RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMA Negeri I Muara Tiga
Mata pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/ Semester : X IPA-IPS/1
Alokasi waktu : 6 JP
KD :
3.9 dan 4.9
Materi : Gagasan pokok buku nonfiksi
A.
Tujuan
1. Menyebutkan
butir-butir penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel yang
dibacakan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen
2. Menyusun
ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu novel
yang dibaca
B.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Media :
v Worksheet atau
lembar kerja (siswa)
v lembar penilaian
v Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar.
|
Alat/Bahan :
v Spidol, papan
tulis
v Laptop &
infocus, PPT
v Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.
|
Pendahuluan
|
v
Peserta didik memberi salam dan berdoa
v
Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi
motivasi
v
Guru menyampaikan tujuan dan
manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan
v Guru menyampaikan
garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran
|
Kegaiatan Inti
|
Kegiatan Literasi
|
Peserta didik diberi
motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya
kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Gagasan pokok
buku nonfiksi
|
Critical Thinking
|
Guru memberikan
kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami,
dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik.
Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Gagasan pokok
buku nonfiksi
|
Collaboration
|
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi,
mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Gagasan pokok
buku nonfiksi
|
Communication
|
Peserta didik
mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal,
mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi
kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan
|
Creativity
|
Guru dan peserta didik
membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Gagasan pokok
buku nonfiksi Peserta didik kemudian diberi
kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami
|
Penutup
|
v Guru bersama peserta didik
merefleksikan pengalaman
belajar
v Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat
v
Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa
|
C.
Penilaian
v Sikap : Lembar pengamatan
v Pengetahuan : LK peserta didik,
v Ketrampilan : Kinerja & observasi diskusi
Mengetahui,
Kepala SMA N I Muara Tiga
Weka Weka
NIP.
|
Laweung,
2020
Guru Mata Pelajaran
Admin
NIP.
|
0 Response to " RPP Satu Lembar Bahasa Indonesia Teks Buku Nonfiksi Kelas X SMA"
Posting Komentar