RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMA Negeri I Muara Tiga
Mata pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/ Semester : XII IPA-IPS/1
Alokasi waktu : 10 JP
KD :
3.1 dan 4.1
Materi : Isi Surat Lamaran Pekerjaan
A.
Tujuan
1. Mengidentifikasi
surat lamaran pekerjaan
2. Mengidentifikasi
isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan
3. Mengidentifikasi
bahasa dan kalimat efektif dalam surat lamaran pekerjaan
4. Mengidentifikasi
lampiran surat lamaran pekerjaan
5. Mendata
sistematika dan isi surat lamaran pekerjaan
6. Menyimpulkan
sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan
7. Mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisi sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran
pekerjaan
B.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Media: v Worksheet atau lembar kerja (siswa) v Lembar penilaian v LCD Proyektor. |
Alat/bahan: v Penggaris,
spidol, papan tulis v Laptop &
infocus. |
Pendahuluan |
v
Peserta didik memberi salam dan berdoa bersama v
Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi
motivasi v
Guru menyampaikan tujuan dan
manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan v Guru menyampaikan
garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran |
|
Kegiatan Inti |
Kegiatan Literasi |
Peserta didik diberi
motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya
kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Isi dan Sistematika Surat Lamaran
Pekerjaan |
Critical Thinking |
Guru memberikan
kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami,
dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik.
Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Isi dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan |
|
Collaboration |
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi,
mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Isi dan Sistematika Surat Lamaran
Pekerjaan |
|
Communication |
Peserta didik
mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal,
mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi
kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan |
|
Creativity |
Guru dan peserta didik
membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Isi dan Sistematika Surat Lamaran
Pekerjaan Peserta didik kemudian diberi kesempatan
untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami |
|
Penutup |
v Guru bersama peserta didik
merefleksikan pengalaman
belajar v Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat v
Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa |
C.
Penilaian
v Sikap : Lembar pengamatan
v Pengetahuan : LK peserta didik,
v Ketrampilan : Kinerja & observasi diskusi
Mengetahui, Kepala SMA N I Muara Tiga Weka Weka NIP. |
Laweung, 2020 Guru Mata Pelajaran Admin NIP. |
0 Response to "RPP Satu Lembar Bahasa Indonesia Teks Surat Lamaran Kerja Kelas XII SMA"
Posting Komentar