RPP K13 Bahasa Indonesia Teks Editorial 2 Kelas XII SMA Revisi

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Mata pelajaran    : Bahasa Indonesia

Sekolah                 : SMA Negeri I Peukan Pidie

Kelas/ Semester   : XII IPA-IPS/I

Materi pokok       : Teks Editorial

Alokasi waktu      :  12x45 menit ( 6 kali pertemuan )

 

 

 

 

A. Kompetensi Inti

 

1

2

 

 

 

3

 

 4

Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi, damai), santun, responsive, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian spesifik dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

 

B.  Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

Kompetensi Dasar (KD)

 Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

3.6

Menganalisis struktur dan kebahasaan teks editorial

3.6.1

3.6.2

3.6.3

3.6.4

Mengidentifikasi struktur teks editorial

Mengidentifikasi unsur kebahasaan teks editorial

Menganalisis topik teks editorial

Menganalisis kerangka karangan teks editorial

4.6

Merancang teks editorial dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis

4.6.1

 

4.6.2

 

4.6.3

 

Menentukan struktur dan unsur kebahasaan dalam teks editorial

Menyusun  teks editorial yang sesuai topik,  struktur, dan kebahasaan

Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi topik, kerangka, stuktur, unsur kebahasaan, dan teks editorial yang telah disusun

 

 

C.      Tujuan Pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik dengan model pedagoge genre, saintifik, dan CLIL peserta didik dapat mengidentifikasi struktur, unsur kebahasaan, topic, dan kerangka karangan teks editorial, menyusun teks editorial, dan mempresentasikannya.

 

D.      Materi Pembelajaran

Ø  Struktur teks editorial

Ø  Unsur kebahasaan teks editorial

Ø  Topik teks editorial

Ø  Kerangka karangan teks editorial

 

E.      Metode Pembelajaran

Model Pembelajaran : Discovery Learning

Metode                          : Tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran

 

F.       Media Pembelajaran

Media :

Ø  Worksheet atau lembar kerja (siswa)

Ø  Lembar penilaian

Ø  LCD Proyektor

 

Alat/Bahan :

Ø  Penggaris, spidol, papan tulis

Ø  Laptop & infocus

 

 

G.      Sumber Belajar

         Suherli, dkk. 2018. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XII Revisi  Tahun 2018. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

         Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XII Revisi  Tahun 2018. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

         Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya

 

 

H.        Langkah-Langkah Pembelajaran

 

Pertemuan Pertama

 

Tahap

Langkah-langkah Pembelajaran

Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS

Alokasi Waktu

Pendahuluan

Guru :

Orientasi

 Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran

 Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

 Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.

Aperpepsi

 Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya

 Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.

 Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.

Motivasi

 Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.

 Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :

 Struktur Teks dan unsur kebahasaan teks editorial

 Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung

 Mengajukan pertanyaan

Pemberian Acuan

 Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.

 Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung

 Pembagian kelompok belajar

 Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

Religius

 

 

 

Rasa ingin tahu

10 menit

Inti

Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Struktur Teks dan unsur kebahasaan teks editorial dengan cara :

 Melihat (tanpa atau dengan Alat)

Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.

 Mengamati

 Lembar kerja materi Struktur Teks dan unsur kebahasaan teks editorial.

 Pemberian contoh-contoh materi Struktur Teks dan unsur kebahasaan teks editorial untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb

 Membaca.

Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Struktur Teks dan unsur kebahasaan teks editorial.

 Menulis

Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Struktur Teks dan unsur kebahasaan teks editorial.

 Mendengar

Pemberian materi Struktur Teks dan unsur kebahasaan teks editorial oleh guru.

 Menyimak

Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :

 Struktur Teks dan unsur kebahasaan teks editorial

untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.

 

Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :

 Mengajukan pertanyaan tentang materi :

 Struktur Teks dan unsur kebahasaan teks editorial

yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.

 

Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:

 Mengamati obyek/kejadian

Mengamati dengan seksama materi Struktur Teks dan unsur kebahasaan teks editorial yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.

 Membaca sumber lain selain buku teks

Secara disiplin melakukan kegiatan literasidengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Struktur Teks dan unsur kebahasaan teks editorial yang sedang dipelajari.

 Aktivitas

Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Struktur Teks dan unsur kebahasaan teks editorial yang sedang dipelajari.

 Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber

Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Struktur Teks dan unsur kebahasaan teks editorial yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.

 

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:

 Mendiskusikan

Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Struktur Teks dan unsur kebahasaan teks editorial.

 Mengumpulkan informasi

Mencatat semua informasi tentang materi Struktur Teks dan unsur kebahasaan teks editorial yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

 Mempresentasikan ulang

Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasapercaya diri Struktur Teks dan unsur kebahasaan teks editorial sesuai dengan pemahamannya.

 Saling tukar informasi tentang materi :

 Struktur Teks dan unsur kebahasaan teks editorial

dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.

 

Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :

 Berdiskusi tentang data dari Materi :

 Struktur Teks dan unsur kebahasaan teks editorial

 Mengolah informasi dari materi Struktur Teks dan unsur kebahasaan teks editorial yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.

 Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Struktur Teks dan unsur kebahasaan teks editorial.

 

Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :

 Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :

 Struktur Teks dan unsur kebahasaan teks editorial

antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.

 

Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan

 Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Struktur Teks dan unsur kebahasaan teks editorial berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.

 Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :

 Struktur Teks dan unsur kebahasaan teks editorial

 Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Struktur Teks dan unsur kebahasaan teks editorial dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.

 Bertanya atas presentasi tentang materi Struktur Teks dan unsur kebahasaan teks editorial yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

 

 Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :

Laporan hasil pengamatan secara tertulistentang materi :

 Struktur Teks dan unsur kebahasaan teks editorial

 Menjawab pertanyaan tentang materi Struktur Teks dan unsur kebahasaan teks editorial yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.

 Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Struktur Teks dan unsur kebahasaan teks editorial yang akan selesai dipelajari

 Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Struktur Teks dan unsur kebahasaan teks editorial yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.

 

Literasi

 

 

 

 

 

Rasa ingin tahu

 

 

 

 

 

Kerja sama (Collaborative)

 

 

 

 

 

 

 

Berpikir kritis (Critical thinking)

 

Kreativitas (Creativity)

 

 

 

 

 

 

Komunikatif (Communicative)

70 menit

Kegiatan Penutup

Peserta didik :

 Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Struktur Teks dan unsur kebahasaan teks editorial yang baru dilakukan.

 Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Struktur Teks dan unsur kebahasaan teks editorial yang baru diselesaikan.

 Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.

Guru :

 Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran Struktur Teks dan unsur kebahasaan teks editorial.

 Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Struktur Teks dan unsur kebahasaan teks editorial.

 Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Struktur Teks dan unsur kebahasaan teks editorial kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.

 

Kreativitas (Creativity)

 

 

 

 

HOTS

10 menit

 

Pertemuan Kedua

Tahap

Langkah-langkah Pembelajaran

Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS

Alokasi Waktu

Pendahuluan

Guru :

Orientasi

 Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran

 Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

 Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.

Aperpepsi

 Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya

 Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.

 Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.

Motivasi

 Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.

 Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :

 Memahami dan Menentukan topik karangan

 Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung

 Mengajukan pertanyaan

Pemberian Acuan

 Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.

 Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung

 Pembagian kelompok belajar

 Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

Religius

 

 

 

Rasa ingin tahu

10 menit

Inti

Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Memahami dan Menentukan topik karangan dengan cara :

 Melihat (tanpa atau dengan Alat)

Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.

 Mengamati

 Lembar kerja materi Memahami dan Menentukan topik karangan.

 Pemberian contoh-contoh materi Memahami dan Menentukan topik karangan untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb

 Membaca.

Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Memahami dan Menentukan topik karangan.

 Menulis

Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Memahami dan Menentukan topik karangan.

 Mendengar

Pemberian materi Memahami dan Menentukan topik karangan oleh guru.

 Menyimak

Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :

 Memahami dan Menentukan topik karangan

untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.

 

Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :

 Mengajukan pertanyaan tentang materi :

 Memahami dan Menentukan topik karangan

yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.

 

Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:

 Mengamati obyek/kejadian

Mengamati dengan seksama materi Memahami dan Menentukan topik karangan yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.

 Membaca sumber lain selain buku teks

Secara disiplin melakukan kegiatan literasidengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Memahami dan Menentukan topik karangan yang sedang dipelajari.

 Aktivitas

Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Memahami dan Menentukan topik karangan yang sedang dipelajari.

 Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber

Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Memahami dan Menentukan topik karangan yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.

 

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:

 Mendiskusikan

Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Memahami dan Menentukan topik karangan.

 Mengumpulkan informasi

Mencatat semua informasi tentang materi Memahami dan Menentukan topik karangan yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

 Mempresentasikan ulang

Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasapercaya diri Memahami dan Menentukan topik karangan sesuai dengan pemahamannya.

 Saling tukar informasi tentang materi :

 Memahami dan Menentukan topik karangan

dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.

 

Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :

 Berdiskusi tentang data dari Materi :

 Memahami dan Menentukan topik karangan

 Mengolah informasi dari materi Memahami dan Menentukan topik karangan yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.

 Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Memahami dan Menentukan topik karangan.

 

Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :

 Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :

 Memahami dan Menentukan topik karangan

antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.

 

Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan

 Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Memahami dan Menentukan topik karangan berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.

 Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :

 Memahami dan Menentukan topik karangan

 Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Memahami dan Menentukan topik karangan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.

 Bertanya atas presentasi tentang materi Memahami dan Menentukan topik karangan yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

 

 Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :

Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :

 Memahami dan Menentukan topik karangan

 Menjawab pertanyaan tentang materi Memahami dan Menentukan topik karangan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.

 Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Memahami dan Menentukan topik karangan yang akan selesai dipelajari

 Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Memahami dan Menentukan topik karangan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran

 

Literasi

 

 

 

 

 

Rasa ingin tahu

 

 

 

 

 

Kerja sama (Collaborative)

 

 

 

 

 

 

 

Berpikir kritis (Critical thinking)

 

Kreativitas (Creativity)

 

 

 

 

 

 

Komunikatif (Communicative)

70 menit

Kegiatan Penutup

Peserta didik :

 Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Memahami dan Menentukan topik karangan yang baru dilakukan.

 Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Memahami dan Menentukan topik karangan yang baru diselesaikan.

 Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.

Guru :

 Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran Memahami dan Menentukan topik karangan.

 Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Memahami dan Menentukan topik karangan.

 Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Memahami dan Menentukan topik karangan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.

 

Kreativitas (Creativity)

 

 

 

 

HOTS

10 menit

 

Pertemuan Ketiga

Tahap

Langkah-langkah Pembelajaran

Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS

Alokasi Waktu

Pendahuluan

Guru :

Orientasi

 Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran

 Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

 Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.

Aperpepsi

 Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya

 Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.

 Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.

Motivasi

 Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.

 Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :

 Kerangka karangan teks editorial

 Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung

 Mengajukan pertanyaan

Pemberian Acuan

 Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.

 Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung

 Pembagian kelompok belajar

 Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

Religius

 

 

 

Rasa ingin tahu

10 menit

Inti

. Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Kerangka karangan teks editorial dengan cara :

 Melihat (tanpa atau dengan Alat)

Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.

 Mengamati

 Lembar kerja materi Kerangka karangan teks editorial.

 Pemberian contoh-contoh materi Kerangka karangan teks editorial untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb

 Membaca.

Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Kerangka karangan teks editorial.

 Menulis

Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Kerangka karangan teks editorial.

 Mendengar

Pemberian materi Kerangka karangan teks editorial oleh guru.

 Menyimak

Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :

 Kerangka karangan teks editorial

untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.

 

Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :

 Mengajukan pertanyaan tentang materi :

 Kerangka karangan teks editorial

yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.

 

Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:

 Mengamati obyek/kejadian

Mengamati dengan seksama materi Kerangka karangan teks editorial yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.

 Membaca sumber lain selain buku teks

Secara disiplin melakukan kegiatan literasidengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Kerangka karangan teks editorial yang sedang dipelajari.

 Aktivitas

Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Kerangka karangan teks editorial yang sedang dipelajari.

 Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber

Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Kerangka karangan teks editorial yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.

 

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:

 Mendiskusikan

Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Kerangka karangan teks editorial.

 Mengumpulkan informasi

Mencatat semua informasi tentang materi Kerangka karangan teks editorial yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

 Mempresentasikan ulang

Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasapercaya diri Kerangka karangan teks editorial sesuai dengan pemahamannya.

 Saling tukar informasi tentang materi :

 Kerangka karangan teks editorial

dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.

 

Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :

 Berdiskusi tentang data dari Materi :

 Kerangka karangan teks editorial

 Mengolah informasi dari materi Kerangka karangan teks editorial yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.

 Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Kerangka karangan teks editorial.

 

Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :

 Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :

 Kerangka karangan teks editorial

antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.

 

Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan

 Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Kerangka karangan teks editorial berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.

 Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :

 Kerangka karangan teks editorial

 Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Kerangka karangan teks editorial dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.

 Bertanya atas presentasi tentang materi Kerangka karangan teks editorial yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

 

 Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :

Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :

 Kerangka karangan teks editorial

 Menjawab pertanyaan tentang materi Kerangka karangan teks editorial yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.

 Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Kerangka karangan teks editorial yang akan selesai dipelajari

 Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Kerangka karangan teks editorial yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.

 

Literasi

 

 

 

 

 

Rasa ingin tahu

 

 

 

 

 

Kerja sama (Collaborative)

 

 

 

 

 

 

 

Berpikir kritis (Critical thinking)

 

Kreativitas (Creativity)

 

 

 

 

 

 

Komunikatif (Communicative)

70 menit

Kegiatan Penutup

Peserta didik :

 Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Kerangka karangan teks editorial yang baru dilakukan.

 Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Kerangka karangan teks editorial yang baru diselesaikan.

 Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.

Guru :

 Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran Kerangka karangan teks editorial.

 Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Kerangka karangan teks editorial.

 Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Kerangka karangan teks editorial kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.

 

Kreativitas (Creativity)

 

 

 

 

HOTS

10 menit

 

 

I.      Penilaian Hasil Pembelajaran

1.      Teknik Penilaian (terlampir)

a.     Sikap

-        Penilaian Observasi

Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian sikap

No

Nama Siswa

Aspek Perilaku yang Dinilai

Jumlah Skor

Skor Sikap

Kode Nilai

BS

JJ

TJ

DS

1

75

75

50

75

275

68,75

C

2

...

...

...

...

...

...

...

 

 

Keterangan :

•    BS : Bekerja Sama

•    JJ : Jujur

•    TJ : Tanggun Jawab

•    DS : Disiplin

 

Catatan :

1.  Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:

100    = Sangat Baik

75      = Baik

50      = Cukup

25      = Kurang

2.  Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400

3.  Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75

4.  Kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00     = Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00        = Baik (B)

25,01 – 50,00        = Cukup (C)

00,00 –  25,00       = Kurang (K)

5.  Format di atas dapat diubah sesuai dengan aspek perilaku yang ingin dinilai

 

-        Penilaian Diri

Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian :

 

No

Pernyataan

Ya

Tidak

Jumlah Skor

Skor Sikap

Kode

Nilai

1

Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan.

50

250

62,50

C

2

Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara.

50

3

Saya ikut serta dalam membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok.

50

4

...

100

 

Catatan :

1.  Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50

2.  Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400

3.  Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50

4.  Kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00     = Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00        = Baik (B)

25,01 – 50,00        = Cukup (C)

00,00 –  25,00       = Kurang (K)

5.  Format di atas dapat juga digunakan untuk menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan

 

-        Penilaian Teman Sebaya

Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh format penilaian teman sebaya :

 

Nama yang diamati      : ...

Pengamat                        : ...

 

No

Pernyataan

Ya

Tidak

Jumlah

Skor

Skor

Sikap

Kode Nilai

1

Mau menerima pendapat teman.

100

450

90,00

SB

2

Memberikan solusi terhadap permasalahan.

100

3

Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota kelompok.

100

4

Marah saat diberi kritik.

100

5

...

50

 

Catatan :

1.  Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100

2.  Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 5 x 100 = 500

3.  Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00

4.  Kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00     = Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00        = Baik (B)

25,01 – 50,00        = Cukup (C)

00,00 –  25,00       = Kurang (K)

 

-        Penilaian Jurnal (Lihat lampiran)

 

b.     Pengetahuan

-        Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda (Lihat lampiran)

-        Tes Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan

Praktek Monolog atau Dialog

Penilaian Aspek Percakapan

No

Aspek yang Dinilai

Skala

Jumlah Skor

Skor Sikap

Kode Nilai

25

50

75

100

1

Intonasi

2

Pelafalan

3

Kelancaran

4

Ekspresi

5

Penampilan

6

Gestur

 

-        Penugasan (Lihat Lampiran)

Tugas Rumah

a.   Peserta didik menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku peserta didik

b.   Peserta didik memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik

c.   Peserta didik mengumpulkan jawaban dari tugas rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian.

 

c.     Keterampilan

-        Penilaian Unjuk Kerja

Contoh instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:

 

Instrumen Penilaian

No

Aspek yang Dinilai

Sangat

Baik

(100)

Baik

(75)

Kurang

Baik

(50)

Tidak

Baik

(25)

1

Kesesuaian respon dengan pertanyaan

2

Keserasian pemilihan kata

3

Kesesuaian penggunaan tata bahasa

4

Pelafalan

 

Kriteria penilaian (skor)

100       = Sangat Baik

75         = Baik

50         = Kurang Baik

25         = Tidak Baik

Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)

 

Instrumen Penilaian Diskusi

No

Aspek yang Dinilai

100

75

50

25

1

Penguasaan materi diskusi

2

Kemampuan menjawab pertanyaan

3

Kemampuan mengolah kata

4

Kemampuan menyelesaikan masalah

 

Keterangan :

100       = Sangat Baik

75         = Baik

50         = Kurang Baik

25         = Tidak Baik

 

-        Penilaian Proyek (Lihat Lampiran)

-        Penilaian Produk (Lihat Lampiran)

-        Penilaian Portofolio

Kumpulan semua tugas yang sudah dikerjakan peserta didik, seperti catatan, PR, dll

 

Instrumen Penilain

No

Aspek yang Dinilai

100

75

50

25

1

2

3

4

 

2.       Instrumen Penilaian (terlampir)

a.     Pertemuan Pertama

b.     Pertemuan Kedua

c.     Pertemuan Ketiga

 

3.       Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

a.       Remedial

Bagi peserta didik yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa memberikan soal tambahan misalnya sebagai berikut :

1)       Jelaskan tentang Sistem Pembagian Kekuasaan Negara!

2)       Jelaskan tentang Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian!

3)       Jelaskan tentang Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan!

 

CONTOH PROGRAM REMIDI

 

Sekolah                                      :  ……………………………………………..

Kelas/Semester                         :  ……………………………………………..

Mata Pelajaran                         :  ……………………………………………..

Ulangan Harian Ke                  :  ……………………………………………..

Tanggal Ulangan Harian        :  ……………………………………………..

Bentuk Ulangan Harian          :  ……………………………………………..

Materi Ulangan Harian           :  ……………………………………………..

(KD / Indikator)                        :  ……………………………………………..

KKM                                           :  ……………………………………………..

 

No

Nama Peserta Didik

Nilai Ulangan

Indikator yang Belum Dikuasai

Bentuk Tindakan Remedial

Nilai Setelah Remedial

Ket

1

2

3

4

5

6

dst

 

b.       Pengayaan

 

Guru memberikan nasihat agar tetap rendah hati, karena telah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru memberikan soal pengayaan sebagai berikut :

1.       Membaca buku-buku tentang Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang relevan.

2.       Mencari informasi secara online tentang Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara

3.       Membaca surat kabar, majalah, serta berita online tentang Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara

4.       Mengamati langsung tentang Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang ada di lingkungan sekitar.

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SMA Negeri I Peukan Pidie                                                                                              

 

 

Mukhtar, S. Pd

NIP. 19611005  1998 01 1 001

Peukan Pidie,                    20..

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

Aan Zuliana, S.  Pd

NIP. 19850122  200604  2 002

 

0 Response to "RPP K13 Bahasa Indonesia Teks Editorial 2 Kelas XII SMA Revisi"

Posting Komentar