RPP Satu Lembar Bahasa Indonesia Teks Cerita Sejarah Kelas XII SMA

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Sekolah                 : SMA Negeri I Muara Tiga

Mata pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester   : XII IPA-IPS/1

Alokasi waktu      4 JP

KD                          : 3.3 dan 4.3

Materi                    : Isi Pokok Teks Cerita Sejarah

 

A.      Tujuan

1.       Mengidentifikasi informasi, yang mencakup orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan, komplikasi dan resolusi, dalam cerita sejarah lisan atau tulis Menulis surat lamaran pekerjaan dengan memperhatikan isi, sistematika dan aspek kebahasaan

2.       Menemukan makna tersirat dalam teks cerita sejarah secara lisan dan tulis

3.       Mengonstruksi nilai-nilai dari informasi cerita sejarah dalam sebuah teks eksplanasi

B.      Langkah-langkah Pembelajaran

Media:

v Worksheet atau lembar kerja (siswa)

v Lembar penilaian

v LCD Proyektor.

Alat/bahan:

v Penggaris, spidol, papan tulis

v Laptop & infocus.

Pendahuluan

v Peserta didik memberi salam dan berdoa bersama

v Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi motivasi

v Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan

v Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran

 

Kegiatan Inti

Kegiatan Literasi

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Isi Pokok Teks Cerita Sejarah

Critical Thinking

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Isi Pokok Teks Cerita Sejarah

Collaboration

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Isi Pokok Teks Cerita Sejarah

Communication

Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

Creativity

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Isi Pokok Teks Cerita Sejarah Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

Penutup

v Guru bersama peserta didik  merefleksikan  pengalaman belajar

v Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat

v Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa


C.     
Penilaian

v  Sikap                      : Lembar pengamatan          

v  Pengetahuan        : LK peserta didik,                

v  Ketrampilan         : Kinerja & observasi diskusi

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SMA N I Muara Tiga                                                                                         

 

Weka Weka

NIP.

Laweung,                    2020

Guru Mata Pelajaran

 

 

Admin

NIP.

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Sekolah                 : SMA Negeri I Muara Tiga

Mata pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester   : XII IPA-IPS/1

Alokasi waktu      12 JP

KD                          : 3.4 dan 4.4

Materi                    : Kebahasaan Teks Cerita Sejarah

 

A.      Tujuan

1.       Mengidentifikasi unsur kebahasaan teks cerita sejarah

2.       Menentukan struktur dalam menulis teks cerita sejarah

3.       Menulis teks cerita sejarah berdasarkan struktur dan kebahasaan i

B.      Langkah-langkah Pembelajaran

Media:

v Worksheet atau lembar kerja (siswa)

v Lembar penilaian

v LCD Proyektor.

Alat/bahan:

v Penggaris, spidol, papan tulis

v Laptop & infocus.

Pendahuluan

v Peserta didik memberi salam dan berdoa bersama

v Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi motivasi

v Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan

v Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran

 

Kegiatan Inti

Kegiatan Literasi

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Kebahasaan Teks Cerita Sejarah

Critical Thinking

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Kebahasaan Teks Cerita Sejarah

Collaboration

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Kebahasaan Teks Cerita Sejarah

Communication

Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

Creativity

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Kebahasaan Teks Cerita Sejarah Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

Penutup

v Guru bersama peserta didik  merefleksikan  pengalaman belajar

v Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat

v Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa


C.     
Penilaian

v  Sikap                      : Lembar pengamatan          

v  Pengetahuan        : LK peserta didik,                

v  Ketrampilan         : Kinerja & observasi diskusi

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SMA N I Muara Tiga                                                                                         

 

Weka Weka

NIP.

Laweung,                    2020

Guru Mata Pelajaran

 

 

Admin

NIP.

 

0 Response to "RPP Satu Lembar Bahasa Indonesia Teks Cerita Sejarah Kelas XII SMA"

Posting Komentar