RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMA Negeri I Muara Tiga
Mata pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/ Semester : XI IPA-IPS
Alokasi waktu : 6 JP
KD :
3.1 dan 4.1
Materi : Pernyataan umum dan tahapan-
tahapan teks prosedur
- Tujuan
1.
Mengorganisasikan
informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks
prosedur
2. Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis
- Langkah-Langkah
Pembelajaran
Media: v Worksheet atau
lembar kerja (siswa) v lembar penilaian v Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar. v Slide power
point Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen. |
Alat/bahan: v Spidol, papan
tulis v Laptop &
infocus Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen. |
Pendahuluan |
v
Peserta didik memberi salam dan berdoa v
Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi
motivasi v
Guru menyampaikan tujuan dan
manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan v Guru menyampaikan
garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran |
|
Kegiatan Inti |
Kegiatan Literasi |
Peserta didik diberi motivasi dan panduan
untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi
tayangan dan bahan bacaan terkait materi Pernyataan umum dan tahapan-tahapan teks Prosedur |
Critical Thinking |
Guru memberikan kesempatan untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan
ini harus tetap berkaitan dengan materi Pernyataan umum dan tahapan-tahapan teks Prosedur |
|
Collaboration |
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok
untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan
saling bertukar informasi mengenai Pernyataan umum dan tahapan-tahapan teks Prosedur |
|
Communication |
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja
kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi
yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang
mempresentasikan |
|
Creativity |
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan
tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Pernyataan umum dan tahapan-tahapan teks Prosedur Peserta didik kemudian diberi
kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami |
|
Penutup |
v Guru bersama peserta didik
merefleksikan pengalaman
belajar v Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat v
Guru menyampaikan rencana pembelajaran
pada pertemuan berikutnya dan berdoa |
Penilaian
v Sikap : Lembar pengamatan
v Pengetahuan : LK peserta didik,
v Ketrampilan : Kinerja & observasi diskusi
Mengetahui, Kepala SMA N I Muara Tiga Nurdin, S. Pd, M. Pd NIP. 196 |
Laweung, 2020 Guru Mata Pelajaran Akfil Zuliandri, S. Pd NIP. |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMA Negeri I Muara Tiga
Mata pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/ Semester : XI IPA-IPS
Alokasi waktu : 6 JP
KD :
3.1-4.1 dan 3.2-4.2
Materi : Isi teks prosedur
A.
Tujuan
1.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural,
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusia, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
procedural pada bidang kajian materi Isi Teks Proseduryang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
2. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah kongkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari materi Isi Teks Proseduryang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Media v Worksheet atau
lembar kerja (siswa) v lembar penilaian v Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar. v Slide power
point v Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen. |
Alat/bahan v Penggaris,
spidol, papan tulis v Laptop &
infocus v Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen. |
Pendahuluan |
v
Peserta didik memberi salam, berdoa, menyanyikan
lagu nasional ( PPK) v
Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi
motivasi (yel-yel/ice breaking) v
Guru menyampaikan tujuan dan
manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan v Guru menyampaikan
garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran |
|
Kegiatan Inti |
Kegiatan Literasi |
Peserta didik diberi
motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya
kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Isi teks prosedur |
Critical Thinking |
Guru memberikan
kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami,
dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik.
Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Isi teks prosedur |
|
Collaboration |
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi,
mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Isi teks prosedur |
|
Communication |
Peserta didik
mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal,
mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi
kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan |
|
Creativity |
Guru dan peserta didik
membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Isi teks prosedur Peserta didik kemudian diberi kesempatan
untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami |
|
Penutup |
v Guru bersama peserta didik
merefleksikan pengalaman
belajar v Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat v
Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa |
C.
Penilaian
v Sikap :
Lembar pengamatan
v Pengetahuan : LK peserta didik,
v Ketrampilan : Kinerja & observasi diskusi
Mengetahui, Kepala SMA N I Muara Tiga Nurdin, S. Pd, M. Pd NIP. 196 |
Laweung, 2020 Guru Mata Pelajaran Akfil Zuliandri, S. Pd NIP. |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMA Negeri I Muara Tiga
Mata pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/ Semester : XI IPA-IPS
Alokasi waktu : 6 JP
KD :
3.2 dan 4.2
Materi : Struktur dan kebahasaan teks
prosedur
A.
Tujuan
1.
Menganalisis
struktur dan kebahasaan teks prosedur
2. Mengembangkan teks prosedur dengan memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan
B.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Media: Ø Worksheet atau
lembar kerja (siswa) Ø lembar penilaian Ø Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar. Ø Slide power
point Ø Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen. |
Alat/Bahan: Ø Spidol, papan
tulis Ø Laptop &
infocus Ø Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen. |
C.
Penilaian
v Sikap : Lembar pengamatan
v Pengetahuan : LK peserta didik,
v Ketrampilan : Kinerja & observasi diskusi
Mengetahui, Kepala SMA N I Muara Tiga Nurdin, S. Pd, M. Pd NIP. 196 |
Laweung, 2020 Guru Mata Pelajaran Akfil Zuliandri, S. Pd NIP. |
0 Response to "RPP Satu Lembar Bahasa Indonesia Teks Prosedur Kelas XI SMA"
Posting Komentar