RPP Satu Lembar Bahasa Indonesia Teks Prosedur Kelas XI SMA

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Sekolah                 : SMA Negeri I Muara Tiga

Mata pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester   : XI IPA-IPS

Alokasi waktu      :  6 JP

KD                          : 3.1 dan 4.1

Materi                    : Pernyataan umum dan tahapan- tahapan teks prosedur

 

  1. Tujuan

1.       Mengorganisasikan informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur

2.       Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis 

  1. Langkah-Langkah Pembelajaran

Media:

v Worksheet atau  lembar kerja (siswa)

v lembar penilaian

v Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar.

v Slide power point

Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.

Alat/bahan:

v Spidol, papan tulis

v Laptop & infocus

Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.

 

Pendahuluan

v Peserta didik memberi salam dan berdoa

v Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi motivasi

v Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan

v Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran

 

Kegiatan Inti

Kegiatan Literasi

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Pernyataan umum dan tahapan-tahapan teks Prosedur

Critical Thinking

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Pernyataan umum dan tahapan-tahapan teks Prosedur

Collaboration

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Pernyataan umum dan tahapan-tahapan teks Prosedur

Communication

Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

Creativity

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Pernyataan umum dan tahapan-tahapan teks Prosedur  Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

Penutup

v Guru bersama peserta didik  merefleksikan  pengalaman belajar

v Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat

v Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa


  1. Penilaian

v  Sikap     : Lembar pengamatan          

v  Pengetahuan       : LK peserta didik,                 

v  Ketrampilan        : Kinerja & observasi diskusi

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SMA N I Muara Tiga                                                                                         

 

Nurdin, S. Pd, M. Pd

NIP. 196

Laweung,                    2020

Guru Mata Pelajaran

 

 

Akfil Zuliandri, S. Pd

NIP.

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Sekolah                 : SMA Negeri I Muara Tiga

Mata pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester   : XI IPA-IPS

Alokasi waktu      :  6 JP

KD                          : 3.1-4.1 dan 3.2-4.2

Materi                    : Isi teks prosedur

 

A.      Tujuan

1.       Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusia, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian materi Isi Teks Proseduryang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

2.       Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah kongkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari materi Isi Teks Proseduryang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

B.      Langkah-langkah Pembelajaran

Media

v Worksheet atau  lembar kerja (siswa)

v lembar penilaian

v Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar.

v Slide power point

v Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.

Alat/bahan

v Penggaris, spidol, papan tulis

v Laptop & infocus

v Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.

Pendahuluan

v Peserta didik memberi salam, berdoa, menyanyikan lagu nasional ( PPK)

v Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi motivasi (yel-yel/ice breaking)

v Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan

v Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran

 

Kegiatan Inti

Kegiatan Literasi

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Isi teks prosedur

Critical Thinking

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Isi teks prosedur

Collaboration

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Isi teks prosedur

Communication

Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

Creativity

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Isi teks prosedur  Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

Penutup

v Guru bersama peserta didik  merefleksikan  pengalaman belajar

v Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat

v Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa


C.     
Penilaian

v  Sikap                      : Lembar pengamatan          

v  Pengetahuan        : LK peserta didik,                

v  Ketrampilan         : Kinerja & observasi diskusi

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SMA N I Muara Tiga                                                                                         

 

Nurdin, S. Pd, M. Pd

NIP. 196

Laweung,                    2020

Guru Mata Pelajaran

 

 

Akfil Zuliandri, S. Pd

NIP.

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Sekolah                 : SMA Negeri I Muara Tiga

Mata pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester   : XI IPA-IPS

Alokasi waktu      :  6 JP

KD                          : 3.2 dan 4.2

Materi                    : Struktur dan kebahasaan teks prosedur

A.      Tujuan

1.       Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur

2.       Mengembangkan teks prosedur dengan memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan 

B.      Langkah-langkah Pembelajaran

Media:

Ø Worksheet atau  lembar kerja (siswa)

Ø lembar penilaian

Ø Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar.

Ø Slide power point

Ø Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.

Alat/Bahan:

Ø Spidol, papan tulis

Ø Laptop & infocus

Ø Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.

Pendahuluan

v Peserta didik memberi salam dan berdoa

v Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi motivasi

v Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan

v Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran

 

Kegiatan Inti

Kegiatan Literasi

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Struktur dan kebahasaan teks Prosedur

Critical Thinking

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Struktur dan kebahasaan teks Prosedur

Collaboration

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Struktur dan kebahasaan teks Prosedur

Communication

Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

Creativity

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Struktur dan kebahasaan teks Prosedur Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

Penutup

v Guru bersama peserta didik  merefleksikan  pengalaman belajar

v Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat

v Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa


C.     
Penilaian

v  Sikap                      : Lembar pengamatan          

v  Pengetahuan        : LK peserta didik,                

v  Ketrampilan         : Kinerja & observasi diskusi

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SMA N I Muara Tiga                                                                                         

 

Nurdin, S. Pd, M. Pd

NIP. 196

Laweung,                    2020

Guru Mata Pelajaran

 

 

Akfil Zuliandri, S. Pd

NIP.

 

0 Response to "RPP Satu Lembar Bahasa Indonesia Teks Prosedur Kelas XI SMA"

Posting Komentar