RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMA Negeri I Muara Tiga
Mata pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/ Semester : XI IPA-IPS
Alokasi waktu : 6 JP
KD :
3.3 dan 4.3
Materi : Informasi dalam teks eksplanasi
A.
Tujuan
1. Mengidentifikasi
informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi lisan dan
tulis
2. Mengkonstruksi
informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara lisan
dan tulis
B.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Media:
Ø Worksheet atau
lembar kerja (siswa)
Ø lembar penilaian
Ø Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar.
Ø Slide power
point
Ø Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.
|
Alat/Bahan:
Ø Spidol, papan
tulis
Ø Laptop &
infocus
Ø Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.
|
Pendahuluan
|
v
Peserta didik memberi salam dan berdoa
v
Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi
motivasi
v
Guru menyampaikan tujuan dan
manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan
v Guru menyampaikan
garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran
|
Kegiatan Inti
|
Kegiatan Literasi
|
Peserta didik diberi
motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya
kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Informasi dalam teks eksplanasi
|
Critical Thinking
|
Guru memberikan
kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami,
dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik.
Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Informasi dalam teks eksplanasi
|
Collaboration
|
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi,
mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Informasi dalam teks eksplanasi
|
Communication
|
Peserta didik
mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal,
mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi
kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan
|
Creativity
|
Guru dan peserta didik
membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Informasi dalam teks eksplanasi Peserta didik kemudian diberi
kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami
|
Penutup
|
v Guru bersama peserta didik
merefleksikan pengalaman
belajar
v Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat
v
Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa
|
C.
Penilaian
v Sikap : Lembar pengamatan
v Pengetahuan : LK peserta didik,
v Ketrampilan : Kinerja & observasi diskusi
Mengetahui,
Kepala SMA N I Muara Tiga
Nurdin, S. Pd, M. Pd
NIP. 196
|
Laweung, 2020
Guru Mata Pelajaran
Akfil Zuliandri, S. Pd
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMA Negeri I Muara Tiga
Mata pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/ Semester : XI IPA-IPS
Alokasi waktu : 6 JP
KD :
3.4 dan 4.4
Materi : Struktur dan kebahasaan teks eksplanasi
A.
Tujuan
1. Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi
2. Memproduksi
teks eksplanasi secara lisan atautulis dengan memerhatikan struktur dan
kebahasaan
B.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Media:
v Worksheet atau
lembar kerja (siswa)
v lembar penilaian
v Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar.
v Slide power
point
v Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.
|
Alat/Bahan:
v Spidol, papan
tulis
v Laptop &
infocus
v Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.
|
Pendahuluan
|
v
Peserta didik memberi salam dan berdoa
v
Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi
motivasi
v
Guru menyampaikan tujuan dan
manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan
v Guru menyampaikan
garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran
|
Kegiatan Inti
|
Kegiatan Literasi
|
Peserta didik diberi
motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya
kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Struktur dan kebahasaan teks
eksplanasi
|
Critical Thinking
|
Guru memberikan
kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami,
dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik.
Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Struktur dan kebahasaan teks
eksplanasi
|
Collaboration
|
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi,
mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Struktur dan kebahasaan teks
eksplanasi
|
Communication
|
Peserta didik
mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal,
mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi
kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan
|
Creativity
|
Guru dan peserta didik
membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Struktur dan kebahasaan teks eksplanasi Peserta didik kemudian diberi
kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami
|
Penutup
|
v Guru bersama peserta didik
merefleksikan pengalaman
belajar
v Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat
v
Guru menyampaikan rencana pembelajaran
pada pertemuan berikutnya dan berdoa
|
C.
Penilaian
v Sikap : Lembar pengamatan
v Pengetahuan : LK peserta didik,
v Ketrampilan : Kinerja & observasi diskusi
Mengetahui,
Kepala SMA N I Muara Tiga
Nurdin, S. Pd, M. Pd
NIP. 196
|
Laweung, 2020
Guru Mata Pelajaran
Akfil Zuliandri, S. Pd
NIP.
|
Harrah's Cherokee Casino & Hotel - KSH
BalasHapusKSH's Cherokee Casino & Hotel 서울특별 출장마사지 offers over 2000 slots, 구리 출장안마 20 안성 출장마사지 table games, a full bar, and plenty of 제천 출장안마 dining options. Book today to book your room 파주 출장샵 now!