RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMA Negeri I Muara Tiga
Mata pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/ Semester : X IPA-IPS/1
Alokasi waktu : 8 JP
KD :
3.5 dan 4.5
Materi : Isi pokok teks anekdot
A.
Tujuan
1. Mengevaluasi
teks anekdot dari aspek makna tersirat
2. Mengonstruksi
makna tersirat dalam sebuah teks anekdot
B.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Media :
v Worksheet atau
lembar kerja (siswa)
v lembar penilaian
v Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar.
|
Alat/Bahan :
v Spidol, papan
tulis
v Laptop &
infocus, PPT
v Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.
|
Pendahuluan
|
v
Peserta didik memberi salam dan berdoa
v
Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi
motivasi
v
Guru menyampaikan tujuan dan
manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan
v Guru menyampaikan
garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran
|
Kegiatan Inti
|
Kegiatan Literasi
|
Peserta didik diberi
motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya
kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Isi pokok
anekdot
|
Critical Thinking
|
Guru memberikan
kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami,
dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik.
Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Isi pokok
anekdot
|
Collaboration
|
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi,
mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Isi pokok
anekdot
|
Communication
|
Peserta didik mempresentasikan
hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau
individu yang mempresentasikan
|
Creativity
|
Guru dan peserta didik
membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Isi pokok
anekdot Peserta
didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum
dipahami
|
Penutup
|
v Guru bersama peserta didik
merefleksikan pengalaman
belajar
v Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat
v
Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa
|
C.
Penilaian
v Sikap : Lembar pengamatan
v Pengetahuan : LK peserta didik,
v Ketrampilan : Kinerja & observasi diskusi
Mengetahui,
Kepala SMA N I Muara Tiga
Weka Weka
NIP.
|
Laweung, 2020
Guru Mata Pelajaran
Admin
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMA Negeri I Muara Tiga
Mata pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/ Semester : X IPA-IPS/1
Alokasi waktu : 8 JP
KD :
3.6 dan 4.6
Materi : Struktur dan kebahasaan teks
anekdot
A.
Tujuan
1. Menganalisis
struktur dan kebahasaan teks anekdot
2. Menciptakan
kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan
B.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Media :
v Worksheet atau
lembar kerja (siswa)
v lembar penilaian
v Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar.
|
Alat/Bahan :
v Spidol, papan
tulis
v Laptop &
infocus, PPT
v Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.
|
Pendahuluan
|
v
Peserta didik memberi salam dan berdoa
v
Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi
motivasi
v
Guru menyampaikan tujuan dan
manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan
v Guru menyampaikan
garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran
|
Kegiatan Inti
|
Kegiatan Literasi
|
Peserta didik diberi
motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya
kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Struktur dan
kebahasaan teks anekdot
|
Critical Thinking
|
Guru memberikan
kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami,
dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik.
Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Struktur dan
kebahasaan teks anekdot
|
Collaboration
|
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi,
mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Struktur dan
kebahasaan teks anekdot
|
Communication
|
Peserta didik
mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal,
mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi
kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan
|
Creativity
|
Guru dan peserta didik
membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Struktur dan
kebahasaan teks anekdot Peserta didik
kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami
|
Penutup
|
v Guru bersama peserta didik
merefleksikan pengalaman
belajar
v Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat
v
Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa
|
C.
Penilaian
v Sikap : Lembar pengamatan
v Pengetahuan : LK peserta didik,
v Ketrampilan : Kinerja & observasi diskusi
Mengetahui,
Kepala SMA N I Muara Tiga
Weka Weka
NIP.
|
Laweung, 2020
Guru Mata Pelajaran
Admin
NIP.
|
0 Response to "RPP Satu Lembar Bahasa Indonesia Teks Anekdot Kelas X SMA"
Posting Komentar