RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMA Negeri I Muara Tiga
Mata pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/ Semester : XI IPA-IPS
Alokasi waktu : 6 JP
KD :
3.7 dan 4.7
Materi : Isi buku nonfiksi
A.
Tujuan
1. Menemukan
butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
2. Menyusun
laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi)
B.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Media:
v Worksheet atau
lembar kerja (siswa)
v lembar penilaian
v Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar.
v Slide power
point
v Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.
|
Alat/Bahan:
v Spidol, papan
tulis
v Laptop &
infocus
v Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.
|
Pendahuluan
|
v
Peserta didik memberi salam dan berdoa
v
Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi
motivasi
v
Guru menyampaikan tujuan dan
manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan
v Guru menyampaikan
garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran
|
Kegiatan Inti
|
Kegiatan Literasi
|
Peserta didik diberi
motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya
kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Isi pokok buku nonfiksi
|
Critical Thinking
|
Guru memberikan
kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami,
dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik.
Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Isi pokok buku nonfiksi
|
Collaboration
|
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi,
mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Isi pokok buku nonfiksi
|
Communication
|
Peserta didik
mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal,
mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi
kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan
|
Creativity
|
Guru dan peserta didik
membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Isi pokok buku nonfiksi Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali
hal-hal yang belum dipahami
|
Penutup
|
v Guru bersama peserta didik
merefleksikan pengalaman
belajar
v Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat
v
Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa
|
C.
Penilaian
v Sikap : Lembar pengamatan
v Pengetahuan : LK peserta didik,
v Ketrampilan : Kinerja & observasi diskusi
Mengetahui,
Kepala SMA N I Muara Tiga
Nurdin, S. Pd, M. Pd
NIP. 196
|
Laweung, 2020
Guru Mata Pelajaran
Akfil Zuliandri, S. Pd
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMA Negeri I Muara Tiga
Mata pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/ Semester : XI IPA-IPS
Alokasi waktu : 6 JP
KD :
3.10 dan 4.10
Materi : Isi pokok buku nonfiksi
A.
Tujuan
1. Menemukan butir-butir penting dari dua buku pengayaan
(nonfiksi) yang dibaca
2. Mempertunjukkan
kesan pribadi terhadap salah satu buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk teks
eksplanasi singkat
B.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Media:
v Worksheet atau
lembar kerja (siswa)
v lembar penilaian
v Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar.
v Slide power
point
v Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.
|
Alat/Bahan:
v Spidol, papan
tulis
v Laptop &
infocus
v Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.
|
Pendahuluan
|
v
Peserta didik memberi salam dan berdoa
v
Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi
motivasi
v
Guru menyampaikan tujuan dan
manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan
v Guru menyampaikan
garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran
|
Kegiatan Inti
|
Kegiatan Literasi
|
Peserta didik diberi
motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya
kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Isi pokok buku nonfiksi
|
Critical Thinking
|
Guru memberikan
kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami,
dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik.
Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Isi pokok buku nonfiksi
|
Collaboration
|
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi,
mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Isi pokok buku nonfiksi
|
Communication
|
Peserta didik
mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal,
mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi
kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan
|
Creativity
|
Guru dan peserta didik
membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Isi pokok buku nonfiksi Peserta
didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum
dipahami
|
Penutup
|
v Guru bersama peserta didik
merefleksikan pengalaman
belajar
v Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat
v
Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa
|
C.
Penilaian
v Sikap : Lembar pengamatan
v Pengetahuan : LK peserta didik,
v Ketrampilan : Kinerja & observasi diskusi
Mengetahui,
Kepala SMA N I Muara Tiga
Nurdin, S. Pd, M. Pd
NIP. 196
|
Laweung, 2020
Guru Mata Pelajaran
Akfil Zuliandri, S. Pd
NIP.
|
0 Response to "RPP Satu Lembar Bahasa Indonesia Teks Buku Nonfiksi Kelas XI SMA"
Posting Komentar