RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMA Negeri I Muara Tiga
Mata pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/ Semester : XII IPA-IPS/1
Alokasi waktu : 8 JP
KD :
3.5 dan 4.5
Materi : Isi Teks Editorial
A.
Tujuan
1. Mengidentifikasi isi teks editorial
2. Membedakan fakta dan opini dalam sebuah teks editorial
3. Mengidentifikasi ragam informasi dalam teks editorial
4. Menyimpulkan informasi dalam teks editorial
5. Menyeleksi ragam informasi sebagai bahan teks editorial baik secara lisan
maupun tulis
B.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Media:
v Worksheet atau lembar kerja (siswa)
v Lembar penilaian
v LCD Proyektor.
|
Alat/bahan:
v Penggaris,
spidol, papan tulis
v Laptop &
infocus.
|
Pendahuluan
|
v
Peserta didik memberi salam dan berdoa bersama
v
Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi
motivasi
v
Guru menyampaikan tujuan dan
manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan
v Guru menyampaikan
garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran
|
Kegiatan Inti
|
Kegiatan Literasi
|
Peserta didik diberi
motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya
kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Isi Teks
Editorial
|
Critical Thinking
|
Guru memberikan
kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami,
dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik.
Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Isi Teks
Editorial
|
Collaboration
|
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi,
mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Isi Teks
Editorial
|
Communication
|
Peserta didik
mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal,
mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi
kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan
|
Creativity
|
Guru dan peserta didik
membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Isi Teks
Editorial Peserta didik kemudian diberi kesempatan
untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami
|
Penutup
|
v Guru bersama peserta didik
merefleksikan pengalaman
belajar
v Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat
v
Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa
|
C.
Penilaian
v Sikap : Lembar pengamatan
v Pengetahuan : LK peserta didik,
v Ketrampilan : Kinerja & observasi diskusi
Mengetahui,
Kepala SMA N I Muara Tiga
Weka Weka
NIP.
|
Laweung, 2020
Guru Mata Pelajaran
Admin
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMA Negeri I Muara Tiga
Mata pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/ Semester : XII IPA-IPS/1
Alokasi waktu : 4 JP
KD :
3.6 dan 4.6
Materi : Struktur dan Kebahasaan Teks
Editorial
A.
Tujuan
1. Mengidentifikasi struktur teks editorial
2. Mengidentifikasi unsur kebahasaan teks editorial
3. Menganalisis topik teks editorial
4. Menganalisis kerangka karangan teks editorial
5. Merancang teks editorial dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan baik
secara lisan maupun tulis
B.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Media:
v Worksheet atau lembar kerja (siswa)
v Lembar penilaian
v LCD Proyektor.
|
Alat/bahan:
v Penggaris,
spidol, papan tulis
v Laptop &
infocus.
|
Pendahuluan
|
v
Peserta didik memberi salam dan berdoa bersama
v
Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi
motivasi
v
Guru menyampaikan tujuan dan
manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan
v Guru menyampaikan
garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran
|
Kegiatan Inti
|
Kegiatan Literasi
|
Peserta didik diberi
motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya
kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Struktur dan
Kebahasaan Teks Editorial
|
Critical Thinking
|
Guru memberikan
kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami,
dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik.
Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Struktur dan
Kebahasaan Teks Editorial
|
Collaboration
|
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi,
mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Struktur dan
Kebahasaan Teks Editorial
|
Communication
|
Peserta didik
mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal,
mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi
kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan
|
Creativity
|
Guru dan peserta didik
membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Struktur dan
Kebahasaan Teks Editorial Peserta didik
kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum
dipahami
|
Penutup
|
v Guru bersama peserta didik
merefleksikan pengalaman
belajar
v Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat
v
Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa
|
C.
Penilaian
v Sikap : Lembar pengamatan
v Pengetahuan : LK peserta didik,
v Ketrampilan : Kinerja & observasi diskusi
Mengetahui,
Kepala SMA N I Muara Tiga
Weka Weka
NIP.
|
Laweung,
2020
Guru Mata Pelajaran
Admin
NIP.
|
0 Response to "RPP Satu Lembar Bahasa Indonesia Teks Editorial Kelas XII SMA"
Posting Komentar