RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata pelajaran : Bahasa
Indonesia
Sekolah : SMA Negeri I Peukan Pidie
Kelas/ Semester : XII IPA-IPS/I
Materi pokok : Teks Editorial
Alokasi waktu : 12x45 menit ( 6
kali pertemuan )
A. Kompetensi Inti
1 2 3 |
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi,
damai), santun, responsive, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual,
konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian
spesifik dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan |
B. Kompetensi Dasar (KD)
dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD) |
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
3.6 |
Menganalisis
struktur dan kebahasaan teks editorial |
3.6.1 3.6.2 3.6.3 3.6.4 |
Mengidentifikasi
struktur teks editorial Mengidentifikasi
unsur kebahasaan teks editorial Menganalisis
topik teks editorial Menganalisis
kerangka karangan teks editorial |
4.6 |
Merancang
teks editorial dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan baik secara lisan
maupun tulis |
4.6.1 4.6.2 4.6.3 |
Menentukan struktur dan unsur kebahasaan dalam teks
editorial Menyusun teks editorial yang sesuai
topik, struktur, dan kebahasaan Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi topik,
kerangka, stuktur, unsur kebahasaan, dan teks editorial yang telah disusun |
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik dengan model
pedagoge genre, saintifik, dan CLIL peserta didik dapat mengidentifikasi
struktur, unsur kebahasaan, topic, dan kerangka karangan teks editorial,
menyusun teks editorial, dan mempresentasikannya.
D. Materi Pembelajaran
Ø Struktur teks
editorial
Ø Unsur
kebahasaan teks editorial
Ø Topik teks
editorial
Ø Kerangka
karangan teks editorial
E. Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran : Discovery Learning
Metode :
Tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran
F. Media Pembelajaran
Media :
Ø Worksheet atau
lembar kerja (siswa)
Ø Lembar
penilaian
Ø LCD Proyektor
Alat/Bahan :
Ø Penggaris,
spidol, papan tulis
Ø Laptop &
infocus
G. Sumber Belajar
Suherli, dkk. 2018.
Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XII Revisi Tahun 2018.
Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Suherli, dkk. Buku
Guru Bahasa Indonesia Kelas XII Revisi Tahun 2018. Jakarta:
Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Kosasih, E. 2014.
Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung:
Yrama Widya
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Tahap |
Langkah-langkah Pembelajaran |
Nilai Karakter (PPK), Literasi,
4C, HOTS |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
Guru : Orientasi Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka,
memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan
berdoa untuk memulai pembelajaran Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran. Aperpepsi Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya. Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang
materi : Struktur
Teks dan unsur kebahasaan teks editorial Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung Mengajukan
pertanyaan Pemberian
Acuan Memberitahukan materi
pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu. Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung Pembagian
kelompok belajar Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran. |
Religius Rasa ingin tahu |
10 menit |
Inti |
Peserta didik
diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Struktur Teks dan unsur kebahasaan teks editorial dengan
cara : Melihat (tanpa
atau dengan Alat) Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan. Mengamati Lembar
kerja materi Struktur Teks dan unsur kebahasaan teks editorial. Pemberian
contoh-contoh materi Struktur Teks dan unsur kebahasaan teks
editorial untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media
interaktif, dsb Membaca. Kegiatan literasi ini dilakukan di
rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang
lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Struktur Teks dan
unsur kebahasaan teks editorial. Menulis Menulis resume dari hasil
pengamatan dan bacaan terkait Struktur Teks dan unsur kebahasaan teks editorial. Mendengar Pemberian
materi Struktur Teks dan unsur kebahasaan teks editorial oleh
guru. Menyimak Penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi : Struktur
Teks dan unsur kebahasaan teks editorial untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian,
mencari informasi. Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya : Mengajukan
pertanyaan tentang materi : Struktur
Teks dan unsur kebahasaan teks editorial yang tidak
dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi
tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa
ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis
yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan: Mengamati
obyek/kejadian Mengamati
dengan seksama materi Struktur Teks dan unsur kebahasaan teks
editorial yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide
presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya. Membaca
sumber lain selain buku teks Secara disiplin melakukan kegiatan
literasidengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai
sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Struktur
Teks dan unsur kebahasaan teks editorial yang sedang dipelajari. Aktivitas Menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Struktur
Teks dan unsur kebahasaan teks editorial yang sedang dipelajari. Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber Mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Struktur Teks dan unsur
kebahasaan teks editorial yang telah disusun dalam daftar pertanyaan
kepada guru. Peserta didik dibentuk dalam
beberapa kelompok untuk: Mendiskusikan Peserta didik
dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai
materi Struktur Teks dan unsur kebahasaan teks editorial. Mengumpulkan
informasi Mencatat
semua informasi tentang materi Struktur Teks dan unsur kebahasaan
teks editorial yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan
yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Mempresentasikan
ulang Peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasapercaya diri Struktur Teks
dan unsur kebahasaan teks editorial sesuai dengan pemahamannya. Saling
tukar informasi tentang materi : Struktur
Teks dan unsur kebahasaan teks editorial dengan ditanggapi
aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah
pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat. Peserta didik
dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : Berdiskusi tentang
data dari Materi : Struktur
Teks dan unsur kebahasaan teks editorial Mengolah informasi dari
materi Struktur Teks dan unsur kebahasaan teks editorial yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Struktur Teks dan
unsur kebahasaan teks editorial. Peserta didik
mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan : Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : Struktur
Teks dan unsur kebahasaan teks editorial antara lain
dengan :
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang
telah dikerjakan oleh peserta didik. Peserta didik
berdiskusi untuk menyimpulkan Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Struktur Teks dan unsur
kebahasaan teks editorial berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan
pendapat dengan sopan. Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi : Struktur
Teks dan unsur kebahasaan teks editorial Mengemukakan pendapat atas
presentasi yang dilakukan tentanag materi Struktur Teks dan unsur
kebahasaan teks editorial dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan. Bertanya
atas presentasi tentang materi Struktur Teks dan unsur kebahasaan
teks editorial yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya. Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulistentang materi : Struktur
Teks dan unsur kebahasaan teks editorial Menjawab
pertanyaan tentang materi Struktur Teks dan unsur kebahasaan teks
editorial yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar
kerja yang telah disediakan. Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi Struktur Teks dan unsur
kebahasaan teks editorial yang akan selesai dipelajari Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi Struktur Teks dan unsur kebahasaan teks
editorial yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan
siswa terhadap materi pelajaran. |
Literasi Rasa ingin tahu Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical
thinking) Kreativitas (Creativity) Komunikatif (Communicative) |
70 menit |
Kegiatan
Penutup |
Peserta didik
: Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran tentang materi Struktur Teks dan unsur
kebahasaan teks editorial yang baru dilakukan. Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Struktur Teks dan unsur
kebahasaan teks editorial yang baru diselesaikan. Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. Guru : Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk
materi pelajaran Struktur Teks dan unsur kebahasaan teks editorial. Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Struktur
Teks dan unsur kebahasaan teks editorial. Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Struktur Teks dan unsur kebahasaan
teks editorial kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama
yang baik. |
Kreativitas (Creativity) HOTS |
10 menit |
Pertemuan Kedua
Tahap |
Langkah-langkah Pembelajaran |
Nilai Karakter (PPK), Literasi,
4C, HOTS |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
Guru : Orientasi Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka,
memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan
berdoa untuk memulai pembelajaran Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran. Aperpepsi Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya. Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang
materi : Memahami
dan Menentukan topik karangan Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung Mengajukan
pertanyaan Pemberian
Acuan Memberitahukan materi
pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu. Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung Pembagian
kelompok belajar Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran. |
Religius Rasa ingin tahu |
10 menit |
Inti |
Peserta didik
diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Memahami dan Menentukan topik karangan dengan cara : Melihat (tanpa
atau dengan Alat) Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan. Mengamati Lembar
kerja materi Memahami dan Menentukan topik karangan. Pemberian
contoh-contoh materi Memahami dan Menentukan topik karangan untuk
dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb Membaca. Kegiatan literasi ini dilakukan di
rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang
lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Memahami dan
Menentukan topik karangan. Menulis Menulis resume dari hasil
pengamatan dan bacaan terkait Memahami dan Menentukan topik karangan. Mendengar Pemberian
materi Memahami dan Menentukan topik karangan oleh guru. Menyimak Penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi : Memahami
dan Menentukan topik karangan untuk
melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian,
mencari informasi. Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya : Mengajukan
pertanyaan tentang materi : Memahami
dan Menentukan topik karangan yang tidak
dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi
tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa
ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis
yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan: Mengamati
obyek/kejadian Mengamati
dengan seksama materi Memahami dan Menentukan topik karangan yang
sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan
dan mencoba menginterprestasikannya. Membaca
sumber lain selain buku teks Secara disiplin melakukan kegiatan
literasidengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai
sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Memahami
dan Menentukan topik karangan yang sedang dipelajari. Aktivitas Menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan
materi Memahami dan Menentukan topik karangan yang sedang
dipelajari. Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber Mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Memahami dan Menentukan topik
karangan yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru. Peserta didik dibentuk dalam
beberapa kelompok untuk: Mendiskusikan Peserta didik
dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai
materi Memahami dan Menentukan topik karangan. Mengumpulkan
informasi Mencatat
semua informasi tentang materi Memahami dan Menentukan topik
karangan yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang
rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Mempresentasikan
ulang Peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasapercaya diri Memahami dan
Menentukan topik karangan sesuai dengan pemahamannya. Saling
tukar informasi tentang materi : Memahami
dan Menentukan topik karangan dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh
sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian,
dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat. Peserta didik
dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : Berdiskusi tentang
data dari Materi : Memahami
dan Menentukan topik karangan Mengolah informasi dari
materi Memahami dan Menentukan topik karangan yang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Memahami dan
Menentukan topik karangan. Peserta didik
mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan : Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : Memahami
dan Menentukan topik karangan antara lain
dengan :
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang
telah dikerjakan oleh peserta didik. Peserta didik
berdiskusi untuk menyimpulkan Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Memahami dan Menentukan topik
karangan berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur,
teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat
dengan sopan. Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi : Memahami
dan Menentukan topik karangan Mengemukakan pendapat atas
presentasi yang dilakukan tentanag materi Memahami dan Menentukan
topik karangan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan. Bertanya
atas presentasi tentang materi Memahami dan Menentukan topik
karangan yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya. Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang materi : Memahami
dan Menentukan topik karangan Menjawab
pertanyaan tentang materi Memahami dan Menentukan topik
karangan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar
kerja yang telah disediakan. Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi Memahami dan Menentukan topik
karangan yang akan selesai dipelajari Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi Memahami dan Menentukan topik
karangan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan
siswa terhadap materi pelajaran |
Literasi Rasa ingin tahu Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical
thinking) Kreativitas (Creativity) Komunikatif (Communicative) |
70 menit |
Kegiatan
Penutup |
Peserta didik
: Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran tentang materi Memahami dan Menentukan topik
karangan yang baru dilakukan. Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Memahami dan Menentukan topik
karangan yang baru diselesaikan. Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. Guru : Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk
materi pelajaran Memahami dan Menentukan topik karangan. Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Memahami
dan Menentukan topik karangan. Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Memahami dan Menentukan topik
karangan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik. |
Kreativitas (Creativity) HOTS |
10 menit |
Pertemuan Ketiga
Tahap |
Langkah-langkah Pembelajaran |
Nilai Karakter (PPK), Literasi,
4C, HOTS |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
Guru : Orientasi Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka,
memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan
berdoa untuk memulai pembelajaran Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran. Aperpepsi Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya. Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang
materi : Kerangka
karangan teks editorial Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung Mengajukan
pertanyaan Pemberian
Acuan Memberitahukan materi
pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu. Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung Pembagian
kelompok belajar Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran. |
Religius Rasa ingin tahu |
10 menit |
Inti |
. Peserta didik diberi motivasi atau
rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Kerangka
karangan teks editorial dengan cara : Melihat (tanpa
atau dengan Alat) Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan. Mengamati Lembar
kerja materi Kerangka karangan teks editorial. Pemberian
contoh-contoh materi Kerangka karangan teks editorial untuk
dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb Membaca. Kegiatan literasi ini dilakukan di
rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang
lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Kerangka karangan
teks editorial. Menulis Menulis resume dari hasil
pengamatan dan bacaan terkait Kerangka karangan teks editorial. Mendengar Pemberian
materi Kerangka karangan teks editorial oleh guru. Menyimak Penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi : Kerangka
karangan teks editorial untuk
melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian,
mencari informasi. Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya : Mengajukan
pertanyaan tentang materi : Kerangka
karangan teks editorial yang tidak
dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi
tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa
ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis
yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan: Mengamati
obyek/kejadian Mengamati
dengan seksama materi Kerangka karangan teks editorial yang
sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan
dan mencoba menginterprestasikannya. Membaca
sumber lain selain buku teks Secara disiplin melakukan kegiatan
literasidengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai
sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Kerangka
karangan teks editorial yang sedang dipelajari. Aktivitas Menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan
materi Kerangka karangan teks editorial yang sedang
dipelajari. Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber Mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Kerangka karangan teks
editorial yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru. Peserta didik dibentuk dalam
beberapa kelompok untuk: Mendiskusikan Peserta didik
dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai
materi Kerangka karangan teks editorial. Mengumpulkan
informasi Mencatat
semua informasi tentang materi Kerangka karangan teks editorial yang
telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan
bahasa Indonesia yang baik dan benar. Mempresentasikan
ulang Peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasapercaya diri Kerangka
karangan teks editorial sesuai dengan pemahamannya. Saling
tukar informasi tentang materi : Kerangka
karangan teks editorial dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh
sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat. Peserta didik
dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : Berdiskusi tentang
data dari Materi : Kerangka
karangan teks editorial Mengolah informasi dari
materi Kerangka karangan teks editorial yang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Kerangka karangan
teks editorial. Peserta didik
mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan : Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : Kerangka
karangan teks editorial antara lain
dengan :
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang
telah dikerjakan oleh peserta didik. Peserta didik
berdiskusi untuk menyimpulkan Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Kerangka karangan teks
editorial berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur,
teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat
dengan sopan. Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi : Kerangka
karangan teks editorial Mengemukakan pendapat atas
presentasi yang dilakukan tentanag materi Kerangka karangan teks
editorial dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan. Bertanya
atas presentasi tentang materi Kerangka karangan teks editorial yang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk
menjawabnya. Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang materi : Kerangka
karangan teks editorial Menjawab
pertanyaan tentang materi Kerangka karangan teks editorial yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan. Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi Kerangka karangan teks
editorial yang akan selesai dipelajari Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi Kerangka karangan teks editorial yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran. |
Literasi Rasa ingin tahu Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical
thinking) Kreativitas (Creativity) Komunikatif (Communicative) |
70 menit |
Kegiatan
Penutup |
Peserta didik
: Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran tentang materi Kerangka karangan teks
editorial yang baru dilakukan. Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Kerangka karangan teks
editorial yang baru diselesaikan. Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. Guru : Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk
materi pelajaran Kerangka karangan teks editorial. Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Kerangka
karangan teks editorial. Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Kerangka karangan teks
editorial kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik. |
Kreativitas (Creativity) HOTS |
10 menit |
I. Penilaian Hasil Pembelajaran
1. Teknik Penilaian (terlampir)
a. Sikap
- Penilaian
Observasi
Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan
perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran
maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh
instrumen penilaian sikap
No |
Nama Siswa |
Aspek Perilaku yang Dinilai |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
|||
BS |
JJ |
TJ |
DS |
|||||
1 |
75 |
75 |
50 |
75 |
275 |
68,75 |
C |
|
2 |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
Keterangan :
• BS : Bekerja Sama
• JJ : Jujur
• TJ : Tanggun Jawab
• DS : Disiplin
Catatan :
1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Cukup
25 = Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai
dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah
sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik
(SB)
50,01 –
75,00 = Baik (B)
25,01 –
50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 = Kurang (K)
5. Format di atas dapat diubah sesuai dengan
aspek perilaku yang ingin dinilai
- Penilaian
Diri
Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru
kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai
kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka
guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini,
menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian
yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format
penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian :
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
1 |
Selama
diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan. |
50 |
250 |
62,50 |
C |
|
2 |
Ketika kami
berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara. |
50 |
||||
3 |
Saya ikut
serta dalam membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok. |
50 |
||||
4 |
... |
100 |
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor
maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik
(SB)
50,01 –
75,00 = Baik (B)
25,01 –
50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 = Kurang (K)
5. Format di atas dapat juga digunakan untuk
menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan
- Penilaian
Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik
untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru
telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan
juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh format penilaian teman
sebaya :
Nama yang diamati :
...
Pengamat :
...
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
1 |
Mau menerima pendapat teman. |
100 |
450 |
90,00 |
SB |
|
2 |
Memberikan solusi terhadap
permasalahan. |
100 |
||||
3 |
Memaksakan pendapat sendiri kepada
anggota kelompok. |
100 |
||||
4 |
Marah saat diberi kritik. |
100 |
||||
5 |
... |
50 |
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
untuk pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50
dan Tidak = 100
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor
maksimal dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik
(SB)
50,01 –
75,00 = Baik (B)
25,01 –
50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 = Kurang (K)
- Penilaian
Jurnal (Lihat lampiran)
b. Pengetahuan
- Tertulis
Uraian dan atau Pilihan Ganda (Lihat lampiran)
- Tes
Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian Aspek Percakapan
No |
Aspek yang Dinilai |
Skala |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
|||
25 |
50 |
75 |
100 |
|||||
1 |
Intonasi |
|||||||
2 |
Pelafalan |
|||||||
3 |
Kelancaran |
|||||||
4 |
Ekspresi |
|||||||
5 |
Penampilan |
|||||||
6 |
Gestur |
- Penugasan (Lihat
Lampiran)
Tugas Rumah
a. Peserta didik menjawab pertanyaan
yang terdapat pada buku peserta didik
b. Peserta didik memnta tanda tangan
orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik
c. Peserta didik mengumpulkan jawaban
dari tugas rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian.
c. Keterampilan
- Penilaian
Unjuk Kerja
Contoh instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada
instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:
Instrumen Penilaian
No |
Aspek yang Dinilai |
Sangat Baik (100) |
Baik (75) |
Kurang Baik (50) |
Tidak Baik (25) |
1 |
Kesesuaian
respon dengan pertanyaan |
||||
2 |
Keserasian
pemilihan kata |
||||
3 |
Kesesuaian
penggunaan tata bahasa |
||||
4 |
Pelafalan |
Kriteria penilaian (skor)
100 = Sangat
Baik
75 =
Baik
50 =
Kurang Baik
25 =
Tidak Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh
siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)
Instrumen Penilaian Diskusi
No |
Aspek yang Dinilai |
100 |
75 |
50 |
25 |
1 |
Penguasaan
materi diskusi |
||||
2 |
Kemampuan
menjawab pertanyaan |
||||
3 |
Kemampuan
mengolah kata |
||||
4 |
Kemampuan
menyelesaikan masalah |
Keterangan :
100 = Sangat
Baik
75 =
Baik
50 =
Kurang Baik
25 =
Tidak Baik
- Penilaian
Proyek (Lihat Lampiran)
- Penilaian
Produk (Lihat Lampiran)
- Penilaian
Portofolio
Kumpulan semua tugas yang sudah dikerjakan peserta didik,
seperti catatan, PR, dll
Instrumen Penilain
No |
Aspek yang Dinilai |
100 |
75 |
50 |
25 |
1 |
|||||
2 |
|||||
3 |
|||||
4 |
2. Instrumen Penilaian (terlampir)
a. Pertemuan
Pertama
b. Pertemuan
Kedua
c. Pertemuan
Ketiga
3. Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
Bagi peserta didik yang belum memenuhi kriteria
ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa memberikan soal tambahan misalnya
sebagai berikut :
1) Jelaskan
tentang Sistem Pembagian Kekuasaan Negara!
2) Jelaskan
tentang Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga
Pemerintah Non Kementerian!
3) Jelaskan
tentang Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan!
CONTOH PROGRAM REMIDI
Sekolah : ……………………………………………..
Kelas/Semester : ……………………………………………..
Mata
Pelajaran : ……………………………………………..
Ulangan Harian
Ke : ……………………………………………..
Tanggal Ulangan
Harian : ……………………………………………..
Bentuk Ulangan
Harian : ……………………………………………..
Materi Ulangan
Harian : ……………………………………………..
(KD /
Indikator) : ……………………………………………..
KKM : ……………………………………………..
No |
Nama Peserta Didik |
Nilai Ulangan |
Indikator yang Belum Dikuasai |
Bentuk Tindakan Remedial |
Nilai Setelah Remedial |
Ket |
1 |
||||||
2 |
||||||
3 |
||||||
4 |
||||||
5 |
||||||
6 |
||||||
dst |
b. Pengayaan
Guru memberikan nasihat agar tetap rendah hati, karena telah mencapai KKM
(Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru memberikan soal pengayaan sebagai berikut :
1.
Membaca buku-buku tentang Nilai-nilai Pancasila dalam
kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang relevan.
2.
Mencari informasi secara online tentang Nilai-nilai
Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara
3.
Membaca surat kabar, majalah, serta berita online tentang
Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan
Negara
4.
Mengamati langsung tentang Nilai-nilai Pancasila dalam
kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang ada di lingkungan
sekitar.
Kepala
SMA Negeri I Peukan Pidie Mukhtar,
S. Pd NIP. 19611005
1998 01 1 001 |
Peukan Pidie, 20.. Guru
Mata Pelajaran Aan
Zuliana, S. Pd NIP. 19850122
200604 2 002 |
0 Response to "RPP K13 Bahasa Indonesia Teks Editorial 2 Kelas XII SMA Revisi"
Posting Komentar