RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata pelajaran : Bahasa
Indonesia
Sekolah : SMA Negeri I Peukan Pidie
Kelas/ Semester : XII IPA-IPS/I
Materi pokok : Teks Surat LamaranPekerjaan
Alokasi waktu : 10x45 menit ( 5
kali pertemuan)
A. Kompetensi Inti
1 2 3 |
Menghayatidanmengamalkanajaran
agama yang dianutnya Menunjukkanperilakujujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleransi, damai),
santun, responsive, danproaktifsebagaibagiandarisolusiatasberbagaipermasalahandalamberinteraksisecaraefektifdenganlingkungan
social danalamsertamenempatkandirisebagaicerminanbangsadalampergaulandunia Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual,
konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian
spesifik dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan |
B. KompetensiDasar (KD)
danIndikatorPencapaianKompetensi (IPK)
KompetensiDasar (KD) |
IndikatorPencapaianKompetensi (IPK) |
3.2 |
Mengidentifikasi
unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan |
3.2.1 3.2.2 3.2.3 |
Memahami
unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan Mengidentifikasi penulisan surat
lamaran pekerjaan sesuai kaidah penulisan EYD Mengidentifikasi
isi daftar riwayat hidup |
4.2 |
Menyusun
surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika dan kebahasaan |
4.2.1 4.2.2 4.2.3 |
Mendata ciri kebahasaan surat lamaran pekerjaan
Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika, dan
kebahasaan. Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi surat
lamaran pekerjaan yang telah disusun |
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatan
saintifik dengan model pedagoge genre, saintifik, dan CLIL peserta didik
dapat memahamiunsurkebahasaansuratlamaranpekerjaan,
mengidentifikasipenulisansuratlamaranpekerjaansesuaikaidahpenulisaneyd,
mengidentifikasiisidaftarriwayathidup,
mendatacirikebahasaansuratlamaranpekerjaan,
menyusunsuratlamaranpekerjaandenganmemerhatikanisi, sistematika, dankebahasaan,
mempresentasikan, menanggapi, danmerevisisuratlamaranpekerjaan yang
telahdisusun
D. Materi Pembelajaran
v Unsurkebahasaan
v Penulisan EYD
v Daftarriwayathidup
E. Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran : Discovery Learning
Metode :
Tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran
F. Media Pembelajaran
Media :
Worksheet
ataulembarkerja (siswa)
Lembarpenilaian
LCD
Proyektor
Alat/Bahan :
Penggaris,
spidol, papantulis
Laptop
&infocus
G. Sumber Belajar
Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas X
Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan,
Balitbang, Kemendikbud.
Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas X Revisi Tahun
2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa
SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
PertemuanPertama
Tahap |
Langkah-langkah Pembelajaran |
NilaiKarakter (PPK), Literasi,
4C, HOTS |
AlokasiWaktu |
Pendahuluan |
Guru : Orientasi Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka,
memanjatkan syukur kepadaTuhan YME dan
berdoa untuk memulai pembelajaran Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikapdisiplin Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran. Aperpepsi Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya. Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. Apabila
materi tema/projek ini kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat
menjelaskan tentang materi : Unsur
Kebahasaan dan Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung Mengajukan
pertanyaan Pemberian
Acuan Memberitahukan materi
pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu. Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung Pembagian
kelompok belajar Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran. |
Religius Rasa ingintahu |
10 menit |
Inti |
Peserta didik diberi motivasi atau
rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Unsur
Kebahasaan dan Penulisan Surat Lamaran Pekerjaandengan cara : Melihat (tanpa
atau dengan Alat) Menayangkan gambar/foto/video yang relevan. Mengamati Lembar
kerja materi Unsur Kebahasaan dan Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan. Pemberian
contoh-contoh materiUnsur Kebahasaan dan Penulisan Surat Lamaran
Pekerjaan untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media
interaktif, dsb Membaca. Kegiatanliterasiinidilakukan di rumahdan di sekolahdenganmembaca
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi
yang berhubungan dengan Unsur Kebahasaan dan Penulisan Surat Lamaran
Pekerjaan. Menulis Menulis resume darihasilpengamatandanbacaanterkaitUnsur
Kebahasaan dan Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan. Mendengar Pemberian materi Unsur
Kebahasaan dan Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan oleh guru. Menyimak Penjelasan pengantar kegiatan secara
garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi : Unsur
Kebahasaan dan Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan untuk
melatih rasa syukur,kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian,
mencari informasi. Guru memberikan kesempatan pada
peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang
berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan
belajar, contohnya : Mengajukan
pertanyaan tentang materi : Unsur
Kebahasaan dan Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan yang tidak
dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi
tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa
ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis
yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Peserta didik mengumpulkan informasi
yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui
kegiatan: Mengamati
obyek/kejadian Mengamati dengan seksama materi Unsur
Kebahasaan dan Penulisan Surat Lamaran Pekerjaanyang sedang dipelajari
dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya. Membaca
sumber lain selain buku teks Secara disiplin melakukankegiatanliterasi dengan mencari dan
membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan
pemahaman tentang materi Unsur Kebahasaan dan Penulisan Surat Lamaran
Pekerjaan yang sedang dipelajari. Aktivitas Menyusun daftar pertanyaan atas
hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang
akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Unsur Kebahasaan
dan Penulisan Surat Lamaran Pekerjaanyang sedang dipelajari. Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber Mengajukan pertanyaan berkaiatan
dengan materi Unsur Kebahasaan dan Penulisan Surat Lamaran
Pekerjaan yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru. Pesertadidikdibentukdalambeberapakelompokuntuk: Mendiskusikan Peserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materiUnsur
Kebahasaan dan Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan. Mengumpulkan
informasi Mencatat semua informasi tentang
materi Unsur Kebahasaan dan Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan yang
telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan
bahasa Indonesia yang baik dan benar. Mempresentasikan
ulang Peserta didik mengkomunikasikan
secara lisan atau mempresentasikan materidengan
rasa percayadiri Unsur Kebahasaan dan Penulisan Surat
Lamaran Pekerjaan sesuai dengan pemahamannya. Saling
tukar informasi tentang materi : Unsur
Kebahasaan dan Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan dengan ditanggapi aktif oleh peserta
didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang
dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan
metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar
kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur,
sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat. Peserta didik dalam kelompoknya
berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : Berdiskusi tentang
data dari Materi : Unsur
Kebahasaan dan Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan Mengolah informasi dari
materiUnsur Kebahasaan dan Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Unsur Kebahasaan dan
Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan. Peserta didik mendiskusikan hasil
pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau
teori pada buku sumber melalui kegiatan : Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : Unsur
Kebahasaan dan Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan antara lain
dengan :
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang
telah dikerjakan oleh peserta didik Peserta didik berdiskusi untuk
menyimpulkan Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Unsur Kebahasaan dan
Penulisan Surat Lamaran Pekerjaanberupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan
pendapat dengan sopan. Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi : Unsur
Kebahasaan dan Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan Mengemukakan pendapat atas
presentasi yang dilakukan tentanag materi Unsur Kebahasaan dan
Penulisan Surat Lamaran Pekerjaandan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan. Bertanya
atas presentasi tentang materi Unsur Kebahasaan dan Penulisan Surat
Lamaran Pekerjaanyang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya. Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
materi : Unsur
Kebahasaan dan Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan Menjawab
pertanyaan tentang materiUnsur Kebahasaan dan Penulisan Surat Lamaran
Pekerjaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar
kerja yang telah disediakan. Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi Unsur Kebahasaan dan Penulisan
Surat Lamaran Pekerjaan yang akan selesai dipelajari Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi Unsur Kebahasaan dan Penulisan Surat
Lamaran Pekerjaanyang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan
siswa terhadap materi pelajaran. |
Literasi Rasa ingintahu Kerjasama (Collaborative) Berpikirkritis (Critical thinking) Kreativitas (Creativity) Komunikatif (Communicative) |
70 menit |
Kegiatan
Penutup |
Peserta didik
: Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran tentang materi Unsur Kebahasaan dan Penulisan
Surat Lamaran Pekerjaan yang baru dilakukan. Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Unsur Kebahasaan dan Penulisan
Surat Lamaran Pekerjaan yang baru diselesaikan. Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. Guru : Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk
materi pelajaran Unsur Kebahasaan dan Penulisan Surat Lamaran
Pekerjaan. Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Unsur
Kebahasaan dan Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan. Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaranUnsur Kebahasaan dan Penulisan Surat
Lamaran Pekerjaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik. |
Kreativitas (Creativity) HOTS |
10 menit |
PertemuanKedua
Tahap |
Langkah-langkah Pembelajaran |
NilaiKarakter (PPK), Literasi,
4C, HOTS |
AlokasiWaktu |
Pendahuluan |
Guru : Orientasi Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka,
memanjatkan syukur kepadaTuhan YME dan
berdoa untuk memulai pembelajaran Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikapdisiplin Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran. Aperpepsi Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya. Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang
materi : Daftar
riwayat hidup Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung Mengajukan
pertanyaan Pemberian
Acuan Memberitahukan materi
pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu. Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung Pembagian
kelompok belajar Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran |
Religius Rasa ingintahu |
10 menit |
Inti |
Peserta didik diberi motivasi atau
rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Daftar
riwayat hidupdengan cara : Melihat (tanpa
atau dengan Alat) Menayangkan gambar/foto/video yang relevan. Mengamati Lembar
kerja materi Daftar riwayat hidup. Pemberian
contoh-contoh materiDaftar riwayat hidup untuk dapat dikembangkan
peserta didik, dari media interaktif, dsb Membaca. Kegiatanliterasiinidilakukan di rumahdan di sekolahdenganmembaca
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi
yang berhubungan dengan Daftar riwayat hidup. Menulis Menulis resume darihasilpengamatandanbacaanterkaitDaftar
riwayat hidup. Mendengar Pemberian materi Daftar
riwayat hidup oleh guru. Menyimak Penjelasan pengantar kegiatan secara
garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi : Daftar
riwayat hidup untuk
melatih rasa syukur,kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian,
mencari informasi. Guru memberikan kesempatan pada
peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang
berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan
belajar, contohnya : Mengajukan
pertanyaan tentang materi : Daftar
riwayat hidup yang tidak
dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi
tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa
ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis
yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Peserta didik mengumpulkan informasi
yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui
kegiatan: Mengamati
obyek/kejadian Mengamati dengan seksama materi Daftar
riwayat hidup yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide
presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya. Membaca
sumber lain selain buku teks Secara disiplin melakukankegiatanliterasi dengan mencari dan
membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan
pemahaman tentang materi Daftar riwayat hidup yang sedang
dipelajari. Aktivitas Menyusun daftar pertanyaan atas
hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang
akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Daftar riwayat
hidup yang sedang dipelajari. Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber Mengajukan pertanyaan berkaiatan
dengan materi Daftar riwayat hidup yang telah disusun dalam
daftar pertanyaan kepada guru. Pesertadidikdibentukdalambeberapakelompokuntuk: Mendiskusikan Peserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materiDaftar
riwayat hidup. Mengumpulkan
informasi Mencatat semua informasi tentang
materi Daftar riwayat hidupyang telah diperoleh pada buku catatan
dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan
benar. Mempresentasikan
ulang Peserta didik mengkomunikasikan
secara lisan atau mempresentasikan materidengan
rasa percayadiri Daftar riwayat hidup sesuai dengan
pemahamannya. Saling
tukar informasi tentang materi : Daftar
riwayat hidup dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh
sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat. Peserta didik dalam kelompoknya
berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : Berdiskusi tentang
data dari Materi : Daftar
riwayat hidup Mengolah informasi dari
materiDaftar riwayat hidup yang sudah dikumpulkan dari hasil
kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan
kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Daftar riwayat hidup. Peserta didik mendiskusikan hasil
pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau
teori pada buku sumber melalui kegiatan : Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : Daftar
riwayat hidup antara lain
dengan :
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang
telah dikerjakan oleh peserta didik. Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Daftar riwayat hidup berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media
lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi,
kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan. Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi : Daftar
riwayat hidup Mengemukakan pendapat atas
presentasi yang dilakukan tentanag materi Daftar riwayat hidup dan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan. Bertanya
atas presentasi tentang materi Daftar riwayat hidup yang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk
menjawabnya. Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
materi : Daftar
riwayat hidup Menjawab
pertanyaan tentang materiDaftar riwayat hidup yang terdapat pada
buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan. Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi Daftar riwayat hidup yang
akan selesai dipelajari Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi Daftar riwayat hidup yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran. |
Literasi Rasa ingintahu Kerjasama (Collaborative) Berpikirkritis (Critical thinking) Kreativitas (Creativity) Komunikatif (Communicative) |
70 menit |
Kegiatan
Penutup |
Peserta didik
: Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Daftar riwayat hidupyang
baru dilakukan. Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Daftar riwayat hidup yang
baru diselesaikan. Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. Guru : Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk
materi pelajaran Daftar riwayat hidup. Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Daftar
riwayat hidup. Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaranDaftar riwayat hidup kepada
kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. |
Kreativitas (Creativity) HOTS |
10 menit |
I. Penilaian
Hasil Pembelajaran
1. Teknik Penilaian (terlampir)
a. Sikap
- Penilaian
Observasi
Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap
dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran
maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh
instrumen penilaian sikap
No |
Nama Siswa |
Aspek Perilaku yang Dinilai |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
|||
BS |
JJ |
TJ |
DS |
|||||
1 |
75 |
75 |
50 |
75 |
275 |
68,75 |
C |
|
2 |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
Keterangan :
• BS : Bekerja Sama
• JJ : Jujur
• TJ : Tanggun Jawab
• DS : Disiplin
Catatan :
1. Aspek perilaku dinilai dengan
kriteria:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Cukup
25 = Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang
dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi
jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 =
Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 =
Baik (B)
25,01 –
50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 = Kurang (K)
5. Format di atas dapat diubah sesuai
dengan aspek perilaku yang ingin dinilai
- Penilaian
Diri
Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran dari
guru kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk
menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat
objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian
diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria
penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi,
singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian :
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
1 |
Selama
diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan. |
50 |
250 |
62,50 |
C |
|
2 |
Ketika kami
berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara. |
50 |
||||
3 |
Saya ikut
serta dalam membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok. |
50 |
||||
4 |
... |
100 |
Catatan:
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak =
50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan
dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor
maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 =
Sangat Baik (SB)
50,01 –
75,00 = Baik (B)
25,01 –
50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 = Kurang (K)
5. Format di atas dapat juga digunakan
untuk menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan
- Penilaian
Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta
didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya
guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian,
dan juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh format penilaian teman
sebaya :
Nama yang
diamati : ...
Pengamat :
...
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
1 |
Mau menerima
pendapat teman. |
100 |
450 |
90,00 |
SB |
|
2 |
Memberikan
solusi terhadap permasalahan. |
100 |
||||
3 |
Memaksakan
pendapat sendiri kepada anggota kelompok. |
100 |
||||
4 |
Marah saat
diberi kritik. |
100 |
||||
5 |
... |
50 |
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang
positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria =
5 x 100 = 500
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) =
(450 : 500) x 100 = 90,00
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 =
Sangat Baik (SB)
50,01 –
75,00 = Baik (B)
25,01 –
50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 = Kurang (K)
- Penilaian
Jurnal (Lihat lampiran)
b. Pengetahuan
- Tertulis
Uraian dan atau Pilihan Ganda (Lihat lampiran)
- Tes Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian Aspek Percakapan
No |
Aspek yang Dinilai |
Skala |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
|||
25 |
50 |
75 |
100 |
|||||
1 |
Intonasi |
|||||||
2 |
Pelafalan |
|||||||
3 |
Kelancaran |
|||||||
4 |
Ekspresi |
|||||||
5 |
Penampilan |
|||||||
6 |
Gestur |
- Penugasan (Lihat Lampiran)
Tugas Rumah
a. Peserta didik menjawab pertanyaan yang terdapat pada
buku peserta didik
b. Peserta didik memnta tanda tangan orangtua sebagai
bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik
c. Peserta didik mengumpulkan jawaban dari tugas rumah
yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian.
c. Keterampilan
- Penilaian
Unjuk Kerja
Contoh instrumen penilaian unjuk kerja dapat
dilihat pada instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:
Instrumen Penilaian
No |
Aspek yang Dinilai |
Sangat Baik (100) |
Baik (75) |
Kurang Baik (50) |
Tidak Baik (25) |
1 |
Kesesuaian
respon dengan pertanyaan |
||||
2 |
Keserasian
pemilihan kata |
||||
3 |
Kesesuaian
penggunaan tata bahasa |
||||
4 |
Pelafalan |
Kriteria penilaian (skor)
100 =
Sangat Baik
75 =
Baik
50 =
Kurang Baik
25 =
Tidak Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang
diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)
Instrumen Penilaian Diskusi
No |
Aspek yang Dinilai |
100 |
75 |
50 |
25 |
1 |
Penguasaan
materi diskusi |
||||
2 |
Kemampuan
menjawab pertanyaan |
||||
3 |
Kemampuan
mengolah kata |
||||
4 |
Kemampuan
menyelesaikan masalah |
Keterangan :
100 =
Sangat Baik
75 =
Baik
50 =
Kurang Baik
25 =
Tidak Baik
- Penilaian
Proyek (Lihat Lampiran)
- Penilaian
Produk (Lihat Lampiran)
- Penilaian
Portofolio
Kumpulan semua tugas yang sudah dikerjakan peserta
didik, seperti catatan, PR, dll
Instrumen Penilain
No |
Aspek yang Dinilai |
100 |
75 |
50 |
25 |
1 |
|||||
2 |
|||||
3 |
|||||
4 |
2. Instrumen Penilaian (terlampir)
a. Pertemuan Pertama
b. Pertemuan Kedua
c. Pertemuan Ketiga
3. Pembelajaran Remedial dan
Pengayaan
a. Remedial
Bagi peserta didik yang belum memenuhi kriteria
ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa memberikan soal tambahan misalnya
sebagai berikut :
1) Jelaskan tentang Sistem Pembagian Kekuasaan Negara!
2) Jelaskan tentang Kedudukan dan Fungsi Kementerian
Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian!
3) Jelaskan tentang Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan
pemerintahan!
CONTOH PROGRAM REMIDI
Sekolah : ……………………………………………..
Kelas/Semester : ……………………………………………..
Mata
Pelajaran : ……………………………………………..
Ulangan Harian
Ke : ……………………………………………..
Tanggal Ulangan
Harian : ……………………………………………..
Bentuk Ulangan
Harian : ……………………………………………..
Materi Ulangan
Harian : ……………………………………………..
(KD / Indikator) : ……………………………………………..
KKM : ……………………………………………..
No |
Nama Peserta Didik |
Nilai Ulangan |
Indikator yang Belum Dikuasai |
Bentuk Tindakan Remedial |
Nilai Setelah Remedial |
Ket |
1 |
||||||
2 |
||||||
3 |
||||||
4 |
||||||
5 |
||||||
6 |
||||||
dst |
b. Pengayaan
Guru memberikan nasihat agar tetap rendah hati, karena telah mencapai KKM
(Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru memberikan soal pengayaan sebagai berikut :
1.
Membaca buku-buku tentang Nilai-nilai
Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang
relevan.
2.
Mencari informasi secara online tentang
Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan
Negara
3.
Membaca surat kabar, majalah, serta
berita online tentang Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik
penyelenggaraan pemerintahan Negara
4.
Mengamati langsung tentang Nilai-nilai
Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang ada
di lingkungan sekitar.
Kepala
SMA Negeri I Peukan Pidie Mukhtar,
S. Pd NIP. 19611005
1998 01 1 001 |
Peukan Pidie, 20.. Guru
Mata Pelajaran Aan
Zuliana, S. Pd NIP. 19850122
200604 2 002 |
0 Response to "RPP K13 Bahasa Indonesia Teks Surat Lamaran Kerja 2 Kelas XII SMA Revisi"
Posting Komentar