RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata pelajaran : Bahasa
Indonesia
Sekolah : SMANegeri I Peukan Pidie
Kelas/ Semester : XII IPA-IPS/I
Materi pokok : Teks Editorial
Alokasi waktu : 8x45 menit ( 4
kali pertemuan)
A. Kompetensi Inti
1 2 3 |
Menghayatidanmengamalkanajaran
agama yang dianutnya Menunjukkanperilakujujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleransi, damai),
santun, responsive,
danproaktifsebagaibagiandarisolusiatasberbagaipermasalahandalamberinteraksisecaraefektifdenganlingkungan
social danalamsertamenempatkandirisebagaicerminanbangsadalampergaulandunia Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual,
konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian
spesifik dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan |
B. KompetensiDasar (KD)
danIndikatorPencapaianKompetensi (IPK)
KompetensiDasar (KD) |
IndikatorPencapaianKompetensi (IPK) |
3.5 |
Mengidentifikasi
informasi (pendapat, alternatif solusi dan simpulan terhadap suatu isu) dalam
teks editorial |
3.5.1 3.5.2 3.5.3 3.5.4 |
Mengidentifikasi
isi teks editorial Mengidentifikasi
pendapat dalam sebuah teks editorialMengidentifikasi ragam informasi dalam
teks editorial Menyimpulkan
informasi dalam teks editorial |
4.5 |
Menyeleksi
ragam informasi sebagai bahan teks editorial baik secara lisan maupun tulis |
4.5.1 4.5.2 |
Menemukan pendapat, alternatif solusi, dan simpulan,
informasi-informasi penting, dan ragam informasi sebagai bahan teks editorial Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi informasi
berupa pendapat, alternatif solusi, dan simpulan, informasi-informasi
penting, dan ragam informasi sebagai bahan teks editorial. |
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik
dengan model pedagoge genre, saintifik, dan CLIL peserta didik dapat mengidentifikasiisi, pendapat, ragaminformasi,
menyimpulkaninformasidalamteks editorial, danmempresentasikan, menanggapi,
danmerevisiinformasiberupapendapat, alternatifsolusi, dansimpulan,
informasi-informasipenting, danragaminformasisebagaibahanteks editorial.
D. Materi Pembelajaran
isiteks
editorial
pendapat
ragaminformasi
simpulan
E. Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran : Discovery
Learning
Metode :
Tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran
F. Media Pembelajaran
Media :
Worksheet
ataulembarkerja (siswa)
Lembarpenilaian
LCD
Proyektor
Alat/Bahan :
Penggaris,
spidol, papantulis
Laptop
&infocus
G. Sumber Belajar
Suherli, dkk. 2018. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XII Revisi Tahun
2018. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Suherli, dkk. Buku
Guru Bahasa Indonesia Kelas XII Revisi Tahun
2018. Jakarta: Pusat Kurikulum dan
Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Kosasih, E. 2014.
Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung:
Yrama Widya
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Tahap |
Langkah-langkah Pembelajaran |
NilaiKarakter (PPK), Literasi,
4C, HOTS |
AlokasiWaktu |
Pendahuluan |
Guru : Orientasi Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka,
memanjatkansyukur kepadaTuhan YME dan
berdoa untuk memulai pembelajaran Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran. Aperpepsi Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya. Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang
materi : Isi
dan ragam informasi teks editorial Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung Mengajukan
pertanyaan Pemberian
Acuan Memberitahukan materi
pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu. Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung Pembagian
kelompok belajar Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran. |
Religius Rasa ingintahu |
10 menit |
Inti |
Peserta didik
diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Isi dan ragam informasi teks editorial dengan cara : Melihat (tanpa
atau dengan Alat) Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan. Mengamati Lembar
kerja materi Isi dan ragam informasi teks editorial. Pemberian
contoh-contoh materi Isi dan ragam informasi teks editorial untuk
dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb Membaca. Kegiatanliterasiinidilakukan di
rumahdan di sekolahdengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang
lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Isi dan ragam
informasi teks editorial. Menulis Menulis resume
darihasilpengamatandanbacaanterkait Isi dan ragam informasi teks
editorial. Mendengar Pemberian
materi Isi dan ragam informasi teks editorial oleh guru. Menyimak Penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi : Isi
dan ragam informasi teks editorial untuk
melatih rasa syukur, kesungguhan dankedisiplinan, ketelitian, mencari informasi. Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya : Mengajukan
pertanyaan tentang materi : Isi
dan ragam informasi teks editorial yang tidak
dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi
tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa
ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis
yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan: Mengamati
obyek/kejadian Mengamati
dengan seksama materi Isi dan ragam informasi teks editorial yang
sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan
dan mencoba menginterprestasikannya. Membaca
sumber lain selain buku teks Secara disiplin melakukan kegiatanliterasi denganmencari dan
membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan
pemahaman tentang materi Isi dan ragam informasi teks editorial yang
sedang dipelajari. Aktivitas Menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan
materi Isi dan ragam informasi teks editorial yang sedang
dipelajari. Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber Mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materiIsi dan ragam informasi teks
editorial yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru. Pesertadidikdibentukdalambeberapakelompokuntuk: Mendiskusikan Peserta didik
dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai
materi Isi dan ragam informasi teks editorial. Mengumpulkan
informasi Mencatat
semua informasi tentang materi Isi dan ragam informasi teks
editorial yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang
rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Mempresentasikan
ulang Peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percayadiriIsi dan ragam
informasi teks editorial sesuai dengan pemahamannya. Saling
tukar informasi tentang materi : Isi
dan ragam informasi teks editorial dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh
sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat. Peserta didik
dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : Berdiskusi tentang
data dari Materi : Isi
dan ragam informasi teks editorial Mengolah informasi dari
materi Isi dan ragam informasi teks editorial yang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Isi dan ragam
informasi teks editorial. Peserta didik
mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan : Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : Isi
dan ragam informasi teks editorial antara lain
dengan :
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang
telah dikerjakan oleh peserta didik. Peserta didik
berdiskusi untuk menyimpulkan Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Isi dan ragam informasi teks
editorial berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur,
teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat
dengan sopan. Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi : Isi
dan ragam informasi teks editorial Mengemukakan pendapat atas
presentasi yang dilakukan tentanag materi Isi dan ragam informasi
teks editorial dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan. Bertanya
atas presentasi tentang materi Isi dan ragam informasi teks
editorial yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya. Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang materi : Isi
dan ragam informasi teks editorial Menjawab
pertanyaan tentang materi Isi dan ragam informasi teks
editorial yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar
kerja yang telah disediakan. Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi Isi dan ragam informasi teks
editorial yang akan selesai dipelajari Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi Isi dan ragam informasi teks
editorial yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan
siswa terhadap materi pelajaran. |
Literasi Rasa ingintahu Kerjasama (Collaborative) Berpikirkritis (Critical thinking) Kreativitas (Creativity) Komunikatif (Communicative) |
70 menit |
Kegiatan Penutup |
Peserta didik
: Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran tentang materiIsi dan ragam informasi teks
editorial yang baru dilakukan. Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Isi dan ragam informasi teks
editorial yang baru diselesaikan. Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. Guru : Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk
materi pelajaran Isi dan ragam informasi teks editorial. Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Isi dan
ragam informasi teks editorial. Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Isi dan ragam informasi teks
editorial kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik. |
Kreativitas (Creativity) HOTS |
10 menit |
PertemuanKedua
Tahap |
Langkah-langkah Pembelajaran |
NilaiKarakter (PPK), Literasi,
4C, HOTS |
AlokasiWaktu |
Pendahuluan |
Guru : Orientasi Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka,
memanjatkansyukur kepadaTuhan YME dan
berdoa untuk memulai pembelajaran Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran. Aperpepsi Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya. Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang
materi : Simpulan
teks editorial Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung Mengajukan
pertanyaan Pemberian
Acuan Memberitahukan materi
pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu. Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung Pembagian
kelompok belajar Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran. |
Religius Rasa ingintahu |
10 menit |
Inti |
Peserta didik
diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Simpulan teks editorial dengan cara : Melihat (tanpa
atau dengan Alat) Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan. Mengamati Lembar
kerja materi Simpulan teks editorial. Pemberian
contoh-contoh materi Simpulan teks editorial untuk dapat
dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb Membaca. Kegiatanliterasiinidilakukan di
rumahdan di sekolahdengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang
lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Simpulan teks
editorial. Menulis Menulis resume
darihasilpengamatandanbacaanterkait Simpulan teks editorial. Mendengar Pemberian
materi Simpulan teks editorial oleh guru. Menyimak Penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi : Simpulan
teks editorial untuk
melatih rasa syukur, kesungguhan dankedisiplinan, ketelitian, mencari informasi. Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya : Mengajukan
pertanyaan tentang materi : Simpulan
teks editorial yang tidak
dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi
tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa
ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis
yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan: Mengamati
obyek/kejadian Mengamati
dengan seksama materi Simpulan teks editorial yang sedang
dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan
mencoba menginterprestasikannya. Membaca
sumber lain selain buku teks Secara disiplin melakukan kegiatanliterasi denganmencari dan
membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan
pemahaman tentang materi Simpulan teks editorialyang sedang
dipelajari. Aktivitas Menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan
materi Simpulan teks editorialyang sedang dipelajari. Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber Mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materiSimpulan teks editorial yang
telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru. Pesertadidikdibentukdalambeberapakelompokuntuk: Mendiskusikan Peserta didik
dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai
materi Simpulan teks editorial. Mengumpulkan
informasi Mencatat
semua informasi tentang materi Simpulan teks editorial yang
telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan
bahasa Indonesia yang baik dan benar. Mempresentasikan
ulang Peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percayadiriSimpulan teks
editorial sesuai dengan pemahamannya. Saling
tukar informasi tentang materi : Simpulan
teks editorial dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh
sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat. Peserta didik
dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : Berdiskusi tentang
data dari Materi : Simpulan
teks editorial Mengolah informasi dari
materi Simpulan teks editorial yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan
kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Simpulan teks
editorial. Peserta didik
mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan : Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : Simpulan
teks editorial antara lain
dengan :
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang
telah dikerjakan oleh peserta didik. Peserta didik
berdiskusi untuk menyimpulkan Menyampaikan
hasil diskusi tentang materiSimpulan teks editorial berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media
lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi,
kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan. Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi : Simpulan
teks editorial Mengemukakan pendapat atas
presentasi yang dilakukan tentanag materi Simpulan teks editorialdan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan. Bertanya
atas presentasi tentang materi Simpulan teks editorial yang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk
menjawabnya. Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang materi : Simpulan
teks editorial Menjawab
pertanyaan tentang materi Simpulan teks editorial yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan. Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi Simpulan teks editorial yang
akan selesai dipelajari Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materiSimpulan teks editorial yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan
secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran. |
Literasi Rasa ingintahu Kerjasama (Collaborative) Berpikirkritis (Critical thinking) Kreativitas (Creativity) Komunikatif (Communicative) |
70 menit |
Kegiatan
Penutup |
Peserta didik
: Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran tentang materiSimpulan teks editorial yang baru
dilakukan. Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Simpulan teks editorial yang
baru diselesaikan. Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. Guru : Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk
materi pelajaran Simpulan teks editorial. Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaranSimpulan teks
editorial. Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Simpulan teks editorial kepada
kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. |
Kreativitas (Creativity) HOTS |
10 menit |
I. Penilaian
Hasil Pembelajaran
1. Teknik Penilaian (terlampir)
a. Sikap
- Penilaian
Observasi
Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan
perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran
maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh
instrumen penilaian sikap
No |
Nama Siswa |
Aspek Perilaku yang Dinilai |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
|||
BS |
JJ |
TJ |
DS |
|||||
1 |
75 |
75 |
50 |
75 |
275 |
68,75 |
C |
|
2 |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
Keterangan :
• BS : Bekerja Sama
• JJ : Jujur
• TJ : Tanggun Jawab
• DS : Disiplin
Catatan :
1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Cukup
25 = Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai
dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah
sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik
(SB)
50,01 –
75,00 = Baik (B)
25,01 –
50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 = Kurang (K)
5. Format di atas dapat diubah sesuai dengan
aspek perilaku yang ingin dinilai
- Penilaian
Diri
Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru
kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai
kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka
guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini,
menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian
yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format
penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian :
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
1 |
Selama
diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan. |
50 |
250 |
62,50 |
C |
|
2 |
Ketika kami
berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara. |
50 |
||||
3 |
Saya ikut
serta dalam membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok. |
50 |
||||
4 |
... |
100 |
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor
maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik
(SB)
50,01 –
75,00 = Baik (B)
25,01 –
50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 = Kurang (K)
5. Format di atas dapat juga digunakan untuk
menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan
- Penilaian
Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik
untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru
telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan
juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh format penilaian teman
sebaya :
Nama yang diamati :
...
Pengamat :
...
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
1 |
Mau menerima
pendapat teman. |
100 |
450 |
90,00 |
SB |
|
2 |
Memberikan solusi
terhadap permasalahan. |
100 |
||||
3 |
Memaksakan
pendapat sendiri kepada anggota. |
100 |
||||
4 |
Marah saat
diberi kritik. |
100 |
||||
5 |
... |
50 |
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
untuk pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50
dan Tidak = 100
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor
maksimal dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik
(SB)
50,01 –
75,00 = Baik (B)
25,01 –
50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 = Kurang (K)
- Penilaian
Jurnal (Lihat lampiran)
b. Pengetahuan
- Tertulis
Uraian dan atau Pilihan Ganda (Lihat lampiran)
- Tes
Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian Aspek Percakapan
No |
Aspek yang Dinilai |
Skala |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
|||
25 |
50 |
75 |
100 |
|||||
1 |
Intonasi |
|||||||
2 |
Pelafalan |
|||||||
3 |
Kelancaran |
|||||||
4 |
Ekspresi |
|||||||
5 |
Penampilan |
|||||||
6 |
Gestur |
- Penugasan (Lihat
Lampiran)
Tugas Rumah
a. Peserta didik menjawab pertanyaan
yang terdapat pada buku peserta didik
b. Peserta didik memnta tanda tangan
orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik
c. Peserta didik mengumpulkan jawaban
dari tugas rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian.
c. Keterampilan
- Penilaian
Unjuk Kerja
Contoh instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada
instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:
Instrumen Penilaian
No |
Aspek yang Dinilai |
Sangat Baik (100) |
Baik (75) |
Kurang Baik (50) |
Tidak Baik (25) |
1 |
Kesesuaian
respon dengan pertanyaan |
||||
2 |
Keserasian
pemilihan kata |
||||
3 |
Kesesuaian
penggunaan tata bahasa |
||||
4 |
Pelafalan |
Kriteria penilaian (skor)
100 = Sangat
Baik
75 =
Baik
50 =
Kurang Baik
25 =
Tidak Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh
siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)
Instrumen Penilaian Diskusi
No |
Aspek yang Dinilai |
100 |
75 |
50 |
25 |
1 |
Penguasaan
materi diskusi |
||||
2 |
Kemampuan
menjawab pertanyaan |
||||
3 |
Kemampuan
mengolah kata |
||||
4 |
Kemampuan
menyelesaikan masalah |
Keterangan :
100 = Sangat
Baik
75 =
Baik
50 =
Kurang Baik
25 =
Tidak Baik
- Penilaian
Proyek (Lihat Lampiran)
- Penilaian
Produk (Lihat Lampiran)
- Penilaian
Portofolio
Kumpulan semua tugas yang sudah dikerjakan peserta didik,
seperti catatan, PR, dll
Instrumen Penilain
No |
Aspek yang Dinilai |
100 |
75 |
50 |
25 |
1 |
|||||
2 |
|||||
3 |
|||||
4 |
2. Instrumen
Penilaian (terlampir)
a. Pertemuan
Pertama
b. Pertemuan
Kedua
c. Pertemuan
Ketiga
3. Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
Bagi peserta didik yang belum memenuhi kriteria
ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa memberikan soal tambahan misalnya
sebagai berikut :
1) Jelaskan
tentang Sistem Pembagian Kekuasaan Negara!
2) Jelaskan
tentang Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga
Pemerintah Non Kementerian!
3) Jelaskan
tentang Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan!
CONTOH PROGRAM REMIDI
Sekolah : ……………………………………………..
Kelas/Semester : ……………………………………………..
Mata
Pelajaran : ……………………………………………..
Ulangan Harian
Ke : ……………………………………………..
Tanggal Ulangan
Harian : ……………………………………………..
Bentuk Ulangan
Harian : ……………………………………………..
Materi Ulangan
Harian : ……………………………………………..
(KD /
Indikator) : ……………………………………………..
KKM : ……………………………………………..
No |
Nama Peserta Didik |
Nilai Ulangan |
Indikator yang Belum Dikuasai |
Bentuk Tindakan Remedial |
Nilai Setelah Remedial |
Ket |
1 |
||||||
2 |
||||||
3 |
||||||
4 |
||||||
5 |
||||||
6 |
||||||
dst |
b. Pengayaan
Guru memberikan nasihat agar tetap rendah hati, karena telah mencapai KKM
(Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru memberikan soal pengayaan sebagai berikut :
1.
Membaca buku-buku tentang Nilai-nilai Pancasila dalam
kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang relevan.
2.
Mencari informasi secara online tentang Nilai-nilai
Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara
3.
Membaca surat kabar, majalah, serta berita online tentang
Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan
Negara
4.
Mengamati langsung tentang Nilai-nilai Pancasila dalam
kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang ada di lingkungan
sekitar.
Kepala
SMA Negeri I Peukan Pidie Mukhtar,
S. Pd NIP. 19611005
1998 01 1 001 |
Peukan Pidie, 20.. Guru
Mata Pelajaran Aan
Zuliana, S. Pd NIP. 19850122
200604 2 002 |
0 Response to "RPP K13 Bahasa Indonesia Teks Editorial Kelas XII SMA Revisi"
Posting Komentar