RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata pelajaran : Bahasa
Indonesia
Sekolah : SMA Negeri I Peukan Pidie
Kelas/ Semester : XI IPA-IPS/Ganjil
Materi pokok : Teks Cerita Pendek
Alokasi waktu : 6 X 45 menit (3
kali pertemuan)
A. Kompetensi Inti
1 2 3 |
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi,
damai), santun, responsive, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual,
konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian
spesifik dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan |
B. Kompetensi Dasar (KD)
dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD) |
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
3.10 |
Menemukan butir-butir penting dari
dua buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca |
3.10.1 |
Menungkapkan butir-butir
penting dari dua buku pengayaan |
4.10 |
Mempertunjukkan
kesan pribadi terhadap salah dua buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk teks
eksplanasi singkat |
4.10.1 4.10.2 |
Menyusun
rancangan laporan butir-butir penting dari dua buku pengayaan Mengembangkan
laporan butir-butir penting dari dua buku pengayaan dalam bentuk teks eksplanasi. |
C. Tujuan
pembelajaran
Melalui kegiatan
pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan
model saintifik peserta didik dapat menungkapkan butir-butir penting dari dua buku pengayaan, menyusun rancangan laporan butir-butir penting dari dua
buku pengayaan, danmengembangkan laporan butir-butir
penting dari dua buku pengayaan.
D. Materi
Laporan
buku nonfiksi
E. Pendekatan,
Metode dan Model Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model Pembelajaran : Active Learning
3. Metode :
diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan
G. Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar
1. Media/Alat : Lembar
Kerja, Papan
Tulis/White Board, LCD
2. Sumber Belajar :
Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat
Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat
Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa
Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
F. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 ×45
menit)
Tahap |
Langkah-langkah Pembelajaran |
Nilai Karakter (PPK), Literasi,
4C, HOTS |
Alokasi
Waktu |
Pendahuluan |
1. Peserta
didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. 2. Peserta
didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab). 3. Peserta
didik menyimak kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari 4. Peserta
didik mendiskusikan informasi dengan proaktiftentang
keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan. 5. Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang
akan dipelajari, metode dan media, langkah pembelajarandan penilaian pembelajaran |
Religius Rasa ingin tahu |
10 menit |
Kegiatan Inti |
Inti Mengamati : Siswa
mengamati contoh buku fiksi dan nonfiksi yang telah disediakan guru. Siswa
mengamati power point dan video interaktif tentang resensi
buku. Menanya : Siswa bertanya jawab dan berdiskusi tentang perbedaan buku fiksi
dan nonfiksi. Siswa bertanya jawab dan berdiskusi tentang unsur-unsur dalam
buku fiksi dan nonfiksi. Menalar : Siswa
membaca secara kritis berbagai cuplikan teks dari berbagai buku sumber. Mencoba : Siswa
menganalisis cuplikan tersebut dan mengelompokkan ke dalam fiksi atau non
fiksi (diberikan lembar kerja per kelompok (2 orang)) Menyajikan/mengomunikasikan: Siswa menampilkan dan mengomunikasikan hasil kerja
analisis cuplikan tersebut secara jujur. 1. Siswa
yang lain saling menanggapi dan menilai hasil karya teman dengan jujur. |
Literasi Rasa ingin tahu Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical
thinking) Kreativitas (Creativity) Komunikatif (Communicative) |
70 menit |
Kegiatan Penutup |
Kegiatan guru
bersama peserta didik 1. Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran. 2. Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan. 3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran; dan Kegiatan guru 1. Melakukan penilaian. 2. Memberikan
tugas kepada peserta didik untukmembawa
buku nonfiksi 3. Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya. 4. Menutup kegiatan belajar mengajar. |
Kreativitas (Creativity) HOTS |
10 menit |
Pertemuan 2 (2 ×45
menit)
Tahap |
Langkah-langkah Pembelajaran |
Nilai Karakter (PPK), Literasi,
4C, HOTS |
Alokasi
Waktu |
Pendahuluan |
1. Peserta
didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. 2. Peserta
didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran
sebelumnya (tanya jawab). 3. Peserta
didik menyimak kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari 4. Peserta
didik mendiskusikan informasi dengan proaktiftentang
keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan. 5. Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang
akan dipelajari, metode dan media, langkah pembelajarandan penilaian pembelajaran |
Religius Rasa ingin tahu |
10
menit |
Inti |
Inti Mengamati : Siswa mengamati contoh resensi buku yang ada di LKS dan
mengamati unsur serta struktur teks resensi. Siswa
mengamati power point dan video interaktif tentang menulis
resensi buku serta langkah-langkahnya. Menanya : Siswa bertanya jawab dan berdiskusi tentang bagaimana menulis
resensi sebuah buku (latar belakang, jenis, keunggulan dan kekurangan, serta
evaluasi buku). Siswa bertanya jawab dan berdiskusi tentang langkah-langkah
menulis resensi buku, struktur dan kaidah kebahasaan dalam teks resensi. Menalar : Siswa
mengelaborasi buku yang sudah dibawa dan dibaca dengan membaca ulang secara
singkat. Siswa
menuangkan hasil elaborasi dalam catatan atau kerangka tulisan resensi yang
sudah disediakan. Mencoba : Siswa
secara individual mencoba menulis resensi buku yang dibawa sesuai dengan
kerangka/catatan yang telah ditulis. Siswa
mengembangkan catatan tersebut menjadi sebuah teks resensi dilengkapi dengan
langkah-langkah, struktur dan kaidah kebahasaan yang tepat. Menyajikan/mengomunikasikan: Siswa
secara individual menyampaikan teks resensi yang telah ditulis dilengkapi
dengan kelebihan dan kekurangan isi buku, serta masukan atau rekomendari
terhadap buku. Siswa
yang lain saling menanggapi dan menilai hasil analisis teman dengan jujur. |
Literasi Rasa ingin tahu Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical
thinking) Kreativitas (Creativity) Komunikatif (Communicative) |
70 menit |
Penutup |
Kegiatan guru
bersama peserta didik 1. Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran. 2. Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan. 3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran; dan Kegiatan guru 1. Melakukan penilaian. 2. Memberikan
tugas kepada peserta didik untukMenyampaikan
rencana pembelajaran yang
akan dilakukan selanjutnya. 3. Menutup kegiatan belajar mengajar. |
Kreativitas (Creativity) HOTS |
10 menit |
H. Penilaian
1. Teknik
Penilaian:
a. Penilaian
Sikap :Observasi/pengamatan
b. Penilaian
Pengetahuan : Tes Tertulis
c. Penilaian
Keterampilan : Unjuk Kerja/ Praktik/ Portofolio
2. Bentuk
Penilaian:
a. Observasi :lembar pengamatan aktivitas peserta didik
b. Tes
tertulis :uraian
dan lembar kerja
c. Unjuk
kerja :lembar
penilaian presentasi
d. Portofolio :pedoman
penilaian portofolio
3. Remedial
a. Pembelajaran remedial dilakukan
bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b. Tahapan pembelajaran remedial
dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor
sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
c. Tes remedial, dilakukan
sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali tes remedial
belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes
tertulis kembali.
4. Pengayaan
Bagi Peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan
pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
a. Siswa yang mencapai nilai diberikan materi masih dalam cakupan KD
dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
b. Siswa yang
mencapai nilai diberikan materi melebihi cakupan KD dengan
pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
INSTRUMEN
PENILAIAN SIKAP
Nama Duaan pendidikan :
Tahun
pelajaran :
Kelas/Semester :
XI / 1
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
NO |
WAKTU |
NAMA |
KEJADIAN/ PERILAKU |
BUTIR SIKAP |
POS/ NEG |
TINDAK
LANJUT |
1 |
||||||
2 |
||||||
3 |
||||||
4 |
||||||
5 |
||||||
2 |
||||||
7 |
||||||
8 |
||||||
9 |
||||||
10 |
||||||
11 |
INSTRUMEN PENUGASAN 1
Duaan Pendidikan |
: |
||
Mata
Pelajaran |
: |
Bahasa
Indonesia |
|
Kelas |
: |
XI |
|
Kompetensi
dasar |
: |
3.10 |
Mengidentifikasi
butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca |
Indikator |
: |
3.10.1 |
Menungkapkan butir-butir
penting dari dua buku pengayaan |
Materi |
: |
Buku
pengayaan (nonfiksi) |
Contoh Tugas:
Carilah
buku nonfiksi, kemudian identifikasilah butir-butir penting dalam buku
tersebut!
INSTRUMEN PENUGASAN 2
Duaan
Pendidikan |
: |
||
Mata
Pelajaran |
: |
Bahasa
Indonesia |
|
Kelas |
: |
XI |
|
Kompetensi
dasar |
: |
4.10 |
Mempertunjukkan kesan pribadi
terhadap salah satu buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk teks eksplanasi
singkat |
Indikator |
: |
4.10.1 |
Menyusun rancangan laporan butir-butir
penting dari satu buku pengayaan |
4.10.2 |
Mengembangkan laporan butir-butir penting dari satu buku
pengayaan dalam bentuk teks
ekspalanasi |
||
Materi |
: |
Buku pengayaan (nonfiksi) |
Contoh Tugas:
1. Bacalah
sebuah buku nonfiksi, kemudian rancang butir-butir penting di dalam buku
tersebut!
2. Kembangkanlah laporan
butir-butir penting dari satu buku pengayaan!
RUBRIK PENILAIAN
PENUGASAN
Nama Peserta
didik/kelompok :
…………………………………………………
Kelas :
…………………………………………………
Tanggal
Pengumpulan :
...............................................................
No |
Kategori |
Skor |
Alasan |
1. |
1. Apakah laporan
yang ditulis lengkap ? |
||
2. |
3. Apakah laporan
yang ditulis memuat bagian penting dalam buku ? |
||
3. |
Apakah bahasa yang digunakan untuk menginterpretasikan
lugas, sederhana, runtut dan sesuaidengan kaidah EYD? |
||
Jumlah |
Kriteria:
5 = sangat baik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang, dan 1 = sangat kurang
INSTRUMEN TES TERTULIS
Duaan
Pendidikan |
: |
SMA NEGERI 2
BOYOLALI |
|
Mata
Pelajaran |
: |
Bahasa
Indonesia - Wajib |
|
Kelas |
: |
XI |
|
Kompetensi
dasar |
: |
3.10 |
Mengidentifikasi
butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca |
Indikator |
: |
3.10.1 |
Menungkapkan butir-butir
penting dari dua buku pengayaan |
Materi |
: |
Buku
pengayaan (nonfiksi) |
Tes Tertulis
Disediakan buku pengayaan (nonfiksi)
1. Identifikasilah
butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
2. Kemukakan hasil identifikasimu di depan kelas!
RUBRIK PENILAIAN
Soal |
Aspek yang
Dinilai |
Skor |
1 |
Peserta didik
mengidentifikasi butir-butir
penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) dengan sangat
tepat |
4 |
a. Peserta
didik mengidentifikasi butir-butir
penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) dengan tepat |
3 |
|
b. Peserta
didik mengidentifikasi butir-butir
penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) dengan kurang tepat |
2 |
|
c. Peserta
didik mengidentifikasi butir-butir
penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) dengan tidak tepat |
1 |
|
Soal |
Aspek yang Dinilai |
Skor |
2 |
Peserta didik mengemukakan komentar dengan sangat tepat |
4 |
d. Peserta didik mengemukakan komentar dengan tepat |
3 |
|
e. Peserta didik mengemukakan komentar dengan kurang tepat |
2 |
|
f. Peserta didik mengemukakan komentar dengan tidak tepat |
1 |
INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN
Duaan
Pendidikan |
: |
||
Mata
Pelajaran |
: |
Bahasa
Indonesia |
|
Kelas |
: |
XI |
|
Kompetensi
dasar |
: |
4.10 |
Mempertunjukkan kesan pribadi
terhadap salah satu buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk teks eksplanasi
singkat |
Indikator |
: |
4.10.1 |
Menyusun rancangan laporan butir-butir
penting dari satu buku pengayaan |
4.10.2 |
Mengembangkan laporan butir-butir penting dari satu buku
pengayaan dalam bentuk teks eksplanasi |
||
Materi |
: |
Buku pengayaan (nonfiksi) |
1. Lembar Soal Keterampilan
1. Susunlah laporan
butir-butir penting dari satu buku pengayaan!
2. Buatlah laporan
butir-butir penting dari satu buku pengayaan dengan baik dan benar!
Rubrik Penilaian
Aspek yang
Dinilai |
Skor |
Peserta
didik membuat laporan butir-butir penting dari satu
buku pengayaan dengan sangat baik |
4 |
g. Peserta
didik membuat laporan butir-butir penting dari satu
buku pengayaan dengan baik |
3 |
h. Peserta
didik membuat laporan butir-butir penting dari satu
buku pengayaan kurang baik |
2 |
i. Peserta
didik membuat laporan butir-butir penting dari satu
buku pengayaan tidak baik |
1 |
INSTRUMEN PENILAIAN PORTO FOLIO
Duaan
Pendidikan |
: |
|
||
Mata
Pelajaran |
: |
Bahasa
Indonesia |
|
|
Kelas |
: |
XI |
|
|
Materi |
: |
Menganalisis
Buku pengayaan (nonfiksi) |
|
|
Kompetensi
dasar |
: |
3.10 |
Mengidentifikasi
butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca |
|
4.10 |
Mempertunjukkan kesan pribadi
terhadap salah satu buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk teks eksplanasi
singkat |
|||
Indikator |
: |
3.10.1 |
Menungkapkan butir-butir
penting dari dua buku pengayaan |
|
4.10.1 |
Menyusun rancangan laporan butir-butir penting dari satu
buku pengayaan |
|||
4.10.2 |
Mengembangkan laporan butir-butir penting dari satu buku
pengayaan dalam bentuk teks eksplanasi |
Tugas I
1. Simpan setiap
tugas yang diberikan ke dalam map individu peserta didik
(warna map sesuai dengan kelas masing-masing/tiap kelas beda warna map
2. Buat rangkuman
dari setiap tugas yang telah diberikan dan rangkuman dibuat pada kertas folio
bergaris.
3. Batas waktu
pengumpulan tugas adalah di pertemuan terakhir
PEDOMAN PENSKORAN:
KRITERIA YANG DINILAI |
SKOR MAKSIMAL |
Peserta
didik menyimpan semua tugas yang telah dikerjakan dengan lengkap, dan
tugas dikerjakan dengan benar, serta dikumpulkan tepat waktu |
4 |
Peserta didik
menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, dan sebagian besar benar tapi
kurang lengkap, serta dikumpulkan tepat waktu |
3 |
Peserta didik
menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun sebagian besar salah,
kurang lengkap, dan tidak dikumpulkan tepat waktu |
2 |
Peserta didik
menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun tugas yang dikerjakan
salah, dan kurang lengkap, serta tidak dikumpulkan tepat waktu |
1 |
Peserta
didik tidak menyimpan dua pun tugas-tugas yang diberikan karena tidak
pernah mengumpulkan tugas |
0 |
LEMBAR PENILAIAN PORTOFOLIO
Jenis Tugas :
Kelas : XI
Semester/ Tahun Pelajaran :
No |
Nama Peserta didik |
Tugas KD |
Nilai |
Tanda Tangan |
Ket. (Tgl Pengumpulan) |
|
Peserta Didik |
Guru |
|||||
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI / 1 (dua)
Kurikulum : 2013
Kompetensi
Dasar |
: |
Menyusun
laporan butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) |
Materi |
: |
Buku pengayaan (nonfiksi) |
Indikator
Soal Nomor 1 |
: |
Disajikan buku nonfiksi, peserta didik dapat menungkapkan butir-butir penting dari dua buku pengayaan dengan benar |
Indikator
Soal Nomor 2 |
: |
Disajikan buku nonfiksi peserta didik dapat menyusun
rancangan laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan |
Indikator
Soal Nomor 3 |
: |
Disajikan buku nonfiksi peserta didik dapat mengembangkan
laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan dengan benar |
Mengetahui, Kepala
SMA Negeri I Peukan Pidie Mukhtar,
S. Pd NIP. 19611005
1998 01 1 001 |
Peukan Pidie, 20.. Guru
Mata Pelajaran Aan
Zuliana, S. Pd NIP. 19850122
200604 2 002 |
0 Response to "RPP K13 Bahasa Indonesia Teks Cerita Pendek 3 Kelas XI SMA Revisi"
Posting Komentar