RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMA Negeri I Muara Tiga
Mata pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/ Semester : XI IPA-IPS
Alokasi waktu : 6 JP
KD :
3.3 dan 4.3
Materi : Informasi penting dalam teks
ceramah
A.
Tujuan
1. Mengidentifikasi unsur-unsur ceramah, kebahasan, isi
informasi berupa permasalahan aktual yang disajikan dalam ceramah
2. Menyusun
bagian-bagian penting dari permasalahan aktual sebagai bahan untuk disajikan
dalam ceramah
B.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Media:
v Worksheet atau
lembar kerja (siswa)
v lembar penilaian
v Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar.
v Slide power
point
v Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.
|
Alat/Bahan:
v Spidol, papan
tulis
v Laptop &
infocus
v Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.
|
Pendahuluan
|
·
Peserta didik memberi salam dan berdoa
·
Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi
motivasi
·
Guru menyampaikan tujuan dan
manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan
·
Guru menyampaikan garis besar
cakupan materi dan langkah pembelajaran
|
Kegiatan Inti
|
Kegiatan Literasi
|
Peserta didik diberi
motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya
kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi StruktInformasi penting dalam teks
ceramah
|
Critical Thinking
|
Guru memberikan
kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami,
dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik.
Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Informasi penting dalam teks ceramah
|
Collaboration
|
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi,
mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Informasi penting dalam teks ceramah
|
Communication
|
Peserta didik
mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal,
mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi
kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan
|
Creativity
|
Guru dan peserta didik
membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Informasi
penting dalam teks ceramah Peserta didik kemudian diberi
kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami
|
Penutup
|
· Guru bersama peserta didik
merefleksikan pengalaman
belajar
· Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat
·
Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa
|
C.
Penilaian
v Sikap : Lembar pengamatan
v Pengetahuan : LK peserta didik,
v Ketrampilan : Kinerja & observasi diskusi
Mengetahui,
Kepala SMA N I Muara Tiga
Nurdin, S. Pd, M. Pd
NIP. 196
|
Laweung, 2020
Guru Mata Pelajaran
Akfil Zuliandri, S. Pd
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMA Negeri I Muara Tiga
Mata pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/ Semester : XI IPA-IPS
Alokasi waktu : 6 JP
KD :
3.6 dan 4.6
Materi : Isi, sturtur dan kebahasaan dalam
teks ceramah
A.
Tujuan
1. Menganalisis
isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah Menyusun bagian-bagian
2. Mengkonstruksi
ceramah tentang permasalahan aktual dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan
menggunakan struktur yang tepat
B.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Media:
v Worksheet atau
lembar kerja (siswa)
v lembar penilaian
v Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar.
v Slide power
point
v Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.
|
Alat/Bahan:
v Spidol, papan
tulis
v Laptop &
infocus
v Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.
|
Pendahuluan
|
·
Peserta didik memberi salam dan berdoa
·
Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi
motivasi
·
Guru menyampaikan tujuan dan
manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan
·
Guru menyampaikan garis besar
cakupan materi dan langkah pembelajaran
|
Kegiatan Inti
|
Kegiatan Literasi
|
Peserta didik diberi
motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya
kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Isi, struktur, dan kebahasaan dalam
teks ceramah
|
Critical Thinking
|
Guru memberikan
kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami,
dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik.
Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Isi, struktur, dan kebahasaan dalam teks
ceramah
|
Collaboration
|
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi,
mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Isi, struktur, dan kebahasaan dalam
teks ceramah
|
Communication
|
Peserta didik
mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal,
mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi
kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan
|
Creativity
|
Guru dan peserta didik
membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Isi, struktur, dan kebahasaan dalam
teks ceramah Peserta didik kemudian diberi
kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami
|
Penutup
|
· Guru bersama peserta didik
merefleksikan pengalaman
belajar
· Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat
·
Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa
|
C.
Penilaian
v Sikap : Lembar pengamatan
v Pengetahuan : LK peserta didik,
v Ketrampilan : Kinerja & observasi diskusi
Mengetahui,
Kepala SMA N I Muara Tiga
Nurdin, S. Pd, M. Pd
NIP. 196
|
Laweung, 2020
Guru Mata Pelajaran
Akfil Zuliandri, S. Pd
NIP.
|
0 Response to "RPP Satu Lembar Bahasa Indonesia Teks Ceramah Kelas XI SMA"
Posting Komentar