RPP Satu Lembar Bahasa Indonesia Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X SMA

 



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Sekolah                 : SMA Negeri I Muara Tiga

Mata pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester   : X IPA-IPS/1

Alokasi waktu      :  8 JP

KD                          : 3.1 dan 4.1

Materi                    : Isi laporan hasil observasi

 

A.      Tujuan

1.       Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis

2.       Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis

 

B.      Langkah-langkah Pembelajaran

Media :

v Worksheet atau  lembar kerja (siswa)

v lembar penilaian

v Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar.

Alat/Bahan :

v Spidol, papan tulis

v Laptop & infocus, PPT

v Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.

 

Pendahuluan

·        Peserta didik memberi salam dan berdoa

·        Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi motivasi

·        Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan

·        Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran

 

Kegiatan Inti

Kegiatan Literasi

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Isi pokok  laporan hasil observasi

Critical Thinking

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Isi pokok  laporan hasil observasi

Collaboration

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Isi pokok  laporan hasil observasi

Communication

Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

Creativity

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Isi pokok  laporan hasil observasi Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

Penutup

·       Guru bersama peserta didik  merefleksikan  pengalaman belajar

·       Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat

·       Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa

 

C.      Penilaian

v  Sikap                      : Lembar pengamatan          

v  Pengetahuan        : LK peserta didik,                

v  Ketrampilan         : Kinerja & observasi diskusi

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SMA N I Muara Tiga                                                                                         

 

Weka Weka

NIP.

Laweung,                    2020

Guru Mata Pelajaran

 

 

Admin

NIP.

 






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Sekolah                 : SMA Negeri I Muara Tiga

Mata pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester   : X IPA-IPS/1

Alokasi waktu      :  8 JP

KD                          : 3.2 dan 4.2

Materi                    : Isi dan kebahasaan laporan hasil observasi

 

A.      Tujuan

1.       Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi

2.       Mengonstruksi teks laporan hasil observasi dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan

 

B.      Langkah-langkah Pembelajaran

Media :

v Worksheet atau  lembar kerja (siswa)

v lembar penilaian

v Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar.

Alat/Bahan :

v Spidol, papan tulis

v Laptop & infocus, PPT

v Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.

 

Pendahuluan

v Peserta didik memberi salam dan berdoa

v Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi motivasi

v Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan

v Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran

 

Kegiatan Inti

Kegiatan Literasi

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Isi dan kebahasaa laporan hasil observasi

Critical Thinking

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Isi dan kebahasaa laporan hasil observasi

Collaboration

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Isi dan kebahasaan laporan hasil observasi

Communication

Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

Creativity

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Isi dan kebahasaan laporan hasil observasi Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

Penutup

v Guru bersama peserta didik  merefleksikan  pengalaman belajar

v Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat

v Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa

 

C.      Penilaian

v  Sikap                      : Lembar pengamatan          

v  Pengetahuan        : LK peserta didik,                

v  Ketrampilan         : Kinerja & observasi diskusi

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SMA N I Muara Tiga                                                                                         

 

Weka Weka

NIP.

Laweung,                    2020

Guru Mata Pelajaran

 

 

Admin

NIP.

 

0 Response to "RPP Satu Lembar Bahasa Indonesia Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X SMA"

Posting Komentar