RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata pelajaran : Bahasa
Indonesia
Sekolah : SMA Negeri I Peukan Pidie
Kelas/ Semester : XII IPA-IPS/I
Materi pokok : Teks Surat Lamaran Pekerjaan
Alokasi waktu : 10 X 45 menit (5
kali pertemuan)
A. Kompetensi Inti
1 2 3 |
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi,
damai), santun, responsive, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual,
konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian
spesifik dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan |
B. Kompetensi Dasar (KD)
dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD) |
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
3.1 |
Mengidentifikasi
isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca |
3.1.1 3.1.2 3.1.3 3.1.4 |
Mengidentifikasi
surat lamaran pekerjaan Mengidentifikasi
isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan Mengidentifikasi
bahasa dan kalimat efektif dalam surat lamaran pekerjaan Mengidentifikasi
lampiran surat lamaran pekerjaan |
4.1 |
Menyajikan
simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran baik secara lisan
maupun tulis |
4.1.1 4.1.2 4.1.3 |
Mendata sistematika dan isi surat lamaran pekerjaan
Menyimpulkan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan. Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi sistematika
dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan |
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik
dengan model pedagoge genre, saintifik, dan CLIL peserta didik dapat mengidentifikasi surat lamaran pekerjaan, isi dan
sistematika, bahasa dan kalimat efektif dalam surat lamaran pekerjaan,
mengidentifikasi lampiran surat lamaran pekerjaan, mendata sistematika dan isi
surat lamaran pekerjaan, menyimpulkan sistematika dan unsur-unsur isi surat
lamaran pekerjaan, mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi sistematika dan
unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan
D. Materi Pembelajaran
v
Identifikasi surat
v
Isi surat lamaran pekerjaan
v
Sistematika surat lamaran
pekerjaan
v
Bahasa surat lamaran pekerjaan
v
Lampiran surat lamaran pekerjaan
v
Kalimat efektif dalam surat lamaran
pekerjaan
E. Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran : Discovery
Learning
Metode :
Tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran
F. Media Pembelajaran
Media :
Worksheet
atau lembar kerja (siswa)
Lembar
penilaian
LCD
Proyektor
Alat/Bahan :
Penggaris,
spidol, papan tulis
Laptop
& infocus
G. Sumber Belajar
Suherli, dkk.
2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas X Revisi Tahun 2017.
Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Suherli, dkk.
Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas X Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat
Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Kosasih, E.
2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK.
Bandung: Yrama Widya
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 ×45
menit)
Tahap |
Langkah-langkah Pembelajaran |
Nilai Karakter (PPK), Literasi,
4C, HOTS |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
Guru : Orientasi Melakukan pembukaan dengan
salam pembuka, memanjatkan syukur kepada
Tuhan YME dan
berdoa untuk memulai pembelajaran Memeriksa kehadiran peserta
didik sebagai sikap disiplin Menyiapkan fisik dan psikis
peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran. Aperpepsi Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya Mengingatkan kembali materi
prasyarat dengan bertanya. Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari. Apabila
materi tema/projek ini kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat
menjelaskan tentang materi : Isi dan Sistematika Surat
Lamaran Pekerjaan Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung Mengajukan pertanyaan Pemberian Acuan Memberitahukan materi
pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu. Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung Pembagian kelompok belajar Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran. |
Religius Rasa ingin tahu |
10 menit |
Inti |
Peserta didik diberi motivasi atau
rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Isi dan
Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan dengan cara : Melihat (tanpa
atau dengan Alat) Menayangkan gambar/foto/videoyang relevan. Mengamati Lembar
kerja materi Isi dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan. Pemberian
contoh-contoh materi Isi dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaanuntuk
dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb Membaca. Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah
dengan membaca
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi
yang berhubungan dengan Isi dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan. Menulis Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan
terkait Isi dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan. Mendengar Pemberian materi Isi dan
Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan oleh guru. Menyimak Penjelasan pengantar kegiatan secara
garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi : Isi
dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan untuk
melatih rasa syukur,kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian,
mencari informasi. Guru memberikan kesempatan pada
peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang
berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan
belajar, contohnya : Mengajukan
pertanyaan tentang materi : Isi
dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan yang tidak
dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi
tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa
ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis
yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Peserta didik mengumpulkan informasi
yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui
kegiatan: Mengamati
obyek/kejadian Mengamati dengan seksama materiIsi
dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan yang sedang dipelajari dalam
bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya. Membaca
sumber lain selain buku teks Secara disiplin melakukan kegiatan
literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai
sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Isi dan
Sistematika Surat Lamaran Pekerjaanyang sedang dipelajari. Aktivitas Menyusun daftar pertanyaan atas
hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang
akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Isi dan Sistematika
Surat Lamaran Pekerjaan yang sedang dipelajari. Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber Mengajukan pertanyaan berkaiatan
dengan materi Isi dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan yang
telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru. Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk: Mendiskusikan Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Isi dan Sistematika
Surat Lamaran Pekerjaan. Mengumpulkan
informasi Mencatat semua informasi tentang
materi Isi dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan yang
telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan
bahasa Indonesia yang baik dan benar. Mempresentasikan
ulang Peserta didik mengkomunikasikan
secara lisan atau mempresentasikan materidengan
rasa percaya diri Isi dan Sistematika Surat Lamaran
Pekerjaansesuai dengan
pemahamannya. Saling
tukar informasi tentang materi : Isi
dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh
sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat. Peserta didik dalam kelompoknya
berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : Berdiskusi tentang
data dari Materi : Isi
dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan Mengolah informasi dari
materi Isi dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaanyang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Isi dan Sistematika
Surat Lamaran Pekerjaan. Peserta didik berdiskusi untuk
menyimpulkan Menyampaikan
hasil diskusi tentang materiIsi dan Sistematika Surat Lamaran
Pekerjaan berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkansikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan. Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi : Isi
dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan Mengemukakan pendapat atas
presentasi yang dilakukan tentanag materi Isi dan Sistematika Surat
Lamaran Pekerjaan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan. Bertanya
atas presentasi tentang materi Isi dan Sistematika Surat Lamaran
Pekerjaanyang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya. Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secaratertulis tentang
materi : Isi
dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan Menjawab
pertanyaan tentang materi Isi dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaanyang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan. Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi Isi dan Sistematika Surat
Lamaran Pekerjaan yang akan selesai dipelajari Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materiIsi dan Sistematika Surat Lamaran
Pekerjaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan
siswa terhadap materi pelajaran. |
Literasi Rasa ingin tahu Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical
thinking) Kreativitas (Creativity) Komunikatif (Communicative) |
70 menit |
Penutup |
Peserta didik : Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Isi dan Sistematika
Surat Lamaran Pekerjaan yang baru dilakukan. Mengagendakan pekerjaan rumah
untuk materi pelajaran Isi dan Sistematika Surat Lamaran
Pekerjaan yang baru diselesaikan. Mengagendakan materi atau
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada
pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. Guru : Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Isi dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan. Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk
kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut
peringkat, untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk
kerja pada materi pelajaran Isi dan Sistematika Surat Lamaran
Pekerjaan. Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Isi dan Sistematika Surat Lamaran
Pekerjaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik. |
Kreativitas (Creativity) HOTS |
10 menit |
Pertemuan 1I (2 ×45
menit)
Tahap |
Langkah-langkah Pembelajaran |
Nilai Karakter (PPK), Literasi,
4C, HOTS |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
Guru : Orientasi Melakukan pembukaan dengan
salam pembuka, memanjatkan syukur kepada
Tuhan YME dan
berdoa untuk memulai pembelajaran Memeriksa kehadiran peserta
didik sebagai sikap disiplin Menyiapkan fisik dan psikis
peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran. Aperpepsi Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya Mengingatkan kembali materi
prasyarat dengan bertanya. Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari. Apabila materitema/projek ini
kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik,
maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi : Bahasa dan Kalimat Efektif
Surat Lamaran Pekerjaan Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung Mengajukan pertanyaan Pemberian Acuan Memberitahukan materi
pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu. Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung Pembagian kelompok belajar Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran. |
Religius Rasa ingin tahu |
10 menit |
Inti |
Peserta didik diberi motivasi atau
rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Bahasa dan
Kalimat Efektif Surat Lamaran Pekerjaan dengan cara : Melihat (tanpa
atau dengan Alat) Menayangkan gambar/foto/videoyang relevan. Mengamati Lembar
kerja materi Bahasa dan Kalimat Efektif Surat Lamaran Pekerjaan. Pemberian
contoh-contoh materi Bahasa dan Kalimat Efektif Surat Lamaran
Pekerjaan untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media
interaktif, dsb Membaca. Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah
dengan membaca
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi
yang berhubungan dengan Bahasa dan Kalimat Efektif Surat Lamaran
Pekerjaan. Menulis Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan
terkait Bahasa dan Kalimat Efektif Surat Lamaran Pekerjaan. Mendengar Pemberian materi Bahasa dan
Kalimat Efektif Surat Lamaran Pekerjaanoleh guru. Menyimak Penjelasan pengantar kegiatan secara
garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi : Bahasa
dan Kalimat Efektif Surat Lamaran Pekerjaan untuk
melatih rasa syukur,kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian,
mencari informasi. Guru memberikan kesempatan pada
peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang
berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan
belajar, contohnya : Mengajukan
pertanyaan tentang materi : Bahasa
dan Kalimat Efektif Surat Lamaran Pekerjaan yang tidak
dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi
tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa
ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang
perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Peserta didik mengumpulkan informasi
yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui
kegiatan: Mengamati
obyek/kejadian Mengamati dengan seksama materiBahasa
dan Kalimat Efektif Surat Lamaran Pekerjaan yang sedang dipelajari
dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya. Membaca
sumber lain selain buku teks Secara disiplin melakukan kegiatan
literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai
sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Bahasa
dan Kalimat Efektif Surat Lamaran Pekerjaanyang sedang dipelajari. Aktivitas Menyusun daftar pertanyaan atas
hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang
akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Bahasa dan Kalimat
Efektif Surat Lamaran Pekerjaan yang sedang dipelajari. Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber Mengajukan pertanyaan berkaiatan
dengan materi Bahasa dan Kalimat Efektif Surat Lamaran
Pekerjaan yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru. Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk: Mendiskusikan Peserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Bahasa
dan Kalimat Efektif Surat Lamaran Pekerjaan. Mengumpulkan
informasi Mencatat semua informasi tentang
materi Bahasa dan Kalimat Efektif Surat Lamaran Pekerjaan yang
telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan
bahasa Indonesia yang baik dan benar. Mempresentasikan
ulang Peserta didik mengkomunikasikan
secara lisan atau mempresentasikan materidengan
rasa percaya diri Bahasa dan Kalimat Efektif Surat
Lamaran Pekerjaansesuai dengan pemahamannya. Saling
tukar informasi tentang materi : Bahasa
dan Kalimat Efektif Surat Lamaran Pekerjaan dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh
sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat. Peserta didik dalam kelompoknya
berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : Berdiskusi tentang
data dari Materi : Bahasa
dan Kalimat Efektif Surat Lamaran Pekerjaan Mengolah informasi dari
materi Bahasa dan Kalimat Efektif Surat Lamaran Pekerjaan yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Bahasa dan Kalimat
Efektif Surat Lamaran Pekerjaan. Peserta didik mendiskusikan hasil
pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau
teori pada buku sumber melalui kegiatan : Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari
solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada
yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat
aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir
induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : Bahasa
dan Kalimat Efektif Surat Lamaran Pekerjaan antara lain
dengan :
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang
telah dikerjakan oleh peserta didik. Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan Menyampaikan
hasil diskusi tentang materiBahasa dan Kalimat Efektif Surat
Lamaran Pekerjaan berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis
secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan
pendapat dengan sopan. Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi : Bahasa
dan Kalimat Efektif Surat Lamaran Pekerjaan Mengemukakan pendapat atas
presentasi yang dilakukan tentanag materi Bahasa dan Kalimat Efektif
Surat Lamaran Pekerjaan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan. Bertanya atas presentasi tentang
materiBahasa dan Kalimat Efektif Surat Lamaran Pekerjaan yang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk
menjawabnya. Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secaratertulis tentang
materi : Bahasa
dan Kalimat Efektif Surat Lamaran Pekerjaan Menjawab
pertanyaan tentang materiBahasa dan Kalimat Efektif Surat Lamaran
Pekerjaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar
kerja yang telah disediakan. Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi Bahasa dan Kalimat Efektif Surat
Lamaran Pekerjaan yang akan selesai dipelajari Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materiBahasa dan Kalimat Efektif Surat Lamaran
Pekerjaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan
siswa terhadap materi pelajaran. |
Literasi Rasa ingin tahu Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical
thinking) Kreativitas (Creativity) Komunikatif (Communicative) |
70 menit |
Penutup |
Peserta didik : Membuat resume dengan bimbingan guru tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang
materi Bahasa dan Kalimat Efektif Surat Lamaran Pekerjaan yang
baru dilakukan. Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi
pelajaranBahasa dan Kalimat Efektif Surat Lamaran Pekerjaan yang
baru diselesaikan. Mengagendakan materi atau tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan
berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. Guru : Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Bahasa
dan Kalimat Efektif Surat Lamaran Pekerjaan. Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Bahasa dan
Kalimat Efektif Surat Lamaran Pekerjaan. Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Bahasa dan Kalimat Efektif Surat
Lamaran Pekerjaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik. |
Kreativitas (Creativity) HOTS |
10 menit |
Pertemuan 1II (2 ×45
menit)
Tahap |
Langkah-langkah Pembelajaran |
Nilai Karakter (PPK), Literasi,
4C, HOTS |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
Guru : Orientasi Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka,
memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan
berdoa untuk memulai pembelajaran Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran. Aperpepsi Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari. Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang
materi : Lampiran
Surat Lamaran Kerja Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung Mengajukan
pertanyaan Pemberian
Acuan Memberitahukan materi
pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu. Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung Pembagian
kelompok belajar Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. |
Religius Rasa ingin tahu |
10 menit |
Inti |
Peserta didik diberi motivasi atau
rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Lampiran
Surat Lamaran Kerjadengan cara : Melihat (tanpa
atau dengan Alat) Menayangkan gambar/foto/videoyang relevan. Mengamati Lembar
kerja materi Lampiran Surat Lamaran Kerja. Pemberian
contoh-contoh materiLampiran Surat Lamaran Kerja untuk dapat
dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb Membaca. Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah
dengan membaca
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi
yang berhubungan dengan Lampiran Surat Lamaran Kerja. Menulis Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan
terkait Lampiran Surat Lamaran Kerja. Mendengar Pemberian materi Lampiran
Surat Lamaran Kerja oleh guru. Menyimak Penjelasan pengantar kegiatan secara
garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi : Lampiran
Surat Lamaran Kerja untuk
melatih rasa syukur,kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian,
mencari informasi. Guru memberikan kesempatan pada
peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang
berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan
belajar, contohnya : Mengajukan
pertanyaan tentang materi : Lampiran
Surat Lamaran Kerja yang tidak
dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi
tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa
ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis
yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Peserta didik mengumpulkan informasi
yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui
kegiatan: Mengamati
obyek/kejadian Mengamati dengan seksama materiLampiran
Surat Lamaran Kerja yang sedang dipelajari dalam bentuk
gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya. Membaca
sumber lain selain buku teks Secara disiplin melakukan kegiatan
literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai
sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Lampiran
Surat Lamaran Kerja yang sedang dipelajari. Aktivitas Menyusun daftar pertanyaan atas
hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang
akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Lampiran Surat
Lamaran Kerja yang sedang dipelajari. Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber Mengajukan pertanyaan berkaiatan
dengan materi Lampiran Surat Lamaran Kerja yang telah
disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru. Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk: Mendiskusikan Peserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Lampiran
Surat Lamaran Kerja. Mengumpulkan
informasi Mencatat semua informasi tentang
materi Lampiran Surat Lamaran Kerjayang telah diperoleh pada buku
catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik
dan benar. Mempresentasikan
ulang Peserta didik mengkomunikasikan
secara lisan atau mempresentasikan materidengan
rasa percaya diri Lampiran Surat Lamaran Kerja sesuai dengan
pemahamannya. Saling
tukar informasi tentang materi : Lampiran
Surat Lamaran Kerja dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh
sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat. Peserta didik dalam kelompoknya
berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : Berdiskusi tentang
data dari Materi : Lampiran
Surat Lamaran Kerja Mengolah informasi dari
materi Lampiran Surat Lamaran Kerja yang sudah dikumpulkan
dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan
mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan
bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Lampiran Surat
Lamaran Kerja. Peserta didik mendiskusikan hasil
pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau
teori pada buku sumber melalui kegiatan : Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : Lampiran
Surat Lamaran Kerja antara lain
dengan :
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang
telah dikerjakan oleh peserta didik. Peserta didik berdiskusi untuk
menyimpulkan Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Lampiran Surat Lamaran Kerjaberupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media
lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi,
kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan. Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi : Lampiran
Surat Lamaran Kerja Mengemukakan pendapat atas
presentasi yang dilakukan tentanag materi Lampiran Surat Lamaran
Kerja dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan. Bertanya
atas presentasi tentang materiLampiran Surat Lamaran Kerja yang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk
menjawabnya. Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secaratertulis tentang
materi : Lampiran
Surat Lamaran Kerja Menjawab
pertanyaan tentang materiLampiran Surat Lamaran Kerja yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan. Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi Lampiran Surat Lamaran Kerjayang
akan selesai dipelajari Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi Lampiran Surat Lamaran Kerjayang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran |
Literasi Rasa ingin tahu Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical
thinking) Kreativitas (Creativity) Komunikatif (Communicative) |
70 menit |
Kegiatan
Penutup |
Peserta didik
: Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran tentang materi Lampiran Surat Lamaran
Kerja yang baru dilakukan. Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaranLampiran Surat Lamaran Kerja yang
baru diselesaikan. Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. Guru : Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk
materi pelajaran Lampiran Surat Lamaran Kerja. Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk
kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut
peringkat, untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk
kerja pada materi pelajaran Lampiran Surat Lamaran Kerja. Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Lampiran Surat Lamaran Kerja kepada
kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. |
Kreativitas (Creativity) HOTS |
10 menit |
I. Penilaian
Hasil Pembelajaran
1. Teknik Penilaian (terlampir)
a. Sikap
- Penilaian
Observasi
Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan
perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran
maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh
instrumen penilaian sikap
No |
Nama Siswa |
Aspek Perilaku yang Dinilai |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
|||
BS |
JJ |
TJ |
DS |
|||||
1 |
75 |
75 |
50 |
75 |
275 |
68,75 |
C |
|
2 |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
Keterangan :
• BS : Bekerja Sama
• JJ : Jujur
• TJ : Tanggun Jawab
• DS : Disiplin
Catatan :
1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Cukup
25 = Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai
dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah
sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik
(SB)
50,01 –
75,00 = Baik (B)
25,01 –
50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 = Kurang (K)
5. Format di atas dapat diubah sesuai dengan
aspek perilaku yang ingin dinilai
- Penilaian
Diri
Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru
kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai
kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka
guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini,
menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian
yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format
penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian :
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
1 |
Selama
diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan. |
50 |
250 |
62,50 |
C |
|
2 |
Ketika kami
berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara. |
50 |
||||
3 |
Saya ikut
serta dalam membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok. |
50 |
||||
4 |
... |
100 |
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor
maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik
(SB)
50,01 –
75,00 = Baik (B)
25,01 –
50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 = Kurang (K)
5. Format di atas dapat juga digunakan untuk
menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan
- Penilaian
Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik
untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru
telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan
juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh format penilaian teman
sebaya :
Nama yang diamati :
...
Pengamat
: ..
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
1 |
Mau menerima
pendapat teman. |
100 |
450 |
90,00 |
SB |
|
2 |
Memberikan
solusi terhadap permasalahan. |
100 |
||||
3 |
Memaksakan
pendapat sendiri kepada anggota kelompok. |
100 |
||||
4 |
Marah saat
diberi kritik. |
100 |
||||
5 |
... |
50 |
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
untuk pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50
dan Tidak = 100
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor
maksimal dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik
(SB)
50,01 –
75,00 = Baik (B)
25,01 –
50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 = Kurang (K)
- Penilaian
Jurnal (Lihat lampiran)
b. Pengetahuan
- Tertulis
Uraian dan atau Pilihan Ganda (Lihat lampiran)
- Tes
Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian Aspek Percakapan
No |
Aspek yang Dinilai |
Skala |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
|||
25 |
50 |
75 |
100 |
|||||
1 |
Intonasi |
|||||||
2 |
Pelafalan |
|||||||
3 |
Kelancaran |
|||||||
4 |
Ekspresi |
|||||||
5 |
Penampilan |
|||||||
6 |
Gestur |
- Penugasan (Lihat
Lampiran)
Tugas Rumah
a. Peserta didik menjawab pertanyaan
yang terdapat pada buku peserta didik
b. Peserta didik memnta tanda tangan
orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik
c. Peserta didik mengumpulkan jawaban
dari tugas rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian.
c. Keterampilan
- Penilaian
Unjuk Kerja
Contoh instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada
instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:
Instrumen Penilaian
No |
Aspek yang Dinilai |
Sangat Baik (100) |
Baik (75) |
Kurang Baik (50) |
Tidak Baik (25) |
1 |
Kesesuaian respon dengan pertanyaan |
||||
2 |
Keserasian pemilihan kata |
||||
3 |
Kesesuaian penggunaan tata bahasa |
||||
4 |
Pelafalan |
Kriteria
penilaian (skor)
100 =
Sangat Baik
75 =
Baik
50 =
Kurang Baik
25 =
Tidak Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor
yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)
Instrumen
Penilaian Diskusi
No |
Aspek yang Dinilai |
100 |
75 |
50 |
25 |
1 |
Penguasaan materi diskusi |
||||
2 |
Kemampuan menjawab pertanyaan |
||||
3 |
Kemampuan mengolah kata |
||||
4 |
Kemampuan menyelesaikan masalah |
Keterangan :
100 = Sangat
Baik
75 =
Baik
50 =
Kurang Baik
25 =
Tidak Baik
- Penilaian
Proyek (Lihat Lampiran)
- Penilaian
Produk (Lihat Lampiran)
- Penilaian
Portofolio
Kumpulan semua tugas yang sudah dikerjakan peserta didik,
seperti catatan, PR, dll
Instrumen Penilain
No |
Aspek yang Dinilai |
Sangat Baik (100) |
Baik (75) |
Kurang Baik (50) |
Tidak Baik (25) |
1 |
|||||
2 |
|||||
3 |
|||||
4 |
2. Instrumen Penilaian (terlampir)
a. Pertemuan Pertama
b. Pertemuan Kedua
c. Pertemuan Ketiga
3. Pembelajaran Remedial dan
Pengayaan
a. Remedial
Bagi peserta didik yang belum memenuhi kriteria
ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa memberikan soal tambahan misalnya
sebagai berikut :
1) Jelaskan
tentang Sistem Pembagian Kekuasaan Negara!
2) Jelaskan
tentang Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non
Kementerian!
3) Jelaskan
tentang Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan!
CONTOH PROGRAM REMIDI
Sekolah : ……………………………………………..
Kelas/Semester : ……………………………………………..
Mata
Pelajaran : ……………………………………………..
Ulangan Harian
Ke : ……………………………………………..
Tanggal Ulangan
Harian : ……………………………………………..
Bentuk Ulangan
Harian : ……………………………………………..
Materi Ulangan
Harian : ……………………………………………..
(KD / Indikator) : ……………………………………………..
KKM : ……………………………………………..
No |
Nama Peserta Didik |
Nilai Ulangan |
Indikator yang Belum Dikuasai |
Bentuk Tindakan Remedial |
Nilai Setelah Remedial |
Ket |
1 |
||||||
2 |
||||||
3 |
||||||
4 |
||||||
5 |
||||||
6 |
||||||
dst |
b. Pengayaan
Guru memberikan nasihat agar tetap rendah hati, karena telah mencapai KKM
(Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru memberikan soal pengayaan sebagai berikut :
1.
Membaca buku-buku tentang Nilai-nilai Pancasila dalam
kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang relevan.
2.
Mencari informasi secara online tentang Nilai-nilai
Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara
3.
Membaca surat kabar, majalah, serta berita online tentang
Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan
Negara
4.
Mengamati langsung tentang Nilai-nilai Pancasila dalam
kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang ada di lingkungan
sekitar.
Mengetahui, Kepala
SMA Negeri I Peukan Pidie Mukhtar,
S. Pd NIP. 19611005
1998 01 1 001 |
Peukan Pidie, 20.. Guru
Mata Pelajaran Aan
Zuliana, S. Pd NIP. 19850122
200604 2 002 |
0 Response to "RPP K13 Bahasa Indonesia Teks Surat Lamaran Kerja Kelas XII SMA Revisi"
Posting Komentar