RPP K13 Bahasa Indonesia Teks Cerita Pendek 4 Kelas XI SMA Revisi

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Mata pelajaran    : Bahasa Indonesia

Sekolah                 : SMA Negeri I Peukan Pidie

Kelas/ Semester   : XI IPA-IPS/Ganjil

Materi pokok       : Teks Cerita Pendek

Alokasi waktu      :  6  X 45 menit (3 kali pertemuan)

 

 

 

A. Kompetensi Inti

 

1

2

 

 

3

 

 4

Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi, damai), santun, responsive, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian spesifik dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

B.  Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

Kompetensi Dasar (KD)

 Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

3.11

Menganalisis pesan dari satu buku fiksi yang dibaca

3.11.1

 

 

Menentukan pesan dari satu buku fiksi yang dibaca

4.11

Menyusun ulasan terhadap pesan dari satu buku fiksi yang dibaca

4.11.1

 

4.11.2

Menyusun rancangan ulasan buku dari satu buku pengayaan (fiksi)

Mengembangkan rancangan ulasan dari satu buku pengayaan

 

C.    Tujuan pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model saintifik peserta didik dapat mengungkapkan pesan dari satu buku pengayaan,menyusun rancangan ulasan dari satu buku pengayaan, dan mengembangkan ulasan dari satu buku pengayaan.

 

D.    Materi

Ulasan buku fiksi

E.     Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran

1.      Pendekatan                : Saintifik

2.      Model Pembelajaran : Active Learning

3.      Metode                      : diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan

 

G.    Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar

1.      Media/Alat    : Lembar Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD

2.      Sumber Belajar :

 

Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya

F.     Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1 (2 ×45 menit)

Tahap

Langkah-langkah Pembelajaran

Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS

Alokasi Waktu

Pendahuluan

1.      Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tu­han dan saling mendoakan.

2.      Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).

3.      Peserta didik menyimak  kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari

4.      Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktiftentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.

5.      Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipela­jari, metode dan media, langkah pembelajarandan penilaian pembelajaran

Religius

 

 

 

Rasa ingin tahu

10 menit

Inti

Inti

Mengamati :

         Siswa mengamati contoh buku fiksi yang telah disediakan guru.

         Siswa mengamati power point dan video interaktif tentang resensi buku.

Menanya :

         Siswa bertanya jawab dan berdiskusi tentang pesan dari buku fiksi.

         Siswa bertanya jawab dan berdiskusi tentang pesan dalam buku fiksi.

Menalar :

         Siswa membaca secara kritis berbagai cuplikan teks dari berbagai buku sumber.

Mencoba :

         Siswa menganalisis cuplikan tersebut dan menentukan pesan dalam buku fiksi (diberikan lembar kerja per kelompok (2 orang))

 

Menyajikan/mengomunikasikan:

         Siswa menampilkan dan mengomunikasikan hasil kerja analisis cuplikan tersebut secara jujur.

1.      Siswa yang lain saling menanggapi dan menilai hasil karya teman dengan jujur.

 

 

Literasi

 

 

 

 

Rasa ingin tahu

 

 

 

 

Kerja sama (Collaborative)

 

 

Berpikir kritis (Critical thinking)

Kreativitas (Creativity)

 

Komunikatif (Communicative)

70 menit

Penutup

Kegiatan guru bersama peserta didik

1.      Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.

2.      Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.

3.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan

Kegiatan guru

1.      Melakukan penilaian.

2.      Memberikan tugas kepada peserta didik untukmembawa buku fiksi

3.      Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.

4.      Menutup kegiatan belajar mengajar.

 

Kreativitas (Creativity)

 

 

 

 

HOTS

10 menit

 

 

 

 

 

 

 

Pertemuan 2 (2 ×45 menit)

Tahap

Langkah-langkah Pembelajaran

Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS

Alokasi Waktu

Pendahuluan

1.      Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tu­han dan saling mendoakan.

2.      Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).

3.      Peserta didik menyimak  kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari

4.      Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktiftentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.

5.      Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipela­jari, metode dan media, langkah pembelajarandan penilaian pembelajaran

Religius

 

 

 

Rasa ingin tahu

10 menit

Inti

Inti

Mengamati :

         Siswa mengamati contoh resensi buku yang ada di LKS dan mengamati unsur serta struktur teks resensi.

         Siswa mengamati power point dan video interaktif tentang menulis resensi buku serta langkah-langkahnya.

Menanya :

         Siswa bertanya jawab dan berdiskusi tentang bagaimana menulis resensi sebuah buku (latar belakang, jenis, keunggulan dan kekurangan, serta evaluasi buku).

         Siswa bertanya jawab dan berdiskusi tentang langkah-langkah menulis resensi buku, struktur dan kaidah kebahasaan dalam teks resensi.

Menalar :

         Siswa mengelaborasi buku yang sudah dibawa dan dibaca dengan membaca ulang secara singkat.

         Siswa menuangkan hasil elaborasi dalam catatan atau kerangka tulisan resensi yang sudah disediakan.

Mencoba :

         Siswa secara individual mencoba menulis resensi buku yang dibawa sesuai dengan kerangka/catatan yang telah ditulis.

         Siswa mengembangkan catatan tersebut menjadi sebuah teks resensi dilengkapi dengan langkah-langkah, struktur dan kaidah kebahasaan yang tepat.

Menyajikan/mengomunikasikan:

         Siswa secara individual menyampaikan teks resensi yang telah ditulis dilengkapi dengan kelebihan dan kekurangan isi buku, serta masukan atau rekomendari terhadap buku.

         Siswa yang lain saling menanggapi dan menilai hasil analisis teman dengan jujur.

 

 

Literasi

 

 

 

 

 

 

Rasa ingin tahu

 

 

 

 

 

 

 

Kerja sama (Collaborative)

 

 

 

 

 

 

Berpikir kritis (Critical thinking)

Kreativitas (Creativity)

 

 

 

Komunikatif (Communicative)

70 menit

Penutup

Kegiatan guru bersama peserta didik

1.      Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.

2.      Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.

3.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan

Kegiatan guru

1.      Melakukan penilaian.

2.      Memberikan tugas kepada peserta didik untukMenyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.

3.      Menutup kegiatan belajar mengajar.

 

 

 

 

Kreativitas (Creativity)

 

 

 

 

HOTS

10 menit

 

H.    Penilaian

1.       Teknik Penilaian:

a.          Penilaian Sikap                :Observasi/pengamatan

b.         Penilaian Pengetahuan     : Tes Tertulis

c.          Penilaian Keterampilan    : Unjuk Kerja/ Praktik/ Portofolio

2.       Bentuk Penilaian:       

a.       Observasi             :lembar pengamatan aktivitas peserta didik

b.      Tes tertulis           :uraian dan lembar kerja

c.       Unjuk kerja          :lembar penilaian presentasi

d.      Portofolio             :pedoman penilaian portofolio

3.       Remedial

a.       Pembelajaran remedial dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas

b.      Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.

c.       Tes remedial, dilakukan sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali tes remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes tertulis kembali.

4.      Pengayaan

Bagi Peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:

a.       Siswa yang mencapai nilai  diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan

b.      Siswa yang mencapai nilai  diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.

 

INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP

 

Nama Satuan pendidikan        :

Tahun pelajaran                       :

Kelas/Semester                        : XI / 1

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

 

NO

WAKTU

NAMA

KEJADIAN/

PERILAKU

BUTIR SIKAP

POS/

NEG

TINDAK LANJUT

1

2

3

4

5

2

7

8

9

10

11

 

INSTRUMEN PENUGASAN 1

 

Satuan Pendidikan

:

Mata Pelajaran

:

Bahasa Indonesia

Kelas

:

XI

Kompetensi dasar

:

3.11 

Indikator

:

3.11.1  

Mengungkapkan pesan dari satu buku pengayaan

Materi

:

Buku pengayaan (fiksi)

 

Contoh Tugas:

Carilah buku fiksi, kemudian identifikasilah pesan dalam buku tersebut!

 

 

INSTRUMEN PENUGASAN 2

 

Satuan Pendidikan

:

Mata Pelajaran

:

Bahasa Indonesia

Kelas

:

XI

Kompetensi dasar

:

4.11

Menyusun ulasan terhadap pesan dari satu buku fiksi yang dibaca

Indikator

:

4.11.1  

Menyusun rancangan ulasan pesan dari satu buku pengayaan

4.11.2  

Mengembangkan ulasan pesan dari satu buku pengayaan

Materi

:

Buku pengayaan (fiksi)

 

Contoh Tugas:

1.      Bacalah sebuah buku fiksi, kemudian rancang pesan di dalam buku tersebut!

2.      Kembangkanlah  ulasan pesan dari satu buku pengayaan!

 

RUBRIK PENILAIAN PENUGASAN

Nama Peserta didik/kelompok         : …………………………………………………

Kelas                                                   : …………………………………………………

Tanggal Pengumpulan                     : ...............................................................

No

Kategori

Skor

Alasan

1.

1. Apakah ulasan yang ditulis lengkap ?

2.

3. Apakah ulasan yang ditulis memuat bagian penting dalam buku ?

3.

Apakah bahasa yang digunakan untuk menginterpretasikan lugas, sederhana, runtut dan sesuaidengan kaidah EYD?

Jumlah

 

Kriteria:

5 = sangat baik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang, dan 1 = sangat kurang

 

 

INSTRUMEN TES TERTULIS

Satuan Pendidikan

:

Mata Pelajaran

:

Bahasa Indonesia

Kelas

:

XI

Kompetensi dasar

:

3.11 

Menganalisis pesan dari satu buku pengayaan (fiksi) yang dibaca

Indikator

:

3.11.1  

Mengungkapkan pesan dari satu buku pengayaan

Materi

:

Buku pengayaan (fiksi)

 

Tes Tertulis

Disediakan buku pengayaan (fiksi)

1.      Identifikasilah pesan dari satu buku pengayaan (fiksi) yang dibaca

2.      Kemukakan hasil identifikasimu di depan kelas!

 

RUBRIK PENILAIAN

Soal

Aspek yang Dinilai

Skor

1

Peserta didik mengidentifikasi pesan dari satu buku pengayaan (fiksi) dengan sangat tepat

4

a.                      Peserta didik mengidentifikasi pesan dari satu buku pengayaan (fiksi)  dengan tepat

3

b.                      Peserta didik mengidentifikasi pesan dari satu buku pengayaan (fiksi)  dengan kurang tepat

2

c.                      Peserta didik mengidentifikasi pesan dari satu buku pengayaan (fiksi)  dengan tidak tepat

1

Soal

Aspek yang Dinilai

Skor

2

Peserta didik mengemukakan komentar dengan sangat tepat

4

d.                     Peserta didik mengemukakan komentar dengan tepat

3

e.                      Peserta didik mengemukakan komentar dengan kurang tepat

2

f.                       Peserta didik mengemukakan komentar dengan tidak tepat

1

 

 

INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN

Satuan Pendidikan

:

Mata Pelajaran

:

Bahasa Indonesia

Kelas

:

XI

Kompetensi dasar

:

4.11

Menyusun ulasan pesan dari satu buku pengayaan (fiksi)

Indikator

:

4.11.1  

Menyusun rancangan ulasan pesan dari satu buku pengayaan

4.11.2  

Mengembangkan ulasan pesan dari satu buku pengayaan

Materi

:

Buku pengayaan (fiksi)

 

1.      Lembar Soal Keterampilan

1.      Susunlah ulasan pesan dari satu buku pengayaan!

2.      Buatlah ulasan pesan dari satu buku pengayaan dengan baik dan benar!

Rubrik Penilaian

Aspek yang Dinilai

Skor

Peserta didik membuat ulasan pesan dari satu buku pengayaan dengan sangat baik

4

g.                      Peserta didik membuat ulasan pesan dari satu buku pengayaan dengan  baik

3

h.                      Peserta didik membuat ulasan pesan dari satu buku pengayaankurang baik

2

i.                        Peserta didik membuat ulasan pesan dari satu buku pengayaantidak baik

1

 

 

INSTRUMEN PENILAIAN PORTO FOLIO

 

Satuan Pendidikan

:

 

Mata Pelajaran

:

Bahasa Indonesia

 

Kelas

:

XI

 

Materi

:

Menganalisis Buku pengayaan (fiksi)

 

Kompetensi dasar

:

3.11 

Menganalisis pesan dari satu buku pengayaan (fiksi) yang dibaca

4.11

Menyusun ulasan pesan dari satu buku pengayaan (fiksi)

Indikator

:

3.11.1  

Menungkapkan pesan dari satu buku pengayaan

4.11.1

Menyusun rancangan ulasan pesan dari satu buku pengayaan

4.11.2

Mengembangkan ulasan pesan dari satu buku pengayaan

Tugas I

1.  Simpan setiap tugas yang diberikan ke dalam map individu peserta didik (warna map sesuai dengan kelas masing-masing/tiap kelas beda warna map

2.   Buat rangkuman dari setiap tugas yang telah diberikan dan rangkuman dibuat pada kertas folio bergaris.

3.   Batas waktu pengumpulan tugas adalah di pertemuan terakhir

PEDOMAN PENSKORAN:

KRITERIA YANG DINILAI

SKOR MAKSIMAL

Peserta didik menyimpan semua tugas yang telah dikerjakan dengan lengkap, dan tugas dikerjakan dengan benar, serta dikumpulkan tepat waktu

4

Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, dan sebagian besar benar tapi kurang lengkap, serta dikumpulkan tepat waktu

3

Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun sebagian besar salah, kurang lengkap, dan tidak dikumpulkan tepat waktu

2

Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun tugas yang dikerjakan salah, dan kurang lengkap, serta tidak dikumpulkan tepat waktu

1

Peserta didik tidak menyimpan satu pun tugas-tugas yang diberikan karena tidak pernah mengumpulkan tugas

0


 

LEMBAR PENILAIAN PORTOFOLIO

 

Jenis Tugas                            :

Kelas                                       : XI

Semester/ Tahun Pelajaran  : 

 

No

Nama Peserta didik

Tugas KD

Nilai

Tanda Tangan

Ket.

(Tgl Pengumpulan)

Peserta Didik

Guru

 

KISI-KISI SOAL HOTS

Tahun Pelajaran 20../20..

 

Mata Pelajaran :  Bahasa Indonesia

Kelas/Program             :  XI

Semester                      :  1 (dua)

Kurikulum                   :  2013

No

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Kelas/

Semester

Indikator Soal

Level Kognitif

Bentuk Soal

1

3.11

Menganalisis pesan dari satu buku pengayaan (fiksi) yang dibaca

Mengungkapkan pesan dari satu buku pengayaan

XI/1

Disajikan buku fiksi, peserta didik dapatmengungkapkan pesan dari satu buku pengayaan

C4

Uraian

2

4.7Menyusun ulasan pesan dari satu buku pengayaan (fiksi)

Menyusun rancangan ulasan pesan dari satu buku pengayaan

XI/1

Disajikan buku fiksipeserta didik dapat menyusun rancangan ulasan pesan dari satu buku pengayaan

C2

uraian

Mengembangkan ulasan pesan dari satu buku pengayaan

XI/1

Disajikan buku fiksipeserta didik dapat mengembangkan ulasan pesan dari satu buku pengayaan

C5

uraian


KARTU  SOAL HOTS

Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester          : XI  / 1 (satu)

Kurikulum                 : 2013

Kompetensi Dasar

:

Menyusun ulasan pesan dari satu buku pengayaan (fiksi)

Materi

:

Buku pengayaan (fiksi)

Indikator Soal Nomor 1

:

Disajikan buku fiksi, peserta didik dapat mengungkapkan pesan dari satu buku pengayaan dengan benar

Indikator Soal Nomor 2

:

Disajikan buku fiksi peserta didik dapat menyusun rancangan ulasan pesan dari satu buku pengayaan

Indikator Soal Nomor 3

:

Disajikan buku fiksi peserta didik dapat mengembangkan ulasan pesan dari satu buku pengayaan dengan benar

 

Mengetahui,

Kepala SMA Negeri I Peukan Pidie                                                                                              

 

 

Mukhtar, S. Pd

NIP. 19611005  1998 01 1 001

Peukan Pidie,                    20..

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

Aan Zuliana, S.  Pd

NIP. 19850122  200604  2 002

 

0 Response to "RPP K13 Bahasa Indonesia Teks Cerita Pendek 4 Kelas XI SMA Revisi"

Posting Komentar