RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMA Negeri I Muara Tiga
Mata pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/ Semester : XI IPA-IPS
Alokasi waktu : 6 JP
KD :
3.8 dan 4.8
Materi : Nilai-nilai dalam cerpen
A.
Tujuan
1. Mengidentifikasi
nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek yang dibaca
2. Mendemonstrasikan
salah satu nilai kehidupan yang dipelajari dalam cerita pendek
B.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Media:
v Worksheet atau
lembar kerja (siswa)
v lembar penilaian
v Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar.
v Slide power
point
v Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.
|
Alat/Bahan:
v Spidol, papan
tulis
v Laptop &
infocus
v Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.
|
Pendahuluan
|
v
Peserta didik memberi salam dan berdoa
v
Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi
motivasi
v
Guru menyampaikan tujuan dan
manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan
v Guru menyampaikan
garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran
|
Kegiatan Inti
|
Kegiatan Literasi
|
Peserta didik diberi motivasi
dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali.
Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Nilai-nilai dalam cerpen
|
Critical Thinking
|
Guru memberikan
kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami,
dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik.
Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Nilai-nilai dalam cerpen
|
Collaboration
|
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi,
mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Nilai-nilai dalam cerpen
|
Communication
|
Peserta didik
mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal,
mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi
kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan
|
Creativity
|
Guru dan peserta didik
membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Nilai-nilai dalam cerpen Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali
hal-hal yang belum dipahami
|
Penutup
|
v Guru bersama peserta didik
merefleksikan pengalaman
belajar
v Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat
v
Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa
|
C.
Penilaian
v Sikap : Lembar pengamatan
v Pengetahuan : LK peserta didik,
v Ketrampilan : Kinerja & observasi diskusi
Mengetahui,
Kepala SMA N I Muara Tiga
Nurdin, S. Pd, M. Pd
NIP. 196
|
Laweung, 2020
Guru Mata Pelajaran
Akfil Zuliandri, S. Pd
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMA Negeri I Muara Tiga
Mata pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/ Semester : XI IPA-IPS
Alokasi waktu : 8 JP
KD :
3.9 dan 4.9
Materi : Unsur-unsur pembangun cerpen
A.
Tujuan
1. Menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek dalam
buku kumpulan cerita pendek
2. Mengkonstruksi
sebuah cerita pendek dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen
B.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Media:
v Worksheet atau
lembar kerja (siswa)
v lembar penilaian
v Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar.
v Slide power
point
v Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.
|
Alat/Bahan:
v Spidol, papan
tulis
v Laptop &
infocus
v Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.
|
Pendahuluan
|
v
Peserta didik memberi salam dan berdoa
v
Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi
motivasi
v
Guru menyampaikan tujuan dan
manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan
v Guru menyampaikan
garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran
|
Kegiatan Inti
|
Kegiatan Literasi
|
Peserta didik diberi
motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya
kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Unsur-unsur pembangun cerpen
|
Critical Thinking
|
Guru memberikan
kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami,
dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik.
Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Unsur-unsur pembangun cerpen
|
Collaboration
|
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi,
mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Unsur-unsur pembangun cerpen
|
Communication
|
Peserta didik
mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal,
mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi
kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan
|
Creativity
|
Guru dan peserta didik
membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Unsur-unsur pembangun cerpen Peserta
didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum
dipahami
|
Penutup
|
v Guru bersama peserta didik
merefleksikan pengalaman
belajar
v Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat
v
Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa
|
C.
Penilaian
v Sikap : Lembar pengamatan
v Pengetahuan : LK peserta didik,
v Ketrampilan : Kinerja & observasi diskusi
Mengetahui,
Kepala SMA N I Muara Tiga
Nurdin, S. Pd, M. Pd
NIP. 196
|
Laweung, 2020
Guru Mata Pelajaran
Akfil Zuliandri, S. Pd
NIP.
|
0 Response to "RPP Satu Lembar Bahasa Indonesia Teks Cerpen Kelas XI SMA"
Posting Komentar