RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMA Negeri I Muara Tiga
Mata pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/ Semester : XII IPA-IPS/1
Alokasi waktu : 8 JP
KD :
3.7 dan 4.7
Materi : Isi Buku Nonfiksi
A.
Tujuan
1. Mengidentifikasi isi dalam buku fiksi dan nonfiksi
2. Mengidentifikasi nilai-nilai dalam buku fiksi dan nonfiksi
3. Mengidentifikasi kaitan nilai dalam novel dengan kehidupan
4. Mengidentifikasi amanat dalam novel
5. Menyusun laporan hasil diskusi buku tentang satu topik baik secara lisan
maupun tulis
B.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Media:
v Worksheet atau lembar kerja (siswa)
v Lembar penilaian
v LCD Proyektor.
|
Alat/bahan:
v Penggaris,
spidol, papan tulis
v Laptop &
infocus.
|
Pendahuluan
|
v
Peserta didik memberi salam dan berdoa bersama
v
Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi
motivasi
v
Guru menyampaikan tujuan dan
manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan
v Guru menyampaikan
garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran
|
Kegiatan Inti
|
Kegiatan Literasi
|
Peserta didik diberi
motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya
kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Isi Buku
Nonfiksi
|
Critical Thinking
|
Guru memberikan
kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami,
dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik.
Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Isi Buku
Nonfiksi
|
Collaboration
|
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi,
mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Isi Buku
Nonfiksi
|
Communication
|
Peserta didik
mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal,
mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi
kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan
|
Creativity
|
Guru dan peserta didik
membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Isi Buku
Nonfiksi Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk
menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami
|
Penutup
|
v Guru bersama peserta didik
merefleksikan pengalaman
belajar
v Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat
v
Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa
|
C.
Penilaian
v Sikap : Lembar pengamatan
v Pengetahuan : LK peserta didik,
v Ketrampilan : Kinerja & observasi diskusi
Mengetahui,
Kepala SMA N I Muara Tiga
Weka Weka
NIP.
|
Laweung, 2020
Guru Mata Pelajaran
Admin
NIP.
|
0 Response to "RPP Satu Lembar Bahasa Indonesia Teks Buku Nonfiksi Kelas XII SMA"
Posting Komentar