RPP Satu Lembar Bahasa Indonesia Teks Cerita Rakyat Kelas X SMA

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Sekolah                 : SMA Negeri I Muara Tiga

Mata pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester   : X IPA-IPS/1

Alokasi waktu      :  8 JP

KD                          : 3.7 dan 4.7

Materi                    : Nilai-nilai dan isi dalam cerita rakyat(Hikayat)

 

A.      Tujuan

1.       Mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulis

2.       Menceritakan kembali isi cerita rakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca

B.      Langkah-langkah Pembelajaran

Media :

v Worksheet atau  lembar kerja (siswa)

v lembar penilaian

v Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar.

Alat/Bahan :

v Spidol, papan tulis

v Laptop & infocus, PPT

v Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.


Pendahuluan

v Peserta didik memberi salam dan berdoa

v Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi motivasi

v Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan

v Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran

 

Kegaiatan Inti

Kegiatan Literasi

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Nilai-nilai dan isi dalam cerita rakyat(Hikayat)

Critical Thinking

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Nilai-nilai dan isi dalam cerita rakyat(Hikayat)

Collaboration

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Nilai-nilai dan isi dalam cerita rakyat(Hikayat)

Communication

Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

Creativity

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Nilai-nilai dan isi dalam cerita rakyat(Hikayat) Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

Penutup

v Guru bersama peserta didik  merefleksikan  pengalaman belajar

v Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat

v Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa


C.     
Penilaian

v  Sikap                      : Lembar pengamatan          

v  Pengetahuan        : LK peserta didik,                

v  Ketrampilan         : Kinerja & observasi diskusi

 

 

Mengetahui,

Kepala SMA N I Muara Tiga                                                                                         

 

Weka Weka

NIP.

Laweung,                    2020

Guru Mata Pelajaran

 

 

Admin

NIP.

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Sekolah                 : SMA Negeri I Muara Tiga

Mata pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester   : X IPA-IPS/1

Alokasi waktu      :  8 JP

KD                          : 3.8 dan 4.8

Materi                    : Nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat(cerpen)

 

A.      Tujuan

1.       Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen

2.       Mengembangkan cerita rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai 

B.      Langkah-langkah Pembelajaran

Media :

v Worksheet atau  lembar kerja (siswa)

v lembar penilaian

v Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar.

Alat/Bahan :

v Spidol, papan tulis

v Laptop & infocus, PPT

v Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.


Pendahuluan

v Peserta didik memberi salam dan berdoa

v Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi motivasi

v Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan

v Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran

 

Kegiatan Inti

Kegiatan Literasi

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat (Cerpen)

Critical Thinking

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat (Cerpen)

Collaboration

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat (Cerpen)

Communication

Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

Creativity

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat (Cerpen) Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

Penutup

v Guru bersama peserta didik  merefleksikan  pengalaman belajar

v Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat

v Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa


C.     
Penilaian

v  Sikap                      : Lembar pengamatan          

v  Pengetahuan        : LK peserta didik,                

v  Ketrampilan         : Kinerja & observasi diskusi

 

 

Mengetahui,

Kepala SMA N I Muara Tiga                                                                                         

 

Weka Weka

NIP.

Laweung,                    2020

Guru Mata Pelajaran

 

 

Admin

NIP.

 

0 Response to "RPP Satu Lembar Bahasa Indonesia Teks Cerita Rakyat Kelas X SMA"

Posting Komentar