RPP K13 Bahasa Indonesia Teks Artikel Kelas XII SMA Revisi

 



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Mata pelajaran    : Bahasa Indonesia

Sekolah                 : SMA Negeri I Muara Tiga

Kelas/ Semester   : XII IPA-IPS/Genap

Materi pokok       : Teks Artikel

Alokasi waktu      :  6 X 45 Menit (3 kali pertemuan)

 

 

 

 

A. Kompetensi Inti

 

1

2

 

 

 

3

 

 4

Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi, damai), santun, responsive, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian spesifik dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

B.  Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

Kompetensi Dasar (KD)

 Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

3.10

Mengevaluasi informasi, baik fakta maupun opini, dalam sebuah artikel yang dibaca.

3.10.1

Mengritisi masalah, fakta, opini, dan aspek kebahasaan dalam artikel

4.10

Menyusun opini dalam bentuk artikel.

4.10.1

 

4.10.2

Menulis opini dalam bentuk artikel dengan memerhatikan unsur-unsur

Memresentasikan, menanggapi, dan merevisi fakta dan opini, unsure kebahasaan, pengung-kapan opini dan hasil menyusunan opini da-lam bentuk artikel.

3.11

Menganalisis kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah.

3.11.1

 

Menemukan unsur kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah

4.11

Mengonstruksi sebuah artikel dengan memerhatikan fakta dan kebahasaan

4.11.1

 

4.11.2

Menyusun artikel dan/atau buku ilmiah sesuai dengan fakta

Mempresentasikan, menanggapi, dan mere-visi unsur kebahasaan artikel yang telah disusun,

 

C. Tujuan pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model saintifik peserta didik dapat menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan dan menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatan, mengungkapkan pernyataan umum dan tahapan-tahapan secara lisan dan menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan dengan rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif selama proses pembelajaran.

     
D
.  Materi Pembelajara

Artikel:

v  Masalah;

v  fakta dan opini;

v  penyusunan opini

v  topik

v  masalah

v  kerangka

v  Persamaan dan perbedaan penggunaan bahasa.


E.  Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran

1.      Pendekatan                : Saintifik

2.      Model Pembelajaran :Active Learning

3.      Metode                      : diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan

 

F.   Pendukung Pembelajaran (Alat, Media, Bahan, Sumber)

1. Penyajian komputer (laptop) dengan program powerpoint.

2. Bahan ajar otentik teks abstraksi novel  (hasil penelitian atau

    mediamassa).

3. Buku teks dan buku ensiklopedia.

4. Film dokumenter dunia flora dan fauna (semacam tayangan program

    televisi National Geographic atau BBC Earth).

5. Internet.

 

Sumber Belajar :

Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya

 

G  Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1 (2x45 menit)

Tahap

Langkah-langkah Pembelajaran

Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS

Alokasi Waktu

Pendahuluan

1.    Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan.

2.    Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan  pembelajaran sebelumnya.

3.    Peserta didik menerima informasi dengan proaktiftentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.

4.    Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipelajari dan dikuasai khususnya tentangpembelajaran teks artkel

Religius

 

 

 

Rasa ingin tahu

10 menit

Inti

1.  Peserta didik membaca 2 atau 3 teks artikel yang bertema sama.

2.  Peserta didik mencermati struktur teks dari 2 atau teks artikel yang telah dibacanya.

3.   Peserta didik mencermati ciri kebahasaan yang digunakan dalam teks artikel.

4.   Peserta didik mencermati isi pokok dalam 2 atau teks artikel

5.   Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang variasi struktur teks dari 2 atau 3 teks artikel.

6.   Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang ciri kebahasaan yang digunakan dalam 2 atau 3teks artikel.

7.   Peserta didik mengajukan pertanyaan isi pokok dari 2 atau 3 eks artikel.

8.   Peserta didik mengumpulkan informasi melalui telaah model teks artikel.

9.   Peserta didik melakukan klasifikasi dan deskripsi hubungan antarkomponen yang ditemukan berdasarkan telaah model teks

10. Peserta didik menyimpulkan struktur teks Artikel

11. Peserta didik menyimpulkan ciri kebahasaan teks artikel.

12. Peserta didik menyimpulkan isi pokok dari 2 Atau 3  teks artikel.

13. Peserta didik mempresentasikan hasil pengamatan tentang struktur, ciri bahasa, dan isi pokok dari 2 atau 3 teks artikel.

 

Literasi

 

 

 

 

 

Rasa ingin tahu

 

 

 

 

 

Kerja sama (Collaborative)

 

 

 

 

 

 

 

Berpikir kritis (Critical thinking)

 

Kreativitas (Creativity)

 

 

 

 

 

 

Komunikatif (Communicative)

70 menit

Kegiatan Penutup

1.     Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari

2.       Peserta didik melaksanakan penilaian pembelajaran yang diberikan pendidik.

3.       Peserta didik saling memberikan umpan balik/refleksihasil pembelajaran yang telah dicapai.

4.     Pendidik menutup pembelajaran dengan ucapan salam

 

Kreativitas (Creativity)

 

 

 

 

HOTS

10 menit

 

Pertemuan 2 (2x45 menit)

Tahap

Langkah-langkah Pembelajaran

Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS

Alokasi Waktu

Pendahuluan

1.    Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan.

2.    Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan  pembelajaran sebelumnya.

3.    Peserta didik menerima informasi dengan proaktiftentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.

4.    Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipelajari dan dikuasai khususnya tentangpembelajaran teks artkel

Religius

 

 

 

Rasa ingin tahu

10 menit

Inti

1.     Peserta didik mengerjakan latihan dan tugas yang diberikan guru untuk mengembangkan kompetensi (seperti latihan kata, kalimat, dan paragraf) yang sesuai dengan jenis teks artikel.

a. latihan kosa kata teknis, sinonim

b. latihan penulisan unsur serapan

c. latihan pengembangan teks artikel

d. latihan pengembangan kekohesian

 

2.    Peserta didik berdiskusi dengan teman sebangku atau berpasangan untuk menentukan topik dan menyusun kerangka karangan. Latihan pengembangan topik dengan peta pikiran (mindmap) atau jaring laba-laba (spider-web) atau teknik lain yang dapat digunakan.

 

Literasi

 

 

 

 

 

Rasa ingin tahu

 

 

 

 

 

Kerja sama (Collaborative)

 

 

 

 

 

 

 

Berpikir kritis (Critical thinking)

 

Kreativitas (Creativity)

 

 

 

 

 

 

Komunikatif (Communicative)

70 menit

Kegiatan Penutup

1.     Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari

2.     Peserta didik melaksanakan penilaian pembelajaran yang diberikan pendidik.

3.     Peserta didik saling memberikan umpan balik/refleksihasil pembelajaran yang telah dicapai.

4.     Pendidik menutup pembelajaran dengan ucapan salam

 

Kreativitas (Creativity)

 

 

 

 

HOTS

10 menit

 

Pertemuan 3 (2x45 menit)

Tahap

Langkah-langkah Pembelajaran

Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS

Alokasi Waktu

Pendahuluan

1.    Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan.

2.    Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan  pembelajaran sebelumnya.

3.    Peserta didik menerima informasi dengan proaktiftentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.

4.    Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipelajari dan dikuasai khususnya tentangpembelajaran teks artkel

Religius

 

 

 

Rasa ingin tahu

10 menit

Inti

1.    Peserta didik menentukan topik teks artikeldengan peta pikiran (mindmap) atau jaring laba-laba (spider-web).

2.    Peserta didik menyusun kerangka teks artikel.

3.    Peserta didik mengumpulkan informasi yang sesuai dengan topik yang    telah dipilih.

4.    Peserta didik menyusun teks artikel berdasarkan kerangka yang telah disusun dengan memperhatikan struktur teks, ciri kebahasaan, dan EBI.

5.    Peserta didik mempresentasikan teks artikel yang telah disusun.

6.    Peserta didik menanggapi teks artikel.

7.    Peserta didik merevisi teks artikel berdasarkan masukan dari teman.

8.    Peserta didik memasukkan lembar coretan kerja dan semua draf hingga draf final ke bendel portofolio masing-masing.

 

 

Literasi

 

 

 

 

 

Rasa ingin tahu

 

 

 

 

 

Kerja sama (Collaborative)

 

 

 

 

 

 

 

Berpikir kritis (Critical thinking)

 

Kreativitas (Creativity)

 

 

 

 

 

 

Komunikatif (Communicative)

70 menit

Kegiatan Penutup

1.      Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari

2.      Peserta didik melaksanakan penilaian pembelajaran yang diberikan pendidik.

3.      Peserta didik saling memberikan umpan balik/refleksihasil pembelajaran yang telah dicapai.

4.      Pendidik menutup pembelajaran dengan ucapan salam

 

Kreativitas (Creativity)

 

 

 

 

HOTS

10 menit

 

H.    Penilaian 

KD dan Indikator (KD-3: Pengetahuan)

Kompetensi Dasar

Indikator

3.10   Mengevaluasi informasi,

          baik fakta maupun opini,

          dalam sebuah artikel yang

          dibaca.

3.11    Menganalisis kebahasaan artikel

           dan/atau buku ilmiah.

      Mengritisi masalah, fakta, opini, dan aspek kebahasaan dalam artikel.

 

 

      Menemukan unsur kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah

 

Penilain Proses

Penilaian Hasil

Penilaian proses aspek pengetahuan dapat dilakukan sejak kegiatan Menelaah Model dan Mengonstruksi terbimbing.

 

Catatan terhadap peserta didik pada kegiatan tersebut dapat dijadikan penilaian sikap selama mengikuti pembelajaran: ketekunan, kerja sama, semangat, ketelitian, kerapihan, kebersihan, keseriusan.

Jenis    : Tulis

Bentuk : Uraian

 

Contoh instrumen:

1. Tulislah masalah yang dibahas dalam

     teks artikel yang Anda baca!

2. Jelaskan perbedaan fakta dengan opini

    dalam teks artikel!

3. Tuliskan 5 ciri kebahasaan yang

    digunakan dalam teks artikel dan berikan

    contoh masing-masing!

 

KD dan Indikator (KD-4: Keterampilan)

Kompetensi Dasar

Indikator

4.10   Menyusun opini dalam

          bentuk artikel.

 

 

 

 

 

 

 

 

4.11  Mengonstruksi sebuah artikel 

         dengan memerhatikan fakta dan

         kebahasaan

      Menulis opini dalam bentuk artikel dengan memerhatikan unsur-unsur artikel.

      Memresentasikan, menanggapi, dan merevisi fakta dan opini, unsur kebahasaan, pengungkapan opini dan hasil menyusunan opini dalam bentuk artikel.

 

      Menyusun artikel dan/atau buku ilmiah sesuai dengan fakta

      Mempresentasikan, menanggapi, dan mere-visi unsur kebahasaan artikel yang telah disusun,

 

Penilain Proses

Penilaian Hasil

Penilaian proses aspek pengetahuan dapat dilakukan sejak kegiatan Mengonstruksi Terbimbing dan Mengonstruksi Mandiri.

 

Catatan terhadap peserta didik pada kegiatan tersebut dapat dijadikan penilaian sikap selama mengikuti pembelajaran dan mengerjakan tugas (bendel portofolio): ketekunan, kerjasama, semangat, ketelitian, kerapihan, kebersihan, keseriusan.

Jenis   :  Menulis

Bentuk:  Uraian

 

Contoh Instrumen

Susunlah teks artikel dengan memerhatikan hal di bawah ini!

a. Tentukan topik teks artikel!

b. Buatlah kerangka sesuai dengan struktur

    teks artikel!

c.  Kembangkan kerangka tersebut menjadi

    teks artikel dengan memerhatikan

    struktur teks, ciri kebahasaan, dan EBI!

 

Portofolio

Khusus untuk kompetensi menulis, penilaian meliputi proses dan produk yang tercakup dalam penilaian portofolio. Dokumen portofolio berisi:

(a)   draf final (produk) berbobot 40%;

(b)   bukti draf sedikitnya 3 draf berbobot 25%;

(c)  bukti catatan tentang apa yang akan ditulis dan sumber penulisan berbobot 10%; dan

(d)   catatan reflektif berbobot 25%. 

 

Penilaian Sikap

Penilaian sikap dilakukan selama proses pembelajaran (termasuk informasi dari portofolio) atau di luar pembelajaran dengan melalui observasi dengan isian lembar pengamatan

Contoh format dan pengisian lembar pengamatan guru mata pelajaran

Nama Satuan pendidikan

Tahun pelajaran                  :

Kelas/Semester                    :

Mata Pelajaran                    :

No

Waktu

Nama

Kejadian/ Perilaku

Butir sikap

Positif/ Negatif

Tindak Lanjut

1.

Tidak mengerjakan tugas menganalisis teksartikel.

Tanggung jawab

-

Dipanggil dan disuruh mengerjakan tugas kembali dengan waktu terbatas

2.

Mengerjakan tugas dengan serius, tepat waktu, dan hasilnya sangat baik

Tanggung jawab

+

Diberi pujian atau apresiasi

 

Pedoman Penskoran

 a. Pengetahuan

 

Soal

Aspek yang Dinilai

Skor

1

a.       Peserta didik menulis masalah dalam teks artikel dengan sangat tepat

4

b.      Peserta didik menulis masalah dalam teks artikel dengan tepat

3

c.       Peserta didik menulis masalah dalam teks artikel dengan kurang tepat

2

d.      Peserta didik menulis masalah dalam teks artikel dengan tidak tepat

1

 

Soal

Aspek yang Dinilai

Skor

2

a.       Peserta didik membedakan fakta dengan opini dalan artikel dengansangat tepat

4

b.      Peserta didik membedakan fakta dengan opini dalan artikel dengantepat

3

c.       Peserta didik membedakan fakta dengan opini dalan artikel dengankurang tepat

2

d.      Peserta didik membedakan fakta dengan opini dalan artikel dengantidak tepat

1

 

Soal

Aspek yang Dinilai

Skor

3

a.       Peserta didik mentukan 5 ciri kebahasaan yang digunakan dalam teksartikel dan memberikan contoh masing-masing dengan sangat tepat

4

b.      Peserta didik mentukan 5 ciri kebahasaan yang digunakan dalam teksartikel dan memberikan contoh masing-masing dengan tepat

3

c.       Peserta didik mentukan 5 ciri kebahasaan yang digunakan dalam teksartikel dan memberikan contoh masing-masing dengan kurang tepat

2

d.      Peserta didik mentukan 5 ciri kebahasaan yang digunakan dalam teksartikel dan memberikan contoh masing-masing dengan tidak tepat

1

 

   Keterangan

         Nilai = Perolehan skor     

 

                    Jumlah soal

     Contoh
     Nilai =  10  x 100 = 83,33

                   12

b. Keterampilan

Soal

Aspek yang Dinilai

Skor

1

a.      Peserta didik menentukan topik teks artikel sangat sesuai isi teks

4

b.     Peserta didik menentukan topik teks artikel sesuai isi teks

3

c.      Peserta didik menentukan topik teks artikel kurang sesuai isi teks

2

d.     Peserta didik menentukan topik teks artikel tidak sesuai isi teks

1

2

a.       Peserta didik menyusun kerangka teks artikel sangat lengkap dan sangat sesuai dengan topik

4

b.      Peserta didik menyusun kerangka teks artikel lengkap dan sesuai dengan topik

3

c.       Peserta didik menyusun kerangka teks artikel kurang lengkap dan kurang dengan topik

2

d.      Peserta didik menyusun kerangka teks artikel tidak lengkap dan tidak sesuai isi teks

1

3

a.       Peserta didik menulis teks artikel sangat sesuai dengan kerangka, struktur, ciri kebahasaan, dan EBI

4

b.      Peserta didik menulis teks artikel sesuai dengan kerangka,  struktur, ciri kebahasaan, dan EBI

3

c.       Peserta didik menulis teks artikel kurang  sesuai dengan kerangka, struktur, ciri kebahasaan, dan EBI

2

d.      Peserta didik menulis teks artikel tidak sesuai dengan kerangka, struktur, ciri kebahasaan, dan EBI

1

 

          Nilai = Perolehan skor                      

                     Jumlah kreteria/soal

          Contoh

          Nilai  =  11   x 100  = 91,66

                        12

 

F.   Pendukung Pembelajaran (Alat, Media, Bahan, Sumber)

1.      Penyajian komputer (laptop) dengan program powerpoint.

2.      Bahan ajar otentik teks artikel (hasil penelitian atau media massa).

3.      Buku teks dan buku ensiklopedia.

4.      Film dokumenter.

5.      Internet. 

 

 

Mengetahui,

Kepala SMA N I Muara Tiga                                                                                         

 

 

Mukhtar, S. Pd, M. Pd

NIP. 19680623 199903 1 001

Laweung,                          20..

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

Dra. Mardiana

NIP. 19681028 199501 2 001

 

 

 

0 Response to "RPP K13 Bahasa Indonesia Teks Artikel Kelas XII SMA Revisi"

Posting Komentar