RPP K13 Bahasa Indonesia Teks Kritik dan Esai Kelas XII SMA Revisi

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Mata pelajaran    : Bahasa Indonesia

Sekolah                 : SMA Negeri I Muara Tiga

Kelas/ Semester   : XII IPA-IPS/Genap

Materi pokok       : Teks Kritik dan Esai

Alokasi waktu      :  8 X 45 Menit (4 kali pertemuan)

 

 

 

 

A. Kompetensi Inti

 

1

2

 

 

 

3

 

4

Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi, damai), santun, responsive, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian spesifik dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

B.  Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

Kompetensi Dasar (KD)

 Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

3.12

Membandingkan kritik sastra dan esai dari aspekpengetahuan dan pandangan penulis

3.12.1

Menentukan unsur-unsur kritik dan esai, persamaan dan perbedaan  kritik dan esai, dari aspek pengetahuan dan pandangan.

4.12

Menyusun kritik dan esaidengan memerhatikan

 aspek pengetahuan dan pandangan penulis.

4.12.1

 

4.12.2

Menulis kritik dan esai dengan memerhatikan aspek pengetahuan dan pandangan tertulis.

Mempresentasikan, menanggapi, merevisi kritik dan esai yang telah ditulis.

3.13

Menganalisis sistematikadan kebahasaan kritik danesai.

3.13.1

 

Menemukan unsur kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah

4.13

Menganalisis sistematikadan kebahasaan kritik dan esai.

4.13.1

 

4.13.2

Menyusun kritik dan esai berdasarkan konstruksi dengan memerhatikan sistematika dan kebahasaan

Mempresentasikan,  Memberikan penilaian terhadap kritik dan esai berdasarkan sistematika dan kebahasaan

 

C. Tujuan pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model saintifik peserta didik dapat menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan dan menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatan, mengungkapkan pernyataan umum dan tahapan-tahapan secara lisan dan menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan dengan rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif selama proses pembelajaran.

     
D
.  Materi Pembelajaran

Kritik dan Esai

v  Pengertian kritik dan esai;

v  Jenis-jenis kritik dan esai;

v  Bagian-bagian kritik dan esai (pembukaan, isi, penutup);

v  Perbedaan kritik dan esai; dan

v  Penyusunan kritik dan esai

 

E.  Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran

1.      Pendekatan                : Saintifik

2.      Model Pembelajaran :Active Learning

3.      Metode                      : diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan

 

F.   Pendukung Pembelajaran (Alat, Media, Bahan, Sumber)

1. Penyajian komputer (laptop) dengan program powerpoint.

2. Bahan ajar otentik teks abstraksi novel  (hasil penelitian atau

    mediamassa).

3. Buku teks dan buku ensiklopedia.

4. Film dokumenter dunia flora dan fauna (semacam tayangan program

    televisi National Geographic atau BBC Earth).

5. Internet.

 

Sumber Belajar :

Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya

 

G. Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1 (2x45 menit)

Tahap

Langkah-langkah Pembelajaran

Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS

Alokasi Waktu

Pendahuluan

1.  Peserta didik merespon salam tanda mensyukurianugerahTuhan dan saling mendoakan.

2.    Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan  pembelajaran sebelumnya.

3.    Peserta didik menerima informasi dengan proaktiftentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.

4.    Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipelajari dan dikuasai khususnya tentangpembelajaran teks artkel

Religius

 

 

 

Rasa ingin tahu

10 menit

Inti

1.   Peserta didik membaca 2 atau 3 teks kritik danesai yang bertema sama.

2.   Peserta didik mencermati struktur teks dari 2 atau teks kritik danesai yang telah dibacanya.

3.    Peserta didik mencermati ciri kebahasaan yang digunakan dalam teks kritik dan esai.

4.    Peserta didik mencermati isi pokok dalam 2 atau teks kritik dan esai.

5.    Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang variasi struktur teks dari 2 atau 3 teks kritik danesai.

6.    Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang ciri kebahasaan yang digunakan dalam 2 atau teks kritik dan esai.

7.    Peserta didik mengajukan pertanyaan isi pokok dari 2 atau 3 teks kritik dan esai.

8.   Peserta didik mengumpulkan informasi melalui telaah model teks kritik dan esai.

9.    Peserta didik melakukan klasifikasi dan deskripsi hubungan antarkomponen yang ditemukan berdasarkan telaah model teks

 

Literasi

 

 

 

 

 

Rasa ingin tahu

 

 

 

 

 

Kerja sama (Collaborative)

 

 

 

 

 

 

 

Berpikir kritis (Critical thinking)

 

Kreativitas (Creativity)

 

 

 

 

 

 

Komunikatif (Communicative)

70 menit

Kegiatan Penutup

1.     Peserta didik menyimpulkan materi yang telahdipelajari

2.       Peserta didik melaksanakan penilaian pembelajaran yang diberikan pendidik.

3.       Peserta didik saling memberikan umpanbalik/refleksihasil pembelajaran yang telah dicapai.

4.     Pendidik menutup pembelajaran dengan ucapan salam

 

Kreativitas (Creativity)

 

 

 

 

HOTS

10 menit

 

Pertemuan 2 (2x45 menit)

Tahap

Langkah-langkah Pembelajaran

Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS

Alokasi Waktu

Pendahuluan

1.  Peserta didik merespon salam tanda mensyukurianugerahTuhan dan saling mendoakan.

2.    Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan  pembelajaran sebelumnya.

3.    Peserta didik menerima informasi dengan proaktiftentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.

4.    Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipelajari dan dikuasai khususnya tentangpembelajaran teks artkel dan esai.

Religius

 

 

 

Rasa ingin tahu

10 menit

Inti

1.    Peserta didik menyimpulkan struktur teks kritikdan esai.

2   Peserta didik menyimpulkan ciri kebahasaan tekskritik dan esai.

3   Peserta didik menyimpulkan isi pokok dari 2 atau 3 teks kritik dan esai.

4   Peserta didik mempresentasikan hasil pengamatan tentang struktur, ciri bahasa, dan isi pokok dari 2 atau 3 teks kritik dan esai.

5.    Peserta didik mengerjakan latihan dan tugas yang diberikan guru untuk mengembangkan kompetensi (seperti latihan kata, kalimat, dan paragraf) yang sesuai dengan jenis teks kritik dan esai:

a. latihan kosa kata teknis, sinonim

b. latihan penulisan unsur serapan

c. latihan pengembangan teks kritik dan esai: klasifikasi-deskripsi

d. latihan pengembangan kekohesian

 

6.    Peserta didik berdiskusi dengan teman sebangku atau berpasangan untuk menentukan topik dan menyusun kerangka karangan. Latihan pengembangan topik dengan peta pikiran (mindmap) atau jaring laba-laba (spider-web) atau teknik lain yang dapat digunakan.

 

Literasi

 

 

 

 

 

Rasa ingin tahu

 

 

 

 

 

Kerja sama (Collaborative)

 

 

 

 

 

 

 

Berpikir kritis (Critical thinking)

 

Kreativitas (Creativity)

 

 

 

 

 

 

Komunikatif (Communicative)

70 menit

Kegiatan Penutup

1.     Peserta didik menyimpulkan materi yang telahdipelajari

4.       Peserta didik melaksanakan penilaian pembelajaran yang diberikan pendidik.

5.       Peserta didik saling memberikan umpanbalik/refleksihasil pembelajaran yang telah dicapai.

4.     Pendidik menutup pembelajaran dengan ucapan salam

 

Kreativitas (Creativity)

 

 

 

 

HOTS

10 menit

 

Pertemuan 2 (2x45 menit)

Tahap

Langkah-langkah Pembelajaran

Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS

Alokasi Waktu

Pendahuluan

1.  Peserta didik merespon salam tanda mensyukurianugerahTuhan dan saling mendoakan.

2.    Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan  pembelajaran sebelumnya.

3.    Peserta didik menerima informasi dengan proaktiftentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.

4.    Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipelajari dan dikuasai khususnya tentangpembelajaran teks artkel

Religius

 

 

 

Rasa ingin tahu

10 menit

Inti

1.    Peserta didik menentukan topik teks kritik dan esaidengan peta pikiran (mindmap) atau jaring laba-laba (spider-web).

2.    Peserta didik menyusun kerangka teks kritik dan esai.

3.    Peserta didik mengumpulkan informasi yang sesuai dengan topik yang telah dipilih.

4.    Peserta didik menyusun teks kritik dan esaiberdasarkan kerangka yang telah disusun dengan memperhatikan struktur teks, ciri kebahasaan, dan EBI.

5.    Peserta didik mempresentasikan teks kritik dan esaiyang telah disusun.

6.    Peserta didik menanggapi teks kritik dan esai.

7.    Peserta didik merevisi teks kritik dan esaiberdasarkan masukan dari teman.

8.    Peserta didik memasukkan lembar coretan kerja dan semua draf hingga draf final ke bendel portofolio masing-masing.

 

Literasi

 

 

 

 

 

Rasa ingin tahu

 

 

 

 

 

Kerja sama (Collaborative)

 

 

 

 

 

 

 

Berpikir kritis (Critical thinking)

 

Kreativitas (Creativity)

 

 

 

 

 

 

Komunikatif (Communicative)

70 menit

Kegiatan Penutup

1.     Peserta didik menyimpulkan materi yang telahdipelajari

2.     Peserta didik melaksanakan penilaian pembelajaran yang diberikan pendidik.

3.     Peserta didik saling memberikan umpanbalik/refleksihasil pembelajaran yang telah dicapai.

4.     Pendidik menutup pembelajaran dengan ucapan salam

 

Kreativitas (Creativity)

 

 

 

 

HOTS

10 menit

 

H.   Penilaian 

KD dan Indikator (KD-3: Pengetahuan)

Kompetensi Dasar

Indikator

3.12  Membandingkan kritik 

  sastra dan esai dari aspek

  pengetahuan dan pandangan   

  penulis.

4.12  Menganalisis sistematika        dan kebahasaan kritik dan esai.

      Menentukan unsur-unsur kritik dan esai, persamaan dan perbedaan  kritik dan esai, dari aspek pengetahuan dan pandangan.

      Menemukan isi dan sistematika, kebahasaan kritik dan esai



Penilain Proses

Penilaian Hasil

Penilaian proses aspek pengetahuan dapat dilakukan sejak kegiatan Menelaah Model dan Mengonstruksiterbimbing.

 

Catatan terhadap peserta didik pada kegiatan tersebut dapat dijadikan penilaian sikap selama mengikuti pembelajaran: ketekunan, kerja sama, semangat, ketelitian, kerapihan, kebersihan, keseriusan.

Jenis    : Tulis

Bentuk : Uraian

 

Contoh instrumen:

1.  Tuliskanlah bagian-bagian struktur

     teks kritik dan esai yang Anda

     baca!

2.  Tuliskanlah perbedaan dari aspek

      pengetahuan struktur teks kritik

      dan esai yang Anda baca!

3.  Tuliskanlah perbedaan dari aspek

     Pandangan teks kritik dan esai

     yang Anda baca!

 

KD dan Indikator (KD-4: Keterampilan)

Kompetensi Dasar

Indikator

3.13  Menyusun kritik dan esai        dengan memerhatikan aspek pengetahuan dan  pandangan penulis.

4.13  Menganalisis sistematika        dan kebahasaan kritik dan esai.

         Menulis kritik dan esai dengan memerhatikan aspek pengetahuan dan pandangan tertulis.

         Mempresentasikan, menanggapi, merevisi kritik dan esai yang telah ditulis.

         Menyusun kritik dan esai berdasarkan konstruksi dengan memerhatikan sistematika dan kebahasaan

         Mempresentasikan,  Memberikan penilaian terhadap kritik dan esai berdasarkan sistematika dan kebahasaan.

 

Penilain Proses

Penilaian Hasil

Penilaian proses aspek pengetahuan dapat dilakukan sejak kegiatan Mengonstruksi Terbimbing dan Mengonstruksi Mandiri.

 

Catatan terhadap peserta didik pada kegiatan tersebut dapat dijadikan penilaian sikap selama mengikuti pembelajaran dan mengerjakan tugas (bendel portofolio): ketekunan, kerjasama, semangat, ketelitian, kerapihan, kebersihan, keseriusan.

Jenis   :  Menulis

Bentuk:  Uraian

 

Contoh Instrumen

Susunlah teks kritik dan esai dengan memerhati-kan hal di bawah ini!

1.  Tentukan topik teks kritik dan esai!

2.  Buatlah kerangka sesuai dengan

     struktur teks kritik dan esai!

3.  Kembangkan kerangka tersebut

     menjadi teks kritik dan esai dengan

     memerhatikan struktur teks, ciri

     kebahasaan, dan EBI.

 

 

 

Portofolio

 

Khusus untuk kompetensi menulis, penilaian meliputi proses dan produk yang tercakup dalam penilaian portofolio. Dokumen portofolio berisi:

(a)   draf final (produk) berbobot 40%;

(b)   bukti draf sedikitnya 3 draf berbobot 25%;

(c)  bukti catatan tentang apa yang akan ditulis dan sumber penulisan berbobot 10%; dan

(d)   catatan reflektif berbobot 25%.  

 

Penilaian Sikap

Penilaian sikap dilakukan selama proses pembelajaran (termasuk informasi dari portofolio) atau di luar pembelajaran dengan melalui observasi dengan isian lembar pengamatan

Contoh format dan pengisian lembar pengamatan guru mata pelajaran

 

 

Nama Satuan pendidikan

Tahun pelajaran                  :

Kelas/Semester                    :

Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia

 

No

Waktu

Nama

Kejadian/ Perilaku

Butir sikap

Positif/ Negatif

Tindak Lanjut

1.

Tidak mengerjakan tugas menganalisis tekskritik dan esai.

Tanggung jawab

-

Dipanggil dan disuruh mengerjakan tugas kembali dengan waktu terbatas

2.

11 Februari 2019

Mengerjakan tugas dengan serius, tepat waktu, dan hasilnya sangat baik

Tanggung jawab

+

Diberi pujian atau apresiasi

Pedoman Penskoran

a.      Pengetahuan

Soal

Aspek yang Dinilai

Skor

1

a.      Peserta didik menuliskan bagian-bagian struktur teks kritik dan esaidengan sangat tepat

4

b.      Peserta didik menuliskan bagian-bagian struktur teks kritik dan esai dengan tepat

3

c.       Peserta didik menuliskan bagian-bagian struktur teks kritik dan esai dengan kurang tepat

2

d.      Peserta didik menuliskan bagian-bagian struktur teks kritik dan esai dengan tidak tepat

1

 

Soal

Aspek yang Dinilai

Skor

2

a.    Peserta didik menulikaperbedaan dari aspek pengetahuan strukturteks kritik dan esai dengan sangat tepat

4

b.    Peserta didik menulikan perbedaan dari aspek pengetahuan strukturteks kritik dan esai dengan tepat

3

c.     Peserta didik menulikan perbedaan dari aspek pengetahuan strukturteks kritik dan esai dengan kurang tepat

2

d.    Peserta didik menulikan perbedaan dari aspek pengetahuan strukturteks kritik dan esai dengan tidak tepat

1

 

Soal

Aspek yang Dinilai

Skor

3

a.    Peserta didik menulikaperbedaan dari aspek pandangan struktur tekskritik dan esai dengan sangat tepat

4

b.   Peserta didik menulikan perbedaan dari aspek pandangan struktur tekskritik dan esai dengan tepat

3

c.    Peserta didik menulikan perbedaan dari aspek pandangan struktur tekskritik dan esai dengan kurang tepat

2

d.    Peserta didik menulikan perbedaan dari aspek pandangan struktur tekskritik dan esai dengan tidak tepat

1

 

Keterangan

         Nilai = Perolehan skor     

                    Jumlah soal

 

     Contoh
     Nilai =  10  x 100 = 83,33

                   12

 

b. Keterampilan

Soal

Aspek yang Dinilai

Skor

1

a.       Peserta didik menentukan topik teks kritik dan esai sangat sesuai isi teks

4

b.      Peserta didik menentukan topik teks kritik dan esai sesuai isi teks

3

c.       Peserta didik menentukan topik teks kritik dan esai kurang sesuai isi teks

2

d.      Peserta didik menentukan topik teks kritik dan esai tidak sesuai isi teks

1

2

a.       Peserta didik menyusun kerangka teks kritik dan esai sangat lengkap dan sangat sesuai dengan topik

4

b.      Peserta didik menyusun kerangka teks kritik dan esai lengkap dan sesuai dengan topik

3

c.       Peserta didik menyusun kerangka teks kritik dan esai kurang lengkap dan kurang dengan topik

2

d.      Peserta didik menyusun kerangka teks kritik dan esai tidak lengkap dan tidak sesuai isi teks

1

3

a.       Peserta didik menulis teks kritik dan esai sangat sesuai dengan kerangka,  struktur, ciri kebahasaan, dan EBI

4

b.      Peserta didik menulis teks kritik dan esai sesuai dengan kerangka, struktur, ciri kebahasaan, dan EBI

3

c.       Peserta didik menulis teks kritik dan esai kurang  sesuai dengan kerangka,  struktur, ciri kebahasaan, dan EBI

2

d.      Peserta didik menulis teks kritik dan esai tidak sesuai dengan kerangka,  struktur, ciri kebahasaan, dan EBI

1

 

 

          Nilai = Perolehan skor                     

                     Jumlah kreteria/soal

    

          Contoh

 

          Nilai  =  11   x 100  = 91,66                  

                        12

 

 

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SMA N I Muara Tiga                                                                                         

 

 

Mukhtar, S. Pd, M. Pd

NIP. 19680623 199903 1 001

Laweueng,                          20..

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

Dra. Mardiana

NIP. 19681028 199501 2 001

0 Response to "RPP K13 Bahasa Indonesia Teks Kritik dan Esai Kelas XII SMA Revisi"

Posting Komentar