RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMA Negeri I Muara Tiga
Mata pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/ Semester : X IPA-IPS/1
Alokasi waktu : 8 JP
KD :
3.7 dan 4.7
Materi : Nilai-nilai dan isi dalam cerita
rakyat(Hikayat)
A.
Tujuan
1. Mengidentifikasi
nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan
maupun tulis
2. Menceritakan kembali isi cerita rakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca
B.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Media : v Worksheet atau
lembar kerja (siswa) v lembar penilaian v Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar. |
Alat/Bahan : v Spidol, papan
tulis v Laptop &
infocus, PPT v Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen. |
Pendahuluan |
v
Peserta didik memberi salam dan berdoa v
Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi
motivasi v
Guru menyampaikan tujuan dan
manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan v Guru menyampaikan
garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran |
|
Kegaiatan Inti |
Kegiatan Literasi |
Peserta didik diberi
motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya
kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Nilai-nilai
dan isi dalam cerita rakyat(Hikayat) |
Critical Thinking |
Guru memberikan
kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami,
dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik.
Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Nilai-nilai
dan isi dalam cerita rakyat(Hikayat) |
|
Collaboration |
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi,
mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Nilai-nilai
dan isi dalam cerita rakyat(Hikayat) |
|
Communication |
Peserta didik
mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan
pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh
kelompok atau individu yang mempresentasikan |
|
Creativity |
Guru dan peserta didik
membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Nilai-nilai
dan isi dalam cerita rakyat(Hikayat) Peserta didik kemudian diberi
kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami |
|
Penutup |
v Guru bersama peserta didik
merefleksikan pengalaman
belajar v Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat v
Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa |
C.
Penilaian
v Sikap : Lembar pengamatan
v Pengetahuan : LK peserta didik,
v Ketrampilan : Kinerja & observasi diskusi
Mengetahui, Kepala SMA N I Muara Tiga Weka Weka NIP. |
Laweung, 2020 Guru Mata Pelajaran Admin NIP. |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMA Negeri I Muara Tiga
Mata pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/ Semester : X IPA-IPS/1
Alokasi waktu : 8 JP
KD :
3.8 dan 4.8
Materi : Nilai-nilai dan kebahasaan cerita
rakyat(cerpen)
A.
Tujuan
1. Membandingkan
nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen
2. Mengembangkan
cerita rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan
nilai-nilai
B.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Media : v Worksheet atau
lembar kerja (siswa) v lembar penilaian v Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar. |
Alat/Bahan : v Spidol, papan
tulis v Laptop &
infocus, PPT v Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen. |
Pendahuluan |
v
Peserta didik memberi salam dan berdoa v
Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi
motivasi v
Guru menyampaikan tujuan dan
manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan v Guru menyampaikan
garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran |
|
Kegiatan Inti |
Kegiatan Literasi |
Peserta didik diberi
motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya
kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Nilai-nilai
dan kebahasaan cerita rakyat (Cerpen) |
Critical Thinking |
Guru memberikan
kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai
dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik.
Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Nilai-nilai
dan kebahasaan cerita rakyat (Cerpen) |
|
Collaboration |
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi,
mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Nilai-nilai
dan kebahasaan cerita rakyat (Cerpen) |
|
Communication |
Peserta didik
mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal,
mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi
kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan |
|
Creativity |
Guru dan peserta didik
membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Nilai-nilai
dan kebahasaan cerita rakyat (Cerpen) Peserta didik kemudian diberi
kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami |
|
Penutup |
v Guru bersama peserta didik
merefleksikan pengalaman
belajar v Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat v
Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa |
C.
Penilaian
v Sikap : Lembar pengamatan
v Pengetahuan : LK peserta didik,
v Ketrampilan : Kinerja & observasi diskusi
Mengetahui, Kepala SMA N I Muara Tiga Weka Weka NIP. |
Laweung, 2020 Guru Mata Pelajaran Admin NIP. |
0 Response to "RPP Satu Lembar Bahasa Indonesia Teks Cerita Rakyat Kelas X SMA"
Posting Komentar