RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMA Negeri I Muara Tiga
Mata pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/ Semester : X IPA-IPS/1
Alokasi waktu : 8 JP
KD :
3.1 dan 4.1
Materi : Isi laporan hasil observasi
A.
Tujuan
1. Mengidentifikasi
teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis
2. Menginterpretasi
isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan
maupun tulis
B.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Media : v Worksheet atau
lembar kerja (siswa) v lembar penilaian v Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar. |
Alat/Bahan : v Spidol, papan
tulis v Laptop &
infocus, PPT v Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen. |
Pendahuluan |
·
Peserta didik memberi salam dan berdoa ·
Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi
motivasi ·
Guru menyampaikan tujuan dan
manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan ·
Guru menyampaikan garis besar
cakupan materi dan langkah pembelajaran |
|
Kegiatan Inti |
Kegiatan Literasi |
Peserta didik diberi
motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya
kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Isi pokok laporan hasil observasi |
Critical Thinking |
Guru memberikan
kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami,
dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik.
Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Isi pokok laporan hasil
observasi |
|
Collaboration |
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi,
mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Isi pokok laporan hasil observasi |
|
Communication |
Peserta didik
mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal,
mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi
kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan |
|
Creativity |
Guru dan peserta didik
membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Isi pokok laporan hasil observasi Peserta didik kemudian diberi kesempatan
untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami |
|
Penutup |
· Guru bersama peserta didik
merefleksikan pengalaman
belajar · Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat ·
Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa |
C.
Penilaian
v Sikap : Lembar pengamatan
v Pengetahuan : LK peserta didik,
v Ketrampilan : Kinerja & observasi diskusi
Mengetahui, Kepala SMA N I Muara Tiga Weka Weka NIP. |
Laweung, 2020 Guru Mata Pelajaran Admin NIP. |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMA Negeri I Muara Tiga
Mata pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/ Semester : X IPA-IPS/1
Alokasi waktu : 8 JP
KD :
3.2 dan 4.2
Materi : Isi dan kebahasaan laporan hasil
observasi
A.
Tujuan
1. Menganalisis
isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi
2. Mengonstruksi
teks laporan hasil observasi dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan
B.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Media : v Worksheet atau
lembar kerja (siswa) v lembar penilaian v Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar. |
Alat/Bahan : v Spidol, papan
tulis v Laptop &
infocus, PPT v Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen. |
Pendahuluan |
v
Peserta didik memberi salam dan berdoa v
Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi
motivasi v
Guru menyampaikan tujuan dan
manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan v Guru menyampaikan
garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran |
|
Kegiatan Inti |
Kegiatan Literasi |
Peserta didik diberi
motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya
kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Isi dan kebahasaa laporan hasil
observasi |
Critical Thinking |
Guru memberikan
kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami,
dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik.
Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Isi dan kebahasaa laporan hasil observasi |
|
Collaboration |
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi,
mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Isi dan kebahasaan laporan hasil
observasi |
|
Communication |
Peserta didik
mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal,
mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi
kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan |
|
Creativity |
Guru dan peserta didik
membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Isi dan kebahasaan laporan hasil
observasi Peserta didik kemudian
diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami |
|
Penutup |
v Guru bersama peserta didik
merefleksikan pengalaman
belajar v Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat v
Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa |
C.
Penilaian
v Sikap : Lembar pengamatan
v Pengetahuan : LK peserta didik,
v Ketrampilan : Kinerja & observasi diskusi
Mengetahui, Kepala SMA N I Muara Tiga Weka Weka NIP. |
Laweung, 2020 Guru Mata Pelajaran Admin NIP. |
0 Response to "RPP Satu Lembar Bahasa Indonesia Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X SMA"
Posting Komentar