RPP Satu Lembar Bahasa Indonesia Teks Ceramah Kelas XI SMA

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Sekolah                 : SMA Negeri I Muara Tiga

Mata pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester   : XI IPA-IPS

Alokasi waktu      :  6 JP

KD                          : 3.3 dan 4.3

Materi                    : Informasi penting dalam teks ceramah

 

A.      Tujuan

1.       Mengidentifikasi unsur-unsur ceramah, kebahasan, isi informasi berupa permasalahan aktual yang disajikan dalam ceramah

2.       Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan aktual sebagai bahan untuk disajikan dalam ceramah

B.      Langkah-langkah Pembelajaran

Media:

v Worksheet atau  lembar kerja (siswa)

v lembar penilaian

v Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar.

v Slide power point

v Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.

Alat/Bahan:

v Spidol, papan tulis

v Laptop & infocus

v Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.

Pendahuluan

·        Peserta didik memberi salam dan berdoa

·        Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi motivasi

·        Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan

·        Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran

 

Kegiatan Inti

Kegiatan Literasi

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi StruktInformasi penting dalam teks ceramah

Critical Thinking

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Informasi penting dalam teks ceramah

Collaboration

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Informasi penting dalam teks ceramah

Communication

Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

Creativity

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Informasi penting dalam teks ceramah Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

Penutup

·       Guru bersama peserta didik  merefleksikan  pengalaman belajar

·       Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat

·       Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa


C.     
Penilaian

v  Sikap                      : Lembar pengamatan          

v  Pengetahuan        : LK peserta didik,                

v  Ketrampilan         : Kinerja & observasi diskusi

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SMA N I Muara Tiga                                                                                         

 

Nurdin, S. Pd, M. Pd

NIP. 196

Laweung,                    2020

Guru Mata Pelajaran

 

 

Akfil Zuliandri, S. Pd

NIP.

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Sekolah                 : SMA Negeri I Muara Tiga

Mata pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester   : XI IPA-IPS

Alokasi waktu      :  6 JP

KD                          : 3.6 dan 4.6

Materi                    : Isi, sturtur dan kebahasaan dalam teks ceramah

 

A.      Tujuan

1.       Menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah Menyusun bagian-bagian

2.       Mengkonstruksi ceramah tentang permasalahan aktual dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan menggunakan struktur yang tepat 

B.      Langkah-langkah Pembelajaran

Media:

v Worksheet atau  lembar kerja (siswa)

v lembar penilaian

v Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar.

v Slide power point

v Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.

Alat/Bahan:

v Spidol, papan tulis

v Laptop & infocus

v Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.

Pendahuluan

·        Peserta didik memberi salam dan berdoa

·        Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi motivasi

·        Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan

·        Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran

 

Kegiatan Inti

Kegiatan Literasi

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Isi, struktur, dan kebahasaan dalam teks ceramah

Critical Thinking

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Isi, struktur, dan kebahasaan dalam teks ceramah

Collaboration

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Isi, struktur, dan kebahasaan dalam teks ceramah

Communication

Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

Creativity

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Isi, struktur, dan kebahasaan dalam teks ceramah Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

Penutup

·       Guru bersama peserta didik  merefleksikan  pengalaman belajar

·       Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat

·       Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa


C.     
Penilaian

v  Sikap                      : Lembar pengamatan          

v  Pengetahuan        : LK peserta didik,                

v  Ketrampilan         : Kinerja & observasi diskusi

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SMA N I Muara Tiga                                                                                         

 

Nurdin, S. Pd, M. Pd

NIP. 196

Laweung,                    2020

Guru Mata Pelajaran

 

 

Akfil Zuliandri, S. Pd

NIP.

 

0 Response to "RPP Satu Lembar Bahasa Indonesia Teks Ceramah Kelas XI SMA"

Posting Komentar