RPP K13 Bahasa Indonesia Teks Cerita Pendek 3 Kelas XI SMA Revisi

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Mata pelajaran    : Bahasa Indonesia

Sekolah                 : SMA Negeri I Peukan Pidie

Kelas/ Semester   : XI IPA-IPS/Ganjil

Materi pokok       : Teks Cerita Pendek

Alokasi waktu      :  6 X 45 menit (3 kali pertemuan)

 

 

 

A. Kompetensi Inti

 

1

2

 

 

3

 

 4

Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi, damai), santun, responsive, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian spesifik dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

B.  Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

Kompetensi Dasar (KD)

 Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

3.10

Menemukan butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca

3.10.1

 

 

Menungkapkan butir-butir penting dari dua buku pengayaan

 

4.10

Mempertunjukkan kesan pribadi terhadap salah dua buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk teks eksplanasi singkat

4.10.1

 

4.10.2

Menyusun rancangan laporan butir-butir penting dari dua buku pengayaan

Mengembangkan laporan butir-butir penting dari dua buku pengayaan dalam bentuk teks eksplanasi.

 

C.    Tujuan pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model saintifik peserta didik dapat menungkapkan butir-butir penting dari dua buku pengayaanmenyusun rancangan laporan butir-butir penting dari dua buku pengayaan, danmengembangkan laporan butir-butir penting dari dua buku pengayaan.

 

D.    Materi

Laporan buku nonfiksi

E.     Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran

1.      Pendekatan                : Saintifik

2.      Model Pembelajaran : Active Learning

3.      Metode                      : diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan

 

G.    Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar

1.      Media/Alat    : Lembar Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD

2.      Sumber Belajar :

 

Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya

F.     Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1 (2 ×45 menit)

Tahap

Langkah-langkah Pembelajaran

Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS

Alokasi Waktu

Pendahuluan

1.      Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tu­han dan saling mendoakan.

2.      Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).

3.      Peserta didik menyimak  kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari

4.      Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktiftentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.

5.      Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipela­jari, metode dan media, langkah pembelajarandan penilaian pembelajaran

Religius

 

 

 

Rasa ingin tahu

10 menit

Kegiatan Inti

Inti

Mengamati :

         Siswa mengamati contoh buku fiksi dan nonfiksi yang telah disediakan guru.

         Siswa mengamati power point dan video interaktif tentang resensi buku.

Menanya :

         Siswa bertanya jawab dan berdiskusi tentang perbedaan buku fiksi dan nonfiksi.

         Siswa bertanya jawab dan berdiskusi tentang unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi.

Menalar :

         Siswa membaca secara kritis berbagai cuplikan teks dari berbagai buku sumber.

Mencoba :

         Siswa menganalisis cuplikan tersebut dan mengelompokkan ke dalam fiksi atau non fiksi (diberikan lembar kerja per kelompok (2 orang))

 

Menyajikan/mengomunikasikan:

         Siswa menampilkan dan mengomunikasikan hasil kerja analisis cuplikan tersebut secara jujur.

1.      Siswa yang lain saling menanggapi dan menilai hasil karya teman dengan jujur.

 

 

Literasi

 

 

 

 

Rasa ingin tahu

 

 

 

 

Kerja sama (Collaborative)

 

 

Berpikir kritis (Critical thinking)

Kreativitas (Creativity)

 

Komunikatif (Communicative)

70 menit

Kegiatan Penutup

Kegiatan guru bersama peserta didik

1.      Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.

2.      Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.

3.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan

Kegiatan guru

1.      Melakukan penilaian.

2.      Memberikan tugas kepada peserta didik untukmembawa buku nonfiksi

3.      Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.

4.      Menutup kegiatan belajar mengajar.

 

Kreativitas (Creativity)

 

 

 

 

HOTS

10 menit

 

Pertemuan 2 (2 ×45 menit)

Tahap

Langkah-langkah Pembelajaran

Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS

Alokasi Waktu

Pendahuluan

1.      Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tu­han dan saling mendoakan.

2.      Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).

3.      Peserta didik menyimak  kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari

4.      Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktiftentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.

5.      Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipela­jari, metode dan media, langkah pembelajarandan penilaian pembelajaran

Religius

 

 

 

Rasa ingin tahu

10 menit

Inti

Inti

Mengamati :

         Siswa mengamati contoh resensi buku yang ada di LKS dan mengamati unsur serta struktur teks resensi.

         Siswa mengamati power point dan video interaktif tentang menulis resensi buku serta langkah-langkahnya.

Menanya :

         Siswa bertanya jawab dan berdiskusi tentang bagaimana menulis resensi sebuah buku (latar belakang, jenis, keunggulan dan kekurangan, serta evaluasi buku).

         Siswa bertanya jawab dan berdiskusi tentang langkah-langkah menulis resensi buku, struktur dan kaidah kebahasaan dalam teks resensi.

Menalar :

         Siswa mengelaborasi buku yang sudah dibawa dan dibaca dengan membaca ulang secara singkat.

         Siswa menuangkan hasil elaborasi dalam catatan atau kerangka tulisan resensi yang sudah disediakan.

Mencoba :

         Siswa secara individual mencoba menulis resensi buku yang dibawa sesuai dengan kerangka/catatan yang telah ditulis.

         Siswa mengembangkan catatan tersebut menjadi sebuah teks resensi dilengkapi dengan langkah-langkah, struktur dan kaidah kebahasaan yang tepat.

Menyajikan/mengomunikasikan:

         Siswa secara individual menyampaikan teks resensi yang telah ditulis dilengkapi dengan kelebihan dan kekurangan isi buku, serta masukan atau rekomendari terhadap buku.

         Siswa yang lain saling menanggapi dan menilai hasil analisis teman dengan jujur.

 

 

Literasi

 

 

 

 

 

 

Rasa ingin tahu

 

 

 

 

 

 

 

Kerja sama (Collaborative)

 

 

 

 

 

 

Berpikir kritis (Critical thinking)

Kreativitas (Creativity)

 

 

 

Komunikatif (Communicative)

70 menit

Penutup

Kegiatan guru bersama peserta didik

1.      Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.

2.      Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.

3.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan

Kegiatan guru

1.      Melakukan penilaian.

2.      Memberikan tugas kepada peserta didik untukMenyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.

3.      Menutup kegiatan belajar mengajar.

 

Kreativitas (Creativity)

 

 

 

 

HOTS

10 menit

 

H.    Penilaian

1.       Teknik Penilaian:

a.          Penilaian Sikap                :Observasi/pengamatan

b.         Penilaian Pengetahuan     : Tes Tertulis

c.          Penilaian Keterampilan    : Unjuk Kerja/ Praktik/ Portofolio

2.       Bentuk Penilaian:       

a.       Observasi             :lembar pengamatan aktivitas peserta didik

b.      Tes tertulis           :uraian dan lembar kerja

c.       Unjuk kerja          :lembar penilaian presentasi

d.      Portofolio             :pedoman penilaian portofolio

3.       Remedial

a.       Pembelajaran remedial dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas

b.      Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.

c.       Tes remedial, dilakukan sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali tes remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes tertulis kembali.

4.      Pengayaan

Bagi Peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:

a.       Siswa yang mencapai nilai  diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan

b.      Siswa yang mencapai nilai  diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.

 

INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP

 

Nama Duaan pendidikan        :

Tahun pelajaran                       :

Kelas/Semester                        : XI / 1

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

 

NO

WAKTU

NAMA

KEJADIAN/

PERILAKU

BUTIR SIKAP

POS/

NEG

TINDAK LANJUT

1

2

3

4

5

2

7

8

9

10

11

 

INSTRUMEN PENUGASAN 1

 

Duaan Pendidikan

:

Mata Pelajaran

:

Bahasa Indonesia

Kelas

:

XI

Kompetensi dasar

:

3.10 

Mengidentifikasi butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca

Indikator

:

3.10.1  

Menungkapkan butir-butir penting dari dua buku pengayaan

Materi

:

Buku pengayaan (nonfiksi)

 

Contoh Tugas:

Carilah buku nonfiksi, kemudian identifikasilah butir-butir penting dalam buku tersebut!

INSTRUMEN PENUGASAN 2

 

Duaan Pendidikan

:

Mata Pelajaran

:

Bahasa Indonesia

Kelas

:

XI

Kompetensi dasar

:

4.10

Mempertunjukkan kesan pribadi terhadap salah satu buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk teks eksplanasi singkat

Indikator

:

4.10.1  

Menyusun rancangan laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan

4.10.2  

Mengembangkan laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan dalam bentuk teks ekspalanasi

Materi

:

Buku pengayaan (nonfiksi)

 

Contoh Tugas:

1.      Bacalah sebuah buku nonfiksi, kemudian rancang butir-butir penting di dalam buku tersebut!

2.      Kembangkanlah  laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan!

 

RUBRIK PENILAIAN PENUGASAN

 

Nama Peserta didik/kelompok         : …………………………………………………

Kelas                                                   : …………………………………………………

Tanggal Pengumpulan                     : ...............................................................

No

Kategori

Skor

Alasan

1.

1. Apakah laporan yang ditulis lengkap ?

2.

3. Apakah laporan yang ditulis memuat bagian penting dalam buku ?

3.

Apakah bahasa yang digunakan untuk menginterpretasikan lugas, sederhana, runtut dan sesuaidengan kaidah EYD?

Jumlah

 

Kriteria:

5 = sangat baik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang, dan 1 = sangat kurang

INSTRUMEN TES TERTULIS

Duaan Pendidikan

:

SMA NEGERI 2 BOYOLALI

Mata Pelajaran

:

Bahasa Indonesia - Wajib

Kelas

:

XI

Kompetensi dasar

:

3.10 

Mengidentifikasi butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca

Indikator

:

3.10.1  

Menungkapkan butir-butir penting dari dua buku pengayaan

Materi

:

Buku pengayaan (nonfiksi)

 

Tes Tertulis

Disediakan buku pengayaan (nonfiksi)

1.      Identifikasilah butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca

2.      Kemukakan hasil identifikasimu di depan kelas!

 

RUBRIK PENILAIAN

Soal

Aspek yang Dinilai

Skor

1

Peserta didik mengidentifikasi butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi)  dengan sangat tepat

4

a.                      Peserta didik mengidentifikasi butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi)  dengan tepat

3

b.                      Peserta didik mengidentifikasi butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi)  dengan kurang tepat

2

c.                      Peserta didik mengidentifikasi butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi)  dengan tidak tepat

1

Soal

Aspek yang Dinilai

Skor

2

Peserta didik mengemukakan komentar dengan sangat tepat

4

d.                     Peserta didik mengemukakan komentar dengan tepat

3

e.                      Peserta didik mengemukakan komentar dengan kurang tepat

2

f.                       Peserta didik mengemukakan komentar dengan tidak tepat

1

 

INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN

Duaan Pendidikan

:

Mata Pelajaran

:

Bahasa Indonesia

Kelas

:

XI

Kompetensi dasar

:

4.10

Mempertunjukkan kesan pribadi terhadap salah satu buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk teks eksplanasi singkat

Indikator

:

4.10.1  

Menyusun rancangan laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan

4.10.2  

Mengembangkan laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan dalam bentuk teks eksplanasi

Materi

:

Buku pengayaan (nonfiksi)

 

1.      Lembar Soal Keterampilan

1.      Susunlah laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan!

2.      Buatlah laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan dengan baik dan benar!

Rubrik Penilaian

Aspek yang Dinilai

Skor

Peserta didik membuat laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan dengan sangat baik

4

g.                      Peserta didik membuat laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan dengan  baik

3

h.                      Peserta didik membuat laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan kurang baik

2

i.                        Peserta didik membuat laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan tidak baik

1

 

 

INSTRUMEN PENILAIAN PORTO FOLIO

 

Duaan Pendidikan

:

 

Mata Pelajaran

:

Bahasa Indonesia

 

Kelas

:

XI

 

Materi

:

Menganalisis Buku pengayaan (nonfiksi)

 

Kompetensi dasar

:

3.10 

Mengidentifikasi butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca

4.10

Mempertunjukkan kesan pribadi terhadap salah satu buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk teks eksplanasi singkat

Indikator

:

3.10.1  

Menungkapkan butir-butir penting dari dua buku pengayaan

4.10.1

Menyusun rancangan laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan

4.10.2

Mengembangkan laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan dalam bentuk teks eksplanasi

Tugas I

1.             Simpan setiap tugas yang diberikan ke dalam map individu peserta didik (warna map sesuai dengan kelas masing-masing/tiap kelas beda warna map

2.             Buat rangkuman dari setiap tugas yang telah diberikan dan rangkuman dibuat pada kertas folio bergaris.

3.             Batas waktu pengumpulan tugas adalah di pertemuan terakhir

PEDOMAN PENSKORAN:

KRITERIA YANG DINILAI

SKOR MAKSIMAL

Peserta didik menyimpan semua tugas yang telah dikerjakan dengan lengkap, dan tugas dikerjakan dengan benar, serta dikumpulkan tepat waktu

4

Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, dan sebagian besar benar tapi kurang lengkap, serta dikumpulkan tepat waktu

3

Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun sebagian besar salah, kurang lengkap, dan tidak dikumpulkan tepat waktu

2

Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun tugas yang dikerjakan salah, dan kurang lengkap, serta tidak dikumpulkan tepat waktu

1

Peserta didik tidak menyimpan dua pun tugas-tugas yang diberikan karena tidak pernah mengumpulkan tugas

0

 

LEMBAR PENILAIAN PORTOFOLIO

 

Jenis Tugas                            :

Kelas                                       : XI

Semester/ Tahun Pelajaran  : 

 

No

Nama Peserta didik

Tugas KD

Nilai

Tanda Tangan

Ket.

(Tgl Pengumpulan)

Peserta Didik

Guru

Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester          : XI  / 1 (dua)

Kurikulum                 : 2013

 

Kompetensi Dasar

:

Menyusun laporan butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi)

Materi

:

Buku pengayaan (nonfiksi)

Indikator Soal Nomor 1

:

Disajikan buku nonfiksi, peserta didik dapat menungkapkan butir-butir penting dari dua buku pengayaan dengan benar

Indikator Soal Nomor 2

:

Disajikan buku nonfiksi peserta didik dapat menyusun rancangan laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan

Indikator Soal Nomor 3

:

Disajikan buku nonfiksi peserta didik dapat mengembangkan laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan dengan benar

 

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SMA Negeri I Peukan Pidie                                                                                              

 

 

Mukhtar, S. Pd

NIP. 19611005  1998 01 1 001

Peukan Pidie,                    20..

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

Aan Zuliana, S.  Pd

NIP. 19850122  200604  2 002

 

0 Response to "RPP K13 Bahasa Indonesia Teks Cerita Pendek 3 Kelas XI SMA Revisi"

Posting Komentar