RPP K13 Bahasa Indonesia Teks Novel Kelas XII SMA Revisi

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Mata pelajaran    : Bahasa Indonesia

Sekolah                 : SMA Negeri I Muara Tiga

Kelas/ Semester   : XII IPA-IPS/Genap

Materi pokok       : Teks Novel

Alokasi waktu      :  6 X 45 Menit (3 kali pertemuan)

 

 

 

 

A. Kompetensi Inti

 

1

2

 

 

 

3

 

 4

Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi, damai), santun, responsive, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian spesifik dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

B.  Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

Kompetensi Dasar (KD)

 Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

3.9

Menganalisis  isi dan kebahasaan novel

3.9.1

Menemukan isi (unsur intrinsik dan ekstrinsik) dan kebahasaan (ungkapan, majas, peribaha-sa) novel.

4.9

Merancang novel atau novelet dengan memerhatikan isi dan kebahasaan

4.9.1

 

4.9.2

Menyusun novel berdasarkan rancangan Menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan.

Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisi unsur-unsur intrinsik dan kebahasa-an novel, dan hasil penyusunan  novel.

 

C. Tujuan pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model saintifik peserta didik dapat menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan dan menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatan, mengungkapkan pernyataan umum dan tahapan-tahapan secara lisan dan menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan dengan rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif selama proses pembelajaran.

 

 

D.  Materi Pembelajaran

v  Unsur intrinsik dan ekstrinsik

v  Unsur kebahasaan

v  Ungkapan

v  Majas

v  Peribahasa

 

E.  Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran

1.      Pendekatan                : Saintifik

2.      Model Pembelajaran :Active Learning

3.      Metode                      : diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan

 

F.   Pendukung Pembelajaran (Alat, Media, Bahan, Sumber)

1. Penyajian komputer (laptop) dengan program powerpoint.

2. Bahan ajar otentik teks abstraksi novel  (hasil penelitian atau

    mediamassa).

3. Buku teks dan buku ensiklopedia.

4. Film dokumenter dunia flora dan fauna (semacam tayangan program

    televisi National Geographic atau BBC Earth).

5. Internet.

 

      Sumber Belajar :

Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya

 

G. Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1 (2 ×45 menit)

Tahap

Langkah-langkah Pembelajaran

Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS

Alokasi Waktu

Pendahuluan

1.    Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan.

2.    Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan  pembelajaran sebelumnya.

3.    Peserta didik menerima informasi dengan proaktiftentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.

4.    Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipelajari dan dikuasai khususnya tentangpembelajaran teks novel.

Religius

 

 

 

Rasa ingin tahu

10 menit

Inti

1.    Peserta didik membaca 2 atau 3 teks novel yang bertema sama.

2.    Peserta didik mencermati struktur teks dari 2 atau teks novel yang telah dibacanya.

3.    Peserta didik mencermati ciri kebahasaan yang digunakan dalam teks novel.

4.    Peserta didik mencermati isi pokok dalam 2 atau teks novel.

5.    Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang variasi struktur teks dari 2 atau 3 teks novel.

6.    Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang ciri kebahasaan yang digunakan dalam 2 atau 3 teks novel.

7.     Peserta didik mengajukan pertanyaan isi pokok dari 2 atau 3 teks novel.

8.    Peserta didik mengumpulkan informasi melalui telaah model teks novel.

9.    Peserta didik melakukan klasifikasi dan deskripsi hubungan antarkomponen yang ditemukan berdasarkan telaah model teks

 

 

Literasi

 

 

 

 

 

Rasa ingin tahu

 

 

 

 

 

Kerja sama (Collaborative)

 

 

 

 

 

 

 

Berpikir kritis (Critical thinking)

 

Kreativitas (Creativity)

 

 

 

 

 

 

Komunikatif (Communicative)

70 menit

Kegiatan Penutup

1.     Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari

2.       Peserta didik melaksanakan penilaian pembelajaran yang diberikan pendidik.

3.       Peserta didik saling memberikan umpan balik/refleksihasil pembelajaran yang telah dicapai.

4.     Pendidik menutup pembelajaran dengan ucapan salam

 

Kreativitas (Creativity)

 

 

 

 

HOTS

10 menit

 

Pertemuan 2 (2 ×45 menit)

Tahap

Langkah-langkah Pembelajaran

Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS

Alokasi Waktu

Pendahuluan

1.    Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan.

2.    Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan  pembelajaran sebelumnya.

3.    Peserta didik menerima informasi dengan proaktiftentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.

4.    Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipelajari dan dikuasai khususnya tentangpembelajaran teks novel.

Religius

 

 

 

Rasa ingin tahu

10 menit

Inti

1.      Peserta didik menyimpulkan struktur teks novel.

2.      Peserta didik menyimpulkan ciri kebahasaan teks novel.

3     Peserta didik menyimpulkan isi pokok dari 2 atau 3  teks novel.

4     Peserta didik mempresentasikan hasil pengamatan tentang struktur, ciri bahasa, dan isi pokok dari 2 atau 3 teks novel.

 

5.      Peserta didik mengerjakan latihan dan tugas yang diberikan guru untuk mengembangkan kompetensi (seperti latihan kata, kalimat, dan paragraf) yang sesuai dengan jenis teks novel:

a. latihan kosa kata teknis, sinonim

b. latihan penulisan unsur serapan

c. latihan pengembangan teks novel: klasifikasi-deskripsi

d. latihan pengembangan kekohesian

 

6.      Peserta didik berdiskusi dengan teman sebangku atau berpasangan untuk menentukan topik dan menyusun kerangka karangan. Latihan pengembangan topik dengan peta pikiran (mindmap) atau jaring laba-laba (spider-web) atau teknik lain yang dapat digunakan.

 

 

7.      Peserta didik menentukan topik teks novel dengan peta pikiran (mindmap) atau jaring laba-laba (spider-web).

 8.     Peserta didik menyusun kerangka teks novel.

 

Literasi

 

 

 

 

 

Rasa ingin tahu

 

 

 

 

 

Kerja sama (Collaborative)

 

 

 

 

 

 

 

Berpikir kritis (Critical thinking)

 

Kreativitas (Creativity)

 

 

 

 

 

 

Komunikatif (Communicative)

70 menit

Kegiatan Penutup

1.     Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari

2.     Peserta didik melaksanakan penilaian pembelajaran yang diberikan pendidik.

3.     Peserta didik saling memberikan umpan balik/refleksihasil pembelajaran yang telah dicapai.

4.     Pendidik menutup pembelajaran dengan ucapan salam

 

Kreativitas (Creativity)

 

 

 

 

HOTS

10 menit

 

Pertemuan 3 (2 ×45 menit)

 

Tahap

Langkah-langkah Pembelajaran

Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS

Alokasi Waktu

Pendahuluan

1.    Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan.

2.    Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan  pembelajaran sebelumnya.

3.    Peserta didik menerima informasi dengan proaktiftentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.

4.    Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipelajari dan dikuasai khususnya tentangpembelajaran teks novel.

Religius

 

 

 

Rasa ingin tahu

10 menit

Inti

  1.  Peserta didik mengumpulkan informasi yang sesuai dengan topik yang telah dipilih.

  2.  Peserta didik menyusun teks novel berdasarkan kerangka yang telah disusun dengan memperhatikan struktur teks, ciri kebahasaan, dan EBI.

  3.  Peserta didik mempresentasikan teks novel yang telah disusun.

  4.  Peserta didik menanggapi teks novel.

  5.  Peserta didik merevisi teks novel berdasarkan masukan dari teman.

  6.  Peserta didik memasukkan lembar coretan kerja dan semua draf hingga draf final ke bendel portofolio masing-masing.

 

Literasi

 

 

 

 

 

Rasa ingin tahu

 

 

 

 

 

Kerja sama (Collaborative)

 

 

 

 

 

 

 

Berpikir kritis (Critical thinking)

 

Kreativitas (Creativity)

 

 

 

 

 

 

Komunikatif (Communicative)

70 menit

Kegiatan Penutup

1.    Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari

2.    Peserta didik melaksanakan penilaian pembelajaran yang diberikan pendidik.

3.    Peserta didik saling memberikan umpan balik/refleksihasil pembelajaran yang telah dicapai.

4.    Pendidik menutup pembelajaran dengan ucapan salam

 

Kreativitas (Creativity)

 

 

 

 

HOTS

10 menit

 

H.  Penilaian

 

KD dan Indikator (KD-3: Pengetahuan)

 

Kompetensi Dasar

Indikator

3.9   Menganalisis  isi dan kebaha-

        saan novel.

      Menemukan isi (unsur intrinsik dan ekstrinsik) dan kebahasaan (ungkapan, majas, peribahasa) novel.

 

Penilain Proses

Penilaian Hasil

Penilaian proses aspek pengetahuan dapat dilakukan sejak kegiatan Menelaah Model dan Mengonstruksi terbimbing.

 

Catatan terhadap peserta didik pada kegiatan tersebut dapat dijadikan penilaian sikap selama mengikuti pembelajaran: ketekunan, kerja sama, semangat, ketelitian, kerapihan, kebersihan, keseriusan.

Jenis    : Tulis

Bentuk : Uraian

 

Contoh instrumen:

a.  Tuliskan unsur-unsur instrinsik novel  yangAnda baca!

b.  Tuliskan unsur-unsur ekstrinsik novel  yangAnda

     baca!

c.  Tuliskan lima ungkapkan yang  digunakan dalam novel yang Anda  baca!

d.  Tuliskan lima majas yang  digunakan dalam novel  yang Anda  baca!

e.  Tuliskan lima peribahasa yang  digunakan dalam novel yang Anda  baca!

 

KD dan Indikator (KD-4: Keterampilan)

 

Kompetensi Dasar

Indikator

4.9    Merancang novel atau novelet   dengan memerhatikan isi dan  kebahasaan.

      Menyusun novel berdasarkan rancangan

      Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisi unsur-unsur intrinsik dan kebahasa-an novel, dan hasil penyusunan  novel.

 

Penilain Proses

Penilaian Hasil

Penilaian proses aspek pengeta-huan dapat dilakukan sejak kegi-atan Mengonstruksi Terbimbing dan Mengonstruksi Mandiri.

 

Catatan terhadap peserta didik pada kegiatan tersebut dapat dija-dikan penilaian sikap selama mengikuti pembelajaran dan mengerjakan tugas (bendel portofolio): ketekunan, kerjasama, semangat, ketelitian, kerapihan, kebersihan, keseriusan.

Jenis   :  Menulis

Bentuk:  Uraian

 

Contoh Instrumen

Susunlah teks prosedur denganmemerhatikan hal di bawah ini!

a. Tentukan topik novel.

b. Buatlah kerangka sesuai dengan struktur novel!

c. Kembangkan kerangka tersebut menjadi

    abstraksi novel dengan memerhatikan struktur teks, ciri kebahasaan, dan EBI!

 

Portofolio

Khusus untuk kompetensi menulis, penilaian meliputi proses dan produk yang tercakup dalam penilaian portofolio. Dokumen portofolio berisi:

(a)   draf final (produk) berbobot 40%;

(b)   bukti draf sedikitnya 3 draf berbobot 25%;

(c)   bukti catatan tentang apa yang akan ditulis dan sumber penulisan berbobot 10%; dan

(d)   catatan reflektif berbobot 25%.

 

 

Penilaian Sikap

Penilaian sikap dilakukan selama proses pembelajaran (termasuk informasi dari portofolio) atau di luar pembelajaran dengan melalui observasi dengan isian lembar pengamatan

 

Contoh format dan pengisian lembar pengamatan guru mata pelajaran

 

Nama Satuan pendidikan

Tahun pelajaran                  :

Kelas/Semester                    :

Mata Pelajaran                    : Bahasa dan Sastra Indonesia

 

No

Waktu

Nama

Kejadian/ Perilaku

Butir sikap

Positif/ Negatif

Tindak Lanjut

1.

14 Januari2018

Asih

Tidak mengerjakan tugas menganalisisnovel

Tanggung jawab

-

Dipanggil dan disuruh mengerjakan tugas kembali dengan waktu terbatas

2.

14 Januari2018

Imah

Mengerjakan tugas dengan serius, tepat waktu, dan hasilnya sangat baik

Tanggung jawab

+

Diberi pujian atau apresiasi

 

Pedoman Penskoran

 a.  Pengetahuan

Soal

Aspek yang Dinilai

Skor

1

a.    Peserta didik menuliskan unsur-unsur instrinsik novel dengansangat tepat

4

b.   Peserta didik menuliskan unsur-unsur instrinsik novel dengan tepat

3

c.    Peserta didik menuliskan unsur-unsur instrinsik novel dengankurang tepat

2

d.   Peserta didik menuliskan unsur-unsur instrinsik novel dengan tidak tepat

1

 

Soal

Aspek yang Dinilai

Skor

2

a.    Peserta didik menuliskan unsur-unsur ekstrinsik novel dengansangat tepat

4

b.   Peserta didik menuliskan unsur-unsur ekstrinsik novel dengan tepat

3

c.    Peserta didik menuliskan unsur-unsur ekstrinsik novel dengankurang tepat

2

d.   Peserta didik menuliskan unsur-unsur ekstrinsik novel dengan tidak tepat

1

 

Soal

Aspek yang Dinilai

Skor

3

a.    Peserta didik munuliskan lima ungkapan yang digunakan dalam novel dengan sangat tepat

4

b.   Peserta didik munuliskan lima ungkapan yang digunakan dalam noveldengan tepat

3

c.    Peserta didik munuliskan lima ungkapan yang digunakan dalam noveldengan kurang tepat

2

d.   Peserta didik munuliskan lima ungkapan yang digunakan dalam noveldengan tidak tepat

1

 

      

Soal

Aspek yang Dinilai

Skor

4

a.    Peserta didik munuliskan lima majas yang digunakan dalam noveldengan sangat tepat

4

b.   Peserta didik munuliskan lima majas yang digunakan dalam noveldengan tepat

3

c.    Peserta didik munuliskan lima majas yang digunakan dalam noveldengan kurang tepat

2

d.   Peserta didik munuliskan lima majas yang digunakan dalam noveldengan tidak tepat

1

 

Soal

Aspek yang Dinilai

Skor

5

a.    Peserta didik munuliskan lima peribahasa yang digunakan dalam novel dengan sangat tepat

4

b.   Peserta didik munuliskan lima peribahasa yang digunakan dalam novel dengan tepat

3

c.    Peserta didik munuliskan lima peribahasa yang digunakan dalam novel dengan kurang tepat

2

d.   Peserta didik munuliskan lima peribahasa yang digunakan dalam novel dengan tidak tepat

1

 

Keterangan

         Nilai = Perolehan skor     

                    Jumlah soal

     Contoh
     Nilai =  10  x 100 = 83,33

                   12

 

b. Keterampilan

Soal

Aspek yang Dinilai

Skor

1

a.      Peserta didik menentukan topik abstraksi novel sangat sesuai isi teks

4

b.     Peserta didik menentukan topik abstraksi novel sesuai isi teks

3

c.      Peserta didik menentukan topik satu peristiwa teks novel kurang sesuai isi teks

2

d.     Peserta didik menentukan topik abstraksi novel tidak sesuai isi teks

1

2

a.  Peserta didik menyusun kerangka abstraksi novel sangat lengkap dan sangat sesuai dengan topik

4

b.  Peserta didik menyusun kerangka abstraksi novel lengkap dan sesuai dengan topik

3

c.  Peserta didik menyusun kerangka abstraksi novel kurang lengkap dan kurang dengan topik

2

d.  Peserta didik menyusun kerangka abstraksi novel tidak lengkap dan tidak sesuai isi teks

1

3

a.    Peserta didik menulis abstraksi novel sangat sesuai dengan kerangka,  struktur, ciri kebahasaan, dan EBI

4

b.   Peserta didik menulis abstraksi novel sesuai dengan kerangka, struktur, ciri kebahasaan, dan EBI

3

c.    Peserta didik menulis abstraksi novel kurang  sesuai dengan kerangka,  struktur, ciri kebahasaan, dan EBI

2

d.   Peserta didik menulis abstraksi novel tidak sesuai dengan kerangka, struktur, ciri kebahasaan, dan EBI

1

 

          Nilai = Perolehan skor                     

                     Jumlah kreteria/soa

    

          Contoh

          Nilai  =  11   x 100  = 91,66

                        12

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SMA N I Muara Tiga                                                                                         

 

 

Mukhtar, S. Pd, M. Pd

NIP. 19680623 199903 1 001

Laweueng,                          20..

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

Dra. Mardiana

NIP. 19681028 199501 2 001

 

 

0 Response to "RPP K13 Bahasa Indonesia Teks Novel Kelas XII SMA Revisi"

Posting Komentar