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa
Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
F. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 ×45
menit)
Tahap |
Langkah-langkah Pembelajaran |
Nilai Karakter (PPK), Literasi,
4C, HOTS |
Alokasi
Waktu |
Pendahuluan |
1. Peserta
didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. 2. Peserta
didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran
sebelumnya (tanya jawab). 3. Peserta
didik menyimak kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari 4. Peserta
didik mendiskusikan informasi dengan proaktiftentang
keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan. 5. Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang
akan dipelajari, metode dan media, langkah pembelajarandan penilaian pembelajaran |
Religius Rasa ingin tahu |
10 menit |
Inti |
Inti Mengamati : Siswa
mengamati contoh buku fiksi yang telah disediakan guru. Siswa
mengamati power point dan video interaktif tentang resensi
buku. Menanya : Siswa bertanya jawab dan berdiskusi tentang pesan dari buku
fiksi. Siswa bertanya jawab dan berdiskusi tentang pesan dalam buku
fiksi. Menalar : Siswa
membaca secara kritis berbagai cuplikan teks dari berbagai buku sumber. Mencoba : Siswa
menganalisis cuplikan tersebut dan menentukan pesan dalam buku fiksi
(diberikan lembar kerja per kelompok (2 orang)) Menyajikan/mengomunikasikan: Siswa menampilkan dan mengomunikasikan hasil kerja
analisis cuplikan tersebut secara jujur. 1. Siswa
yang lain saling menanggapi dan menilai hasil karya teman dengan jujur. |
Literasi Rasa ingin tahu Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical
thinking) Kreativitas (Creativity) Komunikatif (Communicative) |
70 menit |
Penutup |
Kegiatan guru
bersama peserta didik 1. Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran. 2. Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan. 3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran; dan Kegiatan guru 1. Melakukan penilaian. 2. Memberikan
tugas kepada peserta didik untukmembawa
buku fiksi 3. Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya. 4. Menutup kegiatan belajar mengajar. |
Kreativitas (Creativity) HOTS |
10 menit |
Pertemuan 2 (2 ×45
menit)
Tahap |
Langkah-langkah Pembelajaran |
Nilai Karakter (PPK), Literasi,
4C, HOTS |
Alokasi
Waktu |
Pendahuluan |
1. Peserta
didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. 2. Peserta
didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran
sebelumnya (tanya jawab). 3. Peserta
didik menyimak kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari 4. Peserta
didik mendiskusikan informasi dengan proaktiftentang
keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan. 5. Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang
akan dipelajari, metode dan media, langkah pembelajarandan penilaian pembelajaran |
Religius Rasa ingin tahu |
10
menit |
Inti |
Inti Mengamati : Siswa mengamati contoh resensi buku yang ada di LKS dan
mengamati unsur serta struktur teks resensi. Siswa
mengamati power point dan video interaktif tentang menulis
resensi buku serta langkah-langkahnya. Menanya : Siswa bertanya jawab dan berdiskusi tentang bagaimana menulis
resensi sebuah buku (latar belakang, jenis, keunggulan dan kekurangan, serta
evaluasi buku). Siswa bertanya jawab dan berdiskusi tentang langkah-langkah
menulis resensi buku, struktur dan kaidah kebahasaan dalam teks resensi. Menalar : Siswa
mengelaborasi buku yang sudah dibawa dan dibaca dengan membaca ulang secara
singkat. Siswa
menuangkan hasil elaborasi dalam catatan atau kerangka tulisan resensi yang
sudah disediakan. Mencoba : Siswa
secara individual mencoba menulis resensi buku yang dibawa sesuai dengan
kerangka/catatan yang telah ditulis. Siswa
mengembangkan catatan tersebut menjadi sebuah teks resensi dilengkapi dengan
langkah-langkah, struktur dan kaidah kebahasaan yang tepat. Menyajikan/mengomunikasikan: Siswa
secara individual menyampaikan teks resensi yang telah ditulis dilengkapi
dengan kelebihan dan kekurangan isi buku, serta masukan atau rekomendari
terhadap buku. Siswa
yang lain saling menanggapi dan menilai hasil analisis teman dengan jujur. |
Literasi Rasa ingin tahu Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical
thinking) Kreativitas (Creativity) Komunikatif (Communicative) |
70 menit |
Penutup |
Kegiatan guru
bersama peserta didik 1. Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran. 2. Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan. 3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran; dan Kegiatan guru 1. Melakukan penilaian. 2. Memberikan
tugas kepada peserta didik untukMenyampaikan
rencana pembelajaran yang
akan dilakukan selanjutnya. 3. Menutup kegiatan belajar mengajar. |
Kreativitas (Creativity) HOTS |
10 menit |
H. Penilaian
1. Teknik Penilaian:
a. Penilaian
Sikap :Observasi/pengamatan
b. Penilaian
Pengetahuan : Tes Tertulis
c. Penilaian
Keterampilan : Unjuk Kerja/ Praktik/ Portofolio
2. Bentuk Penilaian:
a. Observasi :lembar pengamatan aktivitas peserta didik
b. Tes
tertulis :uraian
dan lembar kerja
c. Unjuk
kerja :lembar
penilaian presentasi
d. Portofolio :pedoman
penilaian portofolio
3. Remedial
a. Pembelajaran remedial dilakukan
bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b. Tahapan pembelajaran remedial
dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor
sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
c. Tes remedial, dilakukan
sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali tes remedial
belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes
tertulis kembali.
4. Pengayaan
Bagi Peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan
pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
a. Siswa yang mencapai nilai diberikan materi masih dalam cakupan KD
dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
b. Siswa yang
mencapai nilai diberikan materi melebihi cakupan KD dengan
pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
INSTRUMEN
PENILAIAN SIKAP
Nama Satuan pendidikan :
Tahun
pelajaran :
Kelas/Semester :
XI / 1
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
NO |
WAKTU |
NAMA |
KEJADIAN/ PERILAKU |
BUTIR SIKAP |
POS/ NEG |
TINDAK
LANJUT |
1 |
||||||
2 |
||||||
3 |
||||||
4 |
||||||
5 |
||||||
2 |
||||||
7 |
||||||
8 |
||||||
9 |
||||||
10 |
||||||
11 |
INSTRUMEN PENUGASAN 1
Satuan Pendidikan |
: |
||
Mata
Pelajaran |
: |
Bahasa
Indonesia |
|
Kelas |
: |
XI |
|
Kompetensi
dasar |
: |
3.11 |
|
Indikator |
: |
3.11.1 |
Mengungkapkan pesan dari
satu buku pengayaan |
Materi |
: |
Buku
pengayaan (fiksi) |
Contoh Tugas:
Carilah
buku fiksi, kemudian identifikasilah pesan dalam buku tersebut!
INSTRUMEN PENUGASAN 2
Satuan
Pendidikan |
: |
||
Mata
Pelajaran |
: |
Bahasa
Indonesia |
|
Kelas |
: |
XI |
|
Kompetensi
dasar |
: |
4.11 |
Menyusun
ulasan terhadap pesan dari satu buku fiksi yang dibaca |
Indikator |
: |
4.11.1 |
Menyusun rancangan ulasan pesan dari satu buku pengayaan |
4.11.2 |
Mengembangkan ulasan pesan dari satu buku pengayaan |
||
Materi |
: |
Buku pengayaan (fiksi) |
Contoh Tugas:
1. Bacalah
sebuah buku fiksi, kemudian rancang pesan di dalam buku tersebut!
2. Kembangkanlah ulasan pesan
dari satu buku pengayaan!
RUBRIK PENILAIAN
PENUGASAN
Nama Peserta
didik/kelompok :
…………………………………………………
Kelas :
…………………………………………………
Tanggal
Pengumpulan :
...............................................................
No |
Kategori |
Skor |
Alasan |
1. |
1. Apakah ulasan
yang ditulis lengkap ? |
||
2. |
3. Apakah ulasan
yang ditulis memuat bagian penting dalam buku ? |
||
3. |
Apakah bahasa yang digunakan untuk menginterpretasikan
lugas, sederhana, runtut dan sesuaidengan kaidah EYD? |
||
Jumlah |
Kriteria:
5 = sangat baik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang, dan 1 = sangat kurang
INSTRUMEN TES TERTULIS
Satuan
Pendidikan |
: |
||
Mata
Pelajaran |
: |
Bahasa
Indonesia |
|
Kelas |
: |
XI |
|
Kompetensi
dasar |
: |
3.11 |
Menganalisis
pesan dari satu buku pengayaan (fiksi) yang dibaca |
Indikator |
: |
3.11.1 |
Mengungkapkan pesan dari
satu buku pengayaan |
Materi |
: |
Buku
pengayaan (fiksi) |
Tes Tertulis
Disediakan buku pengayaan (fiksi)
1. Identifikasilah
pesan dari satu buku pengayaan (fiksi) yang dibaca
2. Kemukakan hasil identifikasimu di depan kelas!
RUBRIK PENILAIAN
Soal |
Aspek yang
Dinilai |
Skor |
1 |
Peserta didik
mengidentifikasi pesan dari
satu buku pengayaan (fiksi) dengan sangat tepat |
4 |
a. Peserta
didik mengidentifikasi pesan dari
satu buku pengayaan (fiksi) dengan tepat |
3 |
|
b. Peserta
didik mengidentifikasi pesan dari
satu buku pengayaan (fiksi) dengan kurang tepat |
2 |
|
c. Peserta
didik mengidentifikasi pesan dari
satu buku pengayaan (fiksi) dengan tidak tepat |
1 |
|
Soal |
Aspek yang Dinilai |
Skor |
2 |
Peserta didik mengemukakan komentar dengan sangat tepat |
4 |
d. Peserta didik mengemukakan komentar dengan tepat |
3 |
|
e. Peserta didik mengemukakan komentar dengan kurang tepat |
2 |
|
f. Peserta didik mengemukakan komentar dengan tidak tepat |
1 |
INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN
Satuan
Pendidikan |
: |
||
Mata
Pelajaran |
: |
Bahasa
Indonesia |
|
Kelas |
: |
XI |
|
Kompetensi
dasar |
: |
4.11 |
Menyusun
ulasan pesan dari satu buku pengayaan (fiksi) |
Indikator |
: |
4.11.1 |
Menyusun rancangan ulasan pesan dari
satu buku pengayaan |
4.11.2 |
Mengembangkan ulasan pesan dari satu buku pengayaan |
||
Materi |
: |
Buku pengayaan (fiksi) |
1. Lembar Soal Keterampilan
1. Susunlah ulasan pesan
dari satu buku pengayaan!
2. Buatlah ulasan
pesan dari satu buku pengayaan dengan baik
dan benar!
Rubrik Penilaian
Aspek yang
Dinilai |
Skor |
Peserta
didik membuat ulasan pesan dari satu buku pengayaan
dengan sangat baik |
4 |
g. Peserta
didik membuat ulasan pesan dari satu buku pengayaan
dengan baik |
3 |
h. Peserta
didik membuat ulasan pesan dari satu buku pengayaankurang baik |
2 |
i. Peserta
didik membuat ulasan pesan dari satu buku pengayaantidak baik |
1 |
INSTRUMEN PENILAIAN PORTO FOLIO
Satuan
Pendidikan |
: |
|
||
Mata
Pelajaran |
: |
Bahasa
Indonesia |
|
|
Kelas |
: |
XI |
|
|
Materi |
: |
Menganalisis
Buku pengayaan (fiksi) |
|
|
Kompetensi
dasar |
: |
3.11 |
Menganalisis pesan dari satu buku pengayaan (fiksi) yang dibaca |
|
4.11 |
Menyusun
ulasan pesan dari satu buku pengayaan (fiksi) |
|||
Indikator |
: |
3.11.1 |
Menungkapkan pesan dari
satu buku pengayaan |
|
4.11.1 |
Menyusun rancangan ulasan pesan dari satu buku pengayaan |
|||
4.11.2 |
Mengembangkan ulasan pesan dari satu buku pengayaan |
Tugas I
1. Simpan setiap tugas yang diberikan ke dalam map
individu peserta didik (warna map sesuai dengan
kelas masing-masing/tiap kelas beda warna map
2. Buat rangkuman dari setiap tugas yang telah diberikan dan rangkuman dibuat
pada kertas folio bergaris.
3. Batas waktu pengumpulan tugas adalah di pertemuan terakhir
PEDOMAN PENSKORAN:
KRITERIA YANG DINILAI |
SKOR MAKSIMAL |
Peserta
didik menyimpan semua tugas yang telah dikerjakan dengan lengkap, dan
tugas dikerjakan dengan benar, serta dikumpulkan tepat waktu |
4 |
Peserta didik
menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, dan sebagian besar benar tapi
kurang lengkap, serta dikumpulkan tepat waktu |
3 |
Peserta didik
menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun sebagian besar salah,
kurang lengkap, dan tidak dikumpulkan tepat waktu |
2 |
Peserta didik
menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun tugas yang dikerjakan
salah, dan kurang lengkap, serta tidak dikumpulkan tepat waktu |
1 |
Peserta
didik tidak menyimpan satu pun tugas-tugas yang diberikan karena tidak
pernah mengumpulkan tugas |
0 |
LEMBAR PENILAIAN PORTOFOLIO
Jenis
Tugas :
Kelas : XI
Semester/ Tahun Pelajaran :
No |
Nama Peserta didik |
Tugas KD |
Nilai |
Tanda Tangan |
Ket. (Tgl Pengumpulan) |
|
Peserta Didik |
Guru |
|||||
KISI-KISI SOAL HOTS
Tahun Pelajaran 20../20..
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Program : XI
Semester : 1 (dua)
Kurikulum : 2013
No |
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok |
Kelas/ Semester |
Indikator Soal |
Level Kognitif |
Bentuk Soal |
1 |
3.11 Menganalisis
pesan dari satu buku pengayaan (fiksi) yang dibaca |
Mengungkapkan pesan dari
satu buku pengayaan |
XI/1 |
Disajikan buku fiksi, peserta didik dapatmengungkapkan pesan dari
satu buku pengayaan |
C4 |
Uraian |
2 |
4.7Menyusun ulasan pesan dari satu buku pengayaan (fiksi) |
Menyusun rancangan ulasan pesan dari
satu buku pengayaan |
XI/1 |
Disajikan buku fiksipeserta didik dapat menyusun rancangan ulasan pesan dari
satu buku pengayaan |
C2 |
uraian |
Mengembangkan ulasan pesan dari satu
buku pengayaan |
XI/1 |
Disajikan buku fiksipeserta didik dapat mengembangkan ulasan pesan dari satu
buku pengayaan |
C5 |
uraian |
KARTU SOAL HOTS
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI / 1 (satu)
Kurikulum : 2013
Kompetensi
Dasar |
: |
Menyusun
ulasan pesan dari satu buku pengayaan (fiksi) |
Materi |
: |
Buku pengayaan (fiksi) |
Indikator
Soal Nomor 1 |
: |
Disajikan buku fiksi, peserta didik dapat mengungkapkan pesan dari satu buku pengayaan dengan benar |
Indikator
Soal Nomor 2 |
: |
Disajikan buku fiksi peserta didik dapat menyusun rancangan ulasan pesan dari
satu buku pengayaan |
Indikator
Soal Nomor 3 |
: |
Disajikan buku fiksi peserta didik dapat mengembangkan ulasan pesan dari satu
buku pengayaan dengan benar |
Mengetahui, Kepala
SMA Negeri I Peukan Pidie Mukhtar,
S. Pd NIP. 19611005
1998 01 1 001 |
Peukan Pidie, 20.. Guru
Mata Pelajaran Aan
Zuliana, S. Pd NIP. 19850122
200604 2 002 |
0 Response to "RPP K13 Bahasa Indonesia Teks Cerita Pendek 4 Kelas XI SMA Revisi"
Posting Komentar