RPP Satu Lembar Bahasa Indonesia Teks Eksplanasi Kelas XI SMA

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Sekolah                 : SMA Negeri I Muara Tiga

Mata pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester   : XI IPA-IPS

Alokasi waktu      :  6 JP

KD                          : 3.3 dan 4.3

Materi                    : Informasi dalam teks eksplanasi

A.      Tujuan

1.       Mengidentifikasi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi lisan dan tulis

2.       Mengkonstruksi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis

B.      Langkah-langkah Pembelajaran

Media:

Ø Worksheet atau  lembar kerja (siswa)

Ø lembar penilaian

Ø Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar.

Ø Slide power point

Ø Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.

Alat/Bahan:

Ø Spidol, papan tulis

Ø Laptop & infocus

Ø Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.

Pendahuluan

v Peserta didik memberi salam dan berdoa

v Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi motivasi

v Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan

v Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran

 

Kegiatan Inti

Kegiatan Literasi

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Informasi dalam teks eksplanasi

Critical Thinking

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Informasi dalam teks eksplanasi

Collaboration

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Informasi dalam teks eksplanasi

Communication

Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

Creativity

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Informasi dalam teks eksplanasi Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

Penutup

v Guru bersama peserta didik  merefleksikan  pengalaman belajar

v Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat

v                    Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa


C.     
Penilaian

v  Sikap                      : Lembar pengamatan          

v  Pengetahuan        : LK peserta didik,                

v  Ketrampilan         : Kinerja & observasi diskusi

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SMA N I Muara Tiga                                                                                         

 

Nurdin, S. Pd, M. Pd

NIP. 196

Laweung,                    2020

Guru Mata Pelajaran

 

 

Akfil Zuliandri, S. Pd

NIP.

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Sekolah                 : SMA Negeri I Muara Tiga

Mata pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester   : XI IPA-IPS

Alokasi waktu      :  6 JP

KD                          : 3.4 dan 4.4

Materi                    : Struktur dan kebahasaan teks eksplanasi

A.      Tujuan

1.       Menganalisis  struktur dan kebahasaan teks  eksplanasi

2.       Memproduksi teks eksplanasi secara lisan atautulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan 

B.      Langkah-langkah Pembelajaran

Media:

v Worksheet atau  lembar kerja (siswa)

v lembar penilaian

v Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar.

v Slide power point

v Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.

Alat/Bahan:

v Spidol, papan tulis

v Laptop & infocus

v Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.

Pendahuluan

v Peserta didik memberi salam dan berdoa

v Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi motivasi

v Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan

v Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran

 

Kegiatan Inti

Kegiatan Literasi

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Struktur dan kebahasaan teks eksplanasi

Critical Thinking

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Struktur dan kebahasaan teks eksplanasi

Collaboration

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Struktur dan kebahasaan teks eksplanasi

Communication

Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

Creativity

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Struktur dan kebahasaan teks eksplanasi Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

Penutup

v Guru bersama peserta didik  merefleksikan  pengalaman belajar

v Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat

v Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa


C.     
Penilaian

v  Sikap                      : Lembar pengamatan          

v  Pengetahuan        : LK peserta didik,                

v  Ketrampilan         : Kinerja & observasi diskusi

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SMA N I Muara Tiga                                                                                         

 

Nurdin, S. Pd, M. Pd

NIP. 196

Laweung,                    2020

Guru Mata Pelajaran

 

 

Akfil Zuliandri, S. Pd

NIP.

 

1 Response to " RPP Satu Lembar Bahasa Indonesia Teks Eksplanasi Kelas XI SMA"

  1. Harrah's Cherokee Casino & Hotel - KSH
    KSH's Cherokee Casino & Hotel 서울특별 출장마사지 offers over 2000 slots, 구리 출장안마 20 안성 출장마사지 table games, a full bar, and plenty of 제천 출장안마 dining options. Book today to book your room 파주 출장샵 now!

    BalasHapus