RPP Satu Lembar Bahasa Indonesia Teks Editorial Kelas XII SMA

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Sekolah                 : SMA Negeri I Muara Tiga

Mata pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester   : XII IPA-IPS/1

Alokasi waktu      8 JP

KD                          : 3.5 dan 4.5

Materi                    : Isi Teks Editorial

 

A.      Tujuan

1.       Mengidentifikasi isi teks editorial

2.       Membedakan fakta dan opini dalam sebuah teks editorial

3.       Mengidentifikasi ragam informasi dalam teks editorial

4.       Menyimpulkan informasi dalam teks editorial

5.       Menyeleksi ragam informasi sebagai bahan teks editorial baik secara lisan maupun tulis

B.      Langkah-langkah Pembelajaran

Media:

v Worksheet atau lembar kerja (siswa)

v Lembar penilaian

v LCD Proyektor.

Alat/bahan:

v Penggaris, spidol, papan tulis

v Laptop & infocus.

Pendahuluan

v Peserta didik memberi salam dan berdoa bersama

v Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi motivasi

v Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan

v Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran

 

Kegiatan Inti

Kegiatan Literasi

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Isi Teks Editorial

Critical Thinking

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Isi Teks Editorial

Collaboration

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Isi Teks Editorial

Communication

Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

Creativity

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Isi Teks Editorial  Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

Penutup

v Guru bersama peserta didik  merefleksikan  pengalaman belajar

v Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat

v Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa


C.     
Penilaian

v  Sikap                      : Lembar pengamatan          

v  Pengetahuan        : LK peserta didik,                

v  Ketrampilan         : Kinerja & observasi diskusi

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SMA N I Muara Tiga                                                                                         

 

Weka Weka

NIP.

Laweung,                    2020

Guru Mata Pelajaran

 

 

Admin

NIP.

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Sekolah                 : SMA Negeri I Muara Tiga

Mata pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester   : XII IPA-IPS/1

Alokasi waktu      4 JP

KD                          : 3.6 dan 4.6

Materi                    : Struktur dan Kebahasaan Teks Editorial

 

A.      Tujuan

1.       Mengidentifikasi struktur teks editorial

2.       Mengidentifikasi unsur kebahasaan teks editorial

3.       Menganalisis topik teks editorial

4.       Menganalisis kerangka karangan teks editorial

5.       Merancang teks editorial dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis

B.      Langkah-langkah Pembelajaran

Media:

v Worksheet atau lembar kerja (siswa)

v Lembar penilaian

v LCD Proyektor.

Alat/bahan:

v Penggaris, spidol, papan tulis

v Laptop & infocus.

Pendahuluan

v Peserta didik memberi salam dan berdoa bersama

v Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi motivasi

v Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan

v Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran

 

Kegiatan Inti

Kegiatan Literasi

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Struktur dan Kebahasaan Teks Editorial

Critical Thinking

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Struktur dan Kebahasaan Teks Editorial

Collaboration

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Struktur dan Kebahasaan Teks Editorial

Communication

Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

Creativity

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Struktur dan Kebahasaan Teks Editorial Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

Penutup

v Guru bersama peserta didik  merefleksikan  pengalaman belajar

v Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat

v Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa


C.     
Penilaian

v  Sikap                      : Lembar pengamatan          

v  Pengetahuan        : LK peserta didik,                

v  Ketrampilan         : Kinerja & observasi diskusi

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SMA N I Muara Tiga                                                                                         

 

Weka Weka

NIP.

Laweung,                    2020

Guru Mata Pelajaran

 

 

Admin

NIP.

 

0 Response to "RPP Satu Lembar Bahasa Indonesia Teks Editorial Kelas XII SMA"

Posting Komentar