RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMA Negeri I Muara Tiga
Mata pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/ Semester : XII IPA-IPS/1
Alokasi waktu : 4 JP
KD :
3.3 dan 4.3
Materi : Isi Pokok Teks Cerita Sejarah
A.
Tujuan
1. Mengidentifikasi informasi, yang mencakup orientasi, rangkaian kejadian
yang saling berkaitan, komplikasi dan resolusi, dalam cerita sejarah lisan atau
tulis Menulis surat lamaran pekerjaan dengan memperhatikan
isi, sistematika dan aspek kebahasaan
2. Menemukan makna tersirat dalam teks cerita sejarah secara lisan dan tulis
3. Mengonstruksi nilai-nilai dari informasi cerita sejarah dalam sebuah teks eksplanasi
B.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Media: v Worksheet atau lembar kerja (siswa) v Lembar penilaian v LCD Proyektor. |
Alat/bahan: v Penggaris,
spidol, papan tulis v Laptop &
infocus. |
C.
Penilaian
v Sikap : Lembar pengamatan
v Pengetahuan : LK peserta didik,
v Ketrampilan : Kinerja & observasi diskusi
Mengetahui, Kepala SMA N I Muara Tiga Weka Weka NIP. |
Laweung, 2020 Guru Mata Pelajaran Admin NIP. |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMA Negeri I Muara Tiga
Mata pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/ Semester : XII IPA-IPS/1
Alokasi waktu : 12 JP
KD :
3.4 dan 4.4
Materi : Kebahasaan Teks Cerita Sejarah
A.
Tujuan
1. Mengidentifikasi unsur kebahasaan teks cerita sejarah
2. Menentukan struktur dalam menulis teks cerita sejarah
3. Menulis teks cerita sejarah berdasarkan struktur dan kebahasaan i
B.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Media: v Worksheet atau lembar kerja (siswa) v Lembar penilaian v LCD Proyektor. |
Alat/bahan: v Penggaris,
spidol, papan tulis v Laptop &
infocus. |
Pendahuluan |
v
Peserta didik memberi salam dan berdoa bersama v
Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi
motivasi v
Guru menyampaikan tujuan dan
manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan v Guru menyampaikan
garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran |
|
Kegiatan Inti |
Kegiatan Literasi |
Peserta didik diberi
motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya
kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Kebahasaan
Teks Cerita Sejarah |
Critical Thinking |
Guru memberikan
kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami,
dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik.
Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Kebahasaan
Teks Cerita Sejarah |
|
Collaboration |
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi,
mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Kebahasaan
Teks Cerita Sejarah |
|
Communication |
Peserta didik
mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal,
mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi
kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan |
|
Creativity |
Guru dan peserta didik
membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Kebahasaan
Teks Cerita Sejarah Peserta didik kemudian diberi
kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami |
|
Penutup |
v Guru bersama peserta didik
merefleksikan pengalaman
belajar v Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat v
Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa |
C.
Penilaian
v Sikap : Lembar pengamatan
v Pengetahuan : LK peserta didik,
v Ketrampilan : Kinerja & observasi diskusi
Mengetahui, Kepala SMA N I Muara Tiga Weka Weka NIP. |
Laweung, 2020 Guru Mata Pelajaran Admin NIP. |
0 Response to "RPP Satu Lembar Bahasa Indonesia Teks Cerita Sejarah Kelas XII SMA"
Posting Komentar