RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata pelajaran : Bahasa
Indonesia
Sekolah : SMA Negeri I Peukan Pidie
Kelas/ Semester : XII IPA-IPS/I
Materi pokok : Teks Novel Sejarah
Alokasi waktu : 12x45 menit (6
kali pertemuan)
A. Kompetensi Inti
1 2 3 |
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi,
damai), santun, responsive, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual,
konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian
spesifik dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan |
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar |
Indikator |
3.4 Menganalisis
kebahasaan cerita atau novel sejarah |
3.4.1 Menganalisis
unsur kebahasaan cerita (novel) sejarah 3.4.2 Mengidentifikasi
unsur-unsur cerita 3.4.3 Mengidentifikasi
topik dari sebuah cerita 3.4.4 Memahami
kerangka karangan cerita atau novel sejarah |
4.4 Menulis cerita sejarah
pribadi dengan memerhatikan kebahasaan |
4.4.1 Mendata
kebahasaan dan unsur-unsur cerita sejarah yang tersaji 4.4.2 Menyusun
teks cerita (novel) sejarah pribadi 4.4.3 Mempresentasikan,
mengomentari, dan merevisi teks cerita (novel) sejarah yang telah
ditulis |
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik
dengan model pedagoge genre, saintifik, dan CLIL peserta didik dapat menganalisis unsur kebahasaan cerita (novel)
sejarah mengidentifikasi unsur-unsur cerita mengidentifikasi topik dari sebuah
cerita memahami kerangka karangan cerita atau novel sejarah mendata kebahasaan
dan unsur-unsur cerita sejarah yang tersaji menyusun teks
cerita (novel) sejarah pribadi mempresentasikan, mengomentari, dan
merevisi teks cerita (novel) sejarah yang telah ditulis
D. Materi Pembelajaran
· kebahasaan cerita
(novel) sejarah
· unsur-unsur
cerita
· topik
· kerangka
karangan
E. Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran : Discovery
Learning
Metode :
Tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran
F. Media Pembelajaran
Media :
· Worksheet
atau lembar kerja (siswa)
· Lembar
penilaian
· LCD
Proyektor
Alat/Bahan :
· Penggaris,
spidol, papan tulis
· Laptop
& infocus
G. Sumber Belajar
· Suherli, dkk. 2018.
Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XII Revisi Tahun
2018. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
· Suherli, dkk. Buku
Guru Bahasa Indonesia Kelas XII Revisi Tahun
2018. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
· Kosasih, E.
2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK.
Bandung: Yrama Widya
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Tahap |
Langkah-langkah
pembelajaran |
Nilai Karakter |
Alokasi waktu |
Pendahuluan |
Guru : Orientasi v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka,
memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan
berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikapdisiplin v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran. Aperpepsi v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang
materi : Ø Unsur
kebahasaan cerita (novel) sejarah v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung v Mengajukan
pertanyaan Pemberian
Acuan v Memberitahukan materi
pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu. v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung v Pembagian
kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman
belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. |
Religiositas Disiplin Rasa ingin tahu Tanggungjawab Disiplin Disiplin |
5 menit |
Inti |
Peserta didik diberi motivasi atau
rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Unsur
kebahasaan cerita (novel) sejarah dengan cara : v Melihat (tanpa
atau dengan Alat) Menayangkan gambar/foto/video yang relevan. v Mengamati Ø Lembar
kerja materi Unsur kebahasaan cerita (novel) sejarah. Ø Pemberian
contoh-contoh materiUnsur kebahasaan cerita (novel)
sejarah untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media
interaktif, dsb v Membaca. Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah
dengan membaca
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi
yang berhubungan dengan Unsur kebahasaan cerita (novel)
sejarah. v Menulis Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan
terkait Unsur kebahasaan cerita (novel) sejarah. v Mendengar Pemberian materi Unsur
kebahasaan cerita (novel) sejarah oleh guru. v Menyimak Penjelasan pengantar kegiatan secara
garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi : Ø Unsur
kebahasaan cerita (novel) sejarah untuk melatih rasa syukur,kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian,
mencari informasi Guru memberikan kesempatan pada
peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang
berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan
belajar, contohnya : v Mengajukan
pertanyaan tentang materi : Ø Unsur
kebahasaan cerita (novel) sejarah yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau
pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati
(dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik)
untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan
pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan
belajar sepanjang hayat. Peserta didik mengumpulkan informasi
yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui
kegiatan: v Mengamati
obyek/kejadian Mengamati dengan seksama materiUnsur
kebahasaan cerita (novel) sejarah yang sedang dipelajari
dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya. v Membaca
sumber lain selain buku teks Secara disiplin melakukan kegiatan
literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai
sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Unsur
kebahasaan cerita (novel) sejarahyang sedang dipelajari. v Aktivitas Menyusun daftar pertanyaan atas
hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang
akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Unsur
kebahasaan cerita (novel) sejarah yang sedang dipelajari. v Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber Mengajukan pertanyaan berkaiatan
dengan materi Unsur kebahasaan cerita (novel) sejarah yang
telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru. Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk: v Mendiskusikan Peserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Unsur
kebahasaan cerita (novel) sejarah. v Mengumpulkan
informasi Mencatat semua informasi tentang
materi Unsur kebahasaan cerita (novel) sejarah yang
telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan
bahasa Indonesia yang baik dan benar. v Mempresentasikan
ulang Peserta didik mengkomunikasikan
secara lisan atau mempresentasikan materi dengan
rasa percaya diri Unsur kebahasaan cerita
(novel) sejarahsesuai dengan pemahamannya. v Saling
tukar informasi tentang materi : Ø Unsur
kebahasaan cerita (novel) sejarah dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari
kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat
dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode
ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja
yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat. Peserta didik dalam kelompoknya
berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : v Berdiskusi tentang
data dari Materi : Ø Unsur
kebahasaan cerita (novel) sejarah v Mengolah informasi dari
materi Unsur kebahasaan cerita (novel) sejarahyang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
materi Unsur kebahasaan cerita (novel) sejarah Peserta didik mendiskusikan hasil
pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau
teori pada buku sumber melalui kegiatan : v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : Ø Unsur
kebahasaan cerita (novel) sejarah antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta
didik Peserta didik berdiskusi untuk
menyimpulkan v Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Unsur
kebahasaan cerita (novel) sejarah berupa kesimpulan
berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan. v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi : Ø Unsur
kebahasaan cerita (novel) sejarah v Mengemukakan pendapat atas
presentasi yang dilakukan tentanag materi Unsur
kebahasaan cerita (novel) sejarah dan ditanggapi oleh
kelompok yang mempresentasikan. v Bertanya
atas presentasi tentang materiUnsur |
Literasi Kemandirian Tanggungjawab Tanggungjawab Disiplin tanggungjawab Berpikir Kritis Tanggungjawab Disiplin kerjasama Kolaborasi Berpikir kritis Tanggungjawab kerjasama Kolaborasi Berpikir kritis kerjasama tanggungjawab Komunikasi Kreatif dan inovatif |
70 menit |
Penutup |
Peserta didik
: v Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran tentang materi Unsur kebahasaan cerita
(novel) sejarah yang baru dilakukan. v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Unsur
kebahasaan cerita (novel) sejarahyang baru diselesaikan. v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. Guru : v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk
materi pelajaran Unsur kebahasaan cerita (novel) sejarah. v Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Unsur kebahasaan cerita
(novel) sejarah. v Memberikan penghargaan untuk materi pelajaranUnsur
kebahasaan cerita (novel) sejarah kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. |
Disiplin tanggungjawab |
15
menit |
Pertemuan Kedua
Tahap |
Langkah-langkah
pembelajaran |
Nilai Karakter |
Alokasi waktu |
Pendahuluan |
Guru : Orientasi v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka,
memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan
berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikapdisiplin v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran. Aperpepsi v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang
materi : Ø Memahami
dan menentukan Topik Karangan cerita (novel) sejarah v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung v Mengajukan
pertanyaan Pemberian
Acuan v Memberitahukan materi
pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu. v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung v Pembagian
kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran. |
Religiositas Disiplin Rasa ingin tahu Tanggungjawab Disiplin Disiplin |
5 menit |
Inti |
Peserta didik
diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Memahami dan menentukan Topik Karangan cerita (novel)
sejarah dengan cara : v Melihat (tanpa
atau dengan Alat) Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan. v Mengamati Ø Lembar
kerja materi Memahami dan menentukan Topik Karangan cerita (novel)
sejarah. Ø Pemberian
contoh-contoh materiMemahami dan menentukan Topik Karangan cerita (novel)
sejarahuntuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb v Membaca. Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah
dengan membaca
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi
yang berhubungan dengan Memahami dan menentukan Topik Karangan cerita
(novel) sejarah. v Menulis Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan
terkait Memahami dan menentukan Topik Karangan cerita (novel)
sejarah. v Mendengar Pemberian
materi Memahami dan menentukan Topik Karangan cerita (novel)
sejarah oleh guru. v Menyimak Penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi : Ø Memahami
dan menentukan Topik Karangan cerita (novel) sejarah untuk melatih rasa syukur,kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian,
mencari informasi. Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya : v Mengajukan
pertanyaan tentang materi : Ø Memahami
dan menentukan Topik Karangan cerita (novel) sejarah yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau
pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati
(dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan: v Mengamati
obyek/kejadian Mengamati
dengan seksama materiMemahami dan menentukan Topik Karangan cerita (novel)
sejarah yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide
presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya. v Membaca
sumber lain selain buku teks Secara disiplin melakukan kegiatan
literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai
sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materiMemahami dan
menentukan Topik Karangan cerita (novel) sejarah yang sedang
dipelajari. v Aktivitas Menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan
materi Memahami dan menentukan Topik Karangan cerita (novel)
sejarah yang sedang dipelajari. v Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber Mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Memahami dan menentukan Topik
Karangan cerita (novel) sejarah yang telah disusun dalam daftar pertanyaan
kepada guru. Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk: v Mendiskusikan Peserta didik
dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai
materi Memahami dan menentukan Topik Karangan cerita (novel) sejarah. v Mengumpulkan
informasi Mencatat
semua informasi tentang materi Memahami dan menentukan Topik Karangan
cerita (novel) sejarahyang telah diperoleh pada buku catatan dengan
tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. v Mempresentasikan
ulang Peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diriMemahami dan
menentukan Topik Karangan cerita (novel) sejarah sesuai dengan
pemahamannya. v Saling
tukar informasi tentang materi : Ø Memahami
dan menentukan Topik Karangan cerita (novel) sejarah dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari
kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat
dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode
ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja
yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat. Peserta didik
dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : v Berdiskusi tentang
data dari Materi : Ø Memahami
dan menentukan Topik Karangan cerita (novel) sejarah v Mengolah informasi dari
materiMemahami dan menentukan Topik Karangan cerita (novel) sejarah yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
materi Memahami dan menentukan Topik Karangan cerita (novel) sejarah. Peserta didik
mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan : v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai
kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin,
taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan
berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : Ø Memahami
dan menentukan Topik Karangan cerita (novel) sejarah antara lain dengan :
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang
telah dikerjakan oleh peserta didik. Peserta didik
berdiskusi untuk menyimpulkan v Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Memahami dan menentukan Topik
Karangan cerita (novel) sejarahberupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkansikap
jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan
pendapat dengan sopan. v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi : Ø Memahami
dan menentukan Topik Karangan cerita (novel) sejarah v Mengemukakan pendapat atas
presentasi yang dilakukan tentanag materi Memahami dan menentukan
Topik Karangan cerita (novel) sejarahdan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan. v Bertanya
atas presentasi tentang materiMemahami dan menentukan Topik Karangan
cerita (novel) sejarah yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya. |
Literasi Kemandirian Tanggungjawab Tanggungjawab Disiplin tanggungjawab Berpikir Kritis Tanggungjawab Disiplin kerjasama Kolaborasi Berpikir kritis Tanggungjawab kerjasama Kolaborasi Berpikir kritis kerjasama tanggungjawab Komunikasi Kreatif dan inovatif |
70 menit |
Penutup |
Peserta didik
: v Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran tentang materi Memahami dan menentukan Topik
Karangan cerita (novel) sejarahyang baru dilakukan. v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Memahami dan menentukan Topik
Karangan cerita (novel) sejarah yang baru diselesaikan. v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. Guru : v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk
materi pelajaran Memahami dan menentukan Topik Karangan cerita
(novel) sejarah. v Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Memahami
dan menentukan Topik Karangan cerita (novel) sejarah. v Memberikan penghargaan untuk
materi pelajaranMemahami dan menentukan Topik Karangan cerita (novel)
sejarah kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik. |
Disiplin tanggungjawab |
15
menit |
Pertemuan Ketiga
Tahap |
Langkah-langkah
pembelajaran |
Nilai Karakter |
Alokasi waktu |
Pendahuluan |
Guru : Orientasi v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka,
memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan
berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikapdisiplin v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran. Aperpepsi v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang
materi : Ø Kerangka
Karangan cerita (novel) sejarah v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung v Mengajukan
pertanyaan Pemberian
Acuan v Memberitahukan materi
pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu. v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung v Pembagian
kelompok belajar v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran. |
Religiositas Disiplin Rasa ingin tahu Tanggungjawab Disiplin Disiplin |
5 menit |
Inti |
Peserta didik
diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Kerangka Karangan cerita (novel) sejarah dengan cara
: v Melihat (tanpa
atau dengan Alat) Menayangkan
gambar/foto/videoyang relevan. v Mengamati Ø Lembar
kerja materi Kerangka Karangan cerita (novel) sejarah. Ø Pemberian
contoh-contoh materiKerangka Karangan cerita (novel) sejarah untuk
dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb v Membaca. Kegiatan literasi ini dilakukan di
rumah dan di sekolah denganmembaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang
lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Kerangka Karangan
cerita (novel) sejarah. v Menulis Menulis resume dari hasil
pengamatan dan bacaan terkait Kerangka Karangan cerita (novel) sejarah. v Mendengar Pemberian
materi Kerangka Karangan cerita (novel) sejarah oleh guru. v Menyimak Penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai
materi : Ø Kerangka
Karangan cerita (novel) sejarah untuk melatih rasa syukur,kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian,
mencari informasi. Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya : v Mengajukan
pertanyaan tentang materi : Ø Kerangka
Karangan cerita (novel) sejarah yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau
pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati
(dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat. Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan: v Mengamati
obyek/kejadian Mengamati
dengan seksama materiKerangka Karangan cerita (novel) sejarah yang
sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan
dan mencoba menginterprestasikannya. v Membaca
sumber lain selain buku teks Secara disiplin melakukan kegiatan
literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber
guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materiKerangka Karangan
cerita (novel) sejarah yang sedang dipelajari. v Aktivitas Menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan
materi Kerangka Karangan cerita (novel) sejarah yang sedang
dipelajari. v Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber Mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Kerangka Karangan cerita (novel)
sejarah yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru. Peserta didik dibentuk dalam
beberapa kelompok untuk: v Mendiskusikan Peserta didik
dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materiKerangka
Karangan cerita (novel) sejarah. v Mengumpulkan
informasi Mencatat
semua informasi tentang materi Kerangka Karangan cerita (novel)
sejarah yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang
rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. v Mempresentasikan
ulang Peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diriKerangka
Karangan cerita (novel) sejarah sesuai dengan pemahamannya. v Saling
tukar informasi tentang materi : Ø Kerangka
Karangan cerita (novel) sejarah dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari
kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat
dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode
ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja
yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat. Peserta didik
dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : v Berdiskusi tentang
data dari Materi : Ø Kerangka
Karangan cerita (novel) sejarah v Mengolah informasi dari
materiKerangka Karangan cerita (novel) sejarah yang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
materi Kerangka Karangan cerita (novel) sejarah. |
Literasi Kemandirian Tanggungjawab Tanggungjawab Disiplin tanggungjawab Berpikir Kritis Tanggungjawab Disiplin kerjasama Kolaborasi Berpikir kritis Tanggungjawab kerjasama Kolaborasi Berpikir kritis kerjasama tanggungjawab Komunikasi Kreatif dan inovatif |
70 menit |
Penutup |
Peserta didik
: v Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi Kerangka Karangan cerita (novel)
sejarah yang baru dilakukan. v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Kerangka Karangan cerita
(novel) sejarah yang baru diselesaikan. v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. Guru : v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk
materi pelajaran Kerangka Karangan cerita (novel) sejarah. v Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Kerangka
Karangan cerita (novel) sejarah. v Memberikan penghargaan untuk
materi pelajaranKerangka Karangan cerita (novel) sejarah kepada
kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. |
Disiplin tanggungjawab |
15
menit |
Pertemuan Keempat
Tahap |
Langkah-langkah pembelajaran |
Nilai Karakter |
Alokasi waktu |
Pendahuluan |
Orientasi v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka,
memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan
berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikapdisiplin v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran. Aperpepsi v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang
materi : Ø Kerangka
Karangan cerita (novel) sejarah v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung v Mengajukan
pertanyaan Pemberian
Acuan v Memberitahukan materi
pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu. v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung v Pembagian
kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran. |
Religiositas Disiplin Rasa ingin tahu Tanggungjawab Disiplin Disiplin |
5 menit |
Inti |
Peserta didik
mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan : v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : Ø Kerangka
Karangan cerita (novel) sejarah antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta
didik. Peserta didik
berdiskusi untuk menyimpulkan v Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Kerangka Karangan cerita
(novel) sejarah berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara
lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan
pendapat dengan sopan. v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi : Ø Kerangka
Karangan cerita (novel) sejarah v Mengemukakan pendapat atas
presentasi yang dilakukan tentanag materi Kerangka Karangan cerita
(novel) sejarah dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan. v Bertanya
atas presentasi tentang materiKerangka Karangan cerita (novel)
sejarah yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya. v Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secaratertulis tentang materi : Ø Kerangka
Karangan cerita (novel) sejarah v Menjawab
pertanyaan tentang materiKerangka Karangan cerita (novel) sejarah yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan. v Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi Kerangka Karangan cerita (novel)
sejarah yang akan selesai dipelajari v Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Kerangka
Karangan cerita (novel) sejarah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu
untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran. |
Literasi Kemandirian Tanggungjawab Tanggungjawab Disiplin tanggungjawab Berpikir Kritis Tanggungjawab Disiplin kerjasama |
70 menit |
Penutup |
Peserta didik
: v Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran tentang materi Kerangka Karangan cerita (novel)
sejarah yang baru dilakukan. v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Kerangka Karangan cerita
(novel) sejarah yang baru diselesaikan. v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. Guru : v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk
materi pelajaran Kerangka Karangan cerita (novel) sejarah. v Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Kerangka
Karangan cerita (novel) sejarah. v Memberikan penghargaan untuk
materi pelajaranKerangka Karangan cerita (novel) sejarah kepada
kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. |
Disiplin tanggungjawab |
15
menit |
I. Penilaian
Hasil Pembelajaran
1. Teknik
Penilaian (terlampir)
a. Sikap
- Penilaian
Observasi
Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan
perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran
maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh
instrumen penilaian sikap
No |
Nama Siswa |
Aspek Perilaku yang Dinilai |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
|||
BS |
JJ |
TJ |
DS |
|||||
1 |
…… |
75 |
75 |
50 |
75 |
275 |
68,75 |
C |
2 |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
Keterangan :
• BS : Bekerja Sama
• JJ : Jujur
• TJ : Tanggun Jawab
• DS : Disiplin
Catatan :
1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Cukup
25 = Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai
dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah
sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik
(SB)
50,01 –
75,00 = Baik (B)
25,01 –
50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 = Kurang (K)
5. Format di atas dapat diubah sesuai dengan
aspek perilaku yang ingin dinilai
- Penilaian
Diri
Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru
kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai
kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka
guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini,
menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian
yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format
penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian :
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
1 |
Selama
diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan. |
50 |
250 |
62,50 |
C |
|
2 |
Ketika kami berdiskusi,
setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara. |
50 |
||||
3 |
Saya ikut
serta dalam membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok. |
50 |
||||
4 |
... |
100 |
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor
maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik
(SB)
50,01 –
75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 =
Cukup (C)
00,00
– 25,00 = Kurang (K)
5. Format di atas dapat juga digunakan untuk
menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan
- Penilaian
Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik
untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru
telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan
juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh format penilaian teman
sebaya :
Nama yang diamati :
...
Pengamat :
...
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
1 |
Mau menerima
pendapat teman. |
100 |
450 |
90,00 |
SB |
|
2 |
Memberikan
solusi terhadap permasalahan. |
100 |
||||
3 |
Memaksakan
pendapat sendiri kepada anggota kelompok. |
100 |
||||
4 |
Marah saat
diberi kritik. |
100 |
||||
5 |
... |
50 |
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
untuk pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50
dan Tidak = 100
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor
maksimal dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik
(SB)
50,01 –
75,00 = Baik (B)
25,01 –
50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 = Kurang (K)
- Penilaian
Jurnal (Lihat lampiran)
b. Pengetahuan
- Tertulis
Uraian dan atau Pilihan Ganda (Lihat lampiran)
- Tes
Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian Aspek Percakapan
No |
Aspek yang Dinilai |
Skala |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
|||
25 |
50 |
75 |
100 |
|||||
1 |
Intonasi |
|||||||
2 |
Pelafalan |
|||||||
3 |
Kelancaran |
|||||||
4 |
Ekspresi |
|||||||
5 |
Penampilan |
|||||||
6 |
Gestur |
- Penugasan (Lihat
Lampiran)
Tugas Rumah
a. Peserta didik menjawab pertanyaan
yang terdapat pada buku peserta didik
b. Peserta didik memnta tanda tangan
orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik
c. Peserta didik mengumpulkan jawaban
dari tugas rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian.
c. Keterampilan
- Penilaian
Unjuk Kerja
Contoh instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada
instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:
Instrumen Penilaian
No |
Aspek yang Dinilai |
Sangat Baik (100) |
Baik (75) |
Kurang Baik (50) |
Tidak Baik (25) |
1 |
Kesesuaian
respon dengan pertanyaan |
||||
2 |
Keserasian
pemilihan kata |
||||
3 |
Kesesuaian
penggunaan tata bahasa |
||||
4 |
Pelafalan |
Kriteria penilaian (skor)
100 = Sangat
Baik
75 =
Baik
50 =
Kurang Baik
25 =
Tidak Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh
siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)
Instrumen Penilaian Diskusi
No |
Aspek yang Dinilai |
100 |
75 |
50 |
25 |
1 |
Penguasaan
materi diskusi |
||||
2 |
Kemampuan
menjawab pertanyaan |
||||
3 |
Kemampuan
mengolah kata |
||||
4 |
Kemampuan
menyelesaikan masalah |
Keterangan :
100 = Sangat
Baik
75 =
Baik
50 =
Kurang Baik
25 =
Tidak Baik
- Penilaian
Proyek (Lihat Lampiran)
- Penilaian
Produk (Lihat Lampiran)
- Penilaian
Portofolio
Kumpulan semua tugas yang sudah dikerjakan peserta didik,
seperti catatan, PR, dll
Instrumen Penilain
No |
Aspek yang Dinilai |
100 |
75 |
50 |
25 |
1 |
|||||
2 |
|||||
3 |
|||||
4 |
2. Instrumen Penilaian (terlampir)
a. Pertemuan Pertama
b. Pertemuan Kedua
c. Pertemuan Ketiga
3. Pembelajaran Remedial dan
Pengayaan
a. Remedial
Bagi peserta didik yang belum memenuhi kriteria
ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa memberikan soal tambahan misalnya
sebagai berikut :
1) Jelaskan tentang Sistem
Pembagian Kekuasaan Negara!
2) Jelaskan tentang Kedudukan dan
Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non
Kementerian!
3) Jelaskan tentang Nilai-nilai
Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan!
CONTOH PROGRAM REMIDI
Sekolah : ……………………………………………..
Kelas/Semester : ……………………………………………..
Mata
Pelajaran : ……………………………………………..
Ulangan Harian
Ke : ……………………………………………..
Tanggal Ulangan
Harian : ……………………………………………..
Bentuk Ulangan
Harian : ……………………………………………..
Materi Ulangan
Harian : ……………………………………………..
(KD /
Indikator) : ……………………………………………..
KKM : ……………………………………………..
No |
Nama Peserta Didik |
Nilai Ulangan |
Indikator yang Belum Dikuasai |
Bentuk Tindakan Remedial |
Nilai Setelah Remedial |
Ket |
1 |
||||||
2 |
||||||
3 |
||||||
4 |
||||||
5 |
||||||
6 |
||||||
dst |
b. Pengayaan
Guru memberikan nasihat agar tetap rendah hati, karena telah mencapai KKM
(Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru memberikan soal pengayaan sebagai berikut :
1.
Membaca buku-buku tentang Nilai-nilai Pancasila dalam
kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang relevan.
2.
Mencari informasi secara online tentang Nilai-nilai
Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara
3.
Membaca surat kabar, majalah, serta berita online tentang
Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan
Negara
4.
Mengamati langsung tentang Nilai-nilai Pancasila dalam
kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang ada di lingkungan
sekitar.
Kepala
SMA Negeri I Peukan Pidie Mukhtar,
S. Pd NIP. 19611005
1998 01 1 001 |
Peukan Pidie, 20.. Guru
Mata Pelajaran Aan
Zuliana, S. Pd NIP. 19850122
200604 2 002 |
0 Response to "RPP K13 Bahasa Indonesia Teks Novel Sejarah 2 Kelas XII SMA Revisi"
Posting Komentar